You are on page 1of 5

TUGAS 2

DENY ARDIANTO SIREGAR
13014016
KEWIRAUSAHAAN
BAB II
1. Jelaskan apa yang dimaksud dengan Entrepreneur?
Jawab:
Entrepreneur adalah orang yang berjiwa kreatif, inovatif, mandiri, percaya diri, ulet
& tekun, rajin, disiplin, siapmenghadapi resiko, jelih melihat & meraih peluang,
piawai dalam mengelola sumber daya, dalam membangun, mengembangkan,
memajukan &menjadikan usaha dan perusahaannya unggul.

2. Jelaskan apa yang dimaksud dengan Wiraswasta?
Jawab:
Wiraswasta adalah orang yang berjiwa peluang, gagah, luhur, berani dan layak
menjadi teladan dalam bidang usaha dengan landasan berdiri diatas kaki sendiri.

3. Jelaskan persamaan dan perbedaan antara Wirausaha dan Wiraswasta?
Jawab:
PERSAMAAN
a. Wirausaha dan wiraswasta sama-sama merupakan orang-orang yang memiliki
mental kuat dan mandiri untuk tidak terlalu bergantung pada orang lain.
b. Wirausaha dan wiraswasta sama-sama berkonotasi pada pekerja atau pebisnis
yang rajin dan pekerja keras.
PERBEDAAN
Wirausaha merupakan pebisnis yang menciptakan luang bisnis seorang diri dengan
ciptaan hal yang baru dan adanya keinginan untuk terus berkembang, sementara
wiraswasta bisa dianggap karyawan atau pebisnis yang mandiri dan tidak bergantung
pada orang lain dan usahanya tidak berkembang.

4. Untuk menjadi seorang Entrepreneur, sifat apa yang harus saudara miliki?
Jawab:
Sifat yang harus dimiliki seorang Entrepreneur adalah:
CIRI SIFAT
1.Percaya diri Keyakinan, kemandirian, individualitas, optimisme.
2.Berorientasi tugas dan Kebutuhan akan prestasi, berorientasi pada laba,
hasil memiliki ketekunan dan ketabahan, memiliki tekad
yang kuat, suka bekerja keras, energik, dan memiliki
inisiatif.
3.Pengambil resiko Memiliki kemampuan mengambil resiko dan suka
pada tantangan.

artinya tidak tergantung oleh bantuan orang lain. c. baik terhadap dirinya sendiri maupun orang lain. Komitmen Tinggi Memiliki komitmen yang tinggi.Keorisinilan Memiliki inovasi dan kreatifitas tinggi. Mandiri Seorang wirausaha harus mandiri dalam mengelola usahanya. 5. . kompetensi apa yang harus dimiliki oleh seorang Entrepreneur? Jawab: Seorang wirausaha harus memiliki kompetensi sebagai berikut: a.Berorientasi kemasa Persepsi dan memiliki cara pandang/cara piker yang depan berorientasi pada masa depan.Jujur dan tekun Mengutamakan kejujuran dalam bekerja dan tekun dalam menyelesaikan kerja. Bagaimana sikap seorang Entrepreneur dalam menjalankan bisnisnya? Jawab: Sikap yang harus dimiliki seorang Entrepreneur adalah a. Knowing Your Business Harus mengetahui semua yang terkait dengan aktivitas bisnis yang akan dilakukan. kualitas pekerjaan. Disiplin Disiplin atas ketepatan waktu. 5. d. Knowing The Basic Business Management Mengetahui dasar-dasar pengelolaan bisnis. f. 4. b. fleksibel. 7. Kreatif dan Inovatif Wirausaha harus memiliki jiwa yang kreatif agar produk yang dikeluarkan berbeda dengan yang lain dan bisa mengembangkannya dengan mudah sehingga menarik minat konsumen. system kerja. Realistis Wirausaha harus realistis dalam penetapan keputusan serta objektif dan rasional dengan melihat fakta dilapangan dan menyeleksi masukan atau saran dari luar. Dalam membangun usaha. 6. serba bisa dan memiliki jaringan bisnis yang luas. Jujur Kejujuran adalah suatu yang harus dilakukan terutama dalam melayani konsumen agar berjalan baik dan sesuai dengan rencana. trarah dan bersifat progresif atas kesepakatan yang telah dibuat dengan seseorang. e. b. misalnya bisa mengendalikan suatu perusahaan yang dibangun. dapat bergaul dengan orang lain dan suka terhadap saran dan kritik yang membangun. jelas. kesepakatan yang dibuat dan taat azas. 6.Kepemimpinan Berjiwa pemimpin.

Financial Competence Memiliki kompetensi dalam bidang keuangan. d. untuk mendiagnosa dan untuk menganalisis situasi berbeda dan melihat situasi luar. Dalam menggerakkan usaha. akuntan-auditor dan ahli gambar. Having Adequaten Capital Memiliki modal yang cukup. l. Managing People Kemampuan merencanakan. mengerti. i. d. Decision Making Skill . menggerakkan. e. h. yaitu dalam bentuk materi dan juga rohani. Conceptual Skill Keterampilan personal untuk berpikir abstrak. sperti sekretaris. g. keterampilan apa saja yang harus dimiliki oleh seorang Entrepreneur? Jawab: Keterampilan yang harus dimiliki seorang Entrepreneur untuk menunjang keberhasilan bisnis adalah: a. Copying with Regulations and Paperwork Membuat aturan yang jelas tersurat tidak tersirat didalam perusahaan. Technical Competence Memiliki kompetensi dalam bidang rancang bangun sesuai dengan bentuk usaha yang dipilih. j. k. f. bermanfaat dan memuaskan. Having The Proper Attitude Memiliki sikap yang sempurna terhadap usaha yang dilakukannya. c. Managing Time Efficiently Kemampuan mengatur waktu seefisien mungkin. Marketing Competence Memiliki kompetensi dalam menemukan pasar yang cocok. m. Satisfying Customer by Providing High Quality Product Memberi kepuasan kepada pelanggan dengan cara menyediakan barang dan jasa yang bermutu. Technical Skill Yaitu keterampilan yang diperlukan untuk melakukan tugas-tugas khusus. c. dan mengendalikan orang dalam menjalankan perusahaan. seperti kemampuan berelasi dan menjalin kemitraan antar perusahaan. berkomunikasi dan berelasi dengan orang laindalam organisasi. Knowing How to Compete Mengetahui strategi dan cara bersaing. 7. mengatur mengarahkan. penjualan. pembukaan dan perhitungan laba. b. Human Relation Competence Kompetensi dalam mengembangkan hubungan personal. Human Relations Skill Keterampilan untuk memahami. mengidentifikasi pelanggan dan menjaga kelangsungan hidup perusahaan. mengatur pembelian.

b. Jelaskan strategi yang saudara terapkan terkait hal ini agar Perusahaan saudara tetap Survive? Jawab: Strategi yang dilagukan agar dapat bertahan ketika adanya perubahan yang terjadi adalah a. Keterampilan untuk merumuskan masalah dan memilih cara bertindakyang terbaik untuk memecahkan masalah tersebut. Tetap mempertahankan tujuan awal perusahaan. Mengikuti perkembangan yang terjadi dilingkungan sekitar perusahaan. Suatu organisasi akan Survive apabila mampu beradaptasi dengan lingkungan dan perubahan yang terjadi. Establishment of Goal Kemantapan dalam menentukan tujuan perusahaan. 10. i. e. Individual Skills and Attitudes Keterampilan dan sikap individu. h. g. Dengan strategi memberikan arahan kepada semua pihak yang berhubungan sehingga adanya komunikasi dan suatu kepercayaan yang diikat oleh perjanjian. apakah harus ada perubahan atau tidak. c. Dalam menjalankan organisasi perusahaan. 8. Kunci sukses dalam menjalankan usaha antara lain ditentukan oleh bagaimana kemampuan kita memanage waktu. j. jika tidak ada maka harus melanjutkan yang ada dan jika ada perubahan harus mengikuti perkembangan. Knowledge of Business Pengetahuan tentang bisnis yang akan dimasuki. Adapt to the Change Kemampuan untuk beradaptasi dengan perubahan. f. k. Minimize the Threats to Business Kemampuan untuk meminmalkan ancaman terhadap perusahaan. Mengevaluasi perkembangan yang terjadi. Apa kiat saudara untuk memacu agar karyawan berprestasi? Strategi apa yang akan dilakukan untuk meminimalkan pelanggaran di Perusahaan saudara? Jawab: Kiat untuk menciptakan sumberdaya yang baik: . Time Management Skill Keterampilan dalam menggunakan dan mengatur waktu seefisien dan seproduktif mungkin. Take Advantages of the Apportunities Keunggulan dalam menemukan peluang bisnis. 9. Jelaskan strategi saudara dalam memanfaatkan waktu tersebut agar setiap hari saudara bisa Produktif! Jawab: Kunci sukses dalam menjalankan usaha dalam memanage waktu dengan memprioritaskan apa yang paling penting terlebih dahulu. faktor sumber daya manusia sangat menentukan keberhasilan usaha kita.

yang sesuai dengan kriteria yang kita inginkan. d. Memberikan bonus kepada karyawan yang memberikan kontribusi memajukan perusahaan. Menjadikan karyawan sebagai sahabat kita. Membuat perjanjian/kontrak yang mengikat karyawan tersebut dengan perusahaan. Menyaring karyawan yang akan bekerja di perusahaan. c. .a. b.