You are on page 1of 9

PEMANFAATAN MAGNESIUM (Mg) PADA BIJI LABU KUNING

SEBAGAI ALTERNATIF PEREDA SAKIT KEPALA

Disusun oleh:

1. Farah Ayunda Fitri Mawardi 201710220311013
2. Intan Ridar Septiantari 201710220311015
3. Bahtyar Hardyansyah Syihab 201710220311019

Ilmu dan Teknologi Pangan
Fakultas Pertanian Peternakan
Universitas Muhammadiyah Malang
2017

Untuk itu. Harapan kami karya ilmiah ini dapat membantu kita dalam mengatasi permasalahan kesehatan dalam kehidupan masyarakat. Wassalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh Malang. peneliti menyampaikan terima kasih banyak kepada semua pihak yang telah membantu dari awal hingga akhir pembuatan karya ilmiah ini. Hal pertama yang mendasari penulisan makalah “Pemanfaatan Magnesium (Mg) pada Biji Labu Kuning sebagai Alternatif Pereda Sakit Kepala” adalah keprihatinan kami terhadap permasalahan kesehatan dalam kehidupan masyarakat. Peneliti menyadari bahwa dalam penyusunan karya ilmiah ini masih jauh dari sempurna. Akhirnya. Dalam penyusunan karya ilmiah ini tidak lepas dari bimbingan dan bantuan oleh berbagai pihak. baik secara langsung maupun tidak langsung. besar harapan kami semoga karya ilmiah ini bermanfaat bagi peneliti khususnya dan pembaca pada umumnya Amin. 29 November 2017 PENELITI . untuk itu kami mengharapkan saran dan kritik yang membangun dari pembaca. puji syukur atas kehadirat Allah SWT yang telah memberikan rahmat dan hidayah-Nya sehingga dapat diselesaikannya karya ilmiah yang berjudul “Pemanfaatan Magnesium (Mg) pada Biji Labu Kuning sebagai Alternatif Pereda Sakit Kepala”. Kata Pengantar Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh Alhamdulillah.

DAFTAR ISI .

Data Badan Pusat Statistik dalam Hayati (2006). Mengetahui bahwa biji labu kuning dapat dimanfaatkan sebagai alternatif pereda sakit kepala. adapun tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini dinyatakan sebagai berikut: 1. dan kalori (Sudarto. 2000).1 Latar Belakang Sakit kepala merupakan salah satu penyakit yang sering dialami oleh masyarakat Indonesia.3 Tujuan Dari rumusan masalah diatas. untuk menambah wawasan mengenai manfaat biji labu kuning yang dapat digunakan sebagai alternatif pereda sakit kepala. 3.2 Rumusan Masalah Dari latar belakang diatas. BAB I PENDAHULUAN 1. menunjukkan hasil rata-rata produksi labu kuning seluruh Indonesia berkisar antara 20-21 ton per hektar. Bagi masyarakat. 1993). Bagaimana cara pemanfaatan biji labu kuning sebagai alternatif pereda sakit kepala? 1. Sakit kepala merupakan rasa sakit maupun nyeri yang dialami di dalam kepala manusia. yaitu kurang dari 5 ton per kapita per tahun. labu kuning terkenal dengan sebutan waluh. sebagai salah satu pengembangan ilmu pengetahuan dan penelitian. Bagi mahasiswa. karbohidrat. Sedangkan konsumsi labu kuning di Indonesia masih sangat rendah. sehingga menambah pengetahuan untuk memanfaatkan biji labu kuning yang sering dibuang karena dianggap tidak memiliki manfaat untuk meredakan sakit kepala. 2. 1. Apakah biji labu kuning dapat dimanfaatkan sebagai alternatif pereda sakit kepala? 2. magnesium. Bagi Peneliti Lanjutan Dapat digunakan sebagai referensi apabila mengadakan penelitian sejenis. B. Di Indonesia. adapun rumusan masalah dinyatakan sebagai berikut: 1. fosfor. . lemak. karena mengandung protein. Secara ilmiah labu kuning disebut dengan Cucurbita moschata (Widawati. 1. Mengetahui cara memanfaatkan biji labu kuning sebagai alternatif pereda sakit kepala.4 Manfaat Manfaat dari penelitian ini adalah sebagai berikut: 1. Semua orang pernah merasakan sakit kepala. C. vitamin A. 2. Labu kuning merupakan salah satu jenis tanaman yang memiliki kandungan gizi yang cukup tinggi dan lengkap.

yang berlangsung dari beberapa jam hingga beberapa hari. Ukuran pertumbuhannya cepat sekali. mencapai 350 gram per hari. Sakit kepala sebagian besar bersifat primer yaitu tanpa ada penyakit yang mendasarinya seperti migrain. dan tension type headache. cuaca atau ketidakseimbangan hormon dapat memicu sakit kepala primer. 2. sakit gigi. Tanaman labu pada umumnya memiliki banyak biji. Sakit kepala primer Stres.1 Penyebab Sakit Kepala Secara Umum . tekanan darah tinggi. cedera kepala. BAB II TINJAUAN PUSTAKA 2. Sakit kepala Sekunder Sakit kepala sekunder dapat disebabkan oleh influenza. Buah labu kuning berbentuk bulat pipih. bundar telur (oval). stroke ringan/stroke berat. a. Biji berwarna hijau terang dan memiliki kulit luar berwarna putih. Tanaman labu kuning berasal dari Ambon (Indonesia). diabetes dan penyakit tiroid). cluster.2. dll. Biji terletak di bagian tengah buah.1 Biji Labu Kuning Labu kuning (Cucurbita moschata Dutchenes) adalah salah satu bahan pangan lokal yang memiliki nilai gizi yang baik bagi tubuh manusia. lonjong.2 Sakit Kepala Sakit kepala yang secara medis dikenal sebagai cephalalgia atau dilafalkan cephalgia adalah suatu kondisi terdapatnya rasa sakit di dalam kepala. Permukaan bijinya licin dan buram. Klasifikasi biji labu kuning (Simpson. 2. b. 2006) Kingdom : Plantae Divisi : Magnoliophyta Kelas : Magnoliopsida Ordo : Cucurbitales Familia : Cucurbitaceae Genus : Cucurbita Spesies : Cucurbita moschata Dutch. sampai bundar memanjang. tumor otak. Bagian ujung biji membulat. Meskipun demikian ada juga sakit kepala yang disebabkan oleh sebuah proses yang mendasari penyakit atau kondisi atau biasa disebut sakit kepala sekunder Sakit kepala digolongkan menjadi dua jenis: sakit kepala primer dan sekunder. Warna kuning pada labu kuning menunjukkan bahwa terdapat senyawa β-karoten. gangguan saraf mata. radang sinus. sedangkan pada bagian pangkal meruncing. Biji labu berbentuk pipih. atau panjang dengan banyak alur (15-30 alur). gangguan metabolisme (mis.

f. e. dan kepala. miring. Rasa sakit pada kepala disebabkan oleh traksi/penarikan. d. bahu.blogspot. Kurang tidur : Kurang tidur atau begadang dapat menyebabkan timbulnya sakit kepala yang biasanya akan sembuh setelah berisitirahat yang cukup.html atau https://id. Olahraga berlebihan : Olahraga yang berlebihan dan kelelahan fisik dapat menyebabkan timbulnya sakit kepala. 2. i.html atau http://resepjoskotos. Inilah yang kita kenal sebagai sakit kepala tegang (tension headache) c. Beberapa penyebab sakit kepala yang tergolong sering antara lain: a. b. Postur malas : Posisi – posisi tubuh yang menekuk. makanan asin. Keadaan dehidrasi (kekurangan cairan) juga dapat menjadi penyebab sakit kepala. Makanan : daging yang diawetkan.com/tips-dapur/88666-tips-praktis-mengolah-biji-labu- menjadi-biji-kuaci-enak.vemale. kopi dan teh merupakan minuman yang dapat memicu timbulnya pusing dan nyeri kepala. Telat makan : terlambat makan dapat menyebabkan sakit kepala akibat penurunan kadar gula darah. Hormon : kadar hormon estrogen yang menurun seperti pada keadaan menstruasi dapat menjadi penyebab timbulnya sakit kepala.co. perpindahan. dan makanan yang mengandung MSG merupakan beberapa makanan yang dapat menyebabkan kepala sering sakit. Cuaca : cuaca panas yang disertai perubahan pada kelembaban dan tekanan udara dapat mengubah zat – zat kimiawi yang terdapat dalam otak yang akan menyebabkan timbulnya sakit kepala. h.id/2014/01/resep-cara-membuat-kwaci-biji- labu.wikihow. Stres : Stres dapat menyebabkan sakit kepala akibat ketegangan pada otot di daerah leher. kacang-kacangan. Minuman : alokohol. atau distensi dari struktur di kepala atau leher yang sensitif terhadap rasa nyeri.3 Proses Pembuatan Biji Labu Kuning menjadi Kuaci (https://www. atau malas – malasan dalam waktu yang lama dapat meningkatkan tekanan di daerah punggung dan leher yang juga dapat menimbulkan sakit kepala. peradangan. g. 1 dst)) .com/Memakan-Biji-Labu-Kuning (step by step no. spasme dari pembuluh darah.

Tabel 1. didapatkan data berupa tabel unsur Magnesium (Mg) kandungan gizi pada biji labu kuning per 100 gram dan tabel perbandingan kandungan Magnesium (Mg) pada tanaman lain. . Kandungan gizi pada biji labu kuning per 100 gram Kandungan Jumlah Kalori 446 kcal Lemak 16. Kandungan magnesium yang tinggi pada biji labu kuning dapat melancarkan aliran darah ke kepala dan otak.000 mg Karbohidrat 54. Kangkung Magnesium (Mg) 71 mg 6.000 mg Protein 19. Unsur Magnesium (Mg) Nomor atom 12 Nomor massa 25 Konfigurasi elektron 282 Pigmen (Struktur molekul) Tabel 2.3 mg Zat besi (Fe) 3. sehingga dapat meredakan sakit kepala. Perbandingan kandungan Magnesium (Mg) pada tanaman lain. Pisang Magnesium (Mg) 27 mg Biji labu kuning mengandung magnesium yang tinggi. Tanaman Kandungan Jumlah (mg) 1.000 mg Natrium (Na) 18 mg Kalium (K) 919 mg Vitamin C 0. Bayam Magnesium (Mg) 248 mg 5. Kacang Kedelai Magnesium (Mg) 280 mg 2. Almond Magnesium (Mg) 268 mg 3. Alpukat Magnesium (Mg) 29 mg 7. No.3 mg Magnesium (Mg) 262 mg Kalsium (Ca) 55 mg Tabel 3. BAB III HASIL DAN PEMBAHASAN Dari penelitian ini. Biji Labu Kuning Magnesium (Mg) 262 mg 4.

. Di dalam biji labu kuning terkandung magnesium yang tinggi yaitu 262 mg per 100 gram biji labu kuning. Rata-rata produksi labu kuning di seluruh Indonesia berkisar antara 20-21 ton per hektar. sehingga dapat meredakan sakit kepala. Sehingga tidaklah sulit untuk memanfaatkan biji labu kuning sebagai pereda sakit kepala karena mudah ditemukan di Indonesia.1 Kesimpulan Sakit kepala adalah suatu kondisi terdapatnya rasa sakit di dalam kepala. Setiap orang pernah mengalami sakit kepala. BAB IV Kesimpulan 4. Dengan memanfaatkan biji labu kuning menjadi kuaci dapat meredakan sakit kepala. Kandungan magnesium yang tinggi pada biji labu kuning dapat melancarkan aliran darah ke kepala dan otak.

Dista Ferri Chahya. Universitas Gadjah Mada . Universitas Muhammadiyah Semarang. Fakultas Farmasi. ANTIOKSIDAN DAN MUTU HEDONIK MINUMAN INSTAN LABU KUNING (Cucurbita moschata Dutch)BERDASARKAN KONSENTRASI MALTODEKSTRIN. https://mediskus. Ariska Deffy Anggarany. Thoriq Ziyad. Naisbitt Iman Hanif. G2D013006 (2017) BETAKAROTEN. Ziana Walidah. Retno Murwanti* Farmasi.com/penyakit/hindari-13-penyebab-sering-sakit-kepala POTENSI BIJI LABU KUNING SEBAGAI AGEN FITOESTROGEN PADA WANITA POST MENSTRUAL Beni Lestari. Daftar Pustaka Ningtias. Undergraduate thesis.