You are on page 1of 19

KEPERAWATAN MATERNITAS

Masalah Keperawatan dalam Pemenuhan Kebutuhan Eliminasi pada Ibu Hamil
Dosen Pengampu : Ns. Agnes Dewi Astuti, S.Kep., M. Kep., Sp. Kep. Kom

Disusun Oleh :

Kelompok IV

1. Ferdinandus Iliomar Paulus : PO.62.20.1.16.141
2. Guvika Julnisa : PO.62.20.1.16.142
3. Hendruyan Wijaya : PO.62.20.1.16.143
4. Icha Seveny Febriana : PO.62.20.1.16.144
5. Ika Ulya Cahyani Putri : PO.62.20.1.16.145
6. Irda Ayu Sundah : PO.62.20.1.16.147
7. Juliyanto Putra Admadja : PO.62.20.1.16.148

POLITEKNIK KESEHATAN KEMENKES PALANGKA RAYA
DIV KEPERAWATAN REGULER III
2017

karena atas berkat rahmat dan hidayah-Nya lah sehingga kami dapat menyusun dan menyelesaikan makalah tentang Masalah Keperawatan dalam Pemenuhan Kebutuhan Eliminasi pada Ibu Hamil ini tepat pada waktu yang telah ditentukan. Makalah ini dibuat untuk memenuhi tugas yang diberikan dosen mata kuliah Maternitas. Kom. Selaku pembimbing dalam penulisan makalah ini. terutama kepada Ns. M. baik dari segi kalimat. isi. Palangka Raya.. Oleh karena itu.. sangat kami harapkan demi kesempurnaan makalah ini dan makalah- makalah selanjutnya. Sp. Kep. September 2017 Kelompok Empat . Kep. S.Kep. Dan tidak lupa mengucapkan banyak terima kasih. Kami menyadari isi makalah ini masih jauh dari kategori sempurna. Agnes Dewi Astuti. baik itu secara langsung maupun tidak langsung. KATA PENGANTAR Puji syukur kita panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa. maupun dalam penyusunan. Pada kesempatan ini juga kami berterima kasih atas bimbingan dan masukan dari semua pihak yang telah memberi kami bantuan wawasan untuk dapat menyelesaikan makalah ini. kritik dan saran yang membangun dari dosen mata kuliah yang bersangkutan dan rekan-rekan semuanya.

........ F................................................................................................. E............................................................................................ BAB III PENUTUP A............................. Kesimpulan ............ Konstipasi Pada Ibu Hamil ....... Definisi Kebutuhan Eliminasi .... Hemoroid Pada Ibu Hamil ................................ iii BAB I PENDAHULUAN A............... ii DAFTAR ISI .......................................................................................................................................................................................................................... Perut Kembung Pada Ibu Hamil .................... DAFTAR ISi Halaman HALAMAN DEPAN ............................ B........ B.... ................................ B......................................... Sering Berkemih Pada Ibu Hamil ......................................................................... Saran .................................................. Latar Belakang..................................................................................................................... C........................................................ Tujuan Penulisan ................................................ BAB II PEMBAHASAN A.................. D................................................................................ DAFTAR PUSTAKA ................................................................................................... i KATA PENGANTAR ........................................................................ Diare Pada Ibu Hamil ..........

seksual. ketidaknyamanan dan cara mengatasinya. mental dan sosial. sering berkemih dalam pemenuhan kebutuhan eliminasi. Kehamilan merupakan suatu proses kehidupan seorang wanita. mobilisasi & body mekanik.pakaian. imunisasi. memantau kesejahteraan bayi. Namun dalam makalah ini kami akan membahas tentang “Masalah Keperawatan dalam Pemenuhan Kebutuhan Eliminasi pada Ibu Hamil” yang meliputi masalah hemoroid. persiapan kelahiran bayi.istirahat/tidur. traveling. Banyak adaptasi selama kehamilan yang tidak diketahui ibu hamil dan keluarganya. exercise/senam hamil. Supervise dan pengawasan kesehatan yang konsisten sangat penting. persiapan laktasi. tanda bahaya dalam kehamilan. Latar Belakang Kehamilan yang sehat dan kondisi fisik yang aman dan keadaan emosi yang memuaskan baik bagi ibu maupun janin adalah hasil akhir yang diharapkan dari asuhan Keperawatan. hal ini bergantung kepada keingintahuannya. eliminasi. kebutuhannya akan pengetahuan. dan kesiapannya untuk belajar. konstipasi. peronal hygiene. Bidan yangmemiliki pengetahuan dapat membantu ibu hamil mengenali hubungan antara status fisik dan rencana perawatannya. Kebutuhan Eliminasi Ibu Hamil adalah permasalahan yang terjadi yang berhubungan dengan Buang air Kecil dan Buang air Besar selama masa kehamilan. nutrisi. Berbagai informasi membangkitkan semangat ibu hamil untuk berpartisipasi dalam perawatannya sendiri. kunjunganulang. Kebutuhan fisik yang diperlukan ibu selama hamil meliputi oksigen. . perut kembung. dimana denganadanya proses ini terjadi perubahan-perubahan. Makadengan itu perlunya para ibu – ibu untuk mengetahui apa itu Kebutuhan Eliminasi Pada Ibu Hamil yang di perlukan. diare. Selain kebutuhan psikologis. Masalah BAK dan BAB selama masa kehamilan bisa terjadi menjadi tidak lancar jika hal yang menjadi mandatory selama masa kehamilan tidak dijaga dengan baik. kebutuhan fisik juga harusdi perhatikan agar kehamilan dapat berlangsung dengan aman dan lancar. pekerjaan. BAB I PENDAHULUAN A. Perubahan tersebut meliputi perubahan fisik.

4. Memahami Definisi Kebutuhan Dasar Eliminasi 2.B. 3. Memahami tentang kondisi Sering Berkemih pada ibu hamil. 6. 5. Memahami tentang Konstipasi pada ibu hamil. . Memahami tentang Diare pada ibu hamil. Memahami tentang kondisi Perut Kembung pada ibu hamil. Memahami tentang Hemoroid pada ibu hamil. Tujuan 1.

2. BAB II PEMBAHASAN A. hemorhoid yang disebabkan oleh kehamilan merupakan hemorhoid temporer. Miksi Miksi adalah proses pengosongan kandung kemih bila kandung kemih terisi. yang berarti akan hilang beberapa saat setelah melahirkan. Pada wanita sebagian besar hemoroid terjadi selama hamil atau melahirkan. dan kombinasi antara eksterna dan interna atau mixed hemorhoid. Hemorhoid normalnya terdapat pada individu sehat terdiri dari bantalan fibromuskuler yang sangat bervaskularisasi yang melapisi saluran anus.Dalam bidang kesehatan. B. tekanan intra abdomen yang meningkat karena pertumbuhan janin dan juga karena adanya perubahan hormon menyebabkan pelebaran vena hemorhoidalis.Eliminasi pada manusia digolongkan menjadi 2 macam. Kebutuhan Eliminasi Menurut kamus bahasa Indonesia. nyeri. Hemorhoid diklasifikasikan menjadi hemorhoid eksterna. hemorhoid interna. Eliminasi adalah proses pembuangan sisa metabolisme tubuh baik berupa urin atau bowel (feses). yaitu: 1. Pada kebanyakan wanita. penyisihan. Miksi ini sering disebut buang air kecil. Hemoroid menyebabkan rasa gatal. eliminasi adalah pengeluaran. Jangan pernah menganggap hemoroid adalah penyebab perdarahan dari usus besar sebelum dilakukan pemeriksaan fisik termasuk pemeriksaan rektum . Definisi Hemoroid Hemoroid adalah pelebaran vena (varises) di dalam plexus hemorhoidalis yang bukan merupakan keadaan patologik. penonjolan dan perdarahan. penyingkiran. penghilangan. Defekasi Buang air besar atau defekasi adalah suatu tindakan atau proses makhluk hidup untuk membuang kotoran atau tinja yang padat atau setengah-padat yang berasal dari sistem pencernaan. Pada ibu hamil.

Hemorhoid interna merupakan bantalan vaskuler di dalam jaringan submukosa pada rektum sebelah bawah. terdapat di sebelah distal garis mukokutan di dalam jaringan di bawah epitel anus atau sebelah distal dari linea dentata yang ditutupi oleh anoderm. Karena anoderm merupakan jaringan yang kaya dengan innervasi saraf maka trombosis pada hemorhoid eksterna dapat menyebabkan nyeri yang signifikan. tumor jinak atau penyakit lokal atau sistemik lainnya. Jenis-Jenis Hemoroid a. antara lain: 1) Derajat I a) Terdapat perdarahan merah segar pada rektum paska defekasi b) Tanpa disertai rasa nyeri c) Tidak terdapat prolaps d) Pada pemeriksaan anoskopi. Hemorhoid Eksterna Hemorhoid eksterna merupakan pelebaran dan penonjolan pleksus hemorhoidalis inferior. 1. terlihat permulaan dari benjolan hemorhoid yang menonjol ke dalam lumen.dan anus serta pemeriksaan laboratorium yang lengkap an cermat tidak dapat memperlihatkan adanya kanker. 2) Derajat II a) Terdapat perdarahan atau tanpa perdarahan sesudah defekasi b) Terjadi prolaps hemorhoid yang dapat masuk sendiri (reposisi spontan) 3) Derajat III a) Terdapat perdarahan atau tanpa perdarahan sesudah defekasi . Hemorhoid interna sesuai dengan tingkat prolapsnya diklasifikasikan menjadi 4 derajat. Hemorhoid Interna Hemorhoid interna adalah kondisi dimana pleksus vena hemorhoidalis superior di atas garis mukokutan atau sebelah proksimal dari linea dentata dan ditutupi oleh mukosa. b.

rasa nyeri. Diagnosa Banding: 8. Peningkatan tekanan vena pada vena panggul yang disebabkan oleh pembesaran uterus 3. Terdapat lendir setelah buang air besar. Kecenderungan pada keluarga 7. Benjolan tergantung di luar anus. Etiologi: 1. Efek relaksasi progesteron pada dinding dan katup vena 4. Tanda dan gejala: 1. Warna darah berwarna merah terang. jadi harus didorong dengan jari (reposisi manual). Kontipasi 5. 4. Pengerasan feses 6. 4) Derajat IV a) Terdapat perdarahan sesudah defekasi b) Terjadi prolaps hemorhoid yang tidak dapat didorong masuk. Gangguan sirkulasi vena yang menyebabkan kongesti pada vena panggul 2. Pendarahan setelah buang air besar. Mengalami gatal-gatal di sekitar anus. Pembengkakan. Benjolan ini biasanya harus didorong kembali ke dalam setelah buang air besar. b) Terjadi prolaps hemorhoid yang tidak dapat masuk sendiri. Abses atau trombosis hemoroid 9. 2. dan kemerahan di sekitar anus. Lesi kanker . 5. 3. meskipun sudah di reposisi akan keluar lagi.

Berikan cincin karet untuk duduk pasien guna mengurangi tekanan e. Tindakan pemberian rasa nyaman: a. Rekomendasikan pemberian kompres es. dan kompres garam Epsom untuk mengurangi keringat. Bila pasien mengalami perdarahan . Pruritis ani idiopatik 11. Konstipasi Adalah gangguan minor yang lain pada kehamilan yang menyerang sistem pencernaan. Konstipasi disebabkan oleh kerja progesteron. Anjurkan pasien untuk menjaga hemoroid tetap mereda dengan cara mendorong perlahan-lahan kedalam rektum dan mengencangkan sfingter rektum untuk memberi fungsi sokongan dan menjaga tetap berada dalam rektum. h. Tinjauan modifikasi diet untuk menjaga feses tetap lunak b. Jakarta: EGC C. 10. Fisuria rektum Penatalaksanaan: 1. Kondilomia akuminata 12. anestetik semprotan atau krim bila diperlukan. Anjurkan tirah baring dengan posisi paha dan eksermitas bawah ditinggikan. witch hazel packs. Berikan supositoria medis. Benson. Tanda dan gejala: . g. pertimbangkan pemberian obat supositoria yang ditambah dengan kortison. peparation H. Ralph C. Redakan kostipasi c. yang mengurangi motilitas sistem pencernaan (juga dikaitkan dengan mual di awal kehamilan). Martin L. obat analgesik topikal. Konstipasi disebabkan juga oleh pergeseran usus akibat pertumbuhan uterus atau akibat efek samping dari terapi zat besi per oral. d. Wanita yang mengalami konstipasi sebelum kehamilan dapat merasa bahwa kondisi ini menjadi lebih bermasalah saat mereka hamil. 2009. Pernol. Obstetri dan Ginekologi. f.

Saran terdiri atas: 1. terutama pada perut bagian bawah. 1. sereal sarapan. 7. 2. dan saran yang diberikan harus merefleksikan hal berikut ini. Makan makanan yang mengandung tinggi serat. Mengubah asupan makanan dan minuman atau tingat olah raga karena perubahan saat kehamilan 4. 4. pada uterus menyebabkan penurunan motilitas . tonus serta peristaltik pada saluran cerna 2. dan buah prem. 20-30 menit. keras. 4. Makan makanan secara teratur. 3 kali per minggu 6. 3. atau teh herbal. Terasa ada yang mengganjal pada rektum. 2. Harus mengejan saat buang air besar. Cairan ini harus berjumlah 2 liter cairan per hari. Perut terasa kembung. 9. atau bergumpal. Sakit dan kram perut. Kompresi mekanis pada usus besar akibat pembesaran uterus 3. 6. Mual. 8. seperti roti gandum utuh. Peningkatan kadar progesteron sat hamil yang menyebabkan relaksasi otot polos . yang terbaik adalah meredakan konstipasi dengan cara alamiah sebelum memberikan medikasi selama kehamilan. Ukuran tinja bisa besar atau sangat kecil. dapat diresepkan jika saran di atas tidak meredakan gejala. 5. Etiologi: 1. Laksatif ringan. Proses buang air besar terasa tidak tuntas. 5. . dan jumlahnya lebih besar jika suhu sedang panas. Lakukan olahraga ringan. 3. seperti laktosa (15 ml dua kali sehari). Vitamin tambahan dengan zat besi atau kalsium Tatalaksana: Jika memungkinkan. Tinja terlihat kering. jus buah. Tidak nafsu makan. Makan 5 porsi buah dan sayur per hari. Minum ekstra cairan.

Kondisi ini mungkin bisa membuat diare menjadi sebuah masalah. dimana kotoran yang dibuangnya lebih banyak mengandung air. 1. Selain bisa menyebabkan konstipasi. Diare Diare adalah salah satu keluhan yang akan sering muncul selama kehamilan. dan kondisi tertentu seperti penyakit sindrom iritasi usus. Selain pola makan yang berubah.Charole. hingga usia kehamilan trimester akhir (6. M. 8. dan tubuh. bakteri. asupan vitamin kehamilan juga bisa memicu diare. diare pada ibu hamil juga bisa disebabkan oleh keracunan makanan. Gerl. Demi menjaga asupan gizi bagi janin. Diare umumnya akan membuat seorang ibu hamil mengalami dehidrasi berkepanjangan. Perubahan hormon. 2. Gejala 1. virus. H . Perubahan ini mungkin membuat Anda sensitif terhadap makanan yang sebelumnya tidak berefek negatif ketika Anda konsumsi sebelum hamil. Diare bisa terjadi karena adanya perubahan kondisi pada ibu hamil seperti perubahan hormon. parasit usus. 3. Baung air minimal 3 kali sehari 2. asupan. Perubahan kepekaan terhadap makanan. 9 bulan). trimester 2. Keluhan ini dapat menyerang baik ketika usia kehamilan Anda masih muda. banyak wanita melakukan perubahan asupan ketika hamil. penyakit celiac. perubahan hormon juga bisa mempercepat sistem pencernaan Anda. sehingga cukup berisiko bagi kehamilannya. 2009. Seseorang dikatakan menderita diare bila dalam 1 hari ia sudah buang air besar minimal sebanyak 3 kali. 7. Obstetri dan Ginekologi. Feses berbentuk cair dan lebih banyak cairan . Perubahan asupan. dan radang usus besar. Jakarta: EGC D. Perubahan tersebut membuat perut terganggu yang memicu diare. Selain penyebab yang berkaitan dengan kehamilan.

Karena asupan makanan Diawal kehamilan. 2. Jantung berdebar Etiologi 1. pemikiran semacam ini tentu tidak benar karena ada beberapa jenis makanan yang dapat memicu timbulnya diare seperti buah-buahan tertentu atau makanan yang tidak higienis.3. Hal ini tak lain adalah untuk memastikan bayi yang hidup di dalam kandungannya dapat memperoleh nutrisi jumlah yang mencukupi. tubuh ibu hamil memang akan terus memproduksi berbagai jenis hormon untuk menjaga keseimbangan tubuhnya selama kehamilan. hormon-hormon yang jumlahnya melimpah umumnya akan memacu lambung untuk memproduksi asam lebih banyak. Asam inilah yang kemudian membuat sistem pencernaan menjadi lebih berpotensi terserang bakteri penyebab diare pada ibu hamil. Susu semacam ini akan sulit dicerna oleh lambung dan usus sehingga sering menjadi penyebab diare pada ibu hamil. . Selama usia kehamilan tersebut. Demam 6. 3. Muntah 5. Namun perlu diketahui bahwa beberapa susu ibu hamil ternyata memiliki kandungan laktosa yang sangat sedikit. Nyeri pada perut 4. Namun. seorang ibu umumnya akan membuat perubahan besar dalam hal pola dan jenis makanan yang ia konsumsi. Susu ibu hamil Ibu hamil yang baik dan memiliki perencanaan kehamilan yang matang. Namun. Nyeri pada kepala 7. Perubahan hormonal Diare yang disebabkan oleh perubahan hormonal umumnya hanya terjadi pada usia kehamilan trimester awal dan trimester tengah. umumnya akan rutin mengkonsumsi susu kehamilan untuk menunjang kebutuhan nutrisi janinnya.

begitu pula dengan saluran pencernaan ibu hamil. Penatalaksanaan Untuk mengatasi diare pada ibu hamil kita tidak boleh gegabah dalam memilih obat yang akan digunakan. dan air kaldu. 4. feses hitam . Oleh karena itu. atau nyeri tekan abdomen. feses abu-abu. Pilihlah obat yang benar-benar aman agar tidak menimbulkan efek samping di kemudian hari. oralit. Namun obat tersebut biasanya jika dikonsumsi berlebihan umumnya akan memacu masalah baru. sedangkan jus buah dan kaldu dapat mencukupi kebutuhan kalium. dan oralit dapat mencukupi kebutuhan elektrolit. E. hormon progesterone saat hamil menjadi meningkat dari keadaan normalnya. Perlu diketahui. Konsumsi obat tertentu Sembelit merupakan salah satu keluhan yang sering diderita ibu hamil. air kelapa muda. kaldu cukup ampuh mengobati diare pada ibu hamil. . Perut Kembung Ibu hamil sering kali mengalami perut kembung saat hamil dikarenakan adanya perubahan hormon selama kehamilan. konsumsi minuman- minuman yang mengandung elektrolit alami. seperti aspal. Tanda Gejala: Perubuhan kebiasaan defekasi. dalam masalah ini adalah cukup baik. Obat-obatan yang aman untuk mengatasi diare pada ibu hamil sejatinya dikhususkan untuk mengatasi masalah dehidrasi yang diakibatkannya. Keluhan ini umumnya diobati dengan berbagai resep obat dari dokter. Air putih. air kelapa muda. feses terselubung mukus. Minuman-minuman tersebut antara lain air putih. sehingga akan membuat jaringan otot rileks. yakni diare pada ibu hamil. jus buah.

3. Selain itu gas tersebut juga masuk ke tubuh melalui udara yang kita hirup. Adanya gas berlebih yang masuk ke dalam perut Anda.Etiologi: Rasa kembung saat hamil disebabkan oleh : 1. 2. selama sang dan malam hari disebabkan oleh tekanan dari uterus yang membesar pada kandung kemih. pisang. 4. Tindakan pereda 1. suplemen kalsium karbonat). Hindari mengunyah permen karet. Gas tersebut muncul di dalam tubuh kita ketika bakteri di dalam usus besar memecahkan makanan yang tidak diserap. Etiologi: 1. Sering berkemih Sebagian besar wanita mengalami sering berkemih di awal kehamilan Desakan untuk mengosongkan kandung kemih. dan merokok. bahkan dalam jumlah urine yang sedikit. Tertekannya Kantung Kemih . Hormon ini memberikan dampak relaksasi pada otot di dalam tubuh yang kemudian berdampak kepada otot sistem pencernaan. Pelajari tindakan untuk menghindari kostipasi 2. Bayi di dalam perut yang makin berkembang dan menekan perut Anda. buncis. 5. Meningkatnya hormon progesteron pada wanita yang sedang hamil. Sebagian gas di dalam tubuh keluar melalui sendawa dan melalui anus. keju. Pelajari gejala hiperventilasi atau penelanan udara 3. Hal ini juga dapat membuat pencernaan melambat. makan porsi besar. Minum Phazyme F. Batasi asupan makan penghasil gas (misalnya minuman bersoda.

Volume darah yang meningkat itu bisa menyebabkan banyaknya cairan yang ada di ginjal ke ginjal. Namun tidak semua bagian di dalam tubuh mengalami peningkatan volume darah. Akibatnya adalah ibu akan mengalami buang air kecil dalam intensitas yang sering. Hal ini membuat volume air kencing yang bisa ditampung oleh kandung kemih tersebut semakin berkurang atau sedikit. Wanita dengan kondisi hamil akan mengalami pembesaran ginjal ketika bakal janin menempel pertama kali di dinding rahim. darah di dalam tubuh ibu menjadi meningkat. 4. ibu hamil tersebut akan merasakan rasa ingin buang air kecil. kasus sering kencing saat hamil tua banyak disebabkan oleh tertekannya kandung kemih ibu hamil tersebut. Tingginya Volume Darah Ibu Hamil Darah tidak hanya bisa meninggi dan merendah namun volumenya juga bisa bertambah banyak. Hal tersebut memicu peningkatan hormon bernama progesterone di dalam tubuh wanita meningkat. Ginjal Mengalami Pembesaran Saat mengalami proses kehamilan. ginjal yang tadinya kecil akan mengalami pembesaran. Darah yang bertambah banyak akan terjadi pada ibu hamil baik hamil muda maupun tua. Volume darah yang meninggi bisa menyebabkan kandung kemih semakin dipenuhi dengan cairan. Cairan ginjal bisa keluar dari tubuh ibu hamil dalam bentuk urin. Pada kasus hamil tua. . Sehingga kandung kemih baru terisi sedikit saja. 3. Cairan di dalam kandung kemih terisi banyak akibatnya adalah ibu hamil akan sering buang air kecil dikarenakan penuhnya kandung kemih tersebut. 2. Peningkatan volume darah yang akan meningkat adalah tubuh di bagian panggul. Hal itu dikarenakan perkembangan janin yang semakin membesar di dalam rahim yang semakin menekan kandung kemih ibu. Darah di Dalam Tubuh Mengalami Peningkatan Ketika hamil.

namun rahim pada wanita yang sedang hamil akan membesar seiring dengan usia kehamilan.5. Keinginan Minum Lebih Banyak Saat hamil pola makan ibu hamil menjadi berubah. 8. sehingga kandung kemih perlu membesar untuk menampung cairan yang berasal dari ginjal yang telah membesar. tidak memungkiri adanya kemungkinan untuk terkena penyakit komplikasi kehamilan. Sehingga saat hamil. Tidak hanya itu saja. Rahim yang membesar membuat kandung kemih mengalami tekanan sebab letak kandung kemih yang berada di bawah rahim persis. Pembesaran Rahim Rahim padawanita normal hanya berukuran kecil. Salah satu akibat dari peningkatan hormon tersebut adalah ibu hamil akan merasakan gerah atau panas di seluruh tubuhnya. Kebanyakan diabetes yang disebabkan saat hamil adalah saat sebelum hamil ibu tidak mengontrol kadar gula di dalam tubuhnya. kandung kemih pun akan mengalami pembesaran. 7. 6. Hal tersebut membuat keinginan ibu hamil untuk minum dengan jumlah yang banyak semakin sering dilakukan. Frekuensi minum dengan intensitas yang sering membuat ibu hamil akan sering merasakan ingin buang air kecil ditambah lagi dengan penekanan di . keinginan untuk buang air kecil semakin sering ketika ibu tersebut menderita diabetes. Pembesaran kandung kemih itu dipicu oleh pembesaran ginjal. Salah satu penyakit gangguan kehamilan itu adalah diabetes. Pembesaran itu terjadi saat bakal janin menempel di dinding rahim pertama kali. Diabetes Saat Hamil Saat ibu sedang hamil. sebelum hamil ibu tersebut telah memiliki penyakit diabetes. ibu hamil juga akan mengalami peningkatan hormon di dalam tubuhnya. Saluran Kemih Membesar Jika ginjal mengalami pembesaran.

Selaput dara itu bisa menekan keberadaan urin yang ingin keluar dari kandung kemih. 11. Hal itu dikarenakan peregangan otot vagina saat hamil memicu ibu tidak bisa mengontrol keluarnya air seni dari saluran kemih tersebut. Tanda ibu hamil yang mengalami infeksi saluran kemih adalah dia akan merasakan sakit dan nyeri yang luar biasa ketika berkemih. Ibu yang tidak memiliki selaput dara cenderung tidak bisa mengontrol keluarnya air urin dari saluran kemih. Gadis perawan bisa menahan air urinnya sebab dia memiliki otot vagina yang rapat sehingga jarang sekali gadis perawan mengompol atau tidak bisa menahan air seninya. ibu akan mengalami peregangan otot vagina. Bagi ibu yang serimg minum es saat kepanasan. Otot Vagina Merenggang Saat hamil. 9. Tidak jarang ibu hamil yang sedang hamil muda maupun sedang hamil tua mendapatkan infeksi di saluran kemihnya. Hal itulah yang harus menjadi perhatian ibu sebab ada masalah di saluran kemihnya. bagian kandung kemih ibu hamil. juga harus mewaspadai bahaya es bagi ibu hamil. Letak saluran kemih yang berhubungan dengan vagina wanita memegang peranan penting mengapa ibu hamil sering kencing. Memeriksakan diri ke dokter penting untuk mengatasi masalah tersebut. Hal itu dikarenakan faktor selaput dara yang masih ada di organ reproduksi gadis. . 10. Hilangnya Selaput Dara Ada salah satu faktor yang menyebabkan mengapa gadis yang masih perawan cenderung bisa mengatur dirinya agar tidak berkemih dalam waktu tertentu dibandingkan dengan ibu-ibu yang telah menikah/ hamil/ melahirkan. Infeksi Saluran Kemih Yang harus diperhatikan di sini adaah frekuensi buang air kecil yang lebih sering karena infeksi saluran kemih.

Senam Kegel Hal ketiga yang bisa digunakan ibu hamil untuk mengurangi intensitasnya untuk berkemih adalah dengan mengikuti latihan senam kegel. batuk maupun tertawa bisa menyilangkan kakinya agar dirinya tidak ngompol di sembarang tempat. Menyilangkan kaki bisa digunakan untuk mengatasi mengompol sembarangan dikarenakan silangan kaki tersebut bisa . Ibu dengan obesitas dan juga ibu dengan kekurangan berat badan bisa menganggu keseimbangan tekanan di dalam kandung kemih.Penatalaksanaan: 1. 4. 2. Kandung kemih yang tidak seimbang bisa membuat ibu hamil akan sering buang air kecil 3. Banyak gerakan dari senam kegel untuk membantu ibu dalam proses persalinan. latihan fisik yang dilakukan pun harus berbeda pula. Senam kegel merupakan senam yang dianjurkan selama kehamilan dikarenakan manfaatnya bagi ibu hamil tersebut. Menyilangkan Kaki Ibu Ibu hamil yang sering ngompol ketika bersin. selain itu gerakan senam kegel juga ada yang bermanfaat untuk mengurangi intensitas buang air kecil bagi ibu yang sedang hamil. Ibu yang ingin latihan fisik agar bisa mengurangi intensitas kencingnya bisa berkonsultasi dengan dokter spesialis. Bicarakan pula tentang kondisi kesehatan ibu dan juga kondisi janin yang ada di dalam kandungan. Menjaga Berat Badan Salah satu hal yang bisa dilakukan untuk mengurangi intensitas dari berkemih adalah menjaga berat badan seimbang. Melatih Fisik Sesuai Kondisi Ibu Ibu hamil satu dengan yang lainnya memiliki kondisi fisik yang berbeda-beda.

7. ( janet medforth dan kawan-kawan.Jakarta: EGC) .Kebidanan Oxford dari Bidan Untuk Bidan. Jangan mencukupi kebutuhan cairan di dalam tubuh dengan minuman yang mengandung glukosa tinggi. di dalam saluran kencing justru akan timbul endapan yang semakin lama semakin mengeras. Lama kelamaan endapan tesebut bisa berubah menjadi batu ginjal. Hindari Teh dan Kopi Ibu yang sering kencing karena penyakit diabetes sebaiknya menghindari meminum berbahaya bagi ibu hamil seperti teh dan kopi sebab bisa membuat penyakit diabetesnya semakin parah. Hal itu justru berbahaya bagi kesehatan ibu hamil. Mencukupi Kebutuhan Air Putih Yang bisa digunakan untuk mengatasi ibu yang suka mengompol di sembarang tempat adalah dengan mencukupi kebutuhan air putih sebanyak 8 gelas per hari. Saat ibu hamil menahan kencing.2012. Jangan Menahan Diri Boleh saja menahan diri untuk tidak kencing namun sebaiknya ibu jangan terlalu sering melakukannya. menahan saluran kemih untuk mengeluarkan urin yang berada di dalam saluran kemih tersebut. Selain itu teh dan kopi memiliki dampak buruk lainnya yaitu membuat cairan urin di dalam kandung kemih semakin banyak. Mencukupi kebutuhan air putih setiap ahrinya bisa bermanfaat untuk menghindarkan ibu dari dehidrasi 6. 5.