You are on page 1of 12

ABSTRAK

Di dunia ini banyak sekali terdapat unsur-unsur yang sangat bermanfaat bagi
kehidupan manusia. Mulai dari unsur logam yang paling banyak jenisnya, unsur non logam
yang merupakan unsur terbanyak dibumi yang mayoritasnya terdiri dari zat udara, serta
unsur semi logam atau sering disebut dengan metaloid merupakan jenis unsur yang paling
sedikit jenisnya. setiap jenis unsur memiliki sifat yang berbeda-beda sehingga manfaat dan
kegunaannya pun juga berbeda. Dalam aspek ilmu bahan unsur semilogam juga mempunyai
peranan penting. Tetapi dalam kenyataannya, kita sedikit mengetahui tentang kegunaan
unsur semilogam. Salah satu contoh unsur semi logam ialah silicon. silikon merupaka unsur
metaloid yang paling melimpah dikerak bumi, bahkan menempati urutan kedua dari semua
unsur kerak bumi. unsur silicon memang melimpah dibumi, tetapi pada kenyataannya kita
akan sulit sekali bahkan tidak akan bisa menemukan silicon murni di alam bebas. Karena
silicon hanya terdapat pada senyawa oksida silicon yang biasanya terkandung dalam pasir
kuarsa. Tanah, dan, grafit. Maka dari itu pengolahan silicon oksida sangat diperlukan untuk
menghasilkan silicon murni yang siap digunakan. Pasir kuarsa adalah salah satu bahan baku
silicon yang melimpah dimuka bumi. Tanpa pengolahan menjadi silicon murni pasir kuarsa
sering diolah sebagai bahan baku kaca, bata ringan dan keramik. Dalam dunia modern ini,
silicon murni banyak digunakan sebagai bahan utama dalam pembuatan berbagai komponen
elektronika terutama dalam pembuatan resistor, prosesor dan IC. Bahan silicon dipilih
karena sifatnya yang semikonduktor yang membuatnya dapat menghantarkan arus listrik
dengan baik tetapi stabil untuk ukuran alat elektonika yang hanya membutuhkan arus DC
sebagai sumber energinya. Dalam dunia metalurgi, bahan serta pemesinan unsur silicon juga
penting sebagai campuran untuk proses pembuatan baja, silicon ini digunakan sebagai bahan
campuran untuk meningkatkan sifat elastisitas dari baja yang dihasilkan.

Penemuan unsur silicon ini tidaklah mudah. Ilmuan pada zaman dahulu hanya
menganggap silicon sebagai unsur. Hal ini dikerenakan tak mudahnya untuk memisahkan
silicon dari bahan-bahan alat tersebut. Lalu pada tahun 1824 seorang ilmuwan yang bernama
Berzelius dianggap penemu silikon karena dia dapat memisahkan silikon dari zat
pengotornya. Mulai saat itu silikon banyak digunakan untuk dalam banyak bidang terutama
pada bidang metalurgi dan ilmu bahan.

1

1. Silikon di alam terdapat dalam bentuk tanah liat.7% . Silikon super murni dapat dipersiapkan dengan cara dekomposisi termal triklorosilan ultra murni dalam atmosfir hidrogen dan dengan proses vacuum floatzo.1. kuarsa dan pasir.1 pasir kuarsa gambar 1. granit. Amorphous yaitu sebuah metode untuk mempersipakan silikon sebagai bubuk cokelat yang dapat dicairkan atau diuapkan. PENDAHULUAN 1. kebanyakan dalam bentuk silikon dioksida atau silika dan dalam bentuk silikat. yaitu metode yang digunakan untuk memproduksi kristal- kristal silikon untuk bahan pembuatan peralatan semikonduktor. 2 . Oleh karena itu.1 Latar Belakang pada tahun 1800 davy menganggap silikon sebagai senyawa. Silikon merupakan unsur kedua paling berlimpah setelah oksigen. kemudian pada tahun 1811. Gambar 1.1.2 batu granit Sebagian besar silikon di alam hanya sebagai komponen batu silikat dan unsur bebasnya tidak ditemukan di alam. atas dasar dari hasil penelitian Gay Lussac dan Thenard. Beberapa metoda lain dapat digunakan untuk mempersiapkan unsur ini antara lain. mereka mengungkapkan bahwa Silikon (Latin: silicium) merupakan suatu unsur yang mempunyai nomor atom 14 dan diberi simbol Si. silikon dihasilkan dengan mereduksi kuarsa dan pasir dengan karbon berkualitas tinggi menggunakan tungku listrik berelektrodakan karbon. di dalam kerak Bumi Silikon mencapai hampir 25. bukan sebagai suatu unsur.

Deville adalah ilmuwan pertama yang mempersiapkan silikon dalam bentuk kristal. Untuk menyelesaiakan tugas mata kuliah ilmu bahan 1 tentang bab bahan nonlogam dan semilogam 3 . Dengan metode persiapan amorphous yang diulang-ulang beberapa kali sehingga membuang kandungan fluosilika. Untuk mengetahui Sifat fisika dan kimia dari silikon 2. Apa saja sifat fisika dan kimia dari silikon sebagai salah unsur? 2.Gambar 1. Untuk mengetahui proses pemisahan dan cara mendapatkan/metode dari silikon. 1.3 bubuk Amorphous silikon gambar 1. Untuk mengetahui sumber dan unsur dari silikon 3. Untuk mengetahui kegunaan dari silikon. Apa saja kegunaan/fungsi dari silikon ? 1.1.2 RUMUSAN MASALAH Berdasar dari latar belakang diatas. maka hal-hal yang akan dikaji antara lain : 1. 4. Lalu pada tahun 1854. Apa saja sumber dari silikon dialam bebas ? 3. berzelius akhirnya mendapatkan silikon murni. 5.3 TUJUAN 1. Metode untuk mendapatkan silikon dari bahan yang tersedia di alam ? 4.4 kristal silikon Pada tahun 1824 Berzelius dianggap sebagai penemu pertama silikon murni.1.

Silikon merupakan unsur yang tidak reaktif secara kimia (inert). 4 .21 Kapasitas bahan / 25oC (J.Unsur silikon mentransmisi lebih dari 95% gelombang cahaya infra merah.2.085 Bahan beku (KJ. sifat logamnya bertambah (dari atas ke bawah dalam tabel periodik).41 (Si4+) Keelektronegatifan 1.mol. kecuali hidrofluorik tidak memiliki pengaruh pada silikon. dari 1. asam encer. tetapi dapat terserang oleh halogen dan alkali.mol-1) 28.789 Bahan penguapan (KJ mol-1) 359 Energi ikat diri (KJ mol-1) 210-250 2.17 Jari-jari ion 0.2 Energi Pengionan (eV/atm) 8.mol-1) 50. bereaksi dengan oksigen. Kebanyakan asam.K-1) 19. unsur halogen. Sifat Fisika Konfigurasi [Ne] 3S23P2 Fase Solid Titik leleh (K) 1687 Titik didih (K) 3538 Distribusi Elektron 8.1 SIFAT FISIKA DAN KIMIA DARI SILIKON 1.2 Jari-jari kovalen atom (Å) 1.dan amonia. Sifat Kimia  Sifat-sifat kimia unsur-unsur utama golongan IA dan IIA dari atas ke bawah dalam tabel periodik adalah sangat reaktif.  Silikon kristalin memiliki tampatk kelogaman dan bewarna abu-abu. PEMBAHASAN 2.3 sampai 6 mikrometer.8 Berat atom standar (g. air.

Pasir. amethyst. quartz. agate. membentuk garam dari asam oksi dan membentuk molekul-molekul dan ion-ion raksasa dengan atom oksigen.  Silikon bereaksi dengan halogen maka akan terjadi. Untuk itu dibutuhkan silikon yang kemurniannya sangat tinggi dan dapat dihasilkan dengan reaksi: SiCl4(g) + 2H2(g) → Si(s) + 4HCl(g) 5 . seperti alumunium (Al) atau boron (B). Ia juga merupakan komponen tektites atau gelas alami yang tidak diketahui asalnya. Dalam kerak bumi. tanah liat. melalui reaksi: SiO2(s) + 2C(s) → Si(s) + 2CO(g) Silikon murni berstruktur seperti Intan ( tetrahedral) sehingga sangat keras dan tidak menghantarkan listrik. tetapi muncul sebagai oksida dan sebagai silikat. jika dicampur dengan sedikit unsur lain. Itulah sebabnya silikon merupakan zat yang sangat penting dalam dunia modern. jasper dan opal adalah beberapa macam bentuk silikon oksida. silikon dikulit bumi terdapat dalam berbagai bentuk silikat dan oksida atau senyawa silikon dengan oksigen. feldspar. silikon akan bersifat semikonduktor yang diperlukan dalam berbagai peralatan elektronik. silikon merupakan unsur kedua setelah oksigen dalam hal kelimpahannya. batu kristal. flint. Granit. asbestos. dan mika merupakan contoh beberapa mineral silikat.2 SUMBER DARI UNSUR SILIKON Silikon terdapat di matahari dan bintang-bintang dan merupakan salah satu komponen utama bahan meteor yang dikenal sebagai aerolites.7% jumlah berat dari total berat jenis kerak bumi. Silikon membentuk sebanyak 25. jika dipanaskan membentuk oksida. hornblende. Silikon murni hasil dari pemurnian oksida silikon dan silika berwujud padat seperti logam dengan titik lebur 14100C. 2. Unsur ini dapat dibuat dari silikon dioksida (SiO2) yang terdapat dalam pasir. Silikon murni tidak ditemukan bebas di alam.

silikon dapat bereaksi dengan hidrogen membentuk hidrida. Dalam metode reduksi terjadi beberapa proses. dan dengan halogen membentuk halide. sehingga hanya dapat membentuk ikatan tunggal antar sesamanya. Reaksi yang Silikon dibuat dengan mereduksi kuarsa (quartz) atau sering disebut juga dengan silika ataupun silikon dioksida dengan kokas (C). Si(s) + 4OH–(aq) → SiO4(aq) + 2H2(g) Pada suhu tinggi.3 METODE PERSIAPAN atau PEMISAHAN SILIKON DARI BAHAN DI ALAM. Karena itu silikon tidak reaktif pada suhu kamar dan tidak bereaksi dengan asam. 1. adalah silikon dioksida. Silikon yang diperoleh kemudian didinginkan sehingga diperoleh padatan silikon. Jari-jari silikon lebih besar dari karbon. keras. Sebuah contoh dari zat padat demikian. tetapi dapat bereaksi dengan basa kuat seperti NaOH. proses itu antara lain sebagai berikut. umumnya merupakan zat padat yang mempunyai titik tinggi. aqata (akik). dan pasir 2. Agar diperoleh silikon dalam bentuk murni diawali dengan mereaksikan padatan silikon yang diperoleh melalui cara di atas direaksikan dengan gas klorin (Cl2). Namun silikon yang diperoleh dengan cara ini belum dalam keadaan murni. sesuai reaksi berikut: 6 . Reaksi yang terjadi adalah: SiO2(l) + 2C(s) –––→ Si(l) + 2CO2 2. yang terdapat dialam dalam bentuk kuarsa. Secara komersil persipan atau pemisahan silikon dari bahan baku yang ada di alam berupa silikon dioksida atau biasa disebut pasir kuarsa (quartz) dialakukan dengan metode reduksi. seperti: Si(s) + 2H2 → SiH4 Si(s) + 2Cl2 → SiCl4 Batuan dan mineral yang mengandung silikon. Proses reduksi ini dilangsungkan di dalam tungku listrik pada suhu 3000 °C. yang setiap keping darinya merupakan suatu kisi yang kontinu terdiri dari atom-atom yang terikat erat.

Hal ini menyebabkan pengotor cenderung mengumpul disilikon yang mengandung pengotor (bagian atas pada zona peleburan). Uap yang terbentuk kemudian dilewatkan melalui sebuah tabung panas berisi gas H2 sehingga terbentuk Si. Pengotor yang ada akan terkonsentrasi pada bagian yang sedikit tersebut. Setelah leburan mengalami pembekuan maka akan diperoleh suatu batangan dimana salah satu ujung merupakan silikon paling murni sedangkan silikon yang lain merupakan silikon yang dipenuhi dengan pengotor atau bagian silikon yang paling tidak murni. batangan silikon secara perlahan dilewatkan ke bawah melalui kumparan listrik pemanas yang terdapat pada zona lebur. 7 . Walaupun demikian terkadang bagian yang paling murni dari silikon ada pada bagian atas sedangkan bagian yang paling tidak murni berada pada bagian bawah. silikon murni di anggap sebagai pelarut sedangkan leburan silikon yang mengandung pengotor dianggap sebagai larutan. berikut reaksinya: SiCl4(g) + 2H2(g) –––→ Si(s) + 4HCl(g) 4. Pada zona pemurnian. Karena pemanasan maka batang silikon akan mengalami peleburan. Gas SiCl4 ini mememiliki titik didih 58 °C. Dalam Pemurnian silikon.Si(s) + Cl2(g) –––→ SiCl4(g) 3. Seperti pada sifat koligatif larutan. Bagian yang murni dan tidak murni dapat dipisahkan dengan cara pemotongan. Padatan Si yang terbentuk berupa batangan yang perlu dimurnikan lebih lanjut denan cara zona pemurnian (zona refining). dimana titik lebur larutan adalah lebih rendah dibandingkan titik lebur pelarut murni. Selama permurnian zona berlangsung maka bagian bawah yang merupakan silikon murni akan bertambah banyak sedangkan bagian atas semakin sedikit. Berdasarkan sifat koligatif larutan maka titik lebur silikon murni akan akan lebih tinggi dibanding titik lebur silikon yang tidak murni (bagian yang mengandung pengotor).

3.3. Gambar 2.2 zona pemurnian 8 .1 proses perekduksian silikon Gambar 2.

apa sebenarnya dari unsur silikon itu ? mereka hanya tahu bahwa silikon ialah sebuah gel yang digunakan untuk operasi plastik saja. Karena bahan silikon mampu menghantarkan arus listrik yang stabil dan tidak terlalu besar (dapat berfungsi ganda sebagai tahanan arus) bagi alat elektronik. porselen dan bata ringan. 3.4. tetapi hanya saja kita yang tidak mengetahuinya. Silikon mempunyai sifat semikonduktor sehingga banyak digunakan sebagai bahan pembuatan komponen alat elektronik terutama pada resistor. bentuk koloid silikon dioksida. mudah menyerap kelembaban dan digunakan sebagai desikan Gambar 2. dan prosesor. manfaat. silikon merupakan unsur yang melimpah kedua di kerak bumi.. Pasir silika digunakan sebagai bahan baku kaca. dan fungsi dari silikon Silikon merupakan bahan yang kegunaannya banyak sekali disekitar kita. Digunakan untuk salah satu campuran pada pembuatan baja supaya prosesnya berjalan dengan stabil dan menambah sifat elastisitas dari baja yang dihasilkan. 2. ic.1 silikon gel untuk menyerap kelembaban 9 . sudah dibahas pada latar belakang.4 kegunaan. keramik. Padahal sebenarnya silikon itu ialah sebuah unsur yang termasuk dalam golongan semilogam atau metaloid yang mempunyai maanfaat yang beragam. Lalu apakah manusia hanya membiarkan unsur yang melimpah ini terbiarkan sia-sia? para orang awam yang tak mengetangtahui. Silica gel. Manfaat dan kegunaan silikon antara lain 1.2. 4.

3 Natrium silikat (Na2SiO3) atau gelas kaca 10 . Natrium silikat (Na2SiO3). perekat dan sebagai pengawet telur.4. juga dikenal sebagai gelas air.3 batu gerinda silikon abrasif 6. Silikon karbida (SiC) memiliki kekerasan hampir setara dengan berlian dan digunakan sebagai abrasif (bahan untuk pengasah mata alat potong). digunakan dalam produksi sabun.4. Gambar 2. Gambar 2. 5.4.2 silikon abrasif Gambar 2.

air. tetapi muncul sebagian besardi kulit bumi dalam bentuk silikat dan silikon dioksida (silika). bereaksi dengan oksigen. Silikon adalah unsur elektronegatif. 4. Cara lain untuk memperoleh silikon salah satunya melalui ialah proses reduksi ini dilangsungkan di dalam tungku listrik pada suhu 3000 °C.3. Silikon (Si)merupakan unsur ke-2 paling berlimpah di kerak bumi setelah oksigen. 3. dan Sifat Kimia: Sifat-sifat kimia unsur-unsur utama golongan IA dan IIA dari atas ke bawah dalam tabel periodik adalah sangat reaktif. gelas alami yang tidak diketahui asalnya. Dalam bentuknya sebagai pasir dapat digunakan sebagai kaca.800 derajat celsius. kuarsa dan serbuk batuan. satu atom Silikon harus berikatan tunggal dengan empat atom Oksigen.silikon bersifat mengalirkan panas sehingga tidak pernah dipakai untuk menginsulasi benda panas. asam encer. sebuah senyawa. Gas SiCl4 ini mememiliki titik didih 58 °C. Silikon yang diperoleh kemudian didinginkan sehingga diperoleh padatan silikon. 5. senyawa silikon di alam berupa oksida dalam berbagai mineral. Kenyataannya. PENUTUP 3. unsur halogen. Akibatnya.400 dan 2. silikon sangat cenderung bersenyawa dengan Oksigen membentuk ikatan yang kuat dan stabil. sumber dan unsur dari Silikon terdapat di matahari dan bintang-bintang dan merupakan komponen utama satu kelas bahan meteor yang dikenal sebagai aerolites. sifat logamnya bertambah (dari atas ke bawah dalam tabel periodik).1 Kesimpulan 1. 2. Adapun sifat fisika dari Silikon berbentuk padat pada suhu ruangan. dengan titik lebur dan titik didih masing-masing 1.dan amonia. kegunaan dan fungsi dari silikon adalah salah satu unsur yang berguna bagi manusia.7 % dari kandungan kerak bumi. Padatan Si yang terbentuk berupa batangan yang perlu dimurnikan lebih lanjut denan cara zona pemurnian (zona refining). yaitu mencakup 25. Bentuk silikon dioksida dapat ditemukan pada pasir. Silikon (Si) tidak ditemukan bebas di alam. dan sebagai bahan pembuatan silikon murni 6. tetapi tidak dapat membentuk ikatan rangkap baik sesamanya maupun dengan atom Oksigen. Ia juga merupakan komponen tektites. 11 .

Jadi pergunakan lah silikon secara baik karena silikon juga dapat membahayakan penggunanya.3.2 Saran Silikon merupakan unsur di alam yang mengandung banyak kegunaan bagi mahkluk hidup. 12 .