You are on page 1of 7

LK - 3.

1b

Lembar Kerja

PERANCANGAN PENERAPAN MODEL-MODEL PADA PEMBELAJARAN SEJARAH
INDONESIA

Tujuan Kegiatan : Pada kegiatan ini diharapkan peserta mampu merancang model Project
Based Learning, Discovery Learning dan Problem Based Learningpada
pembelajaran Sejarah Indonesia

Langkah Kegiatan :
Kerjakan secara berpasangan , cermati lembar kerja perancangan model pembelajaran
1. Pilihlah satu subtopik/submateri/subtema untuk satu kali tatap muka yang sesuai salah satu
model
2. Isilah Lembar Kerja perancangan model pembelajaran sesuai dengan model yang Anda pilih
3. Presentasikan hasil rancangan Anda
4. Perbaiki rancangan jika ada saran atau usulan perubahan

Catatan: Pada lembar kerja ini ada dua format model pembelajaran yaitu model Problem Based
Learning dan Discovery Learning jika Anda merancang model Lainnya silahkan sesuai sintak
model yang sesuai.

FORMAT PERANCANGAN MODEL PEMBELAJARAN Model Discovery Learning Kompetensi Dasar : 3. Mengidentifikasikan peran tokoh nasional dalam organisasi pergerakan BU.1. rangsangan) 2.5. video dan diskusi siswa dapat: 1. guru meminta siswa untuk (simullasi/Pemberian mengamati gambar tokoh tokoh BU. IP ) Tujuan : Melalui pengamatan gamba . SI dan IP 2. . Data collection Guru meminta siswa mengumpulkan informasi dari berbagai (pengumpulandata) sumber yang relevan untuk menjawab pertanyaan yang telah diidentifikasi. wawancara siswa dapat 1. Problem statemen Pada tahapan ini siswa mengidentifikasi masalah yang (pertanyaan/identifikasi berkaitan dengan topik pembelajaran. Pesert didik mencari hipotesa. Organisasi awal pergerakan ( BU. 3. 4. SI. Menyusun biografi singkat tentang tokoh daerah yang ikut terlibat menegakkan negara Republik Indonesia di lingkungan sekitar tempat tinggal siswa.1 Tokoh-Tokoh Nasional dan Daerah dalam Perjuangan Menegakkan Negara Republik Indonesia Sub Topik : 3. SI dan IP serta bagaimana peran tokoh tokoh tersebut dalam perjuangan BU.5. Menganalisis alasan mengapa tokoh nasional berperan dalam pergerakan BU. Stimulation Untuk memotivasi belajar siswa. IP Melaui studi pustaka. SI.5 menulis sejarah tentang tokoh nasional dan tokoh nasional dari daerahnya yang berjuangan melawan penjajahan kolonial Barat Topik : 3. SI dan IP.1. dan mengajukan masalah) pertanyaan tentang alasan mengapa para tokoh berperan dalan perjuangan pergerakan BU. Alokasi Waktu : 2 x TM ( 2 x 45) TAHAPPEMBELAJARAN KEGIATAN PEMBELAJARAN 1.5 Menganalisis peran tokoh-tokoh Nasional dan Daerah dalam perjuangan menegakkan negara Republik Indonesia.SI dan IP.

5. SI dan IP serta bagaimana peran tokoh tokoh tersebut dalam perjuangan BU. Verification (pembuktian) Tiap kelompok diskusi membahas hasil pengolahan data dan memverifikasi data dengan data yg ada pada sumber pembelajaran terkait tokoh tokoh tersebut dalam perjuangan BU.SI dan IP. (pengolahan Data) agar siswa mendapatkan data yang valid tentang pertanyaan tentang alasan mengapa para tokoh berperan dalan perjuangan pergerakan BU.SI dan IP.4. Generalization (menarik Pada tahapan ini siswa membuat kesimpulan tentang alasan kesimpulan/generalisasi) mengapa para tokoh berperan dalan perjuangan pergerakan BU. . 6. Data processing Guru membimbing siswa berdiskusi untuk pengolahan data.SI dan IP. SI dan IP serta bagaimana peran tokoh tokoh tersebut dalam perjuangan BU.

1. Mengorganisasikan peserta didik informasi.5 Menganalisis peran tokoh-tokoh Nasional dan Daerah dalam perjuangan menegakkan negara Republik Indonesia. IP) (Semua kelompok masalah mengungkapkan ide-ide kemudian melakukan seleksi untuk menentukan problem yang akan dikerjakan. IP ) Tujuan : Melalui pengamatan gambar . Menyusun biografi singkat tentang tokoh daerah yang ikut terlibat menegakkan negara Republik Indonesia di lingkungan sekitar tempat tinggal siswa. menganalisis.1 Menulis sejarah tentang tokoh nasional dan tokoh nasional dari daerahnya yang berjuangan melawan penjajahan kolonial Barat Topik : 3. SI. SI dan IP 2. dan memprediksi kapan tulisannya selesai.5.1 Tokoh-Tokoh Nasional dan Daerah dalam Perjuangan Menegakkan Negara Republik Indonesia Sub Topik : 3. Menganalisis alasan mengapa tokoh nasional berperan dalam pergerakan BU. video dan diskusi siswa dapat: 1. Mengidentifikasikan peran tokoh nasional dalam organisasi pergerakan BU. kemudian menyepakati satu problem yang akan dikerjakan) Fase 2 Menyusun rencana dan jadwal seperti mencari data.1.tokoh (BU.Model Pembelajaran Problem Based Learning Kompetensi Dasar : 3. wawancara siswa dapat 1. IP Melaui studi pustaka. Organisasi awal pergerakan ( BU.5. SI. 4. sumber bacaan. Alokasi Waktu : 1 x TM ( 2 x 45 ) FASE-FASE KEGIATAN PEMBELAJARAN Fase 1 Menentukan judul untuk penulisan problem yang akan Orientasi peserta didik kepada dikerjakan. . SI.

dan guru memberikan penilaian. proses pemecahan masalah . masing-masing kelompok Mengembangkan dan menyajikan menyajikan. hasil karya Fase 5 Guru menyakan pengalaman bagaimana proses Menganalisa dan mengevaluasi pencarian sumber dan bagaimana waktu menulis. dan tugasnya sudah sampai di mana. FASE-FASE KEGIATAN PEMBELAJARAN Fase 3 Guru memonitoring tentang kemajuan pekerjaan Membimbing penyelidikan individu siswa. dan kelompok Fase 4 Pengujian hasil.

tujuan dan alokasi waktu 3.menanya.2 PERINGKAT NILAI KRITERIA Amat Baik ( 90 < AB ≤ 1. mengasosiasikan dan mengkomunikasikan lengkap. 2 aspek kurang sesuai Kurang (K) ≤ 70 Ketiga aspek kurang sesuai Penilaian LK. KD. sub topik. KD. KD dan tujuan AB) 100 pembelajaran dan alokasi waktu lengkap dan benar 2. KD dan tujuan pembelajaran AB) 100 dan alokasi waktu lengkap dan benar 2.3. Identitas: topik. sistematis dan logis atau benar Baik (B) 80 < B ≤ 90 Ada 2 aspek sesuai dengan kriteria.3. mengasosiasikan dan mengkomunikasikansesuai dengan topik/sub topik. tujuan dan alokasi waktu 3. Kegiatan mengamati. Langkah-langkah penilaian hasil analisis 1.1a dan LK.3. Cermati tugas yang diberikan kepada peserta pelatihan pada LK -3. mengumpulkan informasi. Kegiatan pada tahapan model pembelajaran lengkap. sistematis dan logis ( sesuai dengan sintak atau tahapan pembelajaran) Baik (B) 80 < B ≤ 90 Ada 2 aspek sesuai dengan kriteria. 2 aspek kurang sesuai Kurang (K) ≤ 70 Ketiga aspek kurang sesuai . R-3. sub topik. Identitas: topik. mengumpulkan informasi.1 PERINGKAT NILAI KRITERIA Amat Baik ( 90 < AB ≤ 1.1b 2.1a-b PERANCANGAN PENERAPAN PENDEKATAN SAINTIFIK DAN MODEL PEMBELAJARAN Rubrik perancangan penerapan saintifik dan perancangan model pembelajarandigunakan fasilitator untuk menilai hasil rancangan peserta pelatihan dalam merancang contoh penerapan pendekatan saintifik dan contoh rancangan model pembelajaran satu topik kimia.menanya. Kegiatan pada tahapan model pembelajaran sesuai dengan topik/sub topik. 1 aspek kurang sesuai Cukup (C) 70 < C ≤ 80 Ada 1 aspek sesuai dengan kriteria. 1 aspek kurang sesuai Cukup (C) 70 < C ≤ 80 Ada 1 aspek sesuai dengan kriteria. Berikan nilai pada rancangan sesuai dengan penilaian Anda terhadap hasil rancangan Penilaian LK. Kegiatan mengamati.