You are on page 1of 17

Disusun oleh

:

1. Amelia Azwar
2. Catherine Ria Finola
3. Enggar Linati
4. Ikhda Reviani Alya D.
5. Maulana Ramadhan
6. Putri Rahayu
7. Reren Anggun W.
8. Sri Muliawaty

KELAS : XI-MIA

Tugas Pendidikan Agama Islam Semester Genap

SMA DIPONEGORO 2

JL. Kayu Tinggi Cakung, Jakarta Timur

..............3 Tujuan ……………………………………………………....................................2 Latar Belakang ……………………………………………… 1 1.......................................................... 1 1...................................................................................i Daftar isi……………………………………………………………...........................................5 Hikmah sejarah perkembangan islam pada abad pertengahan..2 Saran......................................1 Perkembangan islam pada abad pertengahan............................................ BAB II ISI 2...1 Kesimpulan..........................4 Manfaat. Perkembangan ilmu pengetahuan pada abad pertengahan....................................... 2........ BAB PENUTUP 3................. DAFTAR ISI Kata Pengantar................6 Pengaruh sejarah islam abad pertengahan terhadap umat islam Indonesia..4 Perkembnagan kebudayaan pada abad pertengahan...………… ii 1................... DAFTAR ISI ..... 2.......................... 2. 4............ 2.... BAB I PENDAHULUAN 1...3 .......................... 3..........................2 Tokoh muslim pada masa perkembangan islam abad pertengahan..................... 3........................ 2.... 2..................

Adapun hal dibuatnya makalah ini yakni untuk melengkapi salah satu tugas mata pelajaran Pend. Wr. Agama yang besar adalah agama yang menghargai sejarah dan jasa para pahlawannya. Agama Kelas XI SMA DIPONEGORO 2. Wabillahi Taufik Walhidayah. termasuk mempelajari materi Perkembangan Islam Pada Abad Pertengahan. Tujuan mempelajari materi tentulah agar kita sebagai umat islam dapat mengetahui sejarah agama islam. Semoga makalah ini dapat bermanfaat. . Mohon maaf jika ada salah kata ataupun salah dalam penulisan makalah ini. Dengan kesempatan yang ada ini. Wassalamu Alaikum. KATA PENGANTAR Sejarah adalah sebuah kenyataan yang terjadi pada masa lampau. Siswa diharapkan dapat mengetahui dan memahami tentang Perkembangan Perkembangan Islam. Wb. Kita sebagai kaum muslimin perlu dan harus mengetahui sejarah perkembangan agama islam yang kita anut dan yakini. alhamdulillah kami dapat membuat sebuah makalah yang membahas mengenai Perkembangan Islam Pada Abad Pertengahan.

Periode Klasik (650-1250 M) 2. Hingga beliau wafat.Rasulullah SAW mulai menyebarkan agama Islam ke seluruh penjuru dunia khususnya Jazirah Arab. Periode Modern (1800-sekarang) . perjuangan tersebut dilanjutkan oleh para 4 khalifah yaitu Abu Bakar As-Siddiq. Sejak saat itulah. Sepeninggalan beliau. Periode Pertengahan (1250-1800 M) 3. dan Ali bin Abi Thalib. Mereka semua hanya mempunyai 1 tujuan yaitu memperjuangkan agama Tauhid yaitu agama Islam. BAB I PENDAHULUAN A. Agama Islam mulai berkembang semakin pesat ke seluruh Arab Saudi. Usman bin Affan. perjuangan untuk menyiarkan dan mendirikan agama Islam tidaklah berhenti begitu saja. Latar Belakang Sebagaimana yang telah kita ketahui bahwa agama Islam diturunkan oleh Allah kepada Nabi Muhammad SAW melalui malaikat Jibril. Dalam sejarahnya Islam terbagi menjadi ke dalam 3 periode yaitu: 1. Dengan usaha keras dan pantang menyerah dari Rasulullah SAW agama Islam telah menyebar ke seluruh penjuru Arab. Umar bin Khatab. walaupun masih mendapat penolakan dan ancaman dari para kaum kafir Quraisy.

3. B. umat Islam diharapkan dapat maju dan berkembang di masa mendatang. 3. agar tidak mudah terpecah belah oleh bangsa-bangsa lain di dunia. terutama pada abad Pertengahan yang tentunya sangat berperan penting dalam perkembangan agama Islam sampai sekarang ini. . Dengan ilmu pengetahuan. 4. Manfaat 1. 2. maka kita haruslah juga mengetahui bagaimana perkembangan Islam. 2. begitu pula dengan kebudayaannya. Untuk mengetahui perkembangan ilmu pengethuan pada abad pertengahan. Untuk mengetahui dunia Islam pada abad pertengahan. Sebagai umat Islam yang bertaqwa kepada Allah SWT. Menyadari betapa pentingnya rasa pesatuan dan kesatuan bangsa. Tujuan 1. Untuk mengetehui perkembangan ajaran Islam pada abad pertengahan. Untuk mengetahui perkembangan kebudayaan Islam pada abad pertengahan C. Membangun semangat keilmuan kembali atas kejayaan Islam yang telah diperjuangkan oleh para pendahulunya.

Abdurrahman mendirikan dinasti Umayyah II nan berada di kawasan Andalusia nan termasuk ke dalam wilayah Eropa. Abdurrahman melalui dinasti bani Umayyah II nan didirikannya mulai memperkenalkan nafas Islam ke kawasan Eropa nan masih didominasi oleh kaum Kristen. 1. ada salah satu anggota bani Umayyah nan sukses lolos dari upaya pembantaian dan melarikan diri menujus Andalusia. BAB II PEMBAHASAN A. Peristiwa pembantaian dinasti Umayyah ini terjadi pada tahun 132 H atau pada 750 M. Di kawasan tersebut. Perkembangan Islam pada Abad Pertengahan Perkembangan Islam pada abad pertengahan ditandai dengan hilangnya bani Umayyah. tak seluruh keturunan bani Umayyah sukses dibunuh dan dibinasakan. Sebab. Ketiga jalan tersebut ialah : a. Proses Penyebaran Perkembangan Islam pada abad pertengahan ini dilakukan melalui tiga jalan nan dilalui buat memperkenalkan Islam pada masyarakat Eropa. Meski demikian. Dari sinilah perkembangan Islam pada abad pertengahan dimulai. dinasti Bani Umayyah sudah tak lagi memiliki kekuasaan di tanah Arab. Jalan Barat Proses melalui jalan barat dimulai dari kawasan Afrika Utara dengan melewati Semenanjung Iberia. Para pejuang Islam nan melalui jalan ini . Sejak saat itulah.

Hal ini tak diduga oleh tentara Byzantium sehingga dengan mudah mampu ditundukkan. Sisilia serta Italia Selatan sempat dikuasai oleh pejuang Islam meski tak terlalu lama. kedua kawasan tersebut sukses direbut oleh bangsa Nordia. rombongan Thariq ini dibebaskan oleh Khalifah Umayyah nan berkuasa di semenanjung Iberia. Meski demikian. Kawasan Balkan sempat dikuasai tentara Islam selama empat abad hingga abad 19. c. tentara Turki melanjutkan perjalanan hingga Wina. Setelah menundukkan Byzantium. Austria. Akhirnya. Rombongan nan melewati jalan tengah ini menuju Apenina dengan melalui Sisilia. Turki nan dipimpin Sultan Muhammad II mampu mengalahkan Byzantium. konstantinopel tetap berada dalam kekuasaan dinasti Umayyah dan berganti nama menjadi Istambul. pada abad 11. Perjalanan Thariq dan rombongannya ini dikenal lantaran prestasinya nan mampu melewati Pegunungan Pirenia nan pada waktu itu terkenal sangat menakutkan. Caranya dengan menyerang Konstantinopel melalui bahari Hitam nan merupakan bagian belakang Konstantinopel. Sebab. dipimpin oleh Thariq bin Ziyad dan dimulai pada tahun 711 M. b. Jalan Tengah Rute jalan tengah ini dimulai dari kawasan Tunisia. Thariq dan rombongannya ditahan oleh tentara Prancis nan dipimpin oleh Karel Martel pada 732 M. di kota Poitiers. Perjalanan dilanjutkan menuju Semenanjung Balkan. . Namun. Jalan Timur Pada 1453.

Pemikirannya di kawasan Eropa dikenal dengan nama Averoisme nan mengajarkan tentang kebebasan berfikir. Buku-buku karya Ibnu Rusyd ini dapat ditemukan di perpustakaan Eropa serta Amerika. Selain itu. Ide Ibnu Sina nan paling terkenal ialah wahdatul wujud atau paham nan memperkenalkan tentang . Diantaranya ialah : 1. Al Farabi juga banyak menulis buku nan terkait dengan masalah filsafat dasar nan tak kalah hebat dengan Aristoteles. Ibnu Sina (980-1060) Merupakan tokoh nan banyak mengembangkan ilmu pengetahuan di bidang kesehatan. 3. Hal ini karen Ibnu Sina nan dikenal juga dengan Avecia ialah dokter nan berasal dari kota Hamzan Persia.B. Al Farabi (780-863) Al Farabi merupakan tokoh nan mengumpulkan dan menerjemahkan buku-buku karya Aristoteles. Tokoh Muslim di Masa Perkembangan Islam pada Abad Pertengahan Ada beberapa tokoh dari kedua kawasan tersebut yang dianggap sebagai tokoh-tokoh yang mampu mengubah pemikiran dunia. Al Farabi juga dijuluki sebagai guru kedua. Ibnu Rusyd (1120-1198) Dikenal juga dengan nama Averoos. Karya dari Ibnu Rusyd banyak disebut dengan nama Bidayatul Mujtahid serta Tahafutut Tahaful. Oleh karenanya. Inilah nan menjadi dasar munculnya reformasi pada abad 16 M serta terjadinya gerakan rasionalisme pada abad 17 M. sementara julukan guru pertama diberikan kepada Aristoteles. 2.

Bukunya nan banyak berpengaruh dalam ilmu kedokteran global ialah Al Qanun fi At Tibb. tiga abad lebih dulu dari Servetus (orang Portugis). ilmu pengetahuan mengalami perkembangan walaupun tidak lebih maju daripada masa jayanya Daulah Abbasiyah dan tidak mampu menyaingi kemajuan bangsa Eropa. pada tahun 1641 M perpustakaan di Agra telah memiliki 24. Ibnu Tagri Badri Atabaki. selain pusat pengajaran di Sueknon. Di Mesir tatkala diperintah oleh Dinasti Mamluk (1250-1517 M) telah muncul para cendekiawan Muslim seperti:  Ibnu Abi Usaibiah. penulis buku “Uyun Al-Anba fi Tabaqat Al-Atibba” (penyampai informasi dalam tingkatan para dokter). segala sesuatu serba wujud. geografi.000 judul buku dalam berbagai disiplin ilmu. politik. geometri. (1201-1274) seorang ahli observatorium dan Abu Faraj Tabari (1226-1286) seorang ahli matematika. filsafat. . (wafat 1288) kepala rumah sakit Kairo yang menemukan susunan dan peredaran darah dalam paru-paru manusia. terkenal sebagai penulis sejarah kedokteran. Tatkala Sultan Syah Jehan dan Aurangzeb memerintah telah dibangun sekolah-sekolah tinggi. dan matematika.  Nasiruddin At-Tusi. Perkembangan Ilmu Pengetahuan Pada Abad Pertengahan Pada abad pertengahan di beberapa wilayah kekuasaan Islam. yang di dalamnya diajarkan ilmu pengetahuan umum. Di India pada masa pemerintahan kerajaan Mogul telah dibangun sekolah- sekolah. Selain itu. seperti logika. C. dan Al-Maqrizi.  Abu Al-Fida.  Abu Hasan Ali Nafis. sejarah.

D. awal. Perlu pula diketahui bahwa pada awal abad pertengahan ini. dan otentik. Tektoo bermakna berdiri stabil dan kokoh. Setelah kerajaan-kerajaan Islam dan umat Islam di berbagai wilayah dari benua Asia dan Afrika mengalami kemunduran di bidang politik dan ekonomi. Buku ini telah diterjemahkan ke dalam berpuluh-puluh bahasa dunia. berisi tentang perjalanan Ibnu Batutah dalam berkeliling dunia. yang pada masa sekarang disebut ensiklopedi. yaitu buku yang sangat tebal. ada seorang cendekiawan Muslim yang ahli dalam ilmu geografi yang bernama Ibnu Batutah (703-779 H) dan juga pengembara Muslim yang telah berkeliling dunia serta pernah singgah sebanyak dua kali di Samudera Pasai (Aceh). telah pula disusun Kitab Mausu’at. Arche berarti asli. Arsitektur Kata arsitektur berasal dari bahasa Yunani yaitu architektur yang berasal dari dua suku kata yakni arche dan tektoo. Arsitektur Islam adalah ilmu sekaligus seni merancang bangunanataupun struktur lain yang fungsional dan dirancang berdasarkan kaidah estetika Islam yang bertolak dari pengakuan akan keesaan Allah SWT. Di antara cendekiawan Muslim yang menyusun Mausu’at adalah An-Nuwairy (wafat : 722 H). berisi tentang kumpulan berbagai ilmu pengetahuan. dan Jalaluddin As-Suyuti (849-911 H). Ibnu Fadlullah (700-748 H). . akibat dijajah oleh bangsa Eropa. Beliau telah menyusun buku yang berjudul “Rihlah Ibnu Batutah”. umat Islam tidak mampu lagi untuk menumbuh- kembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi. Perkembangan Kebudayaan Islam pada Abad Pertengahan 1. Selain itu.

bahkan Indonesia. Beliau menulis puisi dan menyusun petuah- petuah sufi selama 39tahun. dan Asia Tengah. Arsitektur Islam itu terdapat antara lain pada bangunan masjid. Seni Sastra Seni sastra sebagai bagian dari kebudayaan terdapat pula di berbagai wilayah kerajaan dan wilayah Islam seperti: Turki.a. Ia seorang penyair sufi terbesar pada masanya. Hejaz. India. 2. Sebuah sajak alegori yang mengisahkan pengalaman religius kaum sufi. seperti Mesir. yang mendapat gelar Maulana (Tuan Kami). . India. Kemudian ia kembali ke tempat kelahirannya dan menetap di sana.1119-1230) Beliau lahir di Nisabur. Irak.  Sastrawan-sastrawan Muslim yang hidup di abad pertengahan antara lain: 1. timur laut Persia. Ia adalah keturunan sahabat Abu Bakar As-Siddiq r. Fariduddin Al-Attar (bertempat tinggal di Irak. Karya Fariduddin yang sangat terkenal adalah Mantiq At-Tair (musyawarah beruang). 2. Jalaluddin Ar-Rumi (1207-1273 M) Jalaluddin Ar-Rumi lahir di Afganistan pada tahun 1207 M dan wafat di Turki tahun 1273 M. istana. dan makam/pekuburan. Buku Mantiq At-Tair ini telah diterjemahkan dalam bahasa Inggris dengan judul “The Conference Of The Birds” (1955). Persia. Semasa mudanya beliau mengembara ke berbagai wilayah Islam.

kaum muslim mampu menguasai Spanyol dalam waktu sekitar delapan abad (711-1492 M) dan menguasai Semenanjung Balkan sekitar 4 abad (1453-1918 M). 4. keadilan. Hikmah Sejarah Perkembangan Islam pada Abad Pertengahan Ada beberapa manfaat yang dapat kita ambil dari sejarah perkembangan Islam pada abad pertengahan. 1. “Bustan” (telah diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia) berisi kisah-kisah yang indah dan melukiskan nilai- nilai luhur Islam yakni kebenaran. kerendahan hati. dan kebebasan. 3. Salah satu karyanya yang terkenal berbentuk puisi yang berjudul “Shikeyetname” (pengaduan). Sa’adi Syiraz (wafat di Syiraz antara tahun 1291 dan 1295 M) Sa’adi Syiraz adalah seorang sastrawan Persia yang karya tulisnya berjudul “Bustan” (kebun buah) dan “Gulistan” (kebun bunga). humor dan nasehat. Hal ini terbukti dalam setiap perluasan wilayah. renungan pribadi yang berisi selingan puisi berisi anekdot. kata-kata mutiara. “Gulistan” ditulis dalam bentukprosa dan berisi kisah-kisah. Fuzuli (wafat tahun 1556 M) Fuzuli termasuk penyair terkenal dalam sejarah sastra Islam. Fuzuli E. perluasan wilayah Islam masih terus dilanjutkan sehingga dengan demikian kebudayaan Islam tetap berkembang di Eropa. . Hal tersebut menandakan bahwa semangat kaum muslim dalam meraih cita-cita sangat tinggi sehingga melahirkan persatuan dan kesatuan yang sangat dibutuhkan dalam mewujudkan hal tersebut. Meskipun Bani Umayyah telah dihancurkan oleh Bani Abbasyah. diantaranya sebagai berikut.

Islam . dan bani Umayyah II di Andalusia serta kerajaan atau pemerintahan lain dimanapun berada. F. 3. Hal tersebut dikarenakan penduduknya berada dibawah pemerintahan yang zalim atau karena kerajaan tersebut telah mengganggu wilayah-wilayah Islam. Penduduk yang dibebaskan tetap diberikan keleluasan untuk menjalankan agama atau kepercayaan mereka masing- masing meskipun upaya penyebaran agama Islam senantiasa dilakukan. bani Abbasyah. Islam memiliki kontribusi yang sangat besar dalam upaya menyebarkan ilmu pengetahuan dan tekhnologi. Penaklukan wilayah yang demikian luas dilakukan oleh kaum muslim saat itu berdasarkan pada permintaan penduduk suatu negara yang ditindas oleh pemimpin mereka sendiri. ketika niat telah berubah menjadi orientasi terhadap kekuasaan atau harta. bangsa Indonesia telah memeluk agama hindu dan budha disamping kepercayaan nenek moyang mereka yang menganut animisme dan dinamisme. Pengaruh Sejarah Islam Abad Pertengahan Terhadap Umat Islam Indonesia Jauh sebelum Islam masuk ke Indonesia. Oleh karena itu. Niat yang tulus ketika melakukan sesuatu karena Allah sangat dibutuhkan. kaum muslim telah bertindak sebagai pembebas masyarakat suatu negara dari tindakan pemerintah mereka yang sewenag-wenang dan bukan bertindak sebagai penjajah atas suatu negara. 4. Eropa memiliki kemajuan saat ini salah satunya disebabkan jasa sarjana-sarjana muslim yang telah menjadi mata rantai perkembangan ilmu pengetahuan kepada masyarakat Eropa saat itu. Hal tersebut telah banyak dibuktikan pada peristiwa-peristiwa runtuhnya daulah bani Umayyah. 2. Setelah Islam masuk ke Indonesia. maka dengan cepat kehancuran akan menimpa.

2. jual. Rohani dan Rahma. koran. Muhaimin. surat. Khadijah. Junaidi. banyak dijumpai seni musik seperti kasidah. 3. fardu. Ahmad. Banten dan Tidore . Dalam hal kesenian. Abdul. barzanji dan shalawat. kabar. musyawarah. marawis. Muthalib. Pengaruh dalam Bidang Politik Pengaruh inin dapat dilihat dalam sistem pemerintahan kerajaan- kerajaan Islam di Indonesia seperti konsep khilafah atau kesultanan yang sering kita jumpai pada kerajaan-kerajaan seperti Aceh. Maimunah. acara tahlilan. bathin.maupun di bidang kebudayaan yang antara lain seperti di bawah ini. Adat Istiadat dan Seni Kebiasaan yang banyak berkembang dari budaya Islam dapat berupa ucapan salam. syukuran. Kita juga melihat pengaruh di bidang seni arsitektur rumah peribadatan atau masjid di Indonesia yang banayak dipengaruhi oleh arsitektur masjid yang ada di wilayah Timur Tengah.berpengaruh besar baik dalam bidang politik. rebana. sosial. contohnya kata wajib. lahir. Mataram. Dalam hal nama juga banyak dipakai nama-nama yang berciri Islam (Arab) seperti Muhammad. kursi dan masker. 1. Demak. Aminah. yasinan dan lain-lain. Pengaruh Bahasa dan Nama Bahasa Indonesia sebagai bahasa persatuan sangat banyak dipengaruhi oleh bahasa Arab. Rahmillah. ekonomi. Bahasa Arab sudah banayk menyatu dalam kosa kata bahasa Indonesia. Abdullah. Anwar. Pengaruh Budaya.

4. Pengaruh di bidang ekonomi Daerah-daerah pesisir sering dikunjungi para pedagang Islam dari Arab. seperti sedekah. . menyantuni yatim. infak. waqaf. Hal itu membuat perekonomian umat Islam semakin berkembang. piatu. Parsi.dan Gujarat yang menerapkan konsep jual beli secara Islam. Juga adanya kewajiban membayar zakat atau amal jariyah yang lainnya. fakir dan miskin.

Juga kerajaan Islam besar pada abad pertengahan adalah kerajaan ottoman di Turki. bangsa Eropa lebih maju daripada kerajaan-kerajaan Islam umat Islam. Ilmu pengetahuan tentang Islam. khususnya untuk menjajah wilayah-wilayah Islam. PENUTUP Kesimpulan Dari pembahasan di atas. dan terpecahnya Islam menjadi banyak kerajaan.  Pada abad pertengahan. Tujuan penjajahan bangsa Eropa adalah gold. dan Syafawi di Persia. Hal itu ditandai antara lain dengan tidak adanya lagi kekuasaan Islam yang utuh. walaupun tidak semaju zaman keemasan Daulat Abbasiyah Saran Sejarah adalah kejadian masa lampau yang harus selalu kita ingat dan pelajari karena jika tidak ada sejarah maka masa kini tidak akan pernah ada. . yang meliputi seluruh wilayah Islam. dapat disimpulakan bahwa:  Pada abad pertengan. yakni kerajaan Ottoman Turki. ilmu pengetahuan umum dankebudayaan mengalami kemajuan.  Pada awal abad pertengahan terutama di 3 kerajaan besar. kerajaan Mogul di India dan kerajaan Syafawi di Persia. baik di Asia maupun di Afrika. Pelajaran ini tentu harus ditingkatkan lagi agar siswa dapat lebih mengerti akan perjuangan orang-orang dulu sehingga kita harus lebih meningkatkan keimanan kita kepada Allah SWT. glory dan gospel. Mempelajari tentang perkembangan Islam pada abad pertengahan tentu mengingatkan kita akan peristiwa-peristiwa yang terjadi saat membela dan mempertahankan agama Islam. Islam mengalami kemunduran. Mogul di India.

2000 http://kampilmoe. Jakarta Selatan: CV Graha Pustaka. Pendidikan Agama Islam Untuk SMA Kelas XI. Jakarta.com/2010/10/05/perkembangan-islam-abad-pertengahan/ http://atpic. 1985 Syamsuri.kompasiana. Harun.wordpress. Badri. Jakarta :UI Press. Sejarah Peradaban Islam.com/2012/06/perkembangan-islam-pada-abad.Jakarta: Erlangga. Islam Ditinjau dari Berbagai Aspeknya.blogspot. DAFTAR PUSTAKA Nasution.com/ http://nisamertha.Rajagrafindo Persada.html http://www.. Ciracas. jilid Ibid.html .net/info/konsep-kekuasaan-kerajaan-hindu-budha-dan- islam. 2007.html http://sejarah. Yatim.com/2012/11/makalah-perkembangan-agama-islam- abad.blogspot.keajaibandunia. TUNTAS Tuntunan Ke Universitas Pendidikan Agama Islam Untuk SMA Kelas XI.