You are on page 1of 27

1

I. PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang
Hortimart agro center, merupakan sebuah agrowisata yang terletak di Jl.
Raya Bawen-Semarang, No.55, Semarang, Jawa Tengah. Hortimart didirikan di
atas lahan seluas 25 Hektar, dengan berbagai komoditas yang ada misalnya
durian, jeruk, pepaya, kelengkeng, dan komoditas buah-buahan dan sayur-sayuran
yang lain. Di area Hortimart terdapat resoran, agro tour dengan perjalanan wisata
mengelilingi kebun buah dan sayur, agro mart sejenis mini market yang menjual
buah-buahan dari kebun dan masih banyak lagi yang lainya.
Usaha agribisnis tidak hanya kegiatan dalam on farm saja, melainkan juga
merupakan kegiatan dalam bidang penyediaan agro-input, kegiatan usahatani,
kegiatan pemasaran dan pengolahan, kegiatan penunjang serta agrowisata.
Agribisnis akan menjadi lebih baik jika terdapat keterkaitan sektor hulu-hilir yang
baik. Konsep agrowista mampu memberikan keterkaitan sektor hulu-hilir yang
baik. Dengan konsep agrowista maka dari kegiatan budidaya hingga pemasaran
dan pengolahan dapat dilakukan secara terintegrasi. Konsep agrowisata juga
mampu memotong panjangnya mata rantai pemasaran dalam agribisnis.
Pemasaran, merupakan sebuah kegiatan yang sangat penting dalam usaha
agribisnis. Pemasaran sendiri merupakan sebuah proses penyaluran barang atau
jasa dari tangan produsen sampai dengan ke tangan konsumen. Dalam pemasaran,
pelanggan merupakan aspek yang penting oleh karena itu setiap usaha agribisnis
harus berupaya untuk mempertahankan dan meningkatkan pelanggan. Manajemen
hubungan pelanggan merupakan suatu keiatan dalam manajemen pemasaran
untuk mengikat dan mempertahankan pelanggan.
Kegiatan magang kerja merupakan kegiatan akademik yang dilakukan oleh
mahasiswa dengan melakukan praktek kerja yang dilakukan di lembga atau
institusi yang sesuai dengan disiplin ilmu yang sedang dipelajari. Kegiatan
magang berguna untuk memberikan pangalaman di dunia kerja oleh mahasiswa
dan mampu mengimplemntasikan ilmu dan teori yang sudah diperoleh dalam
kegiatan perkuliahan yang sudah dilakukan.
Agrowisata atau agroturism merupakan bentuk kegiatan pariwisata yang
memanfaatkan usaha agro (agribisnis) sebagai objek wisata dengan tujuan untuk

2

memperluas pengetahuan, pengalaman, rekreasi dan hubungan usaha di bidang
pertanian. Agrowisata memiliki banyak manfaat diantaranya adalah dapat
memberikan nilia tambah secara ekonomi dan mampu memperpendek rantai
pemasaran komoditas pertanian. Agrowisata perlu dikelola dengan sistem
manajemen yang baik.
Kegiatan magang kerja di Hortimart Agro Center diharapkan mahasiswa
dapat mempelajari bagaimana menjalankan sebuah usaha agrowista. Kegiatan
magang dilakukan dengan melakukan kegaitan praktek langsung di lapang, serta
melakukan diskusi dan analisis dengan pembimbing di Hortimart Agro Center.
Harapanya setelah melakukan kegiatan magang ini mahasiswa dapat menambah
skill dan pengalaman dalam kegiatan usaha agribisnis melalui konsep agrowista.
Dalam kegiatan magang ini juga diharapkan mampu mendapatkan ilmu yang lebih
mengenai manajemen pemasaran khususnya dalam manajemen hubungan
pelanggan.

1.2 Tujuan
Tujuan dilakukannya magang kerja ini anatara lain adalah sebagai berikut:
1. Memenuhi kurikulum akademik Program Studi Agribisnis, Fakultas Pertanian
Universitas Brawijaya pada semeter 7
2. Memberikan pengalaman di dunia kerja serta mengimplementasikan ilmu yng
sudah diperoleh di perkuliahan
3. Meningkatkan kemampuan dan ketrampilan dalam melakukan sebuah usaha
agribisnis
4. Mengembangkan daya nalar dan menambah wawasan di bidang pertanian
secara luas tentang aspek pengembangan pertanian
Sasaran kompetensi yang ingin dicapai dalam kegiatan magang ini adalah
sebagai berikut:
1. Aspek Kognitif
Mampu mengetahui dan memahami mengenai sistem pemasaran terutama
manajemen hubungan pelanggan yang dilakukan oleh agrowisata.

. Mampu melaksanakan dan mengimplementasi sistem pemasaran (manajemen hubungan pelanggan) dalam usaha agrowisata. 3 2. Selain itu mahasiswa juga diharapa lebih mampu bersikap disiplin. memiliki ketrampilan berkomunikasi yang lebih baik dan ketrampilan dalam manajemen keuangan agrowiata. dan mampu bekerja sama dalam tim. Aspek Afektif Mampu bersikap yang lebih baik dalam menangangi pelanggan pada sebuah usaha agrowisata. 3. Aspek Psikomotorik Diharapakan setelah magang kerja mahasiswa memiliki ketrampilan dalam mengelola usaha agrowisata. tekun dan mampu berdaptasi dengan lingkungan kerja.

1 Waktu dan Tempat Kegiatan magang dilaksanakan mulai pada tanggal 17 Juli 2017 samapai dengan 17 September 2107.I. serta karyawan dan manajer untuk medapatkan infornasi dan pengalaman mengenai kegiatan usaha dalam bidang agrowisata.00-16. Jawa Tengah. Praktik kerja lapang dilakukan dengan melakukan kerja sesuai dengan komptensi dan keahlian agribisnis mulai dari penyediaan agro input sampai dengan agribinis hulu dan diutamakan pada aspek manajemen pemasaran dengan konsentrasi pada kegiatan pengelolaan manajemen hubungan pelanggan (Customer Relationship Management). serta mengetahui bagaiman cara perusahaan untuk menarik pelanggan dan mengetahui apa yang diinginkan oleh pelanggan agar tetap loyal untuk berkunjung ke Hortimart Agro Center. .30 W. METODE PELAKSANAAN 2. Bawen. Tempat magang kerja dilakukan adalah di Hortimart Agro Center. 3. Kegiatan magang dilakukan mulai pukul 08. 2. 2. Diskusi Diskusi dilakukan engan berbagai pihak untuk saling berbagi pengalaman dan pengetahuan yang terkait dengan cara-cara untuk melakukan hubungan baik dengan pelanggan dan menjaga loyalitas pelanggan. 4 II. Observasi dan wawancara Observasi dilakukan dengan pembimbing lapang dan kepada pengunjung dari Hortimart Agro Center. Semarang.2 Prosedur Pelaksanaan Adapun prosedur yang dilaksanakan dalam kegiatan magang kerja adalah sebagai berikut: 1.B. Dalam satu minggu kegiatan magang dilakukan sebanyak 6 hari kerja. Kerja Lapang Melakukan praktik kerja lapang sesuai dengan bidang keahlian agribisnis.

berada di jalan raya utama Solo-Semarang dan Jogja-Semarang. srikaya. Visi dan Misi perusahaan Hortimart Agro Center adalah sebagai berikut: 3.1.1. Selain itu suhu rata-rata di Hortimart Agro Center berkisar di 34oC serta tingkat kelembapan 23 % sangat pas untuk refreshing dan berwisata alam. PROFIL PERUSAHAAN 3. dan 10 % nya ditanami dengan tanamna sayur diantaranya adalah berbagai jenis sawi. Kabupaten Semarang. Memiliki semangat berbagi ilmu untuk petani lokal dan pelajar. b. Budi Dharmawan atau Kwik Kian Djin yang merupakan adik dari Kwik Kian Gie. ketinggiannya kurang lebih 450 m dpl dengan curah hujan 33 m/hari sehingga potensi untuk pertanian sangat besar. kangkung. Mempunyai standar kualitas produk (buah. sirsat. sayur dan bibit) yang baik. jambu biji. Perusahaan Hortimart Agro Center dimiliki dan dikelola oleh pihak swasta yaitu bapak Ir. nanas dan masih banyak lagi yang lainya.1 Deskripsi Umum Perusahaan Hortimart Agro Center merupakan sebuah peusahaan yang bergerak dibidang pertanian dan Agrowisata. . Mempunyai standar yang benar mengenai budidaya tanaman. durian. 5 III. Berjarak hanya 5 menit dari pintu keluar Tol Bawen menjadikan Hortimart Agro Center pas untuk tempat istirahat dan juga berwisata. Perusahaan ini terletak di Jalan Gatot Subroto 55 Bawen. Keadaan tanah berbukit- bukit. Hortimart Agro Center memiliki kebun seluas 27 Hektar yang 90 % ditanami dengan berbagai macam tanaman buah diantaranya adalah jeruk.1 VISI “Menjadi pusat percontohan agro terbaik di Indonesia bahkan dunia” 3. seorang menteri koordinator perekonomian pada masa pemerintan Presiden Megawati. c. Masuk ke dalam wilayah kelurahan dan kecamatan Bawen. e. Mengoptimalkan potensi yang ada untuk perkembangan pertanian Indonesia. kelengkeng. bayam. mangga. Memiliki standar pelayanan yang optimal d.2 MISI a. dan sayuran lainya.

dibantu oleh general manager dan wakil general manajer. Wakil General Manajer bertanggung jawab atas urusan kesekretariatan dan sarana prasarana.2 Sejarah Perusahaan Hortimart Agro Center berdiri sejak tahun 1979 dengan luas lahan 26 ha. Kurang lebih 90% lahannya ditanami aneka buah-buahan dan sisanya + 10% aneka sayuran organik. General manager membantu direktur dalam pembagian tugas pada setiap divisi di Hortimart Agro Center. Setiap divisi dipimpin oleh seorang kepala bagian.3 Struktur Organisasi Hortimart Agro Center merupakan perusahaan dengan struktur organisasi yang terbagi menjadi beberapa divisi Hortimart Agro Center dipimpin oleh direktur utama selaku pemilik perusahaan. muncul motivasi menjadikan Hortimart Agro Center kebun buah dan sayur. . Namun. 6 3. Budi Dharmawan yang sudah berpengalaman berpuluh-puluh tahun sebagai seorang pengusaha dibidang pertanian. seiring berjalannya waktu pemilik Hortimart Agro Center yaitu bapak Ir. Melalui yayasan Obor Tani dan para pekerja Hortimart Agro Center mulailah menyongsong mimpi baru menjadi Pusat Percontohan Agro Terbaik di Indonesia. 3. Awal mulanya hanya memproduksi bibit tanaman aneka buah dan cengkeh yang luasnya belum sebesar seperti saat ini. Membangun semangat mencintai Produk Buah Lokal Indonesia dengan cara memproduksi buah dan sayuran berkualitas. Hal tersebut dikarenakan apabila Hortimart Agro Center telah berhasil nantinya bisa menjadi pusat percontohan agro bagi masyarakat khususnya para petani. jumlah keseluruhan karyawan di Hortimart Agro Center adalah 119 orang.

Budi Dharmawan General Manager Ahsana Damayanti Manajer SDM Manajer SKA Manajer PJS. Suyono Dian Titi Sari Kabag Pembelian Kabag Minuman Kabag Sarpras Warijuni Eko Triswahyudi Widodo Kabag Processing Kabag Wisata Air Aditya Ari Subandrio Meilani Kabag Penjualan Kabag Taman Wisata Vetty Fitriana Dini Melani Gambar 1. Keras: Manajer Operasional Man. Operasional Suyono Retno Wijayanti Farokhah Aini Sona Kabag Tan. 7 DIREKSI Ir. Semusim Kabag Green Resto Kabag Penjualan Muslihatul Umami Budi Wahyono Eka Herdianti Kabag Tan. Struktur Organisasi Hortimart Agro Center . Multi Musim Kabag Ruang dan Service PJS. Ahsana Desi Retno Hastuti SARPRAS+PEMBELIAN Damayanti Nur Yazid Kabag Tan.

Agro Mart yang menangani bagian pemasaran buah dan sayur. Wisata keluarga atau Happy Tour merupakan kegiatan keliling kebun seluas 27 Hektar dengan menggunakan mobil wisata yang akan ditemani oleh driver dan Tourguide yang akan menjelaskan tentang berbagai tanaman yang ada di kebun Hortimart Agro Center.00 untuk menyewa satu buah mobil yang bisa diisi maksimal 12 orang. dan Agro Resto yang merupakan restoran milik Hortimart Agro Center. 100.2 Agro Mart Gambar 3. Wisata yang ditawarkan berupa wisata keluarga yang dinamai Happy Tour dan juga wisata edukasi untuk anak-anak sekolah maupun dari instansi yang ingin belajar di Hortimart Agro Center.B.000.4 Divisi Hortimart Agro Center memiliki 5 buah divisi yang masing-masing memiliki tugas dan tanggung jawab yang berbeda-beda. 8 3. Agro Supply yang menanangani bagian penjualan bibit dan sarana poduksi pertanian. 3.4.1 Agro Tour Gambar 2. Selain paket Happy Tour juga terdapat paket wisata edukasi untuk anak sekolah atau kelompok dan instansi. Logo Agro Tour Divisi Agrotour merupakan divisi yang menangani atau bertanggung jawab untuk bagian pariwisata. Divisi-divisi yanga ada di Hortimart Agro Center adaah divisi Agro Tour yang menangani bagian wisata.4.I.30 W. Agro Estate yang menangani bagian kebun. Logo Agro Mart . Paket Happy Tour memrlukan biaya sebesar Rp. Paket Happy Tour buka setiap hari mulai dari pukul 08. 3.00-16.

3 Agro Suply Gamabar 4. penimbangan. benih sayuran. Menjual Aneka Olahan Makanan dan Minuman yang cocok untuk Oleh-Oleh d. 9 Divisi Agro Mart merupakan divisi di Hortimart Agro Center yang bertanggung jawab terhadap pemasaran buah dan sayur. wraping. Menjual Sayuran Organik yang Segar c. sortasi. pupuk dan nutrisi tanaman.4 Agro Estate Gamabar 5. Logo Agro Estate . dan sarana produksi pertanian yang lainya seperti pestisida. Menjual Keperluan Tanam c. media tanam dan lain sebagainya. Delivery Service Buah dan Sayuran 3. dan pelabelan. Kegiatan yang dilakukan di divisi Agro Supply Hortimart Agro Center adalah sebagai berikut: a. Jasa Tanam dan Perawatan d. grading. Menjual Buah Lokal Premium b.4. Sedangkan untuk bagaian toko memiliki beberapa kegiatan diantaranya adalah sebagai berikut : a.4. peraatan seperti pot. Delivery Bibit 3. Logo Agro Supply Divisi Agro Supply merupakan divisi yang ada di Hortimart Agro Center yang menangani penjualan bibit buah. Divisi Agro Mart dibagi menjadi 2 yaitu bagian toko tempat menjual buah dan sayur dan bagian Processing. pengemasan. Pada bagian Processing terdapat beberapa kegiatan diantaranya adalah pembersihan. Menjual Aneka Bibit dan Benih Unggul b.

4. Divisi Agro Estate mengelola kebun yang dibagi menjadi beberapa Hanca (Blok). Universitas Diponegoro Semarang b. Berikut ini adalah instansi-instansi yang menjadi mitra kerjasama Hortimart Agro Center: 3. Logo Agro Resto Divisi Agro Resto merupakan divisi di Hortimart Agro Center yang mangani atau bertanggung jawab terhadap restoran yang dimiliki Hortimart Agro Center. Kegiatan yang dilakukan di divisi Agro Estate Hortimart Agro Center adalah sebagai berikut: a.1 Kerjasama dengan Perguruan Tinggi a. Menyediakan Menu Makanan Nusantara yang Enak dan Sehat b.5 Riset dan Kerjasama Dalam menjalankan kegiatan usaha agrowisata. Hortimart Agro Center juga melakukan berbagai lembaga dan instansi pemerintah. Menawarkan Pilihan Aneka Minuman Sehat dan Lezat 3. Kebun produksi yang terdiri dari berbagai macam tanaman buah dan sayur b. Dkegiatan yang dilakukan oleh divisi Agro Resto Hortimart Agro Center adalah sebagi berikut ini: a.5 Agro Resto Gamabar 6. Saat ini Hortimart Agro Center juga menjadi tempat petukaran ilmu dan pengalaman di bidang pertanian. Masing-masing Hanca (Blok) memiliki tanaman yang berbeda-beda.5. Kebun Percontohan Agro 3. Di Hortimart Agro Center terdapat dua buah restoran yaitu restoran yang ada diatas (didekat Agro Mart) dan juga restoran yang berada ditengah kebun yang dinamai Green Resto. Universitas Kristen Satya Wacana Salatiga . Universitas 17 Agustus Semarang c. 10 Divisi Agro Estate merupakakan divisi di Hortimart Agro Center yang bertanggung jawab atas operasional kebun buah dan sayuran seluas 27 Hektar.

Balai Penelitian Jeruk dan Tanaman Sub-topika bapak Nur Hadi.5. g. Kelompok Tani Batang. Kapolda Jawa Tengah Bapak Condro Kirono e.2 Kerjasama dengan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Pertanian a. Universitas Jendral Soedirman Purwokerto e. e.5.5. Dinas Pertanian Kabupaten – Propinsi b. Dll. d. SMK N 6 Kendal d. Penyuluh Pertanian 3. SMK N 1 Salatiga c. SMK N 1 Bawen b. . Dll.5 Kerjasama dengan Pejabat Penting a. 3. Kelompok Tani Karanganyar. Kelompok Tani Blora.5. SMK N 1 Salam Magelang f. c. 3. Kelompok Tani Demak. b. f. Kelompok Tani Kopeng. Universitas Gajah Mada Yogjakarta f.4 Kerjasama dengan Instansi Pemerintahan a.3 Kerjasama dengan Kelompok Tani a. Gubernur Jawa Tengah Bapak Ganjar Pranowo d. 11 d. Menteri Pertanian Bapak Andi Arman Sulaiman c. Kelmpok Tani Temanggung. SMK N 1 Batealit Jepara e. dll 3. Penasehat Presiden Joko Widodo Bidang Pertanian b.

1 Kegiatan dan Tanggung Jawab Kegaiatan yang dilakukan di selama magang di Agrotour Hortimart Agro Center adalah sebagai berikut: 1. Selanjutnya tourguide memberikan penjelasan mengenai tanaman buah dan sayur yang ada dikebun sepanjang perjalanan mengelilingi kebun. Oleh sebab itu untuk menjadi seorang tour guide harus memiliki pengetahuan mengenai tanaman koleksi yang ada di Hortimart Agro Center. . Kemudian memperkenalkan diri dan driver yang akan menemani perjalanan pengunjung Hortimart Agro Center berkeliling kebun seluas 27 Hektar. Bawen. Langkah-langkah saat memandu wisata adalah pertama-tama kita mengucapkan selamat datang kepada pengunjung di Hortimart Agro Center. Melakukan Promosi Kegiatan selanjutnya yang dilakukan di Hortimart Agro Center adalah melakukan promosi kepada pengunjung. Promosi dilakukan dengan membagi-bagikan brosur kepada pengunjung disertai dengan menjelaskan mengenai paket wisata Happy Tour dan juga bisa dilakukan dengan menyiarkanya melalui bantuan pengeras suara. Menjadi Tour Guide Paket wisata yang ditawarkan di Agro Tour Hortimart Agro Center adalah paket Happy Tour yaitu berkeliling kebun seluas 27 Hektar dengan menggunakan mobil wisata yang ditemani oleh driver dan tour guide. maka tourguide bisa menjawab pertanyaan tersebut. sapa dan salam kepada pengunjung. Tourguide harus ramah kepada pengunjung agar kepusaan pengunjung dapat dicapai. Promosi dilakukan untuk memperkenalkan dan memberi penawaran yang menarik wisata kelilig kubun yang di tawarkan oleh Agro Tour Hortimat Agro Center kepada pengunjung yang belum mengetahui atau baru pertama kali berkunjung ke Hortimart Agro Center. Tugas dari tuor guide adalah menjelaskan setiap tanaman buah dan sayur yang ada di kebun Hortimart Agro Center. 12 IV. agar jika ada pengunjung ada yang memberikan pertanyaan. HASIL DAN PEMBAHASAN 4. 2. Prosedur yang diterapkan saat menjadi seorang tourguide adalah menerapkan senyum.

Promosi paket wisata edukasi dilakukan dengan memberikan proposal penawaran dan juga brosur ke sekolah-sekolah yang dikunjungi. Simulasi membuat jus (dapat jus 1 botol) . Menanam bibit buah atau sayur c. Dapat jus buah satu botol d. Paket Juicy Paket Juicy membebankan biaya sebesar Rp. Dapat jus buah 1 botol 2. di Hortimart Agro Center juga terdapat paket wisata edukasi yang terdiri dari paket-paket sebagai berikut: 1. Mewarnai gambar (juara 1. kegaiatanya adalah: a.000.00 per anak. Keliling Kebun naik mobil wisata b. Keliling kebun b. Panen buah atau sayur 3.000. Paket Pelangi Paket Pelangi membebankan biaya sebesar Rp. 3. 30. dan 3 dapat hadiah) 4.00 per anak.000. 13 Selain promosi paket wisata Happy Tour. kegaiatanya adalah: a. 25.000.00 per anak. kegaiatanya adalah: a. Hotimart Agro Center kami melakukan promosi ke pada sekolah-sekolah yang ada di Kecamata Pringapus dan Kecamatan Bergas. Tanam bibit buah atau sayur b.00 per anak. kegaiatanya adalah: a. kami juga melakukan romosi paket wisata edukasi dengan cara mengunjungi sekolah-sekolah. Kabupaten Semarang. 40. Jawa Tengah. Paket Fruity Paket Fruity membebankan biaya sebesar Rp. Selama saya magang di Agro Tour. 40. 2. Sekolah yan diberikan promosi adalah tingkat SD-sederajat dan TK-sederajat. Memandu Paket Wisata Edukasi (Simulasi Tanam dan Okulasi) Selain paket wisata Happy Tour. Paket Sehat Paket sehat membebankan biaya sebesar Rp.

Pada bagian tanam. Keliling kebun naik mobil wisata b.000. 30. Paket Kombinasi Paket Kombinasi membebankan biaya sebesar Rp. 40.000. ada beberapakali kunjungan edukasi dari berbagai sekolah di kawasan Kabupaten Semarang. Penjelasan yang dilakukan meliputi alat dan bahan yang akan digunakan misalnya cetok untuk mengambil media tanam . Setelah pserta siap dan sudah menempati posisi yang telah disediakan. kegaiatanya adalah : a. 55.00 per anak. Panen buah atau sayur c. Saat kegiatan edukasi berlangsung. Tempel. kegaiatanya adalah: a.00 per anak. kegaiatanya adalah: a. 14 b. Tanam bibit buah atau sayur 5. Paket Pintar Paket sehat membebankan biaya sebesar Rp. dan paket juicy. yang biasanya ditanam adalah bibit cabe dan bibit terong.000. Okulasi : Sambung. Tanam bibit buah atau sayur b. Paket Study Banding Paket Study Banding membebankan biaya sebesar Rp. Keliling kebun naik mobil wisata c. Keliling kebun naik mobil wisata 6.00 per anak. pemandu simulasi tanam akan memberikan penjelasan terlebih dahulu. anak-anak dalam satu kelompok biasanya berisi 20 orang untuk melakukan praktek tanam bibit sayur. baisanya peserta edukasi dibagi menjadi beberapa kelompok dan masing-masing kelompok melakukan kegiatan yang berbeda-beda. Cangkok b. Diskusi dengan nara sumber sesuai tema (dapat snack) Selama kegiatan magang di Hortimart Agro Center. Dalam kegiatan tersebut saya membantu untuk memandu kegiatan tanam dan okulasi. Keliling kebun naik mobil wisata c. paket pintar. Bebrapa paket yang sering diambil biasanya adalah paket kombinasi. Grafting. Jus buah 1 botol 7.

Laporan keuangan tersebut adalah buku kas pendapatan dan buku kas biaya. Melayani Pengunjung Keliling Kebun dan Petik Buah Selama kegiatan magang berlangsung. juga dilakukan simulasi okulasi. dan pupuk kandang. Prosedur saat menerima uang pembayaran dari pelanggan adalah terlebih dahulu harus di-scan dengan alat money detector agar terhidar dari uang palsu. Okulasi merupakan salah satu teknik perbanyakan tanaman secara vegetative dengan menempel mata tunas dari suatu tanaman kepada tanaman lain yang dapat bergabung (kompatibel) yang bertujuan menggabungkan sifat-sifat yang baik dari setiap komponen sehingga di peroleh pertumbuhan dan produksi yang baik. Uang asli jika di scan menggunakan money detctor maka akan terdapat beberapa bagian yang meyala. Kasir juga bertugas menerima pembayaran dari pengunjung. dan juga pembayaran dari . Kebaikan yang diharapkan dari batang bawah secara umum adalah sifat perakaran yang baik. Selain simulasi tanam. Setelah itu peserta diminta untuk mengambil cetok dan polybag yang kemudian diisi dengan menda tanam dan menanam bibit cabe dan terong. 15 dan plastik polybag yang akan dijadikan sebagai tempat untuk menanam. Sumber-sumber pendapatan tersebut adalah berasal dari uang trip (keliling kebun). saya juga membantu kasir di Agotour untuk melayani pengunjung yang ingin berkeliling kebun atau yang akan melakukan pembayaran petik buah di kebun. sedangkan dari batang atas adalah produksi buah yang baik. Prinsip okulasi adalah penggabungan batang bawah dengan batang atas. kasir di Agrotour Hortimart Agro Center juga menjawab pertanyaan yang diberikan oleh pengunjug. Dalam meayani pengunjung haruslah menerapakan senyum. salam. Bukas pendapatan merupakan buku kas yang mencatat pendapatan atau pemasukan yang diterima oleh divisi Agro Tour Hortimart Agro Center. pembayaran petik buah. 4. Kemudian menjelaskan mengenai media tanam yang digunakan yang meliputi tanam. sekam. 5. Membantu Membuat Buku Kas Biaya dan Buku Kas Pendapatan Selama kegiatan magang juga membantu mebuat laporan keuangan di Agrotour Hortimart Agro Center. yang berbeda adalah umur batang bawah dan batang atas yang digunakan sehingga perlu teknik tersendiri untuk mencapai keberhasilan okulasi. dan sapa. kompos.

email. biaya perbaiakan alat yang digunakan. pembayaran driver dan tour guide pocokan (paruh waktu). 4. menurut Storbacka dan Lehtinen (2001 :5). 16 paket wisata edukasi. Tujuannya bukan untuk memaksimalkan keuntungan dari satu transaksi tetapi lebih pada membangun hubungan jangka panjang dengan pelanggan. Perusahaan dapat membangun hubungan yang lebih kuat hanya apabila ia memiliki tanggung jawab untuk membentuk hubungan dan menawarkan pada pelanggan kemungkinan untuk menciptakan nilai bagi diri mereka sendiri. pembelian ATK. Baiay yang dikeluarkan oleh Ago Tour Hortimart Agro Center diantaranya adalah biaya untuk pembelian BBM mobil wisata. masukan di situs atau hasil pembicaraan dengan staf sales dan marketing. Strategi manajemen hubungan pelanggan merupakan salah satu strategi yang dapat dilakukan perusahaan agar konsumen tetap bertahan untuk melakukan pembelian ulang pada produk atau jasa perusahaan. dimana pembedaan tradisional antara barang dan jasa tidak berarti. CRM memandang produk sebagai proses. dimana tidak cukup bagi perusahaan untuk hanya memuaskan kebutuhan pelanggan dan kepuasan mereka.2. Konsep kedua. Buku kas biaya merupakan buku kas yang mencatat pengeluaran yang dilakukan oleh divisi Agro Tour Hortimart Agro Center. dan pembelian konsumsi atau makan siang pada tanggal merah.1 Konsep Manajemen Hubungan Pelanggan (Matakuliah Manajemen Pemasaran Agribisnis dan Perilaku Konsumen) Menurut Kotler & Amstrong (2006: 13) manajemen hubungan pelanggan (CRM) adalah suatu proses keseluruhan untuk membangun dan memelihara hubungan dengan konsumen dengan cara menyampaikan nilai superior dan kepuasan konsumen. Kegiatan manajemen . Konsep inti pertama dari CRM adalah membentuk nilai pelanggan. CRM berhubungan dengan tanggung jawab penyedia jasa. CRM adalah usaha sebuah perusahaan untuk berkonsentrasi menjaga pelanggan (supaya tidak lari ke pesaing) dengan mengumpulkan segala bentuk interaksi pelanggan baik itu lewat telepon. Konsep ketiga.2 Konsep dari Mata Kuliah dan Relevansinya 4. terdapat tiga konsep utama dari CRM. Ditinjau dari segi konsep manajemen hubungan pelanggan (Customer Relationship Management-CRM).

d. Implementasi manajemen hubungan pelanggan yang diterapkan di Hortimart Agro Center adalah sebagai berikut: . 17 hubungan pelanggan menurut B M Ghodeswar dalam bukunya Sheth. b. Alat yang paling mudah untuk digunakan adalah internet. Dengan demikian penyampaian barang atau jasa dapat sesuai dengan keinginan konsumen. Use oftechnology in CRM Dengan membuat aplikasi teknologi akan menjadikan barang dan jasa yang dihasilkan lebih menarik. Personalizing Customer interaction Dengan adanya peralatan yang modern dengan dukungan perkembangan teknologi yang didesain lIntuk membantu konsumen dalam membuat keputusan pembelian. Oleh karena itu. Partivar dan Shainesh (2001: 73) dilakukan dengan cara: a. c. yang dapat membantu perusahaan meningkatkan komunikasi dengan pelanggannya. Call Centres. Sales Force Automation. selain itu jug dengan membuat personalization yaitu dengan membuat produk yang atau jasa yang disesuaikan dengan konsumennya secara personal. Developing customer insight Dengan melakukan pengumpulan informasi dari semua hal yang dapat dijadikan interaksi antara konsumen dengan organisasi. Achieving Superior Customer Experience Adanya website memungkinkan konsumen untuk mengecek pesanan mereka. dan Sytem integrations. lebih cepat berkembang. Customer Service Helpdesk. Fungsi ini difasilitasi dengan membuat database konsumen. Untuk itu alat-alat yang sering digunakan adalah Electronic point ofsales (EPOS). Customer contact Konsumen dapat dengan mudah melakukan kontak dengan konsumennya. dan dapat mengikuti perubahan sesuai dengan keinginan konsumennya. e. perusahaan dapat menciptakan' pengalaman' khusus bagi setiap konsumennya. Cara-cara yang dapat dilakllkan perusahaan adalah dengan membuat customer communities secara online.

Pemberian Special Gift Agro Tour Hortimart Agro Center memberikan special gift bagi pengunjung yang melakukan paket wisata Happy Tour. Hal ini merupakan sebuah cara yang dilakukan untuk menjaga hubungan yang baik dengan crew bus dan agen- agen tour and trafel. 18 1. Komunikasi yang Baik dengan Pelanggan Komunikasi yang baik juga selalu kami jaga dengan pelanggan baik itu komunikasi yang dilakukan secar langsung maupun komunikasi yang dilakukan dengan cara tidak langsung melalui telefon ataupu whatsapp. Special gift ini merupakan saah satu bentuk perhatian yang diberikan oleh Agro Tour Hortimart Ago center kepada pelanggan. juga mengurangi isu-isu negatif perusahaan. Pemberian special gift tidak hanya bermaksud memberikan bonus kepada pelanggan saja. Loyalitas pelanggan ini akan berdampaik sangat baik bagi perusahaan karena konsumen akan melakukan kunjungan ulang dan akan merkomendaikan kepada orang lain. 2. Tidak kuta pungkiri bahwa crew bus dan agen-agen tour and trafel memberikan kontribusi yang cukup besar tehadap pengunjung yang datang ke Hortimart Agro Center.2.2 Laporan Keuangan (Matakulian Manajemen Keuangan) Menurut Sundjaja dan Barlian (2001). Special gift ini diharapakan dapat meningkatkan kepuasan pelanggan terhadap pelayanan yang diberikan oleh Agro Tour Hortimart Agro Center. 4. Semua hal diatas ditujukan agar mendapatkan keuasan pelanggan dan loyalitas pelanggan. laporan keuangan merupakan laporan yang menggambarkan hasil dari proses akuntansi yang digunakan sebagai alat komunikasi bagi pihak-pihak yang berkepentingan dengan aktivitas keuangan . Special gift yang diberikan bia berupa sayuran segar atau buah-buahan. 3. Pelayanan Khusus dengan Crew Bus dan Agen Tour and Travel Hortimart Agro Center memberikan pelayanan khusus kepada crew bus dan agen-agen tour and trafel dengan memberikan snack dan oleh-oleh kepada crew bus dan agen-agen tour and trafel. Kepuaan pelanggan meruakan tercapainya apa yang diharapakan oleh konsumen tehadap pelayanan yang diberikan oleh Hortimart Agro Center. Kepuasan yang diperoleh konsumen akan menyebabkan tercapainya loyalitas pelanggan.

Divisi diwajibkan membuat aporan keuangan ke pusat. 1990:10). maka komunikan akan memberikan timbal balik (feed back). Buku kas pendapatan merupakan buku kas yang mencatat semua pendapatan yang di dapatkan. . di Agro Tour juga membuat laporan utang. emosi.3 Komunikasi (Matakuliah Dasar Komunikasi dan Komunikasi Agribisnis) komunikasi merupakan suatu proses penyampaian pesan yang dapat berupa pesan informasi. berupa pertanyaan mengenai hal yang belum dipahami. sedangan buku kas biaya merupakan buku kas yang mencatat setiap biaya operasional yang dikeluarkan. media. Tour guide sebagai komunikator akan menyampaikan beberapa pesan tau informasi tentang tanaman yang ada di kebun Hortimart Agro Center kepada pengunjung sebagai komunikan. Effendy (1984 : 6). angka. dan seterusnya melalui penggunaan simbol kata. Hortimart Agro Center. keterampilan dan sebagainya melalui simbol atau lambang yang dapat menimbulkan efek berupa tingkah laku yang dilakukan dengan media-media tertentu. komunikan. laporan keuangan pada dasarnya merupakan hasil akuntansi sebagai alat untuk mengkomunikasikan data keuangan. 4. Unsur-unsur komunikasi adalah komunikator. Pengertian komunikasi menurut Berelson dan Starainer dalam Fisher adalah penyampaian informasi. ide. Kegiatan pelaporan keuangan dilakukan di Agro Tour. komunikasi adalah peristiwa penyampaian ide manusia. Setelah komunikan atau pengunjung menerima iformasi yang disampaikan oleh komunikator (tour guide). ide. 19 perusahaan. laporan piutang dan juga laporan realisasi RAB. Komunikasi dilakukan di Agro Tour Hortimart Agro center saat menjadi tour guide. Laporan yang dibuat antara lain buku kas pendapatan dan buku kas biaya. emosi. pesan. Selain membuat buku kas biaya dan buku kas pendapatan. Komunikasi yang dilakukan adalah komunikasi secara langsung tanpa menggunakan bantuan media. keterampilan. grafik dan lain-lain (Fisher.2. Sedangkan menurut Munawir (1991). dan efek. Sedangkan menurut Onong U.

memberikan pertanyaan-pertanyaan yang sulit untuk diajawab. Kurangnya pesrsiapan yang dilakukan saat melakukan wisata edukasi ataupun Happy Tour dan juga adanya miskom seringkali mebuat pengunjung meras tidak puas dan akhirnya bisa melakukan protes kepada divisi. Protes dari pengunjung ini bisa saja menjadi ancama bagi perusahaan karena bisa menyebabkan pengunjung tidak mau melakukan kunjungan ulang atau bahkan bisa membuat atau mempengaruhi calon pengunjung yang akan datang ke Hortimart. Keterbatasan pengatauhan yang kita miliki kadang membuat kita tidak bisa menjawab pernyataan yang diajukan oleh pengunjung. juga terdapat beberapa hambatan dan tantangan yang harus dihadapi. Kurang baiknya pelayanan yang diberikan kepada pengunjung akan membuat pengunjung melakukan protes. Tour guide bertugas untuk menjelaskan setiap tanaman yang ada di kebun Hortimart Agro Center. Protes dari pengunjung Agrowisata merupakan sebuah usaha yang mengutamakan pelayanan demi tercapainya kepusan pelanggan. Pada hari sabtu. Sepinya pengunjung membuat penerimaan yang dierima oleh perusahaan mengalami penurunan. minggu. dan tanggal merah biasanya di Hortimart Agro Center masih ramai. Beberapa tantangan dan hamabatan tersebut adalah sebagi berikut: 1. kita harus bisa menjawab setiap pertanyaan yang diajukan oleh pengunjung. 2. Jumlah pengunjung dibawah target perusahaan Sumber pendapatan utama dalam sebuah usaha agrowisata adalah dari pengunjung yang ada di Hortimart Agro Center. 3. akan tetapi pada hari-hari biasa masih sepi.3 Tantangan Utama dalam Magang Selama kegiatan magang kerja berlangsung. 4. 20 4. Kurangnya Penguasaan Materi Selama kegaiatan magang dan menjadi tour guide bukanlah hal yang mudah.4 Saran Untuk Peserta Magang Berikutnya Untuk menghadapi adanya hambatan dan tantangan yang ada maka akan diberikan beberapa saran yang mungkin saja bisa membantu untuk mengurangi . namun kadangkala ada bebrapa pengunjung yang lebih faham mengenai pertanian. Hal ini menjadi tanatangan bagi perusahaan bagaiamana caranya untuk mendatangkan pengunjung.

maka tour guide haruslah terlebih dahulu mempelajari semua yang ada di Hortimart Agro Center. pelatihan pembuatan agens hayati atau program-program lainya sehingga paket wisata edukasi tidak hanya terbatas untuk anak sekolah saja. Supaya tour guide bisa menjawab semua pertanyaan yang diajukan oleh pengunjung maka sebelum terjun ke lapang. prposal penawaran dan lainya sehingga jangkauanya hanya terbatas pada daerah Semarang dan sekitarnya. majalah dan sebagainya. Selama ini memang sudah disediakan teks. Selain itu paket wisata edukasi yang masih terbatas untuk anak-anak sekolah harus ditambah menjadi untuk kelompok tani dengan kegiatan pelatihan pembuatan pupuk. Selaian itu bisa dilakukan dengan menjaga hubungan yang baik dengan pelanggan yang sudah loyal agar bisa mempengaruhi pengunjung yang lain. Selama ini promosi hanya dilakukan dengan menggunakan media Instagram. Diantanya adalah bisa dilakukan dengan meningkatkan promosi. Untuk menghadapi pengunjung yang sepi. maka ada beberapa hal yang bisa dilakukan. Kalau perlu dibuatlah sebuah buku panduan yang bisa digunakan sebagai acuan dan referensi untuk pembelajaran tour guide baru. pelatihan hidroponik. Persiapan yang dilakukan untuk kegiatan wisata edukasi haru dilakukan dengan lebih baik lagi agar pengunjung mersa puas dengan pelayanan yang diberikan. misalnya dengan menggunakan radio. Untuk menghidari adanya komplian atau protes dari pelanggan. Untuk meningkatkan jangkauan pemasaran bisa ditambah lagi media. Perlu ditambah paket wisata yang lainya agar lebih variatif dan menarik bagi pengunjung misalnya pengembangan wisata air dan taman wisata yang saat ini masih dalam tahap pengembangan. maka perlu adanya peningkatan kualitas pelayanan yang diberika kepada pelanggan. Selam ini paket wisata yang duatawarkan hanya Happy Tour (keliling kebun) dan paket wsiata edukasai saja. 21 hambatan dan tantangan yang ada. maka harus segera meminta maaf dengan baik kepada pelanggan tersebut dan berusaha untuk . pelatihan tour guide dengan menggunakan bahas asing juga harus lebih diintensifkan lagi karena tidak jarang di Hortimart Agro Center mendapatkan tamu atau pengunjung dari negara-negara asing sehingga perlu berkomunikasi dengan menggunakan Bahasa Inggris. namun juga masih kurang lengkap. brosur. Saat konsumen sudah melakukan komplain atau protes. Selain itu.

akan tetapi juga dengan menambahkan suatu kreatifitas misalnya dengan mengunbah menjadi agrowisata bisa memberikan nilai tambah lebih terhadap usahatani yang dilakukan.6 Kontribusi dalam Perusahaan Selain perubahan pada diri.5 Perubahan Mindset Setelah Kegiatan Magang Kegiatan magang yang sudah dilakukan ini benar-benar memberikan banyak manfaat dan pengalaman bagi saya. dengan adanya agrowisata ini juga memperpendek panjangnya rantai pemasaran pada komoditas pertanian dan menurunkan marjin yang besar akibat adanya pemasaran hasil pertanian. di Hortimart Agro Center cukup sepi pengunjung. 4. Magang kerja di Hortimart Agro Center membuat saya memiliki pandangan bahwa berusaha di bidang agribisnis tidak hanya semat-mata melakukan kegiatan usatani pada komoditas pertanian saja. Magang di Hortimart Agro Center memberikan pengetahuan bagaiaman cara bekerja di dalam sebuah tim dan bagaimana cara memperlakukan konsmen dengan sebaik mungkin agar konsumen bisa merasa puas dengan pelayanan yang kita berikan dan bagaiman menghadapi saat konsumen memberikan sebuah protes kepada kita karena kurangnya pelyanan yang diberikan. juga terdapat perubahan pada perusahaan dari sebelum kegiatan magang dengan sesudah kegiatan magang. Profesi dibidang pertanian (agribisnis) jika dilakukan dengan menambahkan kreativitas akan mampu membawa kesuksesan dan tidak kalah dengan profesi-profesi yang lainya. 4. Sepinya pengunung tersebut kami memanfaatkan waktu untuk berkeliling ke sekolah-sekolah di sekitar Semarang. 22 memperbaiki kesalahan yang sudah dilakukan agar tidak terjadi protes lagi. Kami menjelaskan mengenai paket wisata edukasi yang bisa diambil dan manfaatnya . Selain itu. Kegiatan magang ini memberikan pandangan yang baru bagi saya mengenai dunia kerja di dalam sebuah agowisata. Dibutuhkan kepekaan untuk mengetahui apa yang diinginkan oleh pelanggan agar pelanggan merasa terpuaskan dan loyal kepada Hortimart Agro Center. Pada bulan Juli- Agustus pada awal-awal kegiatan magang. Ambarawa. dan Salatiga untuk melakukan promosi dan mengajukan penawaran pakt wisata edukasi.

saya cukup banyak membantu dalam hal membuat laporan keuangan sehingga bisa diserahkan ke pusat tepat pada waktunya. Hasilnya mulai terlihat pada bulan September dan November sudah cukup banyak reservasi untuk melakukan wisata edukasi. Diharapkan untuk taman wisata dan wisata air ini bisa dibuka akhir tahun ini sehingga bisa menabah wahan wisata yang ada di Hortimart Agro Center. Selain itu juga harus mempersiapkan untuk bisa bekerja dibawah tekanan. Hortimart Agro Center juga sedang mengembangkan usaha wisatanya yang tidak mengandalkan paket Happy Tour dan paket wisata edukasi saja tetapi juga akan mengembangkan wisata air dan taman wisata. Pengetahuan mengenai bidang pekerjaan yang dilakukan juga penting untuk persiapan kerja dimasa yang akan datang. 4. Hal ini membuat saya harus membuat persiapan untuk menghadapi dunia kerja dimasa yang akan datang. Pada saat saya melakukan kegiatan magang. 23 bagi anak-anak peserta didik. namun seringkali pelaporan keuangan ke pusat tidak dilaksanakan tepat waktu. Pelaporan keuangan ke pusat harusnya dilakukan setiap minggu. Bebrapa persaiapan yang harus dilakukan untuk menghadapi dunia kerja diantaranya adalah belajar bagaimana berkomunikasi dan berngeosiasi dengan baik. dan juga cara membangun hubungan yang baik dengan tim. Saat ini wisata air dan taman wisata sudah lebih dari 60%.7 Persiapan Menghadapi Dunia Kerja Kegiatan magang kerja ini memberikan pengalaman dan pengetahuan mengenai dunia kerja. Kreatifitas dalam bisnis juga diperlukan dalam dunia kerja. Pada awal-awal kegiatan magang untuk pelaporan keuangan juga banyak yang terbengkalai dikarenakan Sumber Daya Manusia untuk mengelola keuangan di divisi Agro Tour hanya satu orang. Kemampuan menguasai Bahasa Asing pun sangat dibutuhkan untuk memperlacar komunikasi di dunia kerja. .

Penerapan manajemen hubungan pelanggan yang dilakukan oleh Hortimart Agro Center adalah pemberian special gift. sepi pengunjung dan protes dari pengunjung. Konsep matakuliah yang terkait dengan kegiatan magang adalah manajemen hubungan pelanggan. membantu melayani pengunjung dan juga membantu membuat laporan keuangan berupa buku kas biaya dan buku kas pendapatan. Dalam dunia kerja dierlukan komunikas dan kerj tim yang baik. Penerapan komunikasi adalah pada kegiatan menjadi tour guide. 24 V. dan komunikasi. Melakukan promosi baik didalam ataupun diluar Hortimart. pelayanan khusus crew bus dan agen tour and travel. Penerapan laporan keuangan dan arus kas adalah pada pembuatan buku kas pendapatan dan buku kas biaya. Kegiatan magang yang terjadi dilapang sudah sesuai dengan konsep dari matakuliah yang diajarkan selama kegiatan perkuliahan. memperluas jaringan promosi dan melakukan pengembangan agrowisata dan meningkatkan kualitas pelayanan. laporan keuangan dan arus kas. Tantangan yang dihadapi selama meakukan magang kerja adalah Kesulitan menjawab petanyaan dari pengunjung. . membantu memandu okulasi dan tanam. membuat laporan keuangan teapat pada waktunya dan ikut berontribusi dalam pengembangan wisata air dan taman wisata. serta membangun komunikasi yang baik dengan pelanggan. Kontribusi yang diberikan untuk perusahaan adaah melakukan promosi untuk meningkatkan jumlah pengunjung. KESIMPULAN Magang kerja di Hortimart Agro Center kegiatan yang dilakukan adalah menjadi tourguide yang mejelaskan setaiap tanaman yang ada di Hortimart Agro Center. Untuk mengatasi hal tersebut maka dapat dilakukan membuat buku panduan untuk tour guide. Perubahan mind set yang terjadi setelah kegiatan magang kerja adalah bahwa bahwa usaha agribisnis tidak hanya sebatas kegiatan on-farm saja melaikan perlu adanya kreativitas untuk memberikan nilai tambah yang lebih.

Teori-teori Komunikasi: Perspektif Mekanistis. 2001. Jakarta: PT Prenhallindo. 1991. Edisi Keempat. Tools. 1990. Customer Relationship Management Creating Competitive Advantage Through Win Win Relationship Strategies. and Application. Atul Parvatiyar. 1984. 2002. Principles of Marketing. Trans). Storbacka. Yogyakarta: Penerbit Liberty Sheth. Kaj. Analisa Laporan Keuangan. Effendy. New Delhi: McGraw Hi II. New Jersey: Prentice Hall . Emerging Concepts. Lehtinen. 2006. Aubrey. Ilmu Komunikasi Teori dan Praktek. 25 DAFTAR PUSTAKA Buttle. Onong Uchjana. 2007. Interaksional dan Pragmatis. New York: McGraw Hill. (Arief Subiyanto. G. N. Customer Relationship Management Concept and Tools. Ridwan dan Inge Barlian. B. Manajemen Keuangan Satu. Inc. Phillip. Oxford: Elsevier. . Bandung: Remaja Rosdakarya. Fisher. Inc. Jagdish. Inc. Bandung: Remaja Rosdakarya Kotler. Francis. Sundjaja. 11th Edition. Munawir. Psikologis. R Jamor. Cetakan kedua. Shainesh. Customer Relationship Management. Gary Amstrong.

Dokumentasi . 26 LAMPIRAN Lampiran 1.

27 .