You are on page 1of 4

LEMBAR KERJA SISWA NOMOR 2.

1
Materi/waktu : Difraksi cahaya/80 menit

I. FENOMENA/MASALAH
Pada pembelajaran gelombang Anda telah mengkaji tentang difraksi gelombang
permukaan air yang dapat dilakukan pada tangki riak. Apakah pada cahaya juga
terjadi peristiwa difraksi atau pelenturan? Untuk menunjukkan peristiwa difraksi
cahaya, kita ikuti percobaannya berikut ini.
II. Tujuan
1) Menyelidiki difraksi cahaya pada layar.
III. Alat dan bahan
Sebuah lampu pijar, penghalang kaca dengan 1 celah, dan sebuah layar untuk
menangkap sinar.

IV. Langkah Percobaan
(1) Catlah sekeping kaca dengan cat warna hitam kemudian buatlah sebuah
celah selebar satu garis halus dengan menggunakan pisau kaca.
(2) Susun peralatan seperti pada Gambar 2.1.

Gambar 2.1
(3) Nyalakan lampu pijar kemudian perhatikan bayangan yang ditangkap
layar. Bagaimanakah bentuk bayangan ini?
(4) Ulangi langkah (1) sampai dengan langkah (3), tetapi sekarang Anda
membuat celah tunggal yang lebih lebar pada kaca yang lain.

V. Pertanyaan
(1) Bagaimanakah pola yang Anda amati di layar dibandingkan dengan pola
pada langkah 3 pada percobaan di atas.
(2) Mengapa pada layar tampak pita terang dan gelap silih berganti?
(3) Deskripsikan kesimpulan dari percobaan yang Anda lakukan.
(4) Kemukakan syarat yang harus dipenuhi agar difraksi dapat diamati.
(5) Pada proses apakah Anda dapat jumpai fenomena difraksi pada sehari-hari.

II. . dan layar. b) Menyelidiki faktor-faktor yang mempengaruhi pola interfrensi cahaya seperti (i) jarak antar layar dengan celah. (2) Tentukanlah panjang gelombang yang digunakan dalam percobaan ini. Apakah pada cahaya juga terjadi peristiwa interfeensi? Untuk menunjukkan peristiwa interfrensi cahaya. Anda juga dapat menggunakan pena laser. Jika Anda menggunakan pena laser. kita ikuti percobaannya berikut ini. c) Menentukan panjang gelombang cahaya dengan perumusan . Langkah Percobaan (1) Lakukan percobaan interfrensi celah ganda Young dengan menggunakan sumber cahaya menokromatik untuk: a) Mengamati dan melakukan pola interfrensi c ahaya. IV.2 Materi/waktu : Interfrensi cahaya/80 menit I. III. V. lembaran kaca satu celah. lembaran kaca satu celah. Pertanyaan (1) Lukiskanlah pola interfrensi cahaya pada percobaan di atas. dan (ii) jarak pisah antar dua celah. (3) Deskripsikan kesimpulan dari percobaan yang Anda lakukan. Alat dan bahan Perangkat percobaan interfrensi celah gandaYoung yang terdiri dari: sumber cahaya monokromatik. FENOMENA/MASALAH Pada pembelajaran gelombang Anda juga telah mengkaji tentang interfrensi gelombang. (2) Dalam susunan peralatan seperi Gambar 2. d.2. Tujuan 1) Menyelidiki interfrensi cahaya pada celah ganda Young 2) Melukiskan pola interfrensi cahaya 3) Menentukan panjang gelombang cahaya. L. maka keduanya memiliki efek gabungan yang diperoleh dengan menjumlahkan simpangannya. Jika dua gelombang melalui satu titik yang sama tanpa saling mempengaruhi. LEMBAR KERJA SISWA NOMOR 2. Pada kedua gelombang yang terpadu ini akan terjadi interfrensi. Anda tak perlu menyisipkan lembaran kaca dengan satu celah sebab pena laser telah menghasilkan gelombang- gelombang cahaya yang kohern.

500 Å dan jarak antara celah dengan layar 2 meter. Oleh sebab itu. Lembaran Kerja Siswa (LKS) Bab-2 Gelombang Cahaya Berikut disajikan masalah-masalah gelombang cahaya. dan susunlah laporan hasil diskusi Anda. Cahaya dengan panjang gelombang 4000 Å datang pada celah ganda yang jaraknya 0. Jika indeks bias untuk warna merah dan ungu masing-masing 1. c. jika indeks bias untuk cahaya merah dan ungu masing-masing 1. Tentukan (a).52.51 dan 1. tentukanlah besar sudut dispersinya! 4. tentukanlah sudut dispersi pada prisma! 6. disinari cahaya merah dengan panjang gelombang 6.5 × 10-7 m. Garis gelap terang dapat diamati pada layar yang berjarak 1 m dari celah. serta jarak antara terang kedua dengan garis terang keempat! 9. jarak antara garis gelap pertama dengan gelap kelima yang berdekatan . (b) jarak garis terang kedua dari terang pusat. Atas dasar apakah Maxwell berkesimpulan bahwa cahaya adalah gelombang elektromagnetik? 3. Semua masalah tersebut akan dapat dipecahkan jika Anda membaca Bab-2 dan berdiskusi dengan teman Anda. jarak antara garis terang pertama dengan garis terang kedua pada layar! 8. tentukan jarak pita terang kedua dari pusat terang! 7. Pada percobaan Young digunakan gelombang cahaya dengan panjang gelombang 4. Jika jarak antar celah 0. 1.2 mm satu sama lain. (4) Kemukakan syarat yang harus dipenuhi agar interfrensi dapat diamati. bacalah Bab-2 dengan seksama. Seberkas cahaya monokromatik memiliki panjang gelombang 5000 Å dilewatkan melalui celah ganda Young.4mm. Jika indeks bias cahaya merah dan ungu masing-masing 1. jarak antara garis terang pertama dengan terang ketiga yang berdekatan. Dua celah yang berjarak 1 mm. Hitunglah jarak antara gelap ketiga dan terang pusat.49 dan 1. Tentukan (a) jarak garis terang pertama dari terang pusat. (5) Pada proses apakah Anda dapat jumpai fenomena interfrensi pada sehari-hari. Seberkas cahaya monokromatik dilewatkan pada sebuah prisma dengan sudut pembias 60o. (b) jarak antara dua garis terang berdekatan. Celah ganda berjarak 0.51 dan 1. kemudian diskusikan masalah-masalah tersebut.5 mm. Apakah gelombang elektromagnetik dapat merambat dalam ruang hampa? Bagaimana dengan bunyi? 2. kemudian 80 cm di belakang celah di pasang layar. Seberkas cahaya putih menembus prisma dengan sudut pembias 100. Pola interferensi yang terjadi ditangkap pada layar yang berada 50 cm dari celah ganda.53 tentukan besarnya sudut dispersi pada prisma tersebut ? 5.53. . Seberkas cahaya putih menembus sebuah prisma tipis dengan sudut pembias 10°.

Jika interferensi maksimum (terang) orde kedua dengan sudut 15° (sin 15o = 0. Celah tunggal yang lebarnya 0.06 cm. Jelaskan tentang polarisasi karena pemantulan dan pembiasan.4 m. Sebuah celah memiliki lebar 0. maka tentukan jarak garis gelap ke 1 dari terang pusat? 14.10. Sebuah sinar monokromatik dengan panjang gelombang 5800 Å didatangkan vertikal pada lapisan minyak yang indeks biasnya = 1. Supaya terjadi pelemahan sinar. Jika indeks bias minyak 1. Jika jarak celah terhadap layar 2.2 mm disinari cahaya berkas sejajar dengan panjang gelombang 5000 Å. . Hal ini dapat membuktikan bahwa warna biru mengalami interferensi dan hilang dari spektrum.5 dan panjang gelombang sinar biru sebesar 4500 Å.000 Å. maka tentukan jumlah garis per cm pada kisi! 17. Apabila pola difraksi ditangkap pada layar yang jaraknya 20 cm dari celah.12 cm. Cahaya dengan panjang gelombang 6000 Å dijatuhkan tegak lurus pada kisi. Jika sebuah layar ditempatkan 100 cm dibelakang celah. 18. Celah tunggal yang lebarnya 0. berapakah panjang gelombang cahaya tersebut? 15. 19.1 mm disinari berkas cahaya dengan panjang gelombang 4. Jarak garis gelap kedua terhadap pusat terang adalah 0. 20. Cahaya monokromatik dari sebuah sumber mengenai sebuah celah tunggal yang mempunyai diameter celah 0. tentukan jarak antara garis gelap ketiga dan garis pusat terang. Apabila pola difraksi ditangkap pada layar yang jaraknya 20 cm dari celah.25). Jelaskan tentang polarisasi karena hamburan. Jika garis terang orde ke-3 membentuk sudut 300 terhadap titik pusat.2. tentukan jarak antara garis gelap ketiga dan garis pusat terang! 13.1 mm disinari berkas cahaya dengan panjang gelombang 4. Sebuah kisi difraksi mempunyai 5000 garis/cm.000 Å. hitunglah panjang gelombang cahaya yang digunakan? 16. Lapisan minyak berada di atas air dapat memantulkan warna merah. maka tentukan tebal minimum lapisan minyak tersebut ! 12. maka tentukan tebal minimum minyak tersebut! 11. Jelaskan tentang polarisasi karena penyerapan selektif.