You are on page 1of 4

Penugasan 1 : Konsep Belajar

Setelah anda melihat video, mengetahui thinking style dan learning style dan mengikuti kuliah
pada pertemuan I s.d III , baca dan perhatikan penugasan yang diberikan di bawah ini dan ketik
jawaban anda pada kotak yang telah disediakan.

Setelah anda selesai mengerjakan tugas yang diberikan, tuliskan nama anda, kelas dan
no.NIM anda, kemudian serahkan tugas ini kepada koordinator mata kuliah sesuai waktu yang
telah ditetapkan.

Buatlah jawaban mengenai hal-hal berikut ini

1. Apa yang anda mengerti tentang proses belajar yang akan anda alami di AKPER Panti
Rapih?
2. Bagaimana anda mencapainya, apa kekuatan dan kelemahan yang mungkin akan anda
jumpai?
3. Gambarkan seperti apa cara belajar anda di semester satu ini?
4. Bagaimana anda mengatasi kendala itu dengan kekuatan dan potensi yang anda miliki.
5. Bagaimana anda menggunakan thinking style dan learning style anda agar anda dapat
sukses dalam proses belajar anda ?

Dalam penerapannya karena saya sudah menjadi mahasiswa maka saya akan menghadapi sistem belajar Andragogi. Sopan. Kekuatan yang mungkin saya jumpai untuk mencapai proses belajar tersebut adalah teman-teman di lingkungan yang membuat saya untuk lebih semangat dalam belajar. Menjadikan proses kesadaran sebagai proses ketidaksadaran yang dimaksud yaitu di AKPER Panti Rapih terdapat kebiasaan yang biasa disebut dengan 7S1P ( Senyum. Latihan yang dimaksud disini yaitu adanya penyempurnaan potensi tenaga dengan mengulang aktivitas tertentu yaitu mahasiswa di AKPER Panti Rapih dituntut untuk mengerjakan dan mengumpulkan setiap tugas dengan lebih disiplin. 2. niat dan keinginan saya untuk lulus tepat waktu dengan memperoleh hasil yang memuaskan dan sesuai target. Menurut saya hal yang bisa saya lakukan agar saya dapat mencapai proses belajar tersebut yaitu saya akan mengerjakan segala bentuk penugasan yang diberikan oleh bapak maupun ibu dosen dengan disiplin tanpa menunda-nundanya. Santun. selama mengikuti proses pembelajaran di kelas tersebut maka saya mendapatkan banyak ilmu pengetahuan baru yang awalnya saya tidak tahu tetapi setelah mengikuti proses pembelajaran tersebut saya menjadi tahu. akan tetapi dengan adanya pengulangan aktivitas dengan mengerjakan tugas terus menerus maka akan semakin membuat potensi yang ada di dalam diri kita menjadi lebih baik. Salam. kakak tingkat. Menurut saya proses belajar yang akan saya alami AKPER Panti Rapih ini adalah proses belajar yang terdapat adanya latihan dan menambah / memperoleh tingkah laku baru. bapak maupun ibu dosen yang mengajar materi tersebut . Sportif dan Positive Thinking). Semangat. awalnya memang susah bagi yang belum terbiasa. Menambah/memperoleh tingkah laku baru yang dimaksud yaitu di AKPER Panti Rapih saya mengikuti proses pembelajaran di kelas . Apabila saya mengalami kesulitan dalam pengerjaan tugasnya maka saya akan bertanya kepada teman. potensi yang saya miliki untuk mencapai .Nama dan Nim Nama :Agata Della Fatma Wati NIM : 201711005 Nilai : 1. awalnya saya menerapkan hal tersebut kalau saya sedang mengingatnya namun apabila saya melakukannya terus menerus maka lama- kelamaan ketika saya menjumpai orang lain secara otomatis saya akan langsung menerapkan 7S1P. Sapa.

memperhatikan. 5. Pada waktu akan tes maka saya tidak akan belajar kebut semalam karena saya akan belajar jauh-jauh hari. kadang kurang paham sama materi yang diberikan oleh bapak maupun ibu dosen. bapak maupun ibu dosen sesuai dengan etika yang baik dan benar. ciri-ciri yang ada pada diri saya hampir semua terdapat pada gaya berpikir sekuensial konkret . Dalam learning style . dan berpadu dengan gaya Kinestia dan Visual. 4. dominasi gaya belajar saya yaitu auditorial. Mengulangi sekilas tentang materi yang disampaikan waktu di kampus. Gaya belajar auditorial sesuai dengan gaya belajar yang saya jalani saat ini. apabila mengalami kesulitan dalam proses pengerjaannya maka saya akan bertanya kepada teman. Dalam thinking style. bagi saya untuk mengatasi masalah tersebut saya akan memilih waktu belajar di pagi hari sekitar pukul 3 pagi. Suka berbicara. bapak maupun ibu dosen. Kelemahan yang mungkin saya jumpai selama proses belajar tersebut yaitu rasa kurang semangat dan malas kadang masih saya rasakan selama mengerjakan tugas. mendengarkan. mencatat materi yang diberikan oleh bapak maupun ibu dosen. Selain itu ciri-ciri yang lain sudah bisa saya atasi dan saya akan terus mengoptimalkannya. sebelumnya saya sudah membaca tentang materi yang di upload di e-learning dan ketika saya membaca dari semua ciri- ciri gaya berpikir yang ada . Dan ternyata benar ketika saya melakukan tes di kampus ternyata . mendapatkan pekerjaan sesuai dengan target dan membahagiakan orangtua. Mempunyai masalah dengan pekerjaan yang melibatkan visualisasi. Dalam proses mengerjakan tugas maka saya akan langsung mengerjakan tugas nya hari itu juga tanpa menunda-nundanya lagi. sebelum saya melakukan tes gaya berpikir . bagi saya untuk mengatasi masalah tersebut maka saya akan meminta bantuan orang lain yang lebih berkompeten dalam hal tersebut untuk membantu saya. Apabila sedang mengerjakan tugas secara berkelompok maka akan aktif mengeluarkan pendapat saya. diantara ciri-ciri gaya belajar auditorial ada beberapa hal yang kadang menghambat saya dalam belajar yaitu ketika sedang belajar mudah terganggu dengan keributan . 3. saya bergaya berpikir sekuensial konkrit. Cara belajar saya di semester satu ini yaitu apabila saya sedang mengikuti proses belajar di sekolahan maka saya akan duduk di bangku paling depan. berdiskusi panjang lebar. Saya mengatasi kendala dalam belajar dengan apabila semangat saya berkurang saat saya sedang proses belajar di kampus ataupun di rumah maka saya akan memotivasi diri saya sendiri dengan mengingat-ingat niat dan tujuan saya belajar di AKPER Panti Rapih yaitu lulus tepat waktu dengan mendapatkan hasil yang memuaskan .hasil yang terbaik. bagi saya untuk mengingat materi pelajaran dengan baik kadang saya akan lebih suka menjelaskan apa yang saya pahami kepada teman yang lain. Apabila saya kurang paham dengan materi yang diberikan oleh bapak maupun ibu dosen dengan keberanian yang saya miliki maka saya akan langsung bertanya kepada teman.

......... Saya akan mengoptimalkan gaya berpikir saya tersebut supaya dapat sukses dalam proses belajar yang sedang berlangsung...................................) ... Nama & Tanda tangan evaluator : (..gaya berpikir saya memang dominan yang sekensial konkret......