You are on page 1of 13

SEL

Makalah ini ditulis untuk memenuhi tugas IPA

Disusun Oleh :
Safety Satyarini Sumarsono

XI APH 4

Jl. Margasatwa No.38 B, RT.12/RW.5, Jati Padang, Ps. Minggu, Kota
Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12540
Tahun Pelajaran 2017/2018

1

Bukan hanya kami yang diharapkan untuk lebih mengenal tentang Sel ini. Kami selaku penyusun tentu tidak sedikit hambatan yang kami rasakan dalam proses pembuatan makalah ini. tetapi juga para pembaca yang membaca makalah ini dapat bertambah wawasan ilmu pengetahuan tentang Sel. Adapun tujuan penulisan makalah ini adalah untuk memenuhi tugas Mata Pelajaran IPA pada semester 1 tahun pelajaran 2017/2018. 26 Maret 2018 Safety Satyarini Sumarsono 2 . Kami menyadari dalam makalah ini masih banyak kesalahan dan kekurangan. Dalam makalah ini. pengetahuan. Kami juga ingin berterima kasih kepada semua pihak yang telah membantu kami melewati semua hambatan itu. Kata Pengantar Puji syukur kami panjatkan kehadirat Allah SWT. kami mengharapkan kritik dan saran yang bersifat positif demi perbaikan dan kesempurnaan makalah ini di waktu yang akan datang. Hal ini disebabkan terbatasnya kemampuan. Jakarta. namun demikian banyak pula pihak yang telah membantu kami. dan pengalaman yang kami miliki. Mulai dari banyak masukan dan kritikan dari sesama anggota dalam kelompok hingga kurangnya informasi yang kurang lengkap dari beberapa sumber. kami menjelaskan mengenai IPA yaitu Sel. Dengan membuat tugas ini. kami dapat menyelesaikan makalah IPA ini dengan tepat waktu. Oleh karena itu. karena atas berkat rahmat dan hidayah-Nya. kami diharapkan mampu untuk lebih mengenal tentang Sel.

...........................1 Latar Belakang .......... Struktur sel dan fungsinya ........................................ Daftar Isi Kata Pengantar ...................................4.....................................................4 1.. Kesimpulan ....................5 2..4 1................................................12 Daftar Pustaka 3 .............. Pendahuluan .....................................................................................................2 Rumusan Masalah ...... Penutup ...................................10 Bab III.....2 Daftar Isi .......................................................................................................................................................5 2.......12 3......... Perbedaan sel hewan dengan sel tumbuhan ................................................................. Type sel .......................3.........................................4 Bab II............................................................................................................................... Pembahasan .....................1....................................................................................................................2................................3 Bab I..............................12 3..................................................................................4 1.................... Penemuan sel dan teori tentang sel ............................................................ Penutup ...............................................3 Tujuan ....................................................2..............................................1..........................................................................................................5 2...............................................................5 2.................................................

karyon=inti ) yang tidak memiliki membrane inti dan pada umumnya mahkluk hidup uniseluler 1. Dimulai dari penemuan Robert Hook dengan sel gabusnya pada tahun 1665 sampai sekarang pun masih dilakukan penelitian bahkan sudah mencapai tahap genetic. Untuk mengetahui Tipe tipe Sel. 3. Sel merupakan struktur organisme terkecil dari mahkluk hidup dan lebih sederhana dari kita bayangkan. bahkan ada yang beberapa sentimeter. Didalam ukuran sangat kecil bentuk yang bermacam-macam tersebut. sel memilki bagian-bagian sel yang memiliki fungsi masing-masing. Sel memiliki ukuran yang sangat kecil dan tak kasat mata. Untuk mengetahui apa itu Sel dan penemuan sel serta teori nya. Apa aja Struktur dan Fungsi dari Sel? 4.3 Tujuan 1. ada yang mncapai 30-40 mikron. karyon=inti ) yang memiliki membrane inti dan Prokariot ( pro=sebelum. Dalam pembagiannya sel terdiri dari Eukariot ( eu=sejati. Ada yang hanya 1- 10 mikron. Dari masa ke masa dilakukan penelitian dan penemuan tentang sel. 4 .1 Latar Belakang Sel merupakan dasar dari sebuah kehidupan. 4. Bagaimana cara membedakan Sel hewan dengan Sel tumbuhan? 1. Oleh karena itu sel di pandang dasar kehidupan mahkluk hidup. 2. Apa yang dimaksud dengan Sel ? 2. Untuk mengetahui Struktur dan fungsi dari Sel. Untuk mengetahui cara membedakan Sel hewan dengan Sel tumbuhan. Sebutkan Tipe tipe Sel? 3.2 Rumusan Masalah 1. Antar bagian sel itu melakukan interaksi dan saling ketergantungan. BAB 1 Pendahuluan 1.

b) Sel Eukariotik Merupakan sel yang memiliki nucleus yang sebenarnya atau materi genetic (DNA) yang dibungkus oleh membrane inti. 2.1 Penemuan Sel dan Teori Tentang Sel. b) Sel merupakan unit structural terkecil.2 Tipe Sel Terdapat 2 type sel yaitu : a) Sel Prokariotik Merupakan sel yeng belu memiliki nucleus atau tidak memiliki membrane inti yang memisahkan materi genetic di inti sel dengan bagian sel lainnya. Penemuan tentang sel berkembang ketika Antonie Van Leeuwenhock menjadi orang yang pertama kali melihat sel hidup dari alga spirogyra dan bakteri dengan menggunakan mikroskop pada tahun 1674. Berdasarkan hasil penemuan penemuan para ilmuwan. Sel pertama kali ditemukan oleh seorang ilmuwan dari Inggris yang bernama Robert Hooke pada tahun 1665. dapat disimpulkan hal hal berikut : a) Semua mahkluk hidup terdiri atas sel sel. d) Semua sel berasal dari sel sebelumnya.3 Struktur Sel dan Fungsinya Adapun struktur sel dan fungsinya : a) Membran Sel (Membran Plasma) 5 . e) Sel merupakan unit hereditas. c) Sel merupakan unit fungsional. 2. BAB 2 PEMBAHASAN 2.

c) Sitoplasma 6 . berdiameter 5. » Sebagai pelindung agar isi sel tidak keluar. Membran sel merupakan lapisan tipis dengan ketebalan sekitar 8 nm yang membatasi isi sel dengan lingkungan di sekitar. b) Nucleus (inti sel) Nucleus merupakan bagian yang paling penting bagi sel. Fungsi membrane sel : » Mengontrol masuk dan keluar nya zat dari atau ke dalam sel. Fungsi nucleus yaitu : » Mengontrol sintesis protein dengan cara menyintesis m-RNA sesuai dengan perintah DNA. dan diselubungi membrane ganda yang dipisahkan oleh ruangan sekitar 20-40nm. » Sebagai reseptor dari luar sel. » Mengendalikan proses metabolism sel. » Menyimpan informasi genetic berupa DNA. » Tempat penggandaan (Replikasi) DNA.

e) Reticulum Endoplasma (RE) 7 . Ribosom terikat menyintesis protein yang akan dimasukkan kedalam membrane RE. » Tempat terjadinya reaksi metabolism sel. ribosom bebas menyintesis protein yang akan berfungsi di dalam sitosol seperti enzim metabolism. di luar inti sel. » Memungkinkan terjadinya pergerakan organel sel oleh aliran sitoplasma. » Ribosom terikat. d) Ribosom Ribosom berbentuk buliran kecil dengan diameter sekitar 20-22nm. tersuspensi di dalam sitosol. Fungsi sitoplasma ialah : » Tempat organel sel dan sitoskleteton. sekresi protein. menempel pada reticulum endoplasma (RE). » Menyimpan molekul molekul organic. Ribosom terbagi menjadi 2 : » Ribosom bebas. Sitoplasma adalah cairan sel yang terletak di dalam sel. serta pembungkusan pada organel tertentu pada lisosom. dan organel sel.

Merupakan membrane berbentuk labirin yang berhubungan dengan selubung inti sel. fungsi badan golgi yaitu » Berperan dalam sekresi atau membentuk vesikula yang berisi enzim untuk sekresi » Membuat makromolekul seperti polisakarida dan asam hialuronat » Membentuk akrosom pada spermatozoa yang berisi enzim pemecah selubung sel telur » Membentuk membran plasma dari vesikula vesikula yang dilepaskan 8 . berperan membentuk fosfolipid membrannya sendiri dan sintesis protein sekretori. f) Badan Golgi (Aparatus Golgi) Badan golgi berperan sebagai pusat produksi pergudangan penyortiran dan pengiriman produk sel. » Reticulum Endoplasma kasar (bergranula). metabolism karbohidrat dan menetralisir racun. Reticulum Endoplasma (RE) dibedakan menjadi 2 jenis : » Reticulum Endoplsma halus (tidak bergranula) berperan dalam proses sintesis lipid (fosfolipid dan sterol).

Glioksisom berfungsi untuk menghasilkan enzim yang dapat 9 . » Di dalam sel hati peroksisom menetralisir racun alkohol dan senyawa berbahaya lainnya. Adapun fungsi lisosom ialah : » Berperan pada pencernaan intrasel » Berperan pada proses fagositosis dengan cara menelan dan mencerna partikel yang lebih kecil seperti yang dilakukan oleh organisme uniseluler misalnya amoeba » Autofag atau menelan dan mendaur ulang organel yang rusak » Autolisis atau perusakan sel sendiri dengan cara membebaskan semua isi lisosom h) Peroksisom Peroksisom merupakan organel yang menyerupai kantong berbentuk agak bulat mengandung butiran kristal dan diselubungi membran tunggal. Fungsi peroksisom yaitu : » Penghasil enzim oksidase dan katalase » Memecah asam lemak menjadi molekul kecil sebagai bahan bakar untuk respirasi sel. » Membentuk dinding sel pada tumbuhan g) Lisosom Lisosom merupakan organel kecil yang berbentuk seperti kantong atau vesikel yang diselubungi membran tunggal. i) Glioksisom Glioksisom adalah sejenis peroksisom yang ditemukan pada jaringan penyimpanan lemak dari biji tumbuhan.

j) Mitokondria Mitokondria merupakan organel berbentuk silinder dan diselubungi dua membran yaitu membran luar dan membran dalam. » Tempat pembuangan akumulasi produk sampingan hasil metabolisme yang berbahaya. Plastida dibedakan menjadi 3 yaitu : » Leukoplas merupakan plastida yang berwarna putih atau tidak berwarna. Vakuola pada sel tumbuhan berfungsi sebagai berikut yaitu : » Menyimpan gas senyawa-senyawa organik dan ion anorganik. » Kromoplas merupakan plastida yang mengandung pigmen selain klorofil. Hal ini dapat melindungi tumbuhan dari gangguan pemangsa. m) Sentrosom dan sentriol 10 . Mitrokondria disebut organel semi otonom karena memiliki DNA yang dapat mengatur sintesis protein yang dilakukan oleh ribosom di dalam organel tersebut. yang akan digunakan sebagai sumber energi pada saat biji sedang berkecambah. » Menyerap air sehingga sel menjadi lebih besar. » Menyimpan senyawa beracun atau aroma tidak sedap. l) Vakuola Vakuola adalah organel berbentuk vesikula besar yang berisi cairan dan diselubungi membran tunggal. kuning dan ungu. Misalnya warna merah. mengubah asam lemak menjadi gula. » Tempat penyimpanan pigmen daun buah dan bunga. » Kloroplas merupakan plastida berbentuk seperti lensa yang mengandung pigmen hijau atau klorofil. Mitokondria berperan dalam respirasi sel atau metabolisme energi di dalam sel yang dapat menghasilkan ATP. k) Plastida Plastida adalah organel penyimpan materi yang diselubungi oleh membran ganda.

o) Dinding sel Pada dinding sel terdapat noktah atau bagian dinding yang tidak menebal. mikrofilamen. Fungsi dinding sel yaitu » Melindungi sel » Mempertahankan bentuk sel » Mencegah penyerapan air yang berlebihan 2. Sentrosom merupakan organel tempat tumbuhnya mikrotubul yang terletak di dekat nukleus. Berdasarkan ukurannya sitoskeleton dibedakan menjadi 3 yaitu mikrotubula. Bagian dan Organel Sel Sel Hewan Sel Tumbuhan 1. sehingga memungkinkan terjadinya hubungan antara plasma sel yang berbentuk juluran disebut plasmodesmata. n) Sitoskeleton Sitoskeleton merupakan kerangka sel yang kuat dan lentur berupa jalinan serabut yang tersebar di seluruh sitoplasma. Plastida Tidak ada Ada 4. dan filamen intermediet.4 Perbedaan sel hewan dengan sel tumbuhan No. Sentriol di dalam sentrosom Ada Tidak ada 11 . Dinding Sel Tidak ada Ada. bersifat kaku 2. Sitoskeleton berfungsi untuk menyokong dan mempertahankan bentuk sel. Vakuola Berukuran kecil Berukuran besar 3. serta berperan sebagai tempat bertambahnya beberapa organel sel.

12 .atau bahkan sistem saraf bersama- sama dengan sistem endokrin mengontrol aktivitas organ atau jaringan tubuh.Struktur sel dan fungsi-fungsinya secara menakjubkan hampir serupa untuk semua organisme.Semua fungsi kehidupan diatur dan berlangsung di dalam sel. Penulis banyak berharap kepada para pembaca yang budiman memberikan kritik saran yang membangun kepada kami demi sempurnanya makalah ini. osmoregulasi.1 Penutup Demikianlah yang dapat kami sampaikan mengenai materi yang menjadi bahasan dalam makalah ini. sehingga unsur-unsur saraf dan endokrin sering dianggap menyusun sistem neuroendokrin. Jaringan komunikasi antara satu sel dengan yang lain menghasilkan suatu koordinasi untuk mengatur pertumbuhan. 3. Semoga makalah ini dapat bermanfaat bagi penulis para pembaca khusus pada penulis. BAB 3 PENUTUP 3. dan lain-lain pada berbagai jaringan maupun organ.2 Kesimpulan Sel merupakan unit terkecil yang menjadi dasar kehidupan dalam arti biologis. juga dilakukan oleh sistem endokrin.kedua sistem ini saling mengisi secara fungsional yang demikian luar biasa. sel dapat berfungsi secara autonom asalkan seluruh kebutuhan hidupnya terpenuhi. reproduksi. Sel-sel prokariota beradaptasi dengan kehidupan uniselular sedangkan sel-sel eukariota beradaptasi untuk hidup saling bekerja sama dalam organisasi yang sangat rapi. tentunya banyak kekurangan dan kelemahan kerena terbatasnya pengetahuan kurangnya rujukan atau referensi yang kami peroleh hubungannya dengan makalah ini.sistem komunikasi ini selain dilakukan oleh sistem saraf. Karena itulah. namun jalur evolusi yang ditempuh oleh masing-masing golongan besar organisme (Regnum) juga memiliki kekhususan sendiri-sendiri.

academia.co.html https://www.blogspot. 13 .id/2013/01/makalah-tentang-sel.blogspot.id/2015/03/v-behaviorurldefaultvmlo_13.html Buku Siswa BIOLOGI SMA/MA Kelas XI penerbit ERLANGGA Kurikulum 2013.edu/9385289/TUGAS_MAKALAH_TENTANG_SEL?auto=downloa d http://syarieldiputra. DAFTAR PUSTAKA http://iraarizkyani63.co.