You are on page 1of 7

KURIKULUM 2013

KOMPETENSI INTI & KOMPETENSI DASAR
MATA PELAJARAN : AL-QURAN HADIS

Satuan Pendidikan : MTs Sunan Giri
Kelas / Semester : VII (Tujuh) s/d IX (sembilan) / 1 & 2
Nama Guru : ………………….

1

4 Memahami isi kandungan Q. lingkungan sehari-hari sosial dan alamnya 2. membaca.S. 4.5 Menghafalkan hadis tentang iman yang diterima madrasah dan mampu Allah dan hadis tentang ibadah yang diterima Allah menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan. 4. an-Nas(114). menulis hadis tentang ibadah yang diterima Allah menghitung. Menghayati dan meyakini 1.al-Fatihah(1). Mengolah.KOMPETENSI INTI (KI) DAN KOMPETENSI DASAR (KD) MADRASAH TSANAWIYAH (MTs) AL-QURAN HADIS KELAS: VII SEMESTER GANJIL KOMPETENSI INTI KOMPETENSI DASAR 1.S. 3.1 Membaca Q. keluarga.1 Memiliki perilaku mencintai Al-Qur'an dan Al-Hadis akhlak (adab) yang baik dalam kehidupan dalam beribadah dan 2. Fikih . masyarakat. Falaq(113) dan al-Ikhlas(112) dalam kehidupan guru. Menghargai dan menghayati 2.3 Menjelaskan perilaku orang yang mencintai Al- Akidah. al- merangkai. al-Fatihah(1). A khlak. dan Sejarah Qur'an dan Al-Hadis Islam.2 Menghafal Q. Hadis. dan menyaji 4.S. an-Nas(114) . Falaq(113) dan al-Ikhlas(112)secara fasih dan tartil.3 Terbiasa beribadah sebagai penerapan isi kandungan hadis tentang ibadah yang diterima Allah 3. an-Nas(114).2 Meyakini isi kandungan hadis tentang ciri iman yang diterima Allah.3 Menulis hadis tentang iman yang diterima Allah dan abstrak (menulis. menggambar. teman. al-Falaq(113) dan al-Ikhlas (112) tentang tauhid Rububiyah dan tauhidUluhiyah 3.1 Menjelaskan pengertian dan fungsi Al-Qur'an dan Al- (faktual. memodifikasi.S. Memahami pengetahuan 3. konseptual dan Hadis procedural) berdasarkan rasa 3. Al-Hadis Qur’an.2 Menjelaskan cara-cara memfungsikan Al-Qur'an dan ingin tahunya tentang al.5 Menjelaskan keterkaitan isi kandungan hadis tentang iman yang diterima Allah dan hadis tentang ibadah yang diterima Allah dalam fenomena kehidupan dan akibatnya 4. al- dalam ranah konkret Falaq(113) dan al-Ikhlas(112)dengan fasih dan tartil (menggunakan.1 Meyakini Al-Qur’an sebagai pedoman hidup akidah Islamiyah.2 Terbiasa beribadah dan berdo’a sebagai penerapkan berinteraksi dengan diri isi kandungan Q. al-Fatihah(1) . 1. 2.(1) an- Nas(114) . al- sendiri. mengurai. al-Fatihah. 3.4 Menerjemahkan makna hadis tentang iman yang dan mengarang) terkait diterima Allah dan hadis tentang ibadah yang dengan pengembangan dari diterima Allah yang dipelajarinya di 4. 2 . dan membuat) dan ranah 4.

S al-Bayyinah(98) tentang toleransi Sejarah Islam. 3 . konseptual dan Kafirun(109) dan Q.S.S.S.1 Menerapkan hukum bacaan Qalqalah dalam Q.2 Menulis hadis tentang sikap tasamuh dan membuat) dan ranah 4.AL-QURAN HADIS KELAS VII SEMESTER GENAP KOMPETENSI INTI KOMPETENSI DASAR 1.2 Meyakini bahwa Allah Maha suci dan Maha Pengampun.S an-Nashr(110) dalam kehidupan sehari-hari lingkungan sosial dan alamnya 3. al-Kafirun(109) dan Akidah.S al-Bayyinah(98) tentang procedural) berdasarkan membangun kehidupan umat beragama dalam rasa ingin tahunya tentang fenomena kehidupan al-Qur’an. membaca. 1.Q.4 Memahami isi kandungan hadis tentang tasamuh 3.S. al- akhlak (adab) yang baik Kafirun(109). A khlak. berdakwah sesuai isi kandungan Q. Hadis. Al Kafirun (109) dan hadis tentang tasamuh 4. 2.1 Meyakini pentingnya sikap tasamuh akidah Islamiyah.2 Memiliki sikap optimis dan istiqamah dalam sendiri. memodifikasi.1 Memahami keterkaitan isi kandungan Q. al-Lahab(111) guru. al- dalam ranah konkret Bayyinah (98).Sal-Kafirun (109). menggambar.S.4 Menghafal hadis tentang sikap tasamuh menghitung. keluarga. 4. Menghayati dan meyakini 1. dan mengarang) terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di madrasah dan mampu menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan.2 Memahami isi kandungan Q. 3. al-Lahab(111) dan Q.5 Menjelaskan contoh perilaku yang mencerminkan toleransi sesuai Q. dan menyaji 4. dan Q.Sal-Bayyinah (98) dan hadis tentang dalam beribadah dan toleransi dalam kehidupan sehari-hari berinteraksi dengan diri 2.Q.S an-Nashr(110) tentang problematika dakwah 3. surat-surat pendek pilihan merangkai.S. Mengolah. danQ.3 Memahami isi kandungan Q. masyarakat. Fikih . Memahami pengetahuan 3. dan Qur’an (menggunakan.3 Menerjemahkan hadis tentang sikap tasamuh abstrak (menulis. 4.1 Memilki sikap tasamuh sesuai isi kandungan Q. Menghargai dan menghayati 2. teman. al- (faktual. mengurai. 3.S.

AL-QURAN HADIS KELAS VIII SEMESTER GANJIL KOMPETENSI INTI KOMPETENSI DASAR 1. Hadis.2 Menulis hadis tentang tolong-menolong dan dan membuat) dan ranah mencintai anak yatim abstrak (menulis. 1. al- rasa ingin tahunya tentang Quraisy(106) dan al-Insyirah(94) tentang ketentuan al-Qur’an. dan menyaji 4.S. teman.1 Memiliki sikap peduli sebagai implementasi dari akhlak (adab) yang baik pemahaman Q.2 Memahami keterkaitan isi kandungan Q.1 Menerapkan hukum bacaan mad ‘iwadl.1 Meyakini bahwa setiap rizki telah ditentukan Allah akidah Islamiyah. berinteraksi dengan diri 2. A khlak. keluarga. membaca. Mengolah.S al-Ma’un(107) tentang kepedulian sosial 3.1 Memahami isi kandungan Q. mencintai anak yatim dan mengarang) terkait 4. mad layin. Menghayati dan meyakini 1.S. 4. Q. mengurai. al-Quraisy dan Q. memodifikasi. Fikih . merangkai. dan 3.S al-Ma’un(107) tentang kepedulian sosial dalam fenomena kehidupan 3. konseptual dan al-Insyirah(94) tentang ketentuan rezeki dari Allah procedural) berdasarkan 3.3 Menerjemahkan hadis tentang tolong-menolong dan menghitung. Menghargai dan menghayati 2. masyarakat. yatim sesuai isi kandungan Al-Qur’an dan Al-Hadis guru.S (faktual. lingkungan sosial dan alamnya 3.S Al dalam beribadah dan Ma’un (107). rezeki dari Allah dalam kehidupan Akidah. Memahami pengetahuan 3.2 Memiliki sikap tolong menolong dan mencintai anak sendiri.S. menggambar. dalam ranah konkret danmad ‘aridh lissukun dalam Al-Qur’an Surat-surat (menggunakan.4 Memahami keterkaitan isi kandungan Q. 4.2 Menghayati keutamaan tolong menolong dan menyantuni anak yatim 2.3 Memahami isi kandungan Q. 4 . Al Kautsar(108) dan Q. pendek pilihan. al- Kautsar(108) danQ.S. al-Kautsar(108) dan Sejarah Islam.5 Menjelaskan keterkaitan isi kandungan hadis tentang perilaku tolong menolong dan mencintai anak yatim dalam fenomena kehidupan dan akibatnya 4.4 Menghafal hadis tentang tolong-menolong dan dengan pengembangan dari mencintai anak yatim yang dipelajarinya di madrasah dan mampu menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan.S.

Mengolah. Menghargai dan menghayati 2. Menerjemahkan hadis tentang keseimbangan mengarang) terkait dengan hidup di dunia dan akhirat pengembangan dari yang 4. 3. keluarga. dan membuat) dan 4. al-Humazah(104) dan Q.1. Menghafalkan hadis tentang keseimbangan dipelajarinya di madrasah dan hidup di dunia dan akhirat mampu menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan.S. Hadis. teman. (102) memodifikasi.1.2. al-Humazah konseptual dan procedural) (104) dan Q.1. dan menyaji dalam 4. menggambar.S. Terbiasa menghindari sikap buruk sesuai isi akhlak (adab) yang baik dalam kandungan Q.1.S at-Takatsur (102) berdasarkan rasa ingin tahunya 3.2. lingkungan sosial dan 2. Memiliki perilaku keseimbangan hidup dunia alamnya dan akhirat 3. Humazah (104) dan Q. sehari-hari dan akibatnya masyarakat.S. Menghayati dan meyakini akidah 1. A khlak. Menulis hadis tentang keseimbangan hidup di ranah abstrak (menulis. Memahami keterkaitan isi kandungan Q. seimbang antara dunia dan akhirat 1. Memahami pengetahuan (faktual.2. Meyakini pentingnya menerapkan pola hidup Islamiyah. dunia dan akhirat menghitung. guru. membaca. dan Sejarah tentang sifat cinta dunia dan melupakan Islam. kebahagian hakiki dalam fenomena kehidupan 3. merangkai.S at- beribadah dan berinteraksi dengan Takatsur(102) dalam fenomena kehidupan diri sendiri. al-Humazah (104) dan Q. Menjelaskan keterkaitan isi kandungan hadis tentang perilaku keseimbangan hidup di dunia dan akhirat dengan fenomena kehidupan dan akibatnya 4. Menerapkan hukum bacaan lam dan ra' dalam ranah konkret (menggunakan.S at- Takatsur (102) 2.2.AL-QURAN HADIS KELAS VIII SEMESTER GENAP KOMPETENSI INTI KOMPETENSI DASAR 1.S. Fikih .S at-Takatsur (102) Akidah.3. al- tentang al-Qur’an.3. Memahami isi kandungan Q.S. 5 .S at-Takatsur mengurai. Meyakini akibat sikap buruk sebagaimana kandungan Q. dan 4. al-Humazah (104) dan Q.4. Q.

1 Terbiasa menyikapi dengan baik fenomena akhlak (adab) yang baik dalam alam sebagai penerapan isi kandungan Q. dan menyaji dalam 4.S. dan Sejarah al-Qari’ah(101) . 4.S.3 Menerjemahkan hadis tentang menjaga dan pengembangan dari yang melestarikan lingkungan alam dipelajarinya di madrasah dan 4.S. guru. teman.2 Memahami keterkaitan isi kandungan Q.2 Menulis hadis tentang menjaga dan menghitung. 3.Q. mad badal.4 Menghafalkan hadis tentang menjaga dan mampu menggunakan metode melestarikan lingkungan alam sesuai kaidah keilmuan. 3.S. 1. dan membuat) dan surat-surat pendek pilihan ranah abstrak (menulis.Q.1 Menerapkan hukum mad silah. Fikih . Qari’ah(101) . Akidah.S al-Zalzalah (99) tentang berdasarkan rasa ingin tahunya fenomena alam tentang al-Qur’an. alam.1 Memahami isi kandungan Q. mad tamkin. menggambar. ranah konkret (menggunakan. tentang fenomena alam dalam kehidupan 3. al- konseptual dan procedural) Qari’ah(101) . 6 .S al-Zalzalah (99) Islam. merangkai. dan melestarikan lingkungan alam mengarang) terkait dengan 4. A khlak. membaca.S al-Zalzalah (99) dan memodifikasi.AL-QURAN HADIS KELAS IX SEMESTER GANJIL KOMPETENSI INTI KOMPETENSI DASAR 1. beribadah dan berinteraksi dengan al-Qari’ah(101) . lingkungan sosial dan sesuai isi kandungan hadis tentang kelestarian alamnya alam.Q. Menghayati dan meyakini akidah 1. dan mad farqi dalam Q.Sal-Zalzalah(99) diri sendiri.1 Meyakini pentingnya menjaga kelestarian Islamiyah. Hadis. Menghargai dan menghayati 2.2 Memiliki sikap peduli terhadap lingkungan masyarakat. Mengolah. Memahami pengetahuan (faktual. 2. al- mengurai. 3.Q. keluarga.3 Menjelaskan keterkaitan isi kandungan hadis tentang perilaku menjaga dan melestarikan lingkungan alam dengan fenomena kehidupan dan akibatnya 4.2 Meyakini kekuasaan Allah pada fenomena alam yang terjadi 2.

Hadis.S al-‘Alaq(96) dan hadis diri sendiri. kilmi.S. menghargai waktu dan menuntut ilmu 3. teman.1 Meyakini pentingnya memanfaatkan waktu Islamiyah. dan menghargai waktu 7 . Al-Qur'an menghitung.AL-QURAN HADIS KELAS IX SEMESTER GENAP KOMPETENSI INTI KOMPETENSI DASAR 1.4 Menerjemahkan hadis tentang menuntut ilmu dipelajarinya di madrasah dan dan menghargai waktu mampu menggunakan metode 4. dan mencari ilmu 1. keluarga.2 Menerapkan hukum bacaan mad lazim memodifikasi.2 Menghayati fenomena alam sebagai sumber ilmu pengetahuan 2. 3.S. 3. Memahami pengetahuan (faktual. membaca. dan membuat) dan mukhaffaf harfi dan mutsaqqal harfi dalam ranah abstrak (menulis. dan 4. menggambar. guru.2 Memahami keterkaitan isi kandungan Q.S al-‘Alaq (96) tentang menghargai berdasarkan rasa ingin tahunya waktu dan menuntut ilmu tentang al-Qur’an.1 Memahami isi kandungan Q.S al-‘Alaq (96) tentang Islam.5 Menghafalkan hadis tentang menuntut ilmu sesuai kaidah keilmuan.1 Menerapkan hukum mad lazim mukhaffaf ranah konkret (menggunakan. 4. Fikih . lingkungan sosial dan menuntut ilmu alamnya 3. Mengolah.3 Menjelaskan keterkaitan isi kandungan hadis tentang perilaku menghargai waktu dan menuntut ilmu 4. Menghayati dan meyakini akidah 1. dan menyaji dalam 4. tentang menghargai waktu dan hadis tentang masyarakat. al- beribadah dan berinteraksi dengan Ashr(103) dan Q. merangkai. al-Ashr (103) konseptual dan procedural) dan Q.3 Menulis hadis tentang menuntut ilmu dan mengarang) terkait dengan menghargai waktu pengembangan dari yang 4.S.1 Memiliki semangat menghargai waktu dan akhlak (adab) yang baik dalam menuntut ilmu sesuai isi kandungan Q. Menghargai dan menghayati 2. mutsaqqal kilmi. Akidah. dalam Al-Qur'an mengurai. dan Sejarah al-Ashr (103) dan Q. A khlak.