You are on page 1of 8

REGISTER RISIKO PELAYANAN UKM DAN UKP

PUSKESMAS……………………………..

No Pelayanan/Unit Risiko yang Tingkat Penyebab Akibat Pencegahan Upaya Penanggungjaw Pelaporanji
Kerja mungkinterjadi risiko terjadinya risiko penanganan jika ab (PIC) katerjadipap
(sangattinggi, terkena risiko aran
tinggi,
sedang,
rendah)
UKP
1 Ruang Rekam Bagi pasien :
Medik Family folder Rendah Kelalaian Pasien salah Petugas Menggantikan FF
tertukar petugas karena mengambil FF pastikan FF sesuia dengan
antrian yang sebelum identitas pasien
banyak diberikan ke
Bagi petugas : pasien
resiko tangan sedang Petugas kurang Jari petugas petugas harus Mengobati tangan
terkena steapless berhati – hati terkena steaples hati hati pada yang terkena
saat steples supaya
manggunakan tidak infeksi
steples
Bagi lingkungan:
-

2 Unit rawat jalan Bagi pasien :
Salah resep Rendah Kelalaian Pasien salah obat Mengidentifika Mengganti resep
petugas si kembali sesuai kebutuhan
pasien sebelum pasien
resep diberikan
Bagi petugas :

supaya tidak . Tertular penyakit Tinggi Petugas tidak Petugas beresiko Menggunakan Memakai APD memakai APD tertular penyakit APD pada saat pada saat seperti masker lewat udara melayani melayani pasien pasien Bagi lingkungan - 3 Unit Gawat Darurat Bagi pasien : Kesalahan Rendah Kelalaian Pasien salah Mengidentifika Menegur petugas prosedur pada petugas pada dilakukan si kembali yang lalai saat tindakan saat melakukan tindakan pasien sebelum medis tindakan dilakukan tindakan Bagi petugas : Tertusuk jarum Rendah Kelalaian Tangan petugas Hati hati pada Mengobati tangan suntik petugas yang yang terkena saat yang terkena melakukan jarum suntik melakukan jarum suntik tindakan terinfeksi tindakan Bagi lingkungan : Limbah tindakan Rendah Bak sampah Ruang tindakan Membuang Membersihkan infeksius yang rusak yang sampah medis ruangan yang terkontaminasi di IPAL terkontaminasi 4 Ruang Bagi pasien : Laboratorium Hasil Rendah Petugas tidak Pasien salah Mengidentifika Memberitahukan Pemeriksaan yang mengidentifikasi terapi si pasien ke dokter terkait tertukar sebelum sebelum melakukan melakukan specimen tindakan Bagi petugas : terpapar specimen Rendah Petugas tidak Resiko tertular Menggunakan Saling yang akan menggunakan penyakit APD seperti mengingatkan diperiksa APD seperti Handscoen.

celemek. masker terjadi masker. bagi lingkungan: limbah lab Tinggi Tempat sampah Ruangan yang Membuang Membersihkan infeksius yang rusak terkontaminasi sampah lab di ruangan yang IPAL terkontaminasi 5 Unit Rawat Inap Bagi pasien : Pasien jatuh dr Tinggi Tempat tidur Pasien Jatuh dari HE ke Meminimalkan tempat tidur tidak memiliki tempat tidur keluarga kembali resiko penyangga pentingnya pasien jatuh dari mengawasi tempat tidur pasien Bagi petugas : Tertusuk jarum Sedang Petugas lalai Jari tertusuk Petugas hati Mengobati tangan suntik dalam jarum suntik hati dalam yang terkena melakukan melakukan jarum suntik tindakan tindakan Bagi lingkungan : Limbah ruangan sedang Cleaning cervis Sampah Cleaning Menegur cleaning rawat inap yang jarang berserakan di service service agar overload membuang depan ruang membuang selalu membuang sampah ke IPAL rawat inap sampah di sampah di IPAL IPAL setiap setiap hari hari 6 Unit pelayanan Bagi pasien : Farmasi Kesalahan Tinggi Petugas tidak Pasien salah Mengidentifika Menggantikan identifikasi pasien mengidentifikasi menerima obat si pasien obat pasien sesuai pasien sebelum sebelum obat dengsan diagnose . Handscoen.

terkontaminasi. pasien. Bagi petugas : Tertusuk jarum Sedang Petugas lalai Jari tertusuk Petugas hati. 8 Ruang Gizi Bagi pasien : Kesalahan Rendah Kelalaian Pasien salah Mengidentifika Meminimalkan pemberian menu petugas mendapatkan si pasien kembali resiko diet. keluarga kembali resiko penyangga. . sebelum kesalahan dalam diberikan pemberian menu menu diet. tindakan. Bagi lingkugan : limbah tindakan Sedang Tempat sampah Ruang yang Membuang Membersihkan infeksius. memberikan diberikan penyakit obat Bagi petugas : Bagi lingkungan : 7 Kamar Bersalin Bagi pasien : Resiko jatuh pada Tinggi Tempat tidur Pasien jatuh dari HE ke Meminimalkan pasien eklamsi. sampah medis ruangan yang pada IPAL. tindakan. yang rusak.Mengobati tangan heacting. diet. hati dalam yang terkena melakukan melakukan jarum. terkontaminasi. menu diet. dalam jarum. tidak mempuyai tempat tidur. pentingnya pasien jatuh dari mengawasi tempat tidur.

melakukan tindakan. jarang berserakan di service service agar membuang ruang poli KB membuang selalu membuang . petugas saat yang terkena melakukan petugas yang melakukan jarum suntik tindakan. menu diet. Bagi petugas : Resiko terkena air Sedang Petugas lalai Tangan petugas Petugas lebih Mengobati tangan panas. tindakan. membuang selalu membuang sampah ke IPAL sampah ke sampah ke IPAL IPAL setiap setiap hari. saat tindakan saat melakukan tindakan. Bagi lingkungan : limbah ruangan Rendah Cleaning service Sampah Cleaning Menegur cleaning yang overload. menu diet. hati-hati dalam yang terkena air menyiapkan menyiapkan panas. pasien sebelum medis. infeksi. suntik. dalam terluka. Bagi lingkugan : limbah ruangan Sedang Cleaning service Sampah Cleaning Menegur cleaning yang overload jarang berserakan di service service agar membuang ruang Gizi. hari. terkena jarum tindakan. Bagi petugas : tertusuk jarum Rendah Kelalaian Tangan pasien Hati-hati saat Mengobati tangan suntik. 9 Pelayanan KB Bagi pasien : kesalahan Rendah Kelalaian Pasien salah Mengidentifika Menegur petugas prosedur pada petugas pada dilakukan si kembali yang lalai.

sampah ke IPAL sampah ke sampah ke IPAL IPA: setiap setiap hari. DBD sehat utkannya ke dll instansi terkait 12 P2 TB Paru Bagi pasien : Obat tidak Sedang Kurangnya Obat tidak Pentingny HE agar diminum kesadaran diminum a pasien lanjut secara rutin pasien secara rutin kesadaran minum obat . hari UKM 10 Unit admin Bagi pasien : Kesalahan Sedang Petugas tidak Petugas terkait Mengidentifika Membuat kembali pemberian surat mengidentifikasi salah menerima si identitas surat visum sesuai visum identitas pasien surat visum pasien sebelum identitas pasien memberikan surat visum ke petugas terkait Bagi petugas : - Bagi lingkungan : - 11 Kesling Bagi masyarakat : Tertular Tinggi Kurangnya Terjadinya Memperta Melakukan penyakit kesadaran wabah hankan survei bila yang masyarakat penyakit di perilaku ada kasus mewabah pentingnya daerah hidup wabah dan memelihara tertentu spt bersih dan menindaklanj lingkungan diare.

pengobatan pasien penyakitnya minum obat secara rutin Bagi petugas: Tertular Tinggi Petugas Petugas Petugas Menegur pentakit TBC tidak tertular memakai petugas memakai penyakit APD pada supaya hati APD TBC saat hati pada saat melayani melayani pasien pasien Bagi lingkungan : Penyebaran Sedang Pasien TBC Warga sekitar penyakit membuang beresiko TBC dahak tertular disekitar disembaran penykit TBC lingkungan g tempat 13 Bangunan Risiko kepala Tinggi Lantai dua Kepala Pasien Jika terbentur Kejadian lantai 2 terbentur terlalau terbentur. datang segera terbentur Puskesmas ketika naik rendah memar atau diberi menghubungi dilaporkan tangga ke komotio peringatan petugas untuk paling lantai dua : Hati-hati diperiksa di lambat 2 x yang kepala poliklinik 24 jam .

Bagi lingkungan : . petugas yang penyangga hati terluka. Bagi petugas: Resiko Sedang Ketidakters Petugas Petugas Mengobati cedera ediaan terluka lebih hati.bias umum kepada terlalu rendah terbentur kepala karena puskesmas lantai 2 untuk terlalu ditindak rendah lanjuti. a tidur. atau selama pengaman berada pada tempat dalam duduk ambulance petugas. 14 Ambulance Bagi pasien : resiko jatuh Sedang Tidak ada Pasien jatuh HE ke Meminimalk dari tempat penyangga dari tempat keluarga an lagi resiko tidur. mengawas i pasien. jaraknya anda. pada tempat tidur dalam tentang pasien jatuh tidur dalam ambulance. pentingny dari tempat ambulance.