You are on page 1of 10

ASBES

PENGERTIAN

Asbes adalah istilah dari pasar untuk bermacam-macam mineral yang dapat
dipisah-pisahkan hingga menjadi serabut yang fleksibel. Berdasarkan komposisi
mineralnya, asbes dapat digolongkan menjadi dua bagian. Golongan serpentin;
yaitu mineral krisotil yang merupakan hidroksida magnesium silikat dengan
komposisi Mg6(OH)6(Si4O11) H2O. Golongan amfibol; yaitu mineral krosidolit,
antofilit, amosit, aktinolit, dan tremolit.
Walaupun sudah jelas mineral asbes terdiri dari silikat-silikat kompleks, tetapi
dalam menulis komposisi mineral asbes terdapat perbedaan. Semula diangap
bahwa silikatnya terdiri dari molekul Si11O12. Akan tetapi berdasarkan hasil
penyelidikan sinar-X, sebenarnya silikat-silikat itu terdiri dari molekul-molekul
Si4O11.
Yang banyak digunakan dalam industri adalah asbes jenis krisotil. Perbedaan
dalam serat asbes selain karena panjang seratnya berlainan, juga karena sifatnya
yang berbeda. Satu jenis serat asbes pada umumnya dapat dimanfaatkan untuk
beberapa penggunaan yaitu dari serat yang berukuran panjang hingga yang halus.
Pembagian atas dasar dapat atau tidaknya serat asbes dipintal ialah:
1. Serat asbes yang dipintal, digunakan untuk:
- Kopling, tirai dan layar, gasket, sarung tangan, kantong-kantong asbes,
pelapis ketel uap, pelapis dinding, pakaian pemadam kebakaran,
pelapis rem, ban mobil, bahan tekstil asbes, dan lain-lain.
- Alat pemadam api, benang asbes, pita, tali, alat penyambung pipa uap,
alat listrik, alat kimia, gasket keperluan laboratorium, dan pelilit kawat
listrik.
2. Serabut yang tidak dapat dipintal terdiri atas:
- Semen asbes untuk pelapis tanur dan ketel seta pipanya, dinding,
lantai, alat-alat kimia dan listrik.
- Asbes untuk atap;
- Kertas asbes untuk lantai dan atap, penutup pipa isolator-isolator panas
dan listrik;
- Dinding-dinding asbes untuk rumah dan pabrik, macam-macam
isolasi, gasket, ketel, dan tanur;
- Macam-macam bahan campuran lain yang menggunakan asbes sangat
halus dan kebanyakkan asbes sebagai bubur.

Asbes amfibol yang biasa digunakan sebagai bahan serat tekstil adalah dari jenis
varitas krosidolit. Hal ini berhubungan dengan daya pintalnya yang sesuai dengan
kebutuhan industri tekstil. Krisotil dan antagonit termasuk kedalam golongan
asbes serpentin. Krisotil juga merupakan jenis asbes yang sangat penting dalam
industri pertekstilan.

1

Contoh Mineral Asbes 2 . Gambar 1.

Tidak mudah terurai di alam bebas 7. Sifat Fisik Asbes antara lain: 1. Asbes dapat juga terjadi karena perubahan bentuk dan proses transformasi dari batu karang. dan Gorontalo. Tanase dan Timor. Pulau Halmahera : Maluku dan Pulau Seram : Maluku. Tahan panas hingga 1200°C 3. Kuningan : Jawa Barat. Sedangkan daerah tambang asbes terdapat di . seperti. Halmahera. Papua. Tuban. 3 . Hanya sedikit yang terjadi karena pelapukan batu gamping magnesium (dolomit). Tahan zat asam 4. Tidak mampu dikeluarkan secara alami oleh tubuh manusia Cara Terjadi Proses pembentukan atau genesa dari asbes adalah Sn terbentuk sebagai bahan Galian ubahan hydrothermal (alterasi) dari batuan ultrabasa yang kaya magnesium (peridotite). Gresik. Tahan api 2. Gorontalo. Lentur 5. Tidak bisa menguap 6. Kebumen. Batu ini termasuk olivin yang disebut peridotite. Potensi di Indonesia Potensi asbes di Indonesia terdapat di beberapa daerah. tersusun dari besi magnesium dan silikat yang mengalami temperatur dan tekanan.

Peta Sebaran Asbes Di Indonesia. 4 . Gambar 1.

Sedangkan serabut yang panjang dipakai sebagai bahan campuran dalam semen asbes yang digunakan untuk bahan atap rumah. bisa juga untuk membuat pipa pendek dan sebagai penahan. Beberapa metode eksplorasi yang dapat digunakan diantaranya adalah dengan cara pemboran (bor tangan atau bor mesin) dan atau dengan pembuatan sumur uji. juga karena sifatnya yang berbeda. sarung tangan. baju tahan api isolasi listrik dan panas. bahan pengempak selampit dan putar pada sambungan pipa-pipa uap. band pengangkut atau bisa disebut belt convenyor untuk benda-benda panas. Asbes juga bisa dipakai untuk membuat sumbu kaos lampu. benang bahkan kain. pemakaian utama dari asbes yang berkualitas tinggi yaitu yang dapat dipintal dipakai untuk melapisi rem mobil. KEGUNAAN DARI ASBES Banyak manfaat dari serabut asbes ini. Kegunaan di Bidang industri Pemanfaatan asbes yang banyak digunakan dalam industri adalah asbes jenis krisotil. namun yang paling umum adalah melalui penambangan terbuka (open- pit mining) dengan menggunakan peralatan sederhana. Teknik Penambangan Asbes dapat diperoleh dengan berbagai metode penambangan bawah tanah. Serat asbes yang dipintal atau yang biasa digunakan dalam bidang industri adalah untuk : 5 . Perbedaan dalam serat asbes selain karena panjang seratnya berlainan. SISTEM PENAMBANGAN DARI ASBES Teknik Eksplorasi Metode eksplorasi dilakukan untuk mengetahui jumlah cadangan dan kualitas dari asbes yang didasarkan pada kondisi daerah atau lokasi dari asbes itu berada. tirai tahan api. Satu jenis serat asbes pada umumnya dapat dimanfaatkan untuk beberapa penggunaan yaitu dari serat yang berukuran panjang hingga yang halus.

Alat pemadam api. pakaian pemadam kebakaran. bahan tekstil asbes. gasket. Kopling. tirai dan layar. pelapis dinding. dan lain- lain. kantong-kantong asbes. tali. pita. sarung tangan. pelapis rem. alat penyambung pipa uap. gasket keperluan laboratorium. ban mobil. 1. Gambar 3. Dalam bidang kelistrikan ini ada plastik isolasi yang dibuat dari bahan asbes. 3. Pelapis Rem 6 . benang asbes. Penggunaannya untuk instalasi panas pada alat-alat listrik juga masih sangat dominan karena sifat dari bahan asbes yang tidak menghantarkan arus listrik. 2. alat kimia. pelapis ketel uap.

Gambar 4. Pakaian Pemadam Kabakaran Gambar 5. Pengaman Anti Panas 7 .

Seorang pekerja bangunan juga dapat membawa debu asbes ke rumahnya yaitu melalui pakaian kerjanya yang tidak diganti dan dipakainya hingga sampai kerumah. Sebagai atap. Gambar 6. BAHAYA BAGI KESEHATAN Penyakit yang disebabkan oleh asbes Kebanyakan orang yang terkena penyakit yang berhubungan dengan asbes adalah mereka yang dalam pekerjaannya sering terpapar dengan bahan asbes. kita lebih sering menemukan asbes yang beredar di pasaran dalam pembangunan. Selain itu asbes ini juga diperlukan untuk pembuatan ruangan kedap suara (sound proof). Sebagai bahan bangunan. 8 . yaitu pekerja bangunan. membuat keluarganya juga ikutterpapar. dinding penyekat atau pemisah ruangan (partition boards) dan pelapis dinding (wall boards). Asbes juga banyak digunakan sebagai atap rumah atau bangunan. asbes juga digunakan dalam bentuk genteng tahan api. Isolator pada Kabel Listrik Kegunaan di Bidang Konstruksi Dalam kehidupan sehari-hari. asbes digunakan dalam bentuk papan asbes yang umumnya dipakai sebagai plafon atau langit-langit rumah (ceiling boards).

Manusia yang terus menerus menghisap debu asbes akan terkena penyakit kanker yang bias menyebabkan kematian. Yang membahayakan adalah sesak nafas terus-menerus. Bagaimana Asbes menyerang tubuh? Proses keracunan akibat debu asbes tidak seketika.penebalan jaringan tisu pada pleura (selaput) dari paru- paru.  Kanker paru-paru .  Mesothelioma . peradangan. Serat asbes yang terhirup akan masuk ke dalam paru-paru dan menimbulkan jaringan ikat. Ini dapat terjadi setelah satu dekade sejak terpapar asbes. meskipun penderita dijauhkan dari paparan asbestos atau kira-kira lima belas pemaparan. Paparan asbes telah dikaitkan dengan berbagai penyakit seperti:  Plak pleura . Racun chrysotil yang terdapat dalam bahan dasar asbes menyerang secara akumulatif. 9 . Bahkan.terbentuknya jaringan tisu progresif di dalam paru-paru.  Asbestosis . serta perlengketan pada rongga dada. Penderita (asbestosis). pada saat istirahat pun dapat terjadi sesak nafas. mengalami penurunan berat badan dan sesak nafas pada saat beraktifitas. bila lanjut. Tumor ini kebal terhadap segala macam terapi dan prognosisnya sangatlah buruk.dapat terjadi setelah satu dekade setelah terpapar asbes. awalnya akan mengeluh adanya batuk. Perokok dan pekerja bangunan adalah yang paling berisiko.jenis kanker yang mempengaruhi pleura. asbes dapat mengakibatkan timbulnya tumor ganas pleura (Mesothelioma).

 Pakaian yang digunakan dalam bekerja tidak boleh dicuci bersama pakaian lain.  Sebelum diolah. Lalu mandilah. Lepas pakaian kerja Anda dan simpan dengan baik.  Selalu bekerja di daerah yang berventilasi. beberapa tindakan pencegahan harus dilakukan.  Sedapat mungkin hindari penggunaan bor dalam mengolah asbes dan ada baiknya siapkan vacum cleaner untuk menyerap debu asbes. 10 . sebaiknya basahi permukaan asbes agar debunya tidak beterbangan. topi dan sarung tangan. Gambar 7.  Kenakan pakaian lengkap.  Setelah pekerjaan selesai. Tindakan pencegahan ini adalah untuk mengurangi risiko seorang pekerja bangunan dari terpapar debu asbes seminimal mungkin.  Kenakan masker. Dampak Asbes Pada Paru-paru Mencegah terpapar asbes Ketika menangani asbes atau bahan yang dimungkinkan mengandung asbes.