You are on page 1of 4

KEMENTERIAN KESEHATAN RI

POLITEKNIK KESEHATAN MATARAM JURUSAN
KEPERAWATAN
Program Studi D III Keperawatan
-------------------------------------------------------------------------------------------------
FORMAT PENILAIAN KETERAMPILAN
1. Mata Ajaran : KDM 1
2. Keterampilan : Mencuci Tangan Aseptik (Steril)
3. Definisi : Teknik mencuci tangan steril adalah mencuci tangan secara
steril (suci hama), khususnya bila akan membantu tindakan pembedahan
atau operasi.
4. Tujuan :
 Mencegah terjadinya infeksi silang melalui tangan
 Menjaga kebersihan perseorangan.

NO PROSEDUR / LANGKAH KERJA YA TIDAK

I. Persiapan Alat :

1. Bak cuci tangan dengan pedal kaki atau
pengontrol lutut,

2. Sabun antimikrobial (non-iritasi,
spektrum luas, kerja cepat),

3. Sikat scrub bedah dengan pembersih
kuku dari plastik,

4. Masker kertas dan topi atau penutup
kepala,

5. Handuk steril,

Menuangkan sejumlah sabun (2 sampai 5 .pastikan masker menutup hidung dan mulut anda dengan kencang. Pakaian di ruang scrub dan pelindung mata 7.Selain itu juga memakai pelindung mata. Penutup sepatu. kemudian melepaskan semua perhiasanmisalnya cincin atau jam tangan. penutup kepala atau topi. 5. 6. masker wajah. Menggunakan pakaian bedah sebagai proteksi perawatyaitu: penutup sepatu. 3. Persiapan Pasien : Klien diberi penjelasan III. Langkah Kerja : 1. Membasahi tangan dan lengan bawah secara bebas. mempertahankankan tangan atas berada setinggi siku selama seluruh prosedur. Menyalakan air dengan menggunakan lutut atau controldengan kaki dan sesuaikan air untuk suhu yang nyaman. II. 4. 2. Terlebih dahulu memeriksa adanya luka terpotong atauabrasi pada tangan dan jari.

Membersihkan kuku di bawah air mengalir dengan tongkat oranye atau pengikir. 2000). Menyikat samping dan belakang tiap jari 10 kali gerakan tiap area. tangan. Menyikat sisi ibu jari 10 kali gerakan dan bagian posterior ibu jari 10 gerakan. 1999 sebagaimana dikutip oleh Perry& Potter. Membasahi sikat dan menggunakan sabun antimikrobial. Dengan gerakan sirkular. 7. Menyikat kuku tangan sebanyak 15 kali gerakan. 9. bagi lengan dalam tiga bagian. menyikat telapak tangan dan permukaan anterior jari 10 kali gerakan. kemudian bilas sikat secara seksama. dan lengan. Membuang pengikir setelah selesai digunakan. 6. Kemudian mulai menyikat setiap permukaan lengan bawah lebih bawah dengan gerakan sirkular selama 10 . Seluruh penyikatan harus selesai sedikitnya 2 sampai 3 menit (AORN. Menyikat ujung jari. Dengan tepat mengingat. 8.ml) ke tangan dan menggosok tangan serta lengan sampai dengan 5 cm di atas siku. kemudian sikat punggung tangan sebanyak 10 kali gerakan.

(………………………………………………………………. Kemudian mengeringkan dengan handuk steril untuk satu tangan secara seksama. Mengulangi metode pengeringan untuk tangan yang lain dengan menggunakan area handuk yang lain atau handuk steril baru. Penguji. 13. Mempertankan lengan tetap fleksi.) . 10.kali gerakan. Mengulangi langkah 8 sampai 10 untuk lengan yang lain. Mempertahankan tangan lebih tinggi dari siku dan jauh dari tubuh anda. 11. buang sikat kedua dan mematikan air dengan pedal kaki. Perawat memasuki ruang operasi dan melindungi tangan dari kontak dengan objek apa pun.. 12. menggerakan dari jari ke siku dan mengeringkan dengan gerakan melingkar.