You are on page 1of 90

BAB V

KEPEMIMPINAN DAN MANAJEMEN

UPAYA KESEHATAN MASYARAKAT

KRITERIA
5.1.6

ELEMEN DOKUMEN TERKAIT KETERANGAN
PENILAIAN
EP.1 SK kepala Puskesmas tentang
kewajiban penanggungjawab
UKM Puskesmas dan pelaksana
untuk memfasilitasi peran serta
masyarakat
EP.2 SOP pemberdayaan masyarakat
EP.3 SOPpelaksanaaan
SMD,dokumentasi pelaksanaan
SMD, dan hasil SMD
EP.4 SOP komunikasi dengan
masyrakat dan sasaran UKM
Puskesmas
EP.5 Bukti perencanaan dan
pelaksanaan UKM Puskesmas
yang bersumber dari swadaya
masyarakat/swasta

.

Pendonor Darah Masih dalam perencanaan pembentukan Belum adanya kelompok pendonor darah pendonor darah 2. Dana Sosial Ibu Dilakukan pembentukan dana sosial yang di Dana sosial masih terbentuk di semua 1 desa.197304292005022001 . Ka. RENCANA PEMBENTUKAN PEMBERDAYAAN MASYARAKAT NO Rencana Kegiatan Pelaksanaan Hasil 1. UPTD Pusk.Dolok Merawan Drg. Bersalin peruntukan untuk ibu bersalin 3. Ambulan Desa Dilakukan pembentukan Ambulan Desa Setiap desa belum ada Ambulan Desa Mengetahui. Lidya Triayuni Nip.

dan pelaksanaan organisasi dalam kerangka pemberdayaan di bidang kesehatan.tanpa mengabaikan upaya kuratif dan rehabilitatif yang sering disebutdengan paradigma sehat. melainkan gaya hidup untuk lebih sehat. Kegiatan Pemberdayaan Masyarakat dapat melalui survey PHBS. Pemberdayaan masyarakat merupakan salah satu strategi untuk mempercepat tercapainya program pembangunan kesehatan. Sebagai kegiatan yang bersifat komprehensif. kepemimpinan masyarakat. Model pemberdayaan masyarakat bidang kesehatan meliputi kemampuan mengidentifikasi dan memecahkan masalah kesehatan. Program kesehatan masyarakat lebih mengutamakan upaya-upaya preventif dan promotif yang proaktif. pemberdayaan merupakan proses yang dilakukan oleh masyarakat (dengan atau tanpa campur tangan pihak luar) untuk memperbaiki kondisi lingkungan. sanitasi dan aspek lainnya yang secara langsung maupun tidak langsung berpengaruh dalam kesehatan masyarakat. dan akses informasi kesehatan memiliki peran penting dalam pemberdayaan masyarakat di bidang kesehatan . Pendahuluan Pembangunan kesehatan diarahkan untuk meningkatkan derajat masyarakat karena yang berpengaruh terhadap kualitas sumberdaya manusia. harus diikuti dengan kualitas rekam jejak kegiatan yang dapat diandalkan . dan norma sosial. Dalam dimensi kesehatan. Sesuai dengan sistem kesehatan nasional (SKN 2009) yang mengacu pada arah dan tahapan pembangunan yang ditetapkan pembanguna jangka panjang bidang kesehatan yang berbasis pemberdayaan masyarakat sehingga terwujud derajat kesehatan masyarakat yang setinggi-tingginya. pemberdayaan masyarakat adalah sebagai sebjek sekaligus objek dari sistem kesehatan. Kerangka Acuan Program Pemberdayaan Masyarakat A. Faktor-faktor internal dan eksternal komunitas pada level anggota masyarakat. Tujuan akhir dari pemberdayaan masyarakat adalah memandirikan masyarakat dalam meningkatkan kemampuan personal. Evaluasi Pelaksanaan Desa Siaga dan Refresihing Kader Posyandu. B. Latar belakang Kesehatan adalah suatu konsep yang positif yang tidak dapat dilepaskan dari sosial dan kekuatan personal. institusi masyarakat. sehingga promosi kesehatan tidak hanya bertanggungjawab pada sektor kesehatan saja.

Meningkatkan kesadaran masyarakat untuk berprilaku hidup bersih.Tujuan Umum Memandirikan masyarakat dalam meningkatkan kemampuan personal.Tujuan Umum dan tujuan khusus a. Tujuan Khusus . . Kepala Puskesmas Dolok Merawan Drg. melaksanakan kegiatan yang berbasis masyarakat serta melakukan tindak lanjut.Meningkatkan peran serta masyarakat dalam organisasi yang dibentuk untuk meningkatkan derajat kesehatan. b. Evaluasi Pelaksanaan Kegiatan dan Pelaporan Setiap kegiatan yang tercantum dalam jadwal pelaksanaan dievaluasi. Cara malaksanakan kegiatan Cara melaksanakan kegiatan pemberdayaan masyarakat adalah dengan membentuk tim. F. Pencatatan.Lidya Triayuni Nip. Jadwal Pelaksanaan Kegiatan Januari sampai desember G.C.melakukan rapat. D.197304292005022001 . Pelaporan dan Evaluasi Kegiatan Kegiatan ini dilakukan setiap bulan . H. dan norma sosial serta pelaksanaan organisasi dalam kerangka pemberdayaan dibidang kesehatan. .Sebagai jalur koordinasi dan sinergitas antara masyarakat dan Puskesmas dalam meningkatkan derajat kesehatan masyarakat. Evaluasi terhadap jadwal kegiatan dilakukan oleh kepala puskesmas dan penanggung jawab program. E.Sasaran Sasarannya melibatkan seluruh masyarakat yang ada dalam satu wilayah.

Petugas mengusulkan rencana kegiatan yang melibatkan langkah masyarakat kepada Kepala Puskesmas 2. Petugas menyampaikan undangan rapat kepada masyarakat 4.7.197304292005022001 1. Langkah.SK/UKM/2/I/2017 tentang Kebijakan Pengelolaan UKM UPTD Puskesmas Dolok Merawan. 1. Kepala Puskesmas bersama dengan petugas memaparkan kegiatan yang akan dilaksanakan 5. Petugas bersama dengan masyarakat membentuk kepengurusan yang beranggotakan masyarakat 6.Permenkes No.lidya Triayuni NIP. 2. Tujuan Sebagai acuan koordinasi dan sinergitas antara masyarakat dan Puskesmas dalam meningkatkan derajat kesehatan 3. Kebijakan Surat Keputusan Kepala Puskesmas No. Dokumen : SOP/UKM/9/I/2017 No. Pengertian Pemberdayaan masyarakat adalah perencanaan dan pelaksanaan program guna meningkatkan cakupan pelayanan dengan melibatkan masyarakat dalam kegiatan UKM. 4. Rekaman historis No Yang diubah Isi perubahan Tanggal mulai diberlakukan . Kepala Puskesmas memintas TU membuat surat untuk mengundang masyarakat 3.75 Tahun 2014 tentang Puskesmas 5. Revisi : 00 SOP Tanggal Terbit : 14 Januari 2017 Halaman : 1/1 Kepala Puskesmas UPTD Puskesmas Dolok Merawan Drg. Pemberdayaan Masyarakat No. Unit Terkait Pokja UKM Pokja Admen Kepala Puskesmas . Referensi .

Survey Mawas Diri No.75 Tahun 2014 tentang Puskesmas 5. Kebijakan Surat Keputusan Kepala Puskesmas No. Rekaman historis No Yang diubah Isi perubahan Tanggal mulai diberlakukan . Petugas melakukan wawancara dengan masyarakat 3. Petugas mengumpulkan data dengan mengunjungi masyarakat tiap langkah wilayah. Tujuan Sebagai acuan untuk Mendapatkan inspirasi dari masyarakat akan kebutuhan dan harapan upaya kesehatan 3. Dokumen : SOP/UKM/10/I/2017 :00 SOP No. Referensi Permenkes No.197304292005022001 1. Revisi Tanggal Terbit : 14 Januari 2017 Halaman :1/1 UPTD Kepala Puskesmas Puskesmas Dolok Merawan Drg. Langkah. Unit Terkait Pokja Admen Pokja UKM Lintas sektor 7. Petugas mengelola data untuk mengetahui urutan permasalahan dan prioritas masalah 6. SK/UKM/2/I/2017 tentang Kebijakan Pengelolaan UKM UPTD Puskesmas Dolok Merawan. Pengerti Survey mawas diri adalah upaya untuk mendapatkan umpan balik dari an masyarakat tentang kebutuhan dan harapan masyarakat 2.Lidya Triayuni NIP. 4. Petugas melakukan pencatatan hasil wawancara dalam quesioner yang dibawa dengan cermat 4. 1. 2.

75 Tahun 2014 tentang Puskesmas 5. kritik dan umpan balik dari pihak terkait (lintas program. 5. lintas program. saran. media sosial). menyamakan persepsi dalam melaksanakan kegiatan untuk mencapai hasil maksimal 3.4 KOMUNIKASI DAN KOORDINASI No. Tujuan 1.  Media komunikasi adalah alat yang digunakan untuk melakukan komunikasi dan koordinasi diantaranya kotak saran. membuat kesepakatan.6. Akses dan Evaluasi penyelenggaraan UKM UPTD Puskesmas Dolok Merawan 4. Langkah Pelaksanaan komunikasi dan koordinasi dengan pihak terkait (lintas sektor. SK/UKM/1/I/2017 tentang Analisis Kebutuhan. Kebijakan Keputusan Kepala Puskesmas Nomor. Revisi : - SOP Tgl.Lidya triayuni PUSKESMAS DOLOK MERAWAN NIP. survei. informasi langsung (telepon. Referensi Peraturan menteri Kesehatan No. sebagai acuan penerapan langkah-langkah untuk mendapatkan informasi atau masukan tentang harapan. Pengertian  Koordinasi adalah penyelarasan dalam penyusunan kegiatan- kegiatan yang saling berkaitan dimulai dari perencanaan sampai pada pergerakan pelaksanaan untuk mencapai tujuan bersama secara efektif dan efisien. dan masyarakat) di Puskesmas Dolok Merawan diantaranya sebagai berikut: = . Dokumen :SOP/UKM/2/I/2017 No. sebagai acuan penerapan langkah-langkah untuk melakukan integrasi. lintas sektor dan sasaran/ masyarakat) 2. Terbit : 13 Januari 2017 Halaman : 1/3 UPTD Drg.197304292005022001  Komunikasi adalah proses pertukaran informasi 1. dan pertemuan.1. kebutuhan serta keluhan. 2.

media sosial) yaitu dengan tahapan sebagai berikut: 1) Memberikan informasi: a) Penanggung jawab menyiapkan bahan yang akan dikomunikasikan b) Penanggung jawab/ pelaksana memastikan nomor dan pihak . sarana dan prasarana (instrumen) survei 2) Pelaksana membagikan instrumen survei berupa kuesioner 3) Pelaksana mengumpulkan hasil kuesioner dan melaporkannya kepada penanggung jawab 4) Penanggung jawab merekap hasil kuesioner dan menganalisis hasil kuesioner tersebut untuk selanjutnya dibahas bersama Kepala Puskesmas dan karyawan Puskesmas c. telepon. telepon. dan Survei Indeks Kepuasan Masyarakat. Informasi Langsung (tatap muka dengan pihak terkait. sarana dan prasarananya di Puskesmas Dolok Merawan yang terletak di depan pendaftaran 2) Penanggung jawab kegiatan melakukan pengecekan dan pengambilan hasil kotak saran setiap hari 3) Penanggung jawab menyerahkan hasil kotak saran kepada tim admen Puskesmas Dolok Merawan 4) Penanggung jawab Admen melakukan pencatatan di log book 5) Penanggung jawab Admen melaporkan hasil kotak saran tersebut kepada Kepala Puskesmas melalui breefing pagi.a. Kotak Saran 1) Penanggung jawab menyediakan kotak saran. tempat. media sosial) Komunikasi dan koordinasi dengan media informasi langsung (tatap muka dengan pihak terkait. rapat atau secara langsung b. Survei Komunikasi dan koordinasi dengan metode survei yang dilakukan meliputi Survei Mawas Diri. Survei upaya/ program dengan cara: 1) Penanggung jawab memastikan waktu.

Pertemuan Mekanisme komunikasi dan koordinasi dengan pertemuan meliputi pertemuan internal puskesmas. tempat. atau secara langsung d. rapat. lintas program. atau secara langsung 2) Menerima informasi/ keluhan/ saran/ kritik/ umpan balik: a) Penanggung jawab/ pelaksana menerima informasi/ keluhan/ saran/ kritik/ umpan balik secara langsung (tatap muka dengan pihak terkait atau via telepon atau media sosial lainnya) b) Penanggung jawab/ pelaksana mencatat hasil informasi tersebut ke dalam log book c) Penanggung jawab/pelaksana melaporkan hasil informasi tersebut kepada Kepala Puskesmas melalui breefing pagi. sarana dan prasarana 2) Penanggung jawab membuat jadwal kegiatan pertemuan dengan pihak terkait dan mendistribusikan undangan 3) Pelaksana bersama penanggung jawab/ Kepala Puskesmas melaksanakan pertemuan dan membahas suatu kegiatan/ masalah bersama serta melakukan tanya jawab pada pihak terkait tersebut. rapat. yang akan dihubungi c) Pelaksana memberikan informasi kepada pihak terkait d) Pelaksana melakukan evaluasi kepada pihak terkait tentang pemahamannya e) Pelaksana melaporkan informasi penanggung jawab mencatat pemberian informasi tersebut ke dalam log book f) Penanggung jawab melaporkan pada Kepala Puskesmas bahwa informasi tersebut sudah disampaikan kepada pihak terkait melalui breefing pagi. lintas sektor. sasaran/ masyarakat adalah sebagai berikut: 1) Penanggung jawab memastikan waktu. 4) Penanggungjawab melakukan evaluasi kegiatan 5) Penanggung jawab mendokumentasikan kegiatan komunikasi .

Lintas Program 5. Rekaman historis No Yang diubah Isi perubahan Tanggal mulai diberlakukan . UKP) 6.7. atau secara langsung 1. Penanggung Jawab Upaya/ kegiatan (Admen. UKM. Lintas Sektor 4. rapat. Pelaksana Kegiatan 3. Unit terkait 2. Masyarakat . dan koordinasi tersebut dalam notulen pertemuan 6) Penanggung jawab melaporkan hasil pertemuan kepada Kepala Puskesmas dan seluruh karyawan Puskesmas melalui breefing pagi.

Tenaga kesehatan 30 b. Jarak rumah ke Fasilitas kesehatan lebih dari 1 km .dimanakah tempatnya berobat ? a. 1-5 km 11 c.polindes. 6-10 km 14 d. swasta )yang ada a. JAMKESMAS 22 b. Jalan Kaki 5 b. Anggota keluarga berobat ke tenaga kesehatan(dokter/dtr gigi) 2.Praktek.Kurang dari 1 km 5 b. AKSES PELAYANAN DAN PEMBIAYAAN KESEHATAN JUMLAH JAWABAN NO PERTANYAAN YA TIDAK 1 Bila anda atau Anggota keluarga lainnya sakit . Tradisional 2 Berapa jarak dari rumah anda ke fasilitas kesehatan (Puskesmas Pustu. Tidak Punya 5 ANALISA DAN RENCANA TINDAK LANJUT PROGRAM 1. HASIL-HASIL KEBUTUHAN DAN HARAPAN MASYARAKAT DIWILAYAH KERJA PUSKESMAS DOLOK MERAWAN TAHUN 2017 HASIL SURVEY MAWAS DIRI DESA PABATU I JUMLAH :30 SAMPEL A. >10 km 3 Apakah Sarana transportasi yang digunakan a. Iuran Dana Sehat 0 c. ASKES 3 d. Kendaraan pribadi 25 4 JKS yang anda miliki a.

Petugas Promkes .5. Setiap bulan di Posyandu untuk kegiatan 1.Ibu melahirkan harus di fasilitas kesehatan 3. Keluarga peserta BPJS B.Penolong Persalinan Bidan/Dokter 4.2.DAN IMUNISASI JUMLAH JAWABAN NO PERTANYAAN YA TIDAK 1 Keluarga mempunyai Balita dan ibu Hamil harus diperiksa rutin 25 5 2 Ibu melahirkan di fasilitas kesehatan 17 13 3 Penolong Persalinan Bidan/Dokter 30 0 4 Bumil Memeriksakan kehamilannya minimal 4 kali 12 18 5 Bumil mengalami gangguan kehamilan 0 30 6 Balita ditimbang minimal 8 x /tahun 15 15 7 Ibu memberi ASI pada 6 bulan pertama tanpa makanan 9 21 tambahan 8 Keluarga menggunakan Alat kontrasepri 25 1 9 Ibu biasa untuk sarapan pagi 15 15 10 Menggunakan garam beryodium 30 0 ANALISA DAN RENCANA TINDAK LANJUT PROGRAM 1.Pemeriksaan Bumil minimal 4 kali selama kehamilannya 5.dibantu oleh Bidan Desa . PELAKSANA .GIZI. WAKTU PELAKSANAAN a. KESEHATAN IBU DAN ANAK . makanan bergizi untuk ibu hamil dan setelah melahirkan masih perlu dilakukan oleh petugas kesehatan .ibu harus melahirkan di Fasilitas Kesehatan . Sarana transportasi kendaraan pribadi 4.6. b.KB.Penyuluhan tentang : pemberian ASI eklusif sampai 6 bulan. Diharapkan keluarga yang mempunyai Balita dan ibu Hamil harus diperiksa rutin 2.3.3. Setiap 3 bulan sekali di Posyandu untuk kegiatan 4.penimbangan balita di posyandu rutin 6.

C. Hipertensi 2 28 4. Desa . Puskesmas b. dibantu Bidan Desa SUMBER DANA a. Petugas Promkes .TBC 0 30 6. Diharapkan keluarga lebih tanggap untuk memeriksakan kesehatannya ke fasilitas kesehatan b. Dilakukan penyuluhan .Diabetes Melitus (DM) 2 28 12.Diare 0 30 3.Demam Tifus 0 30 7. 2 bulan bulan sekali sesuai jadwal posyandu PELAKSANA .Hepatitis 0 30 10.Campak 0 30 9.Batuk Filek 5 25 2.Surveilans JUMLAH JAWABAN NO PERTANYAAN YA TIDAK Dalam 3 bulan terakhir apakah ada anggota keluarga yang sakit 1.Gatal-gatal 5 25 8.Pneumonia (Balita) 0 30 ANALISA DAN RENCANA TINDAK LANJUT PROGRAM a.Demam Berdarah 0 30 5.tentang kesehatan WAKTU PELAKSANAAN .Varices 0 30 11.

tidak berbau. Ada sarana dan tidak memenuhi syarat 0 0 c. Tanah 0 0 . 0 0 6 Jenis Kamar Mandi a. Tidak berasa.. Tidak ada sarana . Tidak ada alasan.alasannya ..... Ada diluar rumah 0 0 c. Ada sarana dan memenuhi syarat 14 16 b. PDAM 30 0 c.sebutkan .tidak bewarna (jernih ) 30 0 b. D..berbau atau keruh 0 0 c.. Sumur 0 0 b...? 0 0 3 Penyediaan Air bersih.. 0 0 5 Kamar mandi yang dipakai a.Rumah Dan Lingkungan JUMLAH JAWABAN NO PERTANYAAN YA TIDAK 1 Berapa Luas rumah keluarga yang ditempati 2 Pembuangan kotoran (Jamban keluarga ) a. Sungai 0 0 4 Kualitas Air Bersih yang dipakai sehari-hari a.mengambil dari sumber yang : a. Lainnya. Terbuka 0 0 b. Ada didalam rumah 30 0 b... Tertutup 30 0 7 Lantai Kamar mandi a. Tidak berasa.

b.alasannya (dibakar. Semen 30 0 c.. Ya. 0 0 b. 10 0 ANALISA DAN RENCANA TINDAK LANJUT 1. Pengenalan Bank sampah 3.. Mempunyai TOGA E.alasan. Pembuangan limbah rumah tangga..Prilaku Anggota Keluarga JUMLAH JAWABAN NO PERTANYAAN YA TIDAK 1 Apakah ada anggota keluarga yang merokok 30 0 2 Apakah anggota keluarga terbiasa mencuci tangan dengan sabun 10 20 sebelum makan ? 3 Apakah anggota keluarga terbiasa menggosok gigi 2 kali sehari? 10 20 4 Apakah anggota keluarga ada yang minum miras ? 30 5 Apakah anggota keluarga melakukan kegiatan PSN(pemberantasan sarang nyamuk )minimal 1mgg sekali? 15 15 .) 30 0 10 Apakah mempunyai TOGA (Tanaman obat keluarga ) a. Ubin /keramik 0 8 Pembuangan Limbah Kamar mandi – .tetap diperhatikan 4. Dibuatkan sarana pembuangan Limbah /SPAL 0 30 9 Pembuangan sampah rumah tangga a. Tersedia tempat pembuangan sampah yang tidak 30 0 tertutup c. Tidak .Minimal 3 jenis 0 0 b. Penggunaan air bersih tetap di perhatikan 2. Ya. Tidak tersedia . Tersedia tempat pembuangan sampah yang tertutup.Kurang dari 3 jenis 20 0 c..

Ya.Lansia 0 30 2 Apakah lansia memanfaatkan Posy. Bidan desa juga Kader jadi ujung tombak setiap kegiatan di desa F. Penyuluhan kesehatan diadakan setiap 2 bln sekali SURVEY MAWAS DIRI DESA PABATU II JUMLAH SAMPEL :30 B. Penyuluhan diadakan setiap ada kegiatan 3. Tidak . AKSES PELAYANAN DAN PEMBIAYAAN KESEHATAN JUMLAH JAWABAN NO PERTANYAAN YA TIDAK 1 Anggota keluarga berobat ke tenaga kesehatan(dokter/dtr gigi) 30 0 2 Jarak rumah ke Fasilitas kesehatan kurang dari 1 km 0 30 .Alasan (krn sudah beraktfs dirmh ) 5 25 ANALISA DAN RENCANA TINDAK LANJUT 1. Perlunya di bentuk posy. Perlunya penyuluhan PHBS Tatanan rumah tangga di Desa 2.LANSIA JUMLAH JAWABAN NO PERTANYAAN YA TIDAK 1 Apakah terdapat Posy. Perlu adanya pelatihan Kader tentang masalah Kesehatan 3 kali setahun 4.Lansia b. b.6 Apakah keluarga terbiasa mandi 2 x sehari ? 12 18 7 Apakah keluarga biasa melakukan aktifitas /olah raga minimal 30 menit setiap hari? a.Lansia 0 30 ANALISA DAN RENCANA TINDAK LANJUT a.

KESEHATAN IBU DAN ANAK . Jarak rumah ke Fasilitas kesehatan kurang di upayakan kurang dari 1 km 3.3.KB. Anggota keluarga berobat ke tenaga kesehatan(dokter/dtr gigi) 2. Setiap bulan di Posyandu untuk kegiatan 1. Penolong Persalinan Bidan/Dokter 4. 3 Sarana transportasi kendaraan pribadi 30 0 4 Keluarga peserta BPJS 30 0 ANALISA DAN RENCANA TINDAK LANJUT PROGRAM 1.5.makanan bergizi untuk ibu hamil dan setelah melahirkan masih perlu dilakukan oleh petugas kesehatan .2. Diharapkan keluarga yang mempunyai Balita dan ibu Hamil harus diperiksa rutin 2. Penyuluhan tentang : pemberian ASI eklusif sampai 6 bulan.GIZI. Adanya sarana trasportasi untuk ke pasilitas kesehatan B.ibu harus melahirkan di Fasilitas kesehatan. Ibu melahirkan harus di fasilitas kesehatan 3.6. Setiap 3 bulan sekali di Posyandu untuk kegiatan 4. Penimbangan balita di posyandu rutin dilakukan tiap bulan 6. .DAN IMUNISASI JUMLAH JAWABAN NO PERTANYAAN YA TIDAK 1 Keluarga mempunyai Balita dan ibu Hamil harus diperiksa rutin 10 20 2 Ibu melahirkan di fasilitas kesehatan 10 20 3 Penolong Persalinan Bidan/Dokter 23 7 4 Bumil Memeriksakan kehamilannya minimal 4 kali 13 17 5 Bumil mengalami gangguan kehamilan 0 30 6 Balita ditimbang minimal 8 x /tahun 10 20 7 Ibu memberi ASI pada 6 bulan pertama tanpa makanan 4 26 tambahan 8 Keluarga menggunakan Alat kontrasepri 30 0 9 Ibu biasa untuk sarapan pagi 16 14 10 Menggunakan garam beryodium 30 0 ANALISA DAN RENCANA TINDAK LANJUT PROGRAM 1. Pemeriksaan Bumil minimal 4 kali selama kehamilannya 5. b. WAKTU PELAKSANAAN a.

Hipertensi 18 12 4.tentang kesehatan WAKTU PELAKSANAAN .TBC 0 30 6.Varices 0 30 11. Diharapkan keluarga lebih tanggap untuk memeriksakan kesehatannya ke fasilitas kesehatan b.Hepatitis 0 30 10.PELAKSANA .Diare 0 30 3.Petugas P2M.dibantu oleh Bidan Desa dan Kader C. Petugas Promkes .Gatal-gatal 15 15 8.Surveilans JUMLAH JAWABAN NO PERTANYAAN YA TIDAK Dalam 3 bulan terakhir apakah ada anggota keluarga yang sakit 1.Batuk Filek 5 25 2.Campak 0 30 9.Pneumonia (Balita) 0 30 ANALISA DAN RENCANA TINDAK LANJUT PROGRAM a.Demam Berdarah 0 30 5.Demam Tifus 0 30 7. 2 bulan bulan sekali sesuai jadwal posyandu PELAKSANA . Puskesmas b.KIA .Diabetes Melitus (DM) 3 27 12. Dilakukan penyuluhan .dibantu Bidan Desa SUMBER DANA a. Petugas Promkes . Desa .

Semen 20 0 c. Tertutup 30 0 7 Lantai Kamar mandi a. Tanah 0 0 b. D..mengambil dari sumber yang : a. Ubin /keramik 10 0 .. Sungai 0 0 4 Kualitas Air Bersih yang dipakai sehari-hari a. 0 0 5 Kamar mandi yang dipakai a.. Ada sarana dan tidak memenuhi syarat 0 0 c.. 0 0 6 Jenis Kamar Mandi a.tidak bewarna (jernih ) 30 0 b....tidak berbau. Tidak berasa... Tidak berasa. Ada diluar rumah 0 0 c.. Lainnya.Rumah Dan Lingkungan JUMLAH JAWABAN NO PERTANYAAN YA TIDAK 1 Berapa Luas rumah keluarga yang ditempati 2 Pembuangan kotoran (Jamban keluarga ) a. PDAM 19 0 c.? 0 0 3 Penyediaan Air bersih. Tidak ada sarana .alasannya . Terbuka 0 0 b.. Ada sarana dan memenuhi syarat 30 0 b.. Sumur 11 0 b. Ada didalam rumah 30 0 b. Tidak ada alasan.berbau atau keruh 0 0 c.sebutkan .

) 30 0 10 Apakah mempunyai TOGA (Tanaman obat keluarga ) a.tetap diperhatikan 4..alasannya (dibakar. Tidak . Tersedia tempat pembuangan sampah yang tertutup.. Dibuatkan sarana pembuangan Limbah /SPAL 30 0 9 Pembuangan sampah rumah tangga a.Prilaku Anggota Keluarga JUMLAH JAWABAN NO PERTANYAAN YA TIDAK 1 Apakah ada anggota keluarga yang merokok 30 0 2 Apakah anggota keluarga terbiasa mencuci tangan dengan sabun 11 19 sebelum makan ? 3 Apakah anggota keluarga terbiasa menggosok gigi 2 kali sehari? 10 20 4 Apakah anggota keluarga ada yang minum miras ? 30 5 Apakah anggota keluarga melakukan kegiatan PSN(pemberantasan sarang nyamuk )minimal 1mgg sekali? 11 19 6 Apakah keluarga terbiasa mandi 2 x sehari ? 20 10 7 Apakah keluarga biasa Melakukan aktifitas /olah raga minimal 30 menit setiap hari? . 11 0 ANALISA DAN RENCANA TINDAK LANJUT 1. Pengenalan Bank sampah 3. Ya.8 Pembuangan Limbah Kamar mandi – . Tidak tersedia . Pembuangan limbah rumah tangga.Minimal 3 jenis 14 0 b. Ya. Mempunyai TOGA E.Kurang dari 3 jenis 5 0 c. 0 0 b. Penggunaan air bersih tetap di perhatikan 2.. Tersedia tempat pembuangan sampah yang tidak 0 0 tertutup c..alasan.

Penyuluhan diadakan setiap ada kegiatan 3.LANSIA JUMLAH JAWABAN NO PERTANYAAN YA TIDAK 1 Apakah terdapat Posy.Lansia 0 30 2 Apakah lansia memanfaatkan Posy. Tidak . Perlunya penyuluhan PHBS Tatanan rumah tangga di Desa 2. a. Perlu adanya pelatihan Kader tentang masalah Kesehatan 3 kali setahun F. Perlunya di bentuk posy.Lansia 0 30 ANALISA DAN RENCANA TINDAK LANJUT a. Penyuluhan kesehatan diadakan setiap 2 bln sekali . Ya.Alasan (krn sudah beraktfs dirmh ) 30 0 ANALISA DAN RENCANA TINDAK LANJUT 1.Lansia b. b.

Anggota keluarga berobat ke tenaga kesehatan(dokter/dtr gigi) 2. Sarana transportasi kendaraan pribadi 4. Jarak rumah ke Fasilitas kesehatan kurang dari 1 km 3. SURVEY MAWAS DIRI DESA PABATU III JUMLAH SAMPEL :30 C. AKSES PELAYANAN DAN PEMBIAYAAN KESEHATAN JUMLAH JAWABAN NO PERTANYAAN YA TIDAK 1 Anggota keluarga berobat ke tenaga kesehatan(dokter/dtr gigi) 30 0 2 Jarak rumah ke Fasilitas kesehatan kurang dari 1 km 19 11 3 Sarana transportasi kendaraan pribadi 30 0 4 Keluarga peserta BPJS 30 0 ANALISA DAN RENCANA TINDAK LANJUT PROGRAM 1.DAN IMUNISASI JUMLAH JAWABAN NO PERTANYAAN YA TIDAK 1 Keluarga mempunyai Balita dan ibu Hamil harus diperiksa rutin 10 20 2 Ibu melahirkan di fasilitas kesehatan 10 20 3 Penolong Persalinan Bidan/Dokter 23 7 4 Bumil Memeriksakan kehamilannya minimal 4 kali 13 17 5 Bumil mengalami gangguan kehamilan 0 30 6 Balita ditimbang minimal 8 x /tahun 10 20 .KB.GIZI.KESEHATAN IBU DAN ANAK . Keluarga peserta BPJS B.

Pemeriksaan Bumil minimal 4 kali selama kehamilannya 5. WAKTU PELAKSANAAN c. Penyuluhan tentang : pemberian ASI eklusif sampai 6 bulan.6.KIA .2. Diharapkan keluarga yang mempunyai Balita dan ibu Hamil harus diperiksa rutin 2. Setiap 3 bulan sekali di Posyandu untuk kegiatan 4.Demam Tifus 0 30 7.ibu harus melahirkan di Fasilitas kesehatan. Petugas Promkes . PELAKSANA .3.Diare 0 30 3.Campak 0 30 9.dibantu oleh Bidan Desa dan Kader C. Penimbangan balita di posyandu rutin dilakukan tiap bulan 6.5.makanan bergizi untuk ibu hamil dan setelah melahirkan masih perlu dilakukan oleh petugas kesehatan . Ibu melahirkan harus di fasilitas kesehatan 3. Hipertensi 18 12 4. Penolong Persalinan Bidan/Dokter 4.Batuk Filek 5 25 2.Surveilans JUMLAH JAWABAN NO PERTANYAAN YA TIDAK Dalam 3 bulan terakhir apakah ada anggota keluarga yang sakit 1. d.Hepatitis 0 30 .Demam Berdarah 0 30 5. Setiap bulan di Posyandu untuk kegiatan 1. 7 Ibu memberi ASI pada 6 bulan pertama tanpa makanan 4 26 tambahan 8 Keluarga menggunakan Alat kontrasepri 30 0 9 Ibu biasa untuk sarapan pagi 16 14 10 Menggunakan garam beryodium 30 0 ANALISA DAN RENCANA TINDAK LANJUT PROGRAM 1.Gatal-gatal 15 15 8.TBC 0 30 6.

PDAM 19 0 f. Tidak berasa. Lainnya.tentang kesehatan WAKTU PELAKSANAAN . 2 bulan bulan sekali sesuai jadwal posyandu PELAKSANA .tidak bewarna (jernih ) 30 0 e. Tidak berasa.Varices 0 30 11.. 10.Diabetes Melitus (DM) 5 25 12. 0 0 5 Kamar mandi yang dipakai d.Pneumonia (Balita) 0 30 ANALISA DAN RENCANA TINDAK LANJUT PROGRAM 1 Diharapkan keluarga lebih tanggap untuk memeriksakan kesehatannya ke fasilitas kesehatan 2. Dilakukan penyuluhan .Petugas P2M. Ada diluar rumah 0 0 . Sumur 11 0 e. Ada sarana dan memenuhi syarat 30 0 b..dibantu Bidan Desa SUMBER DANA a. Desa D. Ada didalam rumah 30 0 e.berbau atau keruh 0 0 f.sebutkan . Puskesmas b.. Sungai 0 0 4 Kualitas Air Bersih yang dipakai sehari-hari d. Tidak ada sarana .. Ada sarana dan tidak memenuhi syarat 0 0 c.tidak berbau..alasannya . Petugas Promkes .? 0 0 3 Penyediaan Air bersih.Rumah Dan Lingkungan JUMLAH JAWABAN NO PERTANYAAN YA TIDAK 1 Berapa Luas rumah keluarga yang ditempati 2 Pembuangan kotoran (Jamban keluarga ) a.mengambil dari sumber yang : d..

.. Tertutup 30 0 7 Lantai Kamar mandi d. Tidak .. Tanah 0 0 e.. Ubin /keramik 26 0 8 Pembuangan Limbah Kamar mandi – .. Tersedia tempat pembuangan sampah yang tertutup.Prilaku Anggota Keluarga JUMLAH JAWABAN NO PERTANYAAN YA TIDAK 1 Apakah ada anggota keluarga yang merokok 30 0 2 Apakah anggota keluarga terbiasa mencuci tangan dengan sabun 0 30 sebelum makan ? . Semen 4 0 f.alasannya (dibakar. 0 0 6 Jenis Kamar Mandi c. Penggunaan air bersih tetap di perhatikan 2.) 20 0 10 Apakah mempunyai TOGA (Tanaman obat keluarga ) d..tetap diperhatikan 4. Mempunyai TOGA E. Tidak ada alasan.Kurang dari 3 jenis 5 0 f.. Ya. Pengenalan Bank sampah 3. 10 0 e. Dibuatkan sarana pembuangan Limbah /SPAL 30 0 9 Pembuangan sampah rumah tangga d.alasan.Minimal 3 jenis 14 0 e.. Tersedia tempat pembuangan sampah yang tidak 0 0 tertutup f. Ya. 11 0 ANALISA DAN RENCANA TINDAK LANJUT 1. f.. Terbuka 0 0 d. Tidak tersedia . Pembuangan limbah rumah tangga..

Penyuluhan diadakan setiap ada kegiatan 3.LANSIA JUMLAH JAWABAN NO PERTANYAAN YA TIDAK 1 Apakah terdapat Posy. Tidak .Alasan (krn sudah beraktfs dirmh ) 26 4 ANALISA DAN RENCANA TINDAK LANJUT 1. Perlunya di bentuk posy.Lansia 0 30 2 Apakah lansia memanfaatkan Posy. Ya.Lansia 5 25 ANALISA DAN RENCANA TINDAK LANJUT 1. 4 26 d.Lansia 2. Perlu adanya pelatihan Kader tentang masalah Kesehatan 3 kali setahun F. Penyuluhan kesehatan diadakan setiap 2 bln sekali .3 Apakah anggota keluarga terbiasa menggosok gigi 2 kali sehari? 23 7 4 Apakah anggota keluarga ada yang minum miras ? 30 5 Apakah anggota keluarga melakukan kegiatan PSN(pemberantasan sarang nyamuk )minimal 1mgg sekali? 9 11 6 Apakah keluarga terbiasa mandi 2 x sehari ? 20 10 7 Apakah keluarga biasa Melakukan aktifitas /olah raga minimal 30 menit setiap hari? c. Perlunya penyuluhan PHBS Tatanan rumah tangga di Desa 2.

GIZI. Jarak rumah ke Fasilitasdi kesehatan di upayakan kurang dari 1 km 3.DAN IMUNISASI JUMLAH JAWABAN NO PERTANYAAN YA TIDAK 1 Keluarga mempunyai Balita dan ibu Hamil harus diperiksa rutin 4 26 2 Ibu melahirkan di fasilitas kesehatan 10 20 3 Penolong Persalinan Bidan/Dokter 23 7 4 Bumil Memeriksakan kehamilannya minimal 4 kali 18 12 5 Bumil mengalami gangguan kehamilan 0 30 6 Balita ditimbang minimal 8 x /tahun 25 5 7 Ibu memberi ASI pada 6 bulan pertama tanpa makanan 4 26 . SURVEY MAWAS DIRI DESA PABATU VI JUMLAH SAMPEL :30 A. AKSES PELAYANAN DAN PEMBIAYAAN KESEHATAN JUMLAH JAWABAN NO PERTANYAAN YA TIDAK 1 Anggota keluarga berobat ke tenaga kesehatan(dokter/dtr gigi) 30 0 2 Jarak rumah ke Fasilitas kesehatan kurang dari 1 km 0 30 3 Sarana transportasi kendaraan pribadi 30 0 4 Keluarga peserta BPJS 30 0 ANALISA DAN RENCANA TINDAK LANJUT PROGRAM 1. Keluarga peserta BPJS B. KESEHATAN IBU DAN ANAK .KB. Anggota keluarga berobat ke tenaga kesehatan(dokter/dtr gigi) 2. Sarana transportasi kendaraan pribadi 4.

Surveilans JUMLAH JAWABAN NO PERTANYAAN YA TIDAK Dalam 3 bulan terakhir apakah ada anggota keluarga yang sakit 1. Pemeriksaan Bumil minimal 4 kali selama kehamilannya 5. WAKTU PELAKSANAAN a. tambahan 8 Keluarga menggunakan Alat kontrasepri 30 0 9 Ibu biasa untuk sarapan pagi 16 14 10 Menggunakan garam beryodium 30 0 ANALISA DAN RENCANA TINDAK LANJUT PROGRAM 1.TBC 0 30 6.makanan bergizi untuk ibu hamil dan setelah melahirkan masih perlu dilakukan oleh petugas kesehatan . Setiap 3 bulan sekali di Posyandu untuk kegiatan 4. Penolong Persalinan Bidan/Dokter 4.Batuk Filek 8 22 2.5.ibu harus melahirkan di Fasilitas kesehatan.6. Hipertensi 19 11 4. PELAKSANA . Ibu melahirkan harus di fasilitas kesehatan 3.Gatal-gatal 19 11 8.KIA .Demam Tifus 0 30 7.Demam Berdarah 0 30 5. Petugas Promkes .Campak 0 30 9. b.Diare 0 30 3.dibantu oleh Bidan Desa dan Kader C.2.Hepatitis 0 30 . Diharapkan keluarga yang mempunyai Balita dan ibu Hamil harus diperiksa rutin 2. Penyuluhan tentang : pemberian ASI eklusif sampai 6 bulan.3. Penimbangan balita di posyandu rutin dilakukan tiap bulan 6. Setiap bulan di Posyandu untuk kegiatan 1.

Ada sarana dan memenuhi syarat 30 0 b... Desa D. 0 0 5 Kamar mandi yang dipakai a.tidak bewarna (jernih ) 30 0 b.sebutkan .tidak berbau.. PDAM 19 0 c.Rumah Dan Lingkungan JUMLAH JAWABAN NO PERTANYAAN YA TIDAK 1 Berapa Luas rumah keluarga yang ditempati 2 Pembuangan kotoran (Jamban keluarga ) a.Petugas P2M. Sumur 11 0 b.alasannya . Diharapkan keluarga lebih tanggap untuk memeriksakan kesehatannya ke fasilitas kesehatan 2..dibantu Bidan Desa SUMBER DANA a. Sungai 0 0 4 Kualitas Air Bersih yang dipakai sehari-hari a.? 0 0 3 Penyediaan Air bersih.. Petugas Promkes . Ada didalam rumah 30 0 b.Pneumonia (Balita) 6 24 ANALISA DAN RENCANA TINDAK LANJUT PROGRAM 1. Tidak berasa.tentang kesehatan WAKTU PELAKSANAAN . Tidak ada sarana .berbau atau keruh 0 0 c. 10.Varices 0 30 11.. Puskesmas b. Ada sarana dan tidak memenuhi syarat 0 0 c. Lainnya.mengambil dari sumber yang : a. Dilakukan penyuluhan . Ada diluar rumah 0 0 .Diabetes Melitus (DM) 5 25 12. Tidak berasa. 2 bulan bulan sekali sesuai jadwal posyandu PELAKSANA .

c. Tidak ada alasan,...... 0 0
6 Jenis Kamar Mandi
a. Terbuka 0 0
b. Tertutup 30 0
7 Lantai Kamar mandi
a. Tanah 0 0
b. Semen 10 0
c. Ubin /keramik 20 0
8 Pembuangan Limbah Kamar mandi –
- Dibuatkan sarana pembuangan Limbah /SPAL 30 0

9 Pembuangan sampah rumah tangga
a. Tersedia tempat pembuangan sampah yang tertutup. 0 0
b. Tersedia tempat pembuangan sampah yang tidak 0 0
tertutup
c. Tidak tersedia ,alasannya (dibakar...) 30 0

10 Apakah mempunyai TOGA (Tanaman obat keluarga )
a. Ya,Minimal 3 jenis 14 0
b. Ya,Kurang dari 3 jenis 5 0
c. Tidak ,alasan... 11 0

ANALISA DAN RENCANA TINDAK LANJUT

1. Penggunaan air bersih tetap di perhatikan
2. Pengenalan Bank sampah
3. Pembuangan limbah rumah tangga,tetap diperhatikan
4. Mempunyai TOGA

E.Prilaku Anggota Keluarga
JUMLAH JAWABAN
NO PERTANYAAN YA TIDAK
1 Apakah ada anggota keluarga yang merokok 30 0
2 Apakah anggota keluarga terbiasa mencuci tangan dengan sabun 11 19
sebelum makan ?

3 Apakah anggota keluarga terbiasa menggosok gigi 2 kali sehari? 10 20

4 Apakah anggota keluarga ada yang minum miras ? 30
5 Apakah anggota keluarga melakukan kegiatan
PSN(pemberantasan sarang nyamuk )minimal 1mgg sekali? 11 19
6 Apakah keluarga terbiasa mandi 2 x sehari ? 20 10
7 Apakah keluarga biasa Melakukan aktifitas /olah raga minimal
30 menit setiap hari?
1. Ya.
2. Tidak ,Alasan (krn sudah beraktfs dirmh ) 30 0

ANALISA DAN RENCANA TINDAK LANJUT

1. Perlunya penyuluhan PHBS Tatanan rumah tangga di Desa
2. Penyuluhan diadakan setiap ada kegiatan
3. Perlu adanya pelatihan Kader tentang masalah Kesehatan 3 kali setahun

F.LANSIA
JUMLAH JAWABAN
NO PERTANYAAN YA TIDAK
1 Apakah terdapat Posy.Lansia 0 30
2 Apakah lansia memanfaatkan Posy.Lansia 5 25

ANALISA DAN RENCANA TINDAK LANJUT

1. Perlunya di bentuk posy.Lansia
2. Penyuluhan kesehatan diadakan setiap 2 bln sekali

SURVEY MAWAS DIRI
DESA AFD.VI DOLOK ILIR

JUMLAH SAMPEL :30

A .AKSES PELAYANAN DAN PEMBIAYAAN KESEHATAN

JUMLAH JAWABAN
NO PERTANYAAN YA TIDAK
1 Anggota keluarga berobat ke tenaga kesehatan(dokter/dtr gigi) 30 0
2 Jarak rumah ke Fasilitas kesehatan kurang dari 1 km 0 30
3 Sarana transportasi kendaraan pribadi 30 0
4 Keluarga peserta BPJS 30 0

ANALISA DAN RENCANA TINDAK LANJUT PROGRAM
1. Anggota keluarga berobat ke tenaga kesehatan(dokter/dtr gigi)
2. Jarak rumah ke Fasilitas kesehatan lebih dari 1 km
3. Sarana transportasi kendaraan pribadi
4. Keluarga peserta BPJS

B.KESEHATAN IBU DAN ANAK ,KB,GIZI,DAN IMUNISASI

JUMLAH JAWABAN
NO PERTANYAAN YA TIDAK
1 Keluarga mempunyai Balita dan ibu Hamil harus diperiksa rutin 7 23
2 Ibu melahirkan di fasilitas kesehatan 9 21
3 Penolong Persalinan Bidan/Dokter 23 7
4 Bumil Memeriksakan kehamilannya minimal 4 kali 13 17
5 Bumil mengalami gangguan kehamilan 0 30
6 Balita ditimbang minimal 8 x /tahun 10 20

7 Ibu memberi ASI pada 6 bulan pertama tanpa makanan 4 26
tambahan
8 Keluarga menggunakan Alat kontrasepri 30 0
9 Ibu biasa untuk sarapan pagi 16 14
10 Menggunakan garam beryodium 30 0

ANALISA DAN RENCANA TINDAK LANJUT PROGRAM
1. Diharapkan keluarga yang mempunyai Balita dan ibu Hamil harus diperiksa rutin
2. Ibu melahirkan harus di fasilitas kesehatan
3. Penolong Persalinan Bidan/Dokter
4. Pemeriksaan Bumil minimal 4 kali selama kehamilannya
5. Penimbangan balita di posyandu rutin dilakukan tiap bulan
6. Penyuluhan tentang : pemberian ASI eklusif sampai 6 bulan,ibu harus melahirkan di
Fasilitas kesehatan,makanan bergizi untuk ibu hamil dan setelah melahirkan masih perlu
dilakukan oleh petugas kesehatan .

WAKTU PELAKSANAAN
a. Setiap bulan di Posyandu untuk kegiatan 1,2,3,5,6.
b. Setiap 3 bulan sekali di Posyandu untuk kegiatan 4.

PELAKSANA
- Petugas Promkes ,KIA , ,dibantu oleh Bidan Desa dan Kader

C.Surveilans

JUMLAH JAWABAN
NO PERTANYAAN YA TIDAK
Dalam 3 bulan terakhir apakah ada anggota keluarga yang
sakit
1.Batuk Filek 5 25
2.Diare 0 30
3. Hipertensi 18 12
4.Demam Berdarah 0 30
5.TBC 0 30
6.Demam Tifus 0 30
7.Gatal-gatal 15 15

8.Campak 0 30
9.Hepatitis 0 30
10.Varices 0 30
11.Diabetes Melitus (DM) 3 27
12.Pneumonia (Balita) 0 30
ANALISA DAN RENCANA TINDAK LANJUT PROGRAM
a. Diharapkan keluarga lebih tanggap untuk memeriksakan kesehatannya ke
fasilitas kesehatan
b. Dilakukan penyuluhan ,tentang kesehatan

WAKTU PELAKSANAAN
- 2 bulan bulan sekali sesuai jadwal posyandu

PELAKSANA
- Petugas Promkes ,Petugas P2M,dibantu Bidan Desa

SUMBER DANA
a. Puskesmas
b. Desa

D.Rumah Dan Lingkungan

JUMLAH JAWABAN
NO PERTANYAAN YA TIDAK
1 Berapa Luas rumah keluarga yang ditempati
2 Pembuangan kotoran (Jamban keluarga )
a. Ada sarana dan memenuhi syarat 30 0
b. Ada sarana dan tidak memenuhi syarat 0 0
c. Tidak ada sarana ,alasannya ....? 0 0
3 Penyediaan Air bersih,mengambil dari sumber yang :
a. Sumur 11 0
b. PDAM 19 0
c. Sungai 0 0
4 Kualitas Air Bersih yang dipakai sehari-hari
a. Tidak berasa,tidak berbau,tidak bewarna (jernih ) 30 0
b. Tidak berasa,berbau atau keruh 0 0
c. Lainnya,sebutkan .... 0 0
5 Kamar mandi yang dipakai

a.Kurang dari 3 jenis 5 0 c. Tanah 0 0 b. Ada diluar rumah 0 0 c. Ya.. Pengenalan Bank sampah 4.... Ada didalam rumah 30 0 b.Minimal 3 jenis 14 0 b. Mempunyai TOGA E... Pembuangan limbah rumah tangga. 0 0 6 Jenis Kamar Mandi a. Ubin /keramik 20 0 8 Pembuangan Limbah Kamar mandi – . Ya.Prilaku Anggota Keluarga JUMLAH JAWABAN NO PERTANYAAN YA TIDAK 1 Apakah ada anggota keluarga yang merokok 30 0 2 Apakah anggota keluarga terbiasa mencuci tangan dengan sabun 11 19 . 11 0 ANALISA DAN RENCANA TINDAK LANJUT 1. Tidak . 0 0 b. Penggunaan air bersih tetap di perhatikan 3. Tidak ada alasan. Tersedia tempat pembuangan sampah yang tidak 0 0 tertutup c. Semen 10 0 c.alasan. Dibuatkan sarana pembuangan Limbah /SPAL 30 0 9 Pembuangan sampah rumah tangga a...) 30 0 10 Apakah mempunyai TOGA (Tanaman obat keluarga ) a. Tersedia tempat pembuangan sampah yang tertutup. Terbuka 0 0 b. Tertutup 30 0 7 Lantai Kamar mandi a.alasannya (dibakar. Tidak tersedia .tetap diperhatikan 5...

Penyuluhan diadakan setiap ada kegiatan 3. Penyuluhan kesehatan diadakan setiap 2 bln sekali . sebelum makan ? 3 Apakah anggota keluarga terbiasa menggosok gigi 2 kali sehari? 10 20 4 Apakah anggota keluarga ada yang minum miras ? 30 5 Apakah anggota keluarga melakukan kegiatan PSN(pemberantasan sarang nyamuk )minimal 1mgg sekali? 11 19 6 Apakah keluarga terbiasa mandi 2 x sehari ? 20 10 7 Apakah keluarga biasa Melakukan aktifitas /olah raga minimal 30 menit setiap hari? 1.Alasan (krn sudah beraktfs dirmh ) 30 0 ANALISA DAN RENCANA TINDAK LANJUT 1. Ya.Lansia 5 25 ANALISA DAN RENCANA TINDAK LANJUT 1. Perlunya di bentuk posy.Lansia 0 30 2 Apakah lansia memanfaatkan Posy. Tidak .LANSIA JUMLAH JAWABAN NO PERTANYAAN YA TIDAK 1 Apakah terdapat Posy.Lansia 2. 2. Perlunya penyuluhan PHBS Tatanan rumah tangga di Desa 2. Perlu adanya pelatihan Kader tentang masalah Kesehatan 3 kali setahun F.

VII DOLOK ILIR JUMLAH SAMPEL :30 A. Jarak rumah ke Fasilitas kesehatan kurang dari 1 km 3. KESEHATAN IBU DAN ANAK . SURVEY MAWAS DIRI DESA AFD.DAN IMUNISASI JUMLAH JAWABAN NO PERTANYAAN YA TIDAK 1 Keluarga mempunyai Balita dan ibu Hamil harus diperiksa rutin 10 20 2 Ibu melahirkan di fasilitas kesehatan 10 20 3 Penolong Persalinan Bidan/Dokter 23 7 4 Bumil Memeriksakan kehamilannya minimal 4 kali 13 17 5 Bumil mengalami gangguan kehamilan 0 30 .KB.GIZI. AKSES PELAYANAN DAN PEMBIAYAAN KESEHATAN JUMLAH JAWABAN NO PERTANYAAN YA TIDAK 1 Anggota keluarga berobat ke tenaga kesehatan(dokter/dtr gigi) 30 0 2 Jarak rumah ke Fasilitas kesehatan kurang dari 1 km 19 11 3 Sarana transportasi kendaraan pribadi 30 0 4 Keluarga peserta BPJS 30 0 ANALISA DAN RENCANA TINDAK LANJUT PROGRAM 1. Sarana transportasi kendaraan pribadi 4. Anggota keluarga berobat ke tenaga kesehatan(dokter/dtr gigi) 2. Keluarga peserta BPJS B.

Ibu melahirkan harus di fasilitas kesehatan 3. b.2. PELAKSANA . Penimbangan balita di posyandu rutin dilakukan tiap bulan 6.Batuk Filek 5 25 2.Demam Berdarah 0 30 5.ibu harus melahirkan di Fasilitas kesehatan.TBC 0 30 6.6.KIA . Diharapkan keluarga yang mempunyai Balita dan ibu Hamil harus diperiksa rutin 2. Hipertensi 18 12 4.Demam Tifus 0 30 . WAKTU PELAKSANAAN a. Setiap bulan di Posyandu untuk kegiatan 1. Penyuluhan tentang : pemberian ASI eklusif sampai 6 bulan. Penolong Persalinan Bidan/Dokter 4. Pemeriksaan Bumil minimal 4 kali selama kehamilannya 5.makanan bergizi untuk ibu hamil dan setelah melahirkan masih perlu dilakukan oleh petugas kesehatan .dibantu oleh Bidan Desa dan Kader C.5.Surveilans JUMLAH JAWABAN NO PERTANYAAN YA TIDAK Dalam 3 bulan terakhir apakah ada anggota keluarga yang sakit 1. Petugas Promkes . Setiap 3 bulan sekali di Posyandu untuk kegiatan 4.Diare 0 30 3.3. 6 Balita ditimbang minimal 8 x /tahun 10 20 7 Ibu memberi ASI pada 6 bulan pertama tanpa makanan 4 26 tambahan 8 Keluarga menggunakan Alat kontrasepri 30 0 9 Ibu biasa untuk sarapan pagi 16 14 10 Menggunakan garam beryodium 30 0 ANALISA DAN RENCANA TINDAK LANJUT PROGRAM 1.

Diharapkan keluarga lebih tanggap untuk memeriksakan kesehatannya ke fasilitas kesehatan 2. Sungai 0 0 4 Kualitas Air Bersih yang dipakai sehari-hari a. 2 bulan bulan sekali sesuai jadwal posyandu PELAKSANA .alasannya . Tidak berasa.Rumah Dan Lingkungan JUMLAH JAWABAN NO PERTANYAAN YA TIDAK 1 Berapa Luas rumah keluarga yang ditempati 2 Pembuangan kotoran (Jamban keluarga ) a.tentang kesehatan WAKTU PELAKSANAAN .Campak 0 30 9.Diabetes Melitus (DM) 3 27 12. 0 0 . Desa D. Tidak ada sarana .Hepatitis 0 30 10. PDAM 19 0 c.. Tidak berasa. Sumur 11 0 b.Petugas P2M. Puskesmas b...tidak berbau.dibantu Bidan Desa SUMBER DANA a.mengambil dari sumber yang : a.Gatal-gatal 15 15 8. Ada sarana dan memenuhi syarat 30 0 b...Pneumonia (Balita) 0 30 ANALISA DAN RENCANA TINDAK LANJUT PROGRAM 1. Ada sarana dan tidak memenuhi syarat 0 0 c. Petugas Promkes ..sebutkan . 7.Varices 0 30 11.berbau atau keruh 0 0 c.tidak bewarna (jernih ) 30 0 b. Dilakukan penyuluhan . Lainnya.? 0 0 3 Penyediaan Air bersih.

Ada didalam rumah 30 0 b.Minimal 3 jenis 14 0 b. Pembuangan limbah rumah tangga... Tidak . Tanah 0 0 b. Tidak tersedia . 0 0 6 Jenis Kamar Mandi a.Kurang dari 3 jenis 5 0 c... Dibuatkan sarana pembuangan Limbah /SPAL 30 0 9 Pembuangan sampah rumah tangga a. Tidak ada alasan. Tertutup 30 0 7 Lantai Kamar mandi a. Ya.. Semen 10 0 c. Ya. Mempunyai TOGA E.. Terbuka 0 0 b..5 Kamar mandi yang dipakai a...Prilaku Anggota Keluarga JUMLAH JAWABAN NO PERTANYAAN YA TIDAK . Ada diluar rumah 0 0 c. Ubin /keramik 20 0 8 Pembuangan Limbah Kamar mandi – . 11 0 ANALISA DAN RENCANA TINDAK LANJUT 1.tetap diperhatikan 5. 0 0 b. Tersedia tempat pembuangan sampah yang tidak 0 0 tertutup 30 0 c. Penggunaan air bersih tetap di perhatikan 3.alasannya (dibakar. Tersedia tempat pembuangan sampah yang tertutup.alasan.. Pengenalan Bank sampah 4.) 10 Apakah mempunyai TOGA (Tanaman obat keluarga ) a.

Alasan (krn sudah beraktfs dirmh ) 30 0 ANALISA DAN RENCANA TINDAK LANJUT 1. Perlunya penyuluhan PHBS Tatanan rumah tangga di Desa 2.Lansia 0 30 2 Apakah lansia memanfaatkan Posy. Penyuluhan kesehatan diadakan setiap 2 bln sekali . Ya. Perlu adanya pelatihan Kader tentang masalah Kesehatan 3 kali setahun F. Perlunya di bentuk posy.LANSIA JUMLAH JAWABAN NO PERTANYAAN YA TIDAK 1 Apakah terdapat Posy.Lansia 5 25 ANALISA DAN RENCANA TINDAK LANJUT 1.1 Apakah ada anggota keluarga yang merokok 30 0 2 Apakah anggota keluarga terbiasa mencuci tangan dengan sabun 11 19 sebelum makan ? 3 Apakah anggota keluarga terbiasa menggosok gigi 2 kali sehari? 10 20 4 Apakah anggota keluarga ada yang minum miras ? 30 5 Apakah anggota keluarga melakukan kegiatan PSN(pemberantasan sarang nyamuk )minimal 1mgg sekali? 11 19 6 Apakah keluarga terbiasa mandi 2 x sehari ? 20 10 7 Apakah keluarga biasa Melakukan aktifitas /olah raga minimal 30 menit setiap hari? 1. Tidak . 2.Lansia 2. Penyuluhan diadakan setiap ada kegiatan 3.

Jarak rumah ke Fasilitas kesehatan lebih dari 1 km 3. Anggota keluarga berobat ke tenaga kesehatan(dokter/dtr gigi) 2. SURVEY MAWAS DIRI DESA KORAJIM JUMLAH SAMPEL :30 A. AKSES PELAYANAN DAN PEMBIAYAAN KESEHATAN JUMLAH JAWABAN NO PERTANYAAN YA TIDAK 1 Anggota keluarga berobat ke tenaga kesehatan(dokter/dtr gigi) 30 0 2 Jarak rumah ke Fasilitas kesehatan kurang dari 1 km 0 30 3 Sarana transportasi kendaraan pribadi 30 0 4 Keluarga peserta BPJS 30 0 ANALISA DAN RENCANA TINDAK LANJUT PROGRAM 1. Keluarga peserta BPJS B.KB.DAN IMUNISASI JUMLAH JAWABAN NO PERTANYAAN YA TIDAK 1 Keluarga mempunyai Balita dan ibu Hamil harus diperiksa rutin 10 20 2 Ibu melahirkan di fasilitas kesehatan 10 20 3 Penolong Persalinan Bidan/Dokter 23 7 4 Bumil Memeriksakan kehamilannya minimal 4 kali 13 17 . Sarana transportasi kendaraan pribadi 4. KESEHATAN IBU DAN ANAK .GIZI.

Demam Berdarah 0 30 5.6. Hipertensi 18 12 4. Penimbangan balita di posyandu rutin dilakukan tiap bulan 6. PELAKSANA . Penolong Persalinan Bidan/Dokter 4.ibu harus melahirkan di Fasilitas kesehatan.Surveilans JUMLAH JAWABAN NO PERTANYAAN YA TIDAK Dalam 3 bulan terakhir apakah ada anggota keluarga yang sakit 1.Batuk Filek 5 25 2. Setiap 3 bulan sekali di Posyandu untuk kegiatan 4. Petugas Promkes .dibantu oleh Bidan Desa dan Kader C.TBC 0 30 .Diare 0 30 3. WAKTU PELAKSANAAN a. Setiap bulan di Posyandu untuk kegiatan 1. Pemeriksaan Bumil minimal 4 kali selama kehamilannya 5.2. 5 Bumil mengalami gangguan kehamilan 0 30 6 Balita ditimbang minimal 8 x /tahun 10 20 7 Ibu memberi ASI pada 6 bulan pertama tanpa makanan 4 26 tambahan 8 Keluarga menggunakan Alat kontrasepri 30 0 9 Ibu biasa untuk sarapan pagi 16 14 10 Menggunakan garam beryodium 30 0 ANALISA DAN RENCANA TINDAK LANJUT PROGRAM 1.makanan bergizi untuk ibu hamil dan setelah melahirkan masih perlu dilakukan oleh petugas kesehatan . Ibu melahirkan harus di fasilitas kesehatan 3. Diharapkan keluarga yang mempunyai Balita dan ibu Hamil harus diperiksa rutin 2.3.5. Penyuluhan tentang : pemberian ASI eklusif sampai 6 bulan. d.

Varices 0 30 11.alasannya .Campak 0 30 9..Gatal-gatal 15 15 8..? 0 0 3 Penyediaan Air bersih. Ada sarana dan memenuhi syarat 30 0 2. Tidak ada sarana . PDAM 19 0 3.tidak berbau.tidak bewarna (jernih ) 30 0 2. Petugas Promkes .Hepatitis 0 30 10.Diabetes Melitus (DM) 3 27 12.tentang kesehatan WAKTU PELAKSANAAN . Puskesmas 2.Pneumonia (Balita) 0 30 ANALISA DAN RENCANA TINDAK LANJUT PROGRAM 1.Petugas P2M. Dilakukan penyuluhan .berbau atau keruh 0 0 .Demam Tifus 0 30 7. 2 bulan bulan sekali sesuai jadwal posyandu PELAKSANA .mengambil dari sumber yang : 1.dibantu Bidan Desa SUMBER DANA 1. Sungai 0 0 4 Kualitas Air Bersih yang dipakai sehari-hari 1.. Sumur 11 0 2. Desa D.Rumah Dan Lingkungan JUMLAH JAWABAN NO PERTANYAAN YA TIDAK 1 Berapa Luas rumah keluarga yang ditempati 2 Pembuangan kotoran (Jamban keluarga ) 1. 6. Tidak berasa. Diharapkan keluarga lebih tanggap untuk memeriksakan kesehatannya ke fasilitas kesehatan 2. Tidak berasa. Ada sarana dan tidak memenuhi syarat 0 0 3.

. Penggunaan air bersih tetap di perhatikan 3... Ya. 0 0 b...Kurang dari 3 jenis 5 0 c. Ya. Tanah 0 0 b. Ada didalam rumah 30 0 2. Dibuatkan sarana pembuangan Limbah /SPAL 30 0 9 Pembuangan sampah rumah tangga a. Tidak .tetap diperhatikan 5.sebutkan .alasannya (dibakar.alasan. Tertutup 30 0 7 Lantai Kamar mandi a.. 0 0 5 Kamar mandi yang dipakai 1. 3. Pengenalan Bank sampah 4. Ubin /keramik 20 0 8 Pembuangan Limbah Kamar mandi – ... Semen 10 0 c. Tersedia tempat pembuangan sampah yang tertutup. 11 0 ANALISA DAN RENCANA TINDAK LANJUT 1... 0 0 6 Jenis Kamar Mandi 1. Ada diluar rumah 0 0 3. Tidak ada alasan.Minimal 3 jenis 14 0 b. Pembuangan limbah rumah tangga.) 10 Apakah mempunyai TOGA (Tanaman obat keluarga ) a. Tidak tersedia .. Terbuka 0 0 2. Mempunyai TOGA E.. Lainnya.Prilaku Anggota Keluarga JUMLAH JAWABAN NO PERTANYAAN YA TIDAK . Tersedia tempat pembuangan sampah yang tidak 0 0 tertutup 30 0 c..

Alasan (krn sudah beraktfs dirmh ) 30 0 ANALISA DAN RENCANA TINDAK LANJUT a.LANSIA JUMLAH JAWABAN NO PERTANYAAN YA TIDAK 1 Apakah terdapat Posy. Perlunya di bentuk posy.Lansia 5 25 ANALISA DAN RENCANA TINDAK LANJUT 1.1 Apakah ada anggota keluarga yang merokok 30 0 2 Apakah anggota keluarga terbiasa mencuci tangan dengan sabun 11 19 sebelum makan ? 3 Apakah anggota keluarga terbiasa menggosok gigi 2 kali sehari? 10 20 4 Apakah anggota keluarga ada yang minum miras ? 30 5 Apakah anggota keluarga melakukan kegiatan PSN(pemberantasan sarang nyamuk )minimal 1mgg sekali? 11 19 6 Apakah keluarga terbiasa mandi 2 x sehari ? 20 10 7 Apakah keluarga biasa Melakukan aktifitas /olah raga minimal 30 menit setiap hari? a. Penyuluhan diadakan setiap ada kegiatan c. b. Perlu adanya pelatihan Kader tentang masalah Kesehatan 3 kali setahun F.Lansia 2.Lansia 0 30 2 Apakah lansia memanfaatkan Posy. Tidak . Perlunya penyuluhan PHBS Tatanan rumah tangga di Desa b. Penyuluhan kesehatan diadakan setiap 2 bln sekali . Ya.

KESEHATAN IBU DAN ANAK . Anggota keluarga berobat ke tenaga kesehatan(dokter/dtr gigi) 2. SURVEY MAWAS DIRI DESA BAHDAMAR JUMLAH SAMPEL :30 A.DAN IMUNISASI JUMLAH JAWABAN NO PERTANYAAN YA TIDAK 1 Keluarga mempunyai Balita dan ibu Hamil harus diperiksa rutin 10 20 2 Ibu melahirkan di fasilitas kesehatan 10 20 .GIZI. Sarana transportasi kendaraan pribadi 4. Keluarga peserta BPJS B. AKSES PELAYANAN DAN PEMBIAYAAN KESEHATAN JUMLAH JAWABAN NO PERTANYAAN YA TIDAK 1 Anggota keluarga berobat ke tenaga kesehatan(dokter/dtr gigi) 30 0 2 Jarak rumah ke Fasilitas kesehatan kurang dari 1 km 19 11 3 Sarana transportasi kendaraan pribadi 30 0 4 Keluarga peserta BPJS 30 0 ANALISA DAN RENCANA TINDAK LANJUT PROGRAM 1. Jarak rumah ke Fasilitas kesehatan kurang dari 1 km 3.KB.

Diare 0 30 3. Setiap bulan di Posyandu untuk kegiatan 1.2.5. PELAKSANA . Setiap 3 bulan sekali di Posyandu untuk kegiatan 4.makanan bergizi untuk ibu hamil dan setelah melahirkan masih perlu dilakukan oleh petugas kesehatan . 3 Penolong Persalinan Bidan/Dokter 23 7 4 Bumil Memeriksakan kehamilannya minimal 4 kali 13 17 5 Bumil mengalami gangguan kehamilan 0 30 6 Balita ditimbang minimal 8 x /tahun 10 20 7 Ibu memberi ASI pada 6 bulan pertama tanpa makanan 4 26 tambahan 8 Keluarga menggunakan Alat kontrasepri 30 0 9 Ibu biasa untuk sarapan pagi 16 14 10 Menggunakan garam beryodium 30 0 ANALISA DAN RENCANA TINDAK LANJUT PROGRAM 1. Pemeriksaan Bumil minimal 4 kali selama kehamilannya 5. Petugas Promkes .3. b. Hipertensi 18 12 4.Batuk Filek 5 25 2. Penyuluhan tentang : pemberian ASI eklusif sampai 6 bulan.Surveilans JUMLAH JAWABAN NO PERTANYAAN YA TIDAK Dalam 3 bulan terakhir apakah ada anggota keluarga yang sakit 1.dibantu oleh Bidan Desa dan Kader C. WAKTU PELAKSANAAN a.6.ibu harus melahirkan di Fasilitas kesehatan. Penolong Persalinan Bidan/Dokter 4. Penimbangan balita di posyandu rutin dilakukan tiap bulan 6. Diharapkan keluarga yang mempunyai Balita dan ibu Hamil harus diperiksa rutin 2.Demam Berdarah 0 30 .KIA.GIZI . Ibu melahirkan harus di fasilitas kesehatan 3.

? 0 0 3 Penyediaan Air bersih. Sungai 0 0 4 Kualitas Air Bersih yang dipakai sehari-hari .Pneumonia (Balita) 0 30 ANALISA DAN RENCANA TINDAK LANJUT PROGRAM c.Varices 0 30 11.Campak 0 30 9. 2 bulan bulan sekali sesuai jadwal posyandu PELAKSANA .tentang kesehatan WAKTU PELAKSANAAN .Petugas P2M. Ada sarana dan memenuhi syarat 30 0 b. Puskesmas b.alasannya .Gatal-gatal 15 15 8. Diharapkan keluarga lebih tanggap untuk memeriksakan kesehatannya ke fasilitas kesehatan d.Demam Tifus 0 30 7.TBC 0 30 6.Hepatitis 0 30 10. Sumur 11 0 b.mengambil dari sumber yang : a.Rumah Dan Lingkungan JUMLAH JAWABAN NO PERTANYAAN YA TIDAK 1 Berapa Luas rumah keluarga yang ditempati 2 Pembuangan kotoran (Jamban keluarga ) a. Petugas Promkes . Ada sarana dan tidak memenuhi syarat 0 0 c. Tidak ada sarana . Dilakukan penyuluhan . Desa D. PDAM 19 0 c.Diabetes Melitus (DM) 3 27 12.dibantu Bidan Desa SUMBER DANA a... 5..

. Mempunyai TOGA .tetap diperhatikan 5.sebutkan . Dibuatkan sarana pembuangan Limbah /SPAL 30 0 9 Pembuangan sampah rumah tangga a. 0 0 5 Kamar mandi yang dipakai a.. Tidak tersedia ... Terbuka 0 0 b..tidak berbau. Ya.tidak bewarna (jernih ) 30 0 b.Kurang dari 3 jenis 5 0 c.alasan. Tidak . 0 0 b.. Penggunaan air bersih tetap di perhatikan 3. Pengenalan Bank sampah 4... Tidak berasa. Ada didalam rumah 30 0 b. a.alasannya (dibakar.. 0 0 6 Jenis Kamar Mandi a. Ada diluar rumah 0 0 c. Tidak ada alasan... Ubin /keramik 20 0 8 Pembuangan Limbah Kamar mandi – .berbau atau keruh 0 0 c.. Tidak berasa. Ya. Pembuangan limbah rumah tangga. Semen 10 0 c. Tersedia tempat pembuangan sampah yang tidak 0 0 tertutup 30 0 c. Lainnya. Tersedia tempat pembuangan sampah yang tertutup. 11 0 ANALISA DAN RENCANA TINDAK LANJUT 1. Tanah 0 0 b.. Tertutup 30 0 7 Lantai Kamar mandi a.) 10 Apakah mempunyai TOGA (Tanaman obat keluarga ) a.Minimal 3 jenis 14 0 b.

Lansia 2.Lansia 5 25 ANALISA DAN RENCANA TINDAK LANJUT 1. Perlunya penyuluhan PHBS Tatanan rumah tangga di Desa 2.LANSIA JUMLAH JAWABAN NO PERTANYAAN YA TIDAK 1 Apakah terdapat Posy. Perlunya di bentuk posy. Penyuluhan diadakan setiap ada kegiatan 3. 2.Alasan (krn sudah beraktfs dirmh ) 30 0 ANALISA DAN RENCANA TINDAK LANJUT 1. E. Perlu adanya pelatihan Kader tentang masalah Kesehatan 3 kali setahun F.Lansia 0 30 2 Apakah lansia memanfaatkan Posy. Penyuluhan kesehatan diadakan setiap 2 bln sekali .Prilaku Anggota Keluarga JUMLAH JAWABAN NO PERTANYAAN YA TIDAK 1 Apakah ada anggota keluarga yang merokok 30 0 2 Apakah anggota keluarga terbiasa mencuci tangan dengan sabun 11 19 sebelum makan ? 3 Apakah anggota keluarga terbiasa menggosok gigi 2 kali sehari? 10 20 4 Apakah anggota keluarga ada yang minum miras ? 30 5 Apakah anggota keluarga melakukan kegiatan PSN(pemberantasan sarang nyamuk )minimal 1mgg sekali? 11 19 6 Apakah keluarga terbiasa mandi 2 x sehari ? 20 10 7 Apakah keluarga biasa Melakukan aktifitas /olah raga minimal 30 menit setiap hari? 1. Tidak . Ya.

Sarana transportasi kendaraan pribadi 4. Jarak rumah ke Fasilitas kesehatan lebih dari 1 km 3.GIZI.KB. AKSES PELAYANAN DAN PEMBIAYAAN KESEHATAN JUMLAH JAWABAN NO PERTANYAAN YA TIDAK 1 Anggota keluarga berobat ke tenaga kesehatan(dokter/dtr gigi) 30 0 2 Jarak rumah ke Fasilitas kesehatan kurang dari 1 km 0 30 3 Sarana transportasi kendaraan pribadi 30 0 4 Keluarga peserta BPJS 30 0 ANALISA DAN RENCANA TINDAK LANJUT PROGRAM 1.DAN IMUNISASI JUMLAH JAWABAN NO PERTANYAAN YA TIDAK 1 Keluarga mempunyai Balita dan ibu Hamil harus diperiksa rutin 10 20 2 Ibu melahirkan di fasilitas kesehatan 10 20 . Keluarga peserta BPJS B. SURVEY MAWAS DIRI DESA PANGLONG JUMLAH SAMPEL :30 A. Anggota keluarga berobat ke tenaga kesehatan(dokter/dtr gigi) 2. KESEHATAN IBU DAN ANAK .

dibantu oleh Bidan Desa dan Kader C.5. Setiap 3 bulan sekali di Posyandu untuk kegiatan 4. Pemeriksaan Bumil minimal 4 kali selama kehamilannya 5.3.ibu harus melahirkan di Fasilitas kesehatan. Petugas Promkes .Diare 0 30 3. b.makanan bergizi untuk ibu hamil dan setelah melahirkan masih perlu dilakukan oleh petugas kesehatan . Setiap bulan di Posyandu untuk kegiatan 1. Hipertensi 18 12 . PELAKSANA . Penyuluhan tentang : pemberian ASI eklusif sampai 6 bulan. Penimbangan balita di posyandu rutin dilakukan tiap bulan 6. Penolong Persalinan Bidan/Dokter 4. Diharapkan keluarga yang mempunyai Balita dan ibu Hamil harus diperiksa rutin 2. Ibu melahirkan harus di fasilitas kesehatan 3.2.Surveilans JUMLAH JAWABAN NO PERTANYAAN YA TIDAK Dalam 3 bulan terakhir apakah ada anggota keluarga yang sakit 1. 3 Penolong Persalinan Bidan/Dokter 23 7 4 Bumil Memeriksakan kehamilannya minimal 4 kali 13 17 5 Bumil mengalami gangguan kehamilan 0 30 6 Balita ditimbang minimal 8 x /tahun 10 20 7 Ibu memberi ASI pada 6 bulan pertama tanpa makanan 4 26 tambahan 8 Keluarga menggunakan Alat kontrasepri 30 0 9 Ibu biasa untuk sarapan pagi 16 14 10 Menggunakan garam beryodium 30 0 ANALISA DAN RENCANA TINDAK LANJUT PROGRAM 1. WAKTU PELAKSANAAN a.Batuk Filek 5 25 2.6.

Sumur 11 0 2.Demam Berdarah 0 30 5. Tidak ada sarana .? 0 0 3 Penyediaan Air bersih. Petugas Promkes . 4.dibantu Bidan Desa SUMBER DANA 1.. Desa D.TBC 0 30 6.Hepatitis 0 30 10.Rumah Dan Lingkungan JUMLAH JAWABAN NO PERTANYAAN YA TIDAK 1 Berapa Luas rumah keluarga yang ditempati 2 Pembuangan kotoran (Jamban keluarga ) 1.Campak 0 30 9.Diabetes Melitus (DM) 3 27 12. Puskesmas 2. 2 bulan bulan sekali sesuai jadwal posyandu PELAKSANA .mengambil dari sumber yang : 1.tentang kesehatan WAKTU PELAKSANAAN .Varices 0 30 11.. Diharapkan keluarga lebih tanggap untuk memeriksakan kesehatannya ke fasilitas kesehatan 2.Pneumonia (Balita) 0 30 ANALISA DAN RENCANA TINDAK LANJUT PROGRAM 1. Ada sarana dan memenuhi syarat 30 0 2. Sungai 0 0 4 Kualitas Air Bersih yang dipakai sehari-hari .Petugas P2M. Ada sarana dan tidak memenuhi syarat 0 0 3.alasannya .Demam Tifus 0 30 7. Dilakukan penyuluhan . PDAM 19 0 3..Gatal-gatal 15 15 8.

Tersedia tempat pembuangan sampah yang tertutup... Tidak berasa. Tersedia tempat pembuangan sampah yang tidak 0 0 tertutup c.sebutkan .) 30 0 10 Apakah mempunyai TOGA (Tanaman obat keluarga ) a.tidak bewarna (jernih ) 30 0 2. Pengenalan Bank sampah 4. Terbuka 0 0 2.alasannya (dibakar...tetap diperhatikan 5... Ya. Tidak .Prilaku Anggota Keluarga . Ada didalam rumah 30 0 2. 0 0 6 Jenis Kamar Mandi 1. Lainnya. Tidak berasa.Minimal 3 jenis 14 0 b. Ya. Tanah 0 0 b. Tidak tersedia .. Penggunaan air bersih tetap di perhatikan 3. 1. 11 0 ANALISA DAN RENCANA TINDAK LANJUT 1. 0 0 b.. Ada diluar rumah 0 0 3. 0 0 5 Kamar mandi yang dipakai 1.. Semen 10 0 c. Pembuangan limbah rumah tangga. Ubin /keramik 20 0 8 Pembuangan Limbah Kamar mandi – ...alasan. Tidak ada alasan.tidak berbau.berbau atau keruh 0 0 3. Mempunyai TOGA E.Kurang dari 3 jenis 5 0 c.. Dibuatkan sarana pembuangan Limbah /SPAL 30 0 9 Pembuangan sampah rumah tangga a.. Tertutup 30 0 7 Lantai Kamar mandi a.

Perlu adanya pelatihan Kader tentang masalah Kesehatan 3 kali setahun F.Lansia 5 25 ANALISA DAN RENCANA TINDAK LANJUT 1. Penyuluhan diadakan setiap ada kegiatan 3. Ya. Tidak . JUMLAH JAWABAN NO PERTANYAAN YA TIDAK 1 Apakah ada anggota keluarga yang merokok 30 0 2 Apakah anggota keluarga terbiasa mencuci tangan dengan sabun 11 19 sebelum makan ? 3 Apakah anggota keluarga terbiasa menggosok gigi 2 kali sehari? 10 20 4 Apakah anggota keluarga ada yang minum miras ? 30 5 Apakah anggota keluarga melakukan kegiatan PSN(pemberantasan sarang nyamuk )minimal 1mgg sekali? 11 19 6 Apakah keluarga terbiasa mandi 2 x sehari ? 20 10 7 Apakah keluarga biasa Melakukan aktifitas /olah raga minimal 30 menit setiap hari? 1. Penyuluhan kesehatan diadakan setiap 2 bln sekali .Alasan (krn sudah beraktfs dirmh ) 30 0 ANALISA DAN RENCANA TINDAK LANJUT 1. 2. Perlunya di bentuk posy.LANSIA JUMLAH JAWABAN NO PERTANYAAN YA TIDAK 1 Apakah terdapat Posy. Perlunya penyuluhan PHBS Tatanan rumah tangga di Desa 2.Lansia 0 30 2 Apakah lansia memanfaatkan Posy.Lansia 2.

Anggota keluarga berobat ke tenaga kesehatan(dokter/dtr gigi) 2. SURVEY MAWAS DIRI DESA BANDARAWAN JUMLAH SAMPEL :30 A.DAN IMUNISASI JUMLAH JAWABAN NO PERTANYAAN YA TIDAK . Sarana transportasi kendaraan pribadi 4.KB. KESEHATAN IBU DAN ANAK . AKSES PELAYANAN DAN PEMBIAYAAN KESEHATAN JUMLAH JAWABAN NO PERTANYAAN YA TIDAK 1 Anggota keluarga berobat ke tenaga kesehatan(dokter/dtr gigi) 30 0 2 Jarak rumah ke Fasilitas kesehatan kurang dari 1 km 19 11 3 Sarana transportasi kendaraan pribadi 30 0 4 Keluarga peserta BPJS 30 0 ANALISA DAN RENCANA TINDAK LANJUT PROGRAM 1. Keluarga peserta BPJS B. Jarak rumah ke Fasilitas kesehatan kurang dari 1 km 3.GIZI.

Ibu melahirkan harus di fasilitas kesehatan 3.KIA. PELAKSANA .GIZI . Diharapkan keluarga yang mempunyai Balita dan ibu Hamil harus diperiksa rutin 2. Setiap 3 bulan sekali di Posyandu untuk kegiatan 4. WAKTU PELAKSANAAN a. Setiap bulan di Posyandu untuk kegiatan 1. 1 Keluarga mempunyai Balita dan ibu Hamil harus diperiksa rutin 10 20 2 Ibu melahirkan di fasilitas kesehatan 10 20 3 Penolong Persalinan Bidan/Dokter 23 7 4 Bumil Memeriksakan kehamilannya minimal 4 kali 13 17 5 Bumil mengalami gangguan kehamilan 0 30 6 Balita ditimbang minimal 8 x /tahun 10 20 7 Ibu memberi ASI pada 6 bulan pertama tanpa makanan 4 26 tambahan 8 Keluarga menggunakan Alat kontrasepri 30 0 9 Ibu biasa untuk sarapan pagi 16 14 10 Menggunakan garam beryodium 30 0 ANALISA DAN RENCANA TINDAK LANJUT PROGRAM 1.ibu harus melahirkan di Fasilitas kesehatan.dibantu oleh Bidan Desa dan Kader C. Petugas Promkes .Surveilans JUMLAH JAWABAN NO PERTANYAAN YA TIDAK Dalam 3 bulan terakhir apakah ada anggota keluarga yang sakit 1.5.6.Diare 0 30 .3. b. Penyuluhan tentang : pemberian ASI eklusif sampai 6 bulan. Pemeriksaan Bumil minimal 4 kali selama kehamilannya 5. Penolong Persalinan Bidan/Dokter 4.Batuk Filek 5 25 2. Penimbangan balita di posyandu rutin dilakukan tiap bulan 6.makanan bergizi untuk ibu hamil dan setelah melahirkan masih perlu dilakukan oleh petugas kesehatan .2.

Ada sarana dan memenuhi syarat 30 0 b. Ada sarana dan tidak memenuhi syarat 0 0 c. 2 bulan bulan sekali sesuai jadwal posyandu PELAKSANA .Pneumonia (Balita) 0 30 ANALISA DAN RENCANA TINDAK LANJUT PROGRAM c.mengambil dari sumber yang : a.Varices 0 30 11. 3. Desa D.Gatal-gatal 15 15 8. Sungai 0 0 ..? 0 0 3 Penyediaan Air bersih.Diabetes Melitus (DM) 3 27 12. Hipertensi 18 12 4.. Petugas Promkes . Dilakukan penyuluhan .Hepatitis 0 30 10.tentang kesehatan WAKTU PELAKSANAAN . Tidak ada sarana .Demam Berdarah 0 30 5. PDAM 19 0 c. Sumur 11 0 b.Demam Tifus 0 30 7.Rumah Dan Lingkungan JUMLAH JAWABAN NO PERTANYAAN YA TIDAK 1 Berapa Luas rumah keluarga yang ditempati 2 Pembuangan kotoran (Jamban keluarga ) a.TBC 0 30 6.Petugas P2M. Diharapkan keluarga lebih tanggap untuk memeriksakan kesehatannya ke fasilitas kesehatan d.. Puskesmas b.alasannya .dibantu Bidan Desa SUMBER DANA a.Campak 0 30 9.

0 0 6 Jenis Kamar Mandi a.. Tidak . Terbuka 0 0 b. Pembuangan limbah rumah tangga. Ada didalam rumah 30 0 b. Semen 10 0 c.Kurang dari 3 jenis 5 0 c...tetap diperhatikan 5. Tidak berasa. Ubin /keramik 20 0 8 Pembuangan Limbah Kamar mandi – . Tersedia tempat pembuangan sampah yang tidak 0 0 tertutup 30 0 c. Tanah 0 0 b.. Tertutup 30 0 7 Lantai Kamar mandi a.sebutkan ..4 Kualitas Air Bersih yang dipakai sehari-hari a. Tersedia tempat pembuangan sampah yang tertutup. Lainnya.. Tidak ada alasan. 0 0 5 Kamar mandi yang dipakai a. Dibuatkan sarana pembuangan Limbah /SPAL 30 0 9 Pembuangan sampah rumah tangga a.. Ya.. Tidak berasa.) 10 Apakah mempunyai TOGA (Tanaman obat keluarga ) a.tidak bewarna (jernih ) 30 0 b.. 11 0 ANALISA DAN RENCANA TINDAK LANJUT 1.. Tidak tersedia . Ya.berbau atau keruh 0 0 c..Penggunaan air bersih tetap di perhatikan 3.tidak berbau.. Ada diluar rumah 0 0 c..alasannya (dibakar. Pengenalan Bank sampah 4.Minimal 3 jenis 14 0 b.alasan. Mempunyai TOGA . 0 0 b.

Perlu adanya pelatihan Kader tentang masalah Kesehatan 3 kali setahun F. Perlunya di bentuk posy.Lansia .Lansia 5 25 ANALISA DAN RENCANA TINDAK LANJUT 1.Prilaku Anggota Keluarga JUMLAH JAWABAN NO PERTANYAAN YA TIDAK 1 Apakah ada anggota keluarga yang merokok 30 0 2 Apakah anggota keluarga terbiasa mencuci tangan dengan sabun 11 19 sebelum makan ? 3 Apakah anggota keluarga terbiasa menggosok gigi 2 kali sehari? 10 20 4 Apakah anggota keluarga ada yang minum miras ? 30 5 Apakah anggota keluarga melakukan kegiatan PSN(pemberantasan sarang nyamuk )minimal 1mgg sekali? 11 19 6 Apakah keluarga terbiasa mandi 2 x sehari ? 20 10 7 Apakah keluarga biasa Melakukan aktifitas /olah raga minimal 30 menit setiap hari? 1.LANSIA JUMLAH JAWABAN NO PERTANYAAN YA TIDAK 1 Apakah terdapat Posy. Tidak . Penyuluhan diadakan setiap ada kegiatan 3. 2. Perlunya penyuluhan PHBS Tatanan rumah tangga di Desa 2.Alasan (krn sudah beraktfs dirmh ) 30 0 ANALISA DAN RENCANA TINDAK LANJUT 1. Ya. E.Lansia 0 30 2 Apakah lansia memanfaatkan Posy.

KB. 2. Jarak rumah ke Fasilitas kesehatan kurang dari 1 km 3. AKSES PELAYANAN DAN PEMBIAYAAN KESEHATAN JUMLAH JAWABAN NO PERTANYAAN YA TIDAK 1 Anggota keluarga berobat ke tenaga kesehatan(dokter/dtr gigi) 30 0 2 Jarak rumah ke Fasilitas kesehatan kurang dari 1 km 19 11 3 Sarana transportasi kendaraan pribadi 30 0 4 Keluarga peserta BPJS 30 0 ANALISA DAN RENCANA TINDAK LANJUT PROGRAM 1. Keluarga peserta BPJS B. Anggota keluarga berobat ke tenaga kesehatan(dokter/dtr gigi) 2.DAN IMUNISASI . Sarana transportasi kendaraan pribadi 4. Penyuluhan kesehatan diadakan setiap 2 bln sekali SURVEY MAWAS DIRI DESA LIMBONG JUMLAH SAMPEL :30 A.GIZI. KESEHATAN IBU DAN ANAK .

JUMLAH JAWABAN NO PERTANYAAN YA TIDAK 1 Keluarga mempunyai Balita dan ibu Hamil harus diperiksa rutin 10 20 2 Ibu melahirkan di fasilitas kesehatan 10 20 3 Penolong Persalinan Bidan/Dokter 23 7 4 Bumil Memeriksakan kehamilannya minimal 4 kali 13 17 5 Bumil mengalami gangguan kehamilan 0 30 6 Balita ditimbang minimal 8 x /tahun 10 20 7 Ibu memberi ASI pada 6 bulan pertama tanpa makanan 4 26 tambahan 8 Keluarga menggunakan Alat kontrasepri 30 0 9 Ibu biasa untuk sarapan pagi 16 14 10 Menggunakan garam beryodium 30 0 ANALISA DAN RENCANA TINDAK LANJUT PROGRAM 1. Ibu melahirkan harus di fasilitas kesehatan 3.makanan bergizi untuk ibu hamil dan setelah melahirkan masih perlu dilakukan oleh petugas kesehatan . Diharapkan keluarga yang mempunyai Balita dan ibu Hamil harus diperiksa rutin 2. PELAKSANA .KIA . Penolong Persalinan Bidan/Dokter 4. WAKTU PELAKSANAAN a. Penimbangan balita di posyandu rutin dilakukan tiap bulan 6.5.3.ibu harus melahirkan di Fasilitas kesehatan. Petugas Promkes .2. Setiap 3 bulan sekali di Posyandu untuk kegiatan 4.dibantu oleh Bidan Desa dan Kader C.Surveilans JUMLAH JAWABAN NO PERTANYAAN YA TIDAK Dalam 3 bulan terakhir apakah ada anggota keluarga yang sakit . Setiap bulan di Posyandu untuk kegiatan 1.6. Pemeriksaan Bumil minimal 4 kali selama kehamilannya 5. Penyuluhan tentang : pemberian ASI eklusif sampai 6 bulan. b.

2 bulan bulan sekali sesuai jadwal posyandu PELAKSANA .tentang kesehatan WAKTU PELAKSANAAN . Puskesmas b. Tidak ada sarana . Dilakukan penyuluhan ...Batuk Filek 5 25 2.? 0 0 3 Penyediaan Air bersih.Campak 0 30 9.Diare 0 30 3.Demam Tifus 0 30 7.Varices 0 30 11. Desa D.dibantu Bidan Desa SUMBER DANA a..Hepatitis 0 30 10.Gatal-gatal 15 15 8. 1.Pneumonia (Balita) 0 30 ANALISA DAN RENCANA TINDAK LANJUT PROGRAM 1.TBC 0 30 6.alasannya . Hipertensi 18 12 4. Ada sarana dan tidak memenuhi syarat 0 0 c.Diabetes Melitus (DM) 3 27 12. Diharapkan keluarga lebih tanggap untuk memeriksakan kesehatannya ke fasilitas kesehatan 2. Petugas Promkes .Petugas P2M.mengambil dari sumber yang : a.Rumah Dan Lingkungan JUMLAH JAWABAN NO PERTANYAAN YA TIDAK 1 Berapa Luas rumah keluarga yang ditempati 2 Pembuangan kotoran (Jamban keluarga ) a. Ada sarana dan memenuhi syarat 30 0 b. Sumur 11 0 .Demam Berdarah 0 30 5.

. Tidak tersedia ... Tidak . Pengenalan Bank sampah . PDAM 19 0 c. Ada diluar rumah 0 0 c.. Tertutup 30 0 7 Lantai Kamar mandi a..) 10 Apakah mempunyai TOGA (Tanaman obat keluarga ) a.Minimal 3 jenis 14 0 b.alasannya (dibakar.. Semen 10 0 c. Tidak berasa.berbau atau keruh 0 0 c.tidak bewarna (jernih ) 30 0 b. Dibuatkan sarana pembuangan Limbah /SPAL 30 0 9 Pembuangan sampah rumah tangga a.. Sungai 0 0 4 Kualitas Air Bersih yang dipakai sehari-hari a. b.. Tersedia tempat pembuangan sampah yang tertutup. 0 0 b..sebutkan . Tidak berasa. Ya. Tidak ada alasan. 11 0 ANALISA DAN RENCANA TINDAK LANJUT 1. Ya. Terbuka 0 0 b.. 0 0 6 Jenis Kamar Mandi a. Tersedia tempat pembuangan sampah yang tidak 0 0 tertutup 30 0 c. Penggunaan air bersih tetap di perhatikan 3.alasan. Ubin /keramik 20 0 8 Pembuangan Limbah Kamar mandi – . Tanah 0 0 b..Kurang dari 3 jenis 5 0 c... 0 0 5 Kamar mandi yang dipakai a. Ada didalam rumah 30 0 b.tidak berbau. Lainnya.

Penyuluhan diadakan setiap ada kegiatan 3.tetap diperhatikan 5. Ya.Prilaku Anggota Keluarga JUMLAH JAWABAN NO PERTANYAAN YA TIDAK 1 Apakah ada anggota keluarga yang merokok 30 0 2 Apakah anggota keluarga terbiasa mencuci tangan dengan sabun 11 19 sebelum makan ? 3 Apakah anggota keluarga terbiasa menggosok gigi 2 kali sehari? 10 20 4 Apakah anggota keluarga ada yang minum miras ? 30 5 Apakah anggota keluarga melakukan kegiatan PSN(pemberantasan sarang nyamuk )minimal 1mgg sekali? 11 19 6 Apakah keluarga terbiasa mandi 2 x sehari ? 20 10 7 Apakah keluarga biasa Melakukan aktifitas /olah raga minimal 30 menit setiap hari? a. Perlunya penyuluhan PHBS Tatanan rumah tangga di Desa 2. Tidak . 4. Mempunyai TOGA E. b.LANSIA JUMLAH JAWABAN NO PERTANYAAN YA TIDAK 1 Apakah terdapat Posy. Pembuangan limbah rumah tangga. Perlu adanya pelatihan Kader tentang masalah Kesehatan 3 kali setahun F.Alasan (krn sudah beraktfs dirmh ) 30 0 ANALISA DAN RENCANA TINDAK LANJUT 1.Lansia 0 30 2 Apakah lansia memanfaatkan Posy.Lansia 5 25 ANALISA DAN RENCANA TINDAK LANJUT .

Perlunya di bentuk posy. KESEHATAN IBU DAN ANAK .GIZI. AKSES PELAYANAN DAN PEMBIAYAAN KESEHATAN JUMLAH JAWABAN NO PERTANYAAN YA TIDAK 1 Anggota keluarga berobat ke tenaga kesehatan(dokter/dtr gigi) 30 0 2 Jarak rumah ke Fasilitas kesehatan kurang dari 1 km 19 11 3 Sarana transportasi kendaraan pribadi 30 0 4 Keluarga peserta BPJS 30 0 ANALISA DAN RENCANA TINDAK LANJUT PROGRAM 1. Keluarga peserta BPJS B. Anggota keluarga berobat ke tenaga kesehatan(dokter/dtr gigi) 2.KB. Jarak rumah ke Fasilitas kesehatan kurang dari 1 km 3.DAN IMUNISASI . Sarana transportasi kendaraan pribadi 4.Lansia 2. 1. Penyuluhan kesehatan diadakan setiap 2 bln sekali SURVEY MAWAS DIRI DESA NAGARAJA I JUMLAH SAMPEL :30 A.

2. b.3. Pemeriksaan Bumil minimal 4 kali selama kehamilannya 5.GIZI .KIA. Setiap bulan di Posyandu untuk kegiatan 1.dibantu oleh Bidan Desa dan Kader C. PELAKSANA . Penimbangan balita di posyandu rutin dilakukan tiap bulan 6. Penolong Persalinan Bidan/Dokter 4. Penyuluhan tentang : pemberian ASI eklusif sampai 6 bulan. Setiap 3 bulan sekali di Posyandu untuk kegiatan 4.ibu harus melahirkan di Fasilitas kesehatan. Diharapkan keluarga yang mempunyai Balita dan ibu Hamil harus diperiksa rutin 2. Ibu melahirkan harus di fasilitas kesehatan 3. WAKTU PELAKSANAAN a.5.6. JUMLAH JAWABAN NO PERTANYAAN YA TIDAK 1 Keluarga mempunyai Balita dan ibu Hamil harus diperiksa rutin 10 20 2 Ibu melahirkan di fasilitas kesehatan 10 20 3 Penolong Persalinan Bidan/Dokter 23 7 4 Bumil Memeriksakan kehamilannya minimal 4 kali 13 17 5 Bumil mengalami gangguan kehamilan 0 30 6 Balita ditimbang minimal 8 x /tahun 10 20 7 Ibu memberi ASI pada 6 bulan pertama tanpa makanan 4 26 tambahan 8 Keluarga menggunakan Alat kontrasepri 30 0 9 Ibu biasa untuk sarapan pagi 16 14 10 Menggunakan garam beryodium 30 0 ANALISA DAN RENCANA TINDAK LANJUT PROGRAM 1. Petugas Promkes .makanan bergizi untuk ibu hamil dan setelah melahirkan masih perlu dilakukan oleh petugas kesehatan .Surveilans JUMLAH JAWABAN NO PERTANYAAN YA TIDAK Dalam 3 bulan terakhir apakah ada anggota keluarga yang sakit .

Petugas Promkes .Demam Berdarah 0 30 5..dibantu Bidan Desa SUMBER DANA a.Campak 0 30 9.? 0 0 3 Penyediaan Air bersih. .Pneumonia (Balita) 0 30 ANALISA DAN RENCANA TINDAK LANJUT PROGRAM 1.mengambil dari sumber yang : . Tidak ada sarana . 1.Hepatitis 0 30 10..Demam Tifus 0 30 7. Desa D. Dilakukan penyuluhan .tentang kesehatan WAKTU PELAKSANAAN .Varices 0 30 11.Diabetes Melitus (DM) 3 27 12.alasannya .Petugas P2M. 2 bulan bulan sekali sesuai jadwal posyandu PELAKSANA .Batuk Filek 5 25 2. Diharapkan keluarga lebih tanggap untuk memeriksakan kesehatannya ke fasilitas kesehatan 2. Hipertensi 18 12 4.Rumah Dan Lingkungan JUMLAH JAWABAN NO PERTANYAAN YA TIDAK 1 Berapa Luas rumah keluarga yang ditempati 2 Pembuangan kotoran (Jamban keluarga ) a.Diare 0 30 3.TBC 0 30 6. Puskesmas b..Gatal-gatal 15 15 8. Ada sarana dan tidak memenuhi syarat 0 0 c. Ada sarana dan memenuhi syarat 30 0 b.

0 0 5 Kamar mandi yang dipakai a.. Ubin /keramik 20 0 8 Pembuangan Limbah Kamar mandi – ...Kurang dari 3 jenis 5 0 c. Tidak . a.Minimal 3 jenis 14 0 b. 0 0 b. Ada diluar rumah 0 0 c. Terbuka 0 0 b. Sungai 0 0 4 Kualitas Air Bersih yang dipakai sehari-hari a. Tanah 0 0 b. PDAM 19 0 c. 0 0 6 Jenis Kamar Mandi a.alasannya (dibakar. Dibuatkan sarana pembuangan Limbah /SPAL 30 0 9 Pembuangan sampah rumah tangga a. Tertutup 30 0 7 Lantai Kamar mandi a... Tidak ada alasan.. Ada didalam rumah 30 0 b.. Tidak tersedia . Tidak berasa.alasan..tidak bewarna (jernih ) 30 0 b... Penggunaan air bersih tetap di perhatikan . Tidak berasa.) 10 Apakah mempunyai TOGA (Tanaman obat keluarga ) a.berbau atau keruh 0 0 c. Tersedia tempat pembuangan sampah yang tidak 0 0 tertutup 30 0 c.. Lainnya. Sumur 11 0 b.tidak berbau..sebutkan . Ya.. Semen 10 0 c. Ya. Tersedia tempat pembuangan sampah yang tertutup. 11 0 ANALISA DAN RENCANA TINDAK LANJUT 1.

Ya.Prilaku Anggota Keluarga JUMLAH JAWABAN NO PERTANYAAN YA TIDAK 1 Apakah ada anggota keluarga yang merokok 30 0 2 Apakah anggota keluarga terbiasa mencuci tangan dengan sabun 11 19 sebelum makan ? 3 Apakah anggota keluarga terbiasa menggosok gigi 2 kali sehari? 10 20 4 Apakah anggota keluarga ada yang minum miras ? 30 5 Apakah anggota keluarga melakukan kegiatan PSN(pemberantasan sarang nyamuk )minimal 1mgg sekali? 11 19 6 Apakah keluarga terbiasa mandi 2 x sehari ? 20 10 7 Apakah keluarga biasa Melakukan aktifitas /olah raga minimal 30 menit setiap hari? a.Lansia 0 30 2 Apakah lansia memanfaatkan Posy.tetap diperhatikan 4.LANSIA JUMLAH JAWABAN NO PERTANYAAN YA TIDAK 1 Apakah terdapat Posy.Alasan (krn sudah beraktfs dirmh ) 30 0 ANALISA DAN RENCANA TINDAK LANJUT 1. 2.Lansia 5 25 ANALISA DAN RENCANA TINDAK LANJUT 1. b. Perlu adanya pelatihan Kader tentang masalah Kesehatan 3 kali setahun F. Perlunya penyuluhan PHBS Tatanan rumah tangga di Desa 2. Pengenalan Bank sampah 3.Lansia 2. Penyuluhan kesehatan diadakan setiap 2 bln sekali . Perlunya di bentuk posy. Mempunyai TOGA E. Pembuangan limbah rumah tangga. Tidak . Penyuluhan diadakan setiap ada kegiatan 3.

Tradisional 2 Berapa jarak dari rumah anda ke fasilitas kesehatan (Puskesmas Pustu. Kendaraan pribadi 435 4 JKS yang anda miliki e. Jalan Kaki 75 d. AKSES PELAYANAN DAN PEMBIAYAAN KESEHATAN JUMLAH JAWABAN NO PERTANYAAN YA TIDAK 1 Bila anda atau Anggota keluarga lainnya sakit . >10 km 279 3 Apakah Sarana transportasi yang digunakan c. Iuran Dana Sehat 0 g.polindes. JAMKESMAS 482 f. 1-5 km 110 c.Praktek. 6-10 km 121 d. Tenaga kesehatan 510 0 d. REKAPAN HASIL SURVEY MAWAS DIRI DI 17 DESA DI KECAMATAN DOLOK MERAWAN JUMLAH :17 DESA X 30 SAMPEL / DESA = 510 KK D. Tidak Punya 15 .Kurang dari 1 km b.dimanakah tempatnya berobat ? c. ASKES 13 h. swasta )yang ada a.

12 0 325 2 Bila mempunyai BUMIL dimana rencana melahirkan a.Askes.Lanjut ke no. Rumah Sakit 0 b. 4 atau lebih 11 0 0 5 Pada kehamilan anak terakhir apakah Bumil mengalami gangguan kehamilan ? a. Ya. Ya. Sendiri/keluarga 0 0 4 Pada kehamilan anak terakhir . Tidak pernah b. Ya 0 0 b.ANALISA DAN RENCANA TINDAK LANJUT PROGRAM 1. Non Hormonal 0 0 9 Apakah keluarga terbiasa makan pagi? a.Lanjut ke no. 1-3 4Masih 0 c. Keluarga peserta yang tidak mempunyai kartu Jamkesmas . minimal 8 x /tahun 33 7 Apakah Ibu memberi ASI pada 6 bulan pertama tanpa makanan tambahan a.2 185 0 b.GIZI. 4 b. 303 b. Bidan 15 0 b. Dukun 0 d. Bidan 15 c. Dokter 0 0 c. Dukun 0 0 d.berapa kali ibu melakukan pemeriksaan a.KESEHATAN IBU DAN ANAK . Rumah Sendiri 0 3 Siapakah rencana Penolong Persalinan a. 175 . 1-7 kali 137 b. Tidak 0 15 6 Berapa kali dalam setahun balita anda ditimbang a.DAN IMUNISASI JUMLAH JAWABAN NO PERTANYAAN YA TIDAK 1 Keluarga mempunyai Balita dan ibu Hamil a. lebih sedikit B. Ya. Hormonal 459 51 b. Sarana transportasi kendaraan pribadi lebih banyak menggunakan Transport Pribadi 3. Tidak 15 8 Alat Kontrasepsi apa yang digunakan Pasangan anda ? a. Jarak rumah ke Fasilitas kesehatan masih ada yang jauh 2. Tidak . Tidak 207 10 Apakah keluarga anda selalu mengkonsumsi aneka ragam makanan/ menu seimbang ? a. Ya.KB.

Malaria 0 3.CAMPAK (Gabagen ) 0 10. Masih lebih ibu yang tidak menimbang kan berat badan BALITA nya ke Posyandu Minimal 8 x dalam setahun 2. Tidak 0 0 ANALISA DAN RENCANA TINDAK LANJUT PROGRAM 1.Surveilans JUMLAH JAWABAN NO PERTANYAAN YA TIDAK Dalam 3 bulan terakhir apakah ada anggota keluarga yang sakit 1.TBC 0 5. Masyarakat masih banyak yang kurang memahami tentang Penting pemberian ASI EXKLUSIF.2. f.Gatal –Gatal 31 7. Diharapkan agar melakukan penyuluhan setiap bulannya di Posyandu. DBD 0 4.FLU Burung 0 10.sehingga masih banyak ibu yang memberikan makan tambahan 3.Diabetes Melitus (DM) 112 .TYPUS 0 6.HEPATITIS(SAKIT KUNING) 0 12. dibantu oleh Bidan Desa dan Kader C. Tidak 335 11 Apakah keluarga selalu menggunakan garam yang beryodium a. Petugas Promkes .Varices 2 11.6. PELAKSANA . Ya. Setiap bulan di Posyandu untuk kegiatan 1. Setiap 3 bulan sekali di Posyandu untuk kegiatan 4.3. 510 0 b.Cacar air (cangkrang ) 0 11.Sesak Nafas 0 8.Batuk Filek 35 2. b.5.Diare 9 9. WAKTU PELAKSANAAN e.

Petugas Promkes .mengambil dari sumber yang : g.. Tidak ada alasan. 0 0 6 Jenis Kamar Mandi e. < 10 meter 118 0 b.Pneumonia (Balita) 0 ANALISA DAN RENCANA TINDAK LANJUT PROGRAM c. Ada sarana dan tidak memenuhi syarat 39 0 f. Diharapkan keluarga lebih tanggap untuk memeriksakan kesehatannya ke fasilitas kesehatan d.2 bulan bulan sekali PELAKSANA .. Puskesmas d.. Tidak berasa.sebutkan . Ada sarana dan memenuhi syarat 471 0 e.Petugas P2M. Sungai 0 0 4 Kualitas Air Bersih yang dipakai sehari-hari g. Tidak berasa. Dilakukan penyuluhan .dibantu Bidan Desa SUMBER DANA c.. Ada didalam rumah 510 0 h.Rumah Dan Lingkungan JUMLAH JAWABAN NO PERTANYAAN YA TIDAK 1 Jarak Pembuangan kotoran atau sumur esapan dengan sumber air bersih a.... Tertutup 510 0 ..? 0 0 3 Penyediaan Air bersih.. 0 0 5 Kamar mandi yang dipakai g. >10 meter 392 2 Pembuangan kotoran (Jamban keluarga ) d.tidak bewarna (jernih ) 510 0 h. 12. Desa D..berbau atau keruh 0 0 i.. PDAM 474 0 i. Sumur 36 0 h. Ada diluar rumah 0 0 i..tidak berbau. Lainnya.alasannya . Terbuka 0 0 f. Tidak ada sarana .tentang kesehatan WAKTU PELAKSANAAN .

Kesawah atau kebun 108 0 c.Minimal 3 jenis 114 0 h. Tanah 0 0 h. Semen 175 0 i. 412 b. Ya. Tidak tersedia .. Pembuangan limbah rumah tangga.. Pengenalan Bank sampah 7. Tersedia tempat pembuangan sampah yang tidak tertutup 378 0 i. Tergenang dipekarangan 0 0 b.7 Lantai Kamar mandi g. Terpisah dari rumah 210 b. Mempunyai TOGA 9.alasannya (dibakar. Ya. Menempel menjadi satu dengan rumah 0 c.tetap diperhatikan 8. Pencahayaan matahari masuk kedalam rumah perlu diperhatikan E.Cukup 98 ANALISA DAN RENCANA TINDAK LANJUT 5. Penggunaan air bersih tetap di perhatikan 6. 311 0 11 Kandang ternak a. Ya. Ubin /keramik 335 0 8 Pembuangan Limbah Kamar mandi – a.alasan. Dibuatkan sarana pembuangan khusus /SPAL 402 0 e. Tidak punya kandang 300 12 Apakah cahaya matahari masuk kedalam rumah? a..) 132 0 10 Apakah mempunyai TOGA (Tanaman obat keluarga ) g. 0 0 h.. Tidak tersedia 9 Pembuangan sampah rumah tangga g.Minimal. Kandang ternak dan rumah hunian yang perlu diperhatikan 10.Kurang dari 3 jenis 85 0 i.Prilaku Anggota Keluarga JUMLAH JAWABAN NO PERTANYAAN YA TIDAK 1 Apakah ada anggota keluarga yang merokok 510 0 2 Apakah anggota keluarga terbiasa mencuci tangan dengan sabun 211 299 sebelum makan ? 3 Apakah anggota keluarga terbiasa menggosok gigi 2 kali sehari? 310 200 4 Apakah anggota keluarga ada yang minum miras ? 510 5 Apakah anggota keluarga melakukan kegiatan PSN(pemberantasan sarang nyamuk )minimal 1mgg sekali? 210 300 6 Apakah keluarga terbiasa mandi 2 x sehari ? 335 175 7 Apakah keluarga biasa melakukan aktifitas /olah raga minimal 30 . Tersedia tempat pembuangan sampah yang tertutup. Tidak . Ya. Keselokan Sungai 0 0 d.

Lansia 2. Penyuluhan diadakan setiap ada kegiatan 6. TBC 0 d. Ya. Perlu adanya pelatihan Kader tentang masalah Kesehatan 3 kali setahun 7.Lansia 510 3 Penyakit apakah yang dialami oleh LANSIA a. Reumatik 17 b.Lansia 0 510 2 Apakah lansia memanfaatkan Posy. Penyuluhan kesehatan diadakan setiap 2 bln sekali NO JENIS PELAYANAN BUTUH TIDAK DIBUTUHKAN 1 Pelayanan Pengobatan Umum 510 2 Pelayanan pengobatan GIGI dan MULUT 510 3 Pelayanan kesehatan KIA 510 4 Pelayanan KB 510 5 Pelayanan Apotik 510 6 Pelayanan Laboratorium 510 7 Pelayanan Persalinan 24 jam 510 ANALISA DAN RENCANA TINDAK LANJUT Masyarakat membutuhkan 7 Jenis pelayanan tersebut . menit setiap hari? e. 35 f. Perlunya penyuluhan PHBS Tatanan rumah tangga di Desa 5. Perlunya di bentuk posy.LANSIA JUMLAH JAWABAN NO PERTANYAAN YA TIDAK 1 Apakah terdapat Posy. Bidan desa juga Kader jadi ujung tombak setiap kegiatan di desa F. Tidak . Diabetes Melitus (DM) 7 ANALISA DAN RENCANA TINDAK LANJUT 1.Alasan (krn sudah beraktfs dirmh ) 475 0 8 Apakah keluarga sehari –hari membuang sampah pada tempatnya? 370 140 9 Apakah bahan makanan sebelum dimasak dicuci dulu ? 310 200 ANALISA DAN RENCANA TINDAK LANJUT 4. Hipertensi 5 c.

Kepada Yth : Hal : Undangan Rapat Seluruh Staf Puskesmas Dolok Merawan di Tempat Dengan Hormat. Ka.UKM Drg. PEMERINTAH KABUPATEN SERDANG BEDAGAI DINAS KESEHATAN UPTD PUSKESMAS DOLOK MERAWAN KECAMATAN DOLOK MERAWAN Dusun II Desa Dolok Merawan.com Dolok Merawan. Dolok Merawan PJ.197304292005022001 NIP. 21 Maret 2017 Nomor : 05 /UND/ UKM /DMR /III/ 2017 Lamp : . UPTD Pusk. AMG Nip.Lidya Triayuni Rina Eliana D. Dalam rangka meningkatkan derajat kesehatan masyarakat di wilayah kerja UPTD uskesmas Dolok Merawan dan untuk meningkatkan mutu pelayanan di UPTD Puskesmas Dolok Merawan maka kami undang bapak / ibu untuk hadir pada : Hari/ tanggal : Rabu / 22 Maret 2017 Pukul : 09. 20993 Email : puskesdolokmerawan@ymail.00 s/d Selesai Acara : Hari mutu Puskesmas Dolok Merawan Tempat : Aula Puskesmas Dolok Merawan Demikianlah surat undangan ini kami buat. atas perhatian bapak/ibu kami ucapkan terimakasih.198507132010012042 .

dan peran masing-masing LP dan LS dalam kegiatan UKM Notulen UKM Esti Widowati . Pembahasan rapat hari ini:  Penyusunan KAK pemberdayaan masyarakat  Membahas peran serta masyarakat. Ishoma f.UKM Peserta rapat : Seluruh Staf Puskesmas Dolok Merawan 1. jam : Rabu. Pembukaan b.00 WIB Pimpinan rapat : PJ.UKM 3.tanggal.UKM UPTD Pusk.Dolok Merawan c. Pembukaan: Rapat dibuka oleh PJ. kata Sambutan dari PJ. 09. Penyampaian Materi d. 8 Maret 2017. Agenda rapat: a. Penutup 2. NOTULEN RAPAT UPAYA KESEHATAN MASYARAKAT Tempat penyelenggaraan : Aula Puskesmas Dolok Merawan Waktu hari. Diskusi dan Tanya jawab e. pembahasan pertemuan yang lalu: - 4.

DAFTAR HADIR TERLAMPIR .

Dan Imunisasi Balita yang ditimbang berat badannya di posyandu sebanyak 8 kali dalam setahun hanya 6.8% dan 6. Akses Pelayanan Dan Pembiayaan Kesehatan sekitar 54 % jarak dari rumah sasaran ke fasilitas kesehatan masih ada yang jauh > 10 km.9%. B. Prilaku Anggota Keluarga  semua anggota keluarga yang merokok berjumlah 100%  Yang mencuci tangan tidak pakai sabun sekitar 58 %  Yang tidak PSN sekitar 58%  Yang tidak gosok gigi 2x sehari 39 % F.1 % gatal-gatal D.Kb. Rumah Dan Lingkungan Sekitar 74 % rumah tangga tidak memliki pembuangn sampah tertutup dan 60 % tidak memiliki toga. E. Lansia 100 % responden menginginkan adanya posyandu lansia G.Gizi.4 %. Kesehatan Ibu Dan Anak . Surveilans Dalam 3 bulan terakhir penyakit yang diderita oleh responden yaitu DM 21. batuk pilek 6. C. HASIL ANALISIS DAN IDENTIFIKASI KEBUTUHAN MASYARAKAT DIWILAYAH KERJA PUSKESMAS DOLOK MERAWAN TAHUN 2017 A. Jenis Pelayanan NO JENIS PELAYANAN BUTUH TIDAK DIBUTUHKAN 1 Pelayanan Pengobatan Umum 510 2 Pelayanan pengobatan GIGI dan 510 MULUT 3 Pelayanan kesehatan KIA 510 4 Pelayanan KB 510 5 Pelayanan Apotik 510 6 Pelayanan Laboratorium 510 7 Pelayanan Persalinan 24 jam 510 .

Kb. Kesehatan Ibu Dan Anak .Gizi.Rencana Tindak Lanjut Dari Hasil Analisis A. Surveilans No Hasil Analisis Kebutuhan dan RTL harapan Masyarakat 1. sekitar 54 % jarak dari Masyarakat akan ditindaklanjuti rumah sasaran ke fasilitas menginginkan adanya kesehatan masih ada transportasi desa yang jauh > 10 km.Dan Imunisasi No Hasil Analisis Kebutuhan dan RTL harapan Masyarakat 1.1 % gatal-gatal D. Penyuluhan kesling tangga tidak memliki dan batra tentang toga pembuangn sampah tertutup dan 60 % tidak memiliki toga. C.9%. Akses Pelayanan Dan Pembiayaan Kesehatan No Hasil Analisis Kebutuhan dan RTL harapan Masyarakat 1. Balita yang ditimbang . batuk pilek 6. . Dalam 3 bulan terakhir Pengobatan gratis ke Penyuluhan PTM dan penyakit yang diderita oleh desa sanitasi responden yaitu : DM 21. Penyuluhan dan berat badannya di bekerja sama dengan posyandu sebanyak 8 kali LS dalam setahun hanya 6. Sekitar 74 % rumah . B.8% dan 6. Rumah Dan Lingkungan No Hasil Analisis Kebutuhan dan RTL harapan Masyarakat 1.4 %.

 semua anggota . Prilaku Anggota Keluarga No Hasil Analisis Kebutuhan dan RTL harapan Masyarakat 1.E.  Penyuluhan keluarga yang tentang rokok merokok berjumlah 100%  Yang mencuci  Penyuluhan tangan tidak pakai tentang CTPS sabun sekitar 58 %  Yang tidak PSN sekitar 58%  Yang tidak gosok  Penyuluhan gigi 2x sehari 39 % tentang Kesgimul .

Diskusi dan Tanya jawab e. Penyampaian Materi d. Pembukaan b. 27 Maret 2017. 09. Pembukaan: Rapat dibuka oleh Kepala Puskesmas 7. pembahasan pertemuan yang lalu: - 8. kades dan Toma 5.00 WIB Pimpinan rapat : Kepala UPTD Puskesmas Dolok Merawan Peserta rapat : Perwakilan dari kecamatan. Agenda rapat : a.tanggal. Penutup 6. NOTULEN RAPAT UPAYA KESEHATAN MASYARAKAT Tempat penyelenggaraan : Aula Puskesmas Dolok Merawan Waktu hari. KCD. jam :Senin.Puskesmas Dolok Merawan c. kata Sambutan dari Ka. Pembahasan rapat hari ini:  PJ. Ishoma f.UKM mensosialisasikan kegiatan kegiatan UKM  Membahas tentang peran lintas sektor  Membahas masalah dan hambatan dalam kegiatan UKM  Membahas hasil SMD dan umpan balik masyarakat  Sosialisasi RUK dan RPK  Sosialisasi mekanisme komunikasi dan koordinasi UKM  Informasi tentang alur dan tahapan kegiatan UKM Notulen UKM Esti Widowati .

UPTD Pusk.00 s/d Selesai Acara : Hari mutu Puskesmas Dolok Merawan Tempat : Aula Puskesmas Dolok Merawan Demikianlah surat undangan ini kami buat. Kepada Yth : Hal : Undangan Rapat Seluruh Staf Puskesmas Dolok Merawan di Tempat Dengan Hormat. Ka. AMG Nip. Dalam rangka meningkatkan derajat kesehatan masyarakat di wilayah kerja UPTD uskesmas Dolok Merawan dan untuk meningkatkan mutu pelayanan di UPTD Puskesmas Dolok Merawan maka kami undang bapak / ibu untuk hadir pada : Hari/ tanggal : Rabu / 22 Maret 2017 Pukul : 09.198507132010012042 .UKM Drg.197304292005022001 NIP. 20993 Email : puskesdolokmerawan@ymail.Lidya Triayuni Rina Eliana D. atas perhatian bapak/ibu kami ucapkan terimakasih. Dolok Merawan PJ. 21 Maret 2017 Nomor : 05 /UND/ UKM /DMR /III/ 2017 Lamp : .com Dolok Merawan. PEMERINTAH KABUPATEN SERDANG BEDAGAI DINAS KESEHATAN UPTD PUSKESMAS DOLOK MERAWAN KECAMATAN DOLOK MERAWAN Dusun II Desa Dolok Merawan.

UKM UPTD Pusk. Penutup 10.UKM Peserta rapat : Seluruh Staf Puskesmas Dolok Merawan 9. Pembahasan rapat hari ini:  Penyusunan KAK pemberdayaan masyarakat  Membahas peran serta masyarakat. 22 Maret 2017.tanggal. Pembukaan: Rapat dibuka oleh PJ. 09. jam : Rabu. NOTULEN RAPAT UPAYA KESEHATAN MASYARAKAT Tempat penyelenggaraan : Aula Puskesmas Dolok Merawan Waktu hari. pembahasan pertemuan yang lalu: - 12. Diskusi dan Tanya jawab e.00 WIB Pimpinan rapat : PJ. kata Sambutan dari PJ. Pembukaan b. dan peran masing-masing LP dan LS dalam kegiatan UKM Notulen UKM Esti Widowati . Agenda rapat: a. Penyampaian Materi d.Dolok Merawan c.UKM 11. Ishoma f.

UNDANGAN DAN DAFTAR HADIR TERLAMPIR .