You are on page 1of 6

Lingkungan Pemasaran adalah lingkungan perusahaan yang terdiri dari pelaku dan kekuatan di

luar pemasaran yang mempengaruhi kemampuan manajemen pemasaran untuk membangun dan
mempertahankan hubungan yang berhasil dengan pelanggan sasaran.

Lingkungan pemasaran terdiri dari 5 faktor lingkungan diantaranya:

1.lingkungan politik dan hukum : kegiatan kegiatan politis baik di luar negeri maupun domestic
yang telah berpengaruh pada dunia usaha

2.lingkungan social dan budaya : perubahan nilai social yan g mendorong suatu perusahaan
yang mengembangkan dan mempromosikan produk produk baru baik untuk
konsumen,individu,maupun unt.pelanggan

3.lingkungan teknologi :adalah kekuatan yang menciptakan teknologi baru, menciptakan produk,
dan peluang pasar, yang baru.

4.lingkungan ekonomi: factor-faktor yang mempengaruhi daya beli dan pola pengeluaran
konsumen.

5.lingkungan demografis : studi kependudukan manusia menyangkut ukuran, kepadatan, lokasi,
usia, jenis kelamin, ras, lapangan kerja, dan data statistic lain

6.lingkungan alam: Lingkungan alam memperlihatkan kekurangan potensial dari bahan baku
tertentu, biaya energi yang tidak stabil, tingkat populasi yang meningkat, dan gerakan “hijau”
yang berkembang untuk melindungi lingkungan.

Lingkungan persaingan : Konsep pemasaran yang berhasil apabila perusahaan dapat
menyediakan nilai dan kepuasan pelanggan yang lebih besar daripada pesaing.

-produk subtitusi :produk yang berbeda dari para pesaingnya tetapi dapat mengiisi kebutuhan
yang sama

-persaingan merek: pemasaran persaingan yang memikat konsumen terhadap produk produk
yang serupa

Persaingan internasional :pemasaran persaingan atas produk produk domestic terhadap luar
negeri

STRATEGI : BAURAN PEMASARAN

Bauran pemasaran merupakan seperangkat alat pemasaran yang digunakan perusahaan untuk
mencapai tujuan pemasaran dalam memenuhi target pasarnya.

Bauran pemasaran terdiri dari8 komponen yaitu:

dibeli.dicari./dikonsumsi pasarsbg pemenuhan kebutuhan/keinginan pasar yang bersangkutan diferensiasi produk :adaklah upaya dari sebuah perusahaan untuk membedakan produknya dari produk pesaing dalam suatu sifat yg membuatnya lebih diinginkan distribui: merupakan suatu proses yang menunjukkan penyaluran barang yg dibuat produsen agar sampai ke para konsumen yg tersebar luas promosi : adalah suatu usaha dari pemasar dlm menginformasikan dan mempengaruhi orang atau pihak lain sehingga tertarik unt melakukan transaksi/pertukaran produk barang/jasa yang di pasarkan TARGET PEMASARAN DAN SEGMENTASI PASAR Target pemasaran : Target pemasaran merupakan sebuah bentuk strategi yang menjalankan iklan-iklan kita menuju ke segmen atau pasar tertentu sedangakan segmentasi pasar : Segmentasi pasar adalah pengelompokkan pasar menjadi kelompok-kelompok konsumen yang homogen. kemudian perusahaan akan menelaah apakah segmen-segmen konsumen ini menunjukkan kebutuhan atau tanggapan produk yang berbeda. Segmentasi pasar konsumen Yaitu membentuk segmen pasar dengan menggunakan ciri-ciri konsumen (consumer characteristic).Penetapan harga : penetan harga produk memilih harga jual yang paling sesuai kadang kadang merupakan tindakan menyeimbangan Iklan : merupakan bentuk komunikasi nonpersonal yang di gunakan untuk membujuk atau memberi informasi pembeli potensial mengenai produk pihak yang bersangkutan Penjualan langsung : Penjualan langsung merupakan sebuah strategi untuk mempromosikan produk atau jasa yang ditujukan untuk memengaruhi tindakan konsumen Promosi penjualan: biasanya barang yang relative murah sering kali di pasarkan melalui promosi penjualan yang biasa berupa bujukan langsung kpd pembelinya hubungan masyarakat: semua bentuk komunikasi yang bertujuan untuk membentuk citra yang baik sebuah perusahaan termasuk ke dalam hubungan masy produk: segala sesuatu yang dpt di tawarkan produsen untuk di perhatikan.di gunakan. dimana tiap kelompok (bagian) dapat dpilih sebagai pasar yang dituju (ditargetkan) untuk pemasaran suatu produk Jenis2 target pemasaran : 1. .diminta.

Terdapat 5 tahap dasar melaksanakan riset pasar: 1. 2001) * Dapat diukur (measurable). PROSES RISET Riset pasar dpt terjadi di hamper semua titik daur hidup produk akan tetapi. daan merek. ukuran. pengolahan data.menganalisis data 5. Segmentasi pasar bisnis Yaitu membentuk segmen pasar dengan memperhatikan tanggapan konsumen (consumer responses) terhadap manfaat yang dicari.memilih metode riset 3.seringkali riset tersebut dpt di gunakan sewaktu mengembangkan produk produk baru/mengubah produk.2. waktu penggunaan.mempersiapkan laporan . profil segmen. 3. * Besar segmen (subtantial): cukup besar dan menguntungkan untuk dilayani. * Dapat dijangkau (accessible): dapat dijangkau dan dilayani secara efektif. pengumpulan data. daya beli. Dalam mengidentifikasi ada 4 yang paling di pehatikan yaitu : Variable geografi: variable demografi: variable psikografi: variable perilaku: RISET PEMASARAN: Riset Pemasaran atau Marketing Research adalah salah satu kegiatan penelitian di bidang pemasaran yang dilakukan secara sistematis mulai dari perumusan masalah. * Dapat dibedakan (differentiable): secara konseptual dapat dipisahkan dan memberi tanggapan yang berbeda terhadap elemen dan program bauran MENGIDENTIFIKASI SEGMEN PASAR Segmentasi pasar merupakan suatu usaha untuk meningkatkan ketepatan pemasaran perusahaan . dan interpretasi hasil penelitian. tujuan penelitian.mengumpulkan data 4. Segmentasi pasar yang efektif (Fandy Ciptono.mempelajari situasi terakir 2.

Menilai Sumber-sumber. 5.persepsi. Menetapkan Tujuan Pembelian. 4. maka pembeli akan menjumpai serangkaian keputusan .pengawasan dan pencatatan perilaku konsumen 2. 2. Observasi . Survei . Mengidentifikasikan Alternatif Pembelian.Metode riset ada 4 yaitu : 1. Tahap kedua dalam proses pembelian ini sangat berkaitan dengan lamanya waktu dan jumlah uang yang tersedia untuk membeli. Percobaan – Tehnik riset pemasaran yang mencoba untuk membandingkan tanggaan individu yang sama atau serupa pada situasi yang berbeda –beda . 3. Menganalisa Keinginan dan Kebutuhan Penganalisaan keinginan dan kebutuhan ini ditujukan terutama untuk mengetahui adanya keinginan dan kebutuhan yang belum terpenuhi atau terpuaskan.kemampuan belajar dan sikap individu pengaruh priBadi: mencangkup gaya hidup. Kelompok Fokus . Keputusan Membeli. Jika dianggap bahwa keputusan yang diambil adalah membeli.pendapat pemimpin dan kelompok referensi lainnya pen garuh budaya: mencangkup budaya. Tahap ketika konsumen mengambil keputusan apakah membeli atau tidak. 4. Tahap ketika konsumen memutuskan untuk tujuan apa pembelian dilakukan. Tahap ketika konsumen mulai mengidentifikasikan berbagai alternatif pembelian.dan status ekonomi pengaruh social: mencangkup keluarga.tenaga pemasaran harus melangkah lebih jauh dan mengajukan pertanyaan untuk konsumen .kepribadian.orang orang yang berkumpul dalam suatu tempat kemudian mereka disodori permasalahan dan diminta untuk membahasnya . 3. MEMAHAMI PERILAKU KONSUMEN Pengaruh” pada perilaku konsumen terdiri 4 pengaruh yaitu: Pengaruh psikolo gi: moencangkup motivasi. yang bergantung pada jenis produk dan kebutuhannya.subkultur dan kelas social PROSES PEMBELIAN KONSUMEN Proses pembelian bagi konsumen sebagai berikut : 1.

produsen. 2. Dalam hal ini perusahaan harus memusatkan perhatiannya kepada orang-orang yang berminat membeli radio serta alternatif lain yang mereka pertimbangkan. Keputusan tersebut menyangkut pula ukuran. Keputusan untuk membeli yang diambil oleh pembeli itu sebenarnya merupakan kumpulan dari sejumlah keputusan. Keputusan tentang waktu pembelian .menyangkut jenis produk. Dalam hal ini perusahaan harus mengetahui bagaimana konsumen memilih sebuah merk. 6. Dalam hal ini perusahaan harus melakukan riset pemasaran untuk mengetahui kesukaan konsumen tentang produk bersangkutan agar dapat memaksimalkan daya tarik merknya. toko alat-alat listrik. apakah pada toko serba ada. mutu suara. Keputusan tentang penjualnya Konsumen harus mengambil keputusan di mana radio tersebut akan dibeli. 5. bentuk produk. Dalam hal ini perusahaan harus mempersiapkan banyak produk sesuai dengan keinginan yang berbeda-beda dari para pembeli. Setiap keputusan membeli mempunyai suatu struktur yang mencakup beberapa komponen: 1. penjual. pedagang besar. Keputusan tentang jumlah produk Konsumen dapat mengambil keputusan tentang seberapa banyak produk yang akan dibelinya pada suatu saat. kuantitas. Perilaku Sesudah Pembelian. 6. Keputusan tentang jenis produk. Pembelian yang dilakukan mungkin lebih dari satu unit. corak dan sebagainya. Konsumen dapat mengambil keputusan untuk membeli bentuk radio tertentu. toko khusus radio. Dalam hal ini. atau toko lain. Keputusan tentang bentuk produk. Tahap terakhir yaitu ketika konsumen sudah melakukan pembelian terhadap produk tertentu. 4. Setiap merk memiliki perbedaan-perbedaan tersendiri. waktu pembelian dan cara pembayarannya. Keputusan tentang merk Konsumen harus mengambil keputusan tentang merk mana yang akan dibeli. merk. dan pengecer harus mengetahui bagaimana konsumen memilih penjual tertentu. Konsumen dapat mengambil keputusan untuk membeli sebuah radio atau menggunakan uangnya untuk tujuan lain. 3.

Keputusan tersebut akan mempengaruhi keputusan tentang penjual dan jumlah pembeliannya.Konsumen dapat mengambil keputusan tentang kapan ia harus melakukan pembelian. 7. sedangkan untuk barang berharga jual tinggi (high-involvement) proses pengambilan keputusan dilakukan dengan pertimbangan yang matang. penggunaan. [1] . pemilihan. Dengan demikian perusahaan dapat mengatur waktu produksi dan kegiatan pemasarannya.[1] Perilaku konsumen merupakan hal-hal yang mendasari konsumen untuk membuat keputusan pembelian. Dalam hal ini perusahaan harus mengetahui keinginan pembeli terhadap cara pembayarannya. apakah secara tunai atau dengan cicilan. Keputusan tentang cara pembayaran Konsumen harus mengambil keputusan tentang metode atau cara pembayaran produk yang dibeli. Oleh karena itu perusahaan harus mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan konsumen dalam penentuan waktu pembelian.[2] Untuk barang berharga jual rendah (low-involvement) proses pengambilan keputusan dilakukan dengan mudah. serta pengevaluasian produk dan jasa demi memenuhi kebutuhan dan keinginan. pembelian. Perilaku pembeli Perilaku konsumen adalah proses dan aktivitas ketika seseorang berhubungan dengan pencarian. Masalah ini akan menyangkut tersedianya uang untuk membeli radio.