You are on page 1of 6

UJIAN TENGAH SEMESTER

MATA KULIAH METODOLOGI PENELITIAN

(TAKE HOME)

TULISKAN JUDUL PENELITIAN ANDA

1. Buatlah rumusan masalah pada penelitian anda!

Bagaimanakah Gambaran Perilaku Caring Perawat Terhadap Penerapan Standar

Keselamatan Pasien di Ruang CVE RSUD Kota Bogor Tahun 2017?

2. Sebutkan komponen dan literatur review pada penelitian anda

Literatur Review/Studi Pustaka

A. Konsep Dasar Caring

B. Perilaku Caring Perawat

1. Perilaku Caring perawat menurut Watson

2. Perilaku Caring Perawat Menurut Swanson

3. Perilaku Caring Perawat Menurut Potter dan Perry

C. Klasifikasi Perilaku Caring Perawat

1. Perilaku afektif Caring Perawat

2. Perilaku Instrumental Caring Perawat

D. Faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku caring perawat

1. Beban Kerja Perawat

2. Lingkungan Kerja

3. Pengetahuan Dan Pelatihan

E. Keselamatan Pasien

Perilaku Instrumental Caring Perawat 4. Perilaku Caring Afektif Rendah 2. Kerangka Teori Klasifikasi Perilaku Caring Perawat: 1. Perilaku Caring Instrumental . Kerangka Konsep Variabel Independen : Perilaku Caring Perawat Tinggi 1.3. Perilaku afektif Caring Perawat Keselamatan Pasien 2.

gkan oleh skala yang Rendah hormat. 5. 4= sangat Caring pemeliharaan (1988) setuju Tinggi kesehatan. dengan Dengan asuhan t skor nilai pengelomp keperawatan Tools 1-4: okan: seperti (CBA) Untuk 45 – 112 = memberi yang pernyataan Perilaku rasa nyaman. dan 3= setuju memberi diterjema 2= tidak . Harrison.180 = peduli. Cronin digunakan 113. dikemban favourable Caring perhatian. dan adalah : Perilaku terampil. Buatlah Definisi Operasional Pada Penelitian Anda! Definisi Operasional Gambaran Dukungan Keluarga Tentang Self Care (Perawatan Diri) Terhadap Anggota Keluarga Yang Menderita Stroke di Ruang CVE RSUD Kota Bogor Tahun 2016 No Variabel Definisi Alat Cara Ukur Hasil Ukur Skala Oprasional Ukur Ukur 1 Perilaku Perilaku yang Modifika Cara ukur Total skor Ordinal caring ditunjukan si Caring dengan responden perawat oleh Behaviou menggunakan antara 45- perawat saat r skala 180 memberikan Assesmen likert.

favourable . dorongan. 4= sangat pasien. asi oleh tidak setuju mendukung. dari 45 1= sangat memenuhi pernyataa setuju kebutuhan n tentang 2= setuju pasien. tidak setuju 2 Perilaku Perilaku yang 23 item Cara ukur Total skor Ordinal Afektif ditunjukan pernyataan dengan 23– 92 oleh dalam menggunakan Dengan perawat yang kuesioner skala pengelompok mencerminkan modifikasi likert. perilaku 3= tidak serta caring setuju mengunjungi perawat. dimodifik 1= sangat kehadiran. Suryani Untuk memberi (2010). hkan dan setuju melindungi. pernyataan sentuhan Yang unfavourable dan siap terdiri : membantu. dengan an: nilai nilai CBA skor nilai 23 – 57 = caring seperti 1-4: Rendah menghargai Untuk 58 – 92 = nilai pernyataan Tinggi kemanusiaan.

skala yang empati. digunakan hubungan adalah : saling 4= sangat percaya. hormat. dengan an: perawat CBA skor nilai 22 –55 = secara kognitif 1-4: Rendah . dan setuju membantu 3= setuju 2= tidak setuju 1= sangat tidak setuju Untuk pernyataan unfavourable : 1= sangat setuju 2= setuju 3= tidak setuju 4= sangat tidak setuju 3 Perilaku Perilaku yang 23 item Cara ukur Total skor 22 Ordinal Instrumental menunjukan pernyataan dengan –88 keterampilan dalam menggunakan Dengan dan kuesioner skala pengelompok kemampuan modifikasi likert.

dan Untuk 56 –88 = psikomotor pernyataan Tinggi favourable skala yang digunakan adalah : 4= sangat setuju 3= setuju 2= tidak setuju 1= sangat tidak setuju Untuk pernyataan unfavourable : 1= sangat setuju 2= setuju 3= tidak setuju 4= sangat tidak setuju .