You are on page 1of 18

BAB V

KEPEMIMPINAN DAN MANAJEMEN
UPAYA KESEHATAN MASYARAKAT

KRITERIA
5.1.2

ELEMEN
DOKUMEN TERKAIT KETERANGAN
PENILAIAN

EP. 1 SK Kepala Puskesmas tentang
Kewajiban Mengikuti Program orientasi
Kerangka Acuan Program Orientasi yang
EP. 2
ditetapkan oleh Kepala Puskesmas
SOP/SPO dan Bukti Pelaksanaan
EP. 3
Orientasi
Hasil Evaluasi dan Tindak Lanjut
EP. 4
terhadap Pelaksanaan Orientasi

.

dan dilakukan upaya untuk mencegah dan/atau meminimalisasi akibat dari risiko yang terjadi. Dalam penyelenggaraan UKM penanggung jawab UKM wajib melakukan fasilitasi pemberdayaan masyarakat dan sasaran. penanggung jawab dan pelaksana dipandu oleh uraian tugas yang jelas yang dikaji secara regular minimal setahun sekali 12. Penanggung jawab dan pelaksana UKM yang baru wajib mengikuti program orientasi 5. Lintas program dan lintas sector terkait harus diidentifikasi untuk tiap UKM dengan kejelasan peran masing-masing . 3. Penanggung jawab UKM wajib melakukan pembinaan dan arahan kepada pelaksana kegiatan UKM 8. Dalam pelaksanaan kegiatan UKM. Penyelenggaraan UKM dilaksanakan sesuai dengan tata nilai yang disepakati dan rencana yang disusun 6. keluhan. sampai dengan mengembangkan kegiatan-kegiatan UKBM 11. Kepala Puskesmas wajib melakukan pembinaan dan arahan kepada tiap-tiap penanggung jawab UKM dalam pelaksanaan kegiatan UKM 7. Pemberdayaan masyarakat dimulai dengan keterlibatan masyarakat dalam menyampaikan kebutuhan. umpan balik. Jika kompetensi belum terpenuhi maka harus dilakukan tindak lanjut untuk memenuhi kompetensi yang dipersyaratkan 4. LAMPIRAN 1. 10. KEPUTUSAN KEPALA UPTD PUSKESMAS DOLOK MERAWAN NOMOR : SK /UKM / 2 / I / 2017 TENTANG : KEBIJAKAN PENGELOLAAN UKM UPTD PUSKESMAS DOLOK MERAWAN Kebijakan Pengelolaan UKM 1. aktif dalam pelaksanaan kegiatan UKM. Penanggung jawab UKM wajib melakukan komunikasi dan koordinasi dengan lintas program dan lintas sector terkait dalam penyelenggaraan UKM 9. Analisis kompetensi wajib dilakukan untuk tiap penanggung jawab. Penanggung jawab UKM harus memenuhi persyaratan kompetensi sebagaimana pada pedoman tiap-tiap UKM. 2. Dalam penyelenggaraan kegiatan UKM harus diidentifikasi risiko yang mungkin terjadi terhadap lingkungan. dan mengupayakan pembangunan berwawasan kesehatan.

 Mengajukan usul. maka harus jelas peraturan. Kepala Puskesmas melakukan monitoring pelaksanaan uraian tugas dari semua penanggung jawab UKM. kebijakan. supervisi langsung. 14. Monitoring kinerja UKM wajib dilakukan oleh penanggung jawab tiap program UKM terhadap pelaksana. 20. oleh Kepala Puskesmas terhadap tiap penanggung jawab UKM. 25. dan pertemuan monitoring kegiatan UKM oleh penanggung jawab UKM. 17. 21. sosialisasi terkaitprogram UKM. Monitoring sebagai wujud akuntabilitas dilakukan dengan cara analisis terhadap laporan kegiatan UKM. dilakukan setiap tiga bulan sekali melalui lokakarya mini. dan monitoring bulanan melalui lakakarya mini bulanan 16. 18. Masing- masing penanggung jawab UKM wajib melakukan monitoring pelaksanaan uraian tugas dari tiap-tiap pelaksana.  Memperoleh informasi mengenai aturan tata nilai dan peraturan yang berlaku tentang program kegiatan UKM. 24. perbaikan atas kegiatan program UKM. Hak dan kewajiban sasaran harus diperhatikan dalam pelaksanaan kegiatan UKM. prosedur yang dijadikan sebagai acuan. supervisi oleh Kepala Puskesmas maupun penanggung jawab UKM. Pelaksanaan uraian tugas wajib dimonitor. pembinaan. saran. 22.  Mendapatkan pelayanan kesehatan masyarakat yang berorientasi promotif dan promotif. Agar pengelolaan dan pelaksanaan UKM puskesmas sesuai dengan tujuan dan pentahapan yang direncanakan.13. . Monitoring dapat dilakukan melalui minilokakarya.  Memperoleh penyuluhan. 19. maupun pertemuan konsultasi. Evaluasi kinerja UKM. Evaluasi kinerja UKM secara periodik dilakukan minimal setiap tiga bulan sekali. Waktu pelaksanaan monitoring uraian tugas dilakukan paling lambat enam bulan sekali. Hak-hak sasaran meliputi :  Memperoleh kejelasan informasi tentang program kegiatan UKM yang akan dilaksanakan di wilayah kerja UPTD Puskesmas Dolok Merawan. tiap semester melalui pertemuan tinjauan manajemen. Monitoring meliputi capaian kinerja dan proses pelaksanaan kegiatan. dan setiap tahun melalui evaluasi kinerja tahunan. Monitoring minimal dilakukan setiap bulan sekali. Akuntabilitas penyelenggaraan UKM dilaksanakan dengan monitoring dan evaluasi kinerja UKM 15.kerangka acuan. 23.

26. adil.  Membawa kartu BPJS dalam setiap kegiatan UKM.  Melaporkan kepada pihak Puskesmas bila ada KLB. .  Mendukung kegiatan tiap-tiap program UKM di wilayah kerja UPTD Puskesmas Dolok Merawan. Kewajiban sasaran meliputi:  Memberi dan membantu menyampaikan informasi yang jujur tentang masalah kesehatan masyarakat yang ada di wilayah kerja UPTD Puskesmas Dolok Merawan. manajemen resiko dan keselamatan masyarakat diperhatikan agar tidak terjadi penularan penyakit di masyarakat. 27. saran dan masukan tentang pelayanan kesehatan masyarakat.  Mendapatkan informasi yang jelas terkait masalah kesehatan masyarakat yang berkembang di wilayahnya. dan tanpa diskriminasi. efektif dan efisien.  Ikut berperan serta aktif dalam kegiatan pelayanan kesehatan masyarakat  Berkonstribusi dalam masalah kesehatan di wilayah kerja UPTD Puskesmas Dolok Merawan. Perilaku dalam penyelenggaraan UKM diatur sebagaimana tertuang dalam peraturan internal dan tata nilai Puskesmas.  Memberikan kritik.  Memperoleh pelayanan kesehatan masyarakat yang manusiawi.  Memperoleh layanan kesehatan yang bermutu. jujur.  Mematuhi nasehat dan petunjuk yang diberikan oleh pelaksana UKM.

Tujuan umum Sebagai acuan bagi penanggung jawab dan pelaksana yang baru ditugaskan agar dapat memahami apa yang menjadi tanggung jawab mereka. LATAR BELAKANG Salah satu upaya sebagai tindak lanjut dan reformasi birokrasi adalah melaksanakan perbaikan layanan publik di unit satuan kerja dinas kesehatan khususnya dipuskesmas sundatar. transparansi. penyediaan landasan bagi karyawan baru agar mulai berungsi secara efektif dan mnyenangkan pada pekerjaan yang baru. KERANGKA ACUAN KERJA PELAKSANAAN ORIENTASI PUSKESMAS DOLOK MERAWAN A. jabatan. Reformasi birokrasi sangat menetukan efisiensi dan kualitas pelayanan kepada masyarakat. kepastiap hukum dan kesetaraan menjadi hal penting dalam menciptakan iklim birokrasi yang sehat. tugas-tugas dan orang-orangnya. Orientasi adalah upaya pelatihan dan pengembangan awal bagi para karyawan baru yang memberi mereka informasi mengenai institusi. keterkaitan dengan UKM Puskesmas yang lain maupun keterkaitan dengan keseluruhan tupoksi puskesmas. Orientasi meliputi pengenalan karyawan baru terhadap puskesmas. akuntabilitas. TUJUAN 1. 2008). Satuan kerja puskesmas sundatar dlaam melakukan perbaikan layanan diawali dengan melakukanprogram orientasi bagi karyawan baru atau bagi pengelola program baru di puskesmas Dolok Merawan. fungsi-fungsi. Perinsip-prinsip good governance seperti: partisipasi. dan kelompok kerja (Mondy. PENDAHULUAN Salah satu faktor dalam mewujudkan pemerintah bersih (clean goverment) dan kepemerintahan yang baik (good governance) adalah melaksanakan reformasi birokrasi. . C. Orientasi adalah aktivitas-aktivitas yang menyangkut pengenalan individu terhadap organisasi. Dalam konteks pembangunan sistem aministrasi negara. B.

Kepala Puskesmas Dolok Merawan b. Petugas kabupaten yang memiliki kompetensi tentang UKM yaitu Wahdini d. Pelaksana program UKM F. Membantu pegawai baru memperoleh sikap dan tingkah laku yang diharapkan c. SASARAN . Pelaksanaan orientasi dan jadwal kegiatan Pelaksanaan terdiri dari: a. PELAKSANAAN 1. KELUARAN YANG DIHARAPKAN Diperoleh karyawan yang mampu bekerja secara optimal di Puskesmas Sundatar sehingga terpenuhinya harapan masyarakat untuk Puskesmas Sundatar yang berkualitas dan profesional. Mendampingi dan membantu karyawan mempelajari nilai dan norma. Mendorong terbentuknya sikap positif D. budaya dan harapan puskesmas b. Tujuan Khusus a. Waktu pelaksanaan : minimal Selama 6 hari. Persiapan-persiapan orientasi oleh TIM teknis Puskesmas Dolok Merawan b. Kepala bagian tata usaha c. Lokasi pelaksanaan : Puskesmas Dolok Merawan 2. maksimal 12 hari 5. pegawai baru di Puskesmas Dolok Merawan Dengan persiapan sebagai berikut : a. Sasaran : penanggung jawab baru. E. 2. Konsultasi ke dinas kesehatan tentang program dan pelayanan puskesmas c. Hari pelaksanaan : Senin s/d Sabtu 4. Orientasi dilaksanakan : Pada hari kerja 3. Membantu karyawan menyesuakan diri pada kelompok dan norma yang berlaku d.

Penaggung jawab baru dan pegawai baru Puskesmas Dolok Merawan G. Orientasi lapangan H. format laporan hasil kegiatan. a. Ceramah 2. I. EVALUASI Daftar hadir. PEMBIAYAAN Program orientasi ini dibiayai operasional Puskesmas Dolok Merawan. METODE 1. Tanya jawab 3. format post test. rencana tindak lanjut dan bukti-bukti pembayaran serta bukti foto kegiatan. .

197304292005022001 1. Langkah.  Kepala Puskesmas minta pendapat penanggung jawab/ pelaksana program lama siapa yang pantas menduduki penanggung jawab/ pelaksana program pengganti. Dokumen : SOP/UKM/7/I/2017 No. 4.  Kepala Puskesmas.  Kepala Puskesmas memerintahkan kepada penanggung jawab/pelaksana program baru untuk melakukan orientasi sebagai .Lidya Triayuni Dolok Merawan NIP. 3. Referensi Instrumen Survei Akreditasi Puskesmas tahun 2016 http://gratisreferensi.co. keterkaitan dengan UKM Puskesmas yang lain maupun keterkaitan dengan keseluruhan tupoksi puskesmas. Revisi : 00 Tanggal SOP : 14 Januari 2017 Terbit Halaman :1/2 UPTD Kepala Puskesmas Puskesmas Drg. Pelaksanaan Orientasi No.SK/UKM/2/1/2017 tentang Kebijakan Pengelolaan UKM UPTD Puskesmas Dolok Merawan.blogspot. Tujuan Sebagai acuan bagi penanggung jawab dan pelaksana yang baru ditugaskan dan Pegawai baru agar dapat memahami apa yang menjadi tanggung jawab mereka. 2.html 5. Kebijakan Surat Keputusan Kepala Puskesmas No.  Kepala Puskesmas mendapat informasi bahwa penanggung jawab/ langkah pelaksana program akan pindah/ mutasi/ pensiun.id/2016/10/referensi-gratis-kak- orientasi-pj-dan.  Kepala Puskesmas mengumumkan penanggung jawab/pelaksana program baru. penanggung jawab/ pelaksana program lama dan lintas program mengadakan pertemuan untuk menentukan siapa pengganti penanggung jawab/pelaksana baru. Pengertian Adalah kegiatan pengenalan dan pembekalan program serta pendampingan yang dilaksanakan oleh Kepala Puskesmas kepada penanggung jawab dan pelaksana program baru agar dapat menyesuaikan diri dengan tata nilai dan budaya kerja Puskesmas.

Penanggung jawab Program 3.  Kepala Puskesmas ikut menandatangani berita acara serah terima.  Apabila pelaksanaan sudah cukup memahami. 6.  Apabila masih dirasakan belum efektif maka orientasi diperpanjang dengan menambah hari.  Penanggung jawab/ pelaksana program baru melakukan kegiatan sesuai dengan kegiatan penanggung jawab/ pelaksana program lama.  Penanggung jawab/ pelaksana baru menyerahkan laporan orientasi kepada kepala Puskesmas. Unit Terkait 1.  Penanggung jawab/ pelaksana program lama maupun penanggung jawab/ pelaksana program baru menandatangani serah terima. Petugas Puskesmas lainnya 7. Rekaman Historis Tanggal Mulai Perubahan No Yang Diubah Isi Perubahan Dilakukan .  Kepala Puskesmas dibantu koordinator administrasi dan manajemen membuat surat keputusan (SK) penanggung jawab/ pelaksana baru. Jika ada pegawai baru maka yang bersangkutan di orientasi berdasarkan waktu yang sudah ditetapkan dan diberi tanggung jawab sesuai dengan kebutuhan puskesmas. penanggung jawab/pelaksana program sebelum penanggung jawab/pelaksana program lama meninggalkan tugas. penanggung jawab/ pelaksana menyusun laporan orientasi dengan bimbingan penanggung jawab/ pelaksana lama.  Penanggung jawab/ pelaksana baru melakukan orientasi beberapa hari dengan menanyakan dan minta bimbingan penanggung jawab/ pelaksana lama. Kepala Puskesmas 2.  Kepala Puskesmas memerintahkan penanggung jawab/ pelaksana program baru dan lama untuk melakukan serah terima tugas secara resmi.

dan teknis pelaksanaan kegiatan  Pembahasan penyusunan RUK dan RPK  Informasi kegiatan kegiatan UKM .UKM kepada pelaksana tentang tujuan. UPTD Pusk. Penutup 2. Pembukaan b. NOTULEN RAPAT UPAYA KESEHATAN MASYARAKAT Tempat penyelenggaraan : Aula Puskesmas Dolok Merawan Waktu hari. Agenda rapat: a. pembahasan pertemuan yang lalu: - 4. Pembukaan: Rapat dibuka oleh Kepala Puskesmas 3. tahapan.Pusk.00 WIB Pimpinan rapat : Kepala UPTD Puskesmas Dolok Merawan Peserta rapat : Seluruh Staf Puskesmas Dolok Merawan 1. Penyampaian Materi d. jam : Sabtu. kata Sambutan dari Ka. Diskusi dan Tanya jawab e. 09.tanggal. Pembahasan rapat hari ini:  Expose bidan desa dan penananggung jawab program tentang capaian kinerja bulanan  Pembinaan dan pengarahan PJ. Ishoma f. 25 Februari 2017.Dolok Merawan c.

DAFTAR HADIR TERLAMPIR . Kewajiban mengikuti orientasi  Persyaratan kompetensi Penanggung jawab program UKM Notulen UKM Esti Widowati UNDANGAN.

.

BUKTI Kegiatan Orientasi Penanggung Jawab Dan Pelaksana Yang Baru Di Tugaskan Puskesmas Dolok Merawan Kabupaten Serdang Bedagai No Uraian Keterangan Nama Yang Melaksanakan 1 Orientasi : Rina Eliana Damanik 2 NIP :198507132010012042 3 Pangkat Dan Golongan : Nutrisionis/ III A 4 Pendidikan : D III Gizi 5 Program Upaya Yang Lama : Petugas Gizi 6 Program Upaya Yang Baru : Ketua Pokja UKM Cara Pelaksanaan Orientasi No Unit Lokasi/Program Orientasi Pj Hasil Orientasi Dokumen Yang Tanggal Kegiatan Yang Dipelajari Ditemui Wawancara & Memahami Target dan cara pencapaian indikator program 1 Imunisasi 23/03/2017 observasi laporan bulanan Esti imunisasi Wawancara & Pntlksnaan 2 P2P 24/03/2017 observasi campak Laili Memahami pentlksanaan jika ada kasus campak Wawancara & 25/03/2017 observasi Posbindu PTM Laili Memlahami langkah-langkah dalam posbindu 3 Kesehatan Lingkungan 27/03/2017 Wawancara Indikator Program Lidya Memahami apa saja indikator program kesling 4 Promkes 29/03/2017 Wawancara Indikator Program Intan Memahami indikator dan kegiatan promkes .

April Diketahui 2017 Kepala Puskesmas Dolok Yang Melaksanakan Merawan Orientasi (Rina Eliana (drg. Lidya Triayuni ) Damanik) NIP : 197304292005022001 NIP : 198507132010012042 .5 UKS 30/03/2017 Wawancara Indikator Program Renata Memahami indikator dan kegiatan UKS 6 PKPR 31/03/2017 Wawancara Kegiatan program Riama mengetahui yang dilaksanakan dalam program PKPR Wawancara & Laporan bulanan Memahami Target dan cara pencapaian indikator program 7 KIA & KB 01/04/2017 observasi ibu Lusna ibu Wawancara & Laporan bulanan Memahami Target dan cara pencapaian indikator program 8 KIA & KB 03/04/2017 observasi anak Riama anak Wawancara & Laporan bulanan Memahami Target dan cara pencapaian indikator program 9 KIA & KB 04/04/2017 observasi KB Susi R KB Dolok Merawan.

Evaluasi Dan Rencana Tindak Lanjut Terhadap Pelaksanaan Orientasi Puskesmas Dolok Merawan Kabupaten Serdang Bedagai Tanggal Pelaksanaan : 5 April 2017 Hasil Yang Diharapkan Memahami Memahami Memahami Memahami Indikator N Pelaksanaa Mengevaluas Perencanaa Waktu Unit Orientasi Dan Target Jlh Kesenjangan Rencana Tindak Lanjut o n Pelayanan i Pelayanan n Pelayanan Pelaksanaan Pelayanan Program Program Program Program Ya Tdk Ya Tdk Ya Tdk Ya Tdk 1 Imunisasi √ √ √ √ 2/4 x 100 = 50% orientasi kembali Minggu I Mei 2 P2P √ √ √ √ 2/4 x 100 = 50% orientasi kembali Minggu I Mei 3 Kesling √ √ √ √ 2/4 x 100 = 50% orientasi kembali Minggu I Mei 4 Promkes √ √ √ √ 2/4 x 100 = 50% orientasi kembali Minggu I Mei 5 UKS √ √ √ √ 2/4 x 100 = 50% orientasi kembali Minggu I Mei 6 PKPR √ √ √ √ 2/4 x 100 = 50% orientasi kembali Minggu I Mei 7 program Ibu √ √ √ √ 2/4 x 100 = 50% orientasi kembali Minggu I Mei 8 Program anak √ √ √ √ 2/4 x 100 = 50% orientasi kembali Minggu I Mei 9 Program KB √ √ √ √ 2/4 x 100 = 50% orientasi kembali Minggu I Mei .

Kepala Puskesmas Dolok Merawan (drg. Lidya Triayuni ) NIP : 197304292005022001 .