You are on page 1of 16

KLASIFIKASI DAN INDEKS ARSIP

LEMBAR
KEGIATAN
SISWA

[Year]
Lembar Kerja Siswa
T

MENERAPKAN KEARSIPAN
DENGAN SISTEM KRONOLOGIS

KELAS X

NAMA :……………………………….
NAMA :……………………………….
KELAS :……………………………….
KELAS :……………………………….
SEKOLAH :……………………………….
SEKOLAH :……………………………….
hp
[Type the company name]

Harapannya. dan pakar akademik sebagai bahan untuk melakukan peningkatkan kualitas modul. Diharapkan para pemakai berpegang pada azas keterlaksanaan. Oktober 2017 Penulis i 1 . LKS yang disusun ini menggunakan pendekatan pembelajaran yang sederhana. Medan. penyusunan naskah secara tertulis. KATA PENGANTAR Puji syukur kami panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa atas karunia dan hidayahnya. baik LKS manual maupun interaktif dengan mengacu pada Standar Kompetensi Nasional (SKN) atau standarisasi pada dunia kerja dan industri. sehingga diharapkan dalam LKS ini dapat dengan mudah dipahami dan digunakan dalam proses belajar dan pembelajaran. kesesuaian dan fleksibilitas. kemudian disetting dengan bantuan alat-alat komputer. semoga modul LKS ini dapat bermanfaat bagi kita semua. saya dapat menyusun Lembar Kerja Siswa (LKS) untuk Mata Pelajaran Korespondensi Indonesia. LKS yang telah disusun ini merupakan bahan dan sumber belajar yang berbobot untuk membekali peserta didik dengan kompetensi dasar yang diharapkan. LKS ini disusun melalui beberapa tahapan proses. yakni mulai dari penyiapan materi LKS. yang dikhususkan untuk pencapaian Standart Kompetensi menerapkan tata naskah surat menyurat bahasa indonesia. Demikian. khususnya peserta didik atau praktisi yang sedang mengembangkan bahan ajar SMK. dengan mengacu pada perkembangan IPTEK pada dunia usaha dan industri dan potensi SMK dan dukungan dunia usaha industri dalam rangka membekali kompetensi yang terstandar pada peserta didik. praktisi dunia usaha dan industri. diharapkan dapat digunakan sebagai sumber belajar pokok oleh peserta didik untuk mencapai Standart Kompetensi dan Kompetensi Dasar yang telah direncanakan dan diharapkan mampu diaplikasikan dalam dunia kerja dan industri. Kami mengharapkan saran dan kritik dari para pakar di bidang psikologi. Sumber dan bahan ajar pokok berupa LKS.

.. DAFTAR ISI Kata Pengantar……………………………………………………………… 1 Daftar Isi……………………………………………………………………. 5 Rangkuman Materi. 2 Kompetensi Inti……………………………….…………………………… 3 Kompetensi Dasar……………………………………………………………4 Petunjuk Penggunaan……………………………………………………….……………………………….. 9 Daftar Pustaka……………………………………………………………… 15 ii 2 ..………………………………………………………… 6 Uji Kompetensi…………………………….

damai). dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan 1 3 . mengamalkan perilaku jujur. dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian. dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri. disiplin. dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan. kenegaraan. toleran. responsive danproaktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia  Memahami.prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan. menerapkan. seni. santun. peduli (gotongroyong. kebangsaan. kerjasama.tanggung jawab. budaya. menalar. menganalisis pengetahuan faktual. serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah  Mengolah. teknologi. konseptual. KOMPETENSI INTI  Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya  Menghayati.

Menyiapkan alat dan bahan indeks arsip sesuai dokumen yang tersedia i.Menjelaskan unsur klasifikasi arsip f.Menyiapkan alat dan bahan terkait penyusunan klasifikasi arsip g.KOMPETENSI DASAR 3.6 : Melaksanakan klasifikasi dan indeks arsip INDIKATOR a.Mengidentifikasi syarat penyusunan klasifikasi arsip e.Mengemukakan kegunaan klasifikasi arsip c.Melakukan klasifikasi arsip berdasarkan dokumen-dokumen arsip h.6 : Menerapkan klasifikasi dan indeks arsip 4.Melakukan indeks arsip berdasarkan dokumen yang tersedia 2 4 .Menjelaskan pengertian klasifikasi arsip b.Menguraikan tujuan klasifikasi arsip d.

tetapi jauh lebih baik jika menggunakan laboratorium kantor untuk kegiatan tersebut. Informasikan tentang bagaimana cara menggunakan bahan ajar. 4. Jika mengalami kesulitan dalam melakukan kegiatan. Berilah bimbingan kepada peserta didik bila mereka mendapatkan kesulitanMonitor dan catat kemajuan peserta didik dan berikan feedback atas pencapaian pembelajaran peserta didik. Bacalah literatur lain untuk memperkuat pemahaman anda 3. Kerjakanlah langkah – langkah kegiatan sesuai dengan petunjuk kerja 4. Bagi Guru 1. cara penilaian. Selama Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) tetaplah berada di dalam kelas/tempat belajar. 2. dapat bertanya kepada guru  kegiatan B. cara pembelajaran. Untuk kegiatan praktek. Bacalah petunjuk kegiatan yang telah diberikan dengan baik dan cermat 2. alat yang digunakan dan waktu yang dibutuhkan. PETUNJUK PENGGUNAAN  Bagi Peserta Didik 1. dapat dilakukan di kelas. 3 5 . Kumpulkanlah laporan hasil kerja sesuai dengan jadwal yang telah disepakati 5. gunakan sarana dan alat-alat yang disesuaikan dengan materi ajar. 3.

RANGKUMAN MATERI  KLASIFIKASI Klasifikasi kearsipann asal kata dari Inggris Classification. 3. Melalui studi suatu sistem klasifikasi para arsiparis akan menentukan bagan/pola klasifikasi. 4.  Manfaat Klasifikasi 1. yaitu suatu yang sistem yang ditentukan oleh pimpinan organisasi/instansi yang bersangkutan. Untuk mengingat bahwa seluruh arsip yang seharusnya dimiliki tetapi tetrdapat dalam file. Untuk melengkapi fakta dan deskripsi fakta dan deskripsi. Untuk dapat mensurvey seluruh ARSIP yang dimilikinya. 2. Jadi dalam pengelompokan atau penggolongan arsip/naskah dinas harus ada acuan atau poatokan yang dianut. Hal ini penting agar ada keteraruran dan kepastian. 6 . adalah pengelompokan surat/naskah secara logis dan sistematis berdasrkan sistem tertentu. mengklasifikasi informasi serta identifikasi subjek.

Indeks berkas (title) yaitu untuk membedakan berkas yang satu dari berkas yang lainnya dalam satu tempat penyimpanan (judul folder yang ditempatkan pada table folder). b.  Guna Indeks a. b. Indeks mempunyai pengertian. 7 . kesamaan urusan atau kesamaan bentuk naskah. pertama sebagai alat untuk menujukan isi masalah (topik) perihal suatu dikumen atau sekelompok dokumen (berkas).  Pengertian Berkas Merupakan suatu kesatuan ARSIP yaitu beberapa dokumen yang dijadikan satu file baik karena kesamaan masalah. Indeks dokumen yaitu tanda pengenal dokumen (surat/naskah) tujuannya untuk membedakan dokumen yang satu dari dokumen yang lainnya dalam satu berkas (folder). Alat untuk menggabungkan ARSIP yang sama urusanya ke dalam suatu berkas/filling system.  Fungsi Indeks Alat untuk membedakan dokumen yang satu dan yang lainnya dalam suatu berkas atau alat untuk membedakan berkas yang satu dengan yang lainnya dalam satu rak lemari. maksudnya sarana penataan arsip dengan cara mengidentifikasi arsip melaluui penujuk suatu kata dari isi naskah (surat/ARSIP)tersebut atau untuk membedakkan ARSIP yang satu dengan yang lainnya dalam suatu berkas (file). dengan cara mengidentifikasi ARSIP melalui penunjuk suatu tanda pengenal. INDEKS Indeks berasal dari kata idicator yang artinya pettunjuk atau tanda pengenal dari naskah dinas (ARSIP). Sarana penataan atau penyimpanan ARSIP.  Jenis Indeks a.

 Menyusun Penyimpanan Arsip a. Sebaiknya tidak lebih dari tiga kata. yang tertera pada tab kartu indeks 6 8 . Berdasarkan kode pada contoh kartu indeks . d.. Syarat –Syarat indeks a. Kata pengena l pertama dari indeks harus mencerminkan pokok pengertian dari ARSIP yang bersangkutan. sesuai dengan kode . mudah diingat.. b.. Indeks berkas (title) sebagai tanda pengenal berkas aturan aturan dan syarat syaratnya tidak berbeda dengan cara megindeks dokumen dengan tambahan syarat harus memcerminkan atau mewakili seluruh dokumen yang ada pada folder tersebut. dalam folder . pada laci . surat tersebut disimpan dalam laci berkode .. Mengisi kartu indeks c. jelas. dan tanggal penyimpanan arsip yang bertalian b. dibelakang guide . Kartu indeks disimpan dalam lemari kartu indeks. d. bulan .. Harus benar benar berasl dari ARSIP ( isi naskah) e.... Harus kata benda atau kata yang memberikan pengertian kebendaan. Singkat. mudah diucaokan dan mudah dimengerti. Pemberian kode yaitu kode surat diambil dari tahun.. c..

.. Surat kuasa d. Wilayah 2. Dalam penyimpanan sistem tanggal. Mengindeks b. Nomor e... Suatu nama atau nomor yang digunakan untuk mengidentifikasi arsip / dokumen untuk tujuan filling disebut .. Ijazah b.. a. 31 guide e.. Yang merupakan contoh arsip yang memiliki nilai hukum adalah... Kronologis d. c. b.. Uji Kompetensi A. 12 guide d. Daftar klasifikasi d. a. Abjad b. jika satu laci memuat arsip dalam satu tahun... Caption c. bulan atau tahun disebut juga filling sistem. a. Formulir 7 9 . Sistem penyimpanan dan penemuan kembali arsip berdasarkan tanggal. d. Kuitansi c.. a.. DDC 4. jumlah guide yang dibutuhkan adalah. 26 guide 3.. 356 guide c. Berilah tanda silang (x) pada huruf a.. 30 guide b. Surat dinas e. Subjek c.... dan e di depan jawaban yang benar! 1. Kode e..

5... Untuk menjaga kerahasiaan direktur e. Agar mudah dalam mendapatkan kembali arsip yang dibutuhkan 10. Untuk menjaga kerahasiaan arsip c. Berikut ini yang bukan merupakan arsip adalah. Formulir 8. Kayu c. vital e. Sederhana e. Fungsi peralatan kearsipan adalah.. Flashdisk e. Membuang banyak biaya c. a. aktif b.. a. Untuk menjaga kelestarian arsip d.... a. inaktif c.. Hemat waktu dan biaya d. Agar tentram b.. Fleksibel dan mudah dikembangkan 9. Agar mudah mendapatkan kembali arsip saat dibutuhkan dengan cepat dan tepat c. Sebagai perindah ruangan e. (kecuali) a. Yang bukan merupakan tujuan penyelenggaraan kearsipan adalah... a. Sebagai sarana penyimpanan arsip b. Agar arsip terpelihara dengan baik b.. Surat d. Sebagai pajangan didalam ruang kantor d. rahasia 8 10 .. Buku rapor b.. Untuk kegiatan manajer 6. Filing cabinet pada umumnya digunakan untuk menyimpan arsip yang bersifat . pasif d.. a.. Yang merupakan tujuan kearsipan adalah . Untuk kegiatan sekretaris c. Untuk menjaga kerahasiaan arsiparis 7. Hemat tenaga dan peralatan b... Sistem penyimpanan arsip dikatakan baik apabila.. Agar arsip terus bertambah d. Untuk menjaga kerahasiaan sekretaris e.

perforator b.Lemari tanpa pintu tempat menyimpan arsip yang disusun secara lateral (menyamping). Pengkodean b. Penyortiran 12. Guide terdiri dari 2 bagian.. Ada 5 macam sistem pengarsipan. Sistem Abjad (Alphabetical Filling System) b. Guide Sedang e. Sistem Tanggal 14.11.. b. a.. a. d. a. Semua Benar 9 11 . Yang dimaksud dengan Guide adalah…. Sistem Perihal (Pokok Isi Surat) c. Penelitian d. Penampungan c. Guide pertama&Guide kedua c. ordner d. Kegiatan menempatkan berkas dalam tempat penyimpanan disebut kegiatan . Kartu indeks e.. Semua salah 15. Penyimpanan e. e. yaitu…. Map besar dengan ukuran punggung sekitar 5 cm yang di dalamnya terdapat besi penjepit. a. kecuali…… a. Stapler c. Semacam filing cabinet tetapi penyimpanan arsip delakukan secara berputar. Merupakan lembaran kertas tebal atau karton yang digunakan sebagai penunjuk atau sekat/pemisah dalam penyimpanan arsip. Guide kecil&Guide sedang d. Tab Guide& Badan Guide b. c. staples 13. Alat yang berfungsi untuk melubangi kertas disebut… a. numerator e. Sistem Nomor d.

pembuangan d. Penyelamatan c. ordner. Tempat penyimpanan arsip aktif adalah.. komputer B. Lembar pinjam arsip ke-2 akan disimpan… a.16. a. Alat semacam filing cabinet yang digerakkan dengan cara diputar adalah… a. Berikut ini yang bukan termasuk kegiatan kearsipan adalah. oleh sekretaris c. boks arsip. ticler file 19.. penciptaan 20. penyusutan e. buku arsip c. filling cabinet. pada tempat penyimpanan arsip yang dipinjam e. filling cabinet. rak arsip E. oleh arsiparis b. kartu tunjuk silang d. Perforator e. lemari arsip C.. Lembar pinjam arsip dibuat tiga rangkap. Numerator 17. ordner.. oleh peminjam d. folder D. boks arsip 10 12 . Rotary c. tircler file b. ordner. out slip e. Ordner d. out slip 18. kartu indeks c. ordner. penyimpanan b. Steples b. A. ordner. maka dapat digunakan… a. folder.. Untuk mencegah terjadinya kehilangan arsip akibat peminjaman yang tidak tertib. filling cabinet.

Jelaskan masing-masing alat bantu apa saja yang digunakan dalam sisitem kronologis! Jawab: …………………………………………………………………………………………………… …………………………………………………………………………………………………… …………………………………………………………………………………………………… …………………………………………………………………………………………………… …………………………………………………………………………………………………… …………………………………………………… 3. Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut dengan jelas dan benar! 1. apakah pengertian dari kearsipan sistem kronologis? Jawab: …………………………………………………………………………………………………… …………………………………………………………………………………………………… …………………………………………………………………………………………………… …………………………………………………………………………………………………… …………………………………………………………………………………………………… …………………………………………………… 2. Menurut anda. Coba anda jelaskan bagaimana prosedur dalam penemuan arsip kembali pada sistem kronologis! Jawab : …………………………………………………………………………………………………… …………………………………………………………………………………………………… …………………………………………………………………………………………………… …………………………………………………………………………………………………… …………………………………………………………………………………………………… …………………………………………………… 11 13 .B.

Bagaimana cara menyusun penyimpanan arsip dalam sistem kronologis! Jawab : …………………………………………………………………………………………………… …………………………………………………………………………………………………… …………………………………………………………………………………………………… …………………………………………………………………………………………………… …………………………………………………………………………………………………… …………………………………………………… Nilai Paraf Guru Paraf Orang Tua Catatan Guru Mata Pelajaran 12 14 . Sebutkan dan jelaskan peranan dan fungsi arsip sistem kronologis! Jawab : …………………………………………………………………………………………………… …………………………………………………………………………………………………… …………………………………………………………………………………………………… …………………………………………………………………………………………………… …………………………………………………………………………………………………… …………………………………………………… 5. 4.

Mediana Gina & Iwan Setiawan.id/2015/05/filing-sistem-tanggal-a. 13 15 .html Amsyah Zulkifli.co. Administrasi Kearsipan. Filing. Jakarta: Bhatara Karya Aksara.html http://tikaarsip. Bandung: Armico. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.blogspot. Manajemen Kearsipan.co.N. 1994. Maulana M. DAFTAR PUSTAKA http://enggarrpendidikan.blogspot. 1982.id/2016/06/penyimpanan-arsip-sistem-tanggal. 1995.