You are on page 1of 4

TUGAS 1

DENY ARDIANTO SIREGAR
13014016
KEWIRAUSAHAAN
BAB I
1. Jelaskan mengapa seseorang Entrepreneur dikatakan melakukan pekerjaan mulia?
Jawab :
Entrepreneur melakukan pekerjaan mulia karena ia memberi kesempatan bagi orang
lain untuk memperoleh nafkah dan biaya hidup bagi keluarganya dari perusahaan
yang ia bangun, mulai dari beberapa orang hingga ribuan orang, yang berarti ia telah
memberi nafkah bagi begitu banyak keluarga yang membutuhkan pekerjaan untuk
menghidupi dan menafkahi keluarganya.

2. Apa kiat saudara guna berperan dalam mengatasi pengangguran dan kemiskinan di
negara kita?
Jawab :
Kiat saya untuk mengatasi pengangguran dan kemiskinan adalah dengan menjadi
seorang Entreprenuer, sehingga berkesempatan membuka lapangan pekerjaan bagi
orang banyak. Dengan begitu kita dapat mempekerjakan orang yang sebelumnya
membutuhkan biaya, pekerjaan dan membutuhkan suatu yang harus dipenuhi.

3. Jelaskan usaha apa yang akan menjadikan saudara senang dan bersemangat bila
membangun usaha tersebut?
Jawab:
Usaha Jasa Konstruksi karena dapat menjadikan saya senang dan bersemangat dalam
membangun suatu usaha adalah dengan membuka usaha yang sesuai dengan skill,
kompetensi dan minat kita. Sehingga dalam menjalankan suatu usaha kita dapat
merasa senang dan dapat memacu semangat hingga usaha kita dapat dengan mudah
berkembang dan mendapatkan keberhasilan dalam berbisnis.

4. Bila saudara mendirikan usaha baru, apa target utama yang ingin saudara capai?
Jawab:
Target utama saya adalah dapat membuka lapangan pekerjaan seluas-luasnya,
sehingga dapat mengurangi pengangguran dan mensejahterakan kehidupan orang-
orang. Tetapi dilain sisi dalam membangun usaha juga harus memiliki target dengat
menjalankan usaha dan terus berkembang sehingga menjadi usaha yang sangat besar
dan menghasilkan uang yang banyak.

5. Sebutkan Entrepreneur Indonesia dari tiga sektor berbeda yang saudara idolakan dan
jelaskan alasan saudara memilih ketiga Tokoh tersebut sebagai idola saudara?
Jawab:
Entrepreneur yang saya idolakan adalah:

yang mana saya dan banyak orang di Indonesia dapat menikmati hiburan di televisi sehingga mengurangi rasa stress ketika mendapat masalah di sekolah maupun didunia kerja. Pengusaha juga sangat berperan terhadap perkembangan di Indonesia dan . Boenjamin Setiawan Boenjamin adalah pengusaha di bidang obat-obatan dan kesehatan. media. Tetapi Ia memilili tekad sehingga dapat berhasil menjadi perusahaan yang besar c. Bill Gates merupakan pendiri Microsoft yang mana adalah produk yang saya nikmati hingga saat ini bahkan mungkin terus akan saya nikmati. Tentunya pengusaha diatas merupakan pengusaha yang hebat dan sangat bertekad untuk menjalankan usaha mereka. 7. Apa pandangan saudara terhadap para Entrepreneur di tanah air? Jawab: Pandangan terhadap Entrepreneur di Indonesia adalah sangat membanggakan. Kegigihan dan niat baik yang dimiliki oleh pengusaha-pengusaha diatas adalah contoh yang baik untuk Entreprenuer muda yang akan terjun ke dunia bisnis. Dan juga orang-orang dapat menikmatinya dengan sangat berguna. c. Selain itu dia juga merupakan seorang dermawan yang sering menyumbangkan harta kekayaannya kepada orang yang mebutuhkan. Tetapi dia berhasil mengembangkannya menjadi suatu usaha yang terus berkembang. Ia adalah seorang membuat metode belajar sehingga dapat membantu siswa-siswi SMA menembus PTN di Indoesia yang mereka inginkan. a. 6. sehingga saya sangat terbantu dengan usaha yang dapat menolong ribuan nyawa orang-orang dengan obat yang di produksi oleh perusahaannya. b. berkat dirinyalah kita dapat berpenampilan menarik dan sebagai panutan yang mana dia adalah pengusaha yang bahkan mulai menekuni bidangnya mulai dari nol. Chairul Tanjung Chairul Tanjung adalah pengusaha di bidang pendidikan. Michael Bloomberg Michael adalah pengusaha di bidang perangkat lunak yang mana sebelumnya dia adalah seorang yang menjadi korman PHK oleh perusahaan lamanya. Amancio Ortega Amancio adalah pengusaha di bidang Fashion. property dan ritel. Sehigga memperoleh keberhasilan seperti sekarang ini. Sony Sugema Bony adalah pengusaha di bidang pendidikan. Sebutkan tiga Entrepreneur kelas dunia yang saudara kagumi dan jelaskan alasan saudara memilih ketiga tokoh tersebut? Jawab: Pengusaha dunia yang saya idolakan adalah: a. karena telah dapat membantu perekonomian Indonesia dengan harapan semakin banyaknya pengusaha di Indonesia dan nantinya Indonesia dapat menjadi negara maju. b. Bill Gates Bill Gates merupakan orang terkaya di dunia dengan bidang pendidikanlah yang ia tekuni.

saya ingin mengembangkan keahlian sehingga menjadi ahli. Walaupun sering usaha yang mereka bangun tidak membawa hasil bahkan kerugian tetapi tetap terus di pertahankan. oleh karena itu suatu saat saya ingin membuka usaha di bidang kuliner. 11. Kemajuan suatu bangsa antara lain ditentukan oleh seberapa banyak jumlah Entrepreneur yang dimiliki negara tersebut. karena tingkat pertumbuhan ekonomi suatu negara yang paling besar di hasilkan oleh para Entrepreneur. Sebutkan lima pilihan bisnis yang akan saudara pertimbangkan secara serius bila akan membuka usaha baru dan jelaskan mengapa memilih kelima jenis tersebut? Jawab: No Usaha Alasan 1 Jasa Konstruksi Merupakan bidang Ilmu yang saya tekuni saat ini Teknik Sipil. 5 Travel Saya ingin memudahkan dalam bepergian ke luar kota. Jika seseorang Entrepreneur yang menjadi kaya raya justru orang akan mengagumi atas kesuksesannya tersebut. 3 Kesehatan Kesehatan merupakan suatu hal yang harus di perhatikan sehingga orang-orang dapat menikmati fasilitas kesehatan yang memadai. pengusaha merupakan orang yang sangat dihargai karena membantu rang banyak. Jawab: Seorang yang bekerja di Pemerintahan sudah mendapatkan gaji yang ditentukan oleh negara. 8. 10. sehingga dapat dipantau terus menerus. 9. 2 Pendidikan Melihat Indonesia yang belum mendapatkankan pendidikan yang merata terutama di pelosok yang dekat di perbatasan dan di perbatasan negara. pantang menyerah dan dapat mengembangkan suatu usaha yang di tekuninya. Dapat di lihat orang-orang besar di Indonesia juga merupakan seorang pengusaha seperti Presiden dan Wakil Presiden Indonesia. Nantinya saya akan membuka jasa konstruksi yang terpercaya. dengan membangun usaha dengan penuh usaha. Jika ada kekayaan yang tidak masuk . Bila seseorang yang bekerja di Pemerintahan menjadi kaya raya maka masyarakat akan mempertanyakan sumber kekayaannya tersebut. 4 Kuliner Memasak adalah salah satu hobi saya. tantangan. Jelaskan analisa saudara terhadap hal tersebut. mengapa? Jawab: Untuk menjadi suatu bangsa yang maju minimal dibutuhkan 2% Entrepreneur dari populasi penduduk suatu negara. Pelajaran apa yang dapat saudara ambil dari para Entrepreneur sukses? Jawab: Pelajaran yang dapat diambil dari para Entrepreneur sukses adalah bisa membantu perekonomian orang banyak. kegigihan.

Wakil Presiden atau Presiden? Jelaskan penilaian saudara terhadap fanomena tersebut. Sehingga orang-rang lebih percaya terhadap pengusaha yang langsung terjun ke dunia politik. f. akal akan membuktikan bahwa adanya praktek korupsi. 12. Entrepreneur merupakan pekerjaan yang penuh dengan tantangan. Walikota. Bertanggungjawab terhadap semua anggotanya sehingga tidak korupsi. c. Memajukan suatu bangsa. Mencerdaskan suatu bangsa. Menurut saudara apa yang harus dilakukan oleh seorang Entrepreneur dalam ikut berperan memberantas korupsi tersebut? Jelaskan! Jawab: Yang dilakukan Entrepreneur untuk mengurangi tingginya tingkat korupsi di Indonesia adalah dengan terus bekerja sama dengan pemerintah dengan tidak memberi atau menerima uang pelicin. Indonesia termasuk negara yang sangat tinggi tingkat korupsinya. Sejauh mana peran Entrepreneur bagi kemajuan bidang IPTEK. Pengusaha juga dapat langsung masuk ke dalam area politik tetapi dengan tujuan untuk membantu dan memajukan negara. tetapi juga merupakan pekerjaan yang menyenangkan. Bahkan pengusaha sangat berperan dalam suatu perkembangan ilmu yang akan di pakai dimasa mendatang. Jawab: Karena Entrepreneur sudah memiliki jiwa seorang pemimpin dan pengusaha merupakan orang yang sudah mempunyai penghasilan sehingga menjauhkannya dari praktek korupsi seperti yang terjadi di Indonesia saat ini. b. Gubernur. diantaranya: a. Mengapa banyak para Entrepreneur yang telah sukses di bidangnya masing-masing kemudian dipilih rakyat untuk menjadi Bupati. 13. Dengan menjadi pengusaha kita bisa menjadi sukses jika kita adalah seorang yang serius dengan pekerjaan tersebut. Berbeda dengan pengusaha yang mana pendapatannya bisa terus berkembang dan menyebabkan kekayaan/pendapatan yang begitu cepat. Menteri. Buat kesimpulan saudara terhadap materi bahasan dalam BAB-1 ini! Jawab: Seorang Entrepreneur memiliki pekerjaan yang mulia. Mengurangi kemiskinan. e. 14. Humaniora dan Lingkungan? Jelaskan alasan saudara! Jawab: Peran Entrepreneur dalam kemajuan IPTEK adalah dengan kegiatan pengusaha yang ingin terus mengembangkan usahanya sehingga menjadikan suatu hal yang baru dan mendekati suatu kecanggihan. Dunia telah berubah sedemikian pesatnya sehingga tidak ada lagi batasan negara dari sisi informasi karena peran Telematika. 15. d. . Menciptakan lapangan pekerjaan. Mengurangi pengangguran. Mengembangkan ekonomi suatu bangsa.