SMK TARUNA BHAKTI

H U B I N

2018
HUBIN SMK TARUNA BHAKTI DEPOK
www.smktarunabhaktihubin@gmail.com

PROPOSAL
MAGANG

www.smktarunabhakti.net

net .com PROPOSAL MAGANG www.SMK TARUNA BHAKTI H U B I N 2018 HUBIN SMK TARUNA BHAKTI DEPOK www.smktarunabhakti.smktarunabhaktihubin@gmail.

SE. WAKA.M. SE Menyetujui. MULTIMEDIA (MM). BROADCASTING (BRC). Ratna Wati..Pd. ST www. REKAYASA PERANGKAT LUNAK (RPL). TEKNIK ELEKTRONIKA INDUSTRI (TEI) SMK TARUNA BHAKTI TAHUN PELAJARAN 2017/2018 Panitia Pelaksana Program Magang SMK Taruna Bhakti Depok Tahun Pelajaran 2017/2018 membuat Proposal ini dengan : Telah diketahui dan disetujui : Depok.smktarunabhakti. Agustus 2017 Mengetahui.Si.net . Kepala SMK Taruna Bhakti Ramadin Tarigan. S. Hubungan Industri Sekretaris Furida Lusi S... LEMBAR PENGESAHAN PROPOSAL PENGAJUAN MAGANG KOMPETENSI KEAHLIAN TEKNIK KOMPUTER JARINGAN (TKJ).

Pelaksanaan kegiatan Magang ini merupakan kegiatan yang telah terprogram bagi Sekolah Menengah Kejuru- an (SMK) Taruna Bhakti Depok untuk mengadakan kerjasama dengan Dunia Kerja dan industri dalam penem- patan Magang Siswa/ Siswi sesuai dengan Kompetensi Keahliannya Akhir kata. sehingga Pembuatan Proposal Magang ini dapat terselesaikan. KATA PENGANTAR Puji dan syukur kami panjatkan kehadirat Allah SWT yang telah melimpahkan Rahmat dan Hidayah-Nya serta Sholawat dan salam kepada junjungan kita Rasulullah SAW.net . hanya kepada Allah SWT jualah kami serahkan segalanya dengan harapan semoga pelaksanaan kegiatan ini dapat dijadikan sebagai proses pembelajaran bagi peserta didik dalam mencapai keberhasilan dan melaksanakan salah satu Program Pemerintah Kota Depok yaitu mewujudkan kemajuan sebagai Kota Pendidikan. Depok.smktarunabhakti. September 2018 PANITIA PELAKSANA www.

Pemograman Web 05 html. pemograman berba. dan adobe juga mengadakan uji sertifikasi internasional Premiere kepada para Siswa. CISCO packet Produksi siaran drama dan non drama tracer.xampp. Fotografi. 3d max. Jurusan kompetensi unggulan. Jurusan RPL MOS. tata cahaya. Jurusan tkj juga Software yang kami gunakan adalah . yaitu : Merakit personal pc. adobe 02 REKAYASA PERANGKAT LUNAK audition. Motion Graphic Elektronika dasar. yaitu : Graphic Design.smktarunabhakti.net TEKHNIK ELEKTRONIKA 03 MULTIMEDIA INDUSTRI kompetensi unggulan. Fotografi. Sensor Equator. yaitu : Android. dan . Software yang digunakan : Photoshop. yaitu : MOS.instalasi sistem oprasi. yaitu : Tehnik Animasi 2d / 3d . software jaringan dan trauble shooting . adobe ilustrator. Adobe Photoshop. Perekaman / audio editing. Software yang digunakan : virtualbox. dan dll file fixer. ILustrator.PROFIL SEKOLAH SMK TARUNA BHAKTI D E F E R E NT SMK TARUNABHAKTI DEPOK KOMPETENSI KEAHLIAN 01 TEKNIK KOMPUTER JARINGAN kompetensi unggulan. Ilustrator. adobe after effect . Preimere www. adobe para Siswa. After Effect. robotik Flash . 04 BROADCASTING mempunyai beberapa kompetensi unggulan. internasional kepada para Siswa. Pemo Broadcast juga mengadakan uji sertifikasi Android. yaitu : sis web Software yang kami gunakan. kompetensi unggulan. yaitu : Editing. Pemograman mobil. yaitu : MOS.net . Mikrotik dan CISCO premiere. 3d blender dan 3d max. mysql. android kejar indonesia.Tehnik Pemograman. mengadakan uji sertifikasi internasional kepada adobe photoshop. jaringan dasar.

setidaknya ketiga hal tersebut di atas dapat terbentuk melalui kegiatan program magang ini. dan dapat mengaplikasikan kemampuan praktik yang diperoleh di sekolah ke dunia industri. kedisiplinan. Dengan demikian maka akan terbentuk secara dini etos kerja. Per. maka ada banyak hal yang harus diperhatikan. www. Seperti yang kita ketahui bahwa dunia kerja mer- upakan dunia yang sarat akan persaingan dan keterampilan. 3 tahun 1992 tentang jaminan sosial tenaga kerja. 2.smktarunabhakti. membandingkan ilmu yang diperoleh di sekolah dengan pelaksanaan magang di industri. keuletan dan kejujuran dalam diri siswa/i SMK Taruna Bhakti sebelum mereka benar-benar bekerja. mengetahui proses-proses kerja yang terdapat di perusahaan. B.Latar Belakang Dewasa ini persaingan di dunia kerja semakin tinggi. dapat mengetahui secara nyata mengenai gambaran dari dunia kerja yang sebenarnya. Dengan adanya kegiatan magang ini. mengetahui lingkungan kerja yang sebenarnya dalam suatu industri. memperoleh pengalaman kerja di industri. Fakta di lapangan membuktikan banyaknya para lulusan SMK yang masih belum juga mendapatkan pekerjaan. Kami beranggapan bahwa dengan memilih dan mengikuti kegiatan ini maka kami dapat menjadi sumber daya manusia yang handal dan berkualitas.Undang-Undang No. Hal ini menyiratkan bahwa. C.PENDAHULUAN A.Peraturan Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi no. Sehingga diharapkan bahwa.Landasan Hukum 1. untuk dapat menembus pasar kerja saat ini. 3. Menimbang hal tersebut maka SMK Taruna Bhakti melaksanakan program Magang ini. 13 tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan khususnya pasal 21 – 30. Ijazah saja tidak cukup ampuh untuk menembus pasar kerja yang juga semakin ketat.Kegiatan ini juga diharapkan untuk menambah pengalaman dan ketrampilan bagi siswa/i SMK Taruna Bhakti sebelum mereka benar-benar terjun dan bersaing di dunia kerja.Maksud Dan Tujuan Program Magang ini dimaksudkan agar siswa/i SMK Taruna Bhakti dapat merasakan langsung bekerja pada suatu industri. Salah satunya faktor pengalaman dan keterampilan kerja.Undang-Undang No.net . Kedi- siplinan juga menjadi faktor utama yang perlu diperhatikan bagi seorang pekerja.22/Men/IX/2009 tentang Penyelenggaraan Pemagangan di Dalam Negeri. memperoleh pengetahuan dari tempat magang. Program Magang ini adalah mengikuti kerja magang di instansi atau perusahaan tertentu. maka diharapkan siswa/i SMK Taruna Bhakti.

Menambah wawasan setiap siswa/i mengenai dunia industri.D.Siswa/i dapat mengaplikasikan dan meningkatkan ilmu yang diperoleh di sekolah SMK Taruna Bhakti. menye- suaikan permintaan perusahaan.Perusahaan akan mendapat bantuan tenaga dari siswa/i yang melakukan praktek magang. 3. namun waktu pelaksanaan tersebut dapat diubah sesuai dengan permintaan perusahaan dimana siswa tersebut melaksanakan Program Magang.Manfaat Bagi Perusahaan 1.sanggup mentaati segala peraturan yang ada pada perusahaan yang bersangkutan.Menambah dan meningkatkan keterampilan serta keahlian dibidang praktek. G.Bentuk Kegiatan Bentuk kegiatan siswa/i dalam melaksanakan Program Magang ini adalah : 1.Bidang Magang sesuai sesuai Kompetensi Kejuruan yang dipelajari sekolah SMK Taruna Bhakti. namun dengan asumsi pelaksanaan Program Magang minimal dilakukan siswa selama 3 bulan. 3.Adanya kerjasama antara dunia pendidikan dengan dunia industri/ perusahaan 2.Mengikuti kegiatan yang ada sesuai dengan kebijakan yang berlaku di perusahaan y 4.Sedangkan untuk jadwal pelaksanaan sehari-hari.Mengikuti kegiatan yang ada sesuai dengan kebijakan yang berlaku di perusahaan y 4.sanggup mentaati segala peraturan yang ada pada perusahaan yang bersangkutan.Mempelajari prosedur pengawasan produksi yang digunakan di perusahaan D. 3. 3.smktarunabhakti.Membantu menjadi sumber informasi dan ide-ide baru yang dibutuhkan perusahaan Bagi Siswa 1.Bidang Magang sesuai sesuai Kompetensi Kejuruan yang dipelajari sekolah SMK Taruna Bhakti. 2. www.net . 2.Mempelajari prosedur pengawasan produksi yang digunakan di perusahaan E.Waktu Pelaksanaan Waktu dan jadwal pelaksanaan Program Magang ini telah ditetapkan pelaksanaanya oleh sekolah. 2. yakni selama 3 bulan.Bentuk Kegiatan Bentuk kegiatan siswa/i dalam melaksanakan Program Magang ini adalah : 1.Penempatan Perusahaan hendaknya menyediakan tempat bagi siswa yang berpedoman pada jenis Program Magang yang akan dilakukan oleh siswa/i SMK Taruna Bhakti. F. Demikian pula dengan siswa/i SMK Taruna Bhakti hen- daknya menyesuaikan antara kemampuan dan keinginan dari perusahaan.

Menunjukkan tempat/ Unit divisi dalam perusahaan yang akan dijadikan tempat pelaksanaan Program Magang dan menunjuk jenis pekerjaan yang harus dilakukan siswa www.Mempersiapkan diri dengan materi kerja Sekolah 1.net .Memberikan penjelasan umum mengenai cara pelaksanakan Program Magang 2. 2.Mematuhi peraturan yang terdapat dalam Perusahaan 2.Kewajiban Agar pelaksanaan Program Magang ini mendatangkan hasil yang maksimal.Membekali siswa dengan pengetahuan dalam pembuatan project siswa Perusahaan 1.smktarunabhakti.Menunjuk seorang Staff/ Pegawai yang akan ditugasi sebagai pembimbing.H. maka masing–masing pihak mem- punyai kewajiban yang harus dilaksanakan yaitu : Siswa 1.

Survey dan Pemetaan Dunia Usaha/Industri (DU/DI) Sebelum pelaksanaan magang dimulai terlebih dahulu dilakukan tahapan survey dan pemetaan dunia usaha/industri yaitu suatu bentuk kegiatan membangun kerja sama dan nota kesepahaman antara pihak SMK Taruna Bhakti Depok dengan Pihak DU/DI yang akan menjadi industri pasangan Program Magang.Kegiatan ini dilakukan untuk meningkatkan mutu pengetahuan kejuruan melalui peran dunia industri 2.Sumber Dana Kegiatan Sumber dana kegiatan Program Magang yaitu bersumber dari pihak sekolah yang telah dianggarkan khusus untuk kegiatan ini.PELAKSANAAN KEGIATAN A. B. E. dan materi lain yang dianggap penting.2017/2018 dengan kompeten- si keahlian Teknik Komputer dan Jaringan. Peserta Program Magang sebelum diberangkatkan akan diberi pembekalan dengan materi Kompetensi Keahlian sesuai dengan jurusan masing-masing.smktarunabhakti.Menghasilkan tamatan yang memiliki pengetahuan.Memberi pengakuan dan penghargaan terhadap pengalaman kerja sebagai bagian dari proses pendidikan. C. 5. ketrampilan dan sikap yang menjadi bakat dasar pengembangan dirinya secara berkelanjutan. Adapun penggunaannya akan dilakukan dengan menganut asas transparansi dan akunt- abel. Broadcasting.net .Pelaksanaan 1. D.Menghasilkan tamatan yang memiliki pengetahuan. 4. Multimedia. pengenalan budaya kerja DU/DI. bimbingan teknis dan penanganan masalah-masalah pelanggaran tata tertib Program Magang.Materi Kegiatan Kegiatan Program Magang adalah bentuk nyata implementasi pendidikan seperti yang diamanatkan dalam kurikulum 2013. keterampilan dan etos kerja yang sesuai dengan tuntut- an lapangan kerja 3. Rekayasa Perangkat Lunak.Meningkatkan efesiensi penyelenggaraan pendidikan menengah kejuruan melalui pendayagunaan sumber daya pendidikan yang ada didunia kerja F. Teknik Elok- tronika Industri. www. sosialisasi tata tertib Program Magang oleh Team BP/BK. Adapun kegiatan monitoring dilakukan dengan interval waktu 3 kali dalam dalam 3 bulan selama kegiatan Program Magang.Monitoring Kegiatan monitoring dilakukan untuk memantau perkembangan kegiatan.Peserta dan Pembekalan Peserta Program Magang ini akan diikuti oleh siswa/i kelas XII SMK TARUNA BHAKTI TP.

Peserta Program Magang diharuskan membuat project sesuai dengan kompetensi keahlian mas- ing-masing. Penarikan peserta Program Magang Peserta Program Magang akan ditarik kembali sesuai dengan jadwal kegiatan yang telah disepa- kati antara pihak SMK Taruna Bhakti Depok.net .Pembuatan hasil akhir dari pelaksanaan kegiatan Program Magang yaitu berbentuk project sesuai dengan kompetensi keahlian masing-masing. www.smktarunabhakti. 2.Kegiatan Akhir Program Magang akan berakhir sesuai dengan jadwal yang telah disepakati antara pihak SMK Taruna Bhakti Depok dengan pihak DU/DI pasangan dengan kegiatan akhir Program Magang meliputi : 1.G.

Depok.PENUTUP Demikian proposal ini dibuat untuk memberi gambaran singkat tentang Program Magang SMK Taruna Bhakti Depok. Februari 2018 Panitia Pelaksana Program Magang www. Semoga apa yang menjadi tuntutan kurikulum dapat terwujud yang sejalan pula dengan visi SMK Taruna Bhakti yaitu menghasilkan lulusan yang kompeten dalam ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK) dan iman taqwa (IMTAQ) serta mampu bersaing pada tingkat nasional dan global.net . Bagi semua pihak yang terkait kami selaku panitia masih merasakan banyak kekurangan-kekurangan dalam proposal ini yang perlu kiranya untuk menerima masukan-masukan maupun pendapat dari semua pihak guna kegiatan lebih lanjut dan untuk kesempurnaan program ini.smktarunabhakti.

smktarunabhakti.2018 STANDAR KOMPETENSI KEAHLIAN SMK TARUNA BHAKTI DEPOK TAHUN PELAJARAN 2017/2018 www.net .smktarunabhakti.net www.