You are on page 1of 12

Daftar isi

Kata pengantar......................................................................... 2
Pendahuluan ............................................................................ 3
Tampilan awal dan Cara membuka wonder share video
editor.................................................................................... 4
Cara mengimpor film ........................................................... 4
Mengedit video dan audio ................................................... 5
Untuk menambah efek ........................................................ 8
Penambahan efek flash dan hold ........................................ 9
Cara transisi project video ................................................. 10
Cara Menambah intro / Kredit .......................................... 10
Save Project/mengekspor .................................................. 12

Wonder share video editor Page 1

3.1. Sajian bahasa dengan contoh aplikasi yang tertuang dalam buku ini diharapkan dapat di gunakan sebagai panduan bagi pembaca. penulis mohon kritik dan saran untuk lebih mengembangkan isi buku ini.3. penulis menyampaikan banyak terima kasih atas dukungan dari berbagai pihak hingga buku ini dapat terselesaikan. Dan semoga buku iini bermanfaat bagi pembaca dalam menambha wawasan dan pengetahuan. Kata pengantar. Dalam kesempatan ini. Puji syukur kita panjatkan kehadirat Allah SWT atas berkah dan Rahmat-Nya.1. Buku saku ini berisi cara mengedit video dan sound ke dalam wonder share video editor versi 5. yang di lengkapi dengan gambar-gambar guna mempermudah pembaca memahami dan mengerti dengan uraian dalm buku ini. sehingga penulis dapat menyelesaikan buku saku ini yang berjudul “panduan Wonder share video editor versi 5. Dan kepada semua pembaca. Wonder share video editor Page 2 .

3 adalah salah satu aplikasi pengedian video.3 merupakan wonder share 5. Wonder share video editor 5.3 tipe terbaru.1.. Tidak hanya itu para editor juga dalam mengekspor langsung ke social media seperti youtube. dalam perkembngannya wonder share video editor telah berkembang ddari segi pengeditan video karena wonder share 5. khusnya bagi para pemula dan juga para professional. dalam aplikasi ter baru ini para editor sangat di mudahkan untuk mengedit video. bolgger. audio. serta gambar. Dalam buku ini kita akan membahas aplikasi mengenai wonder share video editor.1. presentasi . Aplikasi ini memudahkan para pemula untuk mengoprasikan aplikasi tersebut.1. marketing dan dalam bidang lainnya. Di dalam aplikasi ini juga terdapat pengeditan gambar dan juga pemotongan video. dan lain. vimeo. dalam perkembangannya media film editor banyak bermunculan hal-hal yang baru tidak hanya spesifikasi tetapi juga dalam bidang audio visual. Pendahuluan Media video editor merupakan salah satu dalam bidang entertainment yang banyak di gunakan dalam bidang perfilman. sehingga bagi para editor jug adapt menggabungkan beberapa video satu dengan video yang lainnya.lain Wonder share video editor Page 3 .

1. Tampilan awal wonder share video editor Untuk mendapatkan project film baru. Pertama. Tampilan awal dan Cara membuka wonder share video editor.tama bukalah aplikasi wonder share 5. Cara mengimpor film 2. 1. Selanjutnya import film anda yang akan di masukkan ke dalam film anda dengan cara mengklik Wonder share video editor Page 4 .3 yang telah di download sbelumnya hingga muncul gambar di bawah ini. pastikan anda memilih rasio yang tepat untuk film yang akan diedit.

Mengedit video dan audio 3. dengan cara mengklik icon edit Atau dengan cara lain yaitu klik kanan pada project video yang telah berada pada timeline anda lalu pilijh edit Wonder share video editor Page 5 . Kemudian pilih file yang akan dimasukkan dalam media import wonder share lau klik open Jika sudah berhasil masuk dalam media wondershare kemudian drag file tersebut ke timeline film anda. Kemudian edit bagiian video maupun audio dari file yang telah anda masukkan pada timeline.

Jika mengklik audio detach maka akan membuat suara yang terdapat dalam video menjadi terpisah dengan video Wonder share video editor Page 6 .

yaitu dengan cara klik kanan pada bagian dari video anda yang di tambahkan efek. Selajutnya kita akan menambah sedikit efek pada video. Kemudian atur tampilan garis berwarna kuning pad video anda. Wonder share video editor Page 7 . pilih untuk menambahkan efek Tilt + Shift. yaitu klik Apply Tilt + Shift to the clip. Kemudian pilih power tool.

Wonder share video editor Page 8 . sesaui dengan percent blurnya. Lalu atur bagian yang bergaris kuning pada video anda. Untuk menambah efek Untuk menambahkan efek mozaik pada video. Klik Apply mosaic to the clip. jika sudah selesai tekan ok. kemudian klik add.

kemudian klik flash dan hold Wonder share video editor Page 9 . Penambahan efek flash dan hold Selanjutnya untuk menambahkan efek flash dan hold pada video. klik kanan pada project video anda. sesaui dengan bagian yang ingin anda beri efek.

caranya dengan mengkilk atau menu transition. Selanjutnya untuk menambahkan intro / credit pada project video. Kemudian pilih efek transisi yang tepat untuk video . Cara Menambah intro / Kredit 5. Sekarang saya akan memberikan transisi pada project video. Cara transisi project video 4. Wonder share video editor Page 10 . Caranya dengan mengkilk menu intro / credit pilih yang tepat untuk video anda. serta anda juga dapat mengatur durasi intro/credit anda. Anda juga bisa menambahkan tulisan pada intro/credit dalam video anda.

6. jangan lupa untuk menyimpan project videonya. caranya dengan mengkklik ikon Wonder share video editor Page 11 . Setelah semuanyan sudah cukup untuk membuat video menarik. yaitu dengan cara mengklik menu PIP lalu memilih farme ataupun pilihan lainnya seperti decoration. 7. Untuk menambahkan frame pada intro. agar suatu waktu dapat digunakan lagi jika ingin menambah editan. smile ataupu festival.

Selanjutnya tahap terakhir. export yaitu dengan mengekspor project video anda menjadi video jadi. vimeo dengan cara mengklik icon Wonder share video editor Page 12 . banyak format video yang anda bisa pilih. kita juga dapat langsung mengupload video pada youtube . Save Project/mengekspor 8. Kemudian klik save profect. facebook.