You are on page 1of 11

DAFTAR PERTANYAAN

:
NO JENIS PERTANYAN HASIL
YA TIDAK
A. ORGANISASI DAN MANAJEMEN
1. Manajemen K3.
a. Apakah ada kebijakan umum / safety policy
keselamatan dan kesehatan kerja yang dikeluarkan oleh
pimpinan puncak /direktur secara tertulis
b. Apakah keterlibatan keselamatan dan kesehatan kerja
sampai pada tingkat puncak
c. Apakah par pimpinan puncak telah mendapatkan
orientasi keselamatan dan kesehatan kerja
d. Apakah telah terdapat ketentuan umum keselamatan
dan kesehatan kerja yang disusun dan ditetapkan oleh
pihak perusahaan
e. Apakah ada dukungan / fasilitas dari pihak manajemen
dalam pelaksanaan keselamatan dan kesehatan kerja
f. Apakah para petugas keselamatan dan kesehatan kerja
mempunyai sertifikat dalam bidang keselamatan dan
kesehatan kerja
g. Apakah petugas keselamatan dan kesehatan kerja
menggunakan teknik manajemen keselamatan dan
kesehatan kerja
h. Apakah para manajer sudah mendapatkan pendidikan
dan atau penilaian mengenai keselamatan dan kesehatan
kerja
i. Apakah para pengawas lini pertama telah mendapatkan
pendidikan dan latihan tentang dasar – dasar
pencegahan kecelakaan dan penyakit akibat kerja
j. Apakah petugas keselamatan dan kesehatan kerja telah
memahami peraturan perundang – undangan dibidang
keselamatan dan kesehatan kerja sesuai dengan tempat
kerja
k. Apakah para manajer mentargetkan peningkatan
pelaksanaan keselamatan dan kesehatan kerja
l. Apakah keselamatan dan kesehatan kerja dimasing –
masing bidang pekerjaan secara teratur dikaji ulang dan
dimutakhirkan
m. Apakah pihak manajemen terlibat aktif dalam kegiatan
keselamatan dan kesehatan kerja
n. Apakah perusahaan menggunakan teknik – teknik
identifikasi bahaya dan rugi
o. Apakah para manajer menerapkan manajemen risiko
P. Apakah ada prosedur keselamatan dan kesehatan kerja
standard operaton prosedur ( SOP )
q. Apakah ada petunjuk – petunjuk teknik untuk
melaksanakan pekerjaan bahaya

r. Apakah perusahaan telah mempunyai perizinan

Apakah para anggota P2K3 mendapat latihan K3 seuai dengan tugas dan fungsnya menurut undang – undang u. Apakah seleksi dan penempatan pegawai disesuaikan dengan bidang pekerjaan yang akan diberikan b. Apakah P2K3 mengadakan rapat rutin dan menghasilkan rekomendasi kepada pimpinan perusahaan untuk mengambil langkah – lamgkah guna peningkatan K3 v. Untuk menentukan bahaya potensial apakah digunakan studi kemungkinan keadaan darurat f. Apakah ada prosedur untuk memasuki ruang tertutup yang mencakup pengecekan pendahuluan. Apakah ada pemeriksaan kesehatan sebelum penerimaan pegawai c. keselamatan dan kesehatan kerja yang diperlukan dari instansi berwewenang s. Apakah ada peringatan yang dipasang ditempat bahaya i. Apakah ada petunjuk tertulis mengenai pengendalian dan penanggulangan keadaan darurat h. Apakah ada system pencatatan untuk kejadian kritis e. ventilasi dan alat pelindung diri j. Apakah peraturan K3 yang ditetapkan perusahaan bersangkutan diadakan peninjauan kembali secara berkala x Dalam hal penerangan dan penyuluhan K3 apakah peragaan diadakan secara teratur dan disesuaikan denan tema – tema khusus 2. Apakah dilakukan analisis risiko terhadap operasional perusahan b. Pakah dilaksakan system izin kerja k. Apakah perusahaan telah mempunyai panita Pembina Keselamatan dan Kesehatan Kerja ( P2K3 ) t. Apakah ada program latihan atau orientasi keselamatan dan kesehatan kerja bagi pegawai baru . Apakah nomor telpon untuk keadaan darurat dipajang dengan jelas 3. Apakah hasisl analisis risiko dlaporkan kepada tingkat manajemen atas untuk ditindak lanjuti d. Apakah manajer dan pengawas membuat jadwal dan melaksanakan inspeksi K3 pada tempat – tempat yang berada dalam tanggung jawab secara berkala w. Manajemen risiko a. Apakah pihak perusahaan mengasuransikan setiap kejadian kebakaran . peledakan dan ganti rugi lainnya g. Apakah risiko ditentukan oleh seorang ahli yang betugan untuk itu c. Pendidikan dan latihan a.

Apakah secara teratur dilakukan pemeriksaan untuk evaluasi dan mengendalikan bahan – bahan berbahaya . Kesehatan kerja a. Apakah ada petugas kesehatan kerja yang berkualifikasi c. Jika perusahaan menggunakan bahan kimia berbahaya apakah pekerja yang bersangkutan sudah dididik dan dilatih dan mengetahui tata cara menanganinya m. Apakah pendidikan dan latihan keselamatan dan kesehatan kerja disesuaikan dengan analisis jabatan e. Apakah perusahan melakukan pendidikan alih kecakapan bagi pekerja yang ditempatkan pada satu pekerjaan atau peralatan yang berbeda o. Apakah penempatan pekerja pada bagian keselamatan dan kesehatan kerja diadakan ujian kecakapan dan kemampuan n. Apakah diadakan pemriksaan kesehatan khusus bagi tenaga kerja e. PELAKSANAAN KEGIATAN AUDIT K3 1. Apakah para operator dan pekerja umumnya mendapat pendidikan dan latihan penanggulangan kebakaran dan keadaan darurat k. Apakah pendidikan dan latihan keselamatan dan kesehatan kerja diberikan oleh para ahli K3 h. Apakah pada saat pendidikan dan latihan dibantu dengan sarana secara visual ataupun model demonstrasi yang sesuai p. Apakah dilakukan peran kebakaran dan keadaan darurat secara berkala dan teratur B. Apakah perusahaan mengadakan pendidikan dan latihan pendeteksian diri dan pengendalian bahaya kecelakaan / kebakaran / peledakan l. Apakah diadakan kursus penyegaran keselamatan dan kesehatan kerja g. Apakah para pekerja dilibatkan dalam regu pemadam kebakaran j. Apakah secara teratur dilakukan pemeriksaan untuk mengendalikan bahan – bahan beracun g. Apakah pendidikan dan latihan keselamatan dan kesehatan kerja bagi pegawai dilaksanakan secara teratur f. Apakah diadakan pemeriksaan kesehatan secara berkala bagi tenaga kerja d. Apakah perusahaan mempunyai program keselamatan kerja b. Apakah secara teratur dilakukan pemeriksaan untuk evaluasi f. d. Apakah para pengawas dilatih untuk memberikan instruksi i.

Apakah semua tombol stop diberi label dengan jelas . Pengamanan : a. Apakah semua pengaman interlock listrik dalam keadaan baik k. Apakah semua saluran pembuangan aliranya berjalan / lancer / bersih g. Apakah semua tombol stop berfungsi dengan baik l.h. Apakah pekerja disediakan alat pelindung diri yang sesuai dengan jenis pekerjaan q. Apakah ditempat kerja ada prosedur tetap untuk mengendalikan asap u. Apakah ditempat kerja diterapkan prinsi kerja ergonomic k. Apakah ada sarana olaraga bagi pekerja o. Apakah ditempat kerja ada prosedur tetap untuk mengendalikan debu v. Apakah semua tutup saluran pembuangan dalam keadaan baik f. Apakah ada jalan penyelamat bahaya ditempat kerja c. Apakah ditempat kerja tersedia fasilitas P3K r. Apakah semua pengaman interlock mesin dalam keadaan baik j. Apakah ada pintu penyelamat baha ditempat kerja yang jumlahnya sesuai bentuk ruangan b. Apakah ditempat kerja / perusahaan ada tenaga ahli Hyperkes dan keselamatan kerja j. Jika terdapat platform yang portable / sementara apakah pengamanannya sudah memadai d. Apakah ada sarana rekreasi bagi pekerja p. Apakah semua alat pelindung tetap dalam posisi terkunci / utuh / kondisi baik i. Apakah ditempat kerja ada material pengamanan untuk mengendalikan bahan kimia berbahaya s. Apakah ada aturan / prosedur untuk memusnahkan barang / bahan yang sudah tidak dipakai 2. Apakah ditempat kerja ada prosedur tetap untuk mengendalikan uap w. Apakah ditempat kerja ada prosedur tetap untuk mengendalikan bau t. Apakah pekerja diberikan penyuluhan mengenai pentingnya hperkes dan keselamatan kerja n. Apakah bagian dari mesin yang berputar / bergerak diberi pelindung yang baik h. Apakah ada program pengendalian lingkungan kerja m. Apakah ada program pengukuran lingkungan kerja l. Jika terdapat platform yang portable / sementara apakah pengamanannya sudah diperiksa e. Apakah hasil pemeriksaan kesehatan kerja dilaporkan pada instansi yang berwewenang i.

Apakah ditempat kerja ada program pemeliharaan peralatan pelindung / pengaman perkakas dan alat tangan q. Apakah system pengankatan / pengankutan material dengan tenaga mesin telah sesuai dengan ketentuan c. Apakah elevator dan lainnya dioperasikan dengan cara yang benar dengan tanda – tanda peringatan yang sesuai h. Apakah host dan lainnya dioperasikan dengan cara yang benar dengan tanda – tanda peringatan yang sesuai i. Apakah dipasang rambu – rambu atau tanda – tanda peringatan secukupnya untuk para pengemudi dalam areal operasi kendaraan pengangkut n. Apakah ada batasan kecepatan bagi kendaraan t. Apakah ada bagian mesin yang bergerak / berputar tidak diberi pengaman p. Apakah ada pemeriksaan / pengujian peralatan angkat yang dilakukan secara teratur d. Apakah setiap mesin dan peralatan dilakukan pemeliharaan o. Apakah semua gang bebas dari rintangan q. Apakat operaor alat angkat telah mempunyai kualifikasi cukup j. Apakah pengemudi forklift berkualifikasi cukup l. Apakah semua sling atau rantai baja yang direkomendasikan atau yang diperbaiki diuji ketahanannya sebelum digunakan g. Apakah gang – gang yang diberi tanda dengan jelas p. Alat angkat / angkut : a. Apakah dipasang rambu – rambu atau tanda – tanda peringatan secukupnya untuk para pemakai jalan / pejalan kaki m. Apakah semua sling / tali dalam kondisi yang baik f. Apakah landasan jalan kondisinya kuat dan terpelihara . Apakah ditempat kerja ada program pemeliharaan peralatan pelindung / pengaman alat tangan 3. Apakah tersedia alat angkut yang memadai sesuai kebutuhan e. Apakah semua peralatan angkat diberi beban maksimum yang diizinkan b.m. Apakah permukaan daerah alat angkut dalam keadaan baik o. Apakah ada aturan pemakaian jalan u. Apakah pengemudi truck berkualifikasi cukup k. Apakah saluran yang berlubang diberi tutup s. Apakah lantai gang terpelhara kebersihannya r. Apakah setiap mesin dan peralatan dapat dihentikan / dimatikan n.

Apakah dipasang tanda peringatan bahan kimia berbahaya n. Apakah ada petugas khusus yang bertanggung jawab terhadap keadaan darurat c. Apakah tersedia tenaga khusus untuk angkat / angkut barang h. Apakah penyimpanan tabung bertekanan memenuhi syarat i. dengan baik 4. Apakah petugas angkat / angkut sudah pernah dilatih g. Tempat dan cara penyimpana material : Apakah fasilitas penyimpanan cukp memadai a. Apakah petugas penanggung jawab keadaan darurat telah dilatih secara khusus tentang tingkat bahaya yang ada e. Apakah penempatan penyusunan barang cukup bebas dari bahaya runtuh f. Apakah tersedia tempat khusus untuk penyimpanan benda yang tidak terpakai b. Apakah petugas penanggung jawab keadaan darurat telah didik secara khusus tentang tingkat bahaya yang ada d. Apakah penempatan penyusunan barang cukup stabil d. Apakah disediakan tempat penyimpanan yang aman o. Apakah semua bahaya bahan kimia yang disimpan telah diketahui dan dicatat m. Apakah bahan kimia yang berbahaya diberi label p. Apakah tersedia alat pelindung diri dan digunakan r. Apakah tali dan jaringan penyelamat tersedia dan digunakan bila kemungkina terjadi keelakaan 5. Apakah gudang sebagai tempat penyimpanan barang memenuhi syarat k. Peencanaan darurat : a. Untuk penyelamatan dalam keadaan darurat apakah disediakan alat Bantu penafsiran g. Apakah sudah dibuat prosedur penanggulangan keadaan darurat b. Apakah peralatan angkat dan angkut cukup tersedia c. Apakah para petugas telah diberikan pelatihan yang cukup . Biamana terdapat bahan beracun apakah disediakan antidotes s. Apakah dilakukan pengujian kandungan bahan berbahaya pada contoh produk q. Apakah muatan rak tidak melebihi kapasitas j. Apakah dapat diyakinkan bahwa para pekerja dapat difungsikan dan diselamatkan secepatnya f. Apakah penempatan penyusunan barang cukup aman e. Apakah gudang dilakukan pemeriksaan secara rutin l.

Apakah alat pemadam kebakaran tersedia dalam jenis yang cukup serta dengan penempatan yang baik mudah terlihat dan terjangkau g.h. Apakah alat pemadam kebakaran tersedia dalam jumlah yang cukup serta dengan penempatan yang baik mudah terlihat dan terjangkau f. Apakah semua bahan – bahan yang mudah terbakar disimpan dan digunakan secara aman Apakah semua bahan – bahan yang mudah meledak disimpan dan digunakan secara aman b. Apakah semua pintu keluar dibuatkan tanda yang mudah dilihat yang memenuhi syarat s. Apakah semua pintu keluar dibuatkan tanda penerangan yang memenuhi syarat t. Apakah para pengawas telah dilatih dalam prosedur penghentian proses / kegiatan dalam keadaan darurat j. Apakah pintu keluar berfungsi dengan baik 6. Apakah ada petunjuk tertulis untuk memilih dan menggunakan alat pelindung pernafasan i. Penanggulangan kebakaran : a. Apakah setiap ruangan dan atau bangunan diberi system penyelamat n. Apakah tersedia tempat yang tertutup untuk bahan buangan yang mudah terbakar c. Apakah instruksi yang jelas telah dipasang ditempat penyimpanan maupun pembuangan bahan yang mudah terbakar d. Apakah peralatan untuk menghentikan proses bila dalam keadaan darurat mudah diketahui dan diyakini dapat bekerja dengan baik p. Apakah para manager telah dilatih dalam prosedur keadaan darurat r. Apakah instruksi yang jelas telah dipasang ditempat penyimpanan maupun pembuangan bahan yang mudah meledak e. Apakah setiap ruangan dan atau bangunan diberi system tanda bahaya l. Apakah ada hubungan kerja yang baik antara manajemen dengan para regu bantuan dari luar q. Apakah setiap ruangan dan atau bangunan diberi system komunikasi untuk keadaan darurat m. Apakah terdapat system tertulis untuk dengan cepat menentukan dan menemukan kembali jika ada pekerja yang hilang p. Apakah tersedia petunjuk operasi untuk menanggulangi bahaya k. Apakah disediakan gelondongan slang yang cukup dalam jumlah dan dalam penggunaan dapat mencapai .

Apakah ditempat kerja terdapat bahan yang bersifat korosif h. Apakah semua tenaga kerja secara teratur dilatih dan memberikan pertolongan pertama pada kecelakaan g. Apakah tanda dilarang merokok dipasang ditempat sekitar tempat kerja yang mempunyai risiko bahaya kebakaran r. Apakah terdapat system peringatan kebakaran ( alarm ) yang baik dan terdengar dengan jelas l. Apakah hidran kebakaran dan penyediaan air selalu cukup untuk digunakan oleh regu pemadam kebakaran Bila terdapat risiko kebakaran khususnya kebakaran magnesium. seluruh bangunan h. Apakah telah ditunjuk petugas yang cakap dan diberi pelatihan dalam penanggulangan keadaan darurat j. apakah tersedia peralatan khusus untuk memadamkan api k. Apakah system alarm dites / dicoba secara teratur dan diberikan label o. Apakah terpasang instruksi dan nomor teleponn dalam kadaan bahaya 7. Apakah dipekerjakan seorang dokter secara tetap d. sodium dan lain – lain. Apakah terdapat sarana pengankutan khusus dan selalu siap untuk mengantar orang yang mengalami cedera ke rumah sakit f. Apakah disediakan jalan penyelamat yang bebar rintangan t. Apakah secara teratur diadakan latihan peran evakuasi penyelamat bagi seluru tenaga kerja n. Apakah dipekerjakan seorang dokter dengan system kontrak dengan pusat pelayanan kesehatan tertentu e. Apakah ditempat kerja terdapat bahan yang beracun . Apakah terdapat system peringatan kebakaran ( alarm ) yang baik dan terlihat dengan jelas m. Apakah terdapat kotak P3K yang lengkap dan memadai ditempat strategis b. Apakah telah ditunjuk petugas yang cakap dan diberi pelatihan dalam penanggulangan kebakaran i. Apakah system alat pemadam kebakaran dites / dicoba secara teratur dan diberikan label p. Apakah terdapat system komunikasi bagi pemadam kebakaran yang handal Apakah terdapat system dan pemanggilan regu pemadam kebakaran yang handal u. Apakah terdapat petugas P3K secara khusus dan dalam jumlah yang memadai c. Apakah disediakan sarana penyelamat dengan cepat s. PertolonganPertama Pada Keselakaan a.

Apakah kecelakaan yang terjadi diklassifikasikan dengan baik menurut sebab kecelakaan c. Apakah kecelakaan yang terjadi diklassifikasikan dengan baik menurut tempat kejadian kecelakaan b. Apakah kecelakaan yang terjadi diklassifikasikan . Apakah kecelakaan yang mengakibatkan cedera lebih dari satu hari tidak bekerja diperiksa oleh petugas K3 dan pengawas yang bersangkutan c. Apakah tindakan perbaikan segera dilakukan jika diterima laporan kerusakan i. Apakah kecelakaan yang mengakibatkan cedera lebih dari satu hari tidak bekerja diperiksa oleh pengawas yang bersangkutan d. Apakah cedera ringan yang tidak memerlukan perawatan lajutan juga dicatat secara baik h. Apakah setaip kecelakan dilaporkan c. Apakah manajemen menaruh perhatian terhadap perbuatan berbahaya yang ada h. Apakah laporan kecelakaan dikumpulkan dan didiskusikan dalam forum P2K3 e. Apakah ditempat kerja terdapat fasilitas untuk membersihkan / membilas tubuh yang segera dapat dipakai dalam keadaan bahaya 8. Apakah salinan / tembusan dilaporkan kepada manajemen d. Apakah sarana kecelakaan yang menimbulkan korban manusia diperiksa e. Apakah setiap kecelakaan dicatat b. Apakah disediakan dan digunakan formulir laporan kecelakaan yang terperinci f. Laporan kecelakaan : a. Analisis kecelakaan : a. Apakah pihak manajemen mempersiapkan satu tim dengan program penyelidikan yang teliti terhadap semua kerusakan harta benda akibat kecelakaan 10. Apakah setiap kecelakaan diperiksa walaupun sangat ringan b. Apakah ada hubungan timbal balik dengan penyelenggaraan asuransi kecelakaan dalam masalah laporan kecelakaan 9.i. Pemeriksaan kecelakaan : a. Apakah dibuat statistic kecelakaan g. Apakah sarana kecelakaan yang menimbulkan kerusakan harta benda diperiksa f. Apakah manajemen menaruh perhatian terhadap kondisi berbahaya yang ada g.

video untuk penyuluhan dan pembinaan pekerja i.. Apakah disiapkan iktisiar analisis kecelakaan f. Apakah diadakan pertemuan berkala antara pekerja dan petugas K3 untuk mendiskusikan masalah K3 b. Apakah dilakukan perhitungan tingkat keparahan dari kecelakaan j. Apakah hasil analisis dari kecelakaan disebarluaskan kepada pekerja l. Apakah diperhitungkan kerugian tidak langsung akibat dari kecelakaan h. Apakah diorganisir kunjungan kerja guna melihat pelaksanaan K3 untuk para wakil m. Apakah pemasangan poster K3 sebelumnya sudah direncanakan dengan baik c. Apakah statistic hasil kecelakaan dan hasil analisis kecelakaan digunakan sebagai bahan pertimbangan dalam menyusun program K3 11. Apakah kecelakaan yang terjadi diklassifikasikan dengan baik menurut bentuk / corak dari kecelakaan e. dengan baik menurut bagian tubuh yang cedera d. Apakah diorganisir kunjungan kerja guna melihat pelaksanaan K3 untuk staf manajemen k. Apakah manajemen perusahaan mengikt sertakan para pekerja dalam kampanye K3 e. Apakah hasil analisis dari kecelakaan disebarluaskan kepada anggota P2K3 m. Apakah secara berkalaada publikasi d. Apakah pemutaran film dan video dilakukan secara berkala j. Promosi K3 : a. Apakah terdapat sarana dan fasilitas film. Apakah diadakan kompetisi K3 antara bagian /unit yang ada dalam perusahaan f. Apakah diorganisir kunjungan kerja guna melihat pelaksanaan K3 untuk pekerja l. Apakah dilakukan perhitungan tingkat kekerapan dari kecelakaan i. Apakah hasil analisis dari kecelakaan disebarluaskan kepada manajemen k. Lingkungan kerja dan kebersihan : . Apakah diorganisir kunjungan kerja guna melihat pelaksanaan K3 untuk gabungan 12. Apakah diberi penghargan bagi pekerja yang berprestasi dalam bidang K3 g. Apakah diberi penghargan bagi unit yang berprestasi dalam bidang K3 h. Apakah diperhitungkan kerugian langsung akibat kecelakaan g.

Apakah tersedia tempat pembuangan sampah e. Apakah fasilitas yang dipenuhi demi kesehatan telah memenuhi ketentuan f. Apakah peraturan ditegakkan dalam cara berpakaian antara lain larangan mengunakan pakaian lengan panjang.a. . Apakah dilakukan pemeliharaan halaman g. seperti cincin. Apakah tangga – tangga dilengkapi dengan pengaman l. Apakah tangga permanent dilengkapi pengamanan berupa pegangan tangan n. Apakah tirai pengaman tersedia bila diperlukan o. Apakah tangga yang permanent berada dalam kondisi yang baik m. Apakah daerah kerja terpelihara kebersihan dan keapihannya b. Apakah tangga – tangga sudah memadai untuk segala jenis pekerjaan j. Apakah tempat kerja diberi penerangan yang memadai c. Apakah prinsip ergonomic sudah diterapkan ditempat kerja d. Apakah tangga – tangga berada dalam kondisi yang baik k. p. Apakah peraturan ditegakkan dalam cara berpakaian antara lain larangan mengunakan rambut panjang q. Apakah dilakukan pemeliharaan pagar pembatas i. Apakah peraturan ditegakkan dalam cara berpakaian antara lain larangan mengunakan untaian perhiasan. Apakah dilakukan pemeliharaan jalan kendaraan h..