You are on page 1of 4

SOAL UJIAN PENERIMAAN TENAGA NON PNS

BLUD UPT PUSKESMAS GADINGREJO KABUPATEN PRINGSEWU

WAKTU 60 MENIT

PETUNJUK

a. Soal terdiri dari 30 soal pilihan berganda
b. Pilihlah jawaban yang dianggap paling benar dengan memberi tanda silang (X) pada
jawaban yang anda anggap benar
c. Kerjakan semua soal sebaik-baiknya dan sesuai waktu yang diberikan
d. Selamat bekerja

1. Sebaiknya bila kita mencuci kain yang berwarna harus
a. Dicampur jadi satu biar cepat selesai
b. Dipisah yang berwarna agar tidak kelunturan
c. Cara mencucinya dipisah tapi cara membilasnya dicampur
d. Mencuci dan membilasnya dipisah agar tidak kelunturan

2. Untuk memberikan harum pakaian/kain cucian sebaiknya diberikan jika
a. Kain sudah dikeringkan
b. Bilasan yang terakhir
c. Dicampur dengan deterjan

3. Seorang juru cuci
a. Perlu menyimak visi, misi Puskesmas
b. Menyimak saja
c. Mengerti dan menjalankan visi, misi

4. Membersihkan kain pasien sebaiknya
a. Bila pasien sudah pulang
b. 1 Minggu sekali
c. 1 Bulan sekali

5. Tugas rutin juru cuci Puskesmas
a. Mencuci kain pasien saja
b. Mencuci kain pasien dan petugas
c. Cukup dijemur saja

6. Mencuci horden merupakan salah satu tugas dari
a. Juru cuci
b. Juru Masak
c. Cleaning service

Konsep juru cuci Puskesmas a.7. Membuat kenyamanan pasien b. Santun b. Jika pasien pulang c. Bila ada kotoran yang membandel harus a. Jika menyetrika kain pasien digunakan bila a. Membiarkan saja untuk pasien lagi yang akan datang c. Ada kain putih yang terkena lunturan sebaiknya direndam dengan a. 1 Minggu sekali . Asam cuka dan deterjan selama 30 menit b. Cara mencucinya dicampur biar cepat selesai 12. Senyum. Kebersihan. Kerapian. Dipisahkan cara mencucinya b. Besok saja melepasnya karena sudah sore 11. Sudah diangkat dan jemuran langsung digunakan bila b. Dengan deterjan direndam 1 jam c. Semua petugas juru cuci 9. Salam 8. Guna dilakukan pencucian kain pasien agar a. Segera diganti dengan seprai yang baru c. Mengambil kain yang terkena noda dan cara merendamnya dipisah c. 2 Hari sekali b. Biar kelihatan kerja 10. Bila pasien pulang sore a. Diberi pemutih saja 13. Dimarahin karena sudah mengotori seprai b. Sabar. Sopan. Bila ada pasien yang datang dan sudah istirahat ternyata kain seprainya terkena tumpahan makanan a. Ketelitian c. Sapa. Bila sudah masuk lemari dan digosok c. Segera lepas kain seprai pasien b. Membiarkan saja menunggu sampai pasien pulang 14. Biar dipuji pasien c. Sebaiknya jika mengganti seprai setiap a.

Langsung dicuci c. Dimasukan kedalam baskom c. Tugas dari seorang juru cuci a. Membiarkan saja karena pasien tidak terlalu parah 16. Apabila ada kain yang berenda-renda sebaiknya cara mencucinya a. Segera pasang seprai b. Apabila ada kain seprai yang kotor a. Mencuci seluruh kain yang ada di Puskesmas b. Membiarkan seprai jangan langsung dicuci b. Mencuci kain pasien saja c. Bila ada pasien yang datang a. Kain seprai setelah dicuci sebaiknya a. Dipisahkan c. Mencuci kain petugasnya saja 17. Dijemur saja 19. Dijemur saja b. Langsung dicuci karena menghilangkan kuman penyakit c. Dijemur b.15. Dicampurkan b. Menunggu intruksi dari dokter c. Selimut pasien sebaiknya jika sudah pulang a. Dilipat untuk gantian pasien langsung 20. Menunggu 1 minggu baru dicuci 18. Dilipat .

A 3. B 19. B 18. B 4. B 12. A 11.Kunci Jawaban Juru Cuci 1. B 8. A 9. A . A 16. B 7. A 17. A 2. B 14. A 6. A 10. A 13. A 15. B 20. C 5.