You are on page 1of 8

PEMERINTAH KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA

DINAS KESEHATAN

PROGRAM :
PENGADAAN, PENINGKATAN DAN PERBAIKAN SARANA DAN
PRASARANA PUSKESMAS / PUSKESMAS PEMBANTU DAN
JARINGANNYA
KEGIATAN :

PEMBANGUNAN PUSKESMAS

KAK
(KERANGKA ACUAN KERJA)

PEKERJAAN :
PENGAWASAN TEKNIS RELOKASI PUSKESMAS
HANDIL BARU

TAHUN ANGGARAN 2018

Dinas Kesehatan Kab. Kutai Kartanegara Tahun 2018

Tujuan dari kegiatan ini adalah melaksanakan pekerjaan Pengawasan Teknis (Supervisi) Kegiatan “Relokasi Puskesmas Handil Baru. 3. Kutai Kartanegara Tahun 2018 . 4. Sarana Gedung atau Bangunan yang digunakan dalam pelayanan kesehatan di masyarakat yang memadai mempunyai peran yang sangat penting dalam mendukung keberhasilan sektor-sektor lain dalam penyelenggaraan pemerintahan & perekonomian yang mengarah kepada suatu sistem pelayanan kesehatan terpadu antar kota dan wilayah. Latar Belakang Kebutuhan akan pelayanan kesehatan di masyarakat merupakan hal yang harus menjadi perhatian pemerintah. 2. Oleh sebab itu pemerintah dituntut harus dapat meningkatkan sarana pelayanan kesehatan yang memadai. PPK : Rahmad Fitriadi. biaya dan waktu pelaksanaan sesuai dengan yang disyaratkan dalam dokumen kontrak. karena selama ini pelayanan kesehatan kita masih dirasa kurang. sehingga diharapkan akan diperoleh hasil pekerjaan dengan standar mutu. Maksud dan Tujuan Maksud dari kegiatan ini adalah pemilihan konsultan supervisi yang dapat melakukan pengawasan terhadap kegiatan “Relokasi Puskesmas Handil Baru. Sasaran pembangunan sarana pelayanan kesehatan adalah mendukung terciptanya penyelenggaraan sistem pelayanan kesehatan masyarakat yang cukup memadai dengan cara meningkatkan system pelayanan kesehatan nasional dalam memenuhi kebutuhan pengguna jasa. Nama Organisasi Pengguna Jasa dan Sumber Pendanaan Pengguna Jasa adalah Dinas Kesehatan Kabupaten Kutai Kartanegara. SE NIP : 19840629 200901 1002 Dinas Kesehatan Kab. serta untuk mewujudkan system pelayanan kesehatan yang mantap dan mampu memberikan manfaat yang sebesar-besarnya bagi kepentingan masyarakat. Sasaran Sasaran kegiatan ini adalah Pengawasan terhadap pelaksanaan pekerjaan kontraktor pada kegiatan “Relokasi Puskesmas Handil Baru”. KERANGKA ACUAN KERJA Pengawasan Teknis Relokasi Puskesmas Handil Baru 1.

Lokasi. serta mengeluarkan perintah yang tepat untuk melaksanakan pekerjaan. Data dan Fasilitas Penunjang Lingkup Kegiatan melakukan pelayanan pengawasan teknis (supervisi) dan bimbingan teknis pada Kegiatan “Relokasi Puskesmas Handil Baru”. Membantu Dinas Kesehatan Kabupaten Kutai Kartanegara dalam segala aspek supervisi teknik pelaksanaan Kegiatan Relokasi Puskesmas Handil Baru. d. Melakukan review design (bila ada) yang diperlukan selama masa pelaksanaan konstruksi. Membantu Pejabat Pembuat Komitmen dalam melaksanakan tugasnya untuk menjamin semua pekerjaan yang dilaksanakan sesuai dengan Spesifikasi Teknis dan Dokumen Kontrak lainnya. Melaksanakan semua pekerjaan teknis di lapangan yang dibutuhkan untuk menentukan tempat-tempat dan batas-batas serta kuantitas pekerjaan disesuaikan dengan dana yang tersedia didalam kontrak. terutama sehubungan dengan hak dan kewajiban kontraktor sesuai dengan isi Kontrak. Tugas dan kewajiban Tim Pengawas Teknis (Konsultan Pengawas) mencakup. f. Membantu Pejabat Pembuat Komitmen dalam memahami/menafsirkan dan melaksanakan ketentuan-ketentuan hokum dalam Dokumen Kontrak.(Seratus Enam Puluh Juta Rupiah) termasuk PPN. Membuat rekomendasi yang rinci untuk perintah perubahan Kontrak (CCO) dan Addendum sesuai dengan kebutuhan untuk menjamin didapatkan hasil yang optimum sesuai dengan biaya yang tersedia.000.. mencakup pengawasan mutu konstruksi. b. Untuk pelaksanaan kegiatan ini diperlukan biaya kurang lebih Rp. c. termasuk pengumpulan semua data lapangan yang diperlukan dan membuat perhitungan serta persiapan gambar-gambar detail konstruksi. Memeriksa dengan teliti semua pengukuran kuantitas dan perhitungan yang diperlukan untuk pembayaran dan menjamin bahwa semua pengukuran dan perhitungan yang dilakukan sesuai dengan Spesifikasi dalam kontrak. Lingkup Kegiatan. Dinas Kesehatan Kab. 160. e. biaya dan waktu pelaksanaan sesuai dengan syarat-syarat yang telah ditetapkan dalam dokumen kontrak.000. tetapi tidak terbatas pada hal-hal berikut : a. Kutai Kartanegara Tahun 2018 . Kegiatan ini dibiayai oleh APBD Kabupaten Kutai Kartanegara Tahun Anggaran 2018 5.

computer. 6.hal lain yang menyimpang dari Spesifikasi Teknis. ATK. Bila terdapat penyimpangan baik dalam mutu maupun kuantitas bahan dan pekerjaan. dll sudah termasuk dalam kontrak dan harus disediakan oleh Penyedia Jasa. volume pekerjaan dan masalah-masalah yang berkaitan dengan dokumen kontrak fisik. akomodasi. dan merekomendasikan tindakan perbaikan yang diperlukan. dimana gambar tersebut harus menunjukan hasil akhir dari pekerjaan secara lengkap. demikian pula bila ada hal. h. i. Tembusan dari peringatan tersebut harus dikirim kepada Pejabat Pelaksana Teknis Kegiatan yang mungkin dibutuhkan oleh Pejabat Pelaksana Teknis Kegiatan dalam mengambil keputusan akan menerima atau menolak sertifikat pembayaran bulanan yang diajukan kontraktor. g. Memeriksa gambar As-built Drawing yang dibuat oleh kontraktor. Metodologi Site Engineer akan melakukan monitoring kemajuan pekerjaan. Lokasi Kegiatan : Kec. Memantau dan memeriksa kembali mutu dan pengukuran kuantitas atas pekerjaan konstruksi serta ikut menandatangani sertifikat pembayaran bulanan (MC) bila mutu pekerjaan sudah dapat diterima dan kuantitasnya sudah benar. printer. Koordinasi Tim Teknis dilaksanakan Site Engineer (SE) Dinas Kesehatan Kab. Membuat laporan bulanan dan triwulan (atau jangka waktu yang ditentukan) untuk kemajuan fisik dan keuangan dari kegiatan kontruksi yang akan dikirim ke Dinas Kesehatan Kabupaten Kutai Kartanegara. Samboja Fasilitas Penunjang: Tidak ada fasilitas penunjang yang disediakan oleh Pengguna Jasa. dengan menggunakan Formulir standar yang telah ditentukan. Semua fasilitas penunjang yang dibutuhkan termasuk ruang kantor. konsultan harus memberikan peringatan kepada kontraktor secara tertulis. alat trasportasi. pengendalian mutu. Kutai Kartanegara Tahun 2018 . Melapor kepada Pejabat Pembuat Komitmen tentang masalah-masalah konstruksi atau keterlambatan yang terjadi. k. j. Membantu Pelaksanaan Serah Terima Pekerjaan (PHO). khususnya mempersiapkan daftar kekurangan yang perlu diperbaiki oleh kontraktor.

terutama sehubungan dengan : 1) Inspeksi secara teratur ke lokasi pekerjaan untuk melakukan monitoring kondisi pekerjaan dan melakukan perbaikan-perbaikan agar Dinas Kesehatan Kab. lulusan Perguruan Tinggi Negeri atau yang terakreditasi.  Pernah menduduki posisi Site Engineer. 7. 8. Dalam melaksanakan tugasnya.  Mempunyai Sertifikat Keahlian (SKA) Ahli Teknik Bangunan Gedung (201) dengan kualifikasi Ahli Madya. bersama-sama dengan Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) yang terkait pada Dinas Kesehatan Kabupaten Kutai Kartanegara. tapi tidak terbatas hal-hal sebagai berikut : a. Persyaratan dan Uraian tugas dan Tanggung Jawab masing-masing personil: 1) Site Engineer Persyaratan :  Minimal Sarjana Teknik Arsitektur (S-1). yang terdiri dari staf profesional yang terdiri dari Site Engineer dan Pengawas Elektrikal dan dibantu oleh tenaga Teknis terdiri dari Inspector yang kesemuanya ditempatkan di lokasi pekerjaan. Mengikuti petunjuk-petunjuk dan persyaratan yang telah ditentukan. Kutai Kartanegara Tahun 2018 . Konsultan Pengawas selaku direksi teknik akan senantiasa berkoordinasi dengan Direksi pekerjaan (PPK) yang mewakili Dinas Kesehatan Kab. Pengawasan Teknis pekerjaan dilaksanakan oleh Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) yang bertindak sebagai “Direksi Pekerjaan” dan mendelegasikan sebagian tugasnya kepada Konsultan Pengawas yang akan bertindak sebagai “Direksi Teknik”. Jangka Waktu Pelaksanaan Jangka Waktu Pelaksanaan kegiatan ini diperkirakan 210 (dua ratus sepuluh) hari kalender.  Pengalaman dalam bidang pengawasan pekerjaan bangunan gedung minimal 5 tahun. Tugas dan tanggung jawab Site Engineer akan mencakup. Personil (Tenaga Ahli & Tenaga Teknis) Tim Konsultan harus mengorganisasikan seluruh personilnya yang merupakan Tim Pengawas Teknis Lapangan. Kutai Kartanegara selaku Owner dan kontraktor pelaksana selaku pelaksana pekerjaan.

Membuat pernyataan penerimaan (“Acceptance”) atau penolakan (“Rejection”) atas material dan produk pekerjaan. h. c. Mengecek dan menandatangani sertifikat pembayaran bulanan (monthly certificate). termasuk gambar dan perhitungan sehubungan dengan usulan perubahan Kontrak. 3) Metode pelaksanaan untuk tiap jenis pekerjaan yang disesuaikan dengan kondisi pekerjaan. Menyusun Justifikasi Teknis. Melakukan pemantauan atas prestasi Kontraktor dan segera melaporkan kepada Pejabat Pelaksana Teknis Kegiatan apabila kemajuan pekerjaan ternyata mengalami keterlambatan dan membuat saran-saran penanggulangan serta perbaikan. 2) Pengertian yang benar tentang Spesifikasi. e. 4) Metode pengukuran volume pekerjaan yang benar dan sesuai dengan pasal dalam kontrak tentang cara pengukuran dan pembayaran 5) Rincian teknis sehubungan dengan “Change Order” yang diperlukan b. dan menyerahkan kepada Pejabat Pelaksana Teknis Kegiatan. d. j. k. f. Melakukan Persiapan Review Design (bila diperlukan) serta penyiapan Amandemennya. Kutai Kartanegara Tahun 2018 . Menyusun laporan bulanan dan kemajuan fisik dan finansial. Melakukan pengecekan secara cermat pengukuran pekerjaan dan secara khusus harus ikut serta dalam proses pengukuran akhir pekerjaan. Mengecek dan menandatangani dokumen-dokumen tentang pengendalian mutu dan volume pekerjaan. i. pekerjaan dapat direalisasikan sesuai dengan dengan ketentuan dan persyaratan yang telah ditentukan. g. 2) Pengawas Elektrikal Persyaratan : Dinas Kesehatan Kab. Melakukan pengawasan dan memberi pengarahan kepada Kontraktor didalam pengambilan data serta kaitannya dengan Rekayasa Lapangan. Mengadakan penyesuaian di lapangan terhadap desain asli yang ada dikontrak fisik.

 Jadwal Kemajuan Pekerjaan Fisik & Realisasinya (“ S’’Curve).  Mempunyai Sertifikat Keahlian (SKA) Ahli Teknik Tenaga Listrik (401) kualifikasi Ahli Muda. Dinas Kesehatan Kab. Laporan Konsultan Pengawas harus menyusun dan menyerahkan kepada Dinas Kesehatan Kabupaten Kutai Kartanegara. lulusan Perguruan Tinggi Negeri atau yang terakreditasi.  Pengalaman dalam bidang pengawasan pekerjaan sejenis minimal 2 tahun.  Ringkasan Status Keuangan/Penyerapan dana.  Pengalaman dalam bidang pengawasan pekerjaan minimal 2 tahun. melalui Pejabat Pelaksana Teknis Kegiatan sebanyak 5 (lima) eksemplar laporan-laporan sebagai berikut: 1) Laporan Pendahuluan Laporan ini dibuat pada awal pelaksanaan pekerjaan. disusun dengan menggunakan form-form standar yang telah ditentukan oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Kutai Kartanegara. 2) Laporan Mingguan Laporan ini mencakup rangkuman pelaksanaan kegiatan selama 1 (satu) minggu. Informasi yang harus tercakup dalam laporan ini antara lain :  Data-data Proyek.  Peta Lokasi Proyek.  Minimal Sarjana Teknik Listrik/Elektro (S-1). 9. 3) Inspector Persyaratan :  Minimal Sarjana Teknik Sipil (S-1). Kutai Kartanegara Tahun 2018 . disusundengan menggunakan form-form standar yang telah ditentukan oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Kutai Kartanegara. kepada Pejabat Pembuat Komitmen. 3) Laporan Bulanan Laporan ini mencakup rangkuman pelaksanaan kegiatan selama 1 (satu) bulan. lulusan Perguruan Tinggi Negeri atau yang terakreditasi. disusun dengan menggunakan form-form standar yang telah ditentukan oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Kutai Kartanegara.

 Masalah-masalah teknis yang ditemui selama pelaksanaan. SE NIP.  Ringkasan Pengendalian Mutu. Konsultan harus menyerahkan Laporan Akhir yang mencakup informasi sebagai berikut :  Pelaksanaan Pengawasan Teknis. serta saran-saran untuk penanggulangannya.  Masalah-masalah yang mungkin akan terjadi.  Status Perubahan Kontrak.  Laporan Back Up Invoice Tenggarong. serta saran-saran untuk penanggulangannya.  Progres Fisik dan Keuangan.  Foto Dokumentasi Proyek (asli).  Masalah-masalah yang ditemui dalam pelaksanaan pekerjaan. Kutai Kartanegara Tahun 2018 .  Status klaim kontraktor. 19840629 200901 1002 Dinas Kesehatan Kab. 4) Laporan Akhir Pengawasan Pada akhir pelayanan jasa konsultansi.  Ringkasan Kemajuan Pekerjaan. 19 Maret 2018 PEJABAT PEMBUAT KOMITMEN RAHMAD FITRIADI.  Personil Konsultan.  Saran-saran untuk pelaksanaan pemeliharaan pekerjaan.