You are on page 1of 5

Perusahaan J.

CO Memasuki HongKong
PT. J.CO Donuts and Coffee didirikan oleh Johnny Andrean yang sebelumnya terkenal
sebagai pengusaha salon yang sukses. Tak kurang dari 168 jaringan salon dan 41 sekolah salon
dimilikinya, namun insting sang penata rambut kemudian membawanya terjun ke bisnis
makanan. Sejak tahun 2003 ia aktif mengembangkan J.CO. J.CO adalah produk dalam negeri
dengan menggunakan konsep dari luar negeri dan disempurnakan dengan modernisasi dan
kualitas terbaik. J.CO ditujukan untuk menyerbu pasar asing. Persiapan J.CO membutuhkan
waktu yang lama. Selama 3 tahun Johnny Andrean dan timnya mempelajari bisnis donat,
mengeksplorasi resepnya, serta melakukan riset pasar dan sampling. Johnny meluncurkan
J.CO dengan konsep “apa yang disukainya dan hal ini bisa diterima masyarakat”.

Pada 26 Juni 2005, J.CO mulai beroperasi pertama kali di Supermal Karawaci,
Tangerang dan kemudian langsung membuka outlet sebanyak-banyaknya. Dalam waktu
setahun, J.CO telah punya 16 buah gerai dengan 450-an orang karyawan untuk gerai saja. Tujuh
gerai terdapat di Jakarta dan sisanya di Bandung, Surabaya, Makassar, dan Pekanbaru. Dalam
waktu dekat mereka telah membuka cabang di Palembang, Batam, Manado, Bogor, Medan,
dan Bali, NTB, dan juga J.CO telah go international pada tahun 2007.
Sesuai dengan namanya, J.CO mempunyai produk makanan berupa donat dan produk
minuman berupa kopi atau teh yang panas maupun dingin. Yang diunggulkan oleh J.CO adalah
produk makanannya, yaitu donat. J.CO.Donuts sejatinya bukan pionir di industri kafe berbasis
menu kue donat di Indonesia? sebelumnya sudah ada Dunkin Donuts. Namun sejak masuk ke
pasar pada pertengahan 2005, J.CO Iangsung menjadi buah bibir, mengalahkan popularitas
sang incumbent Dunkin Donuts, dan membukukan pertumbuhan penjualan yang tinggi.
Menurut Indriana Lisztya R., PR Manager dan Promosi J.CO., penjualan donat J.CO. di salah
satu gerai terlarisnya bisa mencapai 14 ribu donat per hari. Angka ini belum termasuk
pembelian produk lainnya (seperti minuman kopi) oleh pengunjung outlet J.CO. yang
jumlahnya bisa mencapai 1.200 orang per hari.

 Strategi Marketing
J.CO. Donuts menjadi berbeda dari produk donat lain di tanah air karena diposisikan
sebagai produk lifestyle dan disasarkan untuk konsumen dari segmen menengah keatas dengan
gaya hidup dinamis, muda dan modern. Untuk menggarap segmen pasar ini, J.CO. membuat
donat yang tidak mengenyangkan, lebih tipis dan teksturnya lebih lembut, bisa dimakan kapan
saja dan dimana saja?donat yang ada di pasar sebelumnya, porsinya cenderung lebih besar dan
mengenyangkan. Sementara J.CO.,dari ukuran dan bentuknya, lebih cocok disebut camilan

Sebelum masuk ke negara HongKong. Dari sisi harga J. menggemari aktivitas sosial serupa hanging out di kafe. tidak cukup samap disana J. Alasan mengapa menjadikan HongKong sebagai negara tujuan selanjutnya untuk pengembangan J. gaya hidup.CO ingin mengembangkan usahanya lagi ke suatu negara cakupan asia timur yaitu HongKong. 2.CO Donuts & Coffee saat ini tak hanya di Indonesia. J. atau ciri kepribadian lainnya. Ke depannya J.CO Donuts & Coffee cenderung menyasar wilayah urban. Filipina. dan Australia. yang dimana Hong Kong memiliki sistem ekonomi kapitalis yang ditandai dengan pajak rendah dan perdagangan bebas. Tangerang hingga saat ini telah berhasil mendirikan di beberapa cabang di beberapa Provinsi di Indonesia dan juga di beberapa negara.CO Donuts & Coffee menyasar kelas sosial menengah hingga menengah ke atas dengan gaya hidup modern.CO Donuts & Coffee akango international untuk memperluas pasar. sebaiknya perhatikan dulu lebih jauh tentang peluang bisnis yang ada di negara tersebut sehingga kita mampu memanfaat keadaan untuk . Berikut segmentasi pasar J.atau makanan selingan pengantar makan besar. demografi. memakai strategi experiential marketing lewat konsep open Wfchen-nya.CO Donuts & Coffee: 1.J.CO sejak mulai berdirinya yaitu di Supermal Karawaci.cukup kompetitif. J.CO. psikografi dan perilaku pasar sasaran (target market). serta menggemari makanan dan minuman dengan brand premium. Segmentasi Psikografis Segmentasi ini didasarkan pada penggolongan kelas sosial. Kondisi geografis HongKong yang dimana sebagian besar adalah perkotaan menjadi alasan yang tepat bagi J. Dari penjelasan mengenai perkembangan J.CO ialah dilihat dari keadaan ekonomi di HongKong ialah sebagai salah satu pusat keuangan dunia. akan tetapi juga meluas ke negara lain seperti Malaysia. Singapura.CO untuk mengembangkan cabangnya di HongKong. Segmentasi Demografis Umur : 18 – 45 tahun Jenis kelamin : Laki-laki dan perempuan 3. Segmentasi Geografis Wilayah pemasaran J. Pada umumnya untuk pasar barang konsumsi segmentasinya didasarkan pada variabel-variabel utama yang berkaitan dengan aspek geografi.  Segmentasi Pasar Segmentasi pasar dilakukan dengan mengidentifikasi dan memfokuskan pada sekelompok besar pembeli yang menunjukkan kesamaan dalam hal tertentu.CO.

agar bisnis yang akan dijalankan di negara ini dapat bertahan lama dan mampu bersaing dengan kompetitor yang ada dan dapat memajukan perusahaan. Menurut Laporan Investasi Global UNCTAD tahun 2015. Sebagai salah satu pusat keuangan dunia. produk domestik bruto Hong Kong meningkat 180 kali lipat sedangankan GDP per kapita naik 87 kali lipat. dan dikenal sebagai Empat Macan Asia karena pertumbuhannya yang tinggi dan pembangunan luar biasa dalam kurun 1960an sampai 1990an. Hong Kong meraih 22% pusat penawaran saham perdana (initial public offering. Hong Kong berada di peringkat kedua dunia dalam arus masuk FDI global. Hong Kong merupakan negara dengan lokasi yang sangat menarik bagi banyak investor asing.masuk dan mengembangkan bisnis. menempati peringkat terbebas di dunia menurut Indeks Kebebasan Ekonomi tiap tahunnya sejak 1995. Hal ini mencakup mempermudah memulai bisnis dengan menghapus persyaratan untuk stempel perusahaan. terbesar di dunia tahun itu. arus masuk FDI mencapai USD163 miliar pada tahun 2015. Hong Kong tetap bertahan sebagai ekonomo kapitalis. Hong Kong memiliki sistem ekonomi kapitalis yang ditandai dengan pajak rendah dan perdagangan bebas. Pemerintah memberlakukan sejumlah reformasi selama tahun 2015 yang membantu negara tersebut mempertahankan posisinya sebagai salah satu negara yang paling mudah melakukan bisnis di dunia. mempertahankan peringkat yang sama seperti tahun sebelumnya. Mata uang Dolar Hong Kong adalah mata uang terbanyak diperdagangkan kedelapan di dunia (2010). dan banyak menjadi kantor pusat korporat-korporat besar di kawasan Asia Pasifik.3 triliun per Desember 2009. Pada tahun itu. Antara 1961 dan 1997. Bursa Saham Hong Kong terbesar ketujuh di dunia dengan kapitalisasi pasar US$2. Dolar Hong Kong dipatok dari dolar AS sejak 1983. . Hong Kong berada di posisi kelima dalam peringkat Kemudahan Berbisnis tahun 2016 yang dinilai oleh Bank Dunia. resiko-resiko yang dihadapi dalam memulai bisnis disanapun harus diperhatikan. Peluang Bisnis di HongKong. Hong Kong menjadi pusat penting bagi perdagangan dan keuangan dunia. IPO) dunia. mempermudah dan meringankan pembayaran pajak untuk perusahaan dengan menyederhanakan kepatuhan dengan dana simpanan wajib (MPF) dan meningkatkan tunjangan untuk pajak keuntungan. kemudian budaya bisnis termasuk syarat atau aturan bisnis yang berlaku di negara tersebut. kemudian juga melihat bagaimana keadaan ekonomi negara tersebut lebih dalam agar sapat menyesuaikan. hanya berada di belakang dataran utama Tiongkok.

3. 3. Cara yang dilakukan orang dalam menjalankan bisnis di Hong Kong mungkin berbeda dengan negara asal investor. memiliki catatan perdagangan tidak kurang dari tiga tahun keuangan berturut-turut sebelum mengajukan permohonan penerimaan. Bahasa Mandarin dan Inggris merupakan bahasa resmi Hong Kong. dan sistem hukumnya yang kuat. Meskipun demikian. harus memenuhi ketentuan antara lain. Pemerolehan izin untuk mendirikan bangunan memerlukan waktu sekitar 45 hari dan dengan biaya HKD57. Diperlukan dua prosedur dan waktu sekitar 1. Hong Kong dapat dibedakan pada beberapa faktor berikut: 1. Meskipun demikian. untuk mengambil keputusan yang tepat. 2. Perusahaan yang ingin mencatatkan dan memperdagangkan surat berharga di HKEX. aturan pajaknya yang sederhana. Hong Kong memiliki lokasi strategis yang berada di tengah-tengah Asia dan menawarkan akses mudah untuk peluang bisnis di Dataran Utama Tiongkok. bahasa Inggris merupakan bahasa pengantar bisnis. . Hong Kong menerapkan ekonomi paling bebas di dunia. Pemerolehan izin kerja biasanya memerlukan waktu sekitar empat minggu untuk diproses. Berjabatan tangan merupakan sapaan bisnis yang umum dan bertukar kartu nama biasanya akan dilakukan pada pertemuan pertama. 4. Kota ini hanya memungut tiga pajak langsung. Semua perusahaan Hong Kong harus mempersiapkan laporan keuangan wajib sesuai dengan Standar Pelaporan Keuangan Hong Kong (HKFRS). termasuk lokasinya yang strategis. Memberikan hadiah biasa dilakukan sebagai bagian dari budaya Tiongkok. 5. sangat penting untuk memahami perbedaan aturan setempat. Sekalipun demikian. Budaya Bisnis HongKong Fakta utama tentang memulai bisnis di Hong Kong: 1. Selain itu. Investor yang ingin mendirikan usaha di Hong Kong mungkin mempertimbangkan Asia sebagai pilihan alternatif.5 hari untuk memulai bisnis baru di Hong Kong. 2. Bisnis di Hong Kong biasanya hierarkis dan aturan berpakaian di tempat kerja bersifat konservatif. Daya tarik Hong Kong sebagai tujuan bisnis dapat dikaitkan dengan sejumlah faktor. variasi mengenai perbedaan tersebut dapat muncul tergantung pada industri tempat perusahaan beroperasi.

Ekspor barang dan jasa juga menurun. Lebih lanjut. informasi yang terkandung di dalam dokumen ini bersifat umum dan jangan bertindak atau mengandalkan informasi tersebut tanpa mendapatkan saran profesional tertentu. Meskipun demikian. yang menangani hampir sepertiga ekspor yang masuk dan keluar Dataran Utama Tiongkok. Panduan ini telah dikembangkan untuk membekali perusahaan dengan gambaran umum Hong Kong. serta ringkasan umum faktor-faktor yang mungkin mempengaruhi keputusan untuk berbisnis di Hong Kong. Hong Kong berada di peringkat pertama untuk infrastrukturnya sesuai dengan Laporan Daya Saing Global Forum Ekonomi Dunia. 6. kota ini menghadapi beberapa tantangan ekonomi. 4.  Resiko Berbisnis di Hongkong Meskipun Hong Kong banyak memiliki keunggulan sebagai lokasi investasi. persyaratan pajak dan bea cukai. tatanan hukum. Pada tahun 2015. Kota ini merupakan salah satu penghubung utama kargo laut dan udara internasional di dunia. Hong Kong mengalami penurunan tajam dalam belanja konsumen di tengah-tengah menurunnya kunjungan wisatawan. . Pemerintah menawarkan hibah hingga senilai HKD 250.000 atau 90 persen jumlah biaya permohonan paten untuk mendorong perusahaan lokal agar mendaftarkan paten mereka. 5. pertimbangan start-up dan masuk pasar. sebagian dikarenakan lingkungan perdagangan asing yang menuntut. kota ini terus dipengaruhi oleh perlambatan yang terjadi di Tiongkok.