You are on page 1of 25

KURIKULUM 2013

Perangkat Pembelajaran
SILABUS PEMBELAJARAN TEMATIK

Nama Sekolah : _______________________________
Kelas / Semester : I (Satu) / 1

Nama Guru : _______________________________
NIP / NIK : _______________________________

Silabus Pembelajaran Tematik Kelas I Semester 1

Lampiran :
Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 65 Tahun 2013
Tentang Silabus Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah

SILABUS SEKOLAH DASAR/MADRASAH IBTIDAIYAH

I. PENDAHULUAN
Silabus merupakan rencana Pembelajaran pada mata pelajaran atau tema tertentu dalam pelaksanaan kurikulum.

Silabus memiliki komponen-komponen sebagai berikut:
1. kompetensi inti;
2. kompetensi dasar;
3. materi pembelajaran;
4. kegiatan pembelajaran;
5. penilaian;
6. alokasi waktu; dan
7. sumber belajar.

II. PRINSIP PENGEMBANGAN SILABUS
1. Silabus dikembangkan dengan prinsip-prinsip:
2. Mengacu pada Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 67 Tahun 2013 tentang Kerangka Dasar
dan Struktur Kurikulum Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah.
3. Aktual dan Kontekstual
Silabus selalu memperhatikan perkembangan ilmu, pengetahuan, teknologi, dan seni yang mutakhir.

2

MEKANISME DAN LANGKAH PENGEMBANGAN SILABUS A. B. dan keterampilan. Langkah-langkah Pengembangan Silabus 1. Silabus yang dikembangkan pada tingkat daerah yaitu silabus sejumlah bahan kajian dan pelajaran dan/atau mata pelajaran muatan lokal yang ditentukan oleh daerah yang bersangkutan. Silabus muatan lokal yang berlaku untuk seluruh wilayah provinsi ditetapkan oleh dinas pendidikan provinsi. 3. Mengkaji Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar a. Satuan Pendidikan Silabus yang dikembangkan pada tingkat satuan pendidikan yaitu silabus muatan lokal yang berlaku pada satuan pendidikan yang bersangkutan. Silabus Pembelajaran Tematik Kelas I Semester 1 4. Dinas Pendidikan a. 2. urutan berdasarkan hierarki konsep disiplin ilmu dan/atau tingkat kesulitan materi. Menyeluruh Silabus mencakup pengembangan potensi peserta didik secara menyeluruh dalam ranah kompetensi pengetahuan. c. 5. 3 . Mekanisme Pengembangan Silabus Silabus dikembangkan oleh: 1. b. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. sikap. Silabus muatan lokal yang berlaku untuk seluruh wilayah kabupaten/kota ditetapkan oleh dinas pendidikan kabupaten/kota. Silabus untuk Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah (SD/MI) yang dikembangkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan yaitu silabus mata pelajaran untuk Kelompok A dan Kelompok B. Fleksibel Silabus selalu memberikan rujukan dan ruang yang lebih luas kepada guru untuk menyusun perencanaan mengajar. III. tidak harus selalu sesuai dengan urutan yang ada di SI.

f. sosial. struktur keilmuan. keterkaitan antara standar kompetensi dan kompetensi dasar dalam mata pelajaran. Kegiatan pembelajaran memuat rangkaian kegiatan yang harus dilakukan oleh peserta didik secara berurutan untuk mencapai kompetensi dasar. 4 . 2. Penentuan urutan kegiatan pembelajaran harus sesuai dengan hierarki konsep materi pembelajaran. potensi peserta didik. Hal-hal yang harus diperhatikan dalam mengembangkan kegiatan pembelajaran adalah sebagai berikut. Pengalaman belajar memuat kecakapan hidup yang perlu dikuasai peserta didik. Rumusan pernyataan dalam kegiatan pembelajaran minimal mengandung dua unsur penciri yang mencerminkan pengelolaan pengalaman belajar siswa. dan keluasan materi pembelajaran. tingkat perkembangan fisik. b. relevansi dengan kebutuhan peserta didik dan tuntutan lingkungan. yaitu kegiatan siswa dan materi. Mengidentifikasi Materi Pokok/Pembelajaran Mengidentifikasi materi pokok/pembelajaran yang menunjang pencapaian kompetensi dasar dengan mempertimbangkan: a. d. keterkaitan antara standar kompetensi dan kompetensi dasar antar mata pelajaran. dan h. e. dan sumber belajar lainnya dalam rangka pencapaian kompetensi dasar. relevansi dengan karakteristik daerah. Mengembangkan Kegiatan Pembelajaran Kegiatan pembelajaran dirancang untuk memberikan pengalaman belajar yang melibatkan proses mental dan fisik melalui interaksi antarpeserta didik. kebermanfaatan bagi peserta didik. c. Pengalaman belajar yang dimaksud dapat terwujud melalui penggunaan pendekatan pembelajaran yang bervariasi dan berpusat pada peserta didik. Kegiatan pembelajaran disusun untuk memberikan bantuan kepada para pendidik. b. agar dapat melaksanakan proses pembelajaran secara profesional. dan spritual peserta didik. a. lingkungan. c. khususnya guru. g. kedalaman. Silabus Pembelajaran Tematik Kelas I Semester 1 b. intelektual. alokasi waktu. 3. d. peserta didik dengan guru. c. emosional. aktualitas.

penilaian hasil karya berupa tugas. Menentukan Alokasi Waktu 5 . pengamatan kinerja. 5. Penilaian menggunakan acuan kriteria. e. Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam penilaian. yaitu berdasarkan apa yang bisa dilakukan peserta didik setelah mengikuti proses pembelajaran. dan program pengayaan bagi peserta didik yang telah memenuhi kriteria ketuntasan. Hasil penilaian dianalisis untuk menentukan tindak lanjut. dan penilaian diri. Sistem penilaian harus disesuaikan dengan pengalaman belajar yang ditempuh dalam proses pembelajaran. proyek dan/atau produk. dan menafsirkan data tentang proses dan hasil belajar peserta didik yang dilakukan secara sistematis dan berkesinambungan. satuan pendidikan. dan keterampilan. d. pengukuran sikap. Indikator digunakan sebagai dasar untuk menyusun alat penilaian. dan bukan untuk menentukan posisi seseorang terhadap kelompoknya. Berkelanjutan dalam arti semua indikator ditagih. Indikator dikembangkan sesuai dengan karakteristik peserta didik. c. a. Merumuskan Indikator Pencapaian Kompetensi Indikator merupakan penanda pencapaian kompetensi dasar yang ditandai oleh perubahan perilaku yang dapat diukur yang mencakup sikap. pengetahuan. penggunaan portofolio. yang berupa perbaikan proses pembelajaran berikutnya. Penilaian dilakukan dengan menggunakan tes dan non tes dalam bentuk tertulis maupun lisan. Misalnya. serta untuk mengetahui kesulitan peserta didik. 6. Penentuan Jenis Penilaian Penilaian pencapaian kompetensi dasar peserta didik dilakukan berdasarkan indikator. potensi daerah dan dirumuskan dalam kata kerja operasional yang terukur dan/atau dapat diobservasi. Penilaian merupakan serangkaian kegiatan untuk memperoleh. program remedi bagi peserta didik yang pencapaian kompetensinya di bawah kriteria ketuntasan. b. Sistem yang direncanakan adalah sistem penilaian yang berkelanjutan. maupun produk/hasil melakukan observasi lapangan yang berupa informasi yang dibutuhkan. kemudian hasilnya dianalisis untuk menentukan kompetensi dasar yang telah dimiliki dan yang belum. jika pembelajaran menggunakan pendekatan tugas observasi lapangan maka evaluasi harus diberikan baik pada proses (keterampilan proses) misalnya teknik wawancara. Silabus Pembelajaran Tematik Kelas I Semester 1 4. menganalisis. mata pelajaran. sehingga menjadi informasi yang bermakna dalam pengambilan keputusan. Penilaian diarahkan untuk mengukur pencapaian kompetensi.

keluasan. 7. IV. objek dan/atau bahan yang digunakan untuk kegiatan pembelajaran. atau Pusat Kegiatan Guru (PKG). Pengembangan silabus pada tingkat Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dilakukan oleh Badan Penelitian dan Pengembangan. kegiatan pembelajaran. SILABUS SEKOLAH DASAR/MADRASAH IBTIDAIYAH Silabus untuk SD/MI adalah sebagai berikut: 6 . yang berupa media cetak dan elektronik. dan budaya. V. dan indikator pencapaian kompetensi. serta lingkungan fisik. 3. kelompok Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP). narasumber. Tim Pengembangan Kurikulum kabupaten/kota untuk wilayah kabupaten/kota. kedalaman. Tim Pengembangan Kurikulum provinsi untuk wilayah provinsi. dan tingkat kepentingan kompetensi dasar. alam. Penentuan sumber belajar didasarkan pada standar kompetensi dan kompetensi dasar serta materi pokok/pembelajaran. Pengembangan silabus muatan lokal pada tingkat satuan pendidikan dilakukan oleh para guru secara mandiri atau berkelompok dalam sebuah sekolah/madrasah atau beberapa sekolah. Silabus Pembelajaran Tematik Kelas I Semester 1 Penentuan alokasi waktu pada setiap kompetensi dasar didasarkan pada jumlah minggu efektif dan alokasi waktu mata pelajaran per minggu dengan mempertimbangkan jumlah kompetensi dasar. sosial. Alokasi waktu yang dicantumkan dalam silabus merupakan perkiraan waktu rerata untuk menguasai kompetensi dasar yang dibutuhkan oleh peserta didik yang beragam. 2. tingkat kesulitan. b. Pengembangan silabus muatan lokal pada tingkat daerah dilakukan oleh: a. PENGEMBANG SILABUS 1. Menentukan Sumber Belajar Sumber belajar adalah rujukan.

peduli. melihat. teman. KI 3 : Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar.1 Menghargai tubuh Mengamati  Buku Teks Jasmani. KI 4 : Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis. dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia. makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya. dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat. Alokasi Sumber Mata Pelajaran Kompetensi Dasar Materi Pokok Kegiatan Pembelajaran Penilaian Waktu Belajar Pendidikan 1. santun. grafik Kesehatan Kelas I nya sebagai anu. dan guru. gambar. Silabus Pembelajaran Tematik Kelas I Semester 1 SILABUS PEMBELAJARAN TEMATIK Satuan Pendidikan : SD/MI Kelas : I (Satu) Tema 1 : Diri Sendiri Kompetensi Inti KI 1 : Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya. gambar/ piktograf gerah Tuhan 7 . tanggung jawab. denah. dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah. dalam karya yang estetis. Olah dengan seluruh pelajaran perangkat gerak  Membaca teks. tabel. disiplin. membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya. dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga. KI 2 : Memiliki perilaku jujur. Raga dan Tematik dan kemampuan.

berbagai bahan. konsep gerak gerak lokomotor tidak tertib pada kartu kata. alat 8 . orang lain dll) dan lingkungan mengolah bahan alam sekitar.1 Berprilaku sportif tentang suasana  Media dalam bermain kehidupan gambar 2. keselamatan diri  Mengamati cara kancing baju sendiri. kartu tubuh yang angka piktograf hasil kegiatan digunakan arah. dengan berbagai hubungan dan  Buku cerita kegiatan yang sesuai usaha dalam bergambar tema untuk pemahaman berbagai bentuk konsep bilangan Teks lagu permainan sederhana dan  Mengamati berbagai atau tradisional. dasar lokomotor peraturan di rumah dan kartu suku sesuai dengan di sekolah kata. yang dapat  Benda- am penggunaan dimanfaatkan sebagai benda sarana dan prasa.1 Mengetahui  Konsep dasar tentang sikap tertib dan kalimat. gerak. serta dal. kartu dimensi anggota  Membaca grafik gambar/ huruf. Silabus Pembelajaran Tematik Kelas I Semester 1 Alokasi Sumber Mata Pelajaran Kompetensi Dasar Materi Pokok Kegiatan Pembelajaran Penilaian Waktu Belajar 2. yang berhubungan  Foto diri ruang. karya kreatif sebenar-nya rana pembelajaran  Membaca teks pendek  Kartu 3.2 Bertanggung  Mengamati gambar  Bahan sisa jawab terhadap menjaga kebersihan (kain.

Menanya mainan sederhana  Melakukan tanya jawab dan atau per.4 Mengetahui memperoleh data konsep bergerak tentang ciri-ciri suasana. badan hana dan atau tradisional. menggunting. gambar. dan usaha dalam ber- bagai bentuk per. dan cepat dalam yang berkaitan dengan rangka pengem.3 Mengetahui  Konsep dasar serta fungsinya dalam konsep gerak manipulatif membuat karya dasar manipulatif kerajinan dari bahan sesuai dengan  Konsep bergerak alam hasil limbah di dimensi anggota secara seimbang lingkungan rumah tubuh yang melalui kegiatan melipat. menempel hubungan. gerak. secara seimbang peristiwa. kebiasaan. Silabus Pembelajaran Tematik Kelas I Semester 1 Alokasi Sumber Mata Pelajaran Kompetensi Dasar Materi Pokok Kegiatan Pembelajaran Penilaian Waktu Belajar 3. tentang isi teks bacaan. denah dll untuk 3. waktu . mainan tradisional. 9 . jumlah bangan kebugaran  Mempercakap-kan cara jasmani melalui menjaga kebersihan permainan seder. dan ruang. digunakan arah.

dan usaha dalam  Melakukan pengamatan berbagai bentuk dan percobaan untuk 10 . berpasangan dimensi anggota maupun berkelompok.  Pola gerak seri. gerak manipulatif dalam gerak.3 Mempraktikkan bangun ruang yang ada pola dasar gerak di lingkungan manipulatif sesuai  Mengolah bahan dengan dimensi makanan menjadi anggota tubuh makanan bergizi melalui yang digunakan berbagai kegiatan (Misal arah.1 Mempraktikkan  Pola gerak dasar Eksplorasi pola gerak dasar lokomotor lokomotor sesuai  Mengumpulkan data melalui praktek dengan (seperti melalui percobaan.  Melakukan berbagai nakan arah. ruang gerak. Silabus Pembelajaran Tematik Kelas I Semester 1 Alokasi Sumber Mata Pelajaran Kompetensi Dasar Materi Pokok Kegiatan Pembelajaran Penilaian Waktu Belajar 4. berkaitan dengan waktu hana dan atau  Melakukan gerak tradisional lokomotor melalui 4. hubungan . permainan seder- hana dan atau  Melakukan permainan permainan tradi. peristiwa. tubuh yang digu. hubungan. bentuk permainan dan usaha dalam sederhana dan atau berbagai bentuk permainan tradisional. untuk mengumpulkan sional data bangun datar dan 4. melakukan hubungan.2 Mempraktikkan berbagai permainan pola dasar gerak sederhana dan atau non-lokomotor tradisional secara sesuai dengan individual. dan wawancara tentang ciri- manipu-latif usaha) dalam ciri suasana. konsekuiwensi  Pola gerak dasar mencari perbedaan dan anggota tubuh non lokomotor persamaan. : praktek masak dll ). yang digunakan: melalui praktek mengurutkan gambar arah. ruang gerak. ruang. berbagai bentuk kebiasaan yang permainan seder.

..……...................... Silabus Pembelajaran Tematik Kelas I Semester 1 Mengetahui Kepala Sekolah …………. ………………… 20 … SD / MI ..... Guru Kelas I (Satu) ( ________________________________ ) ( ________________________________ ) NIP/NIK : ………………… NIP/NIK : ………………… 11 ..

1 Menghargai tubuh Mengamati  Buku Jasmani. melihat. teman. disiplin. tanggung jawab. dalam karya yang estetis. Silabus Pembelajaran Tematik Kelas I Semester 1 SILABUS PEMBELAJARAN TEMATIK Satuan Pendidikan : SD/MI Kelas : I (Satu) Tema 2 : Kegemaranku Kompetensi Inti KI 1 : Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya. Alokasi Sumber Mata Pelajaran Kompetensi Dasar Materi Pokok Kegiatan Pembelajaran Penilaian Waktu Belajar Pendidikan 1. membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya. Kelas I Kesehatan dan gambar. grafik gambar/ piktograf  Media kemampuannya gambar sebagai anugrah tentang suasana Tuhan yang tidak kehidupan  Foto-foto ternilai 12 . KI 3 : Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar. denah. santun. dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah. dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat. dan guru. dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga. dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia. KI 4 : Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis. Olah dengan seluruh Tematik raga dan perangkat gerak  Membaca teks. peduli. makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya. KI 2 : Memiliki perilaku jujur. tabel.

dan ( bahan karya kreatif lingkungan alam.2 Bertanggung  Benda-  Mengamati cara jawab terhadap benda mengolah bahan alam keselamatan diri sebenarny yang dapat sendiri. serta  Membaca teks pendek kerajinan dalam tentang sikap tertib dan dari bahan penggunaan tidak tertib pada lunak dll) sarana dan peraturan di rumah dan prasarana di sekolah pembelajaran 13 . orang a dimanfaatkan sebagai lain.1 Berperilaku positif  Mengamati gambar  lingkungan dalam bermain menjaga kebersihan sekitar 2. Silabus Pembelajaran Tematik Kelas I Semester 1 Alokasi Sumber Mata Pelajaran Kompetensi Dasar Materi Pokok Kegiatan Pembelajaran Penilaian Waktu Belajar 2. hasil sekitar.

lokomotor kegiatan yang eksperimen lokomotor sesuai  Konsep gerak berhubungan dengan / eksplorasi dengan dimensi dasar berbagai kegiatan yang Papan anggota tubuh manipulatif sesuai tema untuk berpaku yang digunakan. secara dan usaha.3 Mengetahui kon- melalui kegiatan sep gerak dasar melipat. peristiwa. tentang ciri-ciri hana dan atau suasana. Menanya arah. kerajinan dari bahan sional alam hasil limbah di lingkungan rumah 3. Silabus Pembelajaran Tematik Kelas I Semester 1 Alokasi Sumber Mata Pelajaran Kompetensi Dasar Materi Pokok Kegiatan Pembelajaran Penilaian Waktu Belajar 3. dalam seimbang  Mengamati berbagai berbagai bentuk berbagai bahan.2 Mengetahui  Konsep gerak  Membaca grafik  Perlengkap konsep gerak dasar non gambar/ piktograf hasil an untuk dasar non.4 Mengetahui waktu . tentang isi teks bacaan. hubungan. ruang  Konsep gerak bilangan gerak. hubungan. manipulatif sesuai dan menempel dengan dimensi anggota tubuh yang digunakan. serta fungsinya dalam hana dan atau membuat karya permainan tradi. denah dll berbagai bentuk untuk memperoleh data permainan seder.  Mengumpulkan data 14 . alat permainan seder. yang tradisional berkaitan dengan 3. dalam gambar. jumlah konsep gerak secara seimbang  Mempercakap-kan cara dan cepat dalam menjaga kebersihan rangka pengem. pemahaman konsep arah. dan usaha. menggunting. ruang  Melakukan tanya jawab gerak. per-mainan kebiasaan. badan bangan kebugaran Eksplorasi jasmani melalui permainan seder.

ruang melalui praktek berkaitan dengan gerak. hubungan. tradisional. bangun ruang yang ada hana dan atau di lingkungan permainan tradi- sional  Mengolah bahan makanan menjadi makanan bergizi melalui berbagai kegiatan (Misal : praktek masak dll ). dan atau permainan ruang gerak. yang digunakan.2 Mempraktikkan maupun berkelompok. pola gerak dasar non-lokomotor  Melakukan berbagai sesuai dengan gerak manipulatif dimensi anggota dalam bentuk tubuh yang permainan sederhana digunakan.  Melakukan pengamatan dan percobaan untuk 15 . dalam untuk mengumpulkan berbagai bentuk data bangun datar dan permainan seder. waktu dan usaha. lokomotor kebiasaan yang arah. berpasangan 4. dan  Melakukan permainan usaha. sederhana dan atau sional tradisional secara individual. hubungan. peristiwa. arah.1 Mempraktikkan  Pola gerak persamaan. melakukan dengan dimensi  Pola gerak wawancara tentang ciri- anggota tubuh dasar non ciri suasana. Silabus Pembelajaran Tematik Kelas I Semester 1 Alokasi Sumber Mata Pelajaran Kompetensi Dasar Materi Pokok Kegiatan Pembelajaran Penilaian Waktu Belajar 4. dalam berbagai bentuk  Melakukan gerak permainan seder. pola gerak dasar dasar lokomotor mengurutkan gambar lokomotor sesuai melalui praktek seri. lokomotor melalui hana dan atau berbagai permainan permainan tradi.

.. Silabus Pembelajaran Tematik Kelas I Semester 1 Mengetahui Kepala Sekolah …………...…….................. ………………… 20 … SD / MI ....... Guru Kelas I (Satu) ( ________________________________ ) ( ________________________________ ) NIP/NIK : ………………… NIP/NIK : ………………… 16 ..

denah. Silabus Pembelajaran Tematik Kelas I Semester 1 SILABUS PEMBELAJARAN TEMATIK Satuan Pendidikan : SD/MI Kelas : I (Satu) Tema 3 : Kegiatanku Kompetensi Inti KI 1 : Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.1 Menghargai tubuh Mengamati  Buku Jasmani dan dengan seluruh Tematik  Membaca teks. dan  Media grafik gambar/ piktograf kemampuannya gambar tentang suasana sebagai anugrah kehidupan  Foto-foto Tuhan 17 . peduli. dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga. tanggung jawab. Kelas I Kesehatan perangkat gerak gambar. membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya. KI 4 : Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis. melihat. dan guru. santun. dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat. KI 3 : Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar. makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya. dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah. dalam karya yang estetis. dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia. disiplin. KI 2 : Memiliki perilaku jujur. Alokasi Sumber Mata Pelajaran Kompetensi Dasar Materi Pokok Kegiatan Pembelajaran Penilaian Waktu Belajar Pendidikan 1. tabel. teman.

hasil hubu-ngan. dalam tentang sikap tertib dan dari bahan berbagai bentuk tidak tertib pada lunak dll) permainan peraturan di rumah dan  Perlengkap sederhana dan di sekolah an untuk atau permainan  Membaca grafik eksperimen tradisional gambar/ piktograf hasil / eksplorasi 2.  Mengamati berbagai lajaran berbagai bahan. ruang gerak. ( bahan karya kreatif arah. dan  Membaca teks pendek kerajinan usaha. Silabus Pembelajaran Tematik Kelas I Semester 1 Alokasi Sumber Mata Pelajaran Kompetensi Dasar Materi Pokok Kegiatan Pembelajaran Penilaian Waktu Belajar 2. berpaku berbagai kegiatan yang orang lain. dan sesuai tema untuk lingkungan sekitar.1 Mengetahui  Mengamati gambar  lingkungan konsep gerak menjaga kebersihan sekitar dasar non. pemahaman konsep serta dalam peng. Papan berhubungan dengan matan diri sendiri.2 Bertanggungjawab kegiatan yang terhadap kesela. alam. bilangan gunaan sarana dan prasarana pembe.  Benda-  Mengamati cara lokomotor sesuai benda mengolah bahan alam dengan dimensi sebenarny yang dapat anggota tubuh a dimanfaatkan sebagai yang digunakan. alat 18 .

denah dll tradisional untuk memperoleh data tentang ciri-ciri 3. dan usaha. dan cepat dalam kebiasaan yang rangka berkaitan dengan pengembangan waktu kebugaran jasmani  Melakukan gerak 19 . dalam Menanya berbagai bentuk permainan  Melakukan tanya jawab sederhana dan tentang isi teks bacaan. peristiwa.3 Mengetahui suasana. peristiwa.hubungan.2 Mengetahui  Konsep gerak serta fungsinya dalam konsep gerak non lokomotor membuat karya dasar non. mengurutkan gambar 3. atau permainan mencari perbedaan dan tradisional persamaan. seimbang dan usaha. arah.hubungan.4 Mengetahui seri. atau permainan gambar. arah. melakukan konsep gerak wawancara tentang ciri- secara seimbang ciri suasana. ruang secara dan menempel gerak. yang dasar manipulatif berkaitan dengan sesuai dengan waktu . Silabus Pembelajaran Tematik Kelas I Semester 1 Alokasi Sumber Mata Pelajaran Kompetensi Dasar Materi Pokok Kegiatan Pembelajaran Penilaian Waktu Belajar 3. menggunting. dalam Eksplorasi berbagai bentuk permainan  Mengumpulkan data sederhana dan melalui percobaan. kerajinan dari bahan  Konsep gerak lokomotor sesuai alam hasil limbah di dasar dengan dimensi lingkungan rumah manipulatif anggota tubuh melalui kegiatan yang digunakan. konsep gerak kebiasaan.  Konsep gerak melipat. menjaga kebersihan ruang badan gerak. jumlah dimensi anggota tubuh yang  Mempercakap-kan cara digunakan.

hubungan. dan usaha. musik melalui berbagai arah. ruang manipulatif dalam bentuk gerak. Silabus Pembelajaran Tematik Kelas I Semester 1 Alokasi Sumber Mata Pelajaran Kompetensi Dasar Materi Pokok Kegiatan Pembelajaran Penilaian Waktu Belajar 4. sederhana dan dan menempel 20 .3 Mempraktikkan dasar di lingkungan pola gerak dasar lokomotor dan manipulatif sesuai lokomotor  Mengolah bahan dengan dimensi sesuai irama makanan menjadi anggota tubuh ketukan atau makanan bergizi yang digunakan.hubungan. melalui praktek permainan sederhana dan usaha. dalam dan atau permainan berbagai bentuk  Aktivitas tradisional. menggunting. berpasangan dengan dimensi melalui praktek maupun berkelompok. anggota tubuh  Pola gerak  Melakukan berbagai yang digunakan. permainan pengembangan sederhana dan kebugaran  Melakukan permainan atau permainan jasmani untuk mengumpulkan tradisional data bangun datar dan  Pola gerak bangun ruang yang ada 4.1 Mempraktikkan  Pola gerak sederhana dan atau pola gerak dasar dasar tradisional secara lokomotor sesuai lokomotor individual. dalam  Melakukan berbagai bentuk pengamatan dan permainan percobaan untuk sederhana dan mengumpulkan data atau permainan tentang wujud dan sifat tradisional benda 4. dasar gerak manipulatif arah. ruang kegiatan (Misal : gerak. praktek masak dll ).4 Mempraktikkan aktivitas  Memilih bahan untuk pengembangan membuat karya kebugaran jasmani kerajinan dari bahan untuk melatih alam hasil limbah di keseimbangan dan lingkungan rumah kecepatan tubuh melalui kegiatan melalui permainan melipat.

.............……... Silabus Pembelajaran Tematik Kelas I Semester 1 Mengetahui Kepala Sekolah …………........ Guru Kelas I (Satu) ( ________________________________ ) ( ________________________________ ) NIP/NIK : ………………… NIP/NIK : ………………… 21 . ………………… 20 … SD / MI .......

membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya. makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya. peduli.6 Disiplin selama  lingkungan melakukan ber. sekitar bagai aktivitas fisik 22 .1 Menghargai tubuh  Buku Jasmani. dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat. santun. dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga.  Media nya sebagai anu. dan guru. disiplin. teman. gambar gerah Tuhan  Foto-foto 2. Olah dengan seluruh Tematik raga dan perangkat gerak Kelas I Kesehatan dan kemampuan. Alokasi Sumber Mata Pelajaran Kompetensi Dasar Materi Pokok Kegiatan Pembelajaran Penilaian Waktu Belajar Pendidikan 1. melihat. dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia. Silabus Pembelajaran Tematik Kelas I Semester 1 SILABUS PEMBELAJARAN TEMATIK Satuan Pendidikan : SD/MI Kelas : I (Satu) Tema 4 : Keluargaku Kompetensi Inti KI 1 : Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya. KI 3 : Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar. dalam karya yang estetis. dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah. tanggung jawab. KI 2 : Memiliki perilaku jujur. KI 4 : Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis.

Mengetahui  Konsep gerak  Benda- konsep gerak dasar non benda dasar non. n untuk bagai bentuk per. Silabus Pembelajaran Tematik Kelas I Semester 1 Alokasi Sumber Mata Pelajaran Kompetensi Dasar Materi Pokok Kegiatan Pembelajaran Penilaian Waktu Belajar 3. hubungan dan usaha dalam berbagai bentuk permainan seder- hana dan atau permainan tradisional 3. Mengetahui kon- sep dasar manipu- latif sesuai dengan dimensi anggota tubuh yang digunakan. ruang.2. arah. ruang gerak. eksperimen mainan sederhana / eksplorasi dan atau per- mainan tradisional Papan berpaku 3.9 Mengetahui dampak jangka pendek melakukan aktivitas fisik 23 . gerak.3. hasil dengan dimensi gerak manipulatif kerajinan anggota tubuh yang digunakan  Aktivitas fisik dari bahan arah. lokomotor sebenarnya lokomotor sesuai ( bahan  Konsep dasar alam. dan  Perlengkapa usaha dalam ber. lunak dll) hubungan.

24 . hubungan. Silabus Pembelajaran Tematik Kelas I Semester 1 Alokasi Sumber Mata Pelajaran Kompetensi Dasar Materi Pokok Kegiatan Pembelajaran Penilaian Waktu Belajar 4.3 Mempraktikkan pola gerak dasar manipulatif yang dilandasi konsep gerak dalam ber- bagai bentuk per- mainan sederhana dan atau per- mainan tradisional 4. melalui praktek hana dan atau tradisional 4.4.1 Mempraktikkan  Pola gerak dasar pola gerak dasar lokomotor lokomotor yang melalui praktek dilandasi konsep  Pola gerak gerak (seperti dasar manipulatif konsep: tubuh. Mempraktikkan aktivitas pengem- bangan kebugaran jasmani untuk melatih keseim- bangan dan kecepatan tubuh melalui permainan sederhana dan atau tradisional.  Aktivitas dan usaha) dalam pengembangan berbagai bentuk kebugaran permainan seder. ruang.

.... ………………… 20 … SD / MI ..... Guru Kelas I (Satu) ( ________________________________ ) ( ________________________________ ) NIP/NIK : ………………… NIP/NIK : ………………… 25 . Silabus Pembelajaran Tematik Kelas I Semester 1 Mengetahui Kepala Sekolah …………...............…….......