You are on page 1of 16

FORMAT LAPORAN PKL 2018

POLITEKNIK STMI JAKARTA

Sistematika penulisan Laporan PKL terdiri dari:

A. Bagian Awal Laporan

1. Halaman Judul.

2. Lembar pengesahan PKL.

3. Surat Keterangan Menyelesaikan PKL (dari Perusahaan).

4. Lembar Bimbingan PKL (dosen pembimbing).

5. Lembar Penilaian PKL (dosen pembimbing dan pembimbing lapangan).

6. Kata Pengantar.

7. Daftar Isi.

8. Daftar Gambar.

9. Daftar Tabel.

10. Daftar Lampiran.

B. Bagian Isi Laporan

1. BAB I. PENDAHULUAN

1.1. Latar Belakang.

Berisi uraian tentang alasan melaksanakan PKL di industri otomotif.

1.2. Tujuan PKL.

Berisi uraian tujuan yang ingin dicapai dari adanya PKL yang dilaksanakan.

1.3. Manfaat PKL.

Berisi uraian manfaat yang dicapai dengan adanya PKL.

1.4. Waktu dan Tempat Pelaksanaan PKL.

Berisi detail uraian mengenai kapan PKL dilaksanakan di perusahaan dan
alamat lengkapnya.

1.5. Jadwal Kegiatan PKL.

Berisi uraian tentang tahapan kegiatan yang dilakukan selama
pelaksanaan PKL berlangsung.

PELAKSANAAN FUNGSI-FUNGSI PERUSAHAAN Berisi uraian mengenai hasil praktik kerja yang dilakukan di perusahaan. Kegiatan Perusahaan. 3. BAB II. Pemasaran dan SDM. BAB III. 2. Struktur Organisasi.1. Berisi gambaran dari struktur organisasi beserta penjelasan tugas dan fungsi dari masing-masing jabatan di dalam struktur organisasi tersebut.4. 2.1. 2. GAMBARAN UMUM PERUSAHAAN 2. Data-data perusahaan. Berisi uraian sejarah singkat perusahaan dari awal berdirinya. 4. Visi dan Misi Perusahaan 2. Berisi uraian tentang kegiatan perusahaan yang mencakup aspek: Produksi.2. yaitu: 1. atau NPWP . 5. Saran 6. DAFTAR PUSTAKA C.3. Kesimpulan 5. Formulir aktivitas harian selama pelaksanaan PKL 3. BAB V. CV Penulis 2. Sejarah Perusahaan. PERMASALAHAN DAN PENYELESAIAN Berisi permasalahan yang ditemui selama pelaksanaan PKL dan penyelesaian yang dapat diterapkan untuk menyelesaikan permasalahan tersebut (bisa dikaitkan dengan teori perkuliahan yang sudah diperoleh). Profil Perusahaan Berisi gambaran umum dan lokasi perusahaan 2.2. PENUTUP 5.5. Keuangan. Bagian Akhir Laporan Berupa Lampiran yang wajib disertakan dalam Laporan PKL. misalnya berupa: SIUP. BAB IV. TDP. Misalnya dapat meliputi kegiatan di empat (4) aspek fungsi manajemen.

Pinggir bawah: 3 cm.5 spasi.5 spasi. Pinggir kiri: 4 cm. adalah 1. 6. Warna tinta: hitam. C. Pinggir atas: 4 cm. 3. 3. 2. Jarak antara teks dengan tabel. 2. Isi naskah ukuran font 12. Warna sampul: kuning. Sampul halaman judul: kertas buffalo .5 spasi. Huruf yang digunakan : 1. Pinggir kanan: 3 cm. B. TATA CARA PENULISAN LAPORAN PKL A. gambar grafik. 3. Ukuran kertas : 1. Jarak antara penunjuk bab dengan judul bab adalah 1. 3. Jenis kertas: HVS 70 gsm. diagram. 2. Jenis font yang digunakan adalah ‘Times New Roman’. 4. Untuk judul ukuran font 14. 5. Ukuran kertas: A4 (21x29. Antar Bab diberikan pembatas berupa kertas dorslah warna kuning dengan logo Politeknik STMI Jakarta. D. 4. . Batas Penulisan (Margin) : 1. 2. 5. Jarak antara baris yang satu dengan baris yang berikutnya adalah 1.7 cm). Jarak antara judul bab dengan teks pertama yang ditulis atau antara judul bab dengan judul sub bab adalah 2 spasi. 4. Jarak antara judul sub bab dengan baris pertama teks adalah 2 spasi dan alinea teks diketik menjorok ke dalam 5 ketukan. Spasi : 1.

6.. 1.1. dst) 1.2... Aturan Pengutipan Aturan-aturan yang digunakan sebagai berikut: 1.2.1.1. 2.1. .4.. Penomoran bagian sub-sub Bab disesuaikan dengan nomor sub bab terkait (misalnya: I.1. Penomoran Bab. 2. Penomoran Bab menggunakan angka romawi kapital. Sumber acuan diletakkan pada bagian akhir kutipan : (Date.1.1..dst) dengan penempatan nomor halaman diletakkan pada bagian bawah tengah.. 2. ii.. Halaman kata pengantar sampai dengan halaman daftar lampiran diberi nomor dengan angka romawi kecil yang merupakan kelanjutan dari halaman ii (iii.. Penomoran: 1. 1.dst). E. 2. v. 2. 1. diletakkan pada atas sebelah kanan.. Sub Bab dan Sub-Sub Bab 2.. Halaman judul dan lembar pengesahan tidak diberi nomor urut halaman. Penomoran Halaman 1.. Penulisan nomor dan judul Bab ditengah dengan huruf besar.4. iv. Untuk penyederhanaan pengutipan. Posisi penomoran pada setiap permulaan Bab diletakan di bagain bawah tengah.5..3…. Penomoran turunan dari bagian sub-sub Bab disesuaikan dengan sub-sub Bab (misalnya: 1.1. 2... iv. Penomoran mulai dari Bab I sampai dengan bab terakhir menggunakan angka latin (1.2..….dst). 2. 1995) .3.dst). tetapi diperhitungkan sebagai halaman i dan ii 1. 1.dst) D..2. mulai dari halaman judul sampai dengan halaman daftar lampiran menggunakan angka romawi kecil (i.3.1... Penomoran bagian awal Laporan PKL.. iii.2.. maka judul materi yang diacu tidak diletakkan dibagian bawah pada halaman yang bersangkutan tapi diletakkkan jadi satu dengan daftar pustaka 2. Penunjuk bab dan judul bab ditempatkan pada halaman baru. Penomoran sub bab menggunakan angka latin diketik pada margin sebelah kiri (misalnya: 1. 3….

karena perangkat ajar yang akan dibuat terdiri dari halaman-halaman web yang saling terhubung. Jika kutipan lebih dari tiga baris tidak perlu diberi tanda kutip. animasi. karena perangkat ajar yang akan dibuat terdiri dari halaman-halaman web yang saling terhubung. maka pada bagian yang dihilangkan tersebut digantikan dengan titik sebayan tiga buah. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam membangun halaman web (Oetomo. 4. 6. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam membangun halaman web. contoh: Menurut Vidila (dalam Rahayu. diketik seperti pada pengetikan teks biasa dan diberi tanda kutip (“) pada awal dan akhir kutipan. file suara dan video yang tidak terbatas jumlahnya…” (Afrianto. spasi tetap biasa. maka harus dipahami tentang cara pembuatan halaman web. maka sumber kutipan yang ditulis adalah tetap sumber kutipan yang digunakan pengutip tetapi dengan menyebut siapa yang mengemukakan pendapat tersebu t dan ditulis dalam tanda petik tunggal „ ‟. Jika kutipan itu ada bagian yang dihilangkan beberapa kata/kalimat. Kutipan panjangnya kurang dari 4. Jika kutipan kurang atau sama dari tiga baris diberikan tanda kutip pada awal dan akhir. Jika sumber kutipan merujuk ke sumber lain. 1997: 36) „Komputer dalam kegiatan akademik memiliki berbagai peran. maka harus dipahami tentang cara pembuatan halaman web. contoh: “…sehingga dapat digabungkan dengan tampilan huruf-huruf yang menarik. contoh: Menurut Rochmawati (1997:300) “Perangkat Ajar (PA) adalah perangkat lunak komputer yang dirancang untuk memudahkan proses belajar mengajar“. Peran-peran tersebut dapat…‟ .3. gambar-gambar. 2002:200) atau Menurut Suherman (2002:200): Untuk membuat perangkat ajar berbasis web. tetapi pengetikan dengan satu spasi contoh: Untuk membuat perangkat ajar berbasis web. 1999:21) 7. 5.

Judul jurnal dicetak miring. 5. nama depan (dapat disingkat). nama depan (dapat disingkat). Jurnal RACE. melainkan cukup diberikan garis horisontal sepanjang namanya. Judul Artikel (ditulis dalam tanda petik “ ”). Nomor volume diikuti nomor penerbitan dalam tanda kurung. 2007. tahun terbit. Bila terdapat beberapa pustaka dengan pengarang yang sama. “Perangkat Refrigerasi Makanan”. maka penulisannya adalah Nama belakang penulis. hanya dituliskan satu saja nama yang pertama dengan ditambahkan et al. 38(3). Tubagus Asep. Tata Udara. Penulisan daftar pustaka tergantung jenis informasinya yang secara umum memiliki urutan: Nama Penulis (diawali dengan nama keluarga). 2. Pengurutan berdasarkan abjad terdepan. Tersedia: alamat di internet. 30-46. Nama Penerbit. Edisi. 6. [Jenis medium]. Kota terbit. ketiga dan seterusnya tidak perlu ditulis ulang. Bila terdapat lebih dari tiga nama pengarang. 2003. Jakarta. [tanggal akses]. nama pengarang pada pustaka yang kedua. Jilid. Sumber dari internet. Judul Karya tidak dicetak miring atau garis bawah. Refrigerasi Makanan. Bila seorang menulis dua atau lebih karangan dalam tahun yang berbeda. contoh: Harsiti. Aturan Penulisan Daftar Pustaka Penulisan Daftar Pustaka ditetapkan sebagai berikut: 1. gelar tidak perlu disebutkan 3. Penerbit Exel media. Jamjuri. Nuriyana. maka penulisannya Nama belakang. Tahun penerbitan. nomor halaman. Penerbit Exel Media. 7. 1985. Dengan Nama yang mempunyai 3 kata: Nurdin. Sumber Jurnal. maka pustaka disusun urutan waktu. Bandung. contoh: Dengan Nama yang mempunyai 2 kata: Siregar.E. . judul buku. 4. Tahun. selanjutnya ditulis seperti biasa.

Grafik. [30 September 2005] F. Penulisan Gambar. Budi. Laporan ditulis dengan menggunakan Bahasa Indonesia baku. Tabel. Pembimbing dan penguji serta pengesahan oleh pejabat berwenang.id/articles/riau-it. Sedapat mungkin menggunakan istilah yang telah diindonesiakan. sesuai dengan ejaan bahasa Indonesia yang disempurnakan. untuk tabel judul diletakkan dibagian atas tengah dari table 2. Kalimat dalam laporan sebaiknya tidak terdapat/menggunakan kata ganti orang. contoh Gambar II. Gelar kesarjaaan dan gelar lainnya tidak boleh dicantumkan dalam penulisan nama. jika menggunakan istilah asing harus diberikan tanda khusus. Simbol dan Singkatan 1. misalnya dicetak miring. 2000. Kebahasaan 1. dan sebagainya. Dan Pemerintahan: Siapkah Indonesia [Online] Tersedia: www. 2. Peletakan judul gambar/grafik adalah dibagian bawah dan tengah dari gambar.co. Implikasi Teknologi Informasi Dan Internet Terhadap Pendidikan. .1 berarti Gambar di BAB II dengan urutan pertama. 4. Penomoran tergantung pada Bab yang bersangkutan. kecuali dalam ucapan terima kasih. misalnya Saya. budi. Bisnis.doc. CONTOH Raharjo. 3. Kami. G.insan.

LAMPIRAN 1 FORMAT KERTAS A4 .

.. LAMPIRAN 2 FORMAT HALAMAN SAMPUL/COVER LAPORAN PKL LAPORAN PRAKTEK KERJA LAPANGAN PADA PT ABC Pelaksanaan : (tgl – bln – thn) s... (tgl – bln thn) Oleh : (Nama Lengkap) NIM : (.) Program Studi Administrasi Bisnis Otomotif Politeknik STMI Jakarta 2018 .d.

Mulyono MM (Nama lengkap & gelar) NIP : 195309011983031001 NIP : (..) . dan disahkan menjadi syarat menyelesaikan mata kuliah Praktek Kerja Lapangan Disetujui oleh : Ketua Prodi Dosen Pembimbing Administrasi Bisnis Praktek Kerja Lapangan Otomotif Drs......) Program Studi Administrasi Bisnis Otomotif Politeknik STMI Jakarta Laporan praktek kerja lapangan ini telah diterima. disetujui... LAMPIRAN 3 FORMAT LEMBAR PENGESAHAN LEMBAR PENGESAHAN LAPORAN PRAKTEK KERJA LAPANGAN Oleh : (Nama) NIM : (.

2. Struktur Organisasi BAB III. Kegiatan Perusahaan 2.1. Tujuan PKL. Latar Belakang 1. Sejarah Perusahaan 2. PERMASALAHAN DAN PENYELESAIAN BAB V.3.1. Saran DAFTAR PUSTAKA . 1. GAMBARAN UMUM PERUSAHAAN 2. Jadwal Kegiatan PKL.3. LAMPIRAN 4 FORMAT DAFTAR ISI DAFTAR ISI Halaman Judul i Lembar Pengesahan ii Kata Pengantar iii Daftar Isi iv Daftar Gambar v Daftar Tabel vi BAB I.4.4. BAB II.2. PELAKSANAAN FUNGSI-FUNGSI PERUSAHAAN BAB IV. PENUTUP 5. 1. 1. Profil Perusahaan 2.2. Visi dan Misi Perusahaan 2.1.5.5. Waktu dan Tempat Pelaksanaan PKL. Kesimpulan 5. Manfaat PKL. PENDAHULUAN 1.

........................................................................................................ Gambar ( )...5 ........................................................................... ..........................................................................3 ....................................... Gambar ( ).................................................................................................................................................... Gambar ( ).... Gambar ( )................................... LAMPIRAN 5 FORMAT DAFTAR GAMBAR DAFTAR GAMBAR Gambar ( )....2 ....................................................................... Dst ..............................4 .................................................................................................................................................................1 ...................................................................................................................................

........................................................................................1 .................................................. Tabel ( )..............3 ............................................................................................................................................ Dst .. Tabel ( ).....................2 ......................................5 .............................. LAMPIRAN 6 FORMAT DAFTAR TABEL DAFTAR TABEL Tabel ( )........................................................................................................................ Tabel ( )........................................................................................................ Tabel ( ).........4 .............................................................................................................................

. : 2.. Jakarta.. Alamat : Telepon/Hp : Semua data yang saya isikan dan tercantum dalam biodata ini adalah benar dan dapat dipertanggungjawabkan secara hukum.... maka saya sanggup menerima sanksi.. Apabila di kemudian hari dijumpai ketidaksesuaian dengan kenyataan. LAMPIRAN 7 FORMAT CURICULLUM VITAE CURICULLUM VITAE Foto Berwarna 4x6 Nama : NIM : Tempat/Tanggal Lahir : Program Studi : Pengalaman Organisasi : 1..... Pelatihan/Seminar : 1.. (tgl bln thn) ttd (. : 2..) NIM : (..............) .........

LAMPIRAN 8 LEMBAR PENILAIAN PKL (DAPAT DARI PRODI) KOP POLITEKNIK STMI JAKARTA FORM NILAI PRAKTEK KERJA LAPANGAN (PKL) 1 NAMA/NIM 2 PROGRAM STUDI/JURUSAN 3 PERGURUAN TINGGI 4 LAMA PKL 5 INSTANSI TEMPAT PKL 6 UNIT KERJA PKL 7 ALAMAT INSTANSI TEMPAT PKL NO PARAMETER NILAI ANGKA HURUF A KEDISPLINAN 1 Ketepatan Waktu/Disiplin 2 Sikap Kerja/Prosedur Kerja 3 Tanggung Jawab terhadap Tugas 4 Kehadiran/Absensi B PRESTASI KERJA 1 Kemampuan Kerja 2 Ketrampilan Kerja 3 Kualitas Hasil Kerja C KEMAMPUAN BERADAPTASI 1 Kemampuan Berkomunikasi 2 Kerjasama 3 Kerajinan/Inisiatif .

Nilai <45 =E Tanggal Penilaian : Nilai Penilaian : Jabatan Penilai : Tanda Tangan & Stempel : Instansi . Nilai 62-67.9 =C 6.9 = B+ 3. D LAIN-LAIN 1 Memiliki Rasa Percaya Diri 2 Mematuhi Aturan dan Tata Tertib PKL 3 Penampilan/Kerapihan TOTAL NILAI RATA-RATA HURUF Ketentuan Penilaian: 1.9 = C+ 5.9 =D 7. Nilai 45-55. Nilai 56-61.9 =B 4. Nilai 80-100 =A 2. Nilai 68-73. Nilai 74-79.