You are on page 1of 10

Polimer adalah ….

A. Molekul kecil penyusun molekul besar
B. Molekul besar yang terbentuk dari molekul-molekul kecil yang terangkai secara berulang
C. Molekul yang memiliki massa molekul kecil
D. Molekul yang memiliki ukuran kecil
E. Molekul yang tidak bisa berikatan antarmolekul
ANSWER : B

Komponen penyusun polimer disebut ….
A. Rantai karbon
B. Makromolekul
C. Monomer
D. Molekul
E. Unsur
ANSWER : C

Pengertian dari monomer yaitu ….
A. Molekul besar yang disebut makromolekul
B. Molekul besar yang disebut molekul raksasa
C. Molekul-molekul kecil penyusun polimer
D. Molekul yang memiliki massa molekul besar
E. Molekul yang tersusun berulang-ulang
ANSWER : C

Reaksi pembentukan polimer disebut ….
A. Reaksi kondensasi
B. Reaksi monomerisasi
C. Reaksi polimerisasi
D. Reaksi adisi
E. Reaksi substitusi
ANSWER : C

Proses bergabungnya molekul-molekul kecil menjadi molekul yang besar disebut …..
A. Kondensasi
B. Polimerisasi
C. Hidrolisis
D. Sintesis
E. Adisi
ANSWER : B

Reaksi polimerisasi adalah reaksi ….
A. Penggabungan molekul
B. Pembentukan polimer
C. Penguraian polimer
D. Penggantian polimer
E. Penambahan polimer
ANSWER : B

Reaksi pembentukan polimer terdiri dari dua jenis, yaitu …..
A. Adisi dan kondensasi
B. Monomerisasi dan kondensasi
C. Adisi dan substitusi
D. Monomerisasi dan adisi
E. Monomerisasi dan substitusi
ANSWER : A

Sifat-sifat polimer yaitu ….. dari monomer penyusunnya
A. Sama
B. Mirip

Polimer yang dibuat di alam C. Polimer yang terdapat di alam ANSWER : D Polimer yang merupakan hasil sintesis pengolahan industri adalah polimer …. Protein E. Lebih lunak E. Polimer buatan hasil sintesis industri atau pabrik E. A. karet D. Selulosa. Kondensasi E. Polimer yang murni B. A.. Enzim ANSWER : A Diantara polimer berikut yang semuanya termasuk polimer alam adalah .. Adisi ANSWER : C Beberapa polimer berikut yang tidak termasuk polimer alam adalah …. Polimer industri dan polimer pabrik ANSWER : A Polimer alam adalah …. Alami C. Polimer yang tidak mengandung bahan kimia E. A. Polimer yang secara alami terdapat di alam D. amilum. Polimer alam dan polimer buatan C. PVC. plastik. Lebih tahan panas ASNWER : C Berdasarkan asalnya. Amilum D. A. Berbeda D. protein . A. Polimer buatan dan polimer industri E. Polimer alam dan polimer sintetis B.. protein. Polimer yang tidak mengandung bahan kimia C. Murni B. Poliester. Polimer sintetis dan polimer monomerik D. Polimer yang mengandung bahan kimia D. polimer dibedakan menjadi …. Murni ANSWER : B Polimer sintetis adalah …. Sintesis D. Adisi D. glikogen. Nilon. Selulosa C. Protein. A. Alami C. A. Kondensasi E. plastic E. Polimer yang mengandung bahan alami B. Polimer yang murni ANSWER : C Polimer yang secara alami terdapat di alam merupakan jenis polimer …. Plastik B.C. amilum C. Sintesis B. glikogen B. Karet.

Statistik C. A. Rangkap B. A.. A. Rangkap E. polimer dibagi menjadi dua. Karet E. Berikatan silang D. Homopolimer dan dipolimer C. Amilum B. Berikatan silang D. Bercabang C. Blok ANSWER : A Polimer yang terbentuk jika beberapa unit ulang membentuk cabang pada rantai utama disebut polimer …. Heteropolimer dan dipolimer D. yaitu…. A. Bergantian D. Homopolimer dan heteropolimer B. Bercabang C. Dapat teroksidasi oleh udara sekelilingnya D. Bercabang ANSWER : B Polimer yang tersusun dengan unit ulang berikatan satu sama lainnya membentuk rantai polimer yang panjang disebut polimer …. Tidak bisa didaur ulang ANSWER : A Di antara pasangan berikut yang merupakan polimer sintetis adalah …. Blok E. A. Poliester dan amilum E.... Linear B. Blok . Tidak dapat diuraikan oleh mikroorganisme C. Kopolimer dan dipolimer ANSWER : D Berikut merupakan jenis polimer berdasarkan susunan monomer. Jika dibakar menghasilkan gas metana B. A. kecuali …. A. Protein C. PVC dan nilon D. Linear B. Homopolimer dan kopolimer E. Nilon dan DNA ANSWER : C Diantara senyawa berikut yang tergolong makromolekul namun bukan polimer adalah ..ANSWER : A Salah satu sifat polimer sintetis yang menjadikan sebagai produk yang kurang ramah lingkungan adalah…. Rangkap E.. Lemak D. Plastik ANSWER : C Berdasarkan jenis monomer penyusunnya. Polietilena dan amilum B. Mudah berkarat E. Polistirena dan protein C.

A. Homopolimer B. Alami B. Adisi D. A. Kopolimer bergantian E... Kopolimer bergantian E. Karet alam dan serat D. Berikatan silang D. Sintetis C. Homopolimer B.. Sintetis C.. Termosetting ANSWER : D Polimer yang akan rusak jika dipanaskan dan tidak dapat dibentuk ulang disebut polimer …. Linear B. Kopolimer blok C. Kopolimer tidak beraturan atau acak ANSWER : D Berdasarkan sifatnya terhadap panas. A. Kopolimer tidak beraturan atau acak ANSWER : A Polimer dengan struktur A-A-A-B-B-A merupakan jenis …. Termoplas E. A. Serat dan plastik B. Homopolimer B. Plastik dan karet alam C. Kopolimer bercabang D. Kopolimer blok C. Kopolimer blok C. polimer dibagi menjadi dua macam. A. Kopolimer bercabang D. Kopolimer tidak beraturan atau acak ANSWER : E Polimer dengan struktur A-B-A-B-A-B merupakan jenis …. yaitu …. A. Kopolimer bercabang D. Alami B.ANSWER : B Polimer yang terbentuk karena beberapa rantai polimer saling berikataan satu sama lain pada rantai utamanya disebut polimer …. Kopolimer bergantian E. Termosetting ANSWER : E . Termoplas E. Adisi D. A. Termosetting dan termoplas ANSWER : E Polimer yang melunak jika dipanaskan dan dapat dibentuk ulang disebut polimer …. Termoplas dan termokimia E. Rangkap E. Blok ANSWER : C Polimer dengan struktur A-A-A-A-A merupakan jenis …. Bercabang C.

Bakelit D. tahan bahan kimia. Kuat C. Stirena C. A. Tahan terhadap panas ANSWER : D Karet alam merupakan polimer yang bersifat elastis sehingga dapat dimanfaatkan sebagai …. Teflon B. Tidak mudah rusak D. Terdiri dari monomer penyusun yang sejenis E. Teflon D. Fenol B. Botol minuman ANSWER : C Karet alam merupakan polimer yang terbentuk dari monomer …. Kloroetana ANSWER : D Pernyataan berikut ini yang benar mengenai macam-macam polimer alam adalah. Merupakan polimer adisi dari vinil klorida C. Polimer karet alam terdapat pada getah pohon karet ANSWER : C Pernyataan yang benar tentang PVC (Poli Vinil Klorida) adalah . Polimer amilum terdapat pada biji-bijian B. Polimer protein terdapat pada daging E. Bakelit B. kecuali …. dan anti lengket adalah …... Etena B.Monomer penyusun karet alam adalah …. Polimer plastik terdapat pada polietilena D. Propena D. Polimer adisi yang terdapat di alam ANSWER : B Polimer yang bersifat anti lengket adalah …. A. Nilon C. Kain B. A. Monomernya mengandung gugus fosfat D. Kabel C. Dakron E. Karet ANSWER : A Plastik berikut yang tahan panas. Ban mobil D. Sehari-hari dikenal sebagai pelapis besi B. Tidak tahan terhadap panas B.. Ember E. A. Nilon C. Polimer seluslosa terdapat pada kayu C. Propena . Tidak tergolong makromolekul E. A. Dakron E. SBR ANSWER : C Polimer yang dapat mengalami polimerisasi adisi yaitu polimer yang …. A. A. Isoprena E. A.

seragam olahraga. Asam metanoat dan 2. Nilon B. Nilon C. Poliamida E. Dakron C. Polimer campuran ANSWER : B Hasil dari polimerisasi kondensasi disertai dengan terbentuknya …. PVC C. Polimer sintetis C. A. Gas B. Asam tereftalat dan etilen glikol E. dan net gawang yang digunakan pada sepak bola umumnya terbuat dari …. A. kecuali ….6-diaminoheptana B. Asam adipat D. A. A. Polietena B. A. Poliamida .C. Nilon C. Tetoron D. Polipropilena D.6-diaminoheksana ANSWER : C Polimer berikut yang tidak bisa digunakan sebagai bahan plastik adalah…. Gumpalan E. Polietilena ANSWER : C Polimer berikut yang tidak bisa digunakan sebagai bahan plastik adalah…. Asam adipat dan 1. Polimer alam B. Nilon E. Teflon ANSWER : E Bola. Endapan C. Polimer kondensasi D.6-diaminoheksana D. Asam tereftalat dan 1. Asam adipat dan 1. Protein E. A. Polipropilena D. Isoprena ANSWER : E Polimer berikut yang terbentuk melalui polimerisasi kondensasi adalah …. Politetrafluoroetana ANSWER : B Semua polimer berikut terbentuk sebagai hasil polimerisasi kondensasi. Polimer adisi E. Vinil klorida E. Polipropilena D. Molekul kecil ANSWER : E Monomer dari nilon adalah…. A. rumput buatan. Larutan D. Karet buatan B. Polietena B..5-diaminheksana C.

A. Karet alam D. Pendek E. Nilon C. Polivinil klorida (PVC) B. Dapat menyebabkan kanker E. Plastik minuman B. Polietena B. . A. Politetrafluoroetana E. Berbahaya bagi lingkungan D. Panjang D. A. Poliisoprena D. Polyester C. Plastik polipropilen (PP) C. Tunggal B. A. Polietilena ANSWER : B . Rangkap tiga C. Plastik karung E. A. . kecuali …. Polipropilena ANSWER : A Di antara senyawa makromolekul berikut yang tergolong kopolimer adalah …. Butadiene stirena E. artinya …. Poliisoprena B..E. Dapat menyebabkan iritasi kulit C. Didaur ulang C. Dibuang ke sungai E. Dapat menyebabkan mutasi B. A. Polyester C. Dapat menyebabkan kecacatan janin ANSWER : D Polimer berikut yang tergolong polimer alam adalah …. A. Teflon E. Polivinilklorida D. Kimia ANSWER : A Limbah dari bahan polimer dapat menyebabkan karsinogen. Dilelehkan ANSWER : D Jenis polimer plastik yang dapat digunakan untuk kemasan bahan mentah nabati adalah . Plastik mainan ANSWER : B Pada reaksi polimerisasi adisi terjadi pemutusan ikatan rangkap menjadi ikatan …. Politetrafluoroetana ANSWER : B Salah satu cara alami untuk mengurangi limbah polimer plastik yaitu dengan cara berikut. Polivinil klorida ANSWER : C Polimer berikut yang berguna untuk membuat peralatan masak adalah …. Plastik makanan D. Dibakar B. Dilebur D.

Paralon C. Polistirena dan DNA ANSWER : C Polimer berikut yang bukan merupakan polimer termoplas adalah …… A.. Polietena D. Polistirena C.Diketahui beberapa senyawa polimer : (1) Polietena (2) PVC (3) Amilum (4) Protein Senyawa yang merupakan polimer alam adalah …. (1) dan (4) E. Poliisoprena dan amilum E. (3) dan (2) C. Bakelit dan nilon ANSWER : E Polimer yang pada proses polimerisasinya menghasilkan molekul air adalah ….. Dakron B. A. Amilum dan melamin D. Protein dan selulosa B. (3) dan (4) B. Teflon dan protein E. Polyester D. Amilum dan polietena C. Nilon ANSWER : D . DNA dan selulosa D. Polistirena dan poliisoprena C.. PVC ANSWER : A Pasangan senyawa polimer di bawah ini yang termasuk polimer alam adalah …. Karet E. (1) dan (4) E. (3) dan (2) C. Nilon B. A. (1) dan (2) ANSWER : E Kelompok yang merupakan polimer sintetis adalah …. (3) dan (1) D. A.. Nilon dan PVC B. (3) dan (4) B. Bakelit E. A. (1) dan (2) ANSWER : A Diketahui beberapa senyawa polimer : (1) Polietena (2) PVC (3) Amilum (4) Protein Senyawa yang merupakan polimer sintetis adalah …. (3) dan (1) D. A.

Karet ANSWER : A Kegunaan polimer melamin dapat ditemukan pada pembuatan ….. Melamin E.. Bakelit D. Teflon ANSWER : C Berikut ini yang merupakan polimer alam yang mengalami polimerisasi kondensasi adalah …. Polistirena E. A. Polistirena E. Nilon 66 ANSWER : B Polimer yang bersifat anti lengket adalah …. PVC B. A.Polimer berikut yang termasuk homopolimer. Bakelit C. Selulosa B. Mudah dibentuk sesuai keinginan D.. Pertanian B. Paralon C. Dapat menghantarkan listrik E. A. Tali ANSWER : D Nilon merupakan salah satu polimer yang digunakan pada bidang …. PVC B... Biaya produksi lebih murah ANSWER : D Salah satu keunggulan polimer plastik adalah …. A. Tahan karat B.. Ban mobil D. Nilon 66 D. Perkebunan C. A. PET ANSWER : B Berikut ini yang merupakan kekurangan/kelemahan polimer plastik adalah …. kecuali …. Plastik B. PVC D. Nilon C. Lebih ringan C. Bakelit C. Karet D.. Pipa B. A. Otomotif ANSWER : C Berikut ini contoh polimer termosetting (tahan panas) adalah …. A. Tekstil D. Polietilena C. Mudah terbakar Sulit terurai secara alami . Industri E. Polietilena E. Piring dan gelas E.

Biaya produksi murah Mudah meleleh Mudah rusak ANSWER : C .