You are on page 1of 12

BAB V

KEPEMIMPINAN DAN MANAJEMEN
UPAYA KESEHATAN MASYARAKAT

KRITERIA
5.1.3

ELEMEN
DOKUMEN TERKAIT KETERANGAN
PENILAIAN
Tujuan, sasaran, tata nilai UKM Puskesmas
EP. 1 yang dituangkan dalam kerangka acuan
program kegiatan UKM
Bukti pelaksanaan komunikasi tujuan,
EP. 2
sasaran, lintas program, dan lintas sektoral
Hasil evaluasi dan tindak lanjut terhadap
EP. 3
sosialisasi tujuan, sasaran, dan tata nilai

penanggungjawab upaya kesehatan masyarakat pelaksana upaya kesehatan masyarakat dengan memperhatikan tata nilai budaya yang berlaku di masyarakat. Adanya kejelasan tujuan upaya gizi yaitu untuk peningkatan gizi keluarga dan masyarakat. Adanya kejelasan tujuan upaya kesehatan lingkungan yaitu terwujudnya lingkungan yang sehat agar dapat melindungi masyarakat dari segala kemungkinan resiko kejadian yang dapat menimbulkan gangguan dan bahaya kesehatan menuju derajat kesehatan keluarga dan masyarakat yang lebih baik. serta berperan aktif dalam mewujudkan derajat kesehatan yang optimal. b. LATAR BELAKANG Dalam rangka pelaksanaan kegiatan upaya kesehatan masyarakat yang sesuai dengan pedoman dan memenuhi kebutuhan dan harapan sasaran upaya kesehatan masyarakat perlu adanya penetapan tujuan upaya kesehatan masyarakat yang mengacu kepada pedoman yang ada dan perlu disepakati bersama oleh Kepala Puskesmas Dolok Merawan. Tujuan Umum Adanya kejelasan tujuan. PENDAHULUAN Penetapan tujuan dan tata nilai dalam pelaksanaan upaya kesehatan masyarakat oleh Kepala Puskesmas Dolok Merawan dan penanggungjawab upaya kesehatan masyarakat yang dikomunikasikan kepada semua pihak yang terkait dan kepada sasaran. TUJUAN 1. . SASARAN DAN TATA NILAI UPAYA KESEHATAN MASYARAKAT A. B. Adanya kejelasan tujuan upaya promosi kesehatan yaitu tercapainya perubahan perilaku individu. c. d. keluarga dan masyarakat dalam membina dan memelihara perilaku sehat. 2. Adanya kejelasan tujuan upaya kesehatan ibu dan anak meningkatkan derajat kesehatan ibu dan anak dalam rangka menurunkan angka kematian ibu dan anak. Tujuan Khusus a. dan tata nilai upaya kesehatan masyarakat yang ditetapkan oleh Kepala Puskesmas Dolok Merawan. sasaran. C. KERANGKA ACUAN TUJUAN.

Lintas sektor dan lintas program . sasaran. Penyusunan tujuan. c. Melaksanakan evaluasi penyampaian informasi tentang tujuan. j. f. Masyarakat 3. Sosialisasi b. Koordinasi dengan lintas upaya dan lintas sektor dalam pelaksanaan kegiatan F. KEGIATAN POKOK DAN RINCIAN KEGIATAN a. Adanya kejelasan tujuan upaya pearawatan kesehatan masyarakat yaitu melaksanakan pembinaan keluarga dan kelompok-kelompok khusus serta memberikan pelayanan perawatan. sasaran lintas program dan lintas sektor terkait d. g. sasaran. sasaran dan tata nilai E. Adanya kejelasan tujuan upaya kesehatan jiwa yaitu untuk melatih dan kemampuan pemenuhan sehari-hari. h. Adanya kejelasan tujuan upaya batra yaitu meningkatkan kemampuan masyarakat untuk memanfaatkan toga sebagai alternatif kesehatan. CARA MELAKSANAKAN KEGIATAN a. Adanya kejelasan tujuan penanggulangan penyakit yaitu untuk melakukan penanggulangan penyakit baik menular maupun tidak menular untuk menghindari kejadian luar biasa menuju peningkatan derajat kesehatan masyarakat. D. dan tata nilai upaya kesehatan masyarakat oleh Kepala Puskesmas Dolok Merawan. SASARAN 1. e. dan tata nilai upaya kesehatan masyarakat b. dan tata nilai kepada pelaksana. Pelaksana upaya kesehatan masyarakat 2. Adanya kejelasan tujuan upaya kesehatan lansia yaitu untuk menjaga kesehatan para lansia i. Diskusi dengan kelompok masyarakat c. Menginformasikan tentang tujuan. Adanya kejelasan tujuan upaya kesehatan gigi dan mulut yaitu untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut masyarakat serta mengurangi kejadian karies gigi. Pembinaan dan monitoring kegiatan d. sasaran. Penetapan tujuan.

Kepala Puskesmas Dolok Merawan Drg. JADWAL PELAKSANAAN KEGIATAN Awal tahun I. triwulan.Lidya Triayuni Nip. bulanan. EVALUASI PELAKSANAAN KEGIATAN DAN PELAPORAN 1. Evaluasi pelaksanaan kegiatan dilaksanakan secara periodik (mingguan. semester.G. 197304292005022001 . tahunan) dan insidentil sesuai kebutuhan serta berkesinambungan 2. Pelaporan dibuat setelah kegiatan selesai dilaksanakan dan laporan ditujukan kepada Kepala Puskesmas J. Pelaksana kegiatan adalah Penanggung jawab upaya kesehatan masyarakat 3. PENCATATAN PELAPORAN DAN EVALUASI KEGIATAN Pencatatan dibuat dalam bentuk laporan tertulis dan harus diserahkan dalam kurun waktu 1 bulan setelah kegiatan selesai. TATA NILAI H : Handal A : Akuntable T : Tulus I : Integritas K : Kerjasama dan saling menghargai U : Unggul H.

20993 Email : puskesdolokmerawan@ymail. PEMERINTAH KABUPATEN SERDANG BEDAGAI DINAS KESEHATAN PUSKESMAS DOLOK MERAWAN KECAMATAN DOLOK MERAWAN Dusun II Desa Dolok Merawan.00 s/d Selesai Acara : Lokakarya Mini Puskesmas Tempat : Aula Puskesmas Demikianlah surat undangan ini kami buat.Lidya Triayuni Nip. Dolok Merawan. Kepala Puskesmas Dolok Merawan Drg.com No : Lampiran : - Hal : Undangan Kepada Yth:……… Di Tempat Dengan Hormat. Dalam rangka meningkatkan derajat kesehatan masyarakat di wilayah kerja puskesmas dan untuk meningkatkan mutu pelayanan di puskesmas Dolok Merawan maka kami undang bapak / ibu untuk hadir pada : Hari/ tanggal : Pukul : 09. atas perhatian bapak/ibu kami ucapkan terimakasih. 197304292005022001 LAPORAN RAPAT Kepada Yth : Pimpinan Puskesmas Dolok Merawan .

budaya dalam pelaksanaan UKM 6) Kewajiban penanggung jawab UKM Puskesmas dan Pelaksana untuk memfasilitasi peran serta masyarakat 7) Mekanisme komunikasi dan koordinasi program 8) Pengelolaan dan pelaksanaan koordinasi 9) Panduan pengendalian dokumen 10) Monitoring pengelolaan dan pelaksanaan UKM Puskesmas 11) Persyaratan kompetensi penanggung jawab UKM Puskesmas 12) Penetapan penanggung jawab UKM 13) Kewajiban mengikuti program orientasi . metode.Tanya jawab . Penyampaian informasi kepada lintas program . Penyampaian informasi kegiatan-kegiatan UKM . Sosialisasi SK oleh Kapus Tentang: 1) Indikator dan target pencapaian kinerja UKM 2) Pemegang program dan penanggung jawab UKM 3) Evaluasi kinerja UKM 4) Hak dan Kewajiaban Sasaran 5) Aturan.Istirahat . Penyusunan KAK. SOP pelaksanaan orientasi.Pembacaan Doa . SOP mekanisme komunikasi dan koordinasi program . Peserta : Seluruh Staf Puskesmas Dolok Merawan Hasil kegiatan antara lain : Telah dilakukan Kegiatan Lokakarya Mini di Puskesmas Dolok Merawan Pada tanggal dengan hasil sebagai berikut : . Penyusunan SOP identifikasi kebutuhan dan harapan masyarakat. Ekspose bidan desa dan pemegang program tentang pencapaian program bulanan . analisis kebutuhan masyarakat. Penyusunan RUK dan RPK . tata nilai.penutup Pimpinan Rapat : Kepala Puskesmas Dolok Merawan.pembukaan .Penyampaian materi . instumen.Acara : Lokakarya Mini Puskesmas Dolok Merawan Tembusan :- Tanggal/Tempat : / Puskesmas Dolok Merawan Materi/Agenda rapat : . .Kata sambutan dari ka Puskesmas Dolok Merawan .

Pendistribuasian uraian tugas masing-masing program Dolok Merawan .. Resi susanti Nip. 1967011171991032000 .

Dolok Merawan. Kepala puskesmas Dolok Merawan Drg.com No : Lampiran : - Hal : Undangan Kepada Yth:……… Di Tempat Dengan Hormat. Dalam rangka meningkatkan derajat kesehatan masyarakat dan untuk meningkatkan mutu pelayanan di puskesmas Dolok Merawan maka kami undang bapak / ibu untuk hadir pada : Hari/ tanggal : Pukul : 09.197304292005022001 . atas perhatian bapak/ibu kami ucapkan terimakasih.Lidya Triayuni Nip.00 s/d Selesai Acara : Lokakarya Mini Lintas Sektor Tempat : Puskesmas Dolok Merawan Demikianlah surat undangan ini kami buat. 20993 Email : puskesdolokmerawan@ymail. PEMERINTAH KABUPATEN SERDANG BEDAGAI DINAS KESEHATAN PUSKESMAS DOLOK MERAWAN KECAMATAN DOLOK MERAWAN Dusun II Desa Dolok Merawan.

Tata Nilai HATIKU  HANDAL ( CAKAP DAN PROFESIONAL )  Melayani dengan cepat dan tepat. berinisiatif dan selalu menjaga hubungan baik dengan pelanggan dengan sesama petugas serta menciptakan suasana aman. TUJUAN Pedoman UKM bertujuan untuk menjadi acuan bagi seluruh aktifitas pelayanan upaya kesehatan masyarkat yang dilaksanakan di Puskesmas Dolok Merawan. nyaman dan sejahtera bagi petugas sehingga tercipta suasana yang harmonis  UNGGUL ( BERMENTAL JUARA ) Selalu ada inovatif.  AKUNTABLE ( BERTANGGUNG JAWAB ) Kerja sesuai SOP. 2. TUJUAN. tulis yang dikerjakan dan kerjakan yang ditulis. DAN TATA NILAI UKM PUKSESMAS DOLOK MERAWAN 1. . SASARAN. bersedia melayani kapan saja dibutuhkan.  TULUS( IKHLAS MELAYANI ) Senyum dan sapa dalam melayani pasien/masyarakat  INTEGRITAS ( PRIBADI JUJUR ) Jujur dalam menyampaikan informasi kepada pelanggan. sehingga pada akhirnya pelayanan upaya kesehatan masyarakat dapat mendukung pencapaian kinerja berdasarkan indikator yang telah ditetapkan. selalu ada ide untuk mencari jalan keluar disaat ada masalah dan kendala. jujur dalam menyampaikan informasi ke sesama petugas  KERJASAMA DAN SALING MENGHARGAI Sama – sama bekerja dan tidak ada yang berdiam diri. SASARAN Seluruh masyarakat di wilayah kerja Puskesmas Dolok Merawan 3.

SASARAN DAN TATA NILAI NO LINTAS SEKTOR Evalusi TINDAK LANJUT 1. KCD. Kepala Sekolah dan Memahami apa yang sudah Melaksanakan dan siap Guru disosialisasikan dari pres test post membantu Puskesmas sesuai test. Camat dan para staf Memahami apa yang sudah Melaksanakan dan siap disosialisasikan dari pre test dan membantu Puskesmas sesuai post tes dengan apa yang sudah menjadi komitmen bersama 2. Kepala Desa. dengan apa yang sudah menjadi komitmen bersama 3.197304292005022001 . TINDAK LANJUT TERHADAP SOSIALISASI TUJUAN. dengan apa yang sudah menjadi komitmen bersama Mengetahui Kepala Puskesmas Dolok Merawan Drg. Perangkat Memahami apa yang sudah Melaksanakan dan siap Desa /Toma dan kader disosialisasikan dari pres test dan membantu Puskesmas sesuai post test.lidya Triayuni Nip .

imunisasi ) sudah menjadi komitmen bersama 4. P2P ( termasuk TB. surveilance.NO LINTAS PROGRAM Evalusi TINDAK LANJUT UKM Essensial 1. Kesling Memahami apa yang sudah Melaksanakan tugas dengan disosialisasikan sebaik-baiknya sesuai dengan tanggung jawab dan apa yang sudah menjadi komitmen bersama 3. Kusta dan tanggung jawab dan apa yang rabies. PTM. Gizi Memahami apa yang sudah Melaksanakan tugas dengan disosialisasikan sebaik-baiknya sesuai dengan tanggung jawab dan apa yang sudah menjadi komitmen bersama . ISPA dan Memahami apa yang sudah Melaksanakan tugas dengan Diare. Promkes Memahami apa yang sudah Melaksanakan tugas dengan UKS disosialisasikan sebaik-baiknya sesuai dengan tanggung jawab dan apa yang sudah menjadi komitmen bersama 2. Malaria dan disosialisasikan sebaik-baiknya sesuai dengan DBD.

Kesehatan Lansia Memahami apa yang sudah Melaksanakan tugas dengan disosialisasikan sebaik-baiknya sesuai dengan tanngung jawab dan apa yang sudah menjadi komitmen bersama . Kesehatan Gigi masyarakat Memahami apa yang sudah Melaksanakan tugas dengan disosialisasikan sebaik-baiknya sesuai dengan tanngung jawab dan apa yang sudah menjadi komitmen bersama 3. Kesehatan jiwa Memahami apa yang sudah Melaksanakan tugas dengan disosialisasikan sebaik-baiknya sesuai dengan tupoksi dan apa yang sudah menjadi komitmen bersama 2. KIA Memahami apa yang sudah Melaksanakan tugas dengan disosialisasikan sebaik-baiknya sesuai dengan tanggung jawab dan apa yang sudah menjadi komitmen bersama UKM Pengembangan 1.5. Batra Memahami apa yang sudah Melaksanakan tugas dengan disosialisasikan sebaik-baiknya sesuai dengan tanngung jawab dan apa yang sudah menjadi komitmen bersama 4.