You are on page 1of 11

KATA PENGANTAR

Puji syukur penulis ucapkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa yang telah melimpahkan
rahmat serta karunia-Nya kepada penulis sehingga penulis dapat menyelesaikan tugas
makalah “Diabetes Melitis Tipe 2”.
Penulis mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu penulis
sehingga penulisan makalah ini dapat diselesaikan.
Akhir kata semoga makalah ini dapat berguna untuk pembaca. Namun, makalah ini
masih banyak kekurangan. Hal ini disebabkan karena keterbatasan pengetahuan yang penulis
miliki, oleh karena itu penulis mengharapkan kritik dan saran terhadap makalah ini.

Padang, Oktober 2017

Penulis

i

......................................1 B...................3 C..........................................3 B..............2 BAB II DIABETES MELITUS TIPE 2.................................................2 C........................................................................................... Definisi Diabetes Mellitus Tipe II...........................1 A........................ LATAR BELAKANG.................................. KESIMPULAN............................................................i DAFTAR ISI................................................... RUMUSAN MASALAH.............5 BAB III PENUTUP............ TUJUAN..............................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................3 A........................................................ii BAB I PENDAHULUAN...............7 DAFTAR PUSTAKA ii ....................................4 D................................................................................................................. DAFTAR ISI KATA PENGANTAR.......... Tanda dan gejala Diabetes Mellitus Tipe II......... Penyebab Diabetes Mellitus Tipe II...................................................................... Diit bagi pasien Diabetes Mellitus Tipe II.................................7 A................................................................................

iii .

4. kebiasaan merokok. gangguan pembuluh darah. menunjukan prevalensi DM di Indonesia membesar sampai 57%. Hasil Riset Kesehatan Dasar pada tahun 2008. luka sulit sembuh dan membusuk/gangren.8Diabetes Mellitus disebut dengan the silent killer karena penyakit ini dapat mengenai semua organ tubuh dan menimbulkan berbagai macam keluhan. penderita DM yang sudah parah menjalani amputasi 1 . Pada tahun 2011 Indonesia menduduki peringkat kesepuluh dunia dengan jumlah penderita diabetes melitus tipe II sebanyak 6. International Diabetes Federation(IDF) menyebutkan bahwa prevalensi Diabetes Melitus di dunia adalah 1. terdapat 382 juta orang di dunia menderita diabetes melitus tipe II dengan kematian mencapai 4. Hal ini menggambarkan bahwa penyakit diabetes melitus tipe II merupakan masalah yang serius dan berdampak negatif terhadap kualitas hidup (PERKENI. Berdasarkan data International Diabetes Federation (IDF) tahun 2013. katarak. stroke dan sebagainya. dan faktor genetik yang kedua adalah faktor risiko yang dapat diubah misalnya kebiasaan merokok tingkat pendidikan. konsumsi alkohol. PERKENI. 2012). lingkar pinggang dan umur. 2005. 2011). pekerjaan. Tingginya prevalensi Diabetes Melitus tipe 2disebabkan oleh faktor risiko yang tidak dapat berubah misalnya jenis kelamin. aktivitas fisik. BAB I PENDAHULUAN BAB 1 : LATAR BELAKANG Diabetes melitus tipe II merupakan penyakit metabolik dengan karakteristik hiperglikemia dimana penyakit ini dapat menimbulkan gangguan ke organ-organ tubuh lainnya karena terjadi defisiensi insulin atau kinerja insulin yang kurang adekuat untuk mempertahankan glukosa plasma yang normal (Dipiro et al. penyakit jantung.9% dan telah menjadikan DM sebagai penyebab kematian urutan ke tujuh di dunia sedangkan tahun 2012 angka kejadian diabetes me litus didunia adalah sebanyak 371 juta jiwa dimana proporsi kejadian diabetes melitus tipe 2 adalah 95% dari populasi dunia yang menderita diabetes mellitus. Penyakit yang akan ditimbulkan antara lain gangguan penglihatan mata. sakit ginjal. Indeks Masa Tubuh. 2011).6 juta orang. infeksi paru-paru. umur. Tidak jarang. impotensi seksual.6 juta orang dengan penderita terbanyak pada rentang usia 45-65 tahun dan sebagian besar mengalami obesitas. Sekitar 90% dari populasi dunia penderita diabetes melitus menderita diabetes melitus tipe II (Centers for Disease Control.6 juta orang dan pada tahun 2030 diproyeksikan menempati posisi ke-9 dengan perkiraan sebanyak 10.

Untuk menurunkan kejadian dan keparahan dari Diabetes Melitus tipe 2 maka dilakukan pencegahan seperti modifikasi gaya hidup dan pengobatan seperti obat oral hiperglikemik dan insulin . BAB 2 : RUMUSAN MASALAH 1. Apa pengertian Diabetes Melitus Tipe 2 ? 2. Diketahuinya diit bagi penderita Diabetes Melitus Tipe 2 ? BAB II DIABETES MELITUS TIPE 2 2 . Diketahuinya penyebab dari Diabetes Melitus Tipe 2 ? 3. Diketahuinya pengertian Diabetes Melitus Tipe 2 ? 2. Bagaimana diit bagi penderita Diabetes Melitus Tipe 2 ? BAB 3 : TUJUAN 1.anggota tubuh karena terjadi pembusukan. Apa saja tanda dan gejala Diabetes Melitus Tipe 2? 4. Diketahuinya tanda dan gejala Diabetes Melitus Tipe 2? 4. Apa penyebab dari Diabetes melitus Tipe 2 ? 3.

tetapi lebih disebabkan jumlah konsumsi yang terlalu banyak. Usia Umumnya penderita DM tipe II mengalami perubahan fisiologi yang secara drastis. 2. BAB 5 : Penyebab Diabetes Mellitus Tipe II Beberapa faktor yang diketahui dapat mempengaruhi DM tipe II antara lain: 1. Sekitar 80% pasien DM tipe II adalah mereka yang tergolong gemuk. Penurunan berat badan Penurunan berat badan yang berlangsung dalam waktu relatif singkat harus menimbulkan kecurigaan. Hal ini disebabkan glukosa dalam darah tidak dapat 3 . maka diabetes mellitus tipe II dianggap sebagai non insulin Dependent Diabetes Mellitus (NIDDM). Tetapi gula dan lemak berbahaya bagj mereka yang beresiko mengidap penyakit DM tipe II. BAB 4 : Definisi Diabetes Mellitus Tipe II Diabetes Mellitus (DM) Tipe II merupakan penyakit hiperglikemi akibat insensivitas sel terhadap insulin. Pola makan yang salah Pada penderita DM tipe II terjadi obesitas (gemuk berlebihan) yang dapat mengakibatkan gangguan kerja insulin (resistensi insulin). karena gen yang mengakibatkan tubuh tak dapat menghasilkan insulin dengan baik. Kadar insulin mungkin sedikit menurun atau berada dalam rentang normal. 2009): 1. BAB 7 : Tanda dan gejala Diabetes Mellitus Tipe II Beberapa tanda dan gejala yang perlu mendapat perhatian ialah (Agustina. DM tipe II sering muncul setelah usia 30 tahun ke atas dan pada mereka yang berat badannya berlebihan sehingga tubuhnya tidak peka terhadap insulin. 3. Karena insulin tetap di hasilkan oleh sel-sel beta pankreas. BAB 6 : Gaya hidup stress Stres kronis cenderung membuat seseorang makan makanan yang manis- manis untuk meningkatkan kadar lemak seretonin otak. Kelainan genetik Diabetes dapat menurun menurut silsilah keluarga yang mengidap diabetes. sehingga cadangan gula darah yang disimpan didalam tubuh sangat berlebihan. Obesitas bukan karena makanan yang manis atau kaya lemak. Seretonin ini mempunyai efek penenang sementara untuk meredakan stresnya.

sumber tenaga terpaksa diambil dari cadangan lain yaitu sel lemak dan otot. Banyak minum Rasa haus sering dialami oleh penderita karena banyaknya cairan yang keluar melalui kencing. 2. Keadaan ini justru sering disalah tafsirkan. setelah dimetabolisme menjadi glukosa dalam darah tidak seluruhnya dapat dimanfaatkan. c. keputihan dan gatal merupakan keluhan yang sering ditemukan dan kadang-kadang merupakan satu-satunya gejala yang dirasakan. Kencing yang sering dan dalam jumlah banyak akan sangat mengganggu penderita. Dikira sebab rasa haus ialah udara yang panas atau beban kerja yang berat. penderita selalu merasa lapar. sehingga sel kekurangan bahan bakar untuk menghasilkan tenaga. Banyak kencing Karena sifatnya. Keluhan lain: 1. dengan cara: 4 . Keputihan Pada wanita. Akibatnya penderita kehilangan jaringan lemak dan otot sehingga menjadi kurus. Banyak makan Kalori dari makanan yang dimakan. biasanya terjadi di daerah kemaluan atau daerah lipatan kulit seperti ketiak dan di bawah payudara. 2. Untuk menghilangkan rasa haus itu penderita minum banyak. kadar glukosa darah yang tinggi akan menyebabkan banyak kencing. sehingga mengganggu tidur. Sering pula dikeluhkan timbulnya bisul dan luka yang lama sembuhnya. Gangguan penglihatan Pada fase awal penyakit Diabetes sering dijumpai gangguan penglihatan yang mendorong penderita untuk mengganti kacamatanya berulang kali agar ia tetap dapat melihat dengan baik. masuk ke dalam sel. Untuk kelangsungan hidup. Gangguan saraf tepi / Kesemutan Penderita mengeluh rasa sakit atau kesemutan terutama pada kaki di waktu malam. Gatal / Bisul Kelainan kulit berupa gatal. BAB 8 : Diit bagi pasien Diabetes Mellitus Tipe II Tujuan diet penyakit diabetes mellitus adalah membantu pasien memperbaiki kebiasan makan dan olahraga untuk mendapatkan kontrol metabolik yang lebih baik. terutama pada waktu malam hari. 3. Luka ini dapat timbul akibat hal yang sepele seperti luka lecet karena sepatu atau tertusuk peniti. 3.

kentang. telur asin. dan dibakar Bahan makanan yang tidak dianjurkan: 1.1. cake. ubi dan sagu 2. jeli. Mempertahankan kadar glukosa darah supaya mendekati normal dengan menyeimbangkan asupan makanan dengan insulin. Meningkatkan derajat kesehatan secara keseluruhan melalui gizi yang optimal Bahan makanan yang dianjurkan: 1. Makanan terutama diolah dengan cara dipanggang. Mengandung banyak gula sederhana. seperti: 2. minuman botol ringan. roti. Sirup. komplikasi jangka pendek. seperti cake. direbus. dan kacang-kacangan 3. serta masalah yang berhubungan dengan latihan jasmani 5. tahu. makanan yang diawetkan 5 . Mengandung banyak lemak. Sumber karbohidrat kompleks. buah-buahan yang diawetkan dengan gula. Memberi cukup energi untuk mempertahnkan atau mencapai berat badan normal 4. 2. seperti ikan asin. dan tar. makanan siap saji. Mencapai dan mempertahankan kadar lipida serum normal 3. seperti ikan. Menghindari atau menangani komplikasi akut pasien yang menggunakan insulin seperti hipoglikemia. disetup. dan jangka lama. Sumber protein rendah lemak. dan es krim 4. susu skim. susu kental manis. Sumber lemak dalam jumlah terbatas yaitu bentuk makanan yang mudah dicerna. tempe. seperti nasi. Gula pasir dan gula jawa 3. 5. singkong. jam. Kue-kue manis. dikukus. dengan obat penurun glukosa dan aktivitas fisik. ayam tanpa kulit. dodol. Mengandung banyak natrium. goreng-gorengan 6. mie.

BAB III PENUTUP BAB 9 : KESIMPULAN 1. Diabetes Mellitus (DM) Tipe II merupakan penyakit hiperglikemi akibat insensivitas sel terhadap insulin. Beberapa faktor yang diketahui dapat mempengaruhi DM tipe II antara lain: 6 . 2.

Makassar. Program Studi Ilmu Gizi . 7 . Banyak minum d. Beberapa tanda dan gejala yang perlu mendapat perhatian ialah (Agustina. Tujuan diet penyakit diabetes mellitus adalah membantu pasien memperbaiki kebiasan makan dan olahraga untuk mendapatkan kontrol metabolik yang lebih baik DAFTAR PUSTAKA Indraswari. Wahidin Sudirohusodo.2010. Banyak kencing c. Universitas Hasanuddin. Wiwi. Penurunan berat badan b. Banyak makan 4. Fakultas Kesehatan Masyarakat. Skripsi Sarjana. 2009): a. Hubungan Indeks Glikemik Asupan Makanan Dengan Kadar Glukosa Darah Pada Pasien Rawat Jalan Diabetes Mellitus Tipe-2 Di Rsup Dr. Kelainan genetik b. a. Gaya hidup stress d. Pola makan yang salah 3. Usia c.

Surakarta.Gambaran Sikap Pasien Diabetes Melitus Di Poli Penyakit Dalam Rsud Dr. Tri . KTI D3.Moewardi Surakarta Terhadap Kunjungan Ulang Konsultasi Gizi.Agustina. 8 .2009. Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Surakarta.