You are on page 1of 12

A.

Pengantar dan Konsep Ilmu Sosial Budaya Dasar

1. Mata kuliah pengantar ilmu sosial bersifat .......
a. memberi arahan penekanan materi seluruh ilmu-ilmu sosial
b. memberi arahan penekanan secara global dan tidak mendalam
c. memberi arahan penekanan pada subyek oriented menuju specialisasi
d. memberi penekanan mataeri ilmu sosial secara terperinci
e. memiliki wawasan komprehensif dan pendekatan integral

2. Ilmu sosial dasar adalah .....

a. ilmu yang membahan mengenai masalaha sosial dalam kehidupan masyarakat
b. ilmu yang memiliki wawasan komprehensif dan pendekatan integral
c. tujuan pendidikan dan pengajaran di perguruan tinggi
d. pengetahuan yang menelaah masalah-masalah sosial yang menggunakan
pengertian-pengertian ( fakta, teori, konsep) berasal dari berbagai bidang
pengetahuan keahian
e. memberi arahan penekanan materi ilmu sosial secara terperinci

3. Latar belakang diberikannya ISD pada prinsipnya adalah menghindari .....

a. anggapan bahwa sistem pendidikan kita hanya mementingkan sosial science
b. kritik terhadap sistem pendidikan kita oleh sejumlah cendikiawan
c. anggapan bahwa sistem pendidikan kita tidak berbau kolonial
d. a, b dan c benar
e. a, b salah

4. Tenaga ahli yang dihasilkan oleh perguruan tinggi diharapkan memiliki tiga
ketrampilan yang tidak termasuk kedalam kemampuan ini adalah .......

a. personal c. likwidasi e.fakta

b. akademis d. professional

5. Profesional adalah kemampuan dalam bidang profesi tenaga ahli yang
bersangkutan, maksudnya adalah ......
a. para tenaga ahli diharapkan mempunyai pandangan yang luas
b. peka terhadap masalah yang dihadapi oleh masyarakat Indonesia
c. para tenaga ahli diharapkan memiliki pengetahuan dan ketrampilan yang
tinggi dalam bidang profesi

. humanties e. problem-oriented d.b. akademis 6.. a. ilmu yang mempelajari manusia dan interaksinya b. Menghadapi era globalisasi. memberi pemahaman kepada mahasiswa sebagai layaknya mata kuliah lain yang diberikan c.. mengantarkan mahasiswa agar menjauhi masalah-masalah social d.. memperluas cakrawala perhatian dan pengetahuan para mahasiswa sehingga tidak terbatas pada bidang pengetahuan keahlian golongan asal masing-masing b. b dan c benar e. Salah satu definisi ISBD adalah ilmu-ilmu sosial yang dipergunakan dalam pendekatan. d. ISBD termasuk program pendidikan umu ( MKDU ) . Hakekat dari ilmu filsafat adalah mempersoalkan . subject-oriented b. suatu program pelajaran baru yang dikembangkan di perguruan tinggi d... Filsafat merupakan sumber ilmu pengeatahuan alam maupun sosial. semua benar 9.dan c benar 8. a.. object-oriented c. Ilmu pengetahuan sosial ( IPS ) merupakan . pencabangan ilmu pengetahuan e. .. asal-usul ilmu pengetahuan b.. Kualitas tersebut harus terlihat dengan diperolehnya pengetahuan.. peka terhadap masalah yang dihadapi oleh masyarakat 7. sekaligus sebagai sarana jalan keluar untuk mencari pemecahan masalah-masalah sosial yang berkembang dalam kehidupan masyarakat. bidang studi yagn merupakan paduan dari sejumlah mata pelajaran sosial c. lulusan perguruan tinggi dituntut kualitasnya secara memadai. hidup dan kehidupan manusia didunia c. sikap. a. b dan c benar e. tujuan dari MKDU adalah untuk a. a. a. a. b dan c benar e.penelaahan alam sekitar dan perkembangannya 10. rasa ingin tahu manusia mengenai dunia d. Dari pernyataan itu maka ISD itu bersifat….. a.

semua benar 14.. Beda keduanya adalah . selalu mengikuti perkembangan masalah – masalah masyarakat e.. personal b. tidak mutlak d... Perubahan Sosial ..... pengetahuna sosial berorientasi multidisiplin b. Kebudayaan b... kebudayaan itu bersifat abstrak disebut.. memiliki kemampuan tinggi dalam profesinya 12. a.. Kebutuhan terhadap makan. pengetahuan sosial berorientasi materi 13. ISBD dan pengetahuan sosial dibedakan keduanya dalam hal orientasi atas pendekatan yang dilakukan. ISBD adalah bagian dari program mata kuliah dasar umum untuk membawa mahasiswa agar . Sesuatu yang akan mempengaruhi tingkat pengetahuan dan meliputi sistem ide atau gagasan yang terdapat dalam pikiran manusia. tempat tinggal. pengetahuan sosial berorientasi inter disiplin c. pakaian adalah merupakan kebutuhan pokok yang . manajerial e. isbd berorientasi materi. kebutuhan sekunder c. Lulusan perguruan tinggi perlu memiliki wawasan yang tidak terbatas pada bidang keahliannya. menyadari posisinya sebagai calon pemimpin masa depan c.. a dan b e. profesonal c. isbd berorientasi inter disiplim. a. peka.. a.. akademik d. isbd berorientasi materi.terbuka.. Strata Sosial d. a. kebutuhan primer b. isbd berorientasi praktis. Perolehan- perolehan ini adalah merupakan sebgaian dari kemampuan ... isbd berorientasi inter disiplin. sehingga dalam kehidupan sehari- hari. a. pengetahuan sosial berorientasi materi e. Ilmu Sosial Dasar c.. pengetahuan sosial berorientasi praktis d. memiliki keahlian beragam menghadapi persaingan dunia kerja b. tingkah laku dan tindakan sebagai cerminan kepribadian Indoensia. dan ada rasa tanggungjawab terhadap masalah sekitar d.. vokasional 11..

siswanto 1988 b. ilmu alamiah b. a. soejadtmiko 1984 e.Ilmu sosial budaya dasar adalah suatu pengetahuan mengenai aspek-aspek keanekaragaman hayati c. e. c. ilmu sosial c..Semua definisi salah 18. Ilmu sosial budaya dasar adalah suatu pengetahuan mengenai aspek-aspek yang paling dasar yang ada dalam kehidupan manusia sebagai makhluk sosial yang berbudaya dan masalah-masalah yang terwujud daripadanya b.b. Memperoleh penghargaan sebagai filantropis terkenal sedunia d. Sebagai organisasi pengetahuan tentang pokok masalah sosial . a. bakker 1984 17.kecuali . a. Ilmu sosial budaya dasar adalah suatu pengetahuan mengenai aspek-aspek persamaan linier.parabola. perubahan dasar e. Secara garis besar ilmu dan pengetahuan dikelompokkan menjadi tiga macam.bidang ruang. Koentjoronigrat 1971 c.hiperbola. Mengembangkan kesadaran mahasiswa untuk menguasai pengetahuan tentang keragaman dan kesetaraan manusia sebagai individu dan makhluk sosial dalam kehidupan bermasyarakat.Ilmu sosial budaya dasar adalah suatu pengetahuan mengenai aspek-aspek kelembagaan dalam negara e. m.. Salah satu tujuan mempelajari ilmu sosial budaya dasar adalah. pranata social 15. Memperoleh pengetahuan seputar pelanggaran HAM dan hukum yang mengatur tentang HAM .menurut a. Apa definisi dari ilmu sosial budaya dasar? a. tidak merupakan penggabungan beberapa ilmu social.bidang datar. Mempelajari cara menarik perhatian dengan cara yang paling bagus e. Apa fungsi mempelajari ilmu sosial budaya dasar? a.moenandar soleiman 1987 d. ilmu pengetahuan budaya d...dan vector yang mempelajari metode-metode perhitungan dan penyelesaiannya d. Mendapatkan pengakuan bahwa kita adalah orang baik b.c benar 16. Mengembangkan kesadaran mahasiswa untuk menguasai hak orang lain dengan merampas hak sesama manusia demi kepentingan pribadi dan golongan 19.

Ideologi b. Memberikan pengetahuan dasar dan pengertian umum tentang konsep-konsep geometri. Tata bahasa e. kecuali. Norma c. Dialog antar umat beragama e. Aturan e. Saling bermusuhan d. Suatu istilah umum bagi seluruh gagasan yang berpengaruh kuat terhadap tingkah laku dalam situasi khusus karena merupakan kaitan antara tindakan dan kepercayaan yang fundamental disebut. Kesenjangan sosial 3. Warna.. a. Memberikan pengetahuan dasar dan pengertian umum tentang konsep- konsep yang dikembangkan untuk mengkaji gejala-gejala sosial kebudayaan agar daya sosial budaya dapat ditingkatkan sebagai kepekaan mahasiswa pada lingkungannya menjadi lebih besar. d. a.. Studi Pancasila dan pendidikan kewarganegaraan Manusia. Studi kesehatan dan keselamatan kerja d. Memperoleh predikat manusia terbaik dari lingkungan sekitar 20. Macam. Tingkah laku b. Keragaman dan Kesetaraan 1. Nasionalisme 2. corak.Sebutkan 2 kelompok utama studi dalam ilmu sosial budaya dasar! a.aritmetika. Mendapatkan hadiah berupa materi karena telah menyelamatkan nyawa manusia c. ragi d.. Semangat nasionalisme c. Membangun suatu pola komunikasi . kecuali.dan trigonometri yang dikembangkan untuk mengkaji permasalahan dalam kehidupan sehari-hari yang memakai sistem perhitungan e. Studi manusia-masyarakat dan lembaga social e. a.. Keragaman berasal dari kata ragam yang menurut kamus besar bahasa Indonesia yaitu.. Hal yang dapat dilakukan untuk memperkecil masalah yang diakibatkan oleh pengaruh negatif dari keragaman adalah. Studi laboratorium dan pengembangan penelitian c.. Tata krama d. Studi Sastra dan Bahasa Indonesia b. jenis c. Semangat religius b. b.

. Keharmonisan e.. Menghargai hasil karya orang lain c. sehingga merusak kebudayaan bangsa c. Salah satu perwujudan kebudayaan yang bernilai tinggi. a.4.. indah dan harmonis yang mencerminkan tingkat kebudayaan masyarakat yang bersangkutan disebut.. a. Adanya toleransi terhadap perbuatan-perbuatan yang menyimpang 8. a. Adanya keterbukaan didalam masyarakat e. Proses penyesuaian seseorang atau kelompok orang asing terhadap kebudayaan setempat 7. Pendidikan . Terdapat dalam pasal. Sistem pendidikan yang maju b.. Kesetaraan 6.. Masuknya unsur-unsur kebudayaan asing kedalam kebudayaan setempat dengan peperangan bangsa asing terhadap bangsa lain d. Masuknya unsur-unsur masuknya kebudayaan asing secara paksa. Suatu kebudayaan tertentu yang dihadapkan dengan unsur-unsur kebudayaan asing yang sedemikian rupa sehingga lambat laun unsur- unsur kebudayaan asing tersebut melebur kedalam kebudayaan sendiri. Indikator kesederajatan salah satunya adalah adanya persamaan derajat yang dilihat dari. Penyebaran unsur-unsur kebudayaan dari satu tempat ketempat lain b.. Pasal 18 ayat (1) d. Pasal 281ayat (2) c. Keragaman c.. a. “ Setiap orang berhak bebas dari perlakuan yang bersifat diskriminatif atas dasar apapun dan berhak mendapatkan perlindungan terhadap perlakuan yang bersifat diskriminatif itu”. tetapi tidak menyebabkan hilangnya kepribadian e. Terjadinya akulturasi d.. Kebudayaan d. Pasal 30 b. Akulturasi adalah.. Agama b. Pasal 15 5. Peradaban b. a. Pasal 27 ayat (1) e. kecuali.. Faktor-faktor terjadinya perubahan sosial budaya yang berasal dari dalam masyarakat adalah.

Tidak ada dialog antar umat beragama 10..kecuali. Kehidupan yang layak e. e. d. Kurang mengembangkan consensus di antara para anggota masyarakat tentan nilai-nilai sosial yang bersifat dasar. Semangat nasionalisme c. keragaman adalah suatu kenyataan sekaligus kekayaan dari bangsa. Semangat religious b. Secara relatif. Semangat humanism e. Mencemooh orang karena tingkat taraf hidup ( antara si kaya dan si miskin ) b. a. Secara relatif. Jabatan 9. Memliki struktur sosial yang terbagi-bagi kedalam lembaga-lembaga yang bersifat komplementer c.. Pekerjaan d. Berikut contoh sederhana perilaku merendahkan kedudukan martabat manusia adalah. sering kali terjadi konflik di antara kelompok yang satu dengan yang lainnya. integrasi sosial tumbuh di atas paksaan dan saling ketergantungan di dalam bidang ekonomi. Terjadinya segmentasi yang membuat masyarakat memiliki kebudayaan yang berbeda b. Semangat pluralisme d. a. 11.. menghormati orang lain c. Beberapa hal yang dapat dilakukan untuk memperkecil masalah yang di akibatkan oleh pengaruh negative dari keragaman. saling toleransi . c.. sifat dasar dari masyarakat majemuk yang di utarakan Van De Berghe adalah sebagi berikut: a.

. Hukum 13. bersaing b. Rumah adat d.kecuali.. d. a. menghargai pendapat orang lain e. Senjata khas e. bahasa daerah c.kecuali. timbul permusuhan antar suku b. memuji prestasi yang di dapat orang 12. menghormati d. a. Terhadap suku bangsa dari daerah lain kita harus saling . Ancaman perpecahan negara Kesatuan Republik Indonesia .. Menjauhi e. a... ekonomi d.. bermusuhan c. Memaki 14. Yang termasuk keragaman budaya di Indonesia adalah dibawah ini. Moral c. Lagu daerah 15. Persatuan dan kesatuan tidak terjamin c. Mata uang b. Sosial b. Jika kita tidak saling menghormati antar suku bangsa maka akan berakibat . Politik e. a.. Adanya pembagian sumber daya secara adil menggambarkan kesetaraan dibidang.

a. Secara vertikal penduduk majemuk dibedakan berdasarkan. kecuali…. Etnis d. Terbentuknya kelompok-kelompok yang saling besitenggang setiap kali adanya provokator 19. Persatuan c. Toleransi 20. Jika keterbukaan dan kedewasaan sikap dikesampingkan. d. Unsur-unsur keragaman masyarakat yang merupakan suatu kelompok yang menetap pada suatu wilayah adalah… a. e.. yaitu. Secara relatif intergrasi sosial tumbuh diatas paksaan dan saling ketergantungan di dalam bidang ekonomi. Saling menghormati dan menghargai suku bangsa lain maka menjalin. c. besar kemungkinan terciptamasalah-masalah yang menggoyahkan persatuan dan kesatuan bangsa. kecuali… a. Terjadinya segmentasi kedalam kelompok-kelompok yang seringkali memiliki kebudayaan yang berbeda.. Permusuhan b. Ideologi dan Politik d. Eksklusivisme d. Agama dan Keyakinan c. Diskriminatif c. d. Rasialis e. Tata Krama e. kecuali… . a. Suku Bangsa dan Ras b. Pengaruh keragaman yang benar adalah. Memiliki struktur sosial yang terbagi-bagi kedalam lembaga-lembaga yang bersifat nonkomplemeter. Memperkokoh persatuan dan kesatuan bangsa e. Adanya diskriminas 16. b. Persatuan dan kesatuan e. Disharmonisasi b. Secara relatif sering kali terjadi konflik diantara kelompok yang satu dengan yang lainnya. Perpecahan 17. Kesenjangan Sosial dan Ekonomi 18.

Faktor-faktor penyebab diskriminasi. Demoralisasi tentara dan polisi 23. Kedudukan dan Sosial Politik e. Perbedaan manusia menurut atau berdasarkan ciri fisik biologis disebut… a. yaitu…. Semangat Flurasisme b. a. Kecenderungan untuk menetapkan semua norma dan nilai budaya orang lain dengan standar budayanya sendiri disebut… a. Peperangan antar kelompok B. Pemukiman c. Stereotip b. Diskirminasi d. Semangat Eksklusivisme e. a. b. Yang bukan dari problrmatika kebudayaan adalah… a. Penghasilan b. Persaingan yang semakin ketat dalam berbagai bidang kehidupan. Krisis politik d. Agama e. Rasisme c. Etnik b. Space Goating 24. Factor psikologis & kejiwaan . Interfensi asing e. Budaya 22. Krisis ekonomi c. 1. Demo antar kelompok c. Ada beberapa hal yang dapat dilakukan untuk memperkecil masalah yang diakibatkan oleh pengaruh negative dari keragaman. Pembangunan dan perkembangan IPTEK & Dampak penyalahgunaan IPTEK pada kehidupan sosial budaya dasar. Etnosentrisme e. Perkembangan IPTEK b. a. Bahasa Daerah d. yaitu…. terutama ekonomi. Pendidikan 21. Semangat Rasialis d. Suku bangsa d. Ras c.

Alat teknologi b. Persepsi clairvoyance c. Sikap etnosentrisme 2. Kebudayaan materialis e.kecuali… a. benda & alat pengolah alam merupakan pengertian dari… a. c. Sistem ekonomi c. Kekuasaan politik e. Nilai b. Hasil cipta karya yang berwujud barang. Etos kerja c. Kebudayaan non materialis 6. Sistem budaya d. Sikap apatis masyarakat e. Keluarga d. Mempermudah Pekerjaan c. Membuat Malas Manusia d. Persepsi internalisasi 3. Kemampuan pengetahuan kegiatan individu lain pengertian dari… a. Kekayaan 5. Berikut Dampak Positif Perkembangan IPTEK. Maksud Ideologi terbuka pada perkembangan IPTEK di negara Indonesia adalah… . Persepsi sensorik b. Mempermudah Komunikasi b. Memajukan Negara 4. Persepsi telepati d. Perbedaan persepsi & sudut pandang d. Pemikiran Manusia Semakin Berkembang e. Yang bukan unsur-unsur pokok kebudayaan adalah… a. Persepsi susternalisasi e.

Menolak Segala perkembangan yang baik dan mencontoh perkembangan yang mengarah ke perpecahan e. Pesawat Terbang e. Cultural social environment d. Semua jawaban Salah 7. Physical environment b. a. Membuat zaman berkembang mengikuti negara lain d. Menerima segela Perkembangan teknologi dan pengetahuan tetapi tidak mengikuti budaya budaya yang negative b. Dibawah ini Bentuk dari Perkembangan IPTEK.kecuali… a. Out carries product e.banking c. Environmental orientation & representation 8. E . Environmental behaviour & process c. Menolak Segala perkembangan zaman c. Menunjuk pada lingkungan natural seperti temeperatur & curah hujan merupakan pengertian dari… a. Laptop d. Gadget b. Kerbau Pembajak Sawah .