You are on page 1of 5

SKENARIO FUNGSI AGAMA

Terdapat sebuah keluarga yaitu yang terdiri dari Nenek, Ibu dan Anak
yang bernama lilis. mereka hidup rukun dan saling menyayangi. Keluarga selalu
mengajarkan anak bagaimana perilaku yang baik, mendidik anaknya tanpa
kekerasan. Keluarga juga menanamkan, menumbuhkan serta mengembangkan
nilai-nilai agama, sehingga seorang anak mampu menjadi manusia yang berakhlak
baik dan bertaqwa.
(Sekitar pukul 17.40.... lilis duduk asik memainkan Hpnya, bruk bruk bruk
tiba-tiba neneknya menghampirinya.....)
Nenek : Assalamualaikum nak
Anak : Walakumsalam pak (sibuk mengotak atik hpnya)
Nenek : Kamu lagi ngapain?
Anak : Ini pak lagi bales in chat temen-temen
Nenek : Kamu sudah sholat magrib?
Anak : Hemm..Belum pak ( tetap memandang ke arah hp)
Nenek : Ayo buruan kamu sholat dulu
Anak : Iya bentar lagi pak
Nenek : Enggak baik ditunda-tunda, ayo sholat dulu nak
Anak : Iya bentar lagi ya
Nenek : Waktu untuk sholat magrib itu pendek nak, jadi ayo sholat dulu jangan di
tunda-tunda.
Anak : Yaudah aku sholat dulu ya pak
Nenek : Iya nak
Anak : Assalamualaiku nek (sambil mencium tangan ibunya)
Nenek : Walaikumsalam. Alhamdulillah...
(Nenek membaca koran dan Ibu datang menghampiri nenek dengan
membawakan teh....)
Ibu : Assalamualaikum buk
Nenek : Walaikumsalam nak
Ibu : Ibuk ini teh nya, diminum ya.

Ibu : Iya buk. maafin ya enggak bakalan diulang lagi. padahal itu sudah kewajiban. dia malah main Hp. sini ikutan gabung Lilis : (duduk ) Nenek : Nak nenek mau ngomong sama kamu boleh? Lilis : Iya nek mau ngomong apa ya? Nenek : Kamu kalau sholat jangan suka ditunda-tunda lagi ya.. Lilis : Insallah iya nek. Nenek : Sebenernya lilis itu sudah baik kok . Ibu : Iya pak itu memang sudah tugas kita . Ibu : Dengerin kata bapak nggeh nak Lilis : Hmm iya nek. tapi kamu harus tepat waktu sholatnya. kita harus selalu ngingetin. Lho lilis mana pak? Nenek : Dia lagi Sholat Ibu : Owalah iya buk bagus. dia juga selalu salam kalau mau pergi.semoga jadi anak yang sholehah Nenek : Hmm nak? Kita harus ngajarin dia disiplin waktu. (Tiba-tiba lilis datang) Lilis : Assalamualaikum Ibu : Walaikumsalam nak Nenek : Walaikumsalam Lilis : Hmm lagi ngobrolin apa nek. kaya tadi itu. Ibu : Bagus nak lebih ditingkatkan lagi ya Lilis : Siap buk . ngajarin dia yang baik-baik juga. bapak sama ibuk ingetin aku ya kalau sampek gitu lagi. buk? Ibu : Enggak nak. kalau itu aku siap.Nenek : Oh iya nak makasih ya Ibu : Sama-sama buk. Boleh nak main hp tapi kewajibannya jangan sampek dilupain.buk. Nenek : Jangan Cuma pas ada nenek sama ibumu aja ya. mungkin kita harus selalu ngingetin aja biar dia tambah baik lagi dalam hal agama misalnya. buk. tadi aja waktu mau sholat ibu harus ingetin.

kenapa? Ibu : Itu nak. Anak : Makasih ya nek buk. oh iya nek buk. insllah bakalan gantiin ibu. Assalamualaikum nek buk. Nenek : Buku apa nak Anak : Itu nek.) Nenek : Alhamdulillah sudah waktunya sholat isya. setelah pengajian diadakan kunjungan ke panti asuhan untuk bakti sosial. insllah berkah nak.. . (mencium tangan) Nenek : Walaikumsalam jangan lupa hati-hati. apalagi membntu anak yatim juga itu. bisa membantu orang lain juga. Ibu : Iya nak. Ibu : Alhamdulillh nak. nanti pasti di kasih kok. itu bermanfaat banget lo. Anak : Terus buk? Ibu : Kamu bisa enggk gantiin ibuk? Soalnya ibu ada janji nak Anak : Hm.Ibu : Nak besok habis magrib kamu ada acara apa enggak? Lilis : Kayaknya enggak buk. nak. kita ambil wudhu dulu Anak : Iya nek. berkahnya luar biasa.. kamu iklas kan? Anak : Iya buk aku iklas sepenuh hati kok. Ibu : Insaallah berkah nak. aku sekalian pamitan mau berangkat sekolah dulu. buk buku bahasa inggris. Ibu : Hati-hati nggeh Anak : Iya buk. Ibu : Iya nek alhamdulillah Nenek : Ayo sholat berjamaan... Anak : Yasudah aku mau buk. besok bayar buku. (Siang Hari lilis sudah pulang sekolah) Nenek : Assalamualaikum. (Adzan Isya. gimana ya buk? Nenek : Mau aja nak. tebel gitu pa jadi mahal. Bapak dukung sama acara-acar seperti itu. ibu dapet undangan pengajian. aku duluan ya Ibu : Yuk buk (Mereka meninggalkan ruangan) (Pagi Hari di ruang sarapan) Anak : Udah selesai buk makannya.

nenek sama ibu enggak pernah ngajarin kamu buat berbohong lo. sebenernya aku ikhlas kok. Anak : Itu nek. aku kan Cuma punya 2 tas buat sekolah. nenek sama ibuk kan udah selalu ngajarin aku kalo masalah saling membantu orang. aku udah bohong sama nenek sama ibu juga Nenek : Coba sekarang jujur uangnya yang 100 ribu itu mau buat apa nak? Nenek enggak marah kok. tapi sebalinya malah akan dosa kalo kamu enggak ikhlas. bohong itu perbuatan yang enggak baik. Anak : Eee Nenek : Tapi katamu kemarin kok 200 ribu? Anak : Maaf nek. Jadi aku pengen beli tas. kok masih diungkin-ungkit barang yang udah dikasih kemarin. tadi wali kelasmu bilang ke nenek kalau besok minggu bayar buku sejumlah 100 ribu. Bohong itu dosa. nak tadi nenek di telvon Anak : Di telpon siapa nek? Nenek : Ditelpon wali kelasmu Anak : Hah terus nek? (terllihat gugup) Nenek : Masalah bayar buku. Allah enggak suka sama orang yang suka bohong. (Tiba-tiba ibu datang ditenggah percakapan) Ibu : Satu lagi nak. yang satunya lagi kan sama ibuk suruh ngasihkan ke anak kecil cewek yang suka jual sayuran kalo pagi itu. nha yang 1 itu udah rusak.Anak : Eh nenek. jadi sekarang tas ku tinggal yang rusak itu. Anak : Iya pak. kamu harus iklas nak. jadi enggak sampai full. terus tentang keiklasan juga. iya walaikumsalam Nenek : Sudah pulang? Anak : Sudah nek kan hari ini hari sabtu. Nenek : Oh seperti itu ceritanya. bapak Cuma nanya aja. nanti bakalan jadi pahala yang besar kalau kamu iklas. Nenek : Oh iya nenek lupa. Jadi jangan . yang bagus udah di kasihkan itu sama ibuk.

buk aku terharu. nenek sama ibu itu sudah ngelakuin tugasnya dengan baik. dan sholehah ya dengan bimbingan kita (SELESAI) . diulangin lagi ya. inggat pesen-pesen yang ibu dan nenek sampaikan ya. Anak : Iya nek. ada tugas sih. kalau kamu sudah paham. Anak : Bissmillah insaallah siap buk. makasih ya sudah di ingetin. Nenek : Alhamdulillah nak anakmu Ibu : semoga jadi anak yang berguna. tapi enggak papa semoga berkah aku ikut kegiatan itu. insaallah bakalan dibeliin. tinggal aku aja yang balas dengan yang baik-baik juga. Nenek : Alhamdulillah nak. Nenek & Ibu: Walaikumsalam. gak harus kamu bohong ya. Jadi anak yang membanggakan orang tua ya. nanti jadi makilin ibuk kan habis magrib Anak : Iya buk jadi. Nenek : Lagian sudah kewajiban nenek sama ibumu buat belikan kebutuhan kamu nak. aku salah tapi kalian enggak pernah marah sama aku. Aku istirahat tidur siang dulu ya. Nenek : Bagus nak. nanti masalah tugas bisa di selesaikan setelah pulang. Kalau kamu mau tas tinggal jujur aja sama ibuk atau nenek. Ibu : Kamu istirahat dulu sana nak. assalamualaikum. Anak : Yaampun nek.