You are on page 1of 9

BAB I

PENDAHULUAN
A.LATAR BELAKANG
Differential atau sering dikenal dengan nama gardan adalah komponen
pada kendaraan roda empat atau lebih yang berfungsi untuk meneruskan tenaga mesin ke
poros roda . Sekedar untuk mengingatkan Anda , bahwa putaran roda semuanya berasal dari
proses pembakaran yang terjadi dalam ruang bakar. Proses pembakaran inilah yang kemudian
akan menggerakkan piston untuk bergerak naik turun . Lalu gerak naik turun piston ini akan
diteruskan untuk memutar poros engkol . Gerak putar poros engkol ini akan diteruskan untuk
memutar roda gila / flywheel. Putaran roda gila akan diteruskan untuk memutar kopling
kemudian diteruskan memutar transmisi ke as kopel lalu ke gardan. Gardan akan meneruskan
putaran ini ke as roda dan as roda akan memutar roda, sehingga kendaraan dapat berjalan.
Jadi dapat Anda ingat kembali urutan perpindahan tenaga dan putaran dari mesin sampai ke
roda, sehingga kendaraan atau mobil dapat berjalan.

B.RUMUSAN MASALAH
1. Bagian-bagian apa saja terdapat dalam differential ?
2. Seperti apakonsep perakitan atau pemasangan defferential ?
3. Kerusakan dan cara penanganan garden ?

C.TUJUAN PENULISAN
Tujuan penulis makalah adalah mengetahui tentang differential
1. Mengetahui tentang pengerian differential / gardan
2. Mengetahui tantang komponen-komponen gardan

Proses pembakaran inilah yang kemudian akan menggerakkan piston untuk bergerak naik turun . Gardan akan meneruskan putaran ini ke as roda dan as roda akan memutar roda. Gerak putar poros engkol ini akan diteruskan untuk memutar roda gila / flywheel.2. Lalu gerak naik turun piston ini akan diteruskan untuk memutar poros engkol .1. sehingga kendaraan dapat berjalan. Jadi dapat Anda ingat kembali urutan perpindahan tenaga dan putaran dari mesin sampai ke roda . BAB II KAJIAN TEORI 2. Sekedar untuk mengingatkan Anda . 2. Proses pembakaran inilah yang kemudian akan menggerakkan piston untuk bergerak naik turun . Putaran roda gila akan diteruskan untuk memutar kopling kemudian diteruskan memutar transmisi ke as kopel lalu ke gardan . bahwa putaran roda semuanya berasal dari proses pembakaran yang terjadi dalam ruang bakar. Fungsi gardan pada mobil adalah : . Sekedar untuk mengingatkan Anda . sehingga kendaraan atau mobil dapat berjalan. Lalu gerak naik turun piston ini akan diteruskan untuk memutar poros engkol. Pengertian Gardan Differential atau sering dikenal dengan nama gardan adalah komponen pada mobil yang berfungsi untuk meneruskan tenaga mesin ke poros roda yang sebelumnya melewati transmisi dan propeller shaft . bahwa putaran roda semuanya berasal dari proses pembakaran yang terjadi dalam ruang bakar. Fungsi Gardan Fungsi Gardan adalah suatu komponen kendaraan yang berfungsi meneruskan tenaga mesin ke poros roda .

sehingga tenaga putar atau momen menjadi besar dan mobil dapat bergerak atau berjalan. Di sisnlah gardan memperlambat kecepatan putaran dari poros engkol tersebut. Maka gardan inilah yang membuat arah dari putaran mesin menjadi searah dengan arah putaran roda ( yaitu maju ke depan ) .000 kali dalam 1 menit. 2. Gasket. sehingga mobil dapat membelok dengan baik. Bagian yang digunakan untuk menghambat kebocoran oli gardan bagian ini juga penting. bagian ini dapat dikatakan sebagai tumpuan berat muatan mobil.  Differential gear : terdiri atas pinion gear . Putaran poros engkol mempunyai tenaga atau momen . sedangkan tenaga dari benda yang berputar lambat adalah besar. Adapun komponen – komponen utama gardan adalah sebagai berikut :  Final gear : terdiri atas ring gear dan drive pinion . Rel Axle Housing. karena letaknya dibagian roda belakang.000 rpm . khususnya pada mobil muatan atau minibus. Agar tenaga dari poros engkol ini menjadi besar . maka mobil tak akan membelok. Hal ini dimaksudkan agar mobil dapat berbelok dengan baik dan tidak slip. Bagian-Bagian Gardan 1. Maksudnya adalah dalam satu menit poros engkol berputar 600 kali.  Memperbesar momen : Momen adalah tenaga putaran dari sebuah benda yang berputar.  Merubah arah putaran mesin : Sebagaimana Anda ketahui bahwa posisi mesin pada mobil untuk truck atau khusunya mobil yang menggunakan as kopel. Sedangkan pada kecepatan tinggii memiliki kecepatan hingga 12. Tenaga dari suatu benda yang berputar dengan cepat adalah kecil . Seperti kita ketahui bahwa selambat – lambatnya mesin berputar memiliki kecepatan minimal 600 rpm. memiliki posisi mesin yang memanjang ke depan . berarti poros engkol berputar 12. Sehingga arah putaran dari roda gila jelas tidak searah dengan arah putaran roda. Di sinilah gardan membuat putaran roda kiri dan kanan tidak sama . sehingga mobil tersebut dapat berjalan dengan baik. putaran roda bagian dalam cenderung lebih lambat daripada putaran roda bagian luar. Jika kedua roda antara yang kiri dan kanan selalu sama.3. maka kecepatan putaran dari poros engkol ini harus diperlambat. 2. side gear dan differential carrier.  Membedakan putaran roda kiri dan kanan saat membelok : Pada saat mobil berbelok . Jadi jelaslah bahwa gardan memiliki fungsi yang sangat penting pada mobil . Kalau bocor akan mengakibatkan pelumasan pada gigi gardan tidak sempurna yang buntutnya kerusakan pada gigi gardan .

2. Kedua bearing yang mengancing drive shaft ini harus diganti kalau waktu membongkar tampak ada titik titik hitam atau sudah berwarna kehitaman. Tidak terlintas untuk memeriksa apakah masih terkancing dengan baik terutama pada mobil muatan. 10. Gigi differential dipasang pada bagian ini. 4. 7. Sedangkan untuk mobil non komersial yang bertubuh lebih dinamis seperti minibus dan sedan memiliki gardan yang lebih kecil dan imut namun dalam proses pembagian putaran side gear kiri maupun side gear kanan keduanya memiliki kemampuan yang sama sama baik. kuat. 8. Dinamakan kit karena untuk memperbaiki differential cukup dengan mengganti bagian bagian ini. Differential pinion atau montir menyebutnya gigi satelit. Oil Seal yang terletak di bagian ujung dari differential housing ini berfungsi mencegah agar oli tidak habis. Differential RIng gear dan drive pinion gear kit. Untuk penyetelan ulang atau penggantian gigi baru bagian ini delepaskan dari differential housing. 6. sehingga kendaraan atau mobil dapat berjalan. Kalau ANda menemukan di sekitar bagian ini ada basah akibat rembesan oli sebaiknya segera mengganti seal baru. Gardan akan meneruskan putaran ini ke as roda sesuai dengan beban dari kendaraan dan as roda akan memutar roda. berikut adalah fungsi dari differential atau gardan . Ukuran dari sebuah differential atau gardan menggambarkan dari bobot atau berat kendaraan. Sistem Kerja Gardan Gerak putar poros engkol pada mesin ini akan diteruskan untuk memutar roda gila / flywheel. mobil bertenaga diesel yang memiliki tubuh yang kekar memiliki gardan yang kekar. 3. Gigi ini yang mengatur supaya pada saat mobil menikung kecepatan roda kiri dan kanan bisa saling menyesuaikan diri. 8. dan bandel. sehingga kendaraan dapat berjalan. Jadi dapat Anda ingat kembali urutan perpindahan tenaga dan putaran dari mesin sampai ke roda . 5.4. Differential Carrier. Mur pengancing drive shaft ini sering kurang diperhatikan.Universal joint Flange ini adalah bagian yang meneruskan putaran propeler shaft differential disamping itu ia juga berfungsi sebagai penyumbat agar oli tidak keluar. Putaran roda gila akan diteruskan untuk memutar kopling kemudian diteruskan memutar transmisi ke as kopel lalu ke gardan . Bagian dari differentian carrier ini untuk memancing salah sisi dari bearing ring gear. (Untuk saat ini gardan juga telah digunakan pada kendaraan roda tiga seperti becak komersial). 9.

maka mobil tak akan membelok.lambatnya mesin berputar memiliki kecepatan minimal 600 rpm. Putaran poros engkol mempunyai tenaga atau momen . sehingga mobil dapat membelok dengan baik.  Membedakan putaran roda kiri dan kanan saat membelok : Pada saat mobil berbelok . . Merubah arah putaran mesin : Sebagaimana Anda ketahui bahwa posisi mesin pada mobil untuk truck atau khusunya mobil yang menggunakan as kopel. Hal ini dimaksudkan agar mobil dapat berbelok dengan baik dan tidak slip. Seperti kita ketahui bahwa selambat . Sehingga arah putaran dari roda gila jelas tidak searah dengan arah putaran roda.000 kali dalam 1 menit. sehingga tenaga putar atau momen menjadi besar dan mobil dapat bergerak atau berjalan. Tenaga dari suatu benda yang berputar dengan cepat adalah kecil . Agar tenaga dari poros engkol ini menjadi besar . sedangkan tenaga dari benda yang berputar lambat adalah besar.  Memperbesar momen : Momen adalah tenaga putaran dari sebuah benda yang berputar. memiliki posisi mesin yang memanjang ke depan . Di sisnlah gardan memperlambat kecepatan putaran dari poros engkol tersebut. maka kecepatan putaran dari poros engkol ini harus diperlambat. Maka gardan inilah yang membuat arah dari putaran mesin menjadi searah dengan arah putaran roda ( yaitu maju ke depan ) . Sedangkan pada kecepatan tinggii memiliki kecepatan hingga 12. berarti poros engkol berputar 12. Maksudnya adalah dalam satu menit poros engkol berputar 600 kali.000 rpm . Jika kedua roda antara yang kiri dan kanan selalu sama. putaran roda bagian dalam cenderung lebih lambat daripada putaran roda bagian luar. Di sinilah gardan membuat putaran roda kiri dan kanan tidak sama .

lni karena ada gesekan atau keausan. 2. dimulai dari bawah baru ke atas. pastikan di bawahnya ada bak atau panci penampung oli. BAB III PERBAIKAN DAN PERAWATAN 3. atau tempat ganti oli sehingga Anda bisa turun ke lubang tengah. atau tang pengelupas. Lepas baut-baut pemegang tutup gardan. 7. MPV. 3. Jika kurang oli atau ada disfungsi di bagian gardan ini. Anda bisa membukanya menggunakan obeng minus. yaitu dengan cara : 1. Buka tutup gardan. dan ada suara menderu di bagian bawah belakang mobil Anda. . Atau tiap 10 ribu sampai 15 ribu KM sekali. coba lepas menggunakan obeng minus. sebenarnya oli gardan ini bisa Anda perbaiki sendiri. Sebelum gardan lepas benar. dan cek apakah roda-roda gigi di daiamnya tidak dalam kondisi rusak. seperti jip. 5. 8. Gasket yang sudah tidak fungsionai adaiah penyebab gardan menjadi bocor. untuk menghilangkan kotoran pada gardan dan selang untuk menyemprotkan airnya. bus dan sebagainya.1. dan tenaga ngempos. Jika ada alat-alat yang Iengkap. truk. Usahakan mengganti oli gardan ini tiap 2x atau 3x ganti oli mesin. Angkat mobil bagian belakang dengan dongkrak besar atau Anda bisa meletakkan mobil di tempat yang tengahnya berlubang. Mesin jadi boros bensin. yaitu roda berpenggerak belakang lebih stabil dan mantap handling-nya karena roda depan lebih bebas bergerak. seperti yang ada di tempat cud tradisional. penghilang gemuk. Jika temyata gardan sulit untuk dilepas. Jika gardan tidak bocor dan hanya ingin ganti oil saja. 4. Ada keunggulan mobil penggerak belakang dibandingkan dengan penggerak depan. Anda bisa membuka baut penguras gardan atau baut-baut bagian bawah gardan saja. Jika gasket tidak bisa dilepas. Bersihkan gardan. Anda bisa menggunakan air bertekanan. selalu ada gardan. pickup. 6. Teknik lain untuk menguji apakah gardan sudah rusak atau perlu ditata adalah suhunya sangat tinggi. Perbaikan Gardan Bocor dan Mengganti Oli Gardan Bagi mereka yang menggunakan mobil berpenggerak belakang. sementara baut atasnya tidak usah dilepas. biasanya tenaga mesin menjadi drop. minyak tanah atau solar. Gardan ini fungsinya meneruskan gerakan dari poros propeler ke sumbu roda belakang.

13. Seteiah semuanya selesai. Jika luber berarti sudah penuh. Coba jalankan mobil. Anda bisa memasang gasket baru. tdak wajib hukumnya. 11. tinggal mengisi oli gardan. biasanya tidak bocor lagi. Cara mengisi oil gardan ialah melaui lubang ini (That gambar 67) sampai luber.9. Bersihkan pula bagian dalam gardan dari serpihan¬serpihan besi dan oil sisa jika diperiukan. Setelah rapat. hati-hati saat melakukannya. 15. . Lepaskan dongkrak. dan penutup gardan. 12. Asalkan gasket sudah bagus. tapi ini opsional. jangan sampai badan atau kepala Anda ada di bawah mobil. 14. buka lubang pengisi oil gardan. Bersihkan penutup gardan 10. Untuk mencegah kebocoran. tutup kembali lubang ini. dan tunggu sebentar apakah ada kebocoran di gardan. Anda bisa menggunakan silikon khusus di penutup gardan.

2. bahwa putaran roda semuanya berasal dari proses pembakaran yang terjadi dalam ruang bakar. Sekedar untuk mengingatkan Anda . Kesimpulan Differential atau sering dikenal dengan nama gardan adalah komponen pada mobil yang berfungsi untuk meneruskan tenaga mesin ke poros roda yang sebelumnya melewati transmisi dan propeller shaft . Fungsi Gardan adalah suatu komponen kendaraan yang berfungsi meneruskan tenaga mesin ke poros roda . bahwa putaran roda semuanya berasal dari proses pembakaran yang terjadi dalam ruang bakar. Proses pembakaran inilah yang kemudian akan menggerakkan piston untuk bergerak naik turun 4. Itu digunakan salahsatunya utnuk menjaga dan memperpanjang . Saran Usahakan Cek dan rawat Differential dengan rutin pada waktu yang sudah ditentukan.1. BAB IV PENUTUP 4. Sekedar untuk mengingatkan Anda .

wordpress.com/2013/05/24/laporan-prakerin-sistem- gardan/ . DAFTAR PUSTAKA http://boss-otomotif.edu/8870354/MAKALAH_DEFFERENTIAL https://fauzizakariya.com/2013/12/pengertian-dan-fungsigardan http://warnawarnimakalah.blogspot.com/2015/01/laporan-pkl-smkstm- sistem-gardan.blogspot.html http://www.academia.