You are on page 1of 10

PERUSAHAAN ANJAK PIUTANG

DISUSUN :

LAODE RIDWAN ARISANDY

MUIH. SULFIKAR ANAS A.

HAERIL

OKTAVIANA

NITA SAFITRI

SEKOLAH TINGGI ILMU EKONOMI ENAM-ENAM

KOTA KENDARI

2018

KATA PENGANTAR Assalamualaikum Wr. Kami menerima dengan lapang dada kritikan maupun saran yang sifatnya membangun dari pembaca agar penulis dapat membenahi diri. begitu juga halnya dengan kami. baik dari segi penulisan maupun isi.Wb Puji syukur kami panjatkan kehadirat Allah SWT karena berkat rahmat dan karunia-Nya jualah kami dapat menyelesaikan makalah ini guna memenuhi tugas Bank dan Lembaga Keuangan Lainnya dengan judul “Perusahaan Anjak Piutang” dengan waktu yang agak telat. Wassalamu'alaikum Wr. Sebagai manusia biasa yang tidak pernah luput dari kesalahan. Kami menyadari bahwa masih banyak kekurangan dalam penyusunan makalah ini. 1 January 2018 Penulis . Terimakasih. Kami berharap dengan disusunya makalah ini dapat membantu dalam proses belajar maupun mengajar serta dapat bermanfaat bagi pembaca. Walaupun demikian.Wb Kendari.

Rumusan Masalah 1.Kedua. penekanan anjak piutang adalah pada nilai piutang. Ada tiga perbedaan antara anjak piutang dan pinjaman bank. Pelaku Anjak Piutang 5. Untuk menanggulangi masalah piutang macet dan administrasi kredit yang semrawut dapat diserahkan kepada perusahaan yang sanggup untuk melakukannya. LATAR BELAKANG Anjak piutang adalah suatu transaksi keuangan sewaktu suatu perusahaan menjual piutangnya (misalnya tagihan) dengan memberikan suatu diskon. Banyaknya kredit yang macet akan mengakibatkan terganggunya perputaran barang dan perputaran keuangan. hambatan utama yang dapat menjadi ancaman adalah banyaknya penjualan kredit yang tidak dapat tertagih alias macet. Keuntungan Anjak Piutang . Jenis-jenis Anjak Piutang 6.: Pertama. B. Kegiatan Anjak Piutang 3. tidak mungkin kerugian yang lebih besar tidak dapat dihindari lagi. Bagi perusahaan yang bergerak dalam bidang perdagangan atau penjualan. Apalagi masalah piutang macet tidak dapat segera ditangani secara serius. Pengertian Anjak Piutang 2. anjak piutang bukanlah suatu pinjaman.Terakhir. Permodalan Anjak Piutang 4. bukan kelayakan kredit perusahaan. yaitu perusahaan anjak piuatang yang memang kegiatan utamanya adalah bergerak dibidang penagihan piutang.apa lagi jika sampai kredit tersebut tidak mamou lagi dibayar oleh nasabahnya. pinjaman bank melibatkan dua pihak. BAB I PENDAHULUAN A. melainkan pembelian suatu aset (piutang). sedangkan anjak piutang melibatkan tiga pihak.

Pertamanya memank sangat sederhana. yaitu sebagai berikut:  Helles overseas corporation (heller group). Pada abad ke-17 industri inggris mengalami kemajuan yang luar biasa yang memerlukan banyak bahan baku untuk memenuhi kebutuhan industrinya. sedangkan perusahaan yang lain merupakan multi finance dengan salah satu bidang usahanya adalah anjak piutang. selandia baru afrika selatan. dalam group tidak dikenal adanya induk perusahaan. setiap anggota bebas satu sama lain tanpa adanya kaitan permodalan. Ketiga group ini memiliki anggota yang tersebar diseluruh dunia. pertama kali digunakan di Mesopotamia. dalam group ini berperan sebagai induk perusahaan dari mayoritas angotanya dan bermarkas di Chicago.  Factors chain intenationa (FCI). dimasa perusahaan factoring sangat membantu para pedagangdari Plymouth yang memerlukan berbagai barang yang penting dari inggris. Usaha anjak piutang di Indonesia relative muda usianya. Group ini dapat menerima lebih dari satu anggota dari setiap Negara. Pada masa kekuasaan romawi warga roma yang kaya memperkerjakan orang-orang untuk mengurus rekening-rekeningnya sehingga mereka dapat bebas melakukan kegiatan-kegiatanya. Usaha ini kemudian berkembang mulai dari amerika utara kemudian kebagian amerika yang lain lalu berkembang di eropa dan ahirnya keseluruh dunia. bermarkas diamsterdam. Sejak tahun 1988. asean (termasuk indonesia). berawal dari keputusan RI nomor 61 tahun 1988 tentag lembaga pembiayaan. dalam group nii hampir sama dengan IFG yakni tanpa kaitan permodalan antara sesame anggotanya. hal ini sebagai awal terbentuknya factoring. BAB II PEMBAHASAN SEJARAH ANJAK PIUTANG Factoring sudah dikenal sejak 2000 tahun lalu. baru sedikit lembaga pembiayaan yang bergerak dibisnis ini. korea selatan. yaitu Negara seperti eropa barat.  Internasional factor group (IFG). Pada tahun 1620 para imigran berdatangan ke amerika serikat untuk memperoleh kehidupan yang lebih baik karena pada masa itu terjadi prsaingan yang ketat dalam industry di inggris.group ini hanya menerima satu anggota dari setia Negara. Bisnis anjak piutang modern ini berkembang ke eropa. . Meskipun pemerinah telah memberika izin kepda 37 perusahaan. yang berorasi hanya 4 perusahaan. hongkong dan berbagai ngara lainya. terutama setelah berdirinya tiga group anjak piutang internasional. jumlah ini sangat kecil dibandingkan dengan potensi yang ada. pihak factor biasanya bertindak sebagai agen penjual yang sekaligus pemberi perlindungan kredit (general factoring). Kemudia berkembang dieropa tepatnya di inggris. Australia. amerika utara. jepang. bermarkas di brussel.

perusahaan anjak piutang akan memperhatikan dan mempertimbangkan besarnya risiko terjadinya kemacetan yang mungkin dihadapi oleh pihak nasabah (customer).013/1988 tanggal 20 Desember 1988. Produk jasa jasa nonpembiayaan yang ditawarkan oleh perusahaan anjak piutang antara lain sebagai berikut:  Investigasi kredit (credit investigation) atau analisis kredit. Menurut Keputusan Menteri Keuangan Nomor 1251/KMK. Jasa Non-pembiayaan Penyediaan jasa nonpembiayaan oleh perusahaan anjak piutang pada dasarnya merupakan jasa untuk melayani kepentingan pengelolaan kredit klien (supplier).  Pengawasan kredit dan penagihannya. perusahaan anjak piutang adalah badan usaha yang melakukan kegiatan pembiayaan dalam bentuk pembelian atau pengalihan serta pengurusan piutang suatu perusahaan dari transaksi perdagangan dalam atau luar negeri.A. yaitu : 1. jasa pembiayaan (financing services) dan 2. . jasa non-pembiayaan (non financing services). 1. Dalam pengambilan keputusan mengenai dasar transaksi anjak piutang yang mana yang akan dilakukan.  Sales ledger administration atatt sales accounting. 2. Perusahaan anjak piutang dapat mengusahakan cara-cara pengamanan terhadap risiko piutang khususnya dalam hal export financing. Perusahaan anjak piutang dapat memberikan jasa pengawasan atau monitoring terhadap penjualan yang dilakukan klien termasuk pula menetapkan prosedur penagihannya. PENGERTIAN ANJAK PIUTANG Factoring dalam bahasa Indonesia diterjemahkan menjadi anjak piutang.  Perlindungan terhadap risiko kredit. Jasa jasa anjak piutang dapat dibedakan dalam 2 (dua) jenis. Jasa Pembiayaan Perusahaan anjak piutang memberikan pembiayaan yang besarnya berkisar antara 60%. Untuk tujuan ini perusahaan dapat pula memberikan jasa perlindungan terhadap risiko terjadinya fluktuasi kurs valuta asing.80% dari total piutang setelah dilakukan kontrak anjak piutang dan penyerahan bukti-bukti penjualan barang. Kontrak atau transaksi ini dapat dilakukan atas dasar with recourse atau without recourse.

Dokumen ini sangat perlu bagi pihak nasabah yang bersangkutan dalam melakukan rekonsiliasi atas pembayaran-pembayaran yang telah dilakukannya.  Statement of account kepada nasabah. b. Dalam proses penagihan ini. di samping sebagai informasi mengenai posisi utang dan tanggal jatuh temponya. Koprasi sekurang-kurangnya Rp.  Kegiatan penagihan yang dilakukan sesuai dengan prosedur yang telah ditentukan. Pengambil alihan tagihan suatu perusahaan dengan fee tertentu. Berdasarkan KMK tersebut dapat disimpulkan bahwa kegiatan anjak piutang meliputi: 1.100milyar.50 milyar. perusahaan factoring berusaha sebaik-baiknya untuk tidak merusak hubungan klien dengan nasabah. Pembelian piutang perusahaan dalam suatu transaksi perdagangan dengan harga yang sesuai dengan kesepakatan. Kegiatan perusahaan anjak piutang di Indonesia diatur berdasarkan Surat Keputusan Menteri Keuangan Nomor 1251/KMK. . 3. C. jumlah modal di setor atau di simpanan pokok dan simpanan wajib dalam rangka pendirian perusahaan pembiayaan adalah : a. Mengelola usaha penjualan kredit suatu perusahaan. Perusahaan swasta nasional atau perusahaan patungan sekurang-kurangnya sebesar Rp. PERMODALAN ANJAK PIUTANG Sesuai dengan PMK No.  Posisi piutang klien termasuk tanggal jatuh temponya yang bagi klien berguna untuk perencanaan penjualan kredit pada periode berikutnya. KEGIATAN ANJAK PIUTANG Kegiatan utama perusahaan anjak piutang adalah mengambil alih pengurusan piutang suatu perusahaan dengan suatu tanggung jawab tertentu.Jasa jasa nonpembiayaan yang diberikan oleh perusahaan anjak piutang sebagaimana dijelaskan di atas pada prinsipnya merupakan fungsi credit department bagi perusahaan klien.012/2006 tanggal 29 September 2009 tentang Perusahaan Pembiayaan. Perusahaan anjak piutang menyampaikan laporan kepada kliennya yang menyangkut antara lain hal-hal sebagai berikut:  Credit standing para nasabah (customer). 84/PMK. tergantung kesepakatan dengan pihak kreditor (pihak yang punya piutang). 2. B.013/1988 tanggal 20 Desember 1988. artinya perusahaan anjak piutang dapat mengelola kegiatan administrasi kredit suatu perusahaan sesuai kesepakatan.

E.D. tagihan dan penagihan piutang termasuk menanggung resiko terhadap piutang yang macet. Factor adalah perusahaan atau pihak yang menawarkanjasa anjak pitang  Klien (supplier). . JENIS-JENIS ANJAK PIUTANG a. c. Undisclosed atau juga di sebut dengan non-notafikation factoring. adalah pihak-pihak yang mengadakan transaksi dengan klien. Berdasarkan penanggulangan resiko Recourse Factoring Anjak piutang dengan cara recourse atau disebut juga with recourse factoring berkaitan dengan resiko debitor yang tidak mampu memenuhi kewajibannya. Berdasarkan pemberitahuan : Disclosed Factoring atau juga di sebut dengan Negofication factoring Adalah pengalihan piutang pada perusahaan anjak piutang dengan sepengetahuan pihak debitor (customer). Misalnya. klien adalah pihak yang menggunakan jasa anjak piutang. Without recorse factoringAnjak piutang ini juga disebut non-recourse factoring yaitu perusahaan anjak piutang menanggung resiko atas tidak tertagihnya piutang yang telah di alihkan oleh klien. urusan administrasi penjualan (sale ladger administration). Berdasarkan pelayanan Full Service Factoring Yaitu perjanjian anjak piutang yang meliputi semua jenis jasa anjak piutang baik dalam bentuk jasa pembiayaan maupun jasa non-pembiayaan.  Nasabah (customer) atau di sebut debitor.Adalah transaksi penjualan atau pengalihan piutang kepada perusahaan anjak piutang oleh klien tanpa pemberitahuan kepada debitor kecuali bila ada pelanggaran atas kesepakatan pada pihak klien atau secara sepihak perusahaan anjak piutang menganggap akan menghadapi resiko. PELAKU ANJAK PIUTANG Dalam kegiatan anjak piutang terdapat 3 pelaku utama yamg terlibat yaitu  Perusahaan anjak piutang (factor). b.

Bagi perusahaan Anjak piutang a. kreditor dapat berkonsentrasi keusaha lainnya . 2. d. c. Maturity Yaitu transaksi pengalihan piutang yang pembayarannya dilakukan perusahaan anjak piutang pada saat piutang tersebut jatuh tempo. di mana perusahaan factoring memberikan pembiayaan dengan pembayaran di muka. Membantu menyelesaikan pertikaian diantara kreditor dan debitur. Bulk Factoring Jasa factoring ini juga disebut dengan agency factoring yaitu transaksi yang mengaitkan perusahaan factoring sebagai agen dari klien. Memperoleh keuntungan berupa fee dan biaya administrasi. b. Maturity factoring Berbeda dengan jenis factoring yang telah di jelaskan di atas. Berdasarkan pembayaran kepada klien Advanced payment Yaitu transaksi anjak piutang dengan memberikan pembayaran di muka (prepayment financing) oleh perusahaan anjak piutang kepada klien berdasarkan penyerahan faktur yang besarnya 80% dari nilai factur. Untuk lebih jelasnya lihat kembali maturity factoring yang telah dibahas di atas F. pembiayaan pada dasarnya tidak di perlukan oleh klien tetapi oleh pengurusan penjualan dan penagihan piutang serta proteksi atas tagihan. KEUNTUNGAN ANJAK PIUTANG Keuntungan yang diperoleh oleh semua pihak adalah sebagai berikut: 1. Bagi Kreditor (klien) a. Pembayaran tagihan tersebut biasanya dilakukan berdasarkan rata-rata jatuh tempo tagihan (faktur). b. namun penagihan piutang tetap di lakukan oleh klien dan proteksi kredit tidak dijamin perusahaan factoring. Finance Factoring Yaitu perusahaan anjak piutang hanya menyediakan fasilitas pembiayaan saja tanpa ikut menanggung resiko atas piutang tak tertagih. Membantu manajemen pihak kredotor dalam penyelenggaraan kredit. Memperbaiki system administrasi yang semrawut c. Memperlancar kegiatan usaha dengan ditagihnya piutang oleh perusahaan anjak piutang. Fasilitas anjak piutang maturity memberikan kredit perdagangan kepada customer atau nasabah dengan pembayaran segera. Mengurangi resiko kerugian dengan tertagihnya piutangnya. Bentuk fasilitas factoring ini pada dasarnya hampir sama dengan full service factoring.dalam maturity factoring.

karena ada rasa malu sehingga berusaha sekuat tenaga untuk segera membayar dengan beragai cara. Bagi debitur Memberikan motivasi kepada debitur untuk segera membayar secepatnya. .3.

Debitur akan membayar langsung ke perusahaan pembiayaan dengan jumlah penuh sesuai nilai tagihan. Jakarta: Penerbit Salemba Empat. (2006). (2010). BAB III PENUTUP KESIMPULAN Anjak piutang (Bahasa Inggris: factoring) adalah suatu transaksi keuangan sewaktu suatu perusahaan menjual piutangnya (misalnya tagihan) dengan memberikan suatu diskon. dan pihak yang membiayai (factor).co. BANK DAN LEMBAGA KEUANGAN LAIN. Penjual selanjutnya menjual satu atau lebih tagihannya dengan potongan atau diskon ke pihak ketiga. http://umi-sj. debitur.id/2012/06/umis-umis-adalah-alamat-jl. Jakarta: Rajawali Pers. Menghindari kerugian karena kredit macet. Manfaat Anjak Piutang adalah : Menurunkan biaya produksi. Totok dan Sigit Triandaru. BANK DAN LEMBAGA KEUANGAN LAIN. debitur.html . Mempercepat proses ekonomi DAFTAR PUSTAKA Budisantoso. Meningkatkan daya saing perusahaan klien. Kasmir. Penjual adalah pihak yang memiliki piutang (biasanya untuk layanan yang diberikan atau barang yang dijual) dari pihak kedua. Meningkatkan kemampuan perusahaan klien memperoleh laba. Tiga pihak yang terlibat dalam anjak piutang adalah penjual. Memberikan fasilitas pembayaran dimuka. suatu lembaga keuangan khusus untuk mendapatkan uang dalam bentuk kas.blogspot.