You are on page 1of 5

 Nama lahir : Kusno Sosrodihardjo

 Lahir : Surabaya, Jawa Timur, 6 Juni 1901
 Meninggal : Jakarta, 21 Juni 1970 (umur 69)
 Makam : Blitar, Jawa Timur
 Kebangsaan : Indonesia
 Jabatan: Presiden Indonesia pertama yang menjabat pada periode 1945–1966
 Ayah : Raden Soekemi Sosrodihardjo
 Ibu : Ida Ayu Nyoman Rai

Siapa yang tidak kenal dengan Ir. Soekarno. Semua orang di Indonesia pasti kenal dengan beliau.
Beliau adalah Presiden pertama Republik Indonesia. Sebagai rakyat Indonesia dan mencintai sejarah,
anda harus mengetahui biografi Ir.Soekarno. beliau merupakan sosok yang banyak dikagumi oleh semua
orang. Berkat perjuangan beliau, Indonesia bisa merdeka dari tangan para penjajah. Bapak ir. Soekarno
lebih dikenal dengan nama bung karno. Beliau lahir di Blitar pada tanggal 6 juni 1901. Nama asli dari
Bung karno adalah Koesno Sosrodiharjo. Mari kita bahas lebih lanjut tentang perjalanan hidup bung
karno.

Nama Soekarno diberi ketika soekarno sering mengalami sakit ketika memiliki nama Koesno
Sosrodiharjo. Menurut orang zaman dulu, orang tersebut keberatan nama sehingga sering sakit. Dari
beberapa buku biografi Ir soekarno menyebutkan bahwa nama dari bapak Ir soekarno adalah Raden
Soekemi Sosrodihardjon dan beliau mempunyai ibu yang bernama Ida Ayu Nyoman Rai. Bung karno
meninggal dunia pada umur 69 tahun yaitu pada tanggal 21 juni 1970 di Jakarta. Banyak sekali sejarah
yang menceritakan tentang masa-masa kejayaan beliau. Ketika masih kecil beliau tinggal bersama
kakeknya di daerah Tulungagung, jawa timur.

Pada saat beliau berumur 14 tahun beliau diajak untuk tinggal di Surabaya dan bersekolah di
Hoogere Burger School (H.B.S) oleh teman ayahnya yang bernama Oemar Said Tjokroaminoto. Dari
buku biografi Ir. Soekarno diceritakan bahwa beliau mulai kenal dengan pemimpin serikat islam pada
saat beliau tinggal di Surabaya. Pada saat itu serikat islam di pimpin oleh Bapak Tjokroaminoto. Pada
saat itu juga soekarno mulai gabung dengan organisasi Pemuda java atau Jong Java. Bung karno tamat
dari sekolah hoogere burger School pada tahun 1920. Setelah itu beliau melanjutkan sekolah di ITB yang
dulu bernama Technische Hoge School dan lulus pada tahun 1925.

Ki hajar dewantara bersekolah di ELS yang dulu merupakan sekolah dasar Belanda. tanggal 28 November 1959 Dalam kabinet pertama Republik Indonesia. Pada tahun 1957 ia mendapat gelar doktor kehormatan (doctor honoris causa. oetoesan hindia.C.H. Beliau juga pernah bekerja menjadi wartawan diberbagai media cetak terkenal pada masa itu. De ekpress. Beliau tidak memakai gelar nama kebangsaannya lagi dikarenakan beliau ingin lebih dekat dengan layar secara fisik maupun hatinya. Ki Hajar Dewantara lebih dikenal sebagai Bapak pendidikan Indonesia merupakan Pendiri perguruan Taman Siswa Sekarang dikenal sebagai pahlawan nasional . Tetapi selama sekolah di Stovia beliau tidak sampai tamat dikarenakan sakit. Selanjutnya beliau juga melanjutkan sekolah di STOVIA yang merupakan sekolah dokter untuk bumiputera. beliau merubah namanya menjadi Ki Hajar Dewantara. 305 tahun 1959. PENGHARGAAN  Gelar doktor kehormatan (Doctor honoris causa.H. KHD diangkat menjadi Menteri Pengajaran Indonesia (posnya disebut sebagai Menteri Pendidikan. Beliau merupakan keturunan dari keraton Yogyakarta. poesara. Pada umur 40 tahun.C. Dr. Pengajaran dan Kebudayaan) yang pertama.) dari Universitas Gadjah Mada  Bapak Pendidikan Nasional Indonesia dan hari kelahirannya dijadikan Hari Pendidikan Nasional (Surat Keputusan Presiden RI no. Ia meninggal dunia di Yogyakarta tanggal 26 April 1959 dan dimakamkan di Taman Wijaya Brata . Biografi Ki hajar dewantara memang penuh pengabdian kepada Indonesia. Sudah banyak sekali hal bermanfaat yang dilakukan oleh beliau.) dari universitas tertua Indonesia. ia dinyatakan sebagai Bapak Pendidikan Nasional Indonesia dan hari kelahirannya dijadikan Hari Pendidikan Nasional (Surat Keputusan Presiden RI no. Nama asli ki hajar dewantara adalah Raden Mas suwardi suryaningrat. Universitas Gadjah Mada. Atas jasa-jasanya dalam merintis pendidikan umum. Tulisan beliau diberbagai media tersebut sangat komunikatif dan juga kritis. 305 tahun 1959. kaoem moeda. sedyotomo. tanggal 28 November 1959). Dr. Seperti mideen java. sehingga dapat meningkatkan semangat rakyat pada masa itu. dan tjahaja timoer. Hal ini juga banyak diceritakan disemua buku biografi Ki Hajar Dewantoro.

yang didasarkan pada peperangan besar di Surabaya antara Indonesia melawan tentara NICA yang mendompleng sekutu. merupakan putra dari Kartawan Tjiptowidjojo terlahir dari keluarga kelas menengah setengah priyayi. bung tomo juga menempuh pendidikan yang hampir setara dengan anak- anak kompeni saat itu.Nama : Sutomo (Bung Tomo) Lahir : Surabaya. Bung tomo yang memiliki nama lengkap Soetomo adalah laki-laki kelahiran Surabaya pada tanggal 02 Oktober 1920. salah satunya adalah organisasi kepanduan bangsa indonesia yang juga merupakan organisasi cikal bakal pramuka di indonesia. Indonesia yang saat itu sudah merdeka dilecehkan oleh tentara sekutu yang ternyata membawa pasukan belanda untuk merebut kembali indonesia dengan alasan melucuti tentara jepang dan membebaskan tawanan perang. Arab Saudi. bung tomo muda juga aktif mengikuti berbagai macam organisasi. . 7 Oktober 1981 (umur 61 tahun) Dikenal karena : Pahlawan Nasional Indonesia Agama : Islam Nama Orangtua : Kartawan Tjiptowidjojo Pasangan : Sulistina Sutomo Anak : 5 Masyarakat indonesia memperingati hari pahlawan pada sepuluh november. mengetahui biografi bung tomo merupakan hal yang sangat penting untuk menumbuhkan rasa nasionalisme generasi muda indonesia. biografi bung tomo akan menceritakan sejarah berdarah tersebut. peperangan yang bermula dari insiden pengibaran bendera belanda di hotel yamato ini berkembang menjadi peperangan yang menumpahkan banyak darah dan merupakan peperangan paling besar yang pernah dilakukan oleh pemerintah Indonesia setelah proklamasi kemerdekaan. 3 Oktober 1920 Meninggal : Padang Arafah. Minggu. padahal waktu itu sangat sulit mendapatkan akses pendidikan bagi warga pribumi. bung tomo sendiri mengatakan bahwa selama bergabung dengan organisasi ini banyak sekali hal yang ia pelajari sebagai landasannya memperjuangkan negara indonesia.

Soedirman terpilih menjadi panglima besar.JENDERAL SOEDIRMAN Jenderal Soedirman lahir pada tanggal 24 Januari 1916 dan meninggal pada tanggal 29 Januari 1950 saat berumur 34 tahun. ia sangat aktif dalam berbagai kegiatan ekstrakurikuler. Meskipun ingin terus melanjutkan perlawanan terhadap pasukan Belanda. Salah satu ekstrakurikuler yang diikutinya adalah program kepanduan yang dijalankan oleh organisasi Islam Muhammadiyah. Soedirman memerintahkan serangan terhadap pasukan Inggris dan Belanda di Ambarawa. dan Soedirman bertanggung jawab atas divisi tersebut. dalam sebuah pemilihan untuk menentukan panglima besar TKR di Yogyakarta. menjadi kepala staff. Yogyakarta. ia dilarang oleh Presiden Soekarno. kemudian pergi ke Jakarta untuk bertemu dengan Presiden Soekarno. yang dilakukannya setelah mendirikan divisi lokal Badan Keamanan Rakyat. bahkan Soedirman muda juga dihormati oleh masyarakat karena ketaatannya pada Islam. sedangkan Oerip. Soedirman merupakan seorang perwira tinggi Indonesia pada masa Revolusi Nasional Indonesia. . Pada tanggal 12 November 1945. Bukan hanya itu saja. Soedirman menunjukkan kemampuan dalam memimpin dan berorganisasi. Penyakit TBC yang diidapnya kambuh. Soedirman wafat kurang lebih satu bulan setelah Belanda mengakui kemerdekaan Indonesia. kemudian Soedirman diadopsi oleh pamannya yang merupakan seorang priyayi. Pasukannya lalu dijadikan bagian dari Divisi V pada 20 Oktober oleh panglima sementara Oerip Soemohardjo. Setelah Indonesia memproklamirkan kemerdekaannya pada tanggal 17 Agustus 1945. yang telah aktif di militer sebelum Soedirman lahir. Soedirman melarikan diri dari pusat penahanan. ia pensiun dan pindah ke Magelang. Ia ditugaskan untuk mengawasi proses penyerahan diri tentara Jepang di Banyumas. Ia dimakamkan di Taman Makam Pahlawan Semaki. Sembari menunggu pengangkatan. Jenderal Soedirman terlahir dari pasangan rakyat biasa di Purbalingga. Soedirman tumbuh menjadi seorang siswa rajin. Saat masih di sekolah menengah.

Umar mempunyai dua orang saudara perempuan dan tiga saudara laki-laki. Berkat jasanya tersebut. Meski demikian. cerdas . Pada usia 20 tahun. Teuku Umar menikahi janda Cut Nyak Dhien. Teuku Umar dari kecil dikenal sebagai anak yang cerdas. pemberani. Nenek moyang Umar adalah Datuk Makhudum Sati berasal dari Minangkabau. Teuku Umar tidak pernah mendapakan pendidikan formal. puteri dari Panglima Sagi XXV Mukim. dan kadang suka berkelahi dengan teman-teman sebayanya. yaitu Teuku Ibrahim Lamnga meninggal dunia pada Juni 1878 dalam peperangan melawan Belanda di Gle Tarun. Teuku Umar kemudian menikah lagi dengan Nyak Malighai. Dia merupakan keturunan dari Laksamana Muda Nanta yang merupakan perwakilan Kesultanan Aceh pada zaman pemerintahan Sultan Iskandar Muda di Pariaman. ia mampu menjadi seorang pemimpin yang kuat. la mempunyai anak perempuan bernama Cut Nyak Dhien[2]. Teuku Nanta Setia menggantikan kedudukan ayahnya sebagai Uleebalang VI Mukim. yang pada waktu itu terancam oleh seorang Panglima Sagi yang ingin merebut kekuasaannya. orang itu diangkat menjadi Uleebalang VI Mukim dengan gelar Teuku Nan Ranceh.TEUKU UMAR Teuku Umar (Meulaboh. Sepeninggal Teuku Nan Ranceh. . 1854 – Meulaboh. Salah seorang keturunan Datuk Makhudum Sati pernah berjasa terhadap Sultan Aceh. Pada tahun 1880. dan pemberani. Ia melawan Belanda ketika telah mengumpulkan senjata dan uang yang cukup banyak Teuku Umar yang dilahirkan di Meulaboh Aceh Barat pada tahun 1854. puteri pamannya Teuku Nanta Setia. Teuku Umar menikah dengan Nyak Sofiah. anak Uleebalang Glumpang. Untuk meningkatkan derajat dirinya. adalah anak seorang Uleebalang bernama Teuku Achmad Mahmud dari perkawinan dengan adik perempuan Raja Meulaboh. 11 Februari 1899) adalah pahlawan kemerdekaan Indonesia yang berjuang dengan cara berpura-pura bekerjasama dengan Belanda. Teuku Nan Ranceh mempunyai dua orang putra yaitu Teuku Nanta Setia dan Teuku Ahmad Mahmud. Keduanya kemudian berjuang bersama melancarkan serangan terhadap pos-pos Belanda. Suami Cut Nya Dien. Ia juga memiliki sifat yang keras dan pantang menyerah dalam menghadapi segala persoalan.[1].