You are on page 1of 5

PENAWARAN KERJASAMA OPERASIONAL (KSO

)
CT SCAN TOSHIBA X-VISION / ASTEION

PENDAHULUAN

Penyakit Jantung, kanker dan stroke merupakan penyakit yang menduduki 3 (tiga) peringkat
penyakit yang paling mematikan di Indonesia bahkan di dunia. Angka kejadiannya tiap tahun
meningkat seiring dengan pola hidup masyarakat dewasa ini. Untuk itu diperlukan suatu metode
pemeriksaan yang dapat mendeteksi dini adanya penyakit ini. Kemajuan IPTEK sangat
berpengaruh dalam dunia kedokteran, dengan berbagai Riset yang mahal bahkan tidak ternilai
harganya para ilmuwan tidak kenal lelah dalam Menciptakan alat-alat CANGGIH guna
meningkatkan derajat kesehatan manusia. Salah satu alat Canggih yang dihasilkan dari Riset
tersebut dalam bidang Radiologi adalah CT Scan (Computed Tomography Scanning), yaitu
Pemeriksaan radiologi imejing yang mampu memperlihatkan secara detail irisan-irisan organ
tubuh dari jaringan tulang hingga pembuluh darah yang diolah secara komputerisasi, sehingga
penegakan diagnosa dapat diketahui lebih dini dan akurat. Seiring dengan perkembangan
teknologi dunia, khususnya di bidang kesehatan, penggunaan peralatan berteknologi canggih
sangat dibutuhkan untuk mendukung diagnosa pasien untuk hasil yang lebih efektif dan efisien
sehingga dapat membantu dalam pengambilan tindakan medis. Berkembangnya teknologi di
bidang kesehatan ini mengakibatkan dampak yang sangat besar dalam ilmu kedokteran, sehingga
dimasa depan akan banyak dilakukan pengobatan dan “Diagnostik Imaging” yang sifatnya
spesifik atau targeted. Dengan pengadaan alat CT Scan diharapkan “merger” ilmu pencitraan,
neurologi dan juga kardiovaskuler dan lainnya dapat dikembangkan sehingga dikemudian hari
proses diagnosa penyakit menjadi lebih awal dan terarah. Salah satu upaya peningkatan
pelayanan pasien adalah menyediakan fasilitas peralatan sesuai standar di rumah sakit rujukan,
sehingga pengadaan alat yang mengikuti kemajuan ilmu kedokteran sangat dibutuhkan.
PT.MEDICAL IMAGING INDONESIA adalah sebuah perusahaan yang bergerak di bidang
pendistribusian medical equipments (Radiologi Dan Laboratorium).

II. LATAR BELAKANG

couch dan operator console) mampu dioperasikan dalam ruangan dengan luas minimal 30 m². Investasi alat Canggih seperti CT Scan adalah suatu peluang bisnis yang sangat menjanjikan dimana kebutuhan akan pelayanan tersebut sangat dibutuhkan masyarakat luas. Perlu kiranya dicarikan alternatif-alternatif untuk pengadaan pelayanan alat CT Scan demi terciptanya suatu pelayanan radiologi yang optimal demi terciptanya peningkatan pelayanan kesehatan secara umum III.Vision dapat digunakan untuk helical scanning dalam pemeriksaan rutin. CT Scan Toshiba X. sehingga dengan pelayanan radiologi yang lebih baik dapat meningkatkan akurasi diagnosis pasien. keamanan dan kenyamanan pasien tidak terganggu. maka keputusan tindakan medis untuk pasien dapat dilakukan dengan segera. Selain tujuan di atas. sehingga Rumah Sakit dapat bekerja sama dengan menerima pasien rujukan dari rumah sakit lain yang ada disekitarnya yang membutuhkan penanganan dengan menggunakan alat tersebut. Bedah. Jantung. Multiple Helical Scan. Perusahaan bahkan menjadi rujukan RS/Klinik lain.IV. CT Scan Toshiba X-Vision memiliki kemampuan helical scanning dengan berbagai variasi scan yaitu. .Sistem pelayanan kesehatan satu atap sudah saatnya diterapkan bagi RS/Klinik sehingga masyarakat (segala umur dan status sosial dengan berbagai kasus seperti : Trauma. PRODUK CT Scan Toshiba X-Vision adalah alat scan yang dirancang khusus untuk memberikan performa yang maksimal dengan harga yang minimal. V. TUJUAN Pengadaan CT Scan Toshiba X-Vision ini bertujuan untuk meningkatkan standar pelayanan bagi pasien Rumah Sakit mendukung perkembangan ilmu radiologi. Dengan investasi awal dan biaya maintenance yang relatif mahal merupakan hambatan bagi pihak RS/Klinik dalam pengadaan alat CT Scan tersebut. pengadaan alat CT Scan Toshiba X-Vision bertujuan agar Rumah Sakit memiliki alat CT Scan yang efektif dan efisien dalam pengoperasiannya. Design alat pun dibuat secara ergonomic sehingga alat yang terdiri dari tiga unit ini (gantry. Tumor. Saraf. dll) dapat menjadikan RS/Klinik tersebut menjadi rujukan Keluarga. Single Helical Scan. walaupun alat ini memiliki ukuran yang kecil. MANFAAT Pengadaan alat CT Scan di Rumah Sakit dapat menumbuhkan kerja sama dengan rumah sakit lain yang berada disekitar Rumah Sakit.

CT Scanner Toshiba Asteion Single Desription : Model Asteion Single Quantity : 1 System Contract Tipe : Fix Rent Contract Term : 60 months / 5 years Fix Rate / Month : Rp./ month (Belum termasuk PPN) Deposit : 3 x Monthly payment (Rp. 150. Dengan kemampuan scanning seperti ini./ month (Belum termasuk PPN) Deposit : 3 x Monthly payment (Rp. Menjamin alat selalu berfungsi melalui kegiatan pemeliharaan service dan maintenance.MEDICAL IMAGING INDONESIA 1. Berikut tabel KSO fix payment. Menyediakan alat CT Scan.000.Tilted Helical Scan dan Combined Helical Scan. Menyediakan teknisi (teknisi asing stand by di Indonesia).000.000. 50. 1. Setelah jangka waktu 5 tahun pihak rumah sakit dapat mengajukan alat yang lebih canggih kepada pihak kami (negosiable).Multi-Directional Helical Scan. . CT Scanner Toshiba X-Vision Desription : Model X-Vision Quantity : 1 System Contract Tipe : Fix Rent Contract Term : 60 months / 5 years Fix Rate / Month : Rp.-) Hak dan Kewajiban PT. Kami berinvestasi untuk alat CT Scan dengan lama waktu kerjasama minimal 5 tahun.. PENAWARAN SISTEM KSO Fix Payment Sistem fix payment adalah pihak rumah sakit melakukan pembayaran tetap setiap bulannya sebesar prosentase yang telah disepakati bersama kepada pihak PT.000. Printer Dry dan penginstalasian.MEDICAL IMAGING INDONESIA.000.. 180. 2. 60.000.-) 2.000. VI. Zoomed Helical Scan. CT Scan Toshiba X-Vision dapat digunakan untuk pemeriksaan rutin hingga pemeriksaan organ secara detail.000. 3.

Apabila belum tercapainya target yang proporsional. Tercapainya kesepakatan yang menyangkut waktu atau lamanya kerjasama 3.Hak dan kewajiban Rumah Sakit 1. Menyediakan Stabilizer 75 KVA. Tercapainya volume pelayanan atas alat yang di KSO kan. Menyediakan Tenaga Radiografer 5. Tercapainya kesepakatan yang menyangkut proporsi fix payment 2. Tercapainya kesepakatan yang menyangkut waktu atau lamanya kerjasama. Grafik Pelayanan operasi meningkat 4. 4. Bebas menggunakan alat selama 24 jam Keuntungan RS/Klinik KSO alat CT Scan 1. maka kami memberikan kemudahan solusi untuk melakukan kerja sama dalam hal pengadaan barang habis pakai kebutuhan rumah sakit.5 PK & AC 2 PK 2. VII. UPS 5-10 KVA 4. Syarat kerjasama 1. Menyediakan supplay listrik 75 KVA ( panel tersendiri) 3. PENUTUP . 2. Tercapainya kesepakatan yang menyangkut proporsi pmbagian hasil. Peningkatan pelayanan (Prestige) 3. dengan AC 1. Seluruh biaya maintenance alat akan ditanggung investor 2. Menyediakan ruangan untuk CT Scan. sehingga akan ada kesesuaian antara lamanya kerjasama dan tarif yang dilakukan satu pihak dan pihak lain. Grafik BOR meningkat Syarat kerjasama 1.

Sistem KSO pengadaan unit CT Scan yang kami tawarkan adalah merupakan wujud dari komitmen kami dalam mendukung program RS/Klinik yang memiliki keterbatasan alokasi dana dalam pengadaan unit CT Scan ini dan memiliki komitmen dalam meningkatkan pelayanan kesehatan masyarakat. . keuntungannya tidak perlu melakukan Investasi awal dan biaya maintenance yang relatif mahal dalam pengadaan pelayanan CT Scan ini.MEDICAL IMAGING INDONESIA) berkomitmen mendukung pihak RS/Klinik yang ingin berkembang secara terus menerus (dinamis) dalam meningkatkan pelayanan kesehatan masyarakat. Kami selaku investor (PT.Pengadaan alat CT Scan dengan sistem KSO sangat menguntungkan bagi pihak RS/Klinik. Kelengkapan pelayanan yang tersedia di RS/Klinik merupakan suatu nilai jual yang sangat tinggi yang dapat membawa imbas positif terhadap peningkatan mutu pelayanan prima bagi masyarakat umum.