1.

1 Pengertian Statistika Statistika adalah ilmu yang mempelajari bagaimana merencanakan, mengumpulkan, menganalisis, menginterpretasi, dan mempresentasikan data. Singkatnya, statistika adalah ilmu yang berkenaan dengan data. Istilah statistika berbeda dengan statistik. Statistika merupakan ilmu yang berkenaan dengan data, sedang statistik adalah data, informasi, atau hasil penerapan algoritma statistika pada suatu data. Dari kumpulan data, statistika dapat digunakan untuk menyimpulkan atau mendeskripsikan data; ini dinamakan statistika deskriptif. Sebagian besar konsep dasar statistika mengasumsikan teori probabilitas. Statistika banyak diterapkan dalam berbagai disiplin ilmu, baik ilmu-ilmu alam (misalnya Astronomi dan biologi maupun ilmu-ilmu sosial (termasuk sosiologi dan psikologi), maupun di bidang bisnis, ekonomi, dan industri ). Statistika juga digunakan dalam pemerintahan untuk berbagai macam tujuan; sensus penduduk merupakan salah satu prosedur yang paling dikenal. Aplikasi statistika lainnya yang sekarang popular adalah prosedur jajak pendapat atau polling (misalnya dilakukan sebelum pemilihan umum), serta jajak cepat (perhitungan cepat hasil pemilu) atau quick count. Di bidang komputasi, statistika dapat pula diterapkan dalam pengenalan pola maupun kecerdasan buatan. 1.2 Perkembangan Statistika Penggunaan istilah statistika berakar dari istilah istilah dalam bahasa latin modern statisticum collegium ("dewan negara") dan bahasa Italia statista ("negarawan" atau "politikus"). Gottfried Achenwall (1749) menggunakan Statistik dalam bahasa Jerman untuk pertama kalinya sebagai nama bagi kegiatan analisis data kenegaraan, dengan mengartikannya sebagai "ilmu tentang negara (state)". Pada awal abad ke-19 telah terjadi pergeseran arti menjadi "ilmu mengenai pengumpulan dan klasifikasi data". Sir John Sinclair memperkenalkan nama (Statistics) dan pengertian ini ke dalam bahasa Inggris. Jadi, statistika secara prinsip mula-mula hanya mengurus data yang dipakai lembaga-lembaga administratif dan pemerintahan. Pengumpulan data terus berlanjut, khususnya melalui sensus yang dilakukan secara teratur untuk memberi informasi kependudukan yang berubah setiap saat. Pada abad ke-19 dan awal abad ke-20 statistika mulai banyak menggunakan bidangbidang dalam matematika, terutama peluang. Cabang statistika yang pada saat ini sangat luas digunakan untuk mendukung metode ilmiah, statistika inferensi, dikembangkan pada

Pada dasarnya. Minitab. baik di dalam departemen tersendiri maupun tergabung dengan matematika. kajian statistika sebagian besar masuk dalam fakultas matematika dan ilmu pengetahuan alam. PASCAL. dari yang ³kuno´ dan berbasis DOS seperti Microstat sampai program berbasis Windows seperti SPSS. 1. program komputer yang berhubungan dengan pengolahan data statistik bisa dibagi menjadi tiga kelompok: 1. Perhitungan statistika yang terlalu rumit memang memakan waktu yang lama sedangkan para Statistikawan dituntut dalam kecepatan. SAS. Saat ini banyak beredar berbagai paket program komputer statistik.3 Hubungan statistika dengan komputer Seiring dengan perkembangan jaman dan ditemukannya komputer maka hal ini pun berpengaruh pada perkembangan statistika. Akibatnya lahirlah ilmu-ilmu gabungan seperti ekonometrika. Walaupun mampu menghasilkan output yang memadai. ketelitian dan ketepatan dalam bekerja. tetapi sebagian pihak lainnya menganggap statistika sebagai bidang yang banyak terkait dengan matematika melihat dari sejarah dan aplikasinya. biologi dan cabang-cabang terapannya. Meskipun ada pihak yang menganggap statistika sebagai cabang dari matematika. biometrika (atau biostatistika). dan psikometrika. Penggunaan statistika pada masa sekarang dapat dikatakan telah menyentuh semua bidang ilmu pengetahuan. dan William Sealey Gosset (meneliti problem sampel berukuran kecil). Di Indonesia. dan lainnya. dan lainnya. Oleh karena itu kita membutuhkan Software-software statistika. serta psikologi banyak dipengaruhi oleh statistika dalam metodologinya. Bidang-bidang ekonomi. Membuat Sendiri Program Statistik Perhitungan statistik bisa dibuat sendiri untuk kegunaan tertentu dengan bahasa BASIC. mulai dari astronomi hingga linguistika. namun kecuali untuk kegunaan yang bersifat khusus. Statistica. Eviews. Karl Pearson (metode regresi linear). . pembuatan program sendiri tidak populer dilakukan saat ini.paruh kedua abad ke-19 dan awal abad ke-20 oleh Ronald Fisher (peletak dasar statistika inferensi).

program Statistik Sebagaiadd. SAS.data statistik dengan cukup memadai.kaian prosedur statistik yang memadai. Eviews. Beberapa fungsi untuk statistika dalam Excel adalah sebagai Berikut : ‡ Average : Untuk menghasilkan rata-rata sekumpulan data yg dimasukkan sebagai argumen dlm fungsi ini.Ins Dari Program Lain Perhitungan statistik bisa juga dilakukan lewat program yang sebenarnya tidak difokuskan pada persoalan statistik.1 Microsoft Excel Microsoft Excel memang bukanlah suatu progam yang dikususkan untuk statistik namun Microsoft Excel dapat digunakan untuk memprosem data-data statistik secara memadai. Matematika & Trigonometri.karena dalam excel terdapat fungsi-fungsi untuk Finansial.. bil2.« Contoh : Average(A1:A5) ‡ Count : Untuk menghitung berapa jumlah bilangan yg ada dlm suatu range Bentuk Penulisan : Count(value1. Program Khusus Komputer Statistik Pengolahan data statistik. sejalan dengan makin spesialisasinya banyak software. software spreadsheet Microsoft Excel yang mempunyai ADD-INS (program bantu).) Contoh : Count(A1:A5) ‡ Fungsi FREQUENCY Menghasilkan suatu distribusi frekwensi sebagai array vertikal. Logika. Micro TSP. Sofware seperti itu hanya melakukan pengolahan data statistik deskriptif maupun induktif. Sebagai contoh. MINITAB. Contoh program tersebut seperti Microstat. ‡ Bentuk Penulisan : . menyajikan berbagai grafik yang relevan untuk membantu pengambilan keputusan di bidang statistik. SPSS. Teks.3.value2. Statistika. 3. Tanggal & Waktu. bisa didapatkan serang. namun mampu memproses data. 1. Database. Bentuk Penulisan : Average(bil1. Suatu distribusi frekwensi berguna utk menghitung berapa nilai yang tepat pada setiap interval.2. bisa dilakukan dengan software yang khusus digunakan untukpengolahan data statistik. di mana dengan menginstal menu ANALYSIS TOOLPAK. dan sebagainya..

Jepang. Minitab didistribusikan oleh Minitab Inc.3 SPSS SPSS adalah software khusus statistik yang beredar sekarang.). Jerman. Joiner pada tahun 1972.2 Minitab Minitab adalah program komputer yang dirancang untuk melakukan pengolahan statistik. Minitab memulai versi ringannya OMNITAB. Kini.ref. CMMI serta metode perbaikan proses yang berbasis statistika lainnya. Ryan. Minitab 16. Minitab seringkali digunakan dalam implementasi Six Sigma. Mandarin. sebuah program analisis statistik oleh NIST.«) ‡ Fungsi RANK Menghasilkan ranking suatu bilangan diantara sekumpulan data Bentuk Penulisan : =RANK(number.3. Minitab dikembangkan di Pennsylvania State University oleh periset Barbara F. sebuah perusahaan swasta yang bermarkas di State College. dimana anda hendak mengelompokkan data ‡ FungsiMIN Menghasilkan nilai data numerik terkecil yang terdapat dalam suatu range Bentuk Penulisan : = MIN(number1.. tersedia dalam tujuh bahasa: Inggris. dan Spanyol. Ryan. Perancis (Minitab SARL) dan Sydney. 1.=FREQUENCY(data array. SPSS adalah yang paling populer dan paling banyak digunakan pemakai di . bin array) data array : suatu array atau alamat range pada sekelompok nilai yg akan dihitung distribusi frekwensinya bin array : suatu array atau alamat range yg berisi interval. Thomas A. Australia (Minitab Pty. dan Brian L. dengan kantor cabang di Coventry. Korea. Jr. Pennsylvania. versi terbaru perangkat lunak ini.3.) Paris. Inggris (Minitab Ltd. Perancis.order) 1. Minitab mengkombinasikan kemudahan penggunaan layaknya Microsoft Excel dengan kemampuannya melakukan analisis statistik yang kompleks.

pengendalian dan perbaikan mutu (qualitiy improvement) serta risetriset sains. SPSS adalah singkatan dari Statistical Package for the Social Sciences. customer relationship. SPSS banyak dipakai dalam berbagai riset pasar. peramalan bisnis. broadcasting. database marketing. Sekarang kepanjangan SPSS adalah Statistical Product and Service Solutions. penilaian kredit. farmasi. Kepopuleran SPSS ini dijadikan sebagai alat untuk pengolahan data. Hingga saat sekarang produk SPSS telah dipakai dalam berbagai bidang seperti ilmu keuangan. militer. telekomunikasi. retail. penilaian kepuasan konsumen (customer satisfaction) dan sebagainya. riset ilmu-ilmu sains dan lainnya. sekarang diperluas untuk melayani berbagai jenis user. . seperti untuk proses produksi dipabrik.seluruh dunia. riset pemasaran.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful