You are on page 1of 5

PEMERINTAH KOTA SAMARINDA

DINAS KESEHATAN KOTA
UPT PUSKESMAS SUNGAI KAPIH
Jl. Sejati Perumahan Pondok Karya Lestari Blok D RT 10
Telp (0541)4116990 Kelurahan Sungai Kapih Kecamatan Sambutan Samarinda

KERANGKA ACUAN KERJA
PROGRAM KESEHATAN LINGKUNGAN
(KESLING)

I. PENDAHULUAN
Pusat Kesehatan Masyarakat adalah fasilitas pelayanan kesehatan yang menyelenggarakan
upaya kesehatan masyarakat dan upaya kesehatan perorangan tingkat pertama, dengan lebih
mengutamakan upaya promotif dan preventif tanpa mengabaikan upaya kuratif dan rehabilitatif,
untuk mencapai derajat kesehatan masyarakat yang setinggi-tingginya di wilayah kerja. Salah
satu upaya preventif tersebut yaitu dengan mewujudkan kualitas lingkungan yang sehat dan
mencegah penyakit atau gangguan kesehatan dari faktor lingkungan atau lebih dikenal dengan
upaya penyehatan lingkungan.
Program Kesehatan Lingkungan merupakan salah satu program dari usaha kesehatan yang
wajib diadakan dalam penyelenggaraan suatu pusat kesehatan masyarakat (Puskesmas) yang
meliputi beberapa kegiatan yakni pemantauan terhadap tempat umum, lingkungan pemukiman,
lingkungan kerja, angkutan umum, lingkungan lainnya terhadap substansi yaitu air, udara,
tanah, limba padat, cair, gas, kebisingan, pencahayaan, habitat vektor penyakit, radiasi,
kecelakaan, makanan, minuman dan bahan berbahaya.

II. LATAR BELAKANG
Kesehatan lingkungan sebagai salah satu upaya kesehatan ditujukan untuk mewujudkan
kualitas lingkungan yang sehat, baik fisik, kimia, biologi maupn sosial yang memungkinkan
setiap orang mencapai derajat kesehatan yang setinggi-tingginya. Ketentuan mengenai
penyelenggaraan pelayanan kesehatan lingkungan di puskesmas selanjutnya diatur dalam
Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 13 Tahun 2015 yang kemudian
menjadi acuan penyelenggaran pelayanan kesehatan lingkungan di Puskesmas Sungai Kapih
Kota Samarinda.
Seiring dengan semakin berkembangnya penduduk dan pola hidup masyarakat, maka
perkembangan tempat-tempat umum (TTU) dan tempat pengolahan makanan (TPM) juga
semakin meningkat secara kuantitas. Dimana di wilayah kerja Puskesmas Sungai Kapih terdapat
15 TTU dan 24 TPM .

 Pengelolaan sampah non medis puskesmas. Karena program kesehatan lingkungan sangat diperlukan untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat dengan menurunkan angka kesakitan masyarakat. IV. Kegiatan Pokok Rincian Kegiatan 1. III. kemampuan dan perilaku masyarakat untuk mencegah penyakit dan atau gangguan kesehatan yang diakibatkan oleh Faktor Risiko Lingkungan serta untuk mewujudkan perilaku hidup bersih dan sehat.  Pembinaan kantin sehat. PEMERINTAH KOTA SAMARINDA DINAS KESEHATAN KOTA UPT PUSKESMAS SUNGAI KAPIH Jl. Kegiatan Dalam Gedung  Pelayanan klinik sanitasi (konsultasi sanitasi).  Pengelolaan sampah medis puskesmas. Puskesmas Sungai Kapih pun turut menyelenggarakan dan terus berupaya mengembangkan program kesehatan lingkungan di wilayah kerja. Meningkatnya pengetahuan. TUJUAN Tujuan Umum : Meningkatkan derajat kesehatan masyarakat melalui upaya preventif dan promotif yang dilakukan secara terpadu dan berkesinambungan. 2. kesadaran. . . Kegiatan Luar Gedung  Pemantauan kesehatan lingkungan pada tempat- tempat umum (TTU). Sejati Perumahan Pondok Karya Lestari Blok D RT 10 Telp (0541)4116990 Kelurahan Sungai Kapih Kecamatan Sambutan Samarinda Sesuai dengan Permenkes 75 tahun 2014 tentang Puskesmas bahwa kesehatan lingkungan merupakan salah satu bagian dari Upaya Kesehatan Masyarakat Esensial yang harus dilaksanakan. Menurunkan angka penyakit dan gangguan kesehatan yang diakibatkan oleh Faktor Risiko Lingkungan dan meningkatnya kualitas kesehatan lingkungan. Terciptanya keterpaduan kegiatan lintas program dan lintas sektor dalam pengendalian penyakit dan penyehatan lingkungan dengan memberdayakan masyarakat. Tujuan Khusus : .  Pemantauan kesehatan lingkungan pada tempat pengelolaan makanan (TPM).  Pemantauan kesehatan lingkungan pada depot air minum isi ulang (DAMIU). KEGIATAN POKOK DAN RINCIAN KEGIATAN No.  Pengambilan sampel air minum pada DAMIU .  Pengambilan sampel makanan untuk pemeriksaan mikrobiologi.

tempat ibadah dll.Mengajukan usulan kegiatan (RUK) . 2. Pembinaan kantin sehat.Menyusun rencana pelaksanaan kegiatan (RPK) b. pasar.Pengorganisasian di puskesmas  Sanitarian pelaksana  Kader kesehatan lingkungan di wilayah kerja . berbasis lingkungan. Pemantauan kesehatan lingkungan Tempat pengolahan makanan (TPM) yang ada di pada tempat pengelolaan makanan wilayah kerja. Pemantauan kesehatan lingkungan Tempat-tempat umum yang memiliki potensi pada tempat-tempat umum (TTU). CARA MELAKSANAKAN KEGIATAN Cara melaksanakan kegiatan pada program kesehatan lingkungan meliputi : a.  Survey rumah sehat. .  Pemantauan kesehatan lingkungan sarana air bersih. V. 5. Pengelolaan sampah medis dan non Puskesmas Sungai Kapih. Pelaksanaan dan Pengendalian . seperti sekolah. Pelayanan klinik sanitasi (konsultasi Penderita (pasien) yang menderita penyakit sanitasi). Kepala sekolah dan pengelola kantin. Kegiatan Sasaran Kegiatan 1.Pelaksanaan kegiatan  Kaji ulang RPK  Menyusun jadwal kegiatan  Melaksanakan pelayanan sanitasi (kesehatan lingkungan) sesuai prosedur VI.  Pembinaan penyehatan perumahan dan sanitasi dasar. Sejati Perumahan Pondok Karya Lestari Blok D RT 10 Telp (0541)4116990 Kelurahan Sungai Kapih Kecamatan Sambutan Samarinda untuk pemeriksaan mikrobilogi. dampak besar terhadap kesehatan masyarakat.Menyusun usulan kegiatan (RUK) . (TPM). SASARAN No. medis puskesmas. 4. Perencanaan . 3. PEMERINTAH KOTA SAMARINDA DINAS KESEHATAN KOTA UPT PUSKESMAS SUNGAI KAPIH Jl.

7. Kegiatan 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 1. Diskusi dengan lintas program dan lintas unit dalam puskesmas. 8. 9. . 9. Pengambilan sampel air minum Depot Air Minum Isi Ulang yang ada di wilayah pada DAMIU untuk pemeriksaan kerja. 10. EVALUASI PELAKSANAAN KEGIATAN DAN PELAPORANNYA 1. Pemantauan kesehatan lingkungan Masyarakat yang menggunakan sarana air bersih. 11. JADWAL PELAKSANAAN KEGIATAN Jadwal Kegiatan No. 10. Pengambilan sampel air minum pada x DAMIU untuk pemeriksaan mikrobilogi. x 4. x VIII. Pemantauan kesehatan lingkungan Depot Air Minum Isi Ulang yang ada di wilayah pada depot air minum isi ulang kerja. sarana air bersih. 3. 8. Pemantauan kesehatan lingkungan pada x tempat-tempat umum (TTU). 5. Sejati Perumahan Pondok Karya Lestari Blok D RT 10 Telp (0541)4116990 Kelurahan Sungai Kapih Kecamatan Sambutan Samarinda 6. Pengelolaan sampah medis dan non medis x x x x x x x x x x x x puskesmas. Pengambilan sampel makanan untuk x x pemeriksaan mikrobiologi. Pemantauan kesehatan lingkungan sarana x x air bersih. kerja. (DAMIU). Survey rumah sehat. Pembinaan penyehatan perumahan dan x x sanitasi dasar. Pembinaan penyehatan perumahan Rumah yang berpenghuni yang ada di wilayah dan sanitasi dasar. Rumah yang berpenghuni yang ada di wilayah kerja. 6. mikrobilogi. Pengambilan sampel makanan Tempat pengolahan makanan (TPM) yang ada di untuk pemeriksaan mikrobiologi. 11. VII. Pembinaan kantin sehat. wilayah kerja. Pelayanan klinik sanitasi (konsultasi x x x x x x x x x x x x sanitasi). 7. Pemantauan kesehatan lingkungan pada x x tempat pengelolaan makanan (TPM). 2. PEMERINTAH KOTA SAMARINDA DINAS KESEHATAN KOTA UPT PUSKESMAS SUNGAI KAPIH Jl. Survey rumah sehat. Pemantauan Hasil Kegiatan dilakukan melalui : . Pemantauan kesehatan lingkungan pada x depot air minum isi ulang (DAMIU).

Pelaporan Laporan dilakukan sebulan sekali dan dikirim ke dinas kesehatan kota samarinda melalui tata usaha puskesmas sebagai koordinator. buku register pasien klinik sanitasi dan dokumentasi kegiatan. Minilok bulanan dan tribulanan. PENCATATAN. 2.A. Sejati Perumahan Pondok Karya Lestari Blok D RT 10 Telp (0541)4116990 Kelurahan Sungai Kapih Kecamatan Sambutan Samarinda . Evaluasi Evaluasi dilakukan sebulan setelah kegiatan dengan seluruh staf puskesmas. PELAPORAN DAN EVALUASI KEGIATAN 1. dan setahun sekali dalam pertemuan lintas sektor. 2. Pemegang Program Kesehatan Lingkungan Yulianti. Laporan evaluasi terhadap pelaksanaan kegiatan dilakukan setiap sebulan sekali secara tertulis dibuat oleh koordinator program kesehatan lingkungan ditujukan kepada kepala puskesmas. 197907152010012009 . PEMERINTAH KOTA SAMARINDA DINAS KESEHATAN KOTA UPT PUSKESMAS SUNGAI KAPIH Jl.Kes NIP. Pencatatan Pencatatan pelaksanaan kegiatan dibuat dalam bentuk buku pelaksanaan kegiatan. 3.Md. XI.