You are on page 1of 12

PANDUAN

PEMBERIAN PRIVACY
RSU GMIM BETHESDA TOMOHON
TAHUN 2016

RSU GMIM BETHESDA TOMOHON
TAHUN 2017
i

...................................................................1. 2 BAB II................................... 9 DAFTAR PUSTAKA ............... Latar Belakang .......... DAFTAR ISI Halaman Judul ……………………………………………………………………………......................... i Daftar Isi ………………………………………………………………………………… ii BAB I........................................... Dokumentasi .3........ 6 BAB IV........ 7 Lampiran 1 . 3 2............................................................... 10 ii ............................................................................................................................................2.............................................. 2 1................................................................................................... Tata Laksana ................................... Pengertian ....................................…...... 1 1................................................................................ Pelayanan Privasi Pasien ……………………………………………… 4 BAB III............................... Penutup ........ 3 2.................................................................. 8 Lampiran 2 ............................................................. Tujuan ........ Pendahuluan ...................2.................................................................. 1 1...... Rekam Medis .1.........

Privasi adalah hak seseorang untuk mengontrol akses informasi atas rekam medis kesehatan pribadinya. hilang atau pengubahan data akibat ulah pihak yang tidak bertanggung jawab. informasi itu hanya diberikan kepada pihak – pihak yang berwenang. Akses. sepanjang tidak menyebutkan identitas pasien. Kerahasiaan (confidentiality) adalah proteksi terhadap rekam medis kesehatan dan informasi lain pasien dengan cara menjaga informasi pribadi pasien dan pelayanannya. d) Permintaan institusi atau lembagaberdasarkan ketentuan perundang – undangan. c) Perintah pengadilan. b) Memenuhi permintaan aparatur. c. Informasi akan diberikan atas persetujuan pasien. Latar Belakang Hal setiap orang untuk mendapatkan pelayanan kesehatan dijamin oleh Undang – Undang. e) Untuk kepentingan penelitian. Dalam mendapatkan pelayanan kesehatan secara optimal dari penyelenggara pelayanan kesehatan. riwayat pemeriksaan dan riwayat pengobatan dapat dibuka dalam hal : a) Untuk kepentingan kesehatan pasien. fleksibilitas terhubung dengan berbagai sumber da efisiensi Informasi tentang identitas. kerahasiaan dan keamanan. d. 1 . a. pendidikan dan audit medis. Keamanan (security) adalah perlindungan terhadap privasi seseorang dan kerahasiaan rekam kesehatannya.1. Dalam konsep pelayanan kesehatan dikenal istilah privasi. setiap orang berhak atas rahasia kondisi kesehatan pribadinya yang telah dikemukakan kepada penyelenggara pelayanan kesehatan. diagnosa. Dalam pelayanan kesehatan. permintaan dan atau persetujuan pasien sendiri. b. prnrgak hukum dalam rangka penegakan hukum. riwayat penyakit. BAB I PENDAHULUAN 1. Keamanan merupakan proteksi terhadap informasi pelayanan kesehatan yang rusak.

3. Sebagai pelindung atau proteksi keamanan bagi petugas rekam medis dan informasi tentang pasien. diagnosa. Tujuan. Seluruh informasi tentang pengobatan. dokter gigi. kegiatan lainnya harus dijaga kerahasiannya seperti yang berlaku pada data rekam medis. Adalah menjunjung tinggi kebenaran dan kejujuran. dan riwayat pengobatan pasien harus dijaga kerahasiaannya oleh dokter. perawatan. Privacy. Kerahasiannya tentang pasien wajib dijaga oleh seluruh tenaga kesehatan dan mereka yang sedang di dalam pendidikan disarana kesehatan. dokter gigi. tenaga kesehatan tertentu. Terlaksananya perlindungan bagi privasi pasien di RSU GMIM Bethesda Tomohon secara optimal dengan melindungi hak-hak pasien terhadap privasi dan menjaga kerahasiaan kesehatannya. riwayat penyakit. petugas kesehatan pengelola dan pimpinan sarana pelayanan kesehatan. tenaga kesehatan tertentu. 1. Adalah menghormati hak privacy pasien 2. Confidentiality. 2 .2. petugas pengelola dan pimpinan sarana pelayanan kesehatan di RSU GMIM Bethesda Tomohon dalam hal melindungi dan nghormati hak setiap orang akan kerahasiaan kondisi kesehatannya. Adalah ke kesetiaannya untuk selalu melindungi hak privacy pasien dan kerahasiaannya 3. 1. Sebagai acuan bagi dokter. Veracity. Pengertian.1. Informasi tentang identitas.

3 . Peminjaman dokumen rekam medis oleh instansi di luar rumah sakit (pengadilan atau kepolisian) harus disertai pengajuan tertulis oleh instansi bersangkutan kepada Direktur dan penyeahannya disertai berita acara. g. BAB II TATA LAKSANA 2. Penyimpanan data rekam medis dilakukan secara sentralisasi di Instalasi Rekam Medis disimpan dalam lemari terkunci. Orang tua baru anak adopsi menerima hak sebagai orang tua asli berhak untuk memeriksa dokumen rekam medis anak angkatnya hingga dewasa. Melakukan sumpah untuk petugas rekam medis yang belum menempuh pendidikan D3 Rekam Medis. Terkait keamanan dokumen rekam medis selain petugas tidak diperkenankan masuk ke ruang penyimpanan dokumen rekam medis j. kecuali dokumen rekam medis masa lampau yang berkaitan dengan orang tua aslinya. i. e. Setiap lambar hasil fotocopy dokumen rekam medis yang diberikan kepada pihak luar harus ditandatangani oleh pejabat yang membawahi instansi Rekam Medis atau Kepala Departemen Penunjang Medis dan diberi stempel rumah sakit.1. h. Peminjaman dokumen rekammedis oleh petugas medis di luar rumah sakit serta mahasiswa harus mengajukan permohonan tertulis kepada Direktur RSU GMIM Bethesda Tomohon d. f. Rekam Medis. a. c. Pengambilan dokumen rekam medis dari tempat penyimpanan hanya dapat dilakukan oleh petugas rekam medis b. Permintaan salinan atau foto copy isi dokumen rekam medis oleh pasien atau keluarganya harus disertai pengajuan tertulis kepada Direktur serta menandatangani pernyataan kerahasiaan isi rekam medis dan penyerahannya disertai berita acara. Peminjaman dokumen rekam medis oleh petugas medis di dalam rumah sakit harus disertai formulir peminjaman yang ditandatangani oleh peminjam atau pengambil serta petugas rekam medis yang menyerahkan dokumen. sedangkan untuk mahasiswa melakukan konfirmasi dengan pihak institusi pendidikan untuk sumpah profesinya.

b. tenaga kesehatan lain. perawat. c. Menyediakan tempat atau ruangan untuk konsultasi antara pasien atau keluarga dengan dokter (di ruang konsultasi dokter. Akses informasi rekam medis hanya diperbolehkan kepada orang yang berhubungan langsung dengan pelayanan pasien serta dokter. 2. Bila ada yang menanyakan tentang kondisi kesehatan pasien melalui telepon selain keluarga. Menutup korden atau penyekat kamar. Rumah Sakit menghormati hak pasien atau keluarga untuk tidak mau dikunjungi karena alasan kesehatan pasien. Tidak memasang papan nama pasien disetiap instalasi rawat inap. pasien dipakaikan selimut. dengan memberikan tulisan di pintu masuk kamar pasien bertuliskan “Mohon maaf demi kesembuhan pasien. 2. 3. f. Perawat melakukan serah terima dinas di kantor perawat dan pada saat keliling ruangan bersifat konfirmasi kepada pasien. Perawat rawat inap menyimpan data rekam medis (status pasien) di lemari atau laci yang aman. pasien wajib mengisi formulir pelepasan informasi (hak perwalian 4 . Dokter dan perawat di RSU GMIM Bethesda Tomohon wajib menjaga kerahasiaan informasi kesehatan pasien. Jika pasien masih dalam kondisi sadar dan berkompeten untuk mengambil keputusan. k.2. Pada saat pasien akan dikirim keluar ruangan atau unit. d. 1. Pasa saat dokter visite dan melakukan pemeriksaan fisik tetap menjaga privasi pasien dengan : 1. untuk sementara pasien tidak dapat menerima tamu atau pengunjung”. ruangan kepala ruangan). Pelayanan Privasi Pasien. a. Dilengkapi dengan pengisian formulir permintaan pembatasan pengunjung. e. 2. Meminta penunggu pasien atau orang yang sedang berkunjung untuk keluar sebentar karena dokter akan memeriksa pasien. informasi hanya diberikan kepada keluarga terdekat dan seijin pasien. 3. Meminta ijin kepada pasien untuk melakukan pemeriksaan fisik dan memakaikan selimut. petugas ruangan tidak diperkenankan memberikan informasi tanpa seijin pasien atau keluarga.

5 . termasuk pada saat jam berkunjung di instalasi Pelayanan Intensif maka perawat atau satuan pengamanan berwenang menanyakan ijin dari Direktur Rumah Sakit dan ijin dari pasien. petugas rumah sakit wajib melarang dan menghentikan peliputan serta meminta wartawan meninggalkan rumah sakit. Bila ada telusur kasus seperti untuk kepentingan akreditasi atau penelitian. dengan demikian Rumah Sakit tidak bertanggungjawab terhadap kerahasiaan data rekam medis pasien. mendapatkan informasi kesehatan pasien selama di rumah sakit) baik rawat jalan maupun rawat inap. i. apabila tidak ada ijin dari keduanya. j.Pihak yang berkepentingan membuat pernyataan secara tertulis untuk menjaga kerahasiaan data rekam medis pasien. Apabila dijumpai ada peliputan wartawan di area rumah sakit. Melakukan pembatasan jam berkunjung. diberitahukan kepada keluarga pasien yang lain untuk menjaga 1(satu) orang saja yang ada di dalam ruangan. g. wajib meminta ijin kepada pasien untuk kesediaanya ditelusur. Untuk pasien dengan kondisi terminal atau gaduh gelisah bila ada kamar kosong dipindahkan ke kamar tersebut. h. Pasien wajib mengisi formulir pelepasan informasi kepada media tersebut. bila tidak ada. Peliputan oleh media cetak maupun elektronik harus mengajukan permohonan kepada Direktur Rumah Sakit secara tertulis dan harus mendapat ijin dari pasien. k.

2. Bukti bahwa rumah sakit melindungi privasi pasien didokumentasikan dalam formulir perlindungan privasi. 3. Seluruh permintaan dokumen oasien untuk keperluan asuransi. Apabila permintaan dokumen rekam medis dilakukan oleh orang yang bukan merupakan keluarga dekat atau wali pasien maka harus menggunakan Surat Kuasa. Seluruh isian dokumen rekam medis disimpan di instalasi Rekam Medis dan diserahkan dalam waktu 2 x 24 jam bila memungkinkan. 4. Atas seijin pasien informasi kesehatan hanya diberikan kepada orang yang telah ditunjuk oleh pasien. 5. BAB III DOKUMENTASI 1. Pencatatan dan pelaporan dilakukan oleh seluruh penyelenggara Rumah Sakit Mardi Waluyo Metro dengan menggunakan format yang sudah disediakan oleh Rekam Medis. 7. 6 . didokumentasikan dalam formulir pelepasan informasi. pendidikan dengan menggunakan format permintaan dokumen yang ditujukan kepada Direktur RSU GMIM Bethesda Tomohon. Dokter menjelaskan tentang informasi kesehatan pasien kepada keluarga dekat atau wali dan dilakukan pencatatan di RM 6.

Tomohon. T. mahasiswa praktik. 15 Oktober 2016 Mengesahkan : Ketua Pokja Direktur RSU GMIM Bethesda Tomohon Dr. Tambajong Dr. di RSU GMIM Bethesda Tomohon dapat menjaga privasi. BAB IV PENUTUP Dengan ditetapkannya Panduan Pelayanan Privasi Pasien maka setiap penyelenggara kesehatan yang terdiri dari tenaga medis. serta dapat menghormati hak psien terhadap privasinya. M. kerahasiaan informasi kesehatan pasien dengan sebaik – baiknya.Kes 7 . Kambey. Franky V. Natalia J.

Tomohon 95441 Provinsi Sulawesi Utara Telp. ………………………………………………………………………….……………………… Pasien/Keluarga Saksi (……………………………………) (……………………………………) Tanda tangan/Nama Terang Tanda tangan/NamaTerang 8 ...(0431) 352712 Kotak Pos : 10 Tomohon 95441 FORMULIR PERMINTAAN PEMBATASAN PENGUNJUNG Dengan ini saya mengijinkan keluarga atau pengunjung atas nama : 1. …………………………………………………………………………. ….354033. 4. …………………………………………………………………………... 3. (0431) 351024 . Lampiran 1 RSU BETHESDA GMIM TOMOHON JL. 2. …………………………………………………………………………. Untuk mengunjungi atau menjaga saya/keluarga saya selama mendapatkan perawatan di RSU GMIM Bethesda Tomohon Tomohon. Fax.. Raya Tomohon.

.... ... dgn Kelamin Lahir Telp Pasien 1 2 3 4 Pemberi kuasa tidak akan menuntut dokter pemberi informasi dan/atau Rumah Sakit Baptis Batu tentang segala hal yang berkenaan dengan pemberian informasi secara lisan dan / atau tertulis ini dikemudian hari.... (0431) 351024 .......... Fax........ Rekam L Medik : Tanggal Lahir : P Ruang / Klas : Yang bertanda tangan di bawah ini : Nama : Tgl.. Lahir : No............. Pukul ...........) (...................... Tomohon 95441 Provinsi Sulawesi Utara Telp........... Pihak RSU Bethesda Tomohon Pihak Pasien Yang memberi kuasa (...Rekam Medik : Alamat : Hubungan dengan pasien : Suami/ Istri/Anak Ayah/Ibu/ Pasien sendiri/Lain- lain. Lampiran 2 RSU BETHESDA GMIM TOMOHON JL...... Tomohon............. Nama Jenis Tgl....... Raya Tomohon...............) (. Dengan ini memberi kuasa kepada pihak RSU GMIM Bethesda Tomohon untuk memberikan informasi medis secara lisan dan / tertulis mengenai diri saya/pasien No................. Demikian surat persetujuan pelepasan informasi medis ini saya buat dengan penuh kesadaran dan tanpa ada paksaan dari pihak manapun untuk dipergunakan sebagaimana mestinya.............(0431) 352712 Kotak Pos : 10 Tomohon 95441 PERSETUJUAN PELEPASAN INFORMASI MEDIS Nama : No... Hub.........................) Nama terang Nama terang Nama terang 9 .............. Alamat No....354033........

Jakarta : Penerbit Buku Kedokteran. Edisi Keenam. 10 . Republik Indonesia (1998).wordpress. ECG http://himitsuqalbu.com/layanan informasi makalah. DAFTAR PUSTAKA Capernito. Jakarta : Direktur Jendral Layanan Medis. Lynda Jual (2000).Aplikasi pada Praktek Klinis Diagnosa Keperawatan. Petunjuk Pelaksanaan Mutu Pelayanan Rumah Sakit.