You are on page 1of 10

PENDAFTARAN

Nomor :
No.Revisi :
SOP Tgl.Diberlakukan :
Halaman :1/7
UPT Puskesmas Tambun
A.Pengertian Suatu tempat pelayanan bagi masyarakat/pasien yang memerlukan pelayanan
kesehatan di PuskesmasTambun
B. Tujuan Untuk memberikan jasa pelayanan awal sebelum pasien mendapat tindakan medis
dan sebagai tempat penyimpanan data pasien dalam bentuk kartu status rekam medis
dan data pasien dalam Pcare dan Sikda
C. Kebijakan SK Kepala Puskesmas tentang krbijakan pelayanan klinis UPT Puskesmas Tambun
D. Referensi 1. Permenkes 1691 tahun 2011 tentang keselamatan pasien
2. Permenkes 659 tahun 2009 tentang RS kelas dunia
E Langkah- 1. Pasien datang ke Puskesmas dan mengambil nomor antrian kecuali kasus
langkah/ kegawat daruratan bias langsungke IGD
Prosedur 2. Petugas menyapa pasien dengan senyum dan mempersilahkan pasien untuk
duduk
3. Pasien di panggil sesuai dengan nomor urut antrian
4. Petugasdenganramahmenanyakanmaksudkedatanganpasien
(menanyakanmauberobatke BP Umum,BPGigi,KIA,Laboratoriumdll)
a. Untukpasien yang belum punya kartu Berobat dan sering berobat
dibuatkan kartu Berobat dan membuat Status Rawat Jalan kemudian
petugas mencatat kekertas resep (nama, umur, alamat dan nomor kartu
BPJS bagi pasien BPJS) baru kemudian memasukan kebuku register dan
memasukan data ke SIMPUS (Entri data) danbagipasien BPJS
memasukan data kePcare BPJS
b. UntukPasien yang membawa Kartu Berobat petugas mencari dibuku
Register Surat Rawat Jalan
c. Untuk Pasien yang sudah memiliki Kartu Berobat : Petugas mencarikan
rekam medis Pasien Lemari arsip sesuai nomor index kartu Pasien,
kemudian petugas mencatat kekertas resep (nama, umur,alamat dan
nomor BPJS bagi pasien BPJS). Baru kemudian memasukan kebuku
register serta memasukan data ke PCARE (Entri data) dan bagi pasien

1

7. nomor NIK/KK. Petugas Loket menyimpan kembali Status Pasien Rawat Jalan keLemari Arsip sesuai dengan Nomor Index. . Petugas Loket mengambil Status Rawat Jalan keruang periksa / pelayanan masing-masing setelah selesai pelayanan dan administrasi di ruangperiksa / pelayanan bersangkutan. menunggu panggilan petugas pelayanan yang dituju. BPJS memasukan data kePcare BPJS d. yang sudah disediakan yang berisikan No Urut. Kunjungan lama/baru. Alamat.diagnosa(diisiolehpetugas) dan tandatangan sebagai Bukti Kunjungan Pasien f. Umur. KIA. Petugas menyerahkan kartu Berobat kepada pasien dan mempersilahkan menunggu di ruang tunggu pelayanan yang dituju ( PoliUmum. nama Pasien. Pasien menunggu panggilan di ruang tunggu. Poli Gigi atau lainnya ) 6. Untuk Pasien Gratis (untuk masyarakat Kecamatan Tambun yang memiliki KTP dan KK) Petugas meminta pasien menunjukan KTP/KK kemudian pasien di minta untuk mengisi formulir laporan penerimaan rawat jalan masyarakat Kecamatan Tambun. Petugas Loket mencocokkan jumlah kunjungan dengan status yang kembali. 9. Untuk pasien BPJS Petugas meminta pasien menunjukkan Kartu BPJS 5. 2 . Kemudian petugas BP memanngil serta menerima pasien dan melaksanakan pelayanan sesuai protap / standar pelayanan yang berlaku. 8. Untuk PasienUmum (bayar) Petugas menarik retribusi sesuai Perda yang berlaku di loket pembayaran e.

mencari rekam medis Meminta kartu penaftaran tida k Kepoli Tujuan: Bawa kartu 1. Unit Terkait 1. BP Gigi Ya Memasukan Data ke SIMPUS (Entry Data) Mencari rekam medik G. BP Dewasa pendaftaran 2. BP KIA 3. Bagan alir Pasien mengambil nomor antrian Pasiendipang gilsesuainom orurut Petugas menanyakan maksud Membuat kedatangan Membuat kartu rekam medis pendaftaran pasien baru pasien tidak Pernah Mencari buku berkunjung register kartu sebelumnya pendaftaran Buku register Ya baru . Kepalapuskesmas 3 .F.

Pemegang program 4. Pelaksanaruangan 5. Penanggungjawabruangan 3. Pelaksana program H. No Halaman Yang dirubah Perubahan 4 . RekamanHistoris: DiberlakukanTgl. 2.

DAFTAR HADIR PETUGAS DALAM RANGKA SOSIALISASI SOP PENDAFTARAN DI PUSKESMAS TAMBUN NO NAMA JABATAN TANDA TANGAN 5 .

PEMERINTAH KABUPATEN PANDEGLANG DINAS KESEHATAN PUSKESMAS TAMBU Pendaftaran 6 .

7 .

BP Dewasa 8 2.mencarireka mmedis Memintakartu penaftaran tida k Bawakartupend Ke poli tujuan : aftaran 1. BP KIA 3. BP Gigi . Pasienmengambilnom Pasiendipangg orantrian ilsesuainomor urut Petugasmenany akanmaksudke datangan Membuatreka Membuatkartu mmedispasien pendaftaranpa baru sien tidak Pernahberkunju Mencaribuku ngsebelumnya register kartupendaftaran Buku register Ya baru .

umur.BP Gigi. Petugas menyapa pasien dengan senyum dan mempersilahkan pasien untuk duduk 3. Petugas dengan ramah menanyakan maksud kedatangan pasien (menanyakan mau berobat ke BP Umum. Untuk Pasien yang sudah memiliki Kartu Berobat : Petugas mencarikan rekam medis Pasien Lemari arsip sesuai nomor index kartu Pasien . baru kemudian memasukan ke buku register serta memasukan data ke PCARE (Entri data) dan bagi pasien BPJS memasukan data ke Pcare BPJS i. umur. Pasien di panggil sesuai dengan nomor urut antrian 4.Laboratorium dll) Untuk pasien yang belum punya kartu Berobat dan sering berobat dibuatkan kartu Berobat dan membuat Status Rawat Jalan kemudian petugas mencatat ke kertas resep(nama.alamat dan nomor BPJS bagi pasien BPJS). Untuk Pasien yang membawa Kartu Berobat petugas mencari dibuku Register Surat Rawat Jalan h.Revisi : Tgl. alamat dan nomor kartu BPJS bagi pasien BPJS) baru kemudian memasukankebuku register dan memasukan data ke SIMPUS (Entri data) dan bagi pasien BPJS memasukan data ke Pcare BPJS g. Pasien mengambil nomor antrian kecuali kasus kegawatdaruratan bisa langsung ke IGD 2. PENDAFTARAN Nomor : Terbitke : No. Untuk Pasien Umum (bayar) Petugas menarik retribusi sesuai 9 .Diberlaku : Halaman : 6 dari 7 UPT Puskesmas Tambun Ahmad Hidayat DAFTAR TILIK Unit : Nama Petugas : TanggalPelaksanaan : NO YA TIDAK TB 1.KIA. kemudian petugas mencatat ke kertas resep (nama.

Untuk pasien BPJS Petugas meminta pasien menunjukkan Kartu BPJS 5. Alamat. nomor NIK/KK .yang sudah disediakan yang berisikan No Urut. Umur. Pasien menunggu panggilan di ruang tunggu. nama Pasien . 8. Petugas Loket mengambil Status Rawat Jalan ke ruang periksa / pelayanan masing-masing setelah selesai pelayanan dan administrasi di ruang periksa / pelayanan bersangkutan. KIA. menunggu panggilan petugas pelayanan yang dituju. Untuk Pasien Gratis (untuk masyarakat Kecamatan Tambun yang memiliki KTP dan KK) Petugas meminta pasien menunjukan KTP/KK kemudian pasien di minta untuk mengisi formulir laporan penerimaan rawat jalan masyarakat Kecamatan Tambun. Tambun. Kemudian petugas BP memanngil serta menerima pasien dan melaksanakan pelayanan sesuai protap / standar pelayanan yang berlaku. Kunjungan lama/baru. Petugas Loket mencocokkan jumlah kunjungan dengan status yang kembali. 7. . Petugas menyerahkan kartu Berobat kepada pasien dan mempersilahkan menunggu di ruang tunggu pelayanan yang dituju ( Poli Umum.…………… Pelaksana/ Auditor (………………………………) 10 . Perda yang berlaku di loketpembayaran j. Poli Gigi atau lainnya ) 6.diagnosa(diisi oleh petugas) dan tanda tangan sebagai Bukti Kunjungan Pasien k.