You are on page 1of 6

BAB I

PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang

Pariwisata dewasa ini sudah menjadi salah satu sektor penting dalam perkembangan
ekonomi suatu negara. Indonesia sendiri memiliki banyak sekali tempat yang menjadi tujuan
utama pariwisata turis asing, khususnya Bali. Bali sudah lama sekali dikenal oleh turis
mancanegara sebagai pulau eksotis dan daftar kunjungan wajib ketika datang ke Indonesia. Setiap
tahunnya pariwisata Pulau Dewata ini pun terus berkembang seiring perkembangan jaman.
Di jaman yang serba modern dengan perkembangan teknologi di berbagai sektor
mendorong pariwisata, khususnya Bali untuk terus berkembang mengikuti arus. Penerapan
teknologi yang terus berkembang dalam sektor pariwisata, baik yang berpengaruh lagsung
maupun tidak langsung inilah kemudian menjadi tantangan baru baik bagi pelaku ekonomi
maupun pemerintah untuk dapat mengelola objek wisatanya menjadi lebih baik. Besarnya
pengguna gadget dan internet bisa dijadikan pintu masuk pemerintah daerah untuk meningkatkan
kualitas pelayanan public dan peningkatan ekonomi daerah. Pada bidang pariwisata, selain focus
dalam perbaikan infrastruktur, peluang kemajuan teknologi dijadikan ujung tombak untuk
mendongkrak nilai pariwisata daerah.

1.2 Rumusan Masalah
1.2.1 Bagaimana upaya yang dilakukan sebagai bentuk penerapan teknologi dalam sektor
pariwisata?
1.2.2 Apakah Smart Tourism ini telah dikembangkan oleh Pemerintah Daerah Kabupaten
Gianyar?

1.3 Tujuan Penulisan
1.3.1 Untuk mengetahui penerapan teknologi dalam sektor pariwisata
1.3.2 Untuk mengetahui Smart Tourism yang telah dikembangkan oleh Pemerintah Daerah
Kabupaten Gianyar

1

BAB II PEMBAHASAN 2. maka profile dan data yang sudah ada akan membantu para traveler untuk memilih kegiatan atau alternnatif kegiatan lain apabila rencana perjalanan yang sudah disusun tidak dapat terlaksana karena suatu hal. Salah satu kemampuan dari Smart Tourism adalah memberikan beberapa pilihan kepada user berdasarkan profile atau data yang ada yang sudah dikumpulkan atau preferensi yang diinginkan oleh user. memajukan daerah destinasi wisata dengan inovasi industri pariwisata untuk promosi pariwisata. Pada prinsipnya Smart Tourism ini mengandung kemampuan dalam mengambil keputusan yang diujungnya adalah peningkatan kualitas hidup. memperluas skala industri pariwisata dengan platform informasi real time. Dengan adanya aplikasi berbasis Smart Tourism ini. didukung dengan perkembangan Internet of Things dan Cloud Computing yang berfokus pada peningkatan wisata melalui identifikasi dan pemantauan yang ada. Ketiga. Smart Tourism memuat beberapa tujuan. jelas menyebutkan bahwa membangun Smart Tourism mampu meningkatkan taraf ekonomi daerah. Platform mengintegrasikan peran teknologi informasi dalam memberikan informasi dan layanan yang efisien untuk wisatawan. mengintegrasikan penyedia jasa pariwisata dan peran masyarakat local.1 Teknologi Dalam Sektor Pariwisata Seperti yang telah disebutkan sebelumnya bahwa perkembangan teknologi yang semakin maju mendorong sektor pariwisata sebagai salah satu sumber pendapatan ekonomi untuk ikut menggunakan teknologi dalam pengembangan pariwisata. 2 . Berdasarkan tujuan tersebut. Salah satu penerapan teknologi untuk membangun Smart Economy adalah Smart Tourism. Dengan adanya bantuan teknologi informasi. Smart Tourism didefinisikan sebagai platform pariwisata ICT terintegrasi. Kedua. maka traveler akan diberikan beberapa pilihan alternative tempat lainnya yang sesuai dengan profilnya. pertama membuat database terkait sumber daya pariwisata.

berpetualang sebesar 20%. dan pilihan tujuan lainnya sebanyak 4%.2 Smart Tourism Yang Telah Dikembangkan Oleh Pemerintah Kabupaten Gianyar Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi menggeser pola hidup masyarakat dunia dari yang sebelumnya berupa konvensional kini menginginkan kemudahan dalam menjalani kehidupannya. Dari hasil ini dapat disimpulkan bahwa mayoritas wisatawan tertarik untuk melihat atau mengamati secara lebih dekat keunikan budaya yang ada di Gianyar. Dengan adanya hasil survei ini. sumber informasi. Hal ini dapat dilihat dari beberapa survey yang dilakukan terkait dari masalah perencanaan kunjungan. Dalam fenomena ini diharapkan pemerintah dapat focus dalam promosi melalui internet perlu ditingkatkan.2. khususnya kabupaten Gianyar. Sedangkan untuk pilihan atraksi wisata didapatkan hasil bahwa tujuan untuk melihat-lihat (sight seeing) sebesar 37%. salah satu stakeholder yang perlu untuk berkembang tersebut adalah industri pariwisata yang ada di Bali. Berdasarkan hasil rekapitulasi data. berbelanja sebesar 8%. Berdasarkan survey yang dilakukan sebanyak 40% menyatakan telah merencanakan liburan ke Kabupaten Gianyar sekitar 1 bulan sebelumnya dengan sumber informasi dari internet sebesar 50% . Dalam perkembangan industri pariwisata Bali. Bali sebagai destinasi unggulan perlu untuk mengambil kesempatan ini untuk meningkatkan daya saing destinasi. melihat aktivitas keagamaan sebesar 20% . didapatkan bahwa tertarik dengan keunikan budaya Gianyar dengan presentase sebesar 40%. Ini menunjukkan seberapa besar pengaruh internet kepada banyaknya kunjungan wisatawan mancanegara untuk datang ke Kabupaten Gianyar sebagai tujuan wisata. Kabupaten Gianyar merupakan salah satu tujuan wisata yang paling banyak dikunjungi. pemerintah kabupaten Gianyar semakin meningkatkan kualitas pelayanan kepada wisatawan. 3 . Termasuk dalam aktivitas pariwisata. mengikuti program wisata kesehatan sebesar 8% dan kehidupan malam (night life) sebesar 2%. daya tarik kunjungan dan pilihan atraksi wisata dimana survey ini diajukan kepada 100 responden mancanegara. salah satunya dengan mengembangkan Smart Tourism di beberapa objek wisata yang ada di Gianyar. daya tarik kunjungan wisatawan mancanegara yang berlibur ke Gianyar. terbukti dari hasil survey bahwa sebanyak 50% responden datang berkunjung ke Gianyar karena adanya akses internet yang memudahkan mereka untuk mencari informasi wisata secara detail.

tetapi juga berbagai kegiatan yang dapat dilakukan wisatawan di desa pejeng. pemerintah kabupaten gianyar pun kini semakin memudahkan wisatawan yang ingin selalu update dengan kegiatan desa pejeng melalui aplikasi PEJENGKU yang dapat diunduh di smartphone wisatawan. Salah satu contoh smart tourism yang dikembangkan oleh pemerintah kabupaten gianyar adalah platform pejeng. Tentu saja dengan adanya aplikasi ini telah memudahkan para wisatawan untuk menentukan kemana tujuan dan pilihan atraksi wisata yang akan mereka lakukan ketika datang ke kabupaten gianyar. Tidak hanya dalam bentuk website. 4 . Dampak yang ditimbulkan pun akan baik dengan semakin banyaknya wisatawan baik domestic maupun mancanegara yang berkunjung dan pada akhirnya akan berdampak peningkatan taraf ekonomi dari aktivitas pariwisata yang dikelola pemerintah.org yang memuat berbagai infomasi dari desa pejeng. Dalam satu aplikasi ini wisatawan tidak hanya diberikan informasi umum seperti sejarah tempat dan lokasi desa. Desa pejeng merupakan salah satu tujuan wisata karena sejarah dan keunikan budaya lokalnya.

diharapkan wisatawan yang akan berkunjung ke Gianyar. namun menjadi focus utama bagi para pengelola wisata di daerah lainnya.1 Kesimpulan Dari hasil penelitian yang dilakukan bahwa internet membawa dampak yang sangat besar bagi jumlah kedatangan wisatawan yang berkunjung ke Indonesia khususnya Kabupaten Gianyar. BAB III PENUTUP 3. segala kemudahan pariwisata dengan teknologi inipun akan membawa keuntungan bagi kepada wisatawan dan pengelola wisata. Dengan adanya platform ini. Dengan melihat peluang ini. khususnya Desa Pejeng bisa lebih mudah menentukan waktu dan kegiatan yang akan mereka lakukan dalam perencanaan perjalanannya. pemerintah pun telah mampu mengembangkan smart tourism dalam meningkatkan kualitas pelayanan wisatanya. Terlebih lagi bagi daerah wisata yang masih dianggap minor sebagai salah satu cara promosi yang lebih efektif dan hemat dari segi waktu maupun biaya. 3. 5 . yaitu salah satunya dengan penyediaan platform dan aplikasi bagi daerah wisata desa pejeng.2 Saran Diharapkan perkembangan platform dan aplikasi ini tidak hanya berlaku di beberapa tempat saja. Pada akhirnya. Dengan adanya keuntungan tersebut diharapkan dapat meningkatkan pendapatan serta taraf hidup masyrakat di sekitar daerah tujuan wisata.

org/about/ (diakses pada tanggal 30 november 2017) http://www.edu.id/index.pejeng.id/ (diakses pada tanggal 30 november 2017) 6 . DAFTAR PUSTAKA http://diparda.php/en/analisa-pasar-pariwisata-gianyar (diakses pada tanggal 1 desember 2017) http://www.com/penerapan-smart-tourism/ (diakses pada 1desember 2017) http://pejeng.academia.go.gianyarkab.30093080/kesiapan_industri_priwisata_bali_dalam_dalam_mendukung _bali_sebagai_smart_tourism_destination (diakses pada tanggal 2 desember 2017) http://blog.gamatechno.desa.