You are on page 1of 17

1

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Sekolah : SMK Negeri 2 Binjai

Mata Pelajaran : Fisika

Tahun Pelajaran :2018/2019

Bidang Keahlian :Teknologi dan Rekayasa

Program Keahlian :Teknik Pengelasan

Kelas/Semester :X / Genap

Materi Pokok : Getaran dan Gelombang

Alokasi Waktu :6 JP (2 Pertemuan)

A. Kompetensi Inti
KI 3 : Memahami dan menerapkan pengetahuan faktual, konseptual, prosedural dalam
ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan
kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait fenomena dan
kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang
spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
KI 4 : Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait
dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan
mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.
B. Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)
Kompetensi Dasar (KD) Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)
3.9 Menganalisis getaran, gelombang 3.9.1 Menjelaskan pengertian gelombang
dan bunyi 3.9.2 Menjelaskan pengertian gelombang bunyi
3.9.3 Menentukan panjang gelombang bunyi untuk
penyelesaian masalah
3.9.4 Menentukan efek dopler untuk penyelesaian
masalah
3.9.5 Menentukan cepat rambat dawai

1

(Misalnya : gelombang stasioner yang terjadi pada pipa dalam pengujian menggunakan Non organa ujung tertutup Distructive Testing) C. serta mampu membangun sikap ilmiah dan keterampilan prosedural melalui proses mencoba. menanya. dan berdiskusi peserta didik dapat memahami pengetahuan faktual. Materi Pembelajaran Fakta  Saat berteriak sambil memegang tenggorokan. Menjelaskan taraf intensitas bunyi D. Selain itu. Konsep 2 .7 Menjelaskan intensitas gelombang 3. konseptual.9 Menyajikan penggunaan gelombang 4.6 Menentukan frekuensi pada pipa organa tertutup 3. Menjelaskan pengertian gelombang bunyi 3. dan prosedural tentang kinematika dengan anilisis vektor.1 Melakukan percobaan mengamati bunyi dalam teknologi.9. Menjelaskan intensitas gelombang 8. dan melakukan kegiatan menjawab pertanyaan.9. memberi saran dan kritik.8 Menjelaskan taraf intensitas bunyi 4. Tujuan Pembelajaran Melalui proses mencari informasi. peserta didik juga diharapkan terlibat aktif dalam kegiatan pembelajaran. mengasosiasi dan mengomunikasikannya dalam presentasi. serta dapat: 1. Menentukan panjang gelombang bunyi untuk penyelesaian masalah 4. Menentukan resonansi pipa organa terbuka 7. mampu bekerja sama dan bertanggung jawab dalam menyampaikan pendapat.9. Menentukan efek dopler untuk penyelesaian masalah 5. 2 3. maka kita akan rasakan tenggorokan kita bergetar  Ketika mobil ambulans bergerak mendekati kita maka bunyi sirenenya makin tinggi dan semakin rendah  Ada perbedaan bunyi pada senar gitar yang sama ketika dipetik dalam keadaan kendor dan dipetik dalam keadaan tegang. Menentukan cepat rambat dawai 6. Menjelaskan pengertian gelombang 2.9.

2013. Model Pembelajaran : Discovery Learning 3. zat padat. Jakarta: Erlangga 3. dan Metode Pembelajaran 1. Langkah-Langkah Pembelajaran Pertemuan 1 (3 x 45 menit) Rincian Kegiatan Alokasi Waktu Pendahuluan 10’  Guru mengucapkan salam dan berdoa  Guru mengabsen kehadiran peserta didik  Guru memberikan apersepsi dan motivasi  Guru menyampaikan tujuan pembelajaran Kegiatan Inti 115’ Fase Discovery Kegiatan Pembelajaran Learning Stimulation Mengamati (memberi  Peserta didik mengamati tayangan video seorang anak stimulus) yang sedang melihat kereta api yang sedang melintasi 3 . M. Kanginan. Media Pembelajaran  Media / Alat : Papan Tulis. zat padat. dan LKPD (Lembar Kerja Peserta Didik) G. LCD. Alat-alat laboratorium. Jakarta: Sinektika Perbuesa 4. Jakarta: Erlangga 2. Model. dan zat cair  Efek Doppler Prosedur  Percobaan tabung resonansi dan efek doppler E. Pendekatan. dan zat gas  Kasus efek dopler Prinsip  Perambatan bunyi pada zat gas. Sudirman. Siti. Metode Pembelajaran : Diskusi kelompok. Wahyuni. dan penugasan F. Internet H. tanya jawab. Fisika. 3  Sifat-sifat dasar bunyi  Cepat rambat bunyi di udara. 2014. 2013. Fisika. Sumber Belajar 1. Fisika I Untuk SMA/MA. Pendekatan : Scientific Learning 2.

 Peserta didik memahami besaran-besaran dalam hubungan antara frekuensi sumber bunyibdan frekuensi pendengar. 4 stasiun sambil menyembunyikan klakson  Guru membimbing peserta didik dalam membagi kelompok  Peserta didik membagi diri dalam beberapa kelompok yang terdiri dari 4-5 kelompok  Guru membagikan LKPD pada tiap kelompok Problem Menanya Statement  Guru membimbing peserta didik dalam mengidentifikasi (mengidentifikasi masalah masalah)  Peserta didik memiliki kesempatan untuk bertanya secara langsung dan beragam kepada guru Collecting Mengumpulkan data (mengumpulkan  Guru mengarahkan dan membimbing peserta didik dalam data) mengumpulkan data yang didapat dari hasil diskusi  Peserta didik melakukan diskusi dan tanya jawab untuk mengumpulkan data Data Processing Mengasosiasikan (mengolah data)  Guru mengarahkan dan membimbing peserta didik dalam mengasosiasi data yang didapat dari hasil diskusi  Peserta didik mengklasifikasikan data dari identifikasi mengenai hubungan antara panjang gelombang dan cepat rambat bunyi. Verification Mengkomunikasikan (Verifikasi)  Guru mengarahkan peserta didik untuk mengkomunikasikan data (alternatif jawaban) untuk menilai hasil LKPD yang dikerjakan peserta didik  Peserta didik dari dua kelompok menginterpretasi argumen Generalization  Guru membimbing peserta didik dalam menarik (menyimpulkan) kesimpulan mengenai getaran dan gelombang  Peserta didik menarik kesimpulan hasil diskusi yang telah dilakukan Penutup 10’  Guru memberikan tugas mengenai hasil yang telah di dapatkan 4 .

5 . 5  Peserta didik menerima tugas dari guru  Guru memberikan salam Pertemuan 2 (3 x 45 menit) Rincian Kegiatan Alokasi Waktu Pendahuluan 10’  Guru mengucapkan salam dan berdoa  Guru mengabsen kehadiran peserta didik  Guru memberikan apersepsi dan motivasi  Guru menyampaikan tujuan pembelajaran Kegiatan Inti 115’ Fase Discovery Kegiatan Pembelajaran Learning Stimulation Mengamati (memberi  Peserta didik mengamati video seseorang menyetel gitar stimulus) dan biola.  Guru membimbing peserta didik dalam membagi kelompok  Peserta didik membagi diri dalam beberapa kelompok yang terdiri dari 4-5 kelompok  Guru membagikan LKPD pada tiap kelompok Problem Menanya Statement  Guru membimbing peserta didik dalam mengidentifikasi (mengidentifikasi masalah masalah)  Peserta didik memiliki kesempatan untuk bertanya secara langsung dan beragam kepada guru Collecting Mengumpulkan data (mengumpulkan  Guru mengarahkan dan membimbing peserta didik dalam data) mengumpulkan data yang didapat dari hasil diskusi  Peserta didik melakukan diskusi dan tanya jawab untuk mengumpulkan data Data Processing Mengasosiasikan (mengolah data)  Guru mengarahkan dan membimbing peserta didik dalam mengasosiasi data yang didapat dari hasil diskusi  Peserta didik mengklasifikasikan data dari identifikasi mengenai hubungan antara panjang senar dawai.

jujur. keberanian. Instrumen observasi penilaian sikap kerja kelompok menggunakan lembar pengamatan dalam hal sikap kerjasama. Pengetahuan : Tes Tertulis b. antusias dan penampilan. c. Keterampilan : Lembar Observasi. Instrumen observasi penilaian sikap kinerja presentasi menggunakan lembar pengamatan sikap responsif dan pro-aktif. Instrumen observasi penilaian sikap kerja individu menggunakan lembar pengamatan sikap santun. toleran. sistematika penyajian. d. Instrumen Penilaian a. 6 . Penilaian Produk c. Pembelajaran Remedial dan Pengayaan 1. Jenis/Teknik Penilaian a. peduli. bertanggung jawab. Portofolio. Sikap : Lembar Observasi 2. Verification Mengkomunikasikan (Verifikasi)  Guru mengarahkan peserta didik untuk mengkomunikasikan data (alternatif jawaban) untuk menilai hasil LKPD yang dikerjakan peserta didik  Peserta didik dari dua kelompok menginterpretasi argumen Generalization  Guru membimbing peserta didik dalam menarik (menyimpulkan) kesimpulan mengenai getaran dan gelombang  Peserta didik menarik kesimpulan hasil diskusi yang telah dilakukan Penutup 10’  Guru memberikan tugas mengenai hasil yang telah di dapatkan  Peserta didik menerima tugas dari guru  Guru memberikan salam H. dan disiplin. Penilaian. peduli dalam mempelajari hakekat ilmu dan peran kimia untuk diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.  Peserta didik memahami besaran-besaran dalam getaran gelombang dan gejala yang ditimbulkan dari fenomena tersebut. Contoh bentuk instrumen terlampir. wawasan. Instumen kinerja presentasi menggunakan lembar pengamatan kinerja presentasi dengan fokus penilaian pada: komunikasi. b. 6 frekuensi senar dawai rapat massa linear senar dawai.

M. 7 3.Pd NIP. 19 Oktober 2017 Mengetahui. S. Kepala Sekolah. S. Pedoman Penskoran Pedoman penskoran terlampir. 197312041998011001 7 . Binjai.Pd Widya Avelia M Sitanggang NIP. S. 4143321045 Plt.. 196310261990011001 NIP. Mahasiswa PPLT. Lister Marpaung.Pd Muhammad Taufik. Guru Bidang Studi. Wakil Kepala Sekolah Bidang Kurikulum Syaiful Bahri.Pd.197004031993012001 NIM.

8 LAMPIRAN Lembar Kinerja Presentasi PENILAIAN KINERJA PRESENTASI Mata pelajaran : Fisika Materi : Getaran dan Gelombang Nama : NIS : Kelas : No Aspek yang dinilai Penilaian 1 2 3 1 Komunikasi 2 Sistematika penyampaian 3 Wawasan 4 Keberanian 5 Antusias 6 Penampilan Rubrik Aspek yang Penilaian dinilai 1 2 3 Komunikasi Tidak ada Komunikasi Komunikasi komunikasi sedang Lancar dan baik Sistematika Penyampain tidak Sistematika Sistematika penyampaian sistematis penyampaian penyampaian baik sedang Wawasan Wawasan kurang Wawasan sedang Wawasan luas Keberanian Tidak ada Keberanian sedang Keberanian baik keberanian Antusias Tidak antusias Antusias sedang Antusias dalam kegiatan Penampilan Penampilan kurang Penampilan sedang Penampilan baik 8 .

Keterangan pengisian skor: 1. Baik 2. 9 Lembar Observasi Penilaian Sikap Kerja Kelompok LEMBAR OBSERVASI PENILAIAN SIKAP KERJA KELOMPOK Mata Pelajaran : Fisika Kelas : X Materi Pokok : Getaran dan Gelombang Observasi Jml No Nama Kelompok kerjasama tanggungjawab toleran disiplin Nilai Skor (1) (2) (3) (4) 1. 4. Sangat Baik Lembar Observasi Penilaian Sikap Kerja Individu LEMBAR OBSERVASI PENILAIAN SIKAP KERJA INDIVIDU Mata Pelajaran : Fisika Kelas :X Materi Pokok : Getaran dan Gelombang Observasi No Nama Siswa santun jujur Cinta damai Jumlah Skor Nilai (1) (2) (3) 9 . 3. Kurang Baik 3. 2. Cukup Baik 4. 5.

Kurang Baik 3. Kurang Baik 3. Sangat Baik 10 . 4. Baik 2. Keterangan pengisian skor: 1. Keterangan pengisian skor: 1. 5. 2. Cukup Baik 4. 2. 10 1. 3. Sangat Baik Lembar Observasi Penilaian Sikap Kinerja Presentasi LEMBAR OBSERVASI PENILAIAN SIKAP KINERJA PRESENTASI Mata Pelajaran : Fisika Kelas :X Materi Pokok : Getaran dan Gelombang Observasi Peduli Peduli Jumlah No Nama Siswa Responsif proaktif Nilai lingkungan sesama Skor (1) (2) (3) (4) 1. Cukup Baik 4. 5. 4. Baik 2. 3.

Indikator Struktur Penyampaian Tanggapan Publikasi kalimat konsep 1 Persiapan 2 Perencanaan 3 Penulisan 11 . 11 Lembar Penilaian Portofolio FORMAT PENILAIAN PORTOFOLIO Sekolah : Matapelajaran : Fisika Durasi Waktu : Nama Peserta didik : Kelas/Semester : No Pencapaian Waktu Kriteria Ket.

2……………………………. 4…………………………. Menentukan frekuensi pada pipa organa tertutup Alat dan Bahan Alat dan Bahan Jumlah Gelas Anggur 1 buah Gelas Biasa 1 buah Penggaris 1 buah Air Secukupnya 12 . 5…………………………. 12 LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK Mata Pelajaran : FISIKA Kelas/Semester : X/II Materi Pokok : Getaran dan Gelombang Kelompok : Nama : 1……………………………. Melakukan percobaan mengamati gelombang stasioner yang terjadi pada pipa organa ujung tertutup 2. 3…………………………… Kelas : Judul : Menentukan Titik Berat Tujuan Percobaan 1.

......................................................... kemudian bandingkan bunyinya dengan gelas kosong....... 1 3.......... .. . carilah frekuensi yang terjadi pada setiap percobaan! 3...... kemudian bandingkan bunyinya dengan gelas kosong. Ukur jarak ruang gelas dari permukaan air sampai bibir gelas................................................................................................................................................................. 5............................... . Data Pengamatan No Kondisi Gelas Panjang Ruang Deskripsi bunyi yang terjadi 1 Gelas anggur kosong 2 Gelas anggur terisi 1/3 3 Gelas anggur terisi 2/3 4 Gelas anggur terisi hampir penuh 5 Gelas biasa terisi ½ Pertanyaan 1.............. ............. 13 . Ukur jarak ruang gelas dari dasar sampai bibir gelas.........................................4 tidak terjadi bunyi? Kesimpulan ..................... Isi gelas biasa dengan air kira-kira setengahnya.................................................. 6..... Jika kecepatan bunyi di udara sebesar 330 m/s. ..................... Siapkan alat dan bahan 2.... 13 Langkah-Langkah Percobaan 1............................................................ Apa mekanisme yang membuat gelas anggur bisa berbunyi? 4........................................... Ukur jarak ruang gelas dari permukaan air sampai bibir gelas..................... Isi dengan air kira-kira 3 nya..... Isi dengan air kira-kira 3 nya................................................................................ Bunyikan seperti langkah diatas.............. Isi dengan air kira-kira hampir penuh (ruang kosong sekitar 3 mm)..................................................................................................................................................................... Gambarkan gelombang stasioner yang terjadi pada setiap percobaan (dengan gelas dan airnya)! 2.................................................................. .......................................................................... 2 4..... Mengapa pada percobaan no............. Siapkan gelas anggur yang didalamnya masih kosong dan bunyikan.................................. kemudian bandingkan bunyinya dengan percobaan sebelumnya........................

Seseorang berdiri di pinggir jalan. maka frekuensi klakson yang didengar oleh orang tadi adalah. Sebuah pipa organa yang tertutup salah satu ujungnya memiliki nada dasar dengan frekuensi sebesar 300 Hz. 14 . Jika cepat rambat bunyi di udara pada saat itu 380 m/s.. Apa yang dimaksud dengan gelombang bunyi? 3.. maka panjang gelombang yang dihasilkan adalah .... Sebuah sumber bunyi mempunyai Intensitas Bunyi sebesar 10-8 Watt/m2... Apa yang dimaksud dengan gelombang? 2. sebuah mobil bergerak menjauhi orang tadi dengan kecepatan 20 m/s sambil membunyikan klakson yang berfrekuensi 400 Hz. Maka cepat rambat gelombang bunyi tersebut adalah . Jika frekuensi bunyi tersebut 200 Hz.. 2. Seutas dawai mempunyai panjang sebesar 150 cm menghasilkan nada dasar 120 Hz.... Suatu sumber bunyi merambat melalui sebuah medium dengan cepat rambat 330 m/s. Jika Intensitas ambang pendengaran Io = 10-12 W/m2 Maka besar taraf intensitas bunyi tersebut adalah . Apa yang dimaksud dengan intensitas bunyi? 4. Tentukan besar frekuensi dari : a) Nada atas pertama b) Nada atas kedua 3. Lampiran 2 Pertemuan 2 1.. 14 Lampiran 1 Pertemuan 1 INSTRUMEN TES MOMEN INERSIA 1. 4.

Jika cepat V = 380 m/s 2 rambat bunyi di udara pada saat itu 380 m/s.65 𝑚 4.. f 𝑣 6 𝜆= 𝑓 330 𝜆 = 200 𝜆 = 1.? maka frekuensi klakson yang didengar oleh 𝑉+ 𝑉𝑝 Jawab: 𝑓𝑝 = 𝑉+ 𝑉 . 𝑓𝑠 orang tadi adalah. Apa yang dimaksud dengan gelombang? Gelombang adalah bentuk dari getaran yang merambat pada 2 suatu medium. 400 400 15 . Apa yang dimaksud dengan gelombang bunyi? Gelombang bunyi merupakan salah satu gelombang mekanik 2 yang berbentuk gelombang longitudinal.. Jika f = 200 Hz frekuensi bunyi tersebut 200 Hz. sebuah Dik: Vs = 20 m/s menjauh (bertanda + ) 2 mobil bergerak menjauhi orang tadi dengan fs = 400 Hz kecepatan 20 m/s sambil membunyikan Vp = 0 (diam) klakson yang berfrekuensi 400 Hz. 2. 15 PEDOMAN PENSKORAN PEDOMAN PENSKORAN SOAL TES 1 No Soal Aspek-Aspek yang dinilai Skor Soal 1.. 3.. maka panjang Dit : λ = . Jawab: v = λ ... Suatu sumber bunyi merambat melalui sebuah Dik : v = 330 m/s 2 medium dengan cepat rambat 330 m/s. 𝑠 380 + 0 7 𝑓𝑝 = . sehingga bunyi merambat dalam bentuk rapatan dan regangan secara berurutan. 400 380 + 20 380 𝑓𝑝 = . Seseorang berdiri di pinggir jalan..? 2 gelombang yang dihasilkan adalah .. Dit: fp = .

... Apa yang dimaksud dengan intensitas bunyi? Intensitas bunyi ialah daya yang dipindahkan setiap satuan luas. 6 𝑓1 = 3 𝑥 𝑓𝑜 𝑓1 = 3 𝑥 300 𝑓1 = 900 𝐻𝑧 3.5 = 3 m V = λ x f = 3 x 120 = 360 m/s 2. Sebuah pipa organa yang tertutup salah satu Nada atas pertama (f1) ujungnya memiliki nada dasar dengan 𝑓 3 1 frekuensi sebesar 300 Hz.. 2 daya yang dimaksud tentunya adalah daya dari gelombang 16 . Nada dasar dawai L=½λ 6 λ = 2L = 2 x 1. 16 𝑓𝑝 = 380 Hz Skor Maksimal 15 𝑆𝑘𝑜𝑟 𝑦𝑎𝑛𝑔 𝑑𝑖𝑐𝑎𝑝𝑎𝑖 𝑁𝑖𝑙𝑎𝑖 = 𝑥 100 𝑆𝑘𝑜𝑟 𝑚𝑎𝑘𝑠𝑖𝑚𝑎𝑙 PEDOMAN PENSKORAN SOAL TES 2 No Soal Aspek-Aspek yang dinilai Skor Soal 1. Maka fo = 120 Hz cepat rambat gelombang bunyi tersebut adalah Dit : v=? Jawab : 2 .. Seutas dawai mempunyai panjang sebesar 150 Dik : L = 150 cm = 1..5 m 2 cm menghasilkan nada dasar 120 Hz.. Tentukan besar 𝑓𝑜 = 1 frekuensi dari nada atas pertama.

Sebuah sumber bunyi mempunyai Intensitas Dik:I = 10-8 Watt/m2 2 Bunyi sebesar 10-8 Watt/m2. Jawab: 𝑇𝐼 = 10 𝑙𝑜𝑔 𝐼 8 𝑂 10−8 𝑇𝐼 = 10 𝑙𝑜𝑔 10−12 𝑇𝐼 = 10 𝑙𝑜𝑔104 𝑇𝐼 = 10 𝑥 4 𝑥 log 10 𝑇𝐼 = 10 𝑥 4 𝑥 1 𝑇𝐼 = 40 𝑑𝐵 Skor Maksimal 30 17 . 4.. Jika Intensitas Io = 10-12 W/m2 Dit: TI = 2 ambang pendengaran Io = 10-12 W/m2 Maka 𝐼 besar taraf intensitas bunyi tersebut adalah ... 17 bunyi.