You are on page 1of 6

ASUHAN KEPERAWATAN JIWA

(HARGA DIRI RENDAH)

DISUSUN OLEH :

1. Agus Wahyu Widodo
2. Ali Akbar Setiaji
3. Anik Purwanti
4. Anisah Ma’arif
5. Ariyanto
6. Arlina Shinta Dewi
7. Berry Dona Ramdhan
8. Budi Sulistyo
9. Devy Candra Kusuma
10. Dewi Hartawi
11. Dwi Handayani
12. Dyah Istiqomah
13. Erine Ira Pamungkas
14. Erva Ratmawati
15. Fajar Adhi Aryoko

STIKES MUHAMMADIYAH KLATEN
2011 / 2012

yang telah melimpahkan rahmat dan karunia-Nya sehingga kami dapat menyelesaikan makalah ini. saya mengucapkan terima kasih kepada :  Allah SWT yang telah melimpahkan rahmat dan karunia-Nya sehingga saya diberikan kemudahan dalam meyusun makalah ini.Kep..  Dosen mata kuliah Keperawatan Jiwa. Kami menyadari sepenuhnya atas berkat kuasa-Nya serta bantuan dari berbagai pihak sehingga penyusunan makalah ini dapat terselesaikan dengan baik. Klaten. S. Semoga makalah ini dapat memberikan manfaat bagi para pembaca.  Teman-teman yang telah membantu dalam penyelesaian makalah ini. KATA PENGANTAR Puji syukur saya panjatkan kepada Tuhan Yang Maha Esa. Oktober 2011 Penyusun DAFTAR ISI HALAMAN JUDUL . saya mengharapkan kritik dan saran dari para pembaca. Sri Suyani. Untuk kesempurnaan makalah ini. Untuk itu.Ns yang dengan penuh kesabaran membimbing dan mendampingi kami.

Tujuan Penulisan C. Latar Belakang Kesehatan adalah suatu kondisi yang bukan hanya bebas dari penyakit. Sistematika Penulisan BAB II PEMBAHASAN BAB III PENUTUP DAFTAR PUSTAKA BAB I PENDAHULUAN A.KATA PENGANTAR DAFTAR ISI BAB I PENDAHULUAN A. cacat. tapi benar-benar merupakan kondisi positif dan kesejahteraan . Latar Belakang B. kelemahan .

Perilaku Kekerasan 1. Individu akan merasa gagal.mental dan social yang memungkinkan untuk hidup produktif. pada klien dengan gangguan konsep diri : Harga Diri Rendah dapat mengakibatkan cemas dan takut.72%. yang dikenal dengan gangguan kosep diri : Haga Diri Rendah Klien dengan gangguan konsep diri : Harga Diri Rendah yang tidak ditangani akan mengisolasi diri. takut gagal. Pada peran promotif. Oleh karena itu diperlukan perawatan intensif baik dari segi kualitas maupun kuantitas dari pelayanan tenaga kesehatan termasuk didalamnya adalah perawat.25% dengan jumlah pasien yang dirawat Dari hasil proporsi yang didapat walaupun dalam jumlah kecil namun diperlukan penangan khusus. Dari aspek preventif yaitu untuk meningkatkan kesehatan mental dan pencegahan gangguan konsep diri : Harga Diri Rendah. Resiko Perilaku Kekerasan terdapat 22.perubahan sensori persepsi halusinasi dengar atau lihat. Berdasarkan data statistik yang kami dapatkan pada ruang puri Nurani Rumah Sakit Soeherto Heerdjan sepuluh bulan yang lalu di dapatkan data klien yang mengalami Gangguan Konsep Diri : Harga Diri Rendah terdapat 1.81. perawat meningkatkan dan memelihara kesehatan mental melalui penyuluhan dan pendidikan untuk klien dan keluarga. Sedangkan pada peran kuratif perawat meencanakan dan melaksanakn rencana tindakan keperawatan untuk klien dan keluarga. Peran perawat dalam penanggulangan klien dengan gangguan konsep diri : Harga Diri Rendah meliputi pran promotif. perilaku kekerasan. Kemudian peran rehabilitatif berperan pada follow up perawat klien dengan gangguan konsep diri : Harga Diri Rendah melalui pelayanan di rumah atau home visite. individu akan merasa tidak mempunyai kemampuan apa-apa dan merasa rendah diri. . kuratif dan rehabilitative. dan klien akan kurang memperhatikan kebersihan diri. Isolasi Sosial terdapat 9. Manusia adalah mahluk social yang membutuhkan orang lain dalam memenuhi kebutuhannya. kemudian ini merupakan dambaan setiap manusia. putus asa dan akhirnya mempunyai suatu pikiran negative terhadap dirinya dan akhirnya akan merendahkan martabat sendiri.38%.fisik.70%.untuk memenuhi kebutuhan tersebut individu dituntut untuk lebih meningkatkan kinerjanya agar segala kebutuhannya dapat terpenuhi dan tingkat social di masyarakat lebih tinggi. Gangguan Sensori Persepsi: Halusinasi terdapat 53. preventif. individu akan takut ditolak.

B. Soeharto Heerdjan Jakarta” sebagai bahan makalah kami. 2. Mendokumentasikan semua kegiatan keperawatan dalam bentuk narasi C. B e. b dengan gangguan konsep diri : Harga Diri Rendah di ruang Puri Nurani Rumah Sakit Jiwa Dr. Sistematika Penulisan BAB II PEMBAHASAN . Merencanakan tindakan keperawatan pad klien Tn. Tujuan Umum Dalam penyusunan makalah seminar ini adalah perolehnya pengalaman secara nyata dalam memberikan Asuhan Keperawatan pada klien dengan Gangguan Konsep Diri : Harga Diri Rendah. Mengidentifikasi kesenjangan antara kasus dan teori g. Melakukan evaluasi pada klien Tn. Tujuan khusus Tujuan khusus makalah ini maka mahasiswa mampu a. Tujuan Penulisan 1. dan dipermalukan akharnya cenderung untuk menarik diri yang pada akhirnya individu akan mengalami gangguan orientasi realita. Menentukan diagnose keperawatan pada klien Tn. Tujuan Penulisan C. B c. Melaksanakan tindakan keperawatan pada klien Tn. Komplikasi yang berbahaya adalah individu mempunyai keinginan untuk menciderai dirinya. B f. Mengiditifikasi factor pendukung dan penghambat serta mencari solusinya h. B b. Sistematika Penulisan Sistematika penulisan makalah ini adalah: BAB I PENDAHULUAN A. Latar Belakang B. B d. Melihat kejadian tersebut maka kami tertarik untuk megambil “Asuhan Keperawatan pada klien Tn. Melakukan penkajian pada klien Tn.

Intervensi .A. Diagnosa C. Pengkajian B.