You are on page 1of 8

LAPORAN HASIL PENYULUHAN

RUMAH SAKIT UMUM DAERAH CIAWI

TAHUN 2018

Disusun oleh:

Alexander Giovanni

406162088

ABSES PREAURIKULER

KEPANITERAAN KLINIK ILMU PENYAKIT TELINGA HIDUNG &
TENGGOROKKAN
RUMAH SAKIT UMUM DAERAH CIAWI - BOGOR
PERIODE 12 Februari – 17 Maret 2018
FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS TARUMANAGARA
JAKARTA

KERANGKA ACUAN PELAKSANAAN PENYULUHAN TENTANG “ABSES PREAURIKULER” DI RSUD CIAWI KABUPATEN BOGOR A. diharapkan masyarakat memahami tentang Abses preaurikuler mulai dari definisi. sebagai bagian dari usaha promotif kesehatan. kista. PENDAHULUAN Organisasi rumah sakit merupakan salah satu organisasi pemberi jasa kemasyarakatan terhadap masyarakat yang semakin dituntut untuk bekerja secara profesional sesuai dengan standar pelayanan yang telah ditentukan. C. B. dan apa yang harus dilakukan ketika menemui keadaan tersebut dan kapan harus menghubungi tenaga kesehatan. diharapkan masyarakat dapat menjelaskan kembali tentang :  Definisi abses preaurikuler  Penyebab abses preaurikuler  Tanda dan Gejala abses preaurikuler . Rumah sakit juga mempunyai kewajiban terhadap peningkatan pengetahuan kesehatan masyarakat di sekitar rumah sakit. Abses preaurikuler merupakan komplikasi dari kista. TUJUAN INSTRUKSIONAL KHUSUS ( TIK ) Setelah mengikuti kegiatan penyuluhan. TUJUAN INSTRUKSIONAL UMUM ( TIU ) Setelah mengikuti kegiatan penyuluhan tentang “Abses preaurikuler“. dan fistula preaurikuler merupakan malformasi kongenital jinak pada jaringan lunak preaurikuler. bagaimana terjadinya abses preaurikuler. Sinus. Baik fisura maupun fistula preaurikula biasanya terletak pada regio anterior telinga tepat di depan tragus dan menjadi jalur masuk ke kartilago aurikula. penyebab abses preaurikuler. atau sinus preaurikuler yang terinfeksi dan menimbulkan pembengkakan pada regio preauricular.

METODE  Ceramah  Tanya jawab F. Rincian kegiatan : 1) Pelaksana : Co-assistant Ilmu Penyakit THT FK UNTAR : Alexander Giovanni (406162088) 2) Tempat : depan Poliklinik THT RSUD Ciawi 3) Waktu : Rabu . . 7 Maret 2018 pukul 08. Indri Jani S. MATERI Terlampir E.  Pengobatan abses preaurikuler  Pencegahan abses preaurikuler D.00 WIB 4) Peserta : 20 orang 5) Pendamping : dr. KEGIATAN Kegiatan penyuluhan dilaksanakan dalam bentuk penyampaian materi melalui ceramah oleh pembicara dan tanya jawab.30-09.

Tanda & gejala Abses Preaurikuler 4. SASARAN  Terlaksananya kegiatan penyuluhan sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan  Peserta yang hadir mengerti dan paham mengenai materi yang disampaikan pada penyuluhan tentang “Abses Preaurikuler” . Pencegahan Abses Preaurikuler 3. Kegiatan Penutup 10 menit Menjawab pertanyaan yang diajukan peserta dan menarik kesimpulan secara lisan. Definisi Abses Preaurikuler 2. Kegiatan Pendahuluan 5 menit Mengucapkan salam. CARA PELAKSANAAN KEGIATAN No Langkah Kegiatan Waktu 1. Terakhir mengucapkan salam dan terima kasih atas partisipasi peserta. Penyebab Abses Preaurikuler 3. Kegiatan Pokok 15 menit Menyampaikan: 1. Jumlah 30 menit H. 4. memperkenalkan diri dan menjelaskan tujuan penyuluhan 2.G. Pengobatan Abses Preaurikuler 5.

2. Peserta mendengarkan penyuluhan dengan seksama dan mau mengikuti jalannya penyuluhan dari awal hingga selesai. bagian depan telinga hingga belakang telinga. . hanya bersihkan daun telinga dan daerah sekitarnya saja.I. serta rutin dilakukan pembersihan dan dikeringkan secara menyeluruh mulai dari daun telinga. tetapi air sabun jangan sampai masuk ke dalam liang telinga. EVALUASI KEGIATAN PENYULUHAN Peserta penyuluhan tampak antusias mengikuti penyuluhan. DAFTAR HADIR Terlampir J. dapat dilihat yaitu: 1. Bagaimana cara kita menjaga kebersihan luar telinga dan daerah di sekitarnya? Jawaban: Cara kita dalam menjaga kebersihan luar telinga dan daerah sekitarnya yang paling mudah adalah saat mandi kita rutin membersihkan telinga berupa daun telinga dan sekitarnya dengan menggunakan sabun muka atau sabun yang biasanya kita pakai karena sabun memiliki kandungan antiseptik sehingga membantu membunuh kuman. Ada partisipasi dari peserta sehingga terjadi diskusi tanya jawab antara pemberi penyuluhan dengan peserta. Pertanyaan dari peserta: a.

K. DOKUMENTASI .

Terapi bedah minor. Sangat jarang untuk timbul kelainan berupa discharge yang bersifat mucoid dan menjadi infeksi. Infeksi berasal dari traktus yang terbuka yang memudahkan bakteri masuk dan terperangkap oleh kulit yang mengalami deskuamasi Tanda dan Gejala Biasanya lesi sinus atau fistula preaurikula bersifat asimtomatik. Tanda dan gejala yang patut dicurigai adanya infeksi hingga risiko terjadinya abses preauricular. pengobatan untuk sinus preauricular yang terinfeksi menggunakan antibiotik. dengan presentase kurang dari 20% dari keseluruhan branchial cleft anomalies. maka perlu hygiene telinga yang baik terutama pada orang-orang dengan faktor risiko di atas. Streptococcus viridans. Sehingga meminimalisir angka kesakitan. Etiologi dan Faktor Risiko Sinus atau fistula preaurikula berasal dari kegagalan perkembangan sebagian dari involusi epitel pada hillocks pertama dan kedua secara embriogenik. maupun telinga tengah. Paling sering terjadi pada anak-anak usia 2-16 tahun. antara lain otorrhea yang rekuren tanpa disertai adanya bukti keterlibatan penyakit telinga luar. Epidemiologi Secara keseluruhan kelainan pada first branchial cleft anomalies terutama sinus maupun tags preaurikuler merupakan kasus yang jarang. Terapi bedah minor dapat dilakukan setelah pengobatan oral antibiotik dengan tujuan untuk resolusi inflamasi. kemudian bila terjadi abses maka pada pasien akan timbul pembengkakan pada regio anterior auricula terutama di depan helix. Pengobatan Abses Preauricular Pada pasien yang belum mengalami pembengkakan. seperti Needle aspiration atau insisi dan drainase dapat dilakukan. eritema dan nyeri pada daerah helix. MATERI Definisi Abses preaurikuler merupakan kondisi di mana kelainan pada celah branchial pertama berupa sinus. . Lesi kongenital ini biasanya memiliki punctum anterior pada akar dari helix auricula yang merupakan traktus pendek dan atau sinus yang berakhir pada pelekatan dengan perikondrium dari akar helix. Pencegahan Abses Preauricular Kebanyakan infeksi pada fistula preaurikula disebabkan oleh infeksi bakteri seperti Staphylococcus aureus. Peptococcus sp. fissure atau fistula aurikula yang mengalami infeksi dan membengkak.

Balai Penerbit FKUI. 5th Ed. Branchial cleft anomalies and thymic cysts. Efiaty. 2014 4. 48(1):1-14 . Prosser JD. Jakarta.Ratna Dwi R. 3.Jenny Bashiruddin. https://emedicine. Arsyad Soepardi.edisi ketujuh.medscape. DAFTAR PUSTAKA 1. Nurbaiti Iskandar. Otolaryngologic Clinics of the North America. Editor. Johnson JT et al. 2017. Bailey’s head & neck surgery otolaryngology. Buku Ajar Ilmu Kesehatan Telinga Hidung Tenggorok Kepala & Leher. Myer CM. 2015 Feb.com/article/845288-overview#a7 2. Philadelphia: Lippincott Williams & Wilkins.