You are on page 1of 10

BAB I

PENDAHULUAN

A. Latar Belakang Masalah
Dalam dunia intelektual Islam di masa sekarang sudah terdapat banyak
macam cabang-cabang ilmu Agama seperti halnya ilmu nahwu, ilmu shorof, ilmu
tafsir, dan bahkan ilmu tasawuf yang tentu memiliki pengertian sejarahnya
masing-masing yang dapat dikelupas lebih dalam.
Di dalam makalah ini akan dijelaskan beberapa hal dasar mengenai ilmu
tasawuf meliputi pengertian dan sejarahnya, agar dapat memberikan pengertian
dan pemahaman singkat bagi pembaca.
B. Rumusan Masalah

Agar pembaca lebih fokus dalam memahami makalah ini, maka penulis
merumuskan masalah yang akan penulis bahas dalam makalah ini :

1. Apa Pengertian ilmu tasawuf?
2. Apa sumber ilmu tasawuf?
3. Bagaimana hukum mempelajari ilmu tasawuf?
C. Tujuan Pembuatan Makalah

Penulis memiliki bebrapa tujuan dalam penyusunan karya tulis ini
diantaranya:

1. Memberikan pengetahuan umum mengenai pengertian dan sejarah ilmu
tasawuf.
2. Sebagai salah satu syarat memenuhi tugas kelompok mata kuliah tasawuf
dan tarekat di indonesia yang dibimbing oleh Drs. Wiwi Sajaroh, M.Ag.

1

BAB II PEMBAHASAN Dalam pengertian singkat Tasawuf adalah upaya untuk membebaskan diri dari sifat-sifat kemanusiaan demi meraih sifat-sifat malaikat dan akhlak ilahi. kekayaan dan harta benda lainnya di Makkah unuk hijrah dengan Nabi ke Madinah. (Jakarta: Bulan Bintang. (orang-orang yang ikut pindah dengan Nabi dari Makkah ke madinah). tak mungkin mereka melakukan hal yang demikian. 1983). sophos (bahasa yunani: hikmat). misalnya menyebutkan lima istilah yang berkenaan dengan tasawuf. A. harta benda dan lainy sebagainya hanya untuk Allah. Falsafah dan Mistisme dalam Islam. hlm 56-57 2 . Selanjutnya kata saf juga menggambarkan orang yang selalu berada di barisan depan dalam beribadah kepada Allah dan melakukan amal kebajikan. dan kata suf (kain wol) menggambarkan orang yang hidup sederhana dan tidak mementingkan dumia. Harun nasution. rumah. Pengertian Tasawuf Dari segi bahasa terdapat sejumlah kata atau istilah yang dihubung- hubungkan para ahli untuk menjelaskan kata tasawuf. Dan kata sophos 1 Muhammad Fethullah Gulen. serta menjalani hidup pada poros Makarifatullah dan Mahabbatullah sembari menikmati kenikmatan spiritual. saf (barisan). at-Tilal al-Zumuridiyyah Nahwa Hayati al-Qalb wa al-Ruh I. Mereka ini rela meninggalkan kampung halamannya.2 Keseluruhan kata ini bisa-bisa saja dihubungkan dengan tasawuf. Kata ahl al- Suffah (orang-orang yang ikut pindah dengan Nabi dari Makkah ke madinah) misalnya menggambarkan keadaan orang yang rela mencurahkan jiwa raganya. sufi (suci).1 Pengertian mengenai tasawuf lebih rinci dan mendalam akan dijelaskan dalam bab-bab setelah ini. yaitu al-Suffah (ahl- Suffah). cet III. (Jakarta : Republika Penerbit. dan suf (kain wol). Dengan demikian pula kata sufi (suci) menggambarkan orang yang selalu memelihara dirinya dari berbuat dosa dan maksiat. Tanpa ada unsur iman dan kecintaan kepada Allah. 2014). Hal 2 2 Harun Nasution.

245 H. an-Nury dan Sam Nun 3 . maka tasawuf dapat didefinisikan sebagai kesadaran fitrah (ke-Tuhanan) yang dapat mengarakan jiwa agar dapat tertuju kepada kegiattan-kegiatan yang dapat menghubungkan maanuis dengan Tuhan. maka tasawuf dapat disefinisikan sebagai upaya memerindah diri dengan akhlak yang bersumber dari ajaran agama dalam rangka memndekatkan diri kepada Allah Swt.200 H. manusia sebagai makhluk yang harus berjuan.3 Selanjutnya jika sudut pandang yang digunakan manusia sebagai makhluk yang harus berjuang. Selama ini ada tiga sudut pandang yang digunakan oleh para ahli untuk mendefinisikan tasawuf. Sahl bin Abd Allah al-Tustary (w. hlm. dan manusia sebagai makhluk yang ber-Tuhan. rela berkorban untuk kebaikan dan selalu bersikap bijaksana. 4 Definisi tersebut dirangkum dari sejumlah pendapat para ahli. Jika tiga definisi tasawuf tersebut di atas satu dan lainnya dihubungkan. tasawuf adalah bidang kegiatan yang berhubungan dengan 3 Definisi tersebut dirangkum dari sejumlah definisi tasawuf yang dikemukakan para ahli. Adapun pengertian tasawuf dari segi istilah atau pendapat para ahli amat bergantung kepada sudut pandang yang digunakannya masing-masing. lihat proyek pembinaan perguruan tinggi agama. Jika dilihat dari sudut pandang manusia sebagai makhluk yang terbatas. maka segera tampak bahwa tasawuf pada intinya adalah upaya melatih jiwa dengan berbagai kegiatan yang dapat membebaskan dirinya dari pengaruh kehidupan dunia.). Dari segi inguistik (kebahasaan) ini segera dapat dipahami bahwa tasawuf adalah sikap mental yang selalu memelihara kesucian diri. IAIN Sumatera Utara. beribadah hidup sederhana.Qusyairi. 1981/1982. 283 H. seperti Makruf Al Karkhy (. yaitu sudut pandang manusia sebagai makhluk terbatas. Abu Turab al-Nakhsaty (w. Sikap jiwa yang demikian itu pada hakikatnya adalah akhlak yang mulia. sehingga tercemin akhlak yang mulia dan dekat dengan Allah Swt. dan memusatkan perhatian hanya kepada Allah Swt.3-4. Dengan kata lain. al- Kanany. di antaranya al. Pengantar Ilmu Tasawuf. maka tasawuf dapat didefinisikan sebagai upaya mensucikan diri dengan cara menjauhkan pengaruh kehidupan dunia.) .(bahasa yunani) menggambarkan keadaan jiwa yang senantiasa cenderung kepada kebenaran.4 Dan jika sudut pandang yang digunakan manusia sebagai makhluk yang ber-Tuhan.).

) menyatakan : ‫التصوف هوان تكون مع هللا بال عالقة‬ “tasawuf adalah engkau ada bersama Allah tanpa ‘alaqah (tanpa perantara). Cet 14 hal 154-156.. Rajagrafindo Persada. (Jakarta : PT.) berpendapat: ‫التملك شيئا وال يملكك شيئ‬ “Engkau tidak memiliki sesuatu dan engku tidak dimiliki sesuatu” Utsman al-Makki menyatakan bahwa tasawuf adalah “keadaan dimana seorang hamba setiap waktu melakukan sesuatu perbuatan (amal) yang lebih baik dari waktu yang sebelumnya. Tidak terbawa oleh karamahnya untuk melanggar larangan Allah. Tidak berbicara tentang ilmu batin yang bertentangan dengan makna zahir al- Kitab atau sunnah. dan 3). 2015). 227 H. Allah menghiduoanmu.pembinaan mental rohaniah agar selalu dekat dengan Tuhan. 4 . 297 H. tasawuf adalah akhlak mulia yang nampak di zaman yang mulia bersama kaum yang mulia.” Syekh Samnun al-Muhib (w. Abuddin Nata.A.” Sementara Bisr ibn al-Haris al-Hafi (w. 297 H. 251 H. Inilah esensi atau hakikat tasawuf. guru imam Junaid al-Baghdadi.” Sirri as-Saqati (w. Dalam statement yang agak lengkap ia mengatakan: “tasawuf adalah Allah mematikanmu. Dr.M. Akhlak Tasawuf dan Karakter Mulia. 2). dan kamu ada bersama Allah tanpa perantara.) berkata: “tasawuf adalah suatu nama bagi tiga makna: yakni 1). Pengertian Tasawuf Menurut Para Ahli Menurut Muhammad bin Ali al-Qasab. Nur makrifatnya tidak memadamkan cahaya kewaraannya. H.5 B.) menyatakan: ‫الصوفي من صفا هلل قلبه‬ 5 Prof . Sedangkan menurut al-Junaid al-Baghdadi (W.

dan ia dapat menyaksikan keadaan-keadaan yang menakjubkan. taubah. maka Allah memurnikan amalnya.6 Sedangkan ilmu tasawuf adalah ilmu untuk mengetahui keadaan jiwa manusia. mensucikan lisannya. riyadah. mahabbah. Objek Ilmu Tasawuf Objek ilmu tasawuf adalah berbuatan hati dan panca indera ditinjau dari segi cara penyuciannya. Buah Ilmu Tasawuf Buah tasawuf adalah terdidiknya hati sehingga memperoleh makrifat terhadap ilmu gaib secara rohani. M. H. bagaimana cara-cara menyucikan jiwa dari berbagai sifat yang tercela dan menghiasinya dengan sifat-sifat terpuji dan bagaimana cara mencapai jalan menuju Allah Swt. selamat di dunia dan bahagia di akhirat. Penyucian hati manusia menjadi amat penting keberadaannya karena tanpa tasfiat al-Qalb manusia tidak bisa dekat dengan Zat Yang Maha Suci. memadukan anggota badannya lahir batin. Tasawuf Dan Tarekat. Remaja Rosdakarya. Buah dan Keutamaan Ilmu Tasawuf Serta Hubungan dengan Ilmu Yang Lainnya. Manusia yang terdidik hatinya disebut al-‘Arif al-Waasil 6 Syekh Abdul Qadir. menghaluskan kulitnya. tth. Objek.7 C. Cecep Alba. hal 124 7 Dr. dan terus-terus berdzikir dengan dilandasi iman yang benar. “orang sufi adalah orang yang telah suci bersih hatinya hanya bagi Allah. memperoleh kebahagiaan abadi. mengangkat amal ke haribaan-Nya dan Allah mendengar permohonannya. Jika seorang mukmin duduk dalam khalwat dengan taubat dan talqin dan memenuhi syarat-syarat yang telah ditentukan. 2. dengan mendapat keridhaan Allah. 1.” Syekh Abdul Qadir al-Jailani berpendapat bahwa tasawuf adalah mensucikan hati dan melepaskan nafsu dari pangkalnya dengan khalwat. (Cairo: Dar Assanabil). hati besinar dan suci yang karenanya terbukalah kepada sufi tersebut perkara- perkara yang gaib.. terpuji atau tercela. Sirr al-Asrar. (Bandung: PT. 2014. dan ikhlas.) cet II hal 10-12 5 .A. menyinari hatinya.

Akhlak Tasawuf dan Karakter Mulia. Cecep Alba. Jasad tidaklah dapat hidup tanpa ruh. sebaliknya ruh bisa hidup tanpa jasad. yaitu unsur islam. (Bandung: PT. (Jakarta : PT. H.) cet II hal 12-13 9 Dr. Rajagrafindo Persada. H. Indikator model sufi serupa ini adalah terwujudnya akhlak yang mulia dalam dirinya.A. Ilmu tasawuf adalah ilmu yang paling utama secara mutlak. karena objeknya adalah hati manusia hubungannya dengan Allah swt.M. Cecep Alba. Hubungan Ilmu Tasawuf dengan Ilmu yang Lainnya Karena ilmu tasawuf merupakan ilmu yang pokok dan syarat utama bagi disiplin ilmu yang lain.8 D. Abuddin Nata. (Bandung: PT. Oleh karena itu sebagian ahli makrifat berkata: 8 Dr. Keutamaan Ilmu Tasawuf Ilmu tasawuf adalah ilmu yang paling mulia karena berkaitan dengan makrifat kepada Allah Swt. Jadi nisbah ilmu tasawuf terhadap ilmu yang lain bagaikan nisbah ruh bagi jasad. 2014. Sumber Tasawuf Ilmu tasawuf diambil dari al-Qur’an dan sunnah Rasulullah Saw. 4. unsur Masehi (agama Nasrani). M. dan kemungkian terkena penyakit hati kecuali para Nabi. Dan mahabbah kepada-Nya.. 2015). artinya kewajiban yang mengikat setiap individu muslim. Ilmu tasawuf adalah ruh dan sementara ilmu yang lain sebagai jasad. unsur Hindu/Budha dan unsur Persia.9 Sedangkan di kalangan para orentialis barat biasanya dijumpai pendapat yang mengatakan bahwa sumber yang membentuk tasawuf itu ada lima. H. Remaja Rosdakarya. ilallah.) cet II hal 14 10 Prof . Remaja Rosdakarya. Tasawuf Dan Tarekat. unsur Yunani. 3.. 2014. Juga dari atsar assabitah (tradisi yang sudah baku dan mapan) dari umat-umat pilihan di masa silam. Tasawuf Dan Tarekat.A. M. Cet 14 hal 156 6 . Dr. Sebab tidak akan ada ilmu dan amal kecuali dengan maksud mendekatkan diri kepada Allah.. Hukum Mempelajari Ilmu Tasawuf Hukum mempelajari ilmu tasawuf adalah wajib ain. 10 E. sebab setiap orang tidak akan lepas dari kekurangan-kekurangan.A.

al-Khauf wa arraja.) cet II hal 14-15 7 . baqa dan yang lainnya. Barang siapa yang tidak memiliki ilmu ini sedikitpun (ilmu batin). Sedangkan masalah inti yang dibahas di dalam ilmu tasawuf adalah karakteristik jiwa manusia. Masalah ahwal seperti. M. Syekh As-Syazili meyatakan: “barang siapa yang tidak mau tenggelam dalam ilmu kami ini. al-Uns. taubat. H. Setiap yang benar paling tidak seorang mukmin harus membenarkan eksistansi ilmu ini dan menyerahkan ilmu ini kepada ahlinya. maka ia mati dalam keadaan berdosa besar tapi ia tidak merasa kalau ia berdosa”. al-Hub (al- Mahabbah).. misalnya maqamat. penjelasan istilah-istilah yang khas dalam disiplin ilmu tasawuf. adab murid kepada mursyid. ar-Rida. 2014.11 11 Dr. (Bandung: PT. Lebih jauh. Remaja Rosdakarya. suluk. fana. an-Naqa dan lain-lain. Cecep Alba. Al-Walaya. cara-cara mensucikan jiwa dari sifat dan karekter yang buruk. al-Mahabbah. Tasawuf Dan Tarekat. aku khawatir ia berakhir dengan su’ul Khatimah. makasyafah. karomat.A. wara’. dan sathahat termasuk juga dalam bahasan ilmu tasawuf. zuhud.

2. penulis memberikan beberapa saran sebagai berikut: 1. akhirnya penulis dapat menyelesaikan makalah ini guna memenuhi 8 . serta menjalani hidup pada poros Makarifatullah dan Mahabbatullah sembari menikmati kenikmatan spiritual. dan kemungkian terkena penyakit hati kecuali para Nabi. namun juga karena ilmu tasawuf sangatlah penting untuk mendapatkan ridho Allah swt.. Hukum mempelajari ilmu tasawuf adalah wajib ain. Juga dari atsar assabitah (tradisi yang sudah baku dan mapan) dari umat- umat pilihan di masa silam. Saran-saran Dengan tersusunya karya tulis ini. sebab setiap orang tidak akan lepas dari kekurangan-kekurangan. Tasawuf adalah upaya untuk membebaskan diri dari sifat-sifat kemanusiaan demi meraih sifat-sifat malaikat dan akhlak ilahi. serta inayah-Nya. 3. Kesimpulan Dari keseluruhan pembahasan diatas dapat penulis simpulkan bahwa: 1. C. Sumber Ilmu tasawuf diambil dari al-Qur’an dan sunnah Rasulullah Saw. BAB III PENUTUP A. artinya kewajiban yang mengikat setiap individu muslim. Sebaikanya sebagai seorang muslim haruslah mendalami ilmu tasawuf disamping karena hukum nya wajib. B. Kata penutup Alhamdulillah penulis panjatkan kehadirat Allah SWT yang kepada- Nyalah segala sesuatu akan dikembalikan atas kasih sayang. hidayah.

Semoga Allah meridhoi dengan apa yang telah penulis usahakan ini. walaupun penuh dengan kesederhanaan. dan masih perlu lagi banyak perbaikan. Semooga makalah ini bisa bermanfaat khususnya bagi penulis dan umumnya bagi pembaca. atas dasar itu penulis memohon maaf yang sebesar-besarnya. Semoga dapat menjadi pembelajaran yang penting bagi penulis. 9 . yang sekiranya perlu diketahui bahwa penulis masih dalam tahap pembelajaran. itu merupakan ketidakcermatan penulis sendiri. Aamiin Ya Robbal’alamin.tugas mata kuliah tasawuf dan tarekat di indonesia. Jika sekiranya terdapat banyak kekurangan dan kesalahan yang terdapat pada makalah ini.

2014) Nasution. Dr. Rajagrafindo Persada. (Jakarta: Bulan Bintang.. Muhammad Fethullah. DAFTAR PUSTAKA Alba. at-Tilal al-Zumuridiyyah Nahwa Hayati al- Qalb wa al-Ruh I.A. Harun.. (Jakarta : Republika Penerbit. Prof . Akhlak Tasawuf dan Karakter Mulia. Falsafah dan Mistisme dalam Islam. H. H. Abuddin M. 2014. Dr. Remaja Rosdakarya. 1983 Nata.) Gulen. 10 . Cecep M. Tasawuf Dan Tarekat. (Bandung: PT.A. 2015). (Jakarta : PT.