You are on page 1of 5

A.

Pranata Sosial

1. Dalam pranata sosial terdapat norma/aturan tertulis yang disebut dengan…..
a. UUD dan UU yang berlaku
b. Al-kitab
c. Al-Qur’an dan Al-Hadist
d. Peraturan pemerintah
e. Dekrit presiden

2. Institusi formal dalam pranata sosial dibedakan menjadi 2, yaitu…..
a. Institusi dalam negeri dan institusi luar negeri
b. Institusi legal dan institusi illegal
c. Institusi pemerintahan dan institusi swasta
d. Institusi khusus dan institusi umum
e. Institusi makro dan institusi mikro

3. Berikut ini yang merupakan contoh dari institusi non-formal adalah…..
a. YPAC (Yayasan Pendidikan Anak Cacat)
b. LBH (Lembaga Bantuan Hukum)
c. Tarang karuna
d. Parpol (Partai politik)
e. BPK (Badan Pemeriksa Keuangan)

4. Dalam pranata sosial, yang paling dominan adalah membahas tentang…..
a. Nilai dan norma
b. Pola perilaku
c. Sumber hokum
d. Sistem hubungan
e. Ilmu pengetahuan

5. Di bawah ini merupakan ciri pranata sosial memiliki alat kelengkapan, yaitu…..
a. Meningkatkan kesejahteraan masyarakat

Memiliki lambang / simbol b. Soekarno b.. Pranata Sosial adalah himpunan norma-norma dari segala tindakan yang berkisar pada suatu kebutuhan pokok di dalam kehidupan masyarakat adalah pengertian pranata sosial menurut. Berikut ini yang bukan merupakan cirri-ciri pranata sosial adalah…. yaitu…. a. Memiliki kepercayaan total terhadap pemerintah daerah setempat c. Ir. Mendapat kritik dari negara lain b. Memiliki tata tertib dan tradisi d. Terbentuknya politik pemecah belah c. Memiliki tujuan e. Masjid sebagai sarana tempat ibadah bagi umat muslim c. Adat e. Merajalelanya produk asing akibat globalisasi e.. a. Pemerintah d. Menerima semua perkembangan ilmu pengetahuan yang ada 9.. Selo Soemardjan . Musyawarah untuk mufakat d. a. b. Menghormati orang yang lebih tua 6.. Sosial 7. Alam c. Memiliki alat kelengkapan 8. Silahturahmi keluarga e. Meningkatkan kesejahteraan masyarakat d. Otto Iskandar Dinata c. a. Pranata sosial memiliki sebuah tujuan utama. Hukum yang terdapat di suatu daerah tertentu dan hanya berlaku di daerah tersebut disebut dengan hukum…. Rimba b.

tampak.. 3 dan 4 b. fungsi pranata sosial yang tidak tampak. 1 dan 3 d. tetapi ada adalah pengertian dari.memelihara kerukunan hidup umat beragama Yang termasuk fungsi pranata politik. tidak disadari dan tidak diharapkan orang banyak. a. Fungsi umum d. Fungsi laten c. a. kecuali. Fungsi manifes b. Fungsi khusus e.. Pranata pendidikan b. Perhatikan fungsi pranata politik dibawah ini : 1. Pranata keluarga d. Pendidikan c.. Fungsi manifes b. Semua benar 12. Religi e. Soerjono Soekamto e.melaksanakan undang-undang yang telah disetujui 4. Semua benar 14.. d... disadari dan menjadi harapan sebagian besar anggota masyarakat adalah pengertian dari. Semua benar 13.. 2 dan 3 . a. 1 dan 4 e. Kebudayaan 11. 1 dan 2 c.. Berikut adalah bentuk-bentuk pranata sosial adalah. Fungsi khusus e. Pranata politik e. Fungsi laten c. Ilmiah d. a. fungsi pranata sosial yang nyata.menjaga kelestarian nilai budaya bangsa 3. Pranata agama c. Sosial kekerabatan b. a. Soelaeman Soemardi 10. Tujuan pranata sosial menurut Koentjaraningrat.pelembagaan norma melalui undang-undang 2. Fungsi umum d.

Memiliki sistem persamaan linier . Menjaga keutuhan NKRI 19. Memiliki jabatan tinggi c. Membukyikan kesetiaan dan penghormatan kepada Tuhan 16. Menjaga keutuhan persahabatan d.Salah satu karakteristik pranata sosial adalah. Dinamis c.. Fungsi pranata agama bagi kehidupan manusia dalam menghadapi kehidupan didunia adalah.15. Memiliki nilai moral d. Manifes d. Psikologis 17. Memiliki kartu tanda penduduk b. Fungsi tersebut adalah fungsi. Mencari keuntungan dunia universal d.dan infeksi yang disebabkannya d... Integrasi e. Pranata sosial adalah ilmu yang mempelajari tentang bakteri. a.. Pranata sosial adalah ilmu yang mempelajari tentang tata cara berinteraksi dengan sesama manusia dan lingkungan 18. Memiliki aspek ontologis e.. Menjaga keutuhan dan integrasi masyarakat c. Menjaga keutuhan rumah tangga b. Apa yang dimaksud dengan pranata sosial? a. Pranata sosial adalah suatu sistem kemasyarakatan dan hubungan psikologis serta kekeluargaan antar masyarakat c. Menjaga keutuhan persaudaraan e..Salah satu fungsi pranata sosial adalah.. a.jamur. a. Memberi kemudahan kearah keselamatan akhirat c. a. Lembaga pendidikan formal memberikan ilmu dan teknologi kepada generasi muda. Memberi petunjuk keselamatan duniawi b. Laten b. Pranata sosial adalah suatu sistem tata kelakuan dalam hubungan yang berpusat kepada aktivitas-aktivitas untuk memenuhi berbagai kebutuhan khusus dalam masyarakat b. Mengatasi ketidakberdayaan dan keterbatasan manusia e.virus. Pranata sosial adalah pembelajaran kepribadian yang dikategorikan dalam beberapa perwatakan manusia e.

a...20.pranata rumah c.pranata agama e.Salah satu jenis pranata sosial adalah.pranata buku d.pranata sekolah b.pranata emas .