You are on page 1of 5

KERANGKA ACUAN

KEGIATAN INSPEKSI SANITASI
PUSKESMAS BOJONGSARI KAB. PURBALINGGA

A. Pendahuluan
Penyehatan Lingkungan merupakan proses untuk meningkatkan
kemampuan masyarakat dalam memelihara dan meningkatkan
kesehatannya. Selain itu, untuk mencapai derajat kesehatan yang
sempurna, baik fisik, mental dan sosial, maka masyarakat harus mampu
mengenal dan mewujudkan aspirasinya, kebutuhannya dan mampu
mengubah atau mengatasi lingkungannya.
Penyehatan Lingkungan adalah program kesehatan yang dirancang
untuk membawa perubahan/perbaikan, baik di dalam masyarakat sendiri,
maupun dalam organisasi dan lingkungannya. Jadi, promosi kesehatan
tidak hanya meningkatkan pengetahuan, sikap dan praktek kesehatan saja,
tetapi juga meningkatkan atau memperbaiki lingkungan (baik fisik
maupun non fisik) dalam rangka memelihara dan meningkatkan kesehatan
masyarakat.
Penyehatan Lingkungan merupakan pilar utama kesehatan
masyarakat, karena semua bidang atau program kesehatan mempunyai
aspek perilaku. Penyakit menular maupun tidak menular terjadi, bukan
hanya karena agen atau penyebab penyakit saja, melainkan juga karena
faktor perilaku manusia. Demikian juga masalah kesehatan yang lain
seperti kesehatan lingkungan, kesehatan reproduksi, gizi, imunisasi,
kecelakaan dan sebagainya, selalu melibatkan perilaku.
Strategi yang digunakan dalam pelaksanaan program promosi
kesehatan adalah Advokasi (Advocacy), Dukungan Sosial (Social support)
dan Pemberdayaan Masyarakat (Empowerment) yang disertai dengan
semangat Kemitraan.
Visi Puskesmas Bojongsari :
“Menjadi puskesmas bojongsari yang santun profesional dan berdaya saing
guna mewujudkan masyarakat sehat mandiri”.
Misi Puskesmas Bojongsari :
1. Menyelenggarakan pelayanan yang bermutu dan berkesinambungan.

Beberapa komponen lingkungan dengan menggunakan satu atau beberapa parameter sebagai tolak ukur yang dilakukan secara terencana. Pada Tahun 2016 sebanyak 1. Rumah haruslah sehat dan nyaman agar penghuninya dapat berkarya untuk meningkatkan produktivitas. Meningkatkan kerjasama lintas program dan lintas sektor dalam mewujudkan kemandirian masyarakat di bidang kesehatan. pencatatan dan penyuluhan. Flu Burung.02%). 2. Mendorong kemandirian masyarakat.560 (23. untuk berperilaku hidup bersih dan sehat melalui pendekatan keluarga.821 (53. ambient (lingkungan). ISPA dan lain . TBC. LatarBelakang Inspeksi sanitasi sangat berperan aktif di dalam lingkungan masyarakat dalam suatu proses pengamatan. Malaria. swasta atau perorangan yang langsung digunakan oleh masyarakat. Pengawasan . Tempat – tempat umum dan Pengelolaan Makanan adalah kegiatan bagi umum yang dilakukan oleh badan pemerintah. Konstruksi rumah dan lingkungan yang tidak memenuhi syarat kesehatan merupakan faktor risiko penularan berbagai jenis penyakit khususnya penyakit berbasis lingkungan seperti Demam Berdarah Dengue.lain. Rumah merupakan salah satu kebutuhan dasar manusia yang berfungsi sebagai tempat tinggal atau hunian dan sarana pembinaan keluarga.821 (56. 3. Tata Nilai : “SANTUN” S : Sigap A : Adil N : Nurani T : Tertib U : Unggul N : Nyaman MOTTO : “ Sembuh dan sehatmu harapanku “ B. terjadwal. pemaparan dan dampak pada manusia.16%) sedikit meningkat dibandingkan dengan tahun 2015 yang mencapai 7.84%) rumah diperiksa dan yang memenuhi syarat rumah sehat sebesar 7. dan terkendali dalam satu siklus waktu tertentu yang menekankan kegiatan pada sumber.

a) Tatap Muka b) Survey . Inspeksi Rumah Sehat b. sarana kesehatan jumlah 1 memenuhi syarat 1(100%) dan hotel jumlah 1 memenuhi syarat 1(100%). jumlah SLTA 2 memenuhi syarat 1(50%). Kegiatan Pokok dan Rincian Kegiatan. No Kegiatan Pokok Rincian Kegiatan 1 Inspeksi Sanitasi a.3%). sanitasi tempat umum bertujuan untuk mewujudkan kondisi yang memenuhi syarat kesehatan agar masyarakat pengunjung terhindar dari kemungkinan bahaya penularan penyakit serta tidak menyebabkan gangguan terhadap kesehatan masyarakat di sekitarnya. Inspeksi Tempat Pengolahan Makan E. Tujuan Umum dan Tujuan Khusus. Cakupan tempat-tempat umum yang memenuhi syarat meliputi sarana pendidikan jumlah SD 33 memenuhi syarat 10(30. Cara melaksanakankegiatan. Inspeksi Tempat-tempat Umum c. Risiko dari pengelolaan makanan mempunyai peluang yang besar dalam penularan penyakit karena jumlah konsumen relatif banyak dalam waktu yang bersamaan. jumlah SLTP 5 memenuhi syarat 2(40%). Cakupan Tempat Pengelolaan Makanan memenuhi syarat jumlah 16 memenuhi syarat 14(87.5) Berkaitan dengan hal-hal tersebut maka dipandang perlu untuk meningkatkan pelaksanaan kegiatan inspeksi sanitasi di wilayah Puskesmas Bojongsari. Tujuan Umum : Untuk meningkatkan sanitasi agar masyarakat mengerti dan memelihara akan keberadaan lingkungan di wilayah puskesmas Tujuan Khusus : a) Meningkatkan pengetahuan dan sikap masyarakat tentang kesehatan b) Meningkatkan perilaku sehat masyarakat c) Meningkatkan kemandirian masyarakat dalam memelihara lingkungan d) Meningkatkan sanitasi dalam lingkungan D. C.

Pelaporan hasil kegiatan Inspeksi Sanitasi dituangkan dalam bentuk laporan tiga bulanan dan laporan tahunan yang diketahui oleh Kepala Puskesmas dan dikirim ke Dinas Kesehatan Kabupaten Purbalingga. I. . pelaporan dan evaluasi kegiatan Pencatatan hasil kegiatan Inspeksi Sanitasi sesuai dengan instrumen dan format laporan yang sudah ditetapkan oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Purbalingga. Evaluasi kegiatan Inspeksi Sanitasi dilakukan secara periodik tiga bulanan. melalui kajian berdasarkan gap antara capaian dengan target yang telah ditentukan. Laporan evaluasi pelaksanaan kegiatan Inspeksi Sanitasi dilaksanakan bulan berikutnya setelah pelaksanaan kegiatan kepada Kepala Puskesmas. Pencatatan. c) Diskusi F. Monitoring Evaluasi pelaksanaan kegiatan dan pelaporan Evaluasi pelaksanaan kegiatan terhadap jadwal yang direncanakan dilakukan bulan berikutnya setelah pelaksanaan kegiatan oleh Penanggungjawab Kegiatan Inspeksi Sanitasi. Jadwal pelaksanaan kegiatan Pelaksanaan Kegiatan Inspeksi Sanitasi dimulai pada Bulan September 2017 H. Hasil Evaluasi Kegiatan dipaparkan dan dibahas bersama melalui pertemuan lokakarya mini puskesmas. Sasaran Sasaran Kegiatan Inspeksi Sanitasi : a) Masyarakat b) Sekolah G.

Pengelola Program Penyehatan Lingkungan Kepala Puskesmas Bojongsari Puskesmas Bojongsari Sujarwo.SKM Dhesy Dwi Susianti. Mengetahui.SIP. 19621003 198309 1 001 NIP.AMd NIP. Mengetahui. 19810119 201406 2 003 .