BAB I PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang Kegiatan yang dikenal dengan Kuliah Kerja Nyata (KUKERTA) diawali pada tahun 1972, dimana system ini dilaksanakan oleh tiga Perguruan Tinggi Negeri yaitu UGM, UNAND, UNHAS. Dimana hal ini sebagai bentuk pengabdian kepada masyarakat. Pada tahun 1973, dituangkan dalam GBHN ( Tap MPR No. IV/MPR/1973), bahwa kegiatan pengabdian masyarakat oleh mahasiswa dilakukan secara menyeluruh untuk semua PT disebut Kuliah Kerja Nyata (KKN), dengan meningkatkan peranan PT dalam pembangunan. KKN dilakukan dengan cara : 1. Menjadikan PT sebagai pusat pemeliharaan dan pengembangan ilmu pengetahuan; 2. Mendidik mahasiswa berjiwa penuh pengabdian serta memiliki rasa tanggung jawab terhadap masa depan bangsa dan negara Indonesia; 3. Menggiatkan mahasiswa sehingga bermanfaat bagi usaha pembangunan nasional dan daerah. Kegiatan KKN yang dilaksanakan selama dua bulan ini, adalah merupakan bentuk suatu pengabdian ke masyarakat dan juga sebagai bahan memenuhi m kuliah yang ata memiliki 4 SKS ini. Dimana mata kuliah ini bersifat intra atau bersifat langsung melakukan tindakan dilapangan atau lokasi KKN. Dengan adanya kegiatan KKN ini diharapkan mahasiswa dapat mengambil suatu pengalaman yang dilaksanakan selama du bulan ini. Selain itu mahasiswa juga bisa a berfungsi sebagai fasilitator ataupun sebagai penggerak kegiatan yang berada dilingkungan tempat lokasi KKN tersebut. Kemudian dengan rancangan program yang dibuat oleh mahasiswa KKN tersebut diharapkan dalam menggerakkan diberbagai sektor yang ada dikelurahan ini sehingga kelurahan tersebut dapat menjadi lebih maju dengan pelaksanaan program tersebut. Sehingga dengan ikut sertanya mahasiswa KKN dari perguruan tinggi (Universitas Bengkulu)

1

1.2 Tujuan Kuliah Kerja Nyata (KUKERTA) 1.2.1 Secara Umum 1. Sebagai wahana bagi mahasiswa dalam belajar dan membantu memecahkan persoalan pembangunan. 2. Mendewasakan kepribadian dan menambah wawasan mahasiswa, karena mahasiswa dapat belajar sambil bekerja atau bekerja sambil belajar. 3. Membantu percepatan pembangunan masyarakat, atas kekuatan sendiri, karena mahasiswa dapat memberikan proses pembaharuan dan pengembangan masyarakat desa. 4. Dengan pengalaman di lapangan, diharapkan mahasiswa dapat lebih ulet, tabah, berani dan cepat dalam mengambil keputusan, teliti, sabar, kreatif dan efesien. 5. Memberikan umpan balik yang berharga guna penyempurnaan pendidikan tinggi. 6. Dengan program KKN dimaksudkan untuk mendekatkan perguruan tinggi dengan masyarakat. 1.2.2 Secara Khusus Bagi Mahasiswa Memperdalam pengertian dan pemahaman mahasiswa tentang : Cara berpikir dan bekerja sama sacara interdisipliner dan lintas sektoral. Kegunaan hasil pendidikan bagi pembangunan pada umumnya dan masyarakat pada khususnya. Kaitan pembangunan secara keseluruhan dengan pembangunan dan pengembangan daerah pedesaan. Kesulitan yang dihadapi oleh masyarakat dalam melaksanakan pembangunan. 2. Mendewasakan cara berpikir mahasiswa dalam melaksanakan setiap penelaahan dan pemecahan masalah yang ada di dalam msyarakat secara pragmatis dan ilmiah. 3. Memberikan keterampilan kepada mahasiswa adalam melaksanakan program ± program pengembangan dan pembangunan desa. 4. 5. Membina mahasiswa agar menjadi innovator dan problem solver. Memberikan pengalaman dan keterampilan kepada mahasiswa sebagai kader pembangunan yang memiliki sikap dan cinta tanah air serta

1.2.2.1 1.

2

tangguang jawab kepada kemajuan masyarakat, sehingga setelah menjadi sarjana sanggup ditempatkan dimana saja. 1.2.2.2 Bagi Universitas Bengkulu 1. Memperoleh umpan balik sebagai hasil pengintegrasian mahaiswa dengan proses pembangunan di tengah masyarakat sehingga kurikulum, materi perkuliahan dan pembangunan ilmu di perguruan tinggi dapat disesuaikan dengan tuntutan nyata dari pembangunan. 2. Memperolehmasukan dari berbagai kasus yang berharga yang dapat dipergunakan sebagai contoh dalam memberikan materi perkuliahan dan menemukan berbagai permasalahan untuk dapat pengembangan penelitian. 3. Meningkatkan, memperluas dan mengembangkan kerjasama dengan instansi lain melalui mahasiswa yang melaksanakan sedang Kukerta. 4. Memperoleh hasil dari kegiatan dimana mahasiswa dapat menelaah dan merumuskan keadaan atau kondisi nyata masyarakat sebagai penerapan ilmu, teknologi dan seni yang dapat diamalkan sesuai dengan tuntutan nyata. 1.2.2.3 Bagi Masyarakat / Pemerintah Daerah 1. Memperoleh bantuan pemikiran, tenaga, ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni dalam melaksanakan pembangunan di daerah. 2. Memperoleh cara-cara baru yang dibutuhkan untuk merencanakan, merumuskan dan melaksanakan kegiatan pembangunan. 3. Memperoleh pengalaman dalam menggali serta menumbuhkan potensi swadaya masyarakat sehingga mampu berpartisipasi dalam pembangunan. 4. Terbentuknya kader-kader penerus pembangunan di dalam masyarakat sehingga terjamin upaya kelanjutan pembangunan. 5. Terbentuknya tenaga bantuan mahasiswa untuk melaksanakan program dan proyek pembangunan yang berada dibawah tanggung jawabnya.

3

1.3 Metode Pelaksanaan KUKERTA Untuk mencapai tujuan yang diharapkan, maka dalam pelaksanaan Kukerta 61 yang dilakukan dengan pendekatan beberapa metode yaitu : 1.3.1 Metode Observasi Partisipasi Dengan metode ini yang melakukan observasi ikut ambil bagian dalam kegiatan yang diobservasi. Dan dalam melakukan observasi ini mahasiswa Kukerta dituntut untuk terjun langsung setelah berada di lokasi, dan diharapkan bisa melakukan pengambilan data sementara dari hasil observasi di lokasi, dan tujuan observasi ini untuk mencari berbagai macam permasalah yang ada di lokasi Kukerta Kelurahan Malabero. 1.3.2 Metode Obervasi Non Partisipasi Observasi ini dilakukan terhadap kegiatan-kegiatan tanpa ikut berpartisipasi (ambil bagian) yang dilaksanakan oleh masyarakat kelurahan secara keseluruhan baik dibidang olahraga, keagamaan, sosial budaya dan lain-lain. Tempat pelaksanaan dari metode ini disesuaikan dengan kegiatan yang dilakukan oleh masyarakat dengan adanya pendekatan ini diharapkan mahasiswa Kukerta dapat memperoleh informasi mengenai Kukerta Kelurahan Malabero. 1.3.3 Metode Wawancara Wawancara adalah suatu cara untuk mengumpulkan data ataupun informasi dengan jalan melakukan Tanya jawab secara sistematis. Dalam pelaksanaannya metode ini mempunyai sasaran yang bersifat umum yaitu masyarakat lokasi kukerta dan sasaran yang bersifat khusus yaitu para pemuka masyarakat. Wawancara ini dilakukan secara langsung dan dipusatkan pada satu pokok permasalahan / persoalan sesuai dengan tujuan observasi, hal ini dimaksudkan agar hasil wawancara tidak keluar dari jalur permasalahan selain itu dilakukan wawancara secara langsung dengan masyarakat agar memperoleh gambaran maupun informasi yang sesuai dengan kondisi masyarakat yang akan menunjang data yang dikumpulkan sebelumnya.

4

BAB II DESKRIPSI HASIL PENDEKATAN SOSIAL DAN OBSERVASI
2.1 Letak dan Luas Wilayah Kelurahan Malabero terletak di Kecamatan Teluk Segara Kota Bengkulu dengan luas wilayah 41,18 Hektar. Secara administrasi batas-batas yang ada di Kelurahan Malabero dapat dilihat dari uraian tabel berikut :
Batas Utara Selatan Timur Barat Kelurahan Malabero
Kelurahan Kebun Keling Kelurahan Pasar Baru dan Sumur Melele Kelurahan Jitra Laut Samudera Indonesia

Sumber : Profil Kelurahan, 2010 Tabel 1. Batas-Batas Wilayah Kelurahan Malabero

Untuk mencapai Kelurahan Malabero dari pusat Kota Bengkulu hanya membutuhkan waktu sekitar 10 menit. Kelurahan Malabero merupakan wilayah yang teletak di pesisir kota Bengkulu yang memiliki potensi sumberdaya alam melimpah. Kelurahan Malabero secara administratif sebelah utara berbatasan dengan Kelurahan Kebun Keling, sebelah selatan berbatasan dengan Kelurahan Pasar Baru dan Sumur Melele, sebelah timur berbatasan dengan Kelurahan Jitra, dan sebelah barat berbatasan dengan laut samudera Indonesia. Jarak pusat Kelurahan Malabero dengan Kelurahan Kebun Keling 4 km dengan

waktu tempuh 5 menit dengan menggunakan sepeda motor. Jarak pusat Kelurahan Pasar Baru dengan Kelurahan Malabero 5 km dengan waktu tempuh lima menit, jarak 4 km dengan waktu tempuh 5 20 m.

Kelurahan Jitra dengan pusat Kelurahan Malabero

menit, dan jarak Kelurahan Malabero dari laut samudera Indonesia adalah

2.2 Kondisi Geografis Kelurahan Malabero yang terdapat di Kecamatan Teluk Segara ini memiliki Luas Daerah 41,18 Hektar. Hampir 41,18 Hektar tersebut sudah dipenuhi dengan pemukiman

warga serta juga dialokasikan sebagai tempat Dinas Pemerintahan seperti, Kantor Lurah, Lembaga Pemasyarakatan, Puskesmas, Sekolah dasar serta Dinas-Dinas yang lainnya.

5

2.3. Perhubungan dan Transportasi Sarana perhubungan yang lazim digunakan oleh masyarakat kelurahan Malabero adalah menggunakan transportasi darat (mobil dan sepeda motor). Prasarana/jalan yang menghubungkan kelurahan malabero dengan kelurahan yang lain dikatakan cukup baik dan pada umumnya jalannya adalah aspal. 2.4. Keadaan Pendidikan Komposisi penduduk menurut tingkat pendidikan di daerah Kukerta ini dapat dilihat pada tabel berikut :
No 1 2 3 4 5 6 7 Total Pendidikan
Belum sekolah Tidak sekolah SD/Sederajat SLTP/Sederajat SLTA/Sederajat DIPLOMA/PT Sarjana (S-1,2,3)

Jumlah (jiwa)
409 246 643 630 489 53 63 2533

Persentase (%)
16.147 9.712 25.385 24.872 19.305 2.092 2.487 100

Sumber : Data daftar rumah tangga P4B tahun 2007 Tabel 2. Komposisi Penduduk Berdasarkan Tingkat Pendidikan

Dari data diatas dapat dilihat bahwa dengan persentase 25.385 % masyarakat yang tinggal di Kelurahan Malabero tersebut telah menyelesaikan Pendidikan Sekolah Dasar sehingga bisa disimpulkan bahwasanya penduduk di Kelurahan Malabero tersebut matoritas telah mengenal huruf dengan kata lain mayoritas penduduknya sudah tidak buta aksara secara keseluruan.

2.5 Kependudukan Komposisi penduduk yang berada pada Kelurahan Malabero terdiri dari 627 KK, dan jumlah penduduk yang wajib memiliki Kartu Tanda Penduduk yaitu 1650 orang, sedangkan jumlah penduduk yang sudah memiliki Kartu Tanda Penduduk yaitu 524 orang. Data penduduk Menurut usia sebanyak 2533 Jiwa.

6

No 1 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16 17 18 19 20 21 22 23 24 25 26 27 28 29 30

Golongan Usia
2 00-04 05-07 08-10 11-13 14-16 17-19 20-22 23-25 26-28 29-31 32-34 35-37 38-40 41-43 44-46 47-49 50-52 53-55 56-58 59-61 62-64 65-67 68-70 71-73 74-76 77-79 80-82 83-85 86-88 89 Keatas Jumlah

Laki-Laki
3 120 73 71 66 81 93 94 66 78 66 59 56 50 43 38 36 33 33 13 21 9 8 10 5 5 4 3 2 0 1 1237

Perempuan
4 145 79 97 84 64 62 74 101 80 63 46 73 58 51 41 29 27 26 16 15 11 16 8 10 5 5 4 4 2 1296

Jumlah Total
5 265 152 168 150 145 155 168 167 158 129 105 129 108 94 79 65 60 59 29 36 20 24 18 15 10 9 7 6 2 1 2533

Sumber : Data daftar rumah tangga P4B tahun 2007 Tabel 3. Komposisi Penduduk Menurut Usia 7

2.6 Agama Di Kelurahan Malabero ini khususnya dalam malah agama terdapat lima agama yang berada atau diakui oleh Negara pada Umunya dan untuk Kelurahan Malabero pada khsusunya.
No 1 1 2 3 4 5 Jenis Agama
2 Islam Khatolik Kristen Protestan Budha Hindu Jumlah

Laki-Laki
3 1167 49 19 2 1237

Perempuan
4 1213 68 15 1296

Total
5 2380 117 34 2 0 2533

Sumber : Data daftar rumah tangga P4B tahun 2007 Tabel 4. Komposisi Penduduk Terhadap Agama yang Dianut 2.7 Pekerjaan Komposisi penduduk di Kelurahan Malabero Berdasarkan jenis pekerjaan yang dijalani diuraikan ditabel berikut ini :
No 1 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 Jenis Pekerjaan
2 Pegawai Negeri Sipil Tentara Nasional Indonesia Polisi Republik Indonesia Pensiunan PNS / TNI / POLRI Pegawai Swasta Pedagang Swasta / Wirawasta Buruh / Tukang Nelayan Ibu Rumah Tangga Dan Lain-lain

Laki-Laki
3 23 6 4 8 21 54 229 89 303 500 1237

Perempuan
4 10 2 19 28 43 17 544 633 1296

Total
5 33 6 4 10 40 82 272 106 303 544 1133 2533

Sumber : Data daftar rumah tangga P4B tahun 2007 Tabel 5. Komposisi Penduduk Berdasarkan Jenis Pekerjaan

8

BAB III PELAKSANAAN BIDANG KEGIATAN
3.1 Bidang Saran adan Prasarana 1. Nama Kegiatan Tujuan Kegiatan Masalah Pokok Waktu Tempat Sasaran Biaya Keterangan : Gotong royong di kelurahan : Memperindah Kelurahan : Kurangnya masyarakat untuk berpatisipasi : 04 Juli 2010 : Kantor kelurahan malabro : Kantor kelurahan : Rp 0,: Bantuan tenaga

2. Nama Kegiatan Tujuan Kegiatan Masalah Pokok Waktu Tempat Sasaran Biaya Keterangan

: Gotong royong di koperasi sepakat : Memperindah koperasi : Kurangnya masyarakat untuk berpatisipasi : 02 Juli 2010 : Koperasi sepakat : Koperasi sepakat : Rp 0,: Bantuan tenaga

3. Nama Kegiatan Tujuan Kegiatan Masalah Pokok Waktu Tempat Sasaran Biaya Keterangan

: Gotong royong di masjid al-istiqomah : Memperindah masjid istiqomah : Kurangnya masyarakat untuk berpatisipasi : 10 Juli 2010 : Masjid istiqomah : Masjid istiqomah : Rp 0,: Bantuan tenaga

9

4. Nama Kegiatan Tujuan Kegiatan

: Sosialisai instalasi listrik : Memberikan suatu pengetahuan yang menjadi pedoman bagi mereka

Masalah Pokok Waktu Tempat Sasaran Biaya Keterangan

: Kurangnya masyarakat untuk berpatisipasi : 09 Agustus 2010 : Kantor kelurahan malabro : Kantor kelurahan malabro : Rp 280.000,: Bantuan tenaga dan uang

5. Nama Kegiatan Tujuan Kegiatan

: Sosialisasi rumah tahan gempa : Meningkatkan kesadaran masyakat terhadap perlunya pengetahuan terhadap membangun suatu bangunan untuk jangka panjang

Masalah Pokok Waktu Tempat Sasaran Biaya Keterangan

: Kurangnya masyarakat untuk berpatisipasi : 02 s/d 03 Agustus 2010 : Kantor kelurahan malabro : Kantor kelurahan malabro : Rp 270.000,: Bantuan tenaga dan uang

6. Nama Kegiatan Tujuan Kegiatan

: Penyuluhan rumah tahan gempa rumah kayu : untuk memperkenalkan spesifikasi rumah kayu yang tahan gempa

Masalah Pokok Waktu Tempat Sasaran Biaya Keterangan

: kurangnya minat berpatisipasi dalam penyuluhan : 20 Agustus 2010 : Madrasah Diniyah Aliyah : Madrasah Diniyah Aliyah : Rp 270.000,: Bantuan tenaga

10

3.2 Bidang Perekonomian dan Produksi 1. Nama Kegiatan Tujuan Kegiatan : Penyuluhan Koperasi : Meningkatkan kesadaran dalam melaksanakan koperasi untuk meningkatkan perekonomian Masalah Pokok Waktu Tempat Sasaran Biaya Keterangan : Kurangnya masyarakat untuk berpatisipasi : 7 Agustus 2010 : Madrasah Diniyah Aliyah : Madrasah Diniyah Aliyah : Rp 270.000,: Bantuan tenaga dan uang

2. Nama Kegiatan Tujuan Kegiatan

: Penyuluhan koperasi dan usaha kredit mikro : Memberikan motivasi untuk menggiatkan koperasi dalam sektor usaha mikro

Masalah Pokok Waktu Tempat Sasaran Biaya Keterangan

: Kurangnya masyarakat untuk berpatisipasi : 02 s/d 04 2010 dan 06 s/d 08 2010 : Kantor kelurahan malabro : Kantor kelurahan : Rp 300.000,: Bantuan tenaga dan uang

3.3 Bidang Pendidikan dan Sosial Budaya dan Spritual 1. Nama Kegiatan Tujuan Kegiatan Masalah Pokok Waktu Tempat Sasaran Biaya Keterangan : Kegiatan belajar mengajar : Membantu kegiatan belajar mengajar :: 15 s/d 31 Juli 2010 : SDN 11 Kota Bengkulu : Para Siswa-Siswi SDN 11 Kota Bengkulu : Rp 0,: Bantuan tenaga

11

2. Nama Kegiatan Tujuan Kegiatan

: Pengaktifan TPQ lautan ilmu : untuk menumbuhkan nilai-nilai agama bagi anakanak kelurahan malabro

Masalah Pokok Waktu Tempat Sasaran Biaya Keterangan

: Kurangnya masyarakat untuk berpatisipasi : 7 Juli 2010 : Masjid Al-hasyim : Anak-anak masjid al-hasyim : Rp 0,: Bantuan tenaga

3. Nama Kegiatan Tujuan Kegiatan

: Bimbingan belajar : Membantu anak-anak dalam menguasai materi yang diajarkan disekolah

Masalah Pokok Waktu Tempat Sasaran Biaya Keterangan

: Kurangnya masyarakat untuk berpatisipasi : 12 s/d 18 Juli 2010 dan 1 s/d 13 Agustus 2010 : TPQ istiqomah dan masjid al-hasyim : TPQ istiqomah dan masjid al-hasyim : Rp 0,: Bantuan tenaga

4. Nama Kegiatan Tujuan Kegiatan Masalah Pokok Waktu Tempat Sasaran Biaya Keterangan

: Kegiatan isra¶ mi¶raj : Meningkatkan semangat untuk beriman dan bertakwa : Kurangnya masyarakat untuk berpatisipasi : 07s/d 09 Juli 2010 : Masjid al-hasyim : Masjid al-hasyim : Rp 0,: Bantuan tenaga

5. Nama Kegiatan Tujuan Kegiatan

: Buka puasa bersama : Meningkatkan iman dan takwa serta mempererat silaturahmi

Masalah Pokok Waktu

: Kurangnya masyarakat untuk berpatisipasi : 29 Agustus 2010 12

Tempat Sasaran Biaya Keterangan

: Masjid al-hasyim : Masjid al-hasyim : Rp 400.000,: Bantuan tenaga dan uang

6. Nama Kegiatan Tujuan Kegiatan Masalah Pokok Waktu Tempat Sasaran Biaya Keterangan

: Penyuluhan kampanye anti narkoba : untuk menumbuhkan generasi yang bebas narkoba : kurangnya minat berpatisipasi dalam penyuluhan : 27 s/d 28 Juli 2010 : Madrasah Diniyah Aliyah : Madrasah Diniyah Aliyah : Rp 350.000,: Bantuan tenaga dan tenaga

7. Nama Kegiatan Tujuan Kegiatan Masalah Pokok Waktu Tempat Sasaran Biaya Keterangan

: Seminar pendidikan : untuk menumbuhkan generasi yang berprestasi : kurangnya minat berpatisipasi dalam penyuluhan : 04 Agustus 2010 : Madrasah Diniyah Aliyah : Madrasah Diniyah Aliyah : Rp 265.000,: Bantuan tenaga dan tenaga

8. Nama Kegiatan Tujuan Kegiatan Masalah Pokok Waktu Tempat Sasaran Biaya Keterangan

: Kegiatan Taksiah : Silaturahmi :: 06 Agustus 2010 : Rumah warga RT 10 : Rumah warga RT 10 : Rp 70.000,: Bantuan tenaga dan uang

9. Nama Kegiatan Tujuan Kegiatan

: Tadarus : Meingkatkan iman dan takwa 13

Masalah Pokok Waktu Tempat Sasaran Biaya Keterangan

: Kurangnya masyarakat untuk berpatisipasi : 11 s/d 16 Agustus 2010 : Masjid al-hasyim : Masjid al-hasyim : Rp 0,: Bantuan tenaga

10. Nama Kegiatan Tujuan Kegiatan

: Penyuluhan narkoba, kenakalan remaja, kebersihan : Menumbuhkan generasi yang bebas narkoba, sehat serta dengan sikap yang baik

Masalah Pokok Waktu Tempat Sasaran Biaya Keterangan

: Kurangnya masyarakat untuk berpatisipasi : 31 juli 2010 : SDN 11 kota bengkulu : SDN 11 kota bengkulu : Rp 150.000,: Bantuan tenaga dan uang

3.4 Bidang Kesehatan dan Kebersihan Lingkungan 1. Nama Kegiatan Tujuan Kegiatan : Membantu kegiatan posyandu : Memberdayakan tingkat kedisiplinan didalam sistem posyandu Masalah Pokok Waktu Tempat Sasaran Biaya Keterangan : Kurangnya masyarakat untuk berpatisipasi : 03 Agustus 2010 : PKK Malabro : PKK Malabro : Rp 0 : Bantuan tenaga

2. Nama Kegiatan Tujuan Kegiatan Masalah Pokok Waktu Tempat Sasaran

: Sosialisasi rumah sehat : untuk menumbuhkan kesadaran terhadap kesehatan : kurangnya minat berpatisipasi dalam penyuluhan : 29 Juli 2010 : Madrasah Diniyah Aliyah : Madrasah Diniyah Aliyah 14

Biaya Keterangan

: Rp 270.000,: Bantuan tenaga dan tenaga

3.5 Bidang Kelestarian Lingkungan 7. Nama Kegiatan Tujuan Kegiatan : Penghijauan : Meningkatkan kesadaran masyarakat dalam menjaga lingkungan Masalah Pokok Waktu Tempat Sasaran Biaya Keterangan : Kurangnya masyarakat untuk berpatisipasi : 11 Juli 2010 : Daerah pesisir pantai : Daerah pesisir pantai : Rp 0 : Bantuan tenaga

8. Nama Kegiatan Tujuan Kegiatan

: Penyuluhan rumah tahan gempa rumah kayu : untuk memperkenalkan spesifikasi rumah kayu yang tahan gempa

Masalah Pokok Waktu Tempat Sasaran Biaya Keterangan

: kurangnya minat berpatisipasi dalam penyuluhan : 20 Agustus 2010 : Madrasah Diniyah Aliyah : Madrasah Diniyah Aliyah : Rp 270.000,: Bantuan tenaga

3.6 Bidang Peningkatan Peranan Wanita 1. Nama Kegiatan Tujuan Kegiatan Masalah Pokok Waktu Tempat Sasaran Biaya Keterangan : Pertemuan majelis taklim : Mendapatkan suatu pemikiran baru : Kurangnya masyarakat untuk berpatisipasi : 13 juli 2010 : Masjid al-hasyim : Masjid al-hasyim : Rp 0 : Bantuan tenaga

15

2. Nama Kegiatan Tujuan Kegiatan Masalah Pokok Waktu Tempat Sasaran Biaya Keterangan

: Arisan Ibu-Ibu RT 02 : Silaturahmi kepada ibu-ibu di kelurahan malabro :: 25 juli 2010 : Rumah ibu RT 02 : Rumah Ibu RT 02 : Rp 0 : Bantuan tenaga

3.7 Bidang Administrasi Kelurahan 1. Nama Kegiatan Tujuan Kegiatan : Membenahi data kelurahan : Dapat memberikan gambaran keadaan di masyarakat melalui data tersebut Masalah Pokok Waktu Tempat Sasaran Biaya Keterangan :: 7 s/d 10 Agustus 2010 : Rumah warga kelurahan malabro : Rumah warga kelurahan malabro : Rp 30.000,: Bantuan tenaga dan uang

2. Nama Kegiatan Tujuan Kegiatan Masalah Pokok Waktu Tempat Sasaran Biaya Keterangan

: Pemeliharaan dan penataan kantor lurah : Tertata rapi, bersih dan nyaman : Kurangnya masyarakat untuk berpatisipasi : 17 Juli 2010 : Kantor kelurahan malabro : Kantor lurah malabro : Rp 0,: Bantuan tenaga

16

3. Nama Kegiatan Tujuan Kegiatan Masalah Pokok Waktu Tempat Sasaran Biaya Keterangan

: Observasi wilayah : untuk data kelurahan :: 05 Juli 2010 : Kelurahan malabro : Kelurahan malabro : Rp 350.000,: Bantuan tenaga dan tenaga

3.8 Bidang Unggulan 1. Nama Kegiatan Tujuan Kegiatan : Pembuatan nugget ikan : Memberikan pengetahuan cara pembuatan nugget ikan kepada para ibu-ibu kelurahan malabro Masalah Pokok Waktu Tempat Sasaran Biaya Keterangan : Kurangnya masyarakat untuk berpatisipasi : 30 juli 2010 : Madrasah Diniayah Aliyah : Madrasah Diniyah Aliyah : Rp 70.000,: Bantuan tenaga dan uang

3.9 Bidang Umum 1. Nama Kegiatan Tujuan Kegiatan Masalah Pokok Waktu Tempat Sasaran Biaya Keterangan : Kegiatan di TPS : Membantu pelayan pada PILKADA : Kurangnya masyarakat untuk berpatisipasi : 03 juli 2010 : Koperasi sepakat : Koperasi sepakat : Rp 0,: Bantuan tenaga

17

2. Nama Kegiatan Tujuan Kegiatan

: Kegiatan 17 Agustus : Meningkatkan semangat patriotism pada anak-anak di kelurahan malabro

Masalah Pokok Waktu Tempat Sasaran Biaya Keterangan

: Kurangnya masyarakat untuk berpatisipasi : 03 s/d 07 Agustus 2010 : Lapangan pantai : Lapangan pantai : Rp 900.000,: Bantuan tenaga dan uang

3. Nama Kegiatan Tujuan Kegiatan

: Kegiatan lomba bulan ramadhan : Meningkatkan keimanan dan takwa pada anak-anak di kelurahan malabro

Masalah Pokok Waktu Tempat Sasaran Biaya Keterangan

: Kurangnya masyarakat untuk berpatisipasi : 26 s/d 27 Agustus 2010 : Madrasah Diniayah Aliyah : Madrasah Diniyah Aliyah : Rp 300.000,: Bantuan tenaga dan uang

18

BAB IV KESIMPULAN DAN SARAN
4.1.Kesimpulan Setelah dilakukan observasi lapangan dan dilanjutkan dengan pembuatan rencana program kerja dengan pelaksanaannya selama dua ( 2 ) bulan, mulai tanggal 1 Juli sampai dengan 31 Agustus 2010, kami Mahasiswa Kukerta UNIB Periode Ke-61 Tahun 2010 kelompok Kukerta Kelurahan Malabro Kecamatan Teluk Segara Kota Bengkulu dapat menarik berbagai kesimpulam,sebagai berikut: Selama kami melaksanakan Kuliah Kerja Nyata ( KUKERTA ) mendapat tanggapan yang sangat positif dari aparat pemerintahan kelurahan, Kecamatan, maupun Pemerintahan tingkat Kota, serta terutama sekali dari seluruh masyarakat Kelurahan Malabro. Rasa kekeluargaan, kerjasama dan kebersamaan masyarakat cukup tinggi, hal ini dapat dilihat dari semua kegiatan yang sudah dibuat dalam sebuah kalender kerja dapat terlaksana dengan baik. Semua kegiatan yang sudah dilakukan dapat dirasakan manfaatnya secara langsung oleh masyarakat terutama pada kegiatan yang dapat memberikan tambahan pengetahuan bagi masyarakat yang nantinya akan sangat berpengaruh pada tingkat pendapatan dari masyarakat, perilaku dalam masyarakat sehari-hari. Pada bidang program unggulan baik kelompok maupun individu telah dirasakan manfaatnya oleh masyarakat sehingga dapat dijadikan sumber penghasilan dan mengurangi beban ekonomi rumah tangga.

4.2.Saran Setelah berakhirnya Mahasiswa Kukerta Universitas Bengkulu Periode 61 Tahun 2010 ini, semoga semua kegiatan tersebut dapat diteruskan dan dipelihara secara berkesinambungan oleh warga masyarakat, dan sampai pada saatnya nanti kiranya dapat dilanjutkan dan diteruskan oleh Mahasiswa Kukerta pada periode berikutnya.

19

TEKNOLOGI YANG DITERAPKAN
Adapun teknologi yang diterapkan dalam Kuliah Kerja Nyata Universitas Bengkulu Periode 61 Tahun 2010 Kelurahan Malabro yaitu: 1. Teknik Observasi, yaitu mahasiswa KKN secara langsung terjun kelapangan untuk mengumpul data-data. 2. Teknik Partisipasi, yaitu suatu teknik pendekatan dimana mahasiswa bekerja sama dengan masyarakat dalam melaksanakan kegiatan secara bersama -sama. 3. Teknik Tatap Muka, yaitu mahasiswa dalam menyampaikan materi secara langsung dengan masyarakat yang telah dikumpulkan di tempat dan waktu yang telah ditentukan.

20

DAFTAR PUSTAKA

Monografi Kelurahan Malabro Kecamatan Teluk Segara Kota Bengkulu Tahun 2010 Daftar Isian Potensi Kelurahan Malabro

Lembaga Pengabdian Pada Masyarakat UNIB 2010, Panduan Kuliah Kerja Nyata (Kukerta) Universitas Bengkulu ke-61 Tahun 2010 Universitas Bengkulu

21

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful