You are on page 1of 10

Simulasi Numerik Aliran Minyak-Air Secara Alami Reservoir yang retak

ABSTRAK Simulator numerik tiga dimensi, multi-sumur, untuk mensimulasikan aliran air
dan minyak satu fase atau dua fase dikembangkan untuk reservoir retak. Persamaan simulator
adalah perpanjangan aliran dua fasa o / persamaan aliran fase tunggal yang diturunkan oleh
Warren dan Root. I Simulator memperhitungkan mobilitas fluida relatif, gaya gravitasi,
imbibisi, dan variasi sifat reservoir. Simulator menangani fraktur unifomly dan nonuniformly
distributed dan / atau tidak ada fraktur sama sekali, Simulator dapat digunakan untuk
mensimulasikan proses perpindahan minyak-minyak dan dalam pengujian transient o /
reservoir retak. Simulator digunakan pada model konseptual o / dua reservoir retak alami:
kuadran dari reservoir lima tempat dan waduk penahan lima sumur dengan drive air. Hasil ini
menunjukkan signifikansi imbibisi dalam perolehan kembali minyak dari batuan reservoir di
waduk dengan jaringan rekahan yang saling berhubungan.
PENDAHULUAN Simulator reservoir numerik digunakan secara luas untuk mensimulasikan
multiphase, aliran multikomponen dalam reservoir petroleum tunggal "porositas tunggal.
Simulator semacam itu pada umumnya tidak dapat digunakan untuk mempelajari perilaku
aliran di reservoir retak alami yang biasanya digolongkan sebagai sistem porositas ganda. ,
satu porositas dikaitkan dengan blok matriks dan yang lainnya mewakili fraktur dan vugs.
Jika fraktur memberikan jalur utama untuk aliran fluida dari reservoir, biasanya minyak dari
blok matriks mengalir ke ruang rekahan, dan fraktur membawa minyak ke sumur bor.Ketika
air bersentuhan dengan zona minyak, air dapat masuk ke dalam blok matriks untuk
menggantikan minyak. Kombinasi aliran besar Naskah asli diterima di kantor Society Of
Petroleum Engineer 13 November 1975. Kertas diterima untuk publikasi 30 Agustus 1976.
Naskah yang telah diedit diterima Oktober S 1976. Paper (SPE 5719) pertama kali
dipresentasikan pada Simposium Keempat SPE-AIME pada Simulasi Numerik Reservoir
Performmce, diadakan di Los Angeles, 19-20 Februari 1976. @Copyright 1976 American
Institute of Mining, Metallurgical. dan Petroleum Engineers, Inc. Makalah ini akan
dimasukkan dalam volume Transaksi tahun 1976, 1976 MARATHON OIL CO LITTLETON,
COLO. tingkat, permeabilitas matriks rendah, dan penyerapan yang lemah dapat
menyebabkan air meraba melalui fraktur ke dalam sumur bor. Begitu meraba air terjadi, rasio
air-minyak bisa meningkat menjadi nilai yang besar. Tidak satu pun dari karya teoretis yang
dipublikasikan pada aliran multiphase dalam sistem retak alami telah diterapkan secara
langsung pada simulasi reservoir secara keseluruhan. Biasanya, hanya sebagian dari reservoir
yang disimulasikan, dan hasilnya diekstrapolasikan ke seluruh reservoir. Untuk
mensimulasikan reservoir secara keseluruhan, kami telah mengembangkan formulasi

Sel grid beda-beda biasanya mengandung satu atau beberapa blok matriks. Warren dan Root mengembangkan model radial satu dimensi untuk tujuan pengujian transien yang baik. sebuah blok matriks membungkus beberapa sel grid perbedaan-batas. walaupun sangat berbeda dalam pendekatan mereka. Persamaan simulator adalah perpanjangan aliran dua fase dari persamaan aliran fase tunggal yang diturunkan oleh Warren dan Root.LATED Sejumlah makalah tentang aliran satu dan dua fasa pada media berpori retak alami (biasanya disebut sebagai sistem dua porositas) telah muncul dalam literatur. Dalam kasus ini. Bagian selanjutnya akan memberikan wawasan untuk meringankan keputusan tersebut. pilihan bijaksana jumlah sel gri finitedifference sehubungan dengan jumlah blok matriks menjadi keputusan teknikal yang penting. dan kedua dengan model permeabilitas relatif sederhana. Dalam kasus ini. kompresibel. Dengan kata lain. namun segregasi gravitasi yang terlalu banyak dari satu sel grid ke yang lain dipertanggungjawabkan.4-6 Dalam aliran dua fase. karya BirkR 7 dan Mattax dan Kyte. semua blok matriks dalam sel grid perbedaan-finite memiliki tekanan dan kejenuhan yang sama. Pemisahan gravitasi dalam blok matriks individu tidak dihitung. Hampir semua pekerjaan dalam aliran fase tunggal telah diarahkan pada aplikasi pengujian sementara. TINJAUAN PUSTAKA P L. fraktur adalah batas blok matriks. 1 Teori ini didasarkan pada asumsi porositas ganda pada setiap titik dengan cara yang fraktur membentuk sebuah kontinum diisi oleh blok matriks noncontinuous. Birks merumuskan mekanisme pemindahan minyak dari blok matriks (baik oleh penggerak air atau gas) terlebih dahulu dengan model kapiler ideal. Barenblatt 9t al. Metode yang diwakili oleh makalah ini hanya membutuhkan aturan slide. Dalam beberapa situasi.matematis dari masalah aliran yang telah diprogramkan sebagai simulator reservoir air tiga dimensi. Untuk memasukkan heterogenitas. redefinisi porositas dan permeabilitas lokal memberi suatu metode untuk mensimulasikan situasi dimana sebagian reservoir retak dan bagian mana yang tidak retak. Dalam aliran fase tunggal. Kemudian. Mattax dan Kyte prihatin dengan pemulihan minyak imbibition dari blok matriks di reservoir water-drive. aproksimasi ini dapat diterima. 2 meletakkan dasar umum perilaku arus dalam sistem dua porositas semacam itu. Mereka mengembangkan teknik prediksi pemulihan minyak berdasarkan pada hubungan semiempiris bahwa te waktu yang dibutuhkan untuk memulihkan fraksi minyak tertentu dari . Oleh karena itu. memberikan cara praktis untuk menghitung pemulihan minyak dari blok matriks. segregasi gravitasi di dalam blok matriks dihitung. Deskripsi di atas menunjukkan kompleksitas situasi yang ditemui seseorang. Kazemi memperluas model Warren dan Root ke situasi yang lebih kompleks dalam dua dimensi. Dalam banyak masalah praktis. Persamaan aliran diselesaikan dengan metode finitedifference.

metode ini tidak cukup ketat untuk aplikasi lapangan dimana geometri reservoir jauh lebih kompleks daripada inti laboratorium. Parsons dan Chaney 15 digunakan Persamaan ini dalam studi efek imbibisi pada batuan karbonat Iffly et al. Fungsi sumbernya dihancurkan dalam hal potensi gradien pada fraktur. simulator numerik multikomponen (komposisional) dikembangkan oleh Yamamoto dkk. Mattax dan Kyte8 mengembangkan persamaan untuk meningkatkan efek imbibisi. pertimbangkan aliran interporositas antara blok matriks yang diberikan dan sekitar fraktur. "Baru-baru ini." Fungsi sumber ini sebenarnya adalah hukum Darcy yang diungkapkan melalui beberapa jalur yang berarti antara pusat blok matriks dan pusat fraktur yang berdekatan. dan perbedaan densitas antara fase cair. 12 Barenblatt menganggap reservoir sebagai dua kontinyu yang tumpang tindih . Pendekatan ini biasanya digunakan untuk studi konseptual yang berlaku dalam percobaan laboratorium umum.11. Model mereka membuat floq dalam fraktur sebagai kondisi batas untuk persamaan aliran pada blok matriks. Braester menggunakan formulasi yang mirip dengan Barenblatt kecuali untuk fungsi sumbernya. dan mengalir di antara blok matriks dan fraktur diperhitungkan dengan "fungsi sumber.satu menjadi matriks dan yang lainnya patah tulang. perbedaan tekanan kapiler antara cairan dalam fraktur dan blok matriks. Misalnya. namun Braester menawarkan solusi foa • perpindahan vertikal satu dimensi di Ref. namun blok matriks . 13 di samping karya eksperimental. semi-implisit untuk menyesuaikan perolehan minyak eksperimental dari blok matriks . Barenblatt tidak memberikan solusinya pada formulasinya. 13-15 telah dipublikasikan pada karya eksperimental tentang aliran di media yang retak. Pekerjaan aliran fraktur multiphase lainnya mencakup karya teoritis Barenblatt 10 dan Braester. Makalah ini terutama berkaitan dengan aspek-aspek imbibisi dari mekanisme aliran dalam matriks lebih banyak daripada dengan "masalah arus otal pada sistem matriks fraktur. Model matematis yang serupa dalam dua dimensi digunakan oleh Kleppe dan Morse 16 untuk mencocokkan eksperimen imbibisi.blok matriks sebanding dengan kuadrat jarak antara fraktur. Selanjutnya. Beberapa makalah8.. Dia kemudian merumuskan aliran dua fasa yang tidak bercampur untuk setiap kontinum dengan menggunakan konservasi prinsip massa. menggunakan model matematis satu dimensi. Il dan solusi serupa untuk perpindahan horizontal satu dimensi di Ref. dua fasa. 12. minyak gas yang sangat khusus. Kami menganggap fraktur membentuk sebuah kontinum.9 Simulator ini menjelaskan perpindahan massa interphase antara minyak dan gas dalam satu blok matriks dan fraktur yang berdekatan. Namun. ALIRAN ALIRAN Perhatikan volume reservoir elemen seperti yang ditunjukkan pada Gambar I.

Dengan asumsi bahwa hukum Darcy berlaku. 2 mengarah pada persamaan yang digunakan dalam simulator: . l ditunjukkan pada Gambar 2. Saya untuk aliran dalam fraktur dan Persamaan 2 untuk aliran dalam blok matriks: Pergantian identitas di atas menjadi Pers. 2 . IDEALISASI ARUS DAN ELEMENTAL VOLUME RESERVOIR YANG MENGANDUNG BLOK MATRIX DALAM RESERVOIR YANG DAPAT DIATUR.RE TREND ARA. keseimbangan massa pada volume unsur menghasilkan Pers. I-SKEMAT DARI VOLUME RESERVOIR ELEMEN ELEMEN DI SEBUAH FRACTURED ALAMI MATRIX BLOCK PRESS(.tidak bersuara. fraktur adalah batas blok matriks. Saya dan substitusi rekan matriksnya menjadi Pers. ARA. seperti yang dipahami oleh Warren dan Root. Sebuah idealisasi dari sistem semacam itu.

pembaca dapat mengenali apriori bahwa. kami membuat beberapa jalan konsep dengan aplikasi ke kuadran lima tempat * Dalam fortnulation beda hingga. UJI SIMULATOR Dua bentuk simulator yang merosot.puma p D / 144. seperti yang dijelaskan pada Lampiran A. . dalam bentuk degenerasi di atas. diuji terhadap simulator fase tunggal dan simulator waterflood dua fasa. Kesepakatan itu cukup memuaskan. CONCEPTUAL CONTOH Untuk menguji simulator. dapat ditunjukkan bahwa untuk kandang tiga dimensi penuh. Sebenarnya. persamaan dan metode solusinya sama dengan yang dipublikasikan untuk simulator reservoir standar. yang memiliki permeabilitas dan porositas matriks nol. (13) oma Pers. Il dan 12 adalah bentuk akhir dari persamaan alir dan digunakan dalam simulator beda hingga.

3 dan 4. jika tidak.25 sampai sw 0. namun kekuatan lain seperti gravitasi dan kekuatan kental juga efektif secara bersamaan. Hal ini diperlukan. pada saat ini. Dengan mengatur efek kapiler sekitar nol dan . WOR tetap tinggal relatif rendah. Di batuan tak terfragmentasi. Menarik untuk dicatat bahwa WOR mencapai sekitar 5 pada 1. karena air imbibition ke dalam matriks dan arus arus berlawanan minyak dari matriks ke dalam fraktur. pola. ekuilibrium statis untuk saturasi dan distribusi tekanan tidak mungkin dilakukan. Permeabilitas relatif dan kurva tekanan kapiler yang digunakan ditunjukkan pada Gambar.200 hari .0 pada 1. Gambar 5 membandingkan WOR dengan batuan yang retak dan tidak terfragmentasi.0 pada 775 hari dan 5. sehingga zona transisi identik pada fraktur dan matriks. terobosan air terjadi sangat dini .200 hari. untuk kuadran sistem lima titik.0. Di batuan yang retak dengan imbibisi. Permeabilitas relatif dalam matriks dibatasi pada kisaran saturasi bergerak dari .dalam waktu sekitar 30 hari. Ini adalah efek imbibisi. Tekanan kapiler matriks umumnya jauh lebih besar dibanding tekanan kapiler fraktur. masing-masing. dengan dan tanpa imbibisi. terobosan air terjadi di sumur produksi sekitar 400 hari. tekanan kapiler pada fraktur menurun dengan cepat dengan saturasi air meningkat.halaman 5 TANPA IMBIBISI DALAM QUADRANT POLA LIMA-SPOT.70. dan reservoir lima sumur yang memiliki kemiringan dan aliran air alami.0 dalam sekitar 530 hari. WOR kemudian meningkat menjadi sekitar 1.hampir sama dengan sistem yang tidak terfragmentasi. kurva melintang dan sistem WOR yang tidak terfragmentasi meningkat pada tingkat yang lebih cepat daripada batuan yang retak dengan imbibisi. Asumsi sifat reservoir dilaporkan pada Tabel l. Titik akhir tekanan kapiler pada fraktur dan matriksnya sama. Ini membentuk perbedaan tekanan dari matriks ke fraktur yang menyebabkan minyak mengalir ke fraktur dan air mengalir ke matriks. Sebenarnya. Perlu dicatat bahwa permeabilitas relatif terhadap minyak dan air dalam fraktur mencakup spektrum kejenuhan penuh dari O sampai I. Namun. QUADRANT OF A FIVE-SPOT MODEL Seperti ditunjukkan pada Gambar 4. mencapai 1.

Halaman 6 STB / D gout = 210 STB / D sehingga menghilangkan imbibisi air.200 hari. saturasi air dalam matriks di simpul injeksi juga mendekati 59 persen dan kejenuhan air pada fraktur hampir 97 persen. air menyalurkan melalui fraktur dari injeksi ke sumur produksi tanpa banyak minyak pulih dari matriks. di sepanjang diagonal kuadran di atas dari pola lima titik untuk kedua matriks dan komponen fraktur reservoir retak dengan imbibisi. Perhatikan bahwa sekitar 1. Gambar 6 menggambarkan distribusi saturasi dengan waktu. WOR di batu retak meningkat sangat cepat mencapai nilai 5. Akibatnya. Pengamatan data waktu menunjukkan bahwa imbibition hampir menghabiskan sendiri. imbibisi masih aktif karena jenuh air yang lebih rendah .0 dalam waktu sekitar 150 hari. Pada node penghasil sumur.

000 STB / D. FIVE-WELL FRACTURED RESERVOIR MODEL Gambar 7 menunjukkan pengaturan simpul untuk reservoir retak lima sumur yang konseptual. Simpul reservoir adalah 500 ft pada masing-masing sisi dan ketebalan reservoir adalah 90 ft Sumur disusun sepanjang garis tengah dalam arah x.BEKERJA DALAM MEMPRODUKSI WELLS UPDIP DARI TITIK AIR-INFLUX DALAM RESERVOIR FRACTURED LIMA. 4. Dalam aplikasi yang terakhir. dan I node pada arah z. Arus konstan dari 2. tapi juga mempertimbangkan gravitasi. Simulator menyumbang imbibisi. Perhatikan bahwa karena ukuran blok matriks. Pendekatan serupa digunakan untuk mensimulasikan tren fraktur: sepanjang tren seperti itu.800 ST B / D air ditugaskan di sepanjang bagian terendah reservoir dari Cell to Cell Setiap node reservoir selanjutnya dibagi menjadi 25 blok matriks . Pada babak kedua kita menetapkan sifat yang tepat untuk fraktur dan matriks. I. dan reservoir dimiringkan pada arah x pada sudut 5 0. Nah 2 tidak pernah diproduksi karena kejenuhan airnya yang tinggi. ada 1. misalkan kita ingin tidak memiliki fraktur dalam satu setengah bidang. Model memiliki 13 node dalam arah x. pintu ditutup dan Sumur dibuka pada tingkat yang sama. saturasi pada matriks tidak berubah secara signifikan. KEMAMPUAN SIMULATOR Berikut ini adalah daftar kemampuan simulator.Halaman 7 diasumsikan. Ini bisa menangani aliran minyak atau air fase tunggal dan aliran dua fasa minyak dan air. Pada babak pertama kita mengatur properti matriks sama dengan nol. kita menggunakan fraktur yang memiliki properticc matriks dan kemudian kita menetapkan sifat matriks sama dengan nol. Gambar 9 menggambarkan distribusi saturasi sepanjang poros tengah reservoir pada arah x untuk matriks dan fraktur. Sifat reservoir ditunjukkan pada Tabel 2. mobilitas relatif. 2. kita menggunakan porositas ganda yang terdiri dari fraktur dan komponen matriks. 3. 8 . KESIMPULAN 1. Sel matriks setebal 90 kaki. Kemudian kita membuat sifat-sifat fraktur sama seperti yang semula kita inginkan sebagai matriks. Simulator juga dapat digunakan sebagai simulator dua fase atau satu untuk pengujian sementara dari reservoir retak. Ini dapat menangani fraktur seragam dan tidak seragam dan / atau tidak ada fraktur sama sekali. 3. '200 4 ARA. Dengan demikian. Simulator numerik tiga dimensi untuk simulasi aliran air . dan 5 diproduksi dengan kecepatan 1. WOR untuk setiap sumur ditunjukkan pada Gambar 8. Sumur 1. 5 node pada arah y. dan variasi sifat reservoir. fraktur dan matriks pada separuh sisanya. pemulihan dan WOR secara substansial berbeda dari hasil yang dilaporkan di atas akan diperoleh.625 blok matriks di reservoir.100 ft pada setiap sisi pada arah x dan y. Ketika Well 1 pergi ke WOR WOR yang tinggi. Di bagian yang tersisa dari lapangan.

Ibm / cu ft = faktor bentuk yang mencerminkan geometri elemen matriks. t / J = didefinisikan oleh Pers. 24. P MM (1960) vol. ft L . Simulator dapat menangani fraktur seragam dan tidak seragam dan tidak ada fraktur sama sekali. md = permeabilitas relatif L = dimensi karakteristik blok matriks. psi cf = tekanan kapiler fraktur. yo. ft L-matriks-blok lebar. H. vol. psi. ft k = permeabilitas absolut.capillary Trans. hari - 3 matriks koefisien transmisivitas untuk ama fase a. . Eng. kompresibilitas RB / STB c. zo) = koordinat sumur produksi atau injeksi . koordinat bbl x koordinat (horisontal).matriks .porositas matriks. Kazemi. 5.matriks.: "Tekanan Analisis Transien PERLENGKAPAN Reservoir yang Terfragmentasi dengan Fraktur Seragam Distribusi. md / cpisq ft (RB / STB) volume pori. Membelai. fraksi = waktu. gaya gravitasi. dan variasi sifat reservoir.2 = viskositas. ft-2 = porositas fraktur. Simulator memperhitungkan mobilitas fluida relatif. PSI . 2. tekanan kapiler psi cma . 5.D = kedalaman diukur dari bidang datum (positif ke bawah). Simulator dapat digunakan untuk mensimulasikan proses perpindahan minyak-air dan dalam pengujian sementara waduk retak. 1969) 451-462. c . 246. psi Ats = perubahan saturasi inkremental dari n ke = koefisien mobilitas fasa a dalam fraktur (fungsi saturasi fasa). fraksi volume batuan curah d) = potensi.DISTRIBUSI JANJI DI LUAR AXIS TENGAH LIMA LEBIH BAIK WADUK 4. fraksi volume batuan curah . Odeh.indeks: (w. O sebaliknya = perubahan potensial tambahan dari n ke n +1.kapiler. saturasi fase negatif produksi dalam fraktur. Persamaan 13 Cairan Homogen di Batu Fissured. AIME. Ini mengendalikan aliran antara matriks dan fraktur. ft X = (x. psi / (lbm / cu ft) 3.fasa pada matriks. ft z = z (vertic al). 3. No. y. imbibisi. 9 . Halaman 8 ARA.. densitas fase cp. koordinat (horisontal). ft jumlah set normal fraktur: atau 3 tekanan. nw).Fraktur 4.: "Perilaku Goyah-Negara dari Indeks I-X-direction . TATA NAMA B = faktor volume formasi. (Des. injeksi positif.dan minyak satu fase dua fase dikembangkan untuk reservoir retak. fraksi saturasi ma . ft L . ST B / D. J. A. md / cp / (RB / STB) 1. w adalah fase pembasahan dan ntv adalah fase menguap Xo) = Dirac • fungsi delta = 1 untuk X = xo. psi q = laju alir. psi tekanan P .blok tinggi. Soc. S . z) = koordinat titik Xo =.matriks-blok panjang.

(Maret Halaman 14 Pers. Soc. harus berguna saat mengambil langkah waktu yang lebih besar. Persamaan. Membelai. J. At wma 'dan t S (tomal + l). dan I adalah bilangan iterasi.node alami yang dipatahkan 1965) 60-66. Metode ini membutuhkan lebih banyak penyimpanan dan membutuhkan beberapa waktu komputasi lebih banyak daripada Metode I." Trans. dan A S (l + l) diganti dalam Pers. di mana adalah vektor kolom dengan komponen A 00+ 1) A st i + l). A-6 sampai A-9 dalam bentuk AN = b.000. Metode 2. bagaimanapun. 234. 'e resolve Eqs. Reservoir. A-8 dan A-C) untuk mendapatkan A t • (wma1 + 1) dan A t S (wmaf + l). menggunakan dan A Kemudian. Metode 3. A-6 dan A-7 untuk dan A SCI + 1). ADIP. l. Kami mengantisipasi penggunaan langkah waktu yang jauh lebih besar dengan Metode 4 dengan biaya sangat kecil. Metode I dapat diperluas menjadi blok SOR dengan menambahkan faktor akselerasi yang tepat.. A adalah matriks koefisien. skema iteratif seperti titik SOR. dan A t S ma oleh eliminasi Gaussian. Untuk mendapatkan solusi. . Metode 2. AIME. atau SIP harus digunakan. b adalah vektor konstan. Metode 4. vol. Bila jumlah node lebih dari 1. 2 sampai konvergensi dicapai dalam toleransi tekanan dan saturasi yang ditentukan. A-6 sampai A-9 dapat dipecahkan secara bersamaan untuk A A S At @ wma.Eng. Iterasi dilakukan untuk I = O.